GAYA HIDUP SEHAT VERSI IKLAN MINUMAN (Analisis Semiotik Pada Iklan Aqua Versi “I Feel Good”)

GAYA HIDUP SEHAT VERSI IKLAN MINUMAN (Analisis Semiotik Pada Iklan Aqua Versi “I Feel Good”)

 iklan minuman sehat setiap saat - 1st Nuke Kusuma Trihardi

Abstract
Pada dasarnya iklan bertujuan memberikan informasi kepada khalayak mengenai suatu produk. Tetapi dalam suatu iklan terdapat pesan-pesan yang dituangkan dalam tanda atau simbol yang mempunyai makna tertentu. Tayangan iklan televisi yang kita saksikan setiap hari di layar kaca merupakan bagian dari strategi promosi dan pemasaran yang bernilai ekonomis. Namun ketika iklan televisi telah dikemas dengan seksama, iklan televisi mampu menggambarkan realitas kehidupan dan memiliki fungsi sosial yang lekat di masyarakat. Seperti contoh, iklan Aqua versi I Feel Good, dalam tayangannya menceritakan beberapa gambaran realitas kehidupan sehari-hari yang mengandung makna hidup sehat. Pada dasarnya makna dan interpretasi terhadap suatu realitas atau fakta secara sosial akan terekonstruksi melalui interaksi atau penggunaan simbol-simbol dan iklan berpeluang besar untuk melakukan konstruksi tersebut karena iklan berurusan setiap saat dengan realitas, simbol, bahasa dan makna. Iklan Aqua Versi I Feel Good secara umum menggambarkan beberapa kegiatan kehidupan sehari-hari di sebuah masyarakat. Tetapi setelah diinterpretasikan lebih mendalam iklan Aqua Versi I Feel Good memuat unsur-unsur kehidupan nyata di sebuah komunitas masyarakat modern. Hal itu terlihat di beberapa adegan dalam shoot iklan yang mencerminkan kehidupan masyarakat modern. Dalam konteks modernisasi, penggunaan cara-cara budaya Barat maupun pemasukan barang-barang materi Barat merupakan bagian dari modernisasi. Oleh karena itu, proses modernisasi disebut sebagai westernisasi, dengan komponen-komponennya yang terdiri atas industrialisasi, demokrasi, dan ekonomi pasar. Modernisasi diukur berdasarkan sejauh mana pola-pola dan nilai-nilai demokrasi Barat tertanam dan berkembang dalam masyarakat. Modernisasi negara-negara dunia ketiga dilihat dari kemampuan negara yang bersangkutan dalam mengembangkan pola-pola kehidupan politik sesuai dengan prinsip-prinsip demokrasi, rasionalitas dan objektivitas dalam ukuran negara-negara Barat, pencetus kapitalisme. Sebagai contoh, pemakaian busana dan tampilan fisik yang cenderung mengikuti gaya budaya asing, dan gaya hidup yang aktif dan dinamis. Ruang lingkup penelitian ini yaitu tanda-tanda yang ada dalam shot iklan Aqua Versi I Feel Good yang memiliki makna hidup sehat. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif yang menggunakan analisis semiotik Roland Barthes untuk menganalisis data yang dikumpulkan, berupa catatan alur iklan yang berasal dari rekaman. Pada analisis semiotik Roland Barthes terbagi menjadi dua tahap pemaknaan, tahap penanda dan petanda pada tingkat pertama (tingkat denotatif) menjadi tanda pada (penanda dan petanda) pada tingkat kedua (tingkat konotatif) yang merupakan perluasan makna dari tanda yang ada di dalam iklan Aqua versi I Feel Good. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dalam iklan Aqua versi I Feel Good menggunakan tanda-tanda yang mempunyai makna hidup sehat yang memang merupakan ajakan hidup sehat dengan banyak mengkonsumsi air minum khususnya air putih yang mempunyai manfaat besar bagi tubuh manusia, selain itu dalam penyampaian pesan hidup sehat tetap disisipkan idiologi tertentu. Idiologi yang disampaikan adalah modernitas, yang mengajak masyarakat untuk menjadi lebih modern dalam berpenampilan juga gaya hidup, yang akhirnya mempengaruhi masyarakat untuk menjadi masyarakt konsumerisme, khususnya produk Aqua.

Dengan adanya informasi yang kami sajikan tentang  iklan minuman sehat setiap saat
, harapan kami semoga anda dapat terbantu dan menjadi sebuah rujukan anda. Atau juga anda

bisa melihat referensi lain kami juga yang lain dimana tidak kalah bagusnya tentang Contoh Iklan Shampo dalam Bahasa Inggris Beserta Gambar dan Artinya
. Sekian dan kami ucapkan terima kasih atas kunjungannya.

buka contoh marketing : https://www.researchgate.net/publication/50371247_GAYA_HIDUP_SEHAT_VERSI_IKLAN_MINUMAN_Analisis_Semiotik_Pada_Iklan_Aqua_Versi_I_Feel_Good
buzz marketing, guerilla marketing, integrated marketing, integrated marketing communications, marketing, marketing mix, marketing news, niche marketing, sports marketing, word of mouth marketing
GAYA HIDUP SEHAT VERSI IKLAN MINUMAN (Analisis Semiotik Pada Iklan Aqua Versi “I Feel Good”)

No comments:

Post a Comment