Cara Buat Iklan Facebook TERTARGET dan MURAH

 Cara Buat Iklan Facebook TERTARGET dan MURAH

buzz marketing, guerilla marketing, integrated marketing, integrated marketing communications, marketing, marketing mix, marketing news, niche marketing, sports marketing, word of mouth marketing
 Cara Buat Iklan Facebook TERTARGET dan MURAH

...Lanjutan dari pembahasan saya mengenai cara memulai bisnis online shop.

Kenapa memilih facebook?

Untuk Anda ketahui, Facebook adalah sosial media terbaik hingga saat ini. Dimana setiap user bisa memasukkan segala keterangan pribadi tentang diri mereka, seperti alamat, hobi, film favorit, dan masih banyak lagi.

Cara Buat Iklan Facebook
Grafik pengguna facebook

Gambar di atas adalah grafik pengguna facebook setiap bulan (dalam juta) yang saya ambil dari website statista, dan tercatat pada kuarter ke 3 2015 mencapai 1.545 juta orang, dan terus berkembang hingga saat ini.

Itu merupakan sinyal baik untuk Anda yang ingin mendapatkan calon buyer melalui facebook.

Pihak facebook menyimpan data ini agar memudahkan para advertiser atau pengiklan dalam menjaring konsumen.

Tidak hanya itu, facebook juga bisa merekam kebiasaan Anda di internet yang juga dilakukan oleh Google.

Misal kemarin Anda ada mencari informasi tentang harga webhosting, kemudian hari ini ketika Anda membuka facebook dengan browser yang sama, Anda akan melihat beberapa iklan mengenai webhosting.

Itu artinya, Facebook ingin memberikan iklan yang relevan dengan minat setiap orang sehingga rasio mendapat konsumen lebih tinggi.

...lanjut

Jika Anda sudah paham mengapa saya memilih facebook sebagai media untuk beriklan, maka sekarang saatnya mengetahui bagaimana cara membuat iklan facebook yang TEPAT SASARAN dan MURAH.

Pada tahap ini saya berasumsi Anda sudah memiliki fan page facebook khusus untuk bisnis online shop Anda. Jika belum, silahkan buat dulu disini.

Langkah 1. Masuk ke akun facebook Anda.
Langkah 2. Klik "Create Ads"
cara buat iklan facebook
Create Ads Facebook
cara buat iklan facebook
Pada tahap ini Anda akan melihat banyak pilihan untuk beriklan, bisa melalui post, fan page, atau langsung ke website Anda. Proses memang akan sedikit membingungkan, tidak ada hasil yang pasti dengan kinerja iklan yang Anda buat.

Untuk pertama saya menyarankan untuk menggunakan "boost post". Selain lebih murah, orang langsung bisa melihat produk yang Anda tawarkan.
cara buat iklan facebook
cara buat iklan facebook
Boost Post Facebook

Setelah itu pilih fan page facebook Anda yang ingin diiklankan.

Jika post nya sudah siap bisa langsung Anda pilih dibawahnya, jika belum klik tanda "+" pada bagian kanan.

Tulis Campaign Name atau nama iklan terserah Anda.

Buatlah post semenarik mungkin. Letakkan 1 gambar atau lebih produk Anda dengan gaya iklan professional. Berikut beberapa gambar yang bisa menjadi referensi Anda.

cara buat iklan facebook
Gaya Iklan 1
cara buat iklan facebook
cara buat iklan facebook
Gaya Iklan 2
cara buat iklan facebook
Setelah itu buat deskripsi semenarik mungkin, dan jika Anda menggunakan instagram, berikan link untuk menuju profile instagram Anda.

Jika Anda membaca panduan pertama saya, disitu saya mengatakan untuk menggunakan facebook dan instagram.

Alasannya, Facebook hanya untuk beriklan, harga murah dan bisa tepat sasaran. Tidak seperti instagram yang relatif mahal. Dari akun facebook, Anda arahkan pengunjung ke akun instagram Anda.

Sedangkan akun instagram Anda jadikan sebagai akun sosmed utama. Alasannya karena pengguna lebih gampang melihat galery produk, dan Anda juga mudah untuk upload gambar.

Tapi jika Anda lebih nyaman menggunakan facebook saja juga tidak masalah.

Langkah 3. Ad Set - Target Konsumen
Disinilah bagian terpenting dan juga yang paling membingungkan. Tapi jika Anda sudah terbiasa, maka bagian ad set ini tidak akan terasa begitu sulit lagi.

    Konsep: Semakin detail target yang Anda atur, semakin kecil pula dana yang harus Anda keluarkan

Itulah inti konsep pada tahap ini. Atur lah semua hingga menjadi spesifik. Contoh pada kasus ini, misal saya mau beriklan mengenai sepatu wanita di Indonesia. Begini kira-kira tampilannya (klik gambar untuk memperbesar).
cara buat iklan facebook
cara buat iklan facebook
Ad Set 1

Sedangkan sisanya saya sarankan untuk dibiarkan kosong. Karena tidak semua orang mau mengisi keterangan hobi pada bio facebook mereka.

Namun jika Anda hanya menerima pengiriman seputar Jakarta, maka isi dengan jakarta saja (Disesuaikan).

Langkah 4. Ad Set - Biaya dan Jadwal Iklan

Pada bagian ini, kita harus sering melakaku trial dan error. Kita tidak tahu berapa tepatnya uang yang perlu kita habiskan untuk bisa mendapat konsumen.

Maka dari itu, untuk pertama kali. Lebih baik kita menggunakan sistem Post Engagement.

Pada dasarnya, untuk boost post ada tiga 3 metode yang ditawarkan oleh pihak facebook.

    Post Engagement: Anda dikenakan biaya setiap ada aktifitas like, comment, dan share pada iklan Anda
    Impression: Anda dikenakan biaya tiap 1000 orang yang melihat iklan Anda
    Daily Unique Reach: Anda dikenakan biaya tiap 1000 orang yang berbeda melihat iklan Anda.


Kenapa saya menyarankan menggunakan Post Engagement?

Sama seperti konsep pasar, jika kita melihat toko A sepi, maka kita tidak tertarik untuk melihat isi dalam toko tersebut (padahal barang bagus). Tapi ketika kita melihat toko B ramai, maka akan ada rasa penasaran untuk melihat isi toko tersebut (impression).

Maka dari itu, pada tahap awal usahakan buat post Anda menjadi ramai, yaitu dengan menggunakan Post Engagement.

Set harga per post Engagement semurah mungkin, yaitu $0,01.
cara buat iklan facebook
cara buat iklan facebook
Ad Set 2
Karena masih pada tahap uji coba, jadwalkan iklan 1-2 hari saja. Lalu perhatikan bagaimana tingkah laku pemirsa.

Jika Anda sudah benar-benar paham, maka beralihlah pada impression.

Langkah 4. Ad - Creative
Pada langkah akhir ini, Anda dapat melihat bagaimana iklan Anda ditayangkan.

Anda bisa memilih dimana saja iklan ini ditayangkan. Ada 3 cara facebook menayangkan iklan.

    Desktop News Feed: Muncul pada timeline facebook
    Mobile News Feed: Muncul pada timeline versi mobile
    Desktop Right Column: Muncul pada kolom sebelah kanan pengguna facebook


Tinggal Anda sesuaikan sesuai dengan jenis produk Anda. Pada kasus ini, saya akan memilih ketiga opsi tersebut.

No comments:

Post a Comment