"ANALISIS POSISI OBAT BATUK ""KONIDIN"" DIKOTAMADYA YOGYAKARTA"

"ANALISIS POSISI OBAT BATUK ""KONIDIN"" DIKOTAMADYA YOGYAKARTA"

buzz marketing, guerilla marketing, integrated marketing, integrated marketing communications, marketing, marketing mix, marketing news, niche marketing, sports marketing, word of mouth marketing
"ANALISIS POSISI OBAT BATUK ""KONIDIN"" DIKOTAMADYA YOGYAKARTA"

contoh analisis iklan obat batuk - Oleh: EGIP LIUNARYO (11962257)
Dosen Pembimbing: ETY ISTRIANI,

Abstraksi


ANALISIS OBAT DATUK "KONIDIN" DI KOTAMADYA YOGYAKARTA (StUDI BANDING TERHADAP OBAT BATUK MEXTRIL DAN MIXADIN)Penyakit dan keadaan sakit merupakan bagian dari kehidupan masyarakat sehari-hari. Tetapi semua keadaan tersebut diobati oleh tenaga medis profesional, khususnya para dokter. Usaha pengobatan diri sendiri sebagai tindakan pertama untuk gejala penyakit atau keadaan sakit nampaknya umum dilakukan masyarakat. Oleh karena itu penulis tertarik untuk melakukan penelitian dalam hal pengobatan penyakit, yaitu jenis penyakit batuk yang pasti setiap orang pernah dan bahkan sering terserang oleh penyakit batuk yang sangat mengganggu. Baik disebabkan oleh makanan, virus yang tertular dari orang lain, karena masuk angin, atau oleh faktor cuaca yang kurang balk. Didalam penelitian ini penulis mempersempit jenis obat batuk yang beredar bebas dipasaran mulai dari jenis tablet, kapsul, sirup(cairan),dan lainlain. Maka yang dipilih oleh penulis adalah jenis tablet. Dan dari jenis tablet ini juga terbagi lagi oleh merk-merk yang banyak sekali. Tetapi dalam hal ini penulis obat batuk merk Konidin dan sebagai studi banding adalah merk Mextril dan Mixadin. Penelitian ini juga dilakukan di Kotamadya Yogyakarta, dengan cara menyebarkan kuesioner kepada 100 responden. Hasil yang diperoleh dari 100 responden lalu di olah dengan program MDS (Multidimensional Scalling). Dimana dari atribut yang ada obat batuk Konidin lebih unggul pada kemudahan memporoleh, harga, kemasan desain, iklan, merk mudah diingat, dan kualitas. Obat batuk Mextril lebih unggul pada merk mudah diingat, kemasan desain, kemudahan memperoleh, kualitas, harga, dan iklan. Mixadin lebih unggul pada kualitas, iklan, merk mudah diingat, harga, kemudahan memperoleh, kemasan desain.
File: Bagian Pendahuluan
Citation APA Style:

Liunaryo, E. (2001). "analisis Posisi Obat Batuk ""konidin"" Dikotamadya Yogyakarta". (Undergraduate thesis, Duta Wacana Christian University, 2001). Retrieved from http://sinta.ukdw.ac.id






Skrip SPOT iklan

    ·  Nama : Rina Rosdiana
    NPM : 210103077012
    Kelas : Broadcast A

    Iklan XL di Radio ARDAN

    Skrip SPOT iklannya

    ( TERIAKAN KENEK ) : BURU / BURU / BURU ! / NAIK / NAIK / NAIK !//
    SUPIR 1 : EH LAY ! //
    SUPIR 2 : YA ? //
    SUPIR 1 : MASA SEKARANG XL LEBIH MURAH DARI CDMA ? //
    SUPIR 2 : ASIK LAH //
    SUPIR 1 : BENER LAY , NELPON KESESAMA XL CUMA 72 RUPIAH PER MENIT //
    SUPIR 2 : ASIK LAH //
    SUPIR 1 : XL LEBIH MURAH 10 PERSEN DARI CDMA ! //
    SUPIR 2 : ASIK LAH ! //
    SUPIR 1 : CUMA PERLU TEKAN BINTANG LIMA RATUS PAGAR TERUS TEKAN OK LAY //
    SUPIR 2 : ASIK LAH //
    SUPIR 1 : OH / OI / OH / OI / OI LAY / CANTIK KALI TU CEWEK DI JALAN //
    ( TUKANG SIKAT ) : SIKAT/ SIKAT / SIKAT / SIKAT / SIKAT / SIKAT / SIKAT//
    SUPIR 1 : EH / JANGAN MARUKLAH KAU ! / YANG KEMARIN SUDAH KAU SIKAT / MASIH PULA KAU MAU SIKAT YANG INI ! //
    SUPIR 2 : LAH / BUKAN AKU ITU YANG NGOMONG / TUKANG SIKAT ITU ! //
    JINGLE ( XL MAKIN SIKAT MURAHNYA / MAKIN UNTUNGNYA // )
    ( TING TUNG TING TUNG TUNG )
    ( TUKANG SIKAT ) : SIKAT / SIKAT / SIKAT //

    Analisa Iklan

    Durasi : 1 menit

    Strategi Promosi : iklan XL ini di buat semenarik mungkin dengan gaya bahasa yang khas dari suatu daerah dalam perbincangannya . Iklan ini juga menjangkau semua kalangan mulai sari SES C-B-A , juga lebih mengutamakan segmentasi remaja samapai dewasa muda , sesuai dengan segmentasi pendengar radionya . XL sendiri menawarkan tarif yang lebih murah dari CDMA , sehingga para konsumen tidak lagi bingung untuk memilih operator selular mana yang lebih tepat untuk mereka . Iklan XL ini juga di pilih pada jam dimana para pendengarnya melakukan aktivitasnya seperti biasa .

    Kata Baku : Dalam iklan XL ini kata-kata baku tidaklah banyak , karena dalam dunia radio kata-kata yang digunakan adalah kata sehari-hari supaya lebih akrab dengan pendengarnya .



Muhammad Jalari

Nama : Muhammada Jalari
NPM : 210103077011
Kelas : Penyiaran A
Analisin Iklan Spot Di Radio
104.7 Rama FM Bandung
Iklan Kopi ABC Brounis
NB : CO = Laki-Laki
CE = Perempuan
co : Hai …
ce : Euheu euheu heu..euh (nangis)
co : Kenapa neng ?
ce : Si bejo (sambil nangis)
co : Hah ?
ce : SI BEJO (nangisnya makin parah)
co : eu euh eu euh (nada orang marah) dia lagi ? gua kasih tips ya bu .
ce : Hah ? Gua ga butuh duit !!!
co : A..ah tips bu, saran maksudnya , u..uh please dong deh . kalo si bejo mukanya BT (be te)
ce : heu euh ..
co : Lu kasi dia cokelat biar lebih mood (mud),
ce : Amin ..
co : Kalo si bejo ngeseliiiiiiin terus, kasi dia karamel, biar tenang.
ce : Ooh ya ..
co : Nah, kalo dia keliatan kuyu,
ce ; Heu euh
co : Kaya ikan asin,
ce : Heu euh
co : Kasi dia kopi,
ce : Oh matap / oh man (ga jelas artikulasinya, terlalu cepat,)
co : Nah, kalo dia loyo, diajak nyelem / nelen (ga jelas omongannya )
ce : Heu euh
co : Kasi dia susu, biar semangat lagi, beuh , gimana ?
ce : Wah ribet do, simpel aja deh ..
co : Well, kasi aja dia brounis, kopi ABC brounis . .

Betul tuh, baru nih dari kopi ABC, kopi ABC brounis, dengan coko karamel yang manis, dijamin, buat suasana hati kamu, ga haru pilu lagi deh .. kopi ABC brounis, coko karamelnya, mantap abis .
Kopi ABC ..

Analisis Iklan Kopi ABC Brounis
– Di lihat dari durasi waktu, iklan ini menghabiskan 59 detik untuk mempromosikan produknya (sesuai dengan teori).
– Di liha dari jumlah kata, yang bertujuan untuk mengefektifkan promosi produk tersebut, iklan ini menggunakan 135 kata (nangis ga dihitung ke kata). Meskipun tidak sesuai dengan teori (120 max penggunaan kata) tapi , waktu yang digunakan untuk mempromosikan produk ini masi sesuai dengan waktu yang seharusnya digunakan untuk iklan spot .
– Iklan ini dipercantik dengan adanya dialog yang segar (menurut saya adanya dialog menambah nilai positif untuk iklan ini, karena rasa yang ada di Kopi ABC Brounis terinformasikan)
– Menggunakan gaya bahasa sehari-hari yang sangat akrab di telinga pendengar.
– Ekspresi pengisi suara saya rasa idak maksimal, suara nangis, masih seperti yang dibuat-buat, kurang menjiwai.
– Tidak ada kalimat persuasive, tapi kita sebagai pendengar ingin merasakan rasanya Kopi ABC Brounis ini. (sekaligus menjadi pertanyaan ya pak , mengapa bisa seperti itu? Apakah karena informasinya yang kuat, atau ada factor lain yang menyebabkan kita ‘ngebet’ ingin mencicipinya ? terimakasih pa sebelumnya.)
– Status Ekonomi Sosial Radio Rama Fm ini adalah orang menengah ke bawah (B, C+, C) dan bersegmentasi Dangdut, tapi dalam pembawaan iklan ini, Rama fm seperti lupa kepada target pasar dan segmentasi mereka, iklan ini menurut saya lebih cocok dipakai oleh radio-radio yang target pasarnya Remaja. Hal ini dikarenakan karakter pengisi suara laki-laki dan perempuannya sangat ke kanak-kanankan.
– Ada dua kata yang kurang bias di cerna oleh telinga kita, mungkin karena artikulasinya atau pun karena terlalu cepat membacanya .
Kesimpulan : Secara keseluruhan iklan ini sangat menjual, akan laku di pasaran, dikarenakan faktor-faktor yang telah saya ungkapkan di atas, salah satunya adalah, ketika saya menyadari bahwa iklan ini tidak menggunakan kalimat persuasive, tapi membuat kita ingin mencoba merasakan kopi ABC brounis ini, tapi ada juga kesalahan-kesalahan yang ada di iklan ini, tapi tidak akan mengurangi nilai jual Kopi ABC Brounis ini.
Ini tugas saya pak, mohon bimbingannya , terimakasih …
saya yang biasa di sebut Wiro sama bapak …
hehehehhehehehe



Andre Affandi

Nama : ANDRE AFFANDI
NPM : 210103070005
Kelas : Penyiaran A
Tugas Analisis Spot Iklan di Radio

Iklan Neo Rheumasil di Radio Garuda FM

SCRIPT
Tantowi Yahya : PEMIRSA / BERIKUT PENJELASAN TENTANG MACAM-MACAM MASALAH NYERI DAN PEGAL // UNTUK NYERI OTOT / NYERI SENDI DAN PEGAL LINU / MINUM NEO RHEUMASIL TABLET // UNTUK NYERI / PEGAL / KRAM DAN KESEMUTAN YANG MENJALAR / MINUM NEO RHEUMASIL NEURO / YANG MENGANDUNG ANALGESIK PLUS VITAMIN B / B 6 / DAN B 12 // UNTUK NYERI OTOT / SENDI / PEGAL DAN KESELEO / OLESKAN NEO RHEUMASIL FREEZE // UNTUK PEGAL DAN KAKU OTOT PADA LEHER DAN PUNDAK / OLESKAN NEO RHEUMASIL NECK AND SHOULDER // KELUARGA NEO RHEUMASIL / SOLUSI MASALAH OTOT DAN SENDI //
NEO RHEUMASIL / MEMANG AHLINYA ///

ANALISIS
iklan neo rheumasil menjelaskan sedetail mungkin tentang macam – macam nyeri dan macam – macam pula obatnya. penjelasan seperti itu dapat memberikan informasi yang tepat bagi pendengar bila ingin membeli neo rheumasil sesuai dengan macam nyeri yang sedang dirasakannya. penjelasan tersebut bisa menjadi nilai lebih dari neo rheumasil, seperti menyebutkan vitamin dan kandungannya yang bermanfaat bagi tubuh. slogan yang digunakannya yaitu “Neo Rheumasil, Memang Ahlinya”. memberikan persepsi bahwa obat tersebut sangat manjur bila digunakan. kekurangan dari iklan tersebut adalah penggunaan istilah-istilah yang tidak umum, seperti analgesik. istilah tersebut tiak umum dikalangan masyarakat umum, mungkin ada sebagian yang mengetahui artinya, namun tidak sedikit pula yang tidak mengetahuinya.

STRATEGI
backsound yang dipakai dalam spot iklan neo rheumasil tersebut cukup bagus, karena dalam backsound tersebut memberikan kesan produk yang diiklankan adalah produk yang terpercaya, bagus, dan berkhasiat bila digunakan. backsound tersebut seakan memberikan persepsi bagus dan tak terdandingi, ditambah dengan di-dubbing oleh Tantowi Yahya, yang sudah orang banyak ketahui mempunyai wawasan yang luas dan berimtelektual, membuat masyarakat mempunyai asumsi bahwa seseorang seperti Tantowi Yahya pun memakai produk tersebut, mengapa kita tidak.



Anggi Yuniarti Sofyana

Nama : Anggi Yuniarti Sofyana
NPM : 210103070016
Kelas : Broadcast A
Tugas Mata Kuliah Copywriting

T1 Analisa dan Transkrip Spot

Transkrip Spot
Radio : 105,9 Ardan Bandung fm
Waktu : minggu 11 Oktober 2009
Program : Ardan Indie 7 (15.00-16.00)

PRODUCT : LARREY
DURATION : 60’’ (1 menit)
TITLE : Rebutan Televisi

SITUASI :
(Music in) Seorang laki-laki sedang asyik menonton pertandingan sepakbola namun tiba-tiba seorang perempuan memindahkan channel ke program fashion. Selanjutnya mereka berebut televisi. Berikut kutipannya…..(fade in)

(Terdengar suara dari pertandingan sepakbola di televisi )

Laki-laki :
“(berteriak kegemasan) yeah! Ah! Yeah! Ah! Go! Go! Gol!”

Perempuan :
(memindahkan channel televisi ke program fashion)

Laki-laki :
“(kesal dan menggerutu) Yiahhhh……nonton bola dong….(memindahkan channel ke program sepakbola lagi)”

Perempuan :
“(menggerutu) nggak mau! Aku mau nonton fashion TV niih…liat tren terbaru, jas, blazer, dan baju kerja. Soalnya minggu depan aku ada interview”

Laki-laki :
“(kesal dan marah) aaaghh!”

SITUASI :
(Music in) Narator mempromosikan produk Larrey. Berikut kutipannya…..(fade in)

NARATOR :
“Nggak mau keributan ini terjadi kan? Butuh jas atau blazer dan baju kerja lainnya? Dateng aja langsung ke Larrey. Produk spesialis jas dan blazer buat cewek! Ukurannya lengkap dari mulai extra small sampai super big size, dan dengan pola yang pas bikin nyaman di badan. Kualitas bahan dan jahitannya itu OK banget. Harganya juga terjangkau. Mulai dari 150 ribu rupiah , sudah termasuk jas dan celana. Dapetin produk Larrey cuma di ITC kebon Kelapa lantai dasar blok C-3 Nomer satu. Pasar Baru lantai dasar satu blok M-5 nomer 25, dan lantai 5 Blok B nomer delapan. Juga di Jatinangor Town Square, groundfloor blok B-6 nomer tiga. Jangan lewatin program Big Sale selama bulan Oktober. Dan dapetin discount sampai dengan 25%. Info lebih lanjut silakan langsung telepon ke 022-424-5008.” (fade out)

Analisa :
Menurut Saya di awal spot ini sudah bagus ketika perhatian khalayak ditarik oleh suasana perebutan menonton televisi. Bridging ke iklannya sudah cukup bagus, cukup menarik, tidak terlalu lama, dan tidak terlalu sebentar.

Masuk ke iklan, aliran informasi bergerak dengan baik. Alurnya tidak memusingkan dan cukup detail dalam menceritakan product knowledge. Apalagi ditunjang dengan gaya bahasa yang memang sesuai dengan segmentasi radio Ardan.

Hanya saja menurut Saya, penyebutan lokasi penjualan terlalu detail. seharusnya cukup diberitahukan tempatnya ada di ITC, Pasar Baru, dan Jatinangor Town Square . Tidak perlu disebutkan hingga ke blok sekian nomer sekian. Toh radio memiliki sifat selintas yang tidak mungkin dalam sekali mendengarkan, pendengar langsung bisa hafal blok dan nomernya. Apalagi lokasinya ada empat tempat.

Kemasan spot yang bagus di awal dan pertengahan ternyata tidak ditutup dengan baik di akhir spot. Backsound yang digunakan pada akhir spot tidak menimbulkan efek yang baik. Malah seakan-akan spot tersebut tiba-tiba menghilang tanpa sesuatu yang “boom” atau smash.

Apabila Saya mendengarkan iklan tersebut, Saya akan merasa cukup tertarik dengan iklan tersebut. Paling tidak, suatu saat Saya akan mampir ke toko tersebut. Sayangnya, penyebutan merk Larrey hanya dua kali, di awal dan pertengahan. Maka sebagai pendengar yang mendengarkan radio secara selintas, Saya tidak akan begitu hafal benar nama tokonya. Sebaiknya di akhir spot nama produk disebutkan lagi agar pendengar hafal benar dan disertai slogan yang ear-catchy agar semakin mudah diingat.

Secara umum, iklan ini sudah cukup membujuk, hanya hasilnya akan kurang maksimal seiring dengan kurangnya merk produk disebutkan. Untuk radio sekelas Ardan, sebenarnya spot tersebut masih bisa dibuat lebih kreatif lagi dari sisi presentasi musiknya. Kata-kata yang digunakan pada spot tersebut sudah cukup sesuai dengan segmentasi Ardan. Iklan ini hanya tinggal dipercantik bagian penutup spot tersebut. Baik dari segi kata-kata maupun backsound.



Niky Dwi Astuti

Nama : NIKY DWI ASTUTI
NPM : 210103070017
Kelas : Penyiaran A

Mata Kuliah Copy Writing
Tugas Analisis Spot Iklan di Radio

IKLAN NOKIA di RADIO AR FM

SCRIPT
Ema = Ibu Encep = Anak

Ibu : “Kamu sekolah yang pinter ya Cep di kota”
Anak : “Iya ma….”
Ibu : “Harus nurut sama uwa mu !”
Anak : “Iya ma……”
Ibu : “Nah, itu keretamu sudah mau berangkat. Sudah, Sana !”
Anak : “Doakan ya ma.. Emaaaaaaa..!!!”
Ibu : “Sudah…sudah Cep, kan masih bisa SMS atau E-Mail kalau ada apa-apa mah yah !”
Anak : “Iya maaaa…”
Ibu : (sambil teriak) “EnceeEEEEEEEPPPP !!!”
Anak : (sambil teriak) “EmaaaAAA….!!”
Ibu : (sambil teriak) “EnceeEEEEEEEPPPP !!!”
Anak : (sambil teriak) “EmaaaAAA….!!”
Ibu : (sambil teriak) “EnceeEEEEEEEPPPP !!!”
Anak : (sambil teriak) “EmaaaAAA….!!”
Ibu : (sambil nangis) “hiks..hiks…”
Tiba-tiba suara handphone ibunya bunyi dengan suara Nokia Tune. Ternyata itu panggilan telepon dari anaknya.
Anak : “Emaaaaa….!”
Ibu : “Enceepp…”
(mereka berdua masih sambil menangis di telepon karena sedih dengan perpisahan tersebut.)

DENGAN NOKIA/ JARAK TAKKAN JADI PENGHALANG DIANTARA KITA// NOKIA/ PILIHAN TEPAT///

ANALISIS
menurut saya, durasi spot iklan Nokia ini terlalu lama, yaitu 1′.58″, ditambah dengan dialog percakapan yang itu-itu saja membuat pendengar akan merasa bosan, pendengarpun sudah tahu bahwa spot tersebut bercerita sebuah perpisahan antara seorang ibu dengan anaknya yang akan “merantau” ke kota di sebuah stasiun kereta api. Namun dialognya tidak perlu dibuat sepanjang itu, cukup singkatpun pendengar sudah dapat memahami maksud dari spot tersebut.

STRATEGI
Spot iklan ini menggunakan konsep perpisahan antara seorang ibu dengan anaknya yang akan pergi menuntut ilmu di kota. Konsep tersebut dibuat dalam sebuah dialog percakapan yang sangat mengharukan agar dapat menyentuh perasaan pendengar.
Sesuai dengan motto Nokia, yaitu “Nokia Connecting People”, mempunyai maksud bahwa dengan Nokia, jarak takkan jadi penghalang, sekalipun dua orang yang saling berhubungan tersebut berada pada jarak yang jauh, bahkan jarak yang sangat jauh sekalipun. dengan demikian, memilih Nokia sebagai ponsel pribadi adalah pilihan yang tepat, sesuai dengan kalimat terakhir pada naskah spotnya, yaitu “Nokia, pilihan tepat”. Pada akhir percakapan tersebut terdengar bunyi Nokia Tune yang menjadi ciri khas dalam setiap ponsel Nokia. Itu menjadi sebuah nilai tambah untuk spot ini, karena sesuai dengan salah satu karakteristik radio yang bersifat selintas, maka pendengar yang tidak mendengar spot ini dari awal pun dan kebetulan hanya mendengar waktu bagian Nokia Tune-nya saja, maka pendengar akan tahu bahwa ini iklan Nokia.

Kesimpulan, iklan ini sudah cukup menjual, hanya saja konsep dari percakapan cerita yang dipakai harus diperbaiki.



Silvy Pratiwi

Nama : Silvy Pratiwi
NPM : 210103070028
Kelas : Penyiaran A

ANALISA COPY WRITING RADIO
Jenis iklan : spot
Iklan produk : Telkomsel Emo
Durasi : 54”
Diambil dari : Radio Prambors

TRANSKRIP :
“Setiap orang emang punya mood yang beda-beda setiap harinya. Mau tahu mood pacar kamu setiap harinya? Caranya gampang kalau kamu pake Telkomsel Emo! Sekarang suasana hati orang yang kamu telfon, nggak akan jadi misteri lagi! Cukup tekan #88 dan nomor posel tujuan. Contohnya, #88081123456789. Jadi langsung setelah #88 nomor telfonnya. Semudah itu! Setelah itu kamu bakalan dapet sms bocoran tentang mood dia. Sekarang, kamu tahu kan apalagi yang dia butuhkan sekarang, seperti disemangatin, disayang, dikasih senyum. Nggak percaya?! Cobain aja sendiri! Telkomsel Emo, Cuma dari Telkomsel. More info telfon 111 dari Kartu Halo kamu dan 116 dari Simpati dan Kartu As, atau klik ke www.telkomsel.com (baca: triple w dot telkomsel dot com).”

ANALISA :
Menurut saya, spot (iklan) Telkomsel Emo yang saya analisa ini cukup menarik, earcatchy dengan backsound-nya, dan pengisi suaranya semangat dan lantang dengan gaya bahasa yang mudah dicerna (bahasa tutur). Sayangnya, speed pengisi suara tersebut ada yang cepat, sehingga ada kata-kata yang kurang jelas susunan kalimatnya. Selain itu, copy writing iklan tersebut telah merujuk pada asas-asas umum, yaitu tidak menyinggung perasaan, tidak meresahkan martabat negara, dan dijiwai oleh asas persaingan yang sehat. Namun, ada ketidakjujuran di dalamnya. Setelah saya telusuri iklan sejenis ini di sebuah majalah dan website www.telkomsel.com , ternyata aplikasi atau konten Telkomsel Emo ini hanya dapat digunakan oleh tipe handphone dan fitur tertentu.

SIMPULAN :
Jadi, struktur bagan kata dalam copy writing iklan tersebut telah memenuhi syarat-syarat berikut, di antaranya harus menggugah dengan memberikan solusi dan memberikan perhatian kepada pendengar, harus informative, persuasive, bertenaga gerak, dan memiliki penyelesaian akhir dengan cara membantu konsumen untuk mendapatkan barang/jasa secepat mungkin.



Gita Suci Erlindasari

Gita Suci Erlindasari
210103070027
Penyiaran A

Radio : Rama FM
Spot Produk : Obat Mensana

Scrip Spot (ga ada backsound)
Cewe 1 : Aduuuuuhhh slalu kaya gini kalo lagi dapet//
Cewe 2 : Kenapa?//
Cewe 1 : Huuuuuuhhh / ambilin air anget donk / skalian obat yang ada pereda nyerinya / ah poqonya obat apa ajja/ Aaaaahhh sakiiit //
Cewe 2 : Eeeehh kan ga boleh sembarangan kalo minum obat / bahaya !! //
Cewe 1 : Nya trus gimana atu ?? //
Cewe 2 : Minum Mensana ajja //

Deskripsi Produk Mensana (suara oleh cewe 2)
“ Mensana / ramuan herbal alami khusus untuk wanita dalam kemasan saset / mengandung efekarti /yang membantu melancarkan dan mengurangi nyeri saat menstruasi //“

Cewe 1 : Aaahh anget diperut / g nyeri lagi // praktis / kecil-kecil tapi manjur banget / rasanya juga enak // Makasih ia Mensananya //
Cewe 2 : Jangan lupa / selipin di tas tiap ke kantor //

Lagu (suara oleh cewe 1)
“Mensana selalu menjaga // Datang bulan jadi enak // “

Cara penggunaan
“Produksi Saka Farma // Baca Aturan Pakai //”

Analisis :
Spot ini di ambil dari Radio Rama 104,7 Fm Bandung dengan durasi 56 detik. Karena spot ini mengenai dunia wanita yaitu datang bulan, maka pengisi suara dalam spot ini ada dua orang wanita. Konsepnya dilakukan dengan berbincang-bincang. Tetapi dalam bahasa yang digunakan tidaklah baku dan masih terdengar ada kata-kata daerah sunda yang dipakai. Diakhir spot ini ada ajakan untuk menggunakan produk dengan menggunakan lagu yang diciptakan dengan bagus dan menarik.
Spot Mensana ini sangat cocok sekali dengan status ekonomi sosial radio Rama 104,7 FM Bandung ini adalah B, C+, C, karena produk ini mudah diperoleh di apotek terdekat dan harganya pun terjangkau.

Kesimpulan
Spot Mensana ini bagus sekali karena bisa menjelaskan tentang produk yang ditawarkan dengan baik kepada pendengar, serta bisa menjelaskan pula apa manfaat dari produk yang ditawarkan ini. Konsep dari spot ini juga menarik sehingga bisa mengajak pendengar agar menggunakan produk tersebut.



Erni Yuliani

Nama : Erni Yulianai
NPM : 210103070030
Kelas : Broadcast A
Copy Writing

Tugas 1 : Analisa Spot Iklan di Radio

Radio : I-Radio 105,1 FM
Pruduk : Ciptadent
durasi : 60”

Script Iklan
Ket : IB = Indra Bekti
AK 1 = anak kecil 1
AK 2 = anak kecil 2
Backsound : jingle Ciptadent

IB : “Adik- adik !!” (nada memanggil)
AK1 + AK2 : ” iyah ka…”
IB : “kak indra bekti mau nanya nih sama kalian, kalo udah besar mau jadi apa??”
AK 1 : ” mau jadi presenter kaya kakak”
AK 2 : ” aku juga ” ( dengan antusias)
IB : ” jadi presenter gampang. . ”
AK1 + AK2 : ” caranya???”
IB : ” Rajin berlatih, berani tampil, dan. . .liat gigi nya ??
AK 1 : “aaaaaaa. .. .” (membuka mulut)
IB : ” mau jadi presenter ko giginya kotor.”
AK 2 : (tertawa)
IB : ” Bisa berlubang tuh…”
AK 1 : ” harusnya???”
IB : “kaya kaka, dari dulu pake pasta gigi CIPTADENT”
AK 2 : ” kalau aku ka ??? aaaaaaaaaaaa. . . ” (membuka mulut)
IB : “wahhh. . .gigi mu sehat, nafas mu segar lagi. Pasti gigi Ciptadent???”
AK2 : ” iahh. . .jadi berani unjuk gigi kaa. . .”
IB : ” Betull. . .karena Ciptadent baru Maxi 12, selain ada macro aktif yang melindungi sampe kesela gigi. Xilitol bikin gigi ga berlubang. Dan kini ada IT FT anti bakterinya ”
AK 1 : ” I-T-F-T itu apa ka??”
IB : ” I-T-F-T itu yang membunuh bakteri dalam mulut dan membuat mulut segar lebih lama”
AK 2 : ” bakterinya KO yah ka??”
IB : “betul banget. .Eh adik-adik kini ciptadent ada variant baru lohh”
AK1 + AK2 : “Ohh. . .yyaahh??”
IB : ” Ice mint yang merah ”
AK1 : “kalo gitu aku mau jadii???”
IB : ” apapun cita-cita mu, berani unjuk gigi dengan ciptadent baru maxi 12… ‘BIAR BERANI unjuk gigi”

________________(Fade out Jingle iklan Ciptadent)____________________

Analisis

Menurut saya, Spot iklan Pasta gigi ciptadentl ini menarik karena dibuat seperti dialog yang bisa membuat pendengar tidak bosan dan melibatkan selebritis yang dikenal oleh masyarakat luas yaitu Indra Bekti. selain itu dalam spot ini juga melibatkan 2 anak kecil. kata-kata yang dugunakan dalam iklan ini pun cukup di mengerti namun sayang nya ada beberapa kata-kata ilmiah yang tidak terlalu jelas karena terlalu cepat sehingga membingungkan pendengar. tapi keseluruhan iklan ini cukup bagus karena sudah bersifat persuasif karena dalam iklan ini mengajak anak-anak menjaga gigi nya sejak kecil agar bisa mencapai cita-cita nya karena kebersihan gigi itu sangat penting.



Laraas Ayaz

Laras Ayu
NPM : 210103070014
Broadcast A

Tugas 1 Copywriting : ANALISA SPOT IKLAN RADIO

Radio Ardan (105.9 FM)
Jenis iklan : Spot
Iklan produk : Kopiko Milko (Permen)
Durasi : 14”

Transcript :
*BACKSOUND DANGDUT*
Orang Pertama (cowo) : Enakan ini…!! (dengan nada santai)

*BACKSOUND ROCK*
Orang Kedua (cowo) : Enakan ini…!! Haah..!! (dengan nada ngerock)

*BACKSOUND LAGU KOPIKO*
Orang Ketiga (cewe) : Enakan ini… (dengan nada santai dan nada mengemut permen yang bikin penasaran)

*BACKSOUND LAGU KOPIKO DENGAN SUARA PENYIAR*
Penyiar : Mantapnya Kopi Gurihnya Susu, KOPIKO MILKO..!!

• Analisa :
Spot Kopiko Milko ini dibuat sangat singkat agar mudah dipahami. Spot ini sangat singkat tapi menarik, dibagian awal dialog saat spot ini diputar membuat pendengar penasaran spot apakah ini, dan spot produk apa, tetapi diakhir dialog semua terbaca bahwa spot ini adalah spot produk Kopiko Milko.
Selain spot ini menarik dan tidak bertele-tele, juga spot ini sangat singkat, yaitu hanya berdurasi 14 detik. Spot ini bertujuan promosi dan mengajak pendengar mencoba permen Kopiko Milko ini. Didalam spot ini ada ajakan seperti pendengar tidak perlu minum kopi lagi kalu sudah makan permen Kopiko Milko.
Bahasa yang digunakan dalam spot ini tidak baku. Intinya mudah dimengerti dan dipahami oleh kalangan manapun, tetapi kata-katany juga dikemas secara menarik.
Backsound yang digunakannya pun sangat terkonsep dengan baik. Sehingga pendengar dapat mengikuti alur spot ini dengan santai tapi dimengerti.

• Kesimpulan :
Jadi kesimpulan spot ini adalah spot ini dikemas dengan sangat unik, menarik, singkat, tapi cepat dipahami oleh pendengar. Sehingga pendengar tidak perlu repot-repot berfikir lama tentang maksud dan tujuan spot ini. Sehingga dapat menggugah pendengar untuk membeli dan mencoba permen tersebut. Intinya promosi spot permen Kopiko Milko berhasil membuat pendengar penasaran membeli dan ingin mencoba permen Kopiko Milko ini.



Fiba Faravadya

Fiba Faravadya
210103070020
Broadcast A
Copy Writing

Iklan Kopi ABC Brownies
105,1 FM I Radio Bandung
Durasi 1 menit

A : “Hai!”
B : (Nangis)
A : “Hah, kenapa nangis?”
B : “Si Bejo” (Sambil Nangis)
A : “Hah?”
B : “Si Bejo!” (Kesal dan meninggikan suara)
A : “Aduh, bingung lagi. Gua kasih tips ya Bu?”
B : “Gua gag butuh duit.”
A : “Tips Bu! Plis dong deh! Kalo si Bejo mukanya bĂȘte, kasih dia coklat, biar lebih mood. Nah kalo si Bejo ngeseliiiin terus, kasih dia karamel. Nah kalo dia keliatan kuyu kayak ikan asin, kasih dia kopi. Trus kalo dia loyo, diajak nyalon gag mau nih, kasih dia susu biar semangat lagi.
B : “Wah, ribet Bos, situ aja deh!”
A : “Lah, kasih aja dia brownies, Kopi ABC Brownies!”
C : “Betul tuh! Baru nih dari Kopi ABC. Kopi ABC Brownies dengan choco karamelnya yang manis dijamin buat suasana hati kamu gag haru biru lagi deh. Kopi ABC Brownies, choco karamelnya, mantap abeeez!”

Jingle Kopi ABC.

Secara sepintas, iklan tersebut menarik. Apalagi jika dikaitkan dengan pernyataan Frank Jeffskins yang memberikan batasan bahwa inti periklanan yang berkaitan erat dengan keahlian khusus yang menyertainya, yaitu:

1.Kreatifitas untuk menarik perhatian. Iklan tersebut menggunakan dialog atau drama yang kreatif dan menghibur untuk menarik perhatian pendengar I Radio.

2.Kreatifitas untuk memenangkan perhatian khalayak. Karena berhasil menarik menarik perhatian dengan drama yang menghibur, maka iklan Kopi ABC tersebut berhasil memenangkan perhatian pendengar.

3.Kreatifitas untuk membangkitkan minat yang berlanjut. Dialog atau drama yang menghibur tersebut di atas berhasil membangkitkan minat pendengar untuk mendengarkan iklan tersebut sampai selesai karena keingintahuan tentang produk yang diiklankan dengan drama atau dialo yang menarik.

4.Kreatifitas untuk pemilihan, penggunaan media-media yang paling efektif dari segi biaya, contohnya mengiklankan produk di radio.

Iklan Kopi ABC Brownies juga tidak seronok, tidak memancing emosi negatif pendengar, tidak menjatuhkan produk lain, dan tidak menyinggung perasaan, martabat negara, golongan, agama, susila, adat, serta budaya.

Penyelesaian akhir iklannya juga menarik menjelaskan tentang Kopi ABC Brownies, dengan menggunakan tagline “Kopi ABC Brownies, choco karamelnya, mantap abeeez!” meyakinkan pendengar untuk segera membeli produk itu. Dalam hal ini Kopi ABC Brownies.

Namun bila didengarkan secara seksama, banyak gangguan khususnya dari segi editing. Sangat mengganggu menurut saya, karena saya mendengarkannya dengan seksama. Terlalu ricuh dan kurang jelas. Untungnya dibantu dengan sifat radio yang sepintas. Jadi tidak begitu masalah.



Ryan Xeno Kurniawan

Seno Priyandi K
210103070013
Penyiaran A

Pria : Hai pagi Luna, he minum apa tuh? Vitalong C? Emank ngaruh?
Luna : Liat aja nanti
Pria 2 : Halo Luna jangan lupa meeting nanti (Telepon)
Luna : Oke… sampai nanti malam yah
Pria : Hah nanti malam kita meeting lagi? Kemarin sudah lembur.. haduh hari ini banyak kerjaan, besok aja deh.
Luna : Hmmm, modal otak dan penampilan memang perlu. Tapi kalau ga fit apa gunanya?
Pria : iya sih kamu benar…
Luna : Mau fit sepanjang hari? Vitalong C
“Vitalong Day… Vitalong Day… Vitalong Day…” (song)
Vitalong c, vitamin C dengan. Daya kerja selama 12 jam ssemua diserap secara bertahap tanpa nyeri lambung.
Pria : hee… masih fit aza, mau donk Vitalong C.
Durasi iklan : 60 detik
Strategi Promosi
Informasi yang disampaikan dapat dimengerti pendengar, sehingga pendengar tahu apa yang sedang diiklankan. Di awal, iklan tersebt memberikan dialog yang cukup meyakinkan khalayak untuk tahu apa yang sedang diiklankan. Di iklan ini juga, pengiklan memakai artis Luna Maya sebagai daya tarik pendengar karena Luna Maya sudah dikenal masyarakat luas. Kata-kata yang digunakan pada iklan ini, menggunakan bahasa obrolan sehari-hari pada dialog. Sedangkan pada pesan iklan menggunakan bahasa yang baik untuk dapat dimengerti pendengar dantidak bertele-tele. Isi pesan singkat, padat dan jelas.



Revita Ligar Sari

Revita Ligar Sari
NPM 210103070004
Penyiaran A
Tugas 1 Copy Writing
Analisa Spot Iklan diradio

Transcript
Produk :Entrostop
Radio : 89.6 fm I -radio Jakarta
Durasi : 37”

Ce : Ringgo, silahkan masuk ke ruang foto. (nada memanggil)
( suara kaki berjalan dan suara ketukan pintu)
TF : Masuk
Co : Iya
TF : Foto ya
Co : He eh
TF : Duduk
Co : Iya
TF : Tegak Mas
Co : He eh
TF : Siap (suara jepretan foto)
Co : Aduh
TF : Tegak mas, tegak (nada sedikit keras)
Co : He eh
TF : Ulangi lagi ya
Co : He eh
TF : Satu, dua…
Co : Heeek
TF : Loh mas, anda jangan main – main ya (nada marah)
Co : Gak pak, gak pak. Aduh maaf pak,diare belum sembuh nich
TF : Oh diare, makanya minum larutan gula garam. Dan bila perlu minum entrostop, entrostop dengan asa fulkit dan fentin. Sekarang dalam kemasan baru, jangan lupa dua tablet sekali minum.

( jingle entrostop)

TF : Produksi kalbe farma.

Analisisa:
Konsep yang digunakan dalam iklan ini sederhana, sehingga mudah di mengerti pendengar. Kansep yang dibuat dialog ini dapat membuat pendengar mengerti maksud dari produk yang di iklankan, di bandingkan jika kita langsung mengiklan kan produk itu tanpa ada alur atau langsung kapada fungsi produk. Bahasanya pun mudah di cerna oleh pendengar, sehingga tidak terdengar seperti “menggurui” pendengar melainkan seperti meberikan solusi kepada pendengar, dan bahasanya juga tidak bertele – tele.



Putri Febrianti Pratama

PUTRI FEBRIANTI
210103070025
PENYIARAN A
COPY WRITING

IKLAN PROMOSI PROVIDER XL

>>Iklan acara XL di Ardan :
CEWE : make your morning crazy with us
Seru-seruan bareng sama XL dari senin sampai jumat dari jam enam pagi sampe jam delapan pagi Cuman di seratus lima koma sembilan ardan fm
====================SMASH======================

>>Percakapan dua orang dengan logat batak mempromosikan XL berlokasi di sebuah terminal bus:
Cowo 1 : Ayo buru buru buru naik naik naik naik
Cowo 2 : eh lay, masa sekarang XL lebih murah dari CDMA
Cowo 1 : aaa sikat
Cowo 2 : lay nelfon ke sesama XL Cuma tujuh puluh dua rupiah per menit
Cowo 1 : aaa sikat
Cowo 2 : XL lebih murah sepuluh persen dari CDMA
Cowo 1 : aaa sikat
Cowo 2 : cuma perlu tekan bintang lima ratus pagar terus tekan oke lay
Cowo 1 : aaa sikat
=====================SMASH=====================
Cowo 2 : cantik kali tu cewe dijalan
Cowo 1 : Sikat sikat sikat sikat sikat sikat
Cowo 2 : eh jangan maruk lah kau, yang kemaren sudah kau sikat mana pula mau kau sikat yang ini
Cowo 1 : lah bukan itu aku yang ngomong, tukang sikat itu
Cowo 3 : XL SIKAT MURAHNYA SIKAT UNTUNGNYA.
===============JINGLE XL========================
Cowo 1 : Sikat sikat sikat sikat sikat sikat sikat

ANALISA :
Setelah mendengar dan memantau spot iklan di atas, analisa terhadap iklan tersebut adalah sebagai berikut :

– Durasi iklan :
01.07 ( satu menit lewat tujuh detik)

– Kata-kata atau kalimat yang dipergunakan :
Kata-katanya cukup jelas dan menarik dengan menggunakan logat batak antara percakapan dua orang di terminal bus, hal itu terdengar dari latar atau backsound yang terdengar sangat ramai dan kata-kata yang menandakan mereka diterminal karena ada seorang kenek bus.

– Strategi dalam membujuk khalayak :
Strategi yang ditonjolkan cukup bagus karena membandingkan dengan provider lain tanpa menyebutkan nama atau merk provider saingannya tersebut. XL membandingkan dengan provider itu dengan menonjolkan bahwa XL lebih baik dari provider saingannya. XL dapat membujuk khalayak dengan kelebihannya yaitu lebih murah di bandingkan CDMA yaitu menelpon hanya Rp.72/menit. Dalam iklan tersebut juga diselipkan dialog lain yang menarik. Lalu di akhir percakapan tersebut ada tag line XL yang memang menjual yaitu “XL sikat murahnya sikat untungnya’.

– Informasi :
Informasi yang diberikan kepada khalayak dalam iklan XL ini cukup jelas, membujuk khalayak agar menggunakan XL karena tarif XL lebih murah dibandingkan provider lain. Uniknya iklan XL ini digabung dengan iklan acara yang ada di radio yang menayangkan iklan XL tersebut.



Clarisa Kamaratih

Tugas Copy Writing
Clarisa Kamaratih
210103070024

SPOT BAKSO KEPALA SAPI
Radio : 99ERS
Frekuensi : 100.00 FM

Sound Effect : Suasana restoran

DIALOG
Cewek : Yaaaaannnnkk! Kok aku udah nunggu kamu lama-lama akhirnya
Cuma makan bakso siihh? Bete ahhh!
Cowok : Loh koq bete sih? Ini bukan bakso biasa, sayang. Ini bakso kepala sapi.
Cewek : Uhhh terus apa bedanya?
Cowok : Nih cobain deh! Baksonya tuh enak bangett, bersih, tanpa boraks dan pastinya aman buat dikonsumsi.
Cewek : Sini aku coba! Mmm… nyam nyam nyam… iya ya enak bangett! Pasti harganya mahal ya yank?
Cowok : Gak koq, nih. Satu porsi bakso kepala sapi ini Cuma 8500. itu tuh udah ditambah sama minuman Frestea kesukaan kamu, sayangg.
Cewek : Wahh, asikk. Berarti aku bisa nambah 2 porsi lagi ya yank!

Sound Effect : Efek kecewa
Sound Effect : Smash

DIALOG
Cowok : Bakso kepala sapi, Jalan Kopo Margahayu 320, telepon : 5405623.

Analisa :
Spot yang ideal diputar kurang lebih 1 menit, tapi spot bakso kepala sapi ini berdurasi lebih dari 1 menit. Mungkin karena terlalu banyak dialognya, tapi spot ini sangat persuasif sekali sehingga pendengar mendengar spot ini akan penasaran dengan bakso kepala sapi itu. Lalu di spot ini juga diberitahukan kepada para pendengarnya kalau bakso kepala sapi ini tidak memakai boraks dan terjamin bersihnya. Ini merupakan daya tarik bagi para pendengar, secara sekarang bakso banyak yang memakai bahan-bahan kimia lainnya.
Untuk sound efeknya sudah baik, karena menggambarkan suasana disebuah restoran yang membuat pendengarnya bisa berimajinasi. Spot ini tidak terlalu memusingkan pendengarnya, karena sound efeknya tidak macam-macam dan biasanya spot tentang kuliner sangat disukai oleh para pendengar.
Kesimpulannya spot ini dikemas sangat menarik, unik juga simple. Langsung pada pokoknya, tidak bertele tele. Spot ini juga tidak membuat pendengarnya bosan.



Tri Sandra Widyasari

Tri Sandra Widyasari
210103070022
Penyiaran A

FRUIT TEA ROCK HOUSE FESTIVAL
Radio : 99ERS
Frekuensi : 100.00 FM

Backsound : Jingle Fruit Tea

cowo (abe) : Frut Tea Indieology! proudly presents..
abe : Rock House Festival !
abe : Gelaran ini udah pasti pas buat kamu yang pingin bikin sesuatu yang beda pas liburan.
abe : Ayoo dateeng! gelaran ini mulai tanggal 16-18 Oktober aja!
abe : disini kamu bisa belanja sepuasnya karena ada sekitaran 100 distro! ada juga aksi special dari Komunitas Indie Bandung, Kompetisi BMX, Yoyo, Rap & Beatbox Battle, juga Fotografi!
abe : ajakin temen segang, gebetan, tetangga, dan semuanya ke Plaza Tegalega Bandung!
abe : nah, disini juga ada penampilan dari Bandung Rockstar such as GBOB Finalist, Rif dan PAS Band.
————————SMASH—————————–
abe : Rock House Festival, clothing,music, communities, yang bikin weekend kamu makin rockin!! yeahh.

ANALISA :
Spot ini berdurasi 1 menit dan sudah cukup baik bila dilihat dari durasinya.
Spot ini bukan mempromosikan suatu produk, tetapi Frut Tea disini adalah sebagai sponsor untuk acara Musik dan Komunitas tersebut.
Dialog sudah cukup persuasif dan cukup mengajak. Karena dialognya dibuat dngan bahasa-bahasa yang cukup menarik.
mungkin apabila spot ini dilakukan dengan dua orang yang berbeda, pasti spot ini akan lebih menarik lagi.
Backsound yang dipakai adalah jingle dari Fruit Tea tersebut. Namun, pada saat ditengah-tengah iklan tersebut, backsoundnya terlalu besar sehingga ada beberapa bagian wacana yang kurang bisa didengar dengan jelas.



Irma Cubbyy

Nama : Irmayanti
NPM : 210103070018
Kelas : Broadcast A
Tugas 1 Copy Writing

* Transcipt Spot Iklan Radio
Produk: Smart Bed Clarissa
Radio : 98,8 Raka FM Bandung
Durasi : 56”

* (Backsound Santai)
* (Ruangan Dokter)
Dokter : Keluhannya apa bu?
Ibu : Nadi Dok, belakangan ini saya susah tidur!
Badan saya sakit semua!
Dokter : Sudah minum obat?
Ibu : Sudah Dok!
Dokter : sudah pernah Cek Up?
Hasilnya?
Ibu : Sehat Dok!
Dokter : Mmmm…, Pasti tempat tidurnya yang salah!
Ini resepnya, selalu tidur menggunakan Smart Bed Clarissa!

*Tagline 1 :
*(Backsound Semangat)
Narator :
Smart Bed Clarissa memang beda!! satu-satunya kasur dengan dua permukaan berbeda, Smart And Hot!!
Anda tinggal membalikan untuk tingkat kenyamanan yang berbeda, dapatkan dua keuntungan dari Smart Bed Clarissa, Selain nyaman, dikomunikan untuk kesehatan anda.

* (lanjutan Dialog)
* (Suasana pagi dengan kicauan burung-burung)
Bapa : Pagi mamah, Tampak cantik sekali hari ini…
Ibu : Ia dong pah, tidur berkualitas berkat Smart Bed Clarissa.

* TagLine 2 :
*(Backsound Semangat)
Narator :
Smart Bed Clarisa kasur sehat yang mengerti tubuh anda, Smart Bed Clarissa diproduksi dengan mesin otomatis Amerika dan Eropa.

Analisa:
Setelah mendengarkan Spot Iklan Smart Bed Clarissa Tersebut, Saya menganalisa bahwa, iklan tesebut Sesuai dengan inti periklanan sehingga layak ditayangkan, karena iklan tersebut tidak menjatuhkan produk iklan yang lain. Selain itu berbentuk pesanan untuk mendorong atau membujuk khalayak ramai agar tertarik pada barang dan jasa yang ditawarkan.
Ada kata- kata yang tidak jelas dalam Spot Iklan Smart Bed Clarissa tersebut, sehingga dapat membuat para pendengar bingung, Seperti kata-kata “ Smart And Hot” dan “dikomunikan untuk kesehatan anda” Selain itu dialog yang ada di Spot Iklan Smart Bed Clarissa ini terlalu bertele-tele, sehingga membuat para pendengar bosan.
Tidak ada penyelesaian akhir dalam pembuatan Iklan Spot tesebut, karena tidak membantu konsumen untuk mendapatkan barang dan jasa secepat dan semudah mungkin.

Simpulan:
Setelah mendengarkan Spot Iklan Smart Bed Clarissa Tersebut, saya menyimpulkan bahwa dalam pembuata Spot Iklan Radio, ada banyak yang harus diperhatikan, seperti kata-kata yang harus jelas, kata-kata yang harus dapat mendorong atau membujuk para pendengar agar tertarik pada barang dan jasa yang ditawarkan, tidak menjatuhan iklan yang lain, selain itu dalam pembuatan Spot Iklan, harus ada penyelesaian, sehingga dapat membantu konsumen dalam mendapatkan barang dan jasa secepat dan semudah mungkin.



Tika Tiqus

nama : Tika Purnamasari
npm : 210103070002
kelas : Penyiaran. A

Iklan Panadol cold dan flu beserta kuisnya.
( Radio Ardan 105,9 FM )

script :
Insan muda kamu pasti punya moment penting dalam hidup, kaya udah bikin rencana jauh-jauh hari, persiapan mateng supaya yakin semua lancar. Eh.. menjelang hari H tiba-tiba aja flu dan batuk dating. Duh.. ganggu banget kan ya.. nah ini kaya afgan nih ydah enam bulan persiapan buat konser pas menjelang hari H- nya tau-tau aja dia kena flu dan batuk, tapi kan show must go on jadi ga ada kompromi. Tapi untungnya dia selalu bawa panadol cold dan flu jadi konsernya tetep bisa berjalan sesuai rencana. Coba deh dengerin suara merdunya afgan.

( lagu afgan : cintaku bukan cinta biasa )

Nah kamu juga pasti pernah punya moment penting dan ga boleh sampe terlewatkan gara-gara kena flu dan batuk. Mo nembak cewek, presentasi, ujian, reunian, apa aja. Coba deh kamu tulis pengalaman kamu itu maximal delapan puluh kata, nah kalo emang kamu ceritanya oke bakal di jadiin lirik lagunya afgan lho.. pastinya dong kamu juga bakal setenar dia juga kan. Kirim beserta nama, alamat, dan nomor handphone ke PO BOX pilihan saya Jkt 10.000 atau ke radio ini, radio ardan di jalan cipaganti nomor 159 bandung. Atau via fax ke 022-2033267 atau via sms ke 08122011059 sebelum 5 november 2009, informasi detailnya ada di www.Pilihansaya.com. Ayo buruan kirim, 25 pengirim pertama bakal dapetin hadiah langsung ipod atau bom box keren. Jadi tunggu apalagi insan muda, panadol cold dan flu pilihan afgan pilihan saya juga.

Analisis :
Ini adalah iklan obat flu yaitu produk panadol cold dan flu. Target market dari iklan ini adalah dewasa muda sesuai dengan segmentasi radio Ardan. Iklan ini menggunakan bahasa sehari – hari yang mudah dimengerti pendengar sehingga pendengar dapat langsung menangkap tujuan dari iklan ini. Apalagi di tambah dengan menggunakan icon penyanyi Afgan, sehingga iklan ini mempunyai daya tarik tersendiri. Unsur mengajak dari iklan ini pun sudah cukup jelas dengan kata – kata yang digunakannya. Dalam iklan ini telah dijelaskan bahwa jika kita terserang flu atau batuk maka segeralah minum panadol cold dan flu seperti yang dilakukan oleh penyanyi Afgan.

Kesimpulan :
Setelah saya mendengar iklan ini, iklan ini sudah cukup baik diputar pada radio yang sesuai dengan target market dari produk tersebut. Iklan ini juga mudah diingat oleh pendengar dari kata-kata yang digunakannya. Unsur mengajaknya sangat kuat dalam iklan ini apalagi didukung dengan icon penyanyi Afgan. Dan kuis yang berhadiah langsung menjadi nilai lebih.



Melia Anggraini Imel

Melia Angraini Yunita
210103070021
Penyiaran A

TUGAS MENGANALISIS IKLAN DIRADIO

Iklan “Axis” di Ardan FM (105.9)

Script :

Percakapan :
Cowok : woy, woy, apaan sih?
Cewek : iya, iya, kamu tadi ngomong apaan sih?
Cowok : apaan, apaan, apaan? Ulangin lagi.
Cewek : iya, iya, iya.
Efek : Wek, wek, wek..
Backsound : Jingle Axis
Gak usah teriak-teriak, sms pake Axis aja, satu-satunya operator yang bisa kirim sms ke semua operator sepanjang hari. Hanya Rp.3 /sms dengan paket super hemat sms. Kirim 300 sms hanya Rp.1000 /hari. Bisa digunakan sepanjang hari ke semua operator diseluruh Indonesia. Segera nikmati paket super hemat sms. Hubungi *77# dari Axismu dan ikuti petunjuk selanjutnya. Dengan Axis tidak usah khawatir lagi kirim-kiriman sms ke teman dan keluarga. Ayo makin hemat, makin untung bersama Axis. Axis, baik yah..

Analisis :
Iklan ini berdurasi 58 detik. Ini adalah spot promosi provider yaitu Axis. Target market ini adalah dewasa muda yang hobby dengan smsan. Spot ini singkat tapi cukup detail dan mudah dipahami. Bahasa yang digunakannya pun bukan bahasa baku, sehingga pendengar mudah paham dan tidak perlu pusing berfikir, iklan apakah ini dan apakah yang sedang dipromosikannya. Karena iklan ini sudah menjelaskan secara rinci, dan singkat tentang keuntungan memakai provider ini, yaitu Axis.

Kesimpulan :
Kesimpulan saya setelah mendengar iklan ini, saya rasa iklan ini cukup mengajak pendengar dengan promosi yang ditawarkannya. Dengan bahasa dan tutur kata yang baik, iklan ini cocok untuk diputarkan diradio bersegmentasi dewasa muda. Tata bahasanya yang memakai bahasa sehari-hari, memudahkan pendengar untuk memahaminya dan mengerti akan promosi yang ditawarkan. Provider sangat tepat pada sasaran pemasarannya.



Dian ‘Quyiie’ Anggraini

DIAN ANGGRAINI
210103070026
PENYIARAN A
TUGAS COPYWRITING

SPOT XOOROX (Cemilan Menu Baru café 99ers)
RADIO : 99ERS
FREKUENSI : 100.00 FM

SCRIPT

Abe : Hey 99ers! It’s 99ers coffee!

Ricky : And now.. we have our great menu!

——————– SMASH ——————–

Abe : Xoorox Cemilan khas Spanyol yang yummy dan menyenangkan! Cemilan ini cuma bisa kamu dapetin di 99ers coffee! Ada banyak variasi xoorox yang bisa kamu nikmatin, Contohnya aja ada hazelnut churros, raspberry churros, black and white churros, original churros, triple chocolate caramel churros, tiramisu, chesy, caramel nuts dan masih banyak rasa yang lainnya lagi…

Ricky : Jangan salah, cemilan ini Cuma 6000 rupiah aja /pieces. Dan kamu bisa minta tambah topping ice cream favorit kamu dengan rasa special dari vanilla, strawberry atau chocolate!

Abe : Selain itu ada juga xoorox rasa buah seperti strawberry cherry, banana cherry, mix berry, banana choco, blueberry, oreodream, creaker jack, dan caramel…

Ricky : Jadi tunggu apalagi 99ers? Buruan ke 99ers coffee dan nikmatin xoorox sambil ngumpul bareng teman-teman kamu!

——————– SMASH ——————–

A&R : 99ers coffee simply better coffee!

ANALISIS & KESIMPULAN:

Spot yang berdurasi lebih kurang 1 menit ini menginformasikan bahwa ada menu baru di cafe 99ers yaitu xoorox, semacam cemilan dengan aneka rasa yang menarik serta dapat menambahkan topping es krim sesuai selera. Xoorox ini bisa menjadi pilihan untuk cemilan ringan di waktu santai dengan memberikan harga yang terjangkau. Menariknya dari xoorox ini diberi nama-nama yang unik seperti triple chocolate churros, caramel nuts, chessy, mix berry dan lain-lain.

Setelah saya mendengarkan spot ini, menurt saya target pemasaran spot ini untuk semua kalangan yang pastinya suka dengan kuliner. Pengemasan spot cukup baik karena bahasa yang digunakan santai, singkat, menarik dan jelas. Di dukung pula dengan backsound yang menggambarkan suasana cafe yang nyaman untuk bersantai, serta terdapat unsur bujukan bagi para pendengar spot ini untuk segera mencoba cemilan xoorox yang terdapat di cafe 99ers.



Icha Sefti Nurannisa Ruswika

SEFTI NURANNISA RUSWIKA
210103070023
Penyiaran A

AOTM OKTOBER – BACKSTREET BOYS
Radio : 99ERS
Frekuensi : 100.00 FM

Backsound : Intro Straight To my Heart – Backstreet Boys

Cowok : On this October..
Cowok : Backstreet Boys are straight to your heart!
——————————SMASH(effect)————————
Cowok : Backstreet Boys never dies, 99ers!
Cowok : Beyond the multi-platinum album sales that they have garnered over the last decade, Backstreet Boys are a cornerstone of pop culture around the world.
Cowok : And now, they’re back with their 7th album named This Is Us.
Cowok : Di album ini, Backstreet Boys bekerjasama dengan T-Pain, Max Martin, RedOne, Soulshock and Karlin, Jim Jonsin, Brian Kennedy serta Claude Kelly.
Cowok : With their help, this album becomes an extraordinary pop RnB thing and of course, really straight to your sense of music!
——————————SMASH(effect)————————
Cowok : Backstreet Boys as our artist of the month along this October.
Cowok : Presented by Sony Music Entertainment and Ninetyniners Radio, your funky station!

ANALISA :
spot AOTM OKTOBER – BACKSTREET BOYS ini merupakan spot yang bagus secara keseluruhan, namun permasalahannya justru ada di bagian durasi.
Spot ini berdurasi 3 menit 24 detik, menurut saya terlalu lama untuk ukuran spot.
Pemilihan diksi yang dipilih cukup baik, dengan menggunakan bahasa Inggris yang baik pula. sesuai dengan segmentasi pendengar radionya sendiri.
Dan secara detail SPOT ini memang menjabarkan tentang “produk/objek” yang diiklankan, sehingga membuat semakin menarik perhatian pendengar.

kesimpulan saya terhadap SPOT ini ,
spot ini memang menarik perhatian pendengar,
tapi mungkin untuk sebagian kalangan yang kurang fasih dalam berbahasa inggris , spot ini kurang dapat dipahami .



Lazuardi Febryan

LAZUARDI FEBRYAN
210103070003
PENYIARAN A
TUGAS COPY WRITING

iklan obat “mensana”
durasi;56″
radio RAMA 104.7 FM
soundeffect;suasana pedesaan pada pagi hari

A;aduh, perut aku, selalu kaya gini kalo lagi dapet eu euh …
B;ada yang bisa aku bantu ?
A;ambilin air anget di borond heula yah ..
B;iya
A;eh sekalian
B;heu euh
A;obat yang ada pereda nyerinya
B;iya
A;ah pokonyamah obat apa ajah aduh sakit ..
B;iih, kan ga boleh sembarangan kalo minum obat, BAHAYA …
A;ah terus gimana atuh ..
B;minum mensana ajah …

mensana, ramuan herbal alami khusus untuk wanita dalam kemasan saset,
mengandung tanaman aknikarati yang membantu melancarkan darah dan mengurangi nyeri saat menstruasi

A;ah .. anget di perut, ga nyeri lagi
B;hehehehe
A;praktis, kecil2 tapi manjur banget ,
B;he eh ..
A;ah rasanya juga enak ,
B;hehehehe
A;makasih ya mensananya ,
B;jangan lupa, selipin di tas tiap ke pasar ,

mensana selalu menjaga , datang bulan jadi enak ,,
produksi feka farma , baca aturan pakai ..

analisis;
dari segi waktu 56″ iklan ini hampir mencapai pada sasarannya
di dengar dari percakapan kedua oarang ibu-ibu yang mau pergi
ke pasar tiba-tiba salah satu dari ibu-ibu itu terasa nyeri
karena menstruasinya,lalu temannya menyarankan untuk minum
obat MENSANA,dari percakapan sederhana tersebut telah terperinci
secara jelas tujuan dan maksud iklan itu.itu yang menjadi nilai
yang sangat tepat untuk mempromosikan,,dan dapat menarik konsumen
untuk membeli produknya,,

simpulan;
iklan ini sangat pas karena dari segi durasi dan isi percakapannya
ketika sesorang mendengar dapat langsung di mengerti dan ada rasa
kepercayaan untuk membeli produk tersebut.



Ulfa Pratiwi Juliastina

ULFA PRATIWI JULIASTINA
210103070034
penyiaran A

jenis iklan : SPOT
iklan mixagrip
Radio : 98,8 (rama FM)

TRANSKIP IKLAN
Bapak anak kembar 3: siang pak! Saya mau bikin akta si kembar 3
Petugas pembuat akta: nama anak pertama?
Bapak anak kembar 3: Ucok hachi – hachi
Petugas pembuat akta : wah nama jepang iah?
Bapak anak kembar 3: bukan pak! Jadi pas si Ucok lahir aku sedang flu hachih . .hachih . … (suara orang sedang bersin)
Petugas pembuat akta: wahahahahaha , terus nama anak ke-2 nya?
Bapak anak kembar 3: togar hachi siregar uhuk-uhuk
Petugas pembuat akta: pasti bapaknya lagi flu hachih . .hacih . . (suara orang sedang bersin) dan lagi batuk uhuk . .uhuk . . (bunyi orang sedang batuk)
Bapak anak kembar 3: ah bukan si bapak ini, itu bapakku
Dubber : makanya kalo terserang flu cocoknya minum mixagrip , kalo flu dan batuk minum mixagrip flu dan batuk
Petugas pembuat akta : terus nama anak ke-3 nya?
Bapak anak kembar 3 : butet wiw uwiw
Petugas pembuat akta : lho! Kok yang ini beda?
Bapak anak kembar 3: nah begini pak, pas si butet lahir, terdengar suara ambulance lewat wiwuwiwuwiwuwi . . . (suara ambulance)
Dubber: jangan lupa! Flu minum mixagrip, kalo flu dan batuk minum mixagrip flu dan batuk. Rangkaian produk mixagrip pilihan yang cocok. Produksi kalbe farma.
Baca aturan pakai bila sakit berlanjut hubungi dokter

ANALISA
iklan spot mixagrip ini berdurasi 56 detik itu merupakan durasi yang pas untuk sebuah ilan spot karena tidak terlalu lama dan tidak juga terlalu pendek. iklan spot ini mempromosikan obat flu dan batuk. target market ikalan spot ini adalah dewasa. bahasa yang digunakan dalam iklan ini adalah bahasa sehari-hari yang easy listening sehingga maksud yang terkandung dalam iklan spot ini dapat dengan mudah dipahami.

KESIMPULAN
iklan spot ini dikemas dengan gaya komedi sehingga membuat iklan spot ini menjadi menarik. dalam iklan ini gaya persuasifnya sangat bagus karena iklan ini menggunakan gaya komedi yang cukup unik sehingga membuat khalayak jadi mudah mengingatnya.



Vinca Callista

SPOT XLent Heroes Community
durasi : 1:01

Nama : Vinca Rosellinia Natasha
NPM : 210103070019
Kelas : Penyiaran A
Sumber : 99ERS Radio 100 FM Bandung

***

SFX : Suasana di sekolah
Backsound : RAN – Liburan Rame – XL

Abe : Mmm… laper! Enaknya makan apa ya sekarang?
Evita : XL!!
Vinca : Eh beb, baju kamu lucu banget deeehh! Dapet dari mana siiihh?
Evita : XL!!
Abe : Pulang sekolah kita nonton apa ya?
Evita : XL!!
Vinca : (Agak marah) Be, kok jawaban Evita XL semua sih?
Abe : (Agak marah) Iya nih, kamu nggak denger omongan aku sama Vinca ya!
Evita : (Antusias) Yes yeeessss… Semuanya ada di XLent Heroes Community!

SFX : Jingle Smash

Backsound : RAN – Liburan Rame – XL
Dody : Cepetan join di XLent Heroes Community! Kamu bakal kita kasih segala aktivitas rame dan gratisss! Ada kegiatan kuliner, games, sport, music, fashion, movie, lifestyle, RBT, YahooZone, Funbook, etc. Pokoknya, anak muda banget deeeh!
Dylla : Eventnya banyak banget, 99ers, yang bisa kamu dapetin sampe akhir taun! Terruuuss, kamu juga bakal banyak dapetin diskon khusus di merchant-merchant keren dan hang out places di Bandung!
Dody : Makanya, langsung join aja di www.jagoanmuda.com, atau langsung di XL kamu, ketik aja *777#, atauuu langsung daftar ke basecamp kita di 99ERS Radio dan 99ERS Coffee Bandung Indah Plaza!
Dylla : Nomor online XL kita… 0878 22 310 999!
Dody : Jadi, tunggu apalagi, 99ers? Join serunya XLent Heroes Community sekarang juga!

SFX : Jingle Smash

Evita : Sekarang kita ke mana dulu nih? Makan, cari baju, atau nonton?
Abe & Vinca : XL! Hahahahahahahahahahahahaaaaaaa…..
Evita : Nah gitu doooongg! Hahahahahaaa

***

ANALISIS

Dengan memberikan ilustrasi cerita di awal, spot XLent Heroes Community tersebut menjadi ear-catchy, ditambah menggunakan beberapa penyiar untuk voice over yang menjadi variasi tersendiri, membuat pendengar tertarik untuk mendengarkan. Informasi yang diberikan mengenai produk pun jelas, sehingga bisa cepat ditangkap oleh pendengar.

***



Putri Haryanti

Tugas 1 Copy Writer
Nama : Putri Haryanti
NPM : 210103077014
Kelas : Penyiaran A

* Transcipt Spot Iklan Radio
Produk : Obat Hyping
Radio : 92.7 Sinta Buana FM
Durasi : 1. 10”

DIALOG
Suara Pria : Huhuhu …. Mereka yang gendut sekarang langsing berkat obat Hyping
(Jingle Obat Hyping 1)
Suara Wanita 1 : I’m one …. Aku sekarang singset, aku sekarang langsing, aku sekarang montok.
Suara Wanita 2 : Betul, akupun juga minum obat hyping.
Dulu aku malu sekali, perutku buncit, besar, gendut lagi, sekarang bentuk tubuhku memposana berkat Hyping.
Suara Wanita 1 : Iya, dikau minum obat Hyping, sayapun minum obat Hyping.
Ayo kita ajak dia minum obat Hyping, biar semuanya montok seperti kita.
(Jingle Obat Hyping 2)
TAGLINE
Suara Wanita : “Obat Hyping memang khusus untuk kebahagiaan wanita, Hyping menjaga agar kulit tidak kendor, Hyping melarutkan lemak – lemak yang tak berguna, Hyping menegangkan perut yang berkerut, Hyping menjadikan anda cantik memposana, obat Hyping Produksi PT SEGAR WARAS INDONESIA”.
(Jingle Penutup)
ANALISIS
Setelah mendengarkan Spot Iklan “Obat Hyping” tersebut, saya dapat menganalisa bahwa iklan ini adalah iklan yang mendorong atau membujuk para pendengar untuk menggunakan produk tersebut. Namun ada kalimat seperti “Dulu aku malu sekali, perutku buncit, besar, gendut lagi, sekarang bentuk tubuhku memposana berkat Hyping” yang menurut saya kalimat tersebut dapat memancing emosi negatif.
Iklan yang simple ini cukup singkat dan kata-katanya cukup informatif, serta komunikatif. Selain itu dialog yang ada di iklan “Obat Hyping” ini tidak bertele – tele, sehingga membuat pendengar ingin mengetahui iklan dan produk tersebut. Namun iklan tersebut kurang menarik.
Di akhir iklan tersebut kata-katanya membantu konsumen mendapatkan barang dan jasa secepat dan semudah mungkin.

SIMPULAN
Setelah mendengarkan Spot Iklan “Obat Hyping” tersebut saya menyimpulkan bahwa dalam membuat spot iklan itu haruslah sesuai dengan asas-asas umum. Spot iklan harus dapat membujuk para pendengarnya untuk menggunakan produk atau barang dan jasa tersebut.
Kata-katanya juga harus mempunyai nilai menggugah, informatif, persuasif, bertenaga gerak, dan memiliki penyelesaian akhir, itu agar iklan tersebut mempunyai daya tarik tersendiri.



Romie Fitra Permana

Tugas 1 Copywriting
Romie Fitra Permana
210103070001
Penyiaran A

Cowok : Hi…
Cewek : (nangis) si Bejooo….!!
Cowok : HAH??
Cewek : Si Bejo…!!
Cowok : (kesel) Uuuurrrgh..!! dia lagi… gw kasih tips ya bu..
Cewek : HAH?? Gw gag butuh duit!
Cowok : TIPS.. Saran maksudnya. Plis donk deh!!
Cewek : ooowwhh…
Cowok : Kalo si Bejo mukanya Bete, lo kasih Coklat biar mood dia balik lagi. Nah Kalo si bejo ngeselin terus, kasih dia caramel, kalo dia kuyu kaya ikan asin, kasih dia kopi, trus kalo dia loyo, diajak jalan ga mau nih, kasih dia susu biar semangat lagi!!
Cewek : arrgggh ribet boss.. simple aja deh!
Cowok : well, kasih aja dia brownies. Kopi ABC Brownies
(music in)
Prolog : Betul tuh… baru nih kopi ABC! Kopi ABC Brownies dengan choco caramel yang manis dijamin buat suasana hati kamu ga haru biru lagi dech!! Kopi ABC Brownies choco caramelnya MANTAP ABISSS…. (MUSIC OUT)
Music : Kopi ABC

Sumber : Radio Prambors

Analisa Iklan :
Menurut pendapat saya iklan kopi ABC Brownies ini sudah cukup baik, karena dalam copywriting kita dituntut untuk menggugah dan menarik khalayak agar membeli produk ini, Cara mereka mengemas iklan ini juga sangat baik, khalayak tidak akan mengira sebelumnya bila ini merupakan iklan sebuah produk Kopi apalagi iklan ini memiliki cerita dan alurnya, pendengar dibuat betah mengikuti iklan ini, selain pesan yang disampaikan dan mudah ditangkap iklan ini juga bersifat menghibur orang yang mendengarkanya sehingga khalayak tertarik terhadap produk ini.

Selain daripada itu Iklan Kopi ABC Brownies ini sudah memenuhi syarat struktur bagan kata dalam Copywriting yang menuntut copywriter untuk dapat menggugah (dimana dalam iklan tersebut seorang teman pria memberikan solusi pada teman wanita terhadap permasakahanya dan otomatis solusi yang dia berikan juga ditangkap oleh khalayak). Yang Kedua adalah Informatif ( kata-kata yang disampaikan dalam iklan ini sangat komunikatif dan mudah ditangkap oleh pendengar yang memang bersegmentasi radio anak muda). Yang ketiga adalah Persuasif ( teman pria ini membujuk temanya untuk memberikan Kopi ABC Brownies pada pacar teman wanitanya). Yang Keempat adalah Bertenaga Gerak (membingbing temanya agar tidak larut dalam kesedihan). Yang terakhir adalah Memiliki Penyelesaian ( narrator pada akhir iklan). Akhirnya saya dapat berkesimpulan bahwa iklan Kopi ABC Brownies ini sudah BAIK…



Yulz Susilawati

Yuliani susilawati
210103070033
IKLAN
Bunyi telepon (kring………)
X : tut,halo jo, oe..apa kabar kamu? Waduh, lama nih yah gak nongkrong bareng. lagi dimana brow?
Y : lagi di kampus gus.
X : hah, dikampus! Mang kamu ngelanjutin kuliah? bukannya kamu…?
Y : yah,aku kan ikutan ujian persamaan kesetaraan sma
X : memangnya ada?
Y : ada dong
X : beuh, suka ngada-ngada nih.
Y : ye, ketinggalan zaman lo gus.
X : namanya lpk kridatama bandung, yang terbukti, terpercaya dan berijazah negara

LPK PKBM KRIDATAMA Bandung dengan ijin DEPDIKNAS menerima siswa baru untuk ujian persamaan kesetaraan smp,sma berijasah negara dan dapat digunakan untuk melanjutkansekolah ke PTN,PTS atau penyetaraan GOLNAS atau pangkat bagi PNS, TNI, ABRI, POLRI dan BUMN.
LPK PKBM KRIDATAMA Bandung,dengan biaya murah dan mudah untuk mencari kerja ataupun berwiraswasta mudah dilalui seluruh kendaraan kota.
Hubungi segera seketariat LPK KRIDATAMA Bandung,bertempat di jalan bogor nursaid no.14 dekat itc KEBON KELAPA,telepon ( 4211813).bisa juga ke jalan terusan Borobudur No.1 sampai dengan 4 depan tvri telepon( 5411 3329) atau buka di website yudistirawww.yudistira.ac.id dan di info di yudistira.id
LPK KRIDATAMA Bandung,terbukti,terpercaya dan berizasah negara.

ANALISIS
Menurut pendapat saya, tulisan yang dibuat cukup menarik karena gaya bahasa yang bahasa yang digunakan merupakan bahasa sehari – hari yang mudah di cerna dan dipahami oleh pendengarnya dan pengemasannya cukup kreatif, sehingga khalayak yang mendengar iklan tersebut bisa langsung tau maksud dan tujuan dari iklan tersebut. Selain itu strategi yang digunakan mengikuti keadaan pasar, yaitu menawarkan produk yang dibutuhkan oleh khalayak pada saat ini, karena iklan ini bisa medorong masyarakat atau khalayak yang kurang mampu untuk bisa melanjutkan pendidikan semaksimal mungkin, ke jenjang yang lebih tinggi tanpa harus mengeluarkan biaya yang besar dan mahal, tapi sebaliknya murah dan cukup menjanjikan untuk kedepannya buat khalayak, untuk bisa hidup lebih baik dari sebelumnya dan memiliki pendidikan yang cukup baik, makanya itu iklan ini sesuai dengan strategi pemasaran.
Karena kebanyakan dari masyarakat indonesia merupakan kalangan menengah kebawah, jadi iklan ini akan sangat berguna bagi mereka yang berkeinginan melanjutkan sekolah tapi tidak mempunyai biaya atau gak mampu.
Iklan ini sesuai dengan copy writing karena tujannya bisa mencapai pesan penjualandan merupakan ide dari seorang kreator dan kru yang lainnya. siapa sih yang gak mau sekolah dengan biaya yang murah dan ijazahnya diakui oleh negara, Kalau orang yang pikirannya panjang kedepan pasti gak akan menyia – nyiakan kesempatan tersebut dan langsung mengambilnya.

Simpulan
Kalau menurut saya, iklan ini cukup kreatif karena selain mudah dimengerti para pendengarnya, iklan ini juga sangat bermanfaat bagi khalayak untuk kedepannya meskipun kebanyakan dari iklan itu biasanya gak sesuai dengan kenyataannya tapi sebaliknya, itu dilakukan semata – mata untuk menarik minat pendengarnya.Dan itulah yang namanya iklan harus menarik bagaimanapun caranya tanpa harus menghilangkan kaidah – kaidah yang ada dalam copy writting, menarik bukan berarti harus seronok tapi harus kreatif.
Jadi alangkah baiknya bahasanya lebih kreatif lagi, agar orang yang mendengar benar- benar tertarik bukan sekedar mendengarkan.



Muhammad Diddi Noor

NUR ROSIDIN
210103070006

IKLAN AUTO TOYOTA 2000
AUTO RADIO

Pengiklan : AUTO2000
Judul : TIDAK PERLU BURU-BURU

Ibu : Lho Pak Toyotanya belum dibawa ke Auto2000?
Bapak : Tidaaaak perrlluuuuu buruuuu-buruuuu………..
Masssih ….. baaanyaaaaaak waktuuuuuuu ……
Ibu : Pak kok ngomongnya dipanjangin begitu sih?
Bapak : Soalnya sekarang jam kerja Auto2000 di-
peerpanjaaaaaaang ……..
Senin sampai Jumat buka jam 7 sampai jam 9 malam.
Ibu : Wah sampai waktu kita gosok gigi dong?
Bapak : Kalau Sabtu dari jam 7 pagi sampai jam 3 sore.
Minggu dari jam 9 sampai jam 3 sore juga.
Ibu : Ah aku mau ikut ke ya Pak?
Bapak : OK. Mau berangkat jam berapa?
Ibu : Tidaaak perrlluuuu buruuuuu-buruuuuu ………
Ibuuu dandaaaaaaaan duuullluuuuuu …………..
MVO : Auto2000
Kami memberi bukti. Bukan janji

SOUND EFECT
Iklan Toyota 2000 kebanyakan menggunakan sound efectnya berupa suara klakson, rem, dan gas pada mobil. Dan dengan penyajian musik humor.

ANALISIS
Iklan Toyota 2000 lumayan kreatif karena formatnya disesuaikan dengna pesan yang disampaikan. Misalnya karena jadwal bukanya diperlama jadi pengisi suara juga di perlama ngomongnya.



Fachry Dwi

FACHRY DWI A
210103070029
PENYIARAN A

SPOT PERDANA ESIA SUKA-SUKA
Durasi : 60 detik
Radio : PRAMBORS FM Bandung

***

Cowok : hp gue nih gue banget, mulai dari chatting sampe ringtone bikin sendiri, kalo lo liat wallpapernya nih haha.. foto bareng vokalis band ngetop!.
Cuma satu nih kurang nya, nomer hapenya ga oke banget, dari dulu pengeeen banget punya nomer hape yang sama ma tanggal lahir gue, nyari kemana mana ga nemu, dari toko hape gede ampe warung, ga ada yang jual, ampe pernah bolot denger tu nomer ada yang jual, disamperin ehh.. belakangnya beda, kesel banget ga sih.

(sfx smash)

V.o : pengen punya nomer hape yang kamu banget? ga perlu putus asa lagi, ini dia inovasi baru dari esia, kartu perdana esia suka-suka, kartu perdana tanpa nomer, kamu sendiri yang tentuin nomernya, nomer favorit apapun bisa jadi nomer esiamu. Bisa tanggal lahir, tanggal jadian, nomer rumah, suka-suka deh.. buruan beli perdana esia suka-suka trus telepon ke bintang dua dua delapan.
Nentuin nomer hape suka-suka, cuma perdana esia suka-suka yang bisa.

(sfx tone esia)

***

ANALISA

Iklan spot berdurasi 1 menit ini cukup menarik karena di dalamnya disebutkan perilaku para anak muda saat ini terhadap handphone mereka, lalu iklan ini memberikan suatu solusi pada masalah anak muda yang ingin sekali mempunyai nomer handphone yang sesuai dengan keinginannya, informasinya juga disampaikan dengan cukup menarik dan terkesan mudah bagi anak muda saat ini yang ingin segalanya cepat dan mudah. Tagline yang diberikan juga cukup mudah di ingat oleh para pendengarnya, ditambah tone produknya yang menarik dapat menjadikan iklan ini mudah diingat oleh para pendengar.

KESIMPULAN

Iklan spot dengan durasi 1 menit ini dapat memberikan informasi yang padat tentang produknya, disertai dengan soundefek dan tagline yang menarik membuat para pendengarnya mudah mengingat iklan tersebut. Sangat persuasif karena iklan ini tidak hanya memberikan solusi bagi para pemakai produknya saja namun mengajak para pengguna handphone yang lain untuk membeli produknya dan menggunakan inovasi produk terbarunya.



Ghifari Ramadhan

GHIFARI RAMADHAN WIRYADI
210103077006
PENYIARAN A

IKLAN : VITALONG-C
RADIO : ZORA 90.1 FM
DURASI : 57″

ASISTEN : MINUM APA TUH ?

LUNA : VITALONG-C

ASISTEN : EMANG NGARUH ?

LUNA : LIAT AJA NANTI

*DERING TELEPON MASUK*

“HALOO LUNA, JANGAN LUPA YA, NANTI MALEM KITA MEETING”

LUNA : OKE, SAMPAI KETEMU NATI MALEM YA?

ASISTEN : HAH? NANTI MALEM KITA MEETING LAGI? KEMAREN UDAH LEMBUR, TADI PAGI KEUJANAN, HHHAAA… HARI INI BANYAK KERJAAN.. BESOK AJA DEH…

LUNA : MODAL OTAK DAN PENAMPILAN EMANG PERLU, TAPI KALO GA FIT? APA GUNANYA?

ASISTEN : IYA, KAMU BENER

LUNA : MAU FIT SEPANJANG HARI? VITALONG-C

—————JINGLE PRODUK————–

* VITALONG-C DENGAN TEKNOLOGI TIMERILI, DAYA KERJA SELAMA 12 JAM SEMUA DISERAP SECARA BERTAHAP TANPA NYERI LAMBUNG..*

ASISTEN : WAAAA.. MASIH FIT AJA NIH? MAU DONG VITALONG-C NYA

ANALISA :
spot iklannya sebentar dan langsung to the point berbicara tentang produk vitalong-c… membuat pendengar langsung mengerti maksud dari iklan tersebut, ditambah iklannya tidak jauh berbeda dengan iklan di televisi..



 
KESIMPULAN

Spot iklan ini memberikan informasi yang langsung kepada topik iklan yang dijual.

Dengan adanya informasi yang kami sajikan tentang  contoh analisis iklan obat batuk

, harapan kami semoga anda dapat terbantu dan menjadi sebuah rujukan anda. Atau juga anda bisa melihat referensi lain kami juga yang lain dimana tidak kalah bagusnya tentang 5 Contoh Pengumuman Lisan Bahasa Inggris Lengkap Audio MP3 
. Sekian dan kami ucapkan terima kasih atas kunjungannya.


buka contoh marketing : https://omlay.wordpress.com/makalah-n-artikel/skrip-spot-iklan/

No comments:

Post a Comment