[Tanya] : Apakah domain .com lebih mudah di optimasi dibanding domain .web.id ?


[Tanya] : Apakah domain .com lebih mudah di optimasi dibanding domain .web.id ?




        Sesuai judul,
        Apakah domain .com lebih mudah di optimasi dibanding domain .web.id ?
        Ane sudah obok² di searching tapi blm ketemu yang pas
         

        extensi .com lebih tua saya rasa dari .id , jadi sepertinya ya lebih mudah .com , untuk general fighting . Sedangkan .id itu local only...

        Tapi sebenarnya extensi apapun mudah-mudah aja kok, jangan bingung di awal untuk extensi gini, pikirnya untuk jangka panjang saja, seperti pemilihan name branding, bagaimana kualitas website, dan lainnya.

        Good luck..
        

   

        wkwkw, dah dijawab pakar seo tuh, yasirli
        simple nya liat langsung di google.co.id mas
        ketik sembarang keyword, liat hasilnya, bandingin tld .com ama .id siapa yang banyak muncul dan urutannya bagaimana juga, itu mungkin bisa jadi parameter
        

   
        @All : Makasih,
        Jadi, pemakaiannya tergantung dari visitor negara mana yg jadi target visitor kita ya ?
        

   

        sama ajah seh gan.. :) cuma branding .com lebih melekat ajah, tp web.id itu nanti munculnya di google.com/hl=id atau google.co.id :) walau bisa juga di target negara lain seh :)

        kalo dilihat dari pencarian google dari halaman 1-10 jarang ada orang memakai .net atau .org bukan karena susah dioptimasi, melainkan jarang yang mengoptimasi menggunakan .net / .org :)
        


        Saya sih lebih prefer .com soalnya orang lebih gampang inget jg. :D bagus untuk branding.
  

        masih ada banyak faktor lain selain extension nama domain name. Tapi memang secara general .com lebih mudah.
        


        Ane terinspirasi trit ini http://www.ads-id.com/forums/showthread.php/148870
        di trit itu, TS pake .asia
        Jadi ane mau plesetin salah satu situs affiliasi .com menjadi .web.id
        


        kalo kata ane sih .com memang lebih enak buat di optimasi
        

   

        Setau saya sih domain .com/.org/.net lebih gampang di optimasi gan daripada web.id.
        

    
        belum pernah pake web.id
        


        sebenarnya sih yang nanti dioptimasi kan keyword nya,jadi mau yang dot.com atau web.id juga gak masalah gan,tapi kalo biar mudah diingat ya bagusnya dot.com aja... :)
        

   

        lebih pilih yang dot com sih mas. soalnya lebih mendunia gitu..


Google.com dan Google.co.id, Mana yang Harus Dioptimasi?


Saat ini, Google adalah mesin pencari yang paling banyak digunakan oleh umat manusia dimuka bumi. Digunakan oleh berbagai suku dan bahasa di berbagai wilayah lintas negara dan budaya, wajar jika kemudian Google membuat interface khusus pada halaman mesin pencari nya untuk berbagai macam wilayah dan bahasa, agar lebih mudah digunakan oleh seluruh pengguna nya diberbagai negara.

Contoh Google untuk wilayah Indonesia, Google.co.id yang juga memiliki beberapa opsi bahasa. Diantaranya, Bahasa Inggris, Bahasa Indonesia, Bahasa Jawa, dan Bahasa Bali.

Nah, sekarang pertanyaannya adalah apakah interface Google yang multi domain negara dan multi bahasa ini ada pengaruhnya dengan proses SEO? Ternyata ada.

Katakanlah Jasa SEO Klikseo.com mendapat pesanan untuk optimasi keyword berbahasa Indonesia untuk website tertentu. Keyword berbahasa Indonesia ini jelas diperuntukkan untuk orang yang berlokasi di Indonesia dan paham dengan bahasa Indonesia bukan? Maka keyword tersebut akan dioptimasi untuk Google.co.id berbahasa Indonesia.

Kemudian jika keyword tersebut sudah muncul di halaman pertama Google.co.id dengan bahasa Indonesia, apakah dia juga akan otomatis muncul pada Google.co.id berbahasa Inggris? Belum tentu. Inilah uniknya mesin pencari Google.

Maka sebelum memulai proses optimasi akan lebih baik jika anda mengikuti tips berikut:

1. Pastikan untuk wilayah target pembaca/konsumen anda
Jika website atau toko online anda memiliki target pembaca/konsumen di Indonesia saja, maka fokuskan optimasi keyword yang anda bidik untuk Google Indonesia (Google.co.id). Tapi jika target pembaca/konsumen anda adalah global, maka fokuskan optimasi keyword anda pada Google Global (Google.com).

2. Pastikan bahasa yang digunakan pembaca/konsumen anda
Jika website/toko online anda memiliki target orang yang berbahasa Indonesia, maka jelas anda harus memfokuskan pada Google berbahasa Indonesia, jika targetnya adalah orang berbahasa Inggris maka optimasi keyword untuk Google yang berbahasa Inggris.


Yang harus diingat, optimasi pada Google.com jelas lebih sulit dan memakan waktu lebih lama jika dibandingkan dengan optimasi untuk Google.co.id. Ini dikarenakan anda akan memperebutkan posisi untuk keyword tersebut dengan website/toko online seluruh dunia. Jasa SEO kebanyakan pun biasanya meminta fee lebih banyak untuk optimasi Google.com.

Kesalahan menentukan fokus Google yang anda optimasi akan berdampak pada kerugian waktu dan uang. Karena meski website anda muncul pada halaman pertama Google.com untuk keyword tertentu, belum tentu akan muncul pada halaman pertama Google.co.id, begitu pula kebalikannya, dan berlaku pula untuk Google.co.id berbahasa Indonesia dan berbahasa Inggris.

No comments:

Post a Comment