Sweden Month Six – Roundup

Sweden Month Six – Roundup


deskripsi iklan sambal abc 2015 gak ada gantinya C - Duuuh, udah enam bulan aja ini ya di Swedia.
Seperti biasa, mari di daftar kegiatan gue di bulan Februari ini ya.

    Kelahiran keponakan pertama gue tanggal 1 Februari 2014, Fanaro Billy Siregar.
    Di minggu kedua, bikin Ayam kremes dengan Lisiana dan Anwari (temen-temen dari Indonesia). Plus tahu dan tempe goreng. Plus sambal terasi ABC! Acara valentinan berempat di flat gue (sama dedek bule juga) gaya Indonesia. :lol:
    Minggu kedua hari Sabtu, ikutan Movie Night bareng temen-temen dari Jepang, Polandia, Swedia dan Yunani. Pake acara nunggu yang bawa hardisk isi film dulu, yang telat dateng setengah jam. Udah orangnya dateng, trus baru nyadar, gak ada yang bawa laptop aja gitu. Ahahaha! Jadi deh Mari (temen dari Jepang) jadi tumbal balik dulu ke apartemen ngambil laptop. 30 menit setelah laptop dateng, dihabiskan buat milih film. Film udah mau mulai, temen dari Yunani pengen cemilan, jadi pergi dulu ke toko terdekat. Selesai satu film, ga puas juga, mau nonton film lainnya, yang milihnya doang butuh waktu hampir 1 jam. Duh ngaco dah! Mulai film kedua, temen dari Yunani keluar ruangan dulu, katanya mo bikinin popcorn. Ga berapa lama, balik lagi, tanpa popcorn. Karena ternyata yang dibeli doi adalah, bumbu buat perasa popcorn! AHAHAHA! Sumpah kocak! :lol;
    Di minggu ketiga, acara sosial gue lumayan banyak: Hari kamis gue ngerayain ulang tahunnya Vera (temen dari Hungaria) dan gue kasih hadiah kue double chocolate, yang sekarang jadi favorit temen-temen di sini. Hihihi.
    Hari jumatnya, masak-masak lagi dengan Lisiana dan Anwari. Kali ini bikin bakso dari 3 kg daging, yang akhirnya masing-masing bisa bawa pulang bakso sekantong gede. Dan sampe hari ini gue masih ada aja itu stok bakso ga habis-habis. TOP!
    Hari sabtunya, masak-masak lagi di rumah temen Indonesia juga di Västernäs. Kali ini bikin empek-empek. Kebetulan suami si mbak ini kemarinnya habis mancing dan dapat banyak ikan salmon. Jadi lah malemnya kami makan gulai ikan salmon. Alamaaaak, nikmatnyaaaah!
    Sabtu malem abis pulang makan-makan, karaokean aja gitu berdua sama Mari (temen dari Jepang). Hihihi. Setelah menghabiskan masing-masing satu gelas wine dan sesi curhat-curhatan, acara hari itu pun selesai karena tau-tau dedek bule pulang jam 12 malem (biasanya jam 3 pagi). Kan ga mungkin dilanjutin treak2 nyanyi2. Dan gue juga harus istirahat, karenaaaaa….. (liat bawah)
    Hari minggunya, gue jalan-jalan ke Kalmar, buat mampir ke IKEA! Ga beli apa-apa sih, tapi pokoknya udah afdol aja lah. Mosok di Swedia malah ga ke IKEA, kan aneh.. :roll: Berangkat jam 8.40 pagi dari Karlskrona, nyampe Kalmar jam 11 siang. Muter-muter kota 2 jam. Ke IKEA 2 jam. Ke Mall sebelah IKEA 1 jam. Fika 1 jam. Berangkat pulang dari Kalmar jam 7 malem, nyampe Karlskrona jam 9 malem. <<GOONGGG!>>
    Kamis malam kemarin, gue nyoba bikin steak dan beef yakiniku dengan Lisiana, yang berakhir dua-duanya gagal. Alias dagingnya terlalu masak, beef yakiniku jadi kenyal gitu dagingnya, sementara steak gue jadi kayak empal daging. :lol:
    Rencana malam ini diajak makan di luar sama temen Indonesia yang lain.

Ternyata sibuk juga ya gue.. :lol:

Behind the stories dari kesibukan gue ngumpul-ngumpul ini, tugas kuliah makin menggila dan gue mulai panik, mulai mempertanyakan ke diri sendiri apa ini keputusan yang tepat buat gue. Mulai gila juga ini gue kayaknya. Entah kenapa lama-lama kok merasa makin bego ya. Mana sepertinya gue selalu nyangkut di antara temen-temen yang sama begonya. Sementara mo nempel di temen yang pinter-pinter kok keknya mereka ga mau karena pas ngajarin gue ya kok ga ngerti-ngerti, dan gue juga lama-lama ga enak, lah ya kok gue ga ngerti-ngerti malah jadi gangguin mereka ini namanya.

Ujung-ujungnya ini ada satu grup, yang akhirnya ada anggota yang ditch (ninggalin kami) karena gak tahan sama kami yang bego-bego ini. Padahal gue termasuk yang ngandelin dia buat bantuin gue belajar, secara dia lebih berpengalaman di bidang kuliah yang satu ini. Dua temen lainnya memang model yang gak ada usaha sama sekali sih. Dan gue sekarang stuck sama mereka, kalo gue mau ditch juga, gue juga bingung mau masuk kelompok mana, secara gue juga dodol. Gue aja ga mau satu kelompok sama yang dodol-dodol, apa iya ada kelompok yang mau nerima gue yang dodol juga ini. Bleh! Tadi pagi curhatin gini ke dedek bule sampe hampir nangis. Malemnya udah nangis-nangis sih, jadi masih bisa nahan-nahan lah. Tapi ini jadi sedih lagi. Dan masih belum nemu solusinya. :cry:

Sama temen-temen deket di Indonesia juga sepertinya mulai hilang kontak. Gue di sini galau, dan mereka tentunya sibuk dengan urusan masing-masing. Kalau gue ganggu, urusan gue tentunya ga penting lah dibanding urusan mereka. Lagian yang gue curhatin juga itu mulu, pasti ngebetein lah ya. Dan mereka juga bete sama gue, secara kalo mereka curhat, komen gue entah kenapa selalu galak dan marah-marah doang. Abis gue gak ada target marah-marah sih di sini ya :lol: Jadi maapkan daku temen-temenku.

Sama keluarga di Indonesia, gue rada dicuekin karena sekarang di rumah ada bayi Aro. Trus kemarin ngerengek di Line, di grup yang isinya nyokap dan adek-adek, bilang:

    Ish, si Oma udah ada cucu, trus anaknya yang kuliah di luar negeri dilupain.

Dan si Oma (alias nyokap) pun membalas:

    Ibu gak akan lupa sama semua anak-anak Ibu. Cuma akhir-akhir ini Ibu sering sedih karena kangen Bapak.

Duh! Jadi merasa super bersalah deh ngomong kayak gitu tadi. :cry:

How can I make everybody happy and me also happy?

Lengkap lah kegalauan gue di bulan ini. Tinggal dikasih turun salju aja kali nih, mungkin bisa bunuh diri. *ga deng, lebay*

Meskipun begitu, Karlskrona mulai bermatahari terus beberapa hari belakangan. Spring is coming anyhow…
roundup   

The Dedek Bule


Udah lama ini ya ga ceritain tentang dedek bule :roll:

Beberapa waktu belakangan ini, tu bocah sering banget gue recokin di apartemen. Maksudnya, tiba-tiba dia pulang dan di apartemen banyak orang (temen-temen) gue yang tiba-tiba bikin acara ngumpul-ngumpul di flat gue. Hihihi.

Dua minggu berturut-turut kemarin, tiap hari Jumat, gue dan dua orang temen Indonesia tetiba lagi pengen makan ayam kremes dan bakso. Waktu bikin ayam kremes, sekalian dong ga ketinggalan tahu dan tempe goreng plus sambel terasi. T.O.P.B.G.T lah pokoknya. Dan si dedek bule di daulat buat makan pake tangan. Hiahahaha. Sampe dia ngeliatin gue dengan penuh makna gitu, pas baru mulai makan, buat tau caranya gimana. :lol:

Minggu lalu bikin bakso, doi di daulat nyobain sambel rawit yang pedesnya bikin mampus (walo gue tetep makan 7 sendok buat satu mangkok sih). Demi kemaslahatan umat, dedek bule cuma nyoba pake 2 sendok sambel aja. Gak oke kan kalo kami berdua mencra-mencri besokannya trus harus rebutan kamar mandi. :lol:

Komen doi:

    “Asik juga ya pulang-pulang ke rumah trus ada tamu yang masak buat gue. Sering-sering ya.”

:lol:

Beberapa kali belakangan ini, doi mulai nyoba jodoh-jodohin gue dengan temen-temennya. Si A lah yang katanya:

    “tinggi, ganteng dan berpotensi menghasilkan duit banyak.”

Si B lah, yang bakal jadi target interview buat mini research gue:

    “dia single loh, btw.”

Yang gue jawab dengan ketus:

    “kenapa ga elo aja sih? single juga kan?”

Yang dibales dengan ketus juga:

    “tapi kamu terlalu `asing`, Aftri.”

*ngok*  Dih.. Gue ditolak! :lol: *tabok*

Anyway, si dedek bule ini sekarang lagi rajin banget bikin roti. Katanya dia:

    “Lebih seger kan kalo pagi-pagi makannya roti segar.”

Dan gue sih menerima dengan senang hati aja dibikinin roti sama Abang Roti Segar. *ganti namanya deh* Cuman keknya ini yang bikin berat badan gue makin naik juga, secara rotinya kok gede amat, dan gue makannya pake Nutella porsi monster. Duh! Jadinya beberapa hari belakangan gue rekues, roti yang buat gue dibuat kecilan ya ukurannya. Hihihi.

Hem.. apalagi ya.. Celetukan lucunya ya masih banyak sih. Tapi sampe lupa apa aja, soalnya terlalu sering denger. Beneran deh nih orang cerewet banget. :lol:

Urusan cuci piring, masih sama malesnya sih. Yang dicuci piringnya doang, garpu sama pisaunya ditinggal aja di bak cuci piring itu. Kadang sampe numpuk, akhirnya gue juga yang nyuciin. Baek banget ya gue!

Kemarin hari minggu ditinggal sehari ke Kalmar, sujud syukur dia inget buat bersihin kamar mandi. Buangan shower itu keknya udah kepenuhan rambut yang bikin jadi kesumbat dan air dari shower pas mandi malah ngerembes kemana-mana. Gue sih tersangkanya, lah rambut dia kan seuprit yak! Tapi karena daku rajin beresin rumah, jadi dia yang merelakan diri buat bersihin kamar mandi. Itu juga janjinya sebenernya dari seminggu yang lalu. Pulang-pulang dari Kalmar, kamar mandi bersih putih mengkilat. Yay!

Dan ternyata dia juga buang sampah yang harusnya giliran gue sih, secara kebanyakan sampah makanan gue yang suka ngundang orang makan-makan di flat. Hihihi. Tapi terus dia bilang:

    “Ada gunanya juga kok kadang lo lupa bersihin sesuatu. Jadi gue juga ada kerjaan bersih-bersih. Sekarang kan kalo pulang, tau-tau udah bersih, jadi gue gak ada kerjaan dong. Oke sih. Gue seneng-seneng aja. Tapi kan ga enak kalo lo terus yang bersih-bersih.”

Lah itu garpu-garpu dan pisau-pisau??? *tapok jidatnya*

Kadang kalo lagi bareng di dapur gitu, dan itu udah numpuk garpu-pisau-dan-kadang-mangkok2, gue nanya:

    “Ini numpuk teruusss, harus gue juga nih yang nyuci?”

Dan doi dengan lempengnya:

    “I wouldn’t say ‘No’ for that.. I won’t stop you..”

Hadoooooooh :lol:

Ga terasa nih udah 6 bulan di Swedia. 4-5 bulan lagi pindah ke Jerman. Duh, bakal kangen ini sama dedek bule. Kira-kira dia bakal kangen juga ga ya sama pembantu cewe manis satu ini? :roll: :lol:

Misteeerrrr, ikut ke Jerman nyoook! :lol:

nb: fotonya mana? Duuuuh, susah bener nih bujukin dia buat difoto yang cucok diposting di blog. Adanya poto curi-curi, tapi kan gak maksimal. Hahahaha. Ntar deh dipaksa-paksa dulu.. :lol:
dedek bule   

Like or Love


Sekitar dua minggu yang lalu, gue ngundang beberapa temen di sini buat makan siang di apartemen gue. Kebeneran dedek bule lagi ada acara seharian di luar gitu deh, jadi lumayan bisa bikin ribut di apartemen tanpa gangguin dia. Ya walau kalopun dia ada, paling juga ikutan nongkrong sih. Bule swedia yang ngakunya ga sosial, aslinya padahal bocor abis. :lol:


Nah, sebelum kami berinisiatif keluar apartemen buat bikin manusia salju dan maen lempar-lemparan bola salju, terjadilah percakapan penting di abad ini. Tentang cara mengucapkan ‘I Love You’ menggunakan bahasa lain. Alkisah temen gue orang Hungaria, seneng banget mencatat kalimat-kalimat penting dalam berbagai bahasa. Di antaranya “Hi, My Name is Bond”, angka 1-10, dan “I Love You” itu. Nah kebetulan pas ngumpul-ngumpul kemarin, kami terdiri dari orang Indonesia, Jepang, Cina dan Spanyol.

Pas ditanya bahasa Indonesia-nya “I Love You” apa, gue bilang lah “Aku Cinta Kamu” dengan embel-embel: “tapiiiii, kami orang Indonesia jarang banget make kata-kata itu. Soalnya norak! Biasanya malah bilang aja `I love you`.”

Kebetulan ada temen orang Indonesia juga yang ikutan ngumpul hari itu dan dia juga setuju dengan pernyataan gue di atas. Hihi. Jadi lah terus mereka pada bingung. Kok orang Indonesia tapi gak make bahasa Indonesia buat bilang sesuatu ke sesama orang Indonesia. Nah loh! :roll:

Terus kami dengan susah payah lah menjelaskan.

    Maksudnya, kalau ngomong `Aku cinta kamu` itu maknanya terlalu kuat dan dalam gitu. Untuk anak-anak muda yang baru kenal, baru pacaran, belum sampai menikah, kata-kata itu jarang banget digunakan. Bahkan mungkin untuk yang sudah menikah pun, jarang banget pake itu. Orang-orang jeman dulu iya kali ya. Tapi anak muda jeman sekarang, sepertinya lebih banyak yang ngomongnya pakai bahasa inggris, karena ga kedengeran terlalu norak.  Atau kalo memang mau pakai bahasa Indonesia, biasanya lebih enak pakai `Aku sayang kamu`. Tapi itu juga kalau misalnya sudah punya hubungan sampai tahap serius (kalo abege2 mah buat norak2an doang). Dan `sayang` itu bisa dipakai secara umum. Ke orang tua, temen, dkk. Nah kalau baru mau bilang suka aja, ya pakai `Aku suka kamu`.

Sungguh, sampai sekarang pun gue juga tetep bingung dengan penjelasan gue ini. :lol:

Gue bingung sendiri, kenapa ya norak kalo pakai bahasa sendiri buat bilang “Aku cinta kamu”? Nulisnya aja gue rasanya udah gatal-gatal gitu ini sekujur badan. Sampe akhirnya gue dan temen gue menegaskan:

    Kalo kamu bilang gitu ke seseorang, dia bakal mikir, kamu mau/minta dia nikah sama kamu.

Okeh! Dicatet sama temen gue yang dari Hungaria itu, supaya kalo dia maen/ketemu sama orang Indonesia, ga sembarangan bilang `Aku cinta kamu`. :lol:

Abis itu pertanyaan di lempar ke temen yang dari Jepang. Ternyata dia bilang, kalo di Jepang juga, `Aishiteru` itu artinya dalam seperti `Aku cinta kamu` dalam bahasa Indonesia. Jadi kalau mau ngomong `suka` juga biasanya mereka pakai `suki desu` alias `I like you`, alias `aku suka kamu`.

Kalau temen dari Cina sendiri bilang, mereka pakai `Wo ai ni` untuk bilang `I love you` or `I like you`. Gampang yak!

Nah pas bahas `like` dan `love` dalam bahasa Inggris sendiri, kami semua setuju kalo dalam bahasa Inggris `I love you` itu malah bisa dipakai secara umum. Kayak gue bisa aja ngomong sama temen Spanyol gue yang ganteng banget itu, “thank you for coming here today, man. I love you.” Atau gue bisa aja ngomong sama dedek bule, “thank you for being such a good roommate, Jono. I love you.” Artinya dengan konteks becanda, atau menghargai, atau becanda. *lah*

Nah kalo yang remaja-remaja kayak kami ini, kalo mau menyatakan perasaan cinta gitu, ya bilang lah `I like you`.


Tapi balik lagi ke orang masing-masing, kalo memang sayangnya sayang banget banget, boleh lah nembak pake `I love you`, dengan catatan, yang ditembak juga kalo bisa sama-sama love-you juga gitu, kalo gak ntar dia mati loh. :lol:

Pengalaman pribadi gue sendiri sih, gue yang paling sering bilang `I like you` alias sering nembak duluan, dan berujung pasti ditolak mentah-mentah. :lol: Karena pengalaman ditolak mulu ini lah, gue ga inget pernah bilang `I love you` atau nggak. Soalnya bahkan ke keluarga sendiri gue jarang ngomong ini, soalnya malu. Malah ke temen deket yang sering ngomong gitu, itu juga ke cewe-cewe lah, kalo ke cowo-cowo ga pernah. Cowo-cowo indonesia kan norak, ada cewe bilang `I like you` aja mereka lari, apalagi dibilang `I love you`. Disangka minta kawin beneran ituuu. *ditabok*

Nah, jadi masih bingung kan?? Buat para abege-abege labil, mau pakai `Like` atau `Love`? :lol:
    
Hej Då 2013, Välkommen 2014!

Yang artinya:

Dadah 2013, Selamat Dataaaang 2014! :-P

Halooo Sodara-Sodariiii!!

2013 is such a big year to me! Tahun dimana gue dengan nekatnya melakukan hal-hal yang sudah diharapkan dan dapat diduga.. *halah*

Apa aja ituuuuu???

    Di awal 2013, gue….. akhirnyaaa… beneraaan… buka jilbab!! Yang gue udah make sejak tahun 2002 akhir. Jadi selama 10 tahun gue jadi anak alim, sekarang udah gak alim lagi. Bhahahahak! But yeah, no, I will not change my religion, I do believe in God and I know He will always take care of me.. Amiiiiin! *no other comment on this!* :-P
    Taking like a last vacation until I-don’t-know-when-the-next-time-will-be, with my two bffs, to Thailand (though without any beach, maybe next time to the beaches, girls!)
    I quit my job!! And I AM GREATLY happy for that!! I’m sorry if my former colleagues read this statement, but this is the truth! :lol: I’d rather give up my salary than give up my happy life! :-P
    I’ve been accepted to study abroad, and even though I have to pay like “I have to work in Europe for like 5 years to be able to return the loan i took from my parent’s savings for this”, I took it anyway, and set my feet for the first time in Europe!! My dream land!! I love you, Mom and Dad-in-Heaven!

As for pursuing my dream to come to Europe, these are the things I’ve been missing on 2013:

    Wakatobi vacation. Not enough money to go there (to prepare for Europe), while my two bffs like having one of their best vacations of the year over there. And their pictures are still making me drooling all the time and regret my-fear-of-trying-to-snorkel-and-diving-stuff. And now I’m in Sweden and live right next to the sea which will make me freeze if I tried to get into the water! :lol:
    I missed my Dad’s funeral. Yeah.. Sad.. I know.. Thank you for your condolences.. *pukpuk pembaca*
    I couldn’t be a bridesmaid on one of my bff’s wedding day that I’ve been planning like in a very long time to think of what ‘kebaya’ style I would wear and I couldn’t even get the clothing material!! But thanks to Skype and my-other-bff’s-boyfriend for the rescue, I could join the ceremony, though in a very bad connection. D*mn you, Indonesia’s telecomm company!!

And what I will miss in 2014, as far as I know:

    My other bff’s engagement and wedding day. *Sh*t! I believe Raisa’s going to be there! I want to meet and sing with her!*
    My first nephew’s birth. *Cr*p!*
    My sister’s graduation day. Oh well, she’s taking too long anyway…. :lol:

And these are what I’m going to do on 2014 (as far as I planned):

    Going to Northern Sweden to hunt for the Northern light (in 20 days from now, yay!).
    Going to Stockholm!!
    Going to Helsingborg and Gothenburg on Spring! *ada yang mau ikut?* :-P
    Moving to Germany (hopefully, if I didn’t fail my study here) :lol:
    Spending next New Year’s eve in front of Eiffel Tower!

Despite of what I’ve been through on 2013, and even though there might be more things I would miss in 2014 related to my family and friends in Indonesia, and because I’m going THIRTY this year that would make me pay more on insurance and living cost in Germany because I will not be youth anymore, but come oooon!!

3 and 0!

30!

It’s a biiiiiig thiiiing!! Though I probably would spend the birthday alone while I travel around Europe (*yahaa! Lame and pathetic me! So ironic!*), but I couldn’t wait to experience and try more new things, that I believe will come eventually! No special wish for 2014!

And then people will ask: “really, no wish? like as simple as ‘be a better me’?”

First, my thought will be, it’s not easy to become a better you, if you’re not going to change your way of life. And even if you took that leap and change your life, you probably might not become better, but worse person. Yeah.. I know.. A very demotivation statement coming out from me. But I’m not a motivator anyway, so if you are listening to me, you are dumb! So, “be a better me” is not a simple-wish to wish for!

And the second, why need a better you when you are perfectly happy of what you are right now. And that’s how I feel! I’m happy to be me right now because I’m having the best times of my life! Well, not everyday.. You know.. Suck times would also be there.. But yeah, you wouldn’t know what good times feel like if you haven’t experience the bad times, aren’t you? Nuff said!

So yeah, no special wish, because I’m now already living the life that I wish for my whole life! Living and studying abroad!

But.. yeah.. If you really really really want me to make a wish.. Well, I wish for.. mmm.. fffhh… errrr…

See, I really can’t think of anything!

Anyway, at this time of the year, precisely this day, I would usually having a barbeque thing with the whole family to celebrate Dad’s birthday. Though we didn’t do it last year, and a year before that we spent it in the hospital, and this year I’ll probably eventually inevitably spend the night alone (*yahaaaa! Still lame and pathetic me!*), but yeah..

Happy Birthday, Dad!

We miss you. We love you. Rest in peace in Heaven. :-)

Then there come wishes…

For my Mom to keep healthy and strong, for my preggie Sister and my in-law to keep healthy also and to have a handsome cute healthy baby soon, to my other Sister to be able to graduate with a good grades and have a dream job, for my brother to keep healthy and be a better man (I know it’s hard, but Mom needs you.. yeah.. it’s really hard, Bro.. *pukpuk*), for my youngest sister
to survive her teenage life :lol: , for my bffs to have a great life with their new family, and for you, my readers, to be able to have what you are wishing for!

Selamat Tahun Baruuu!!

Happy New Year!!

Gott Nytt År!

Christmas in Karlskrona


Natalanku gimana? Ish biasa aja, lah kan ga ngerayain! :lol: Mana di rumah sepiiiiiiii cyiiiiin.. Si dedek bule udah pulang dari hari minggu kemarin. Tinggal deh daku sendirian, daaaaaaannn bisa bebas lepas treak-treak karaoke di kamar. Yang paling enak lagi, bisa kentut sembarangan dan ga perlu ditahan-tahan kalo suaranya membahana. #ehIniTerlaluJujur :lol:

Anyway, beberapa hari sebelum Natal, diajak temen buat natalan di tempat mertuanya dia yang asli Swedia. Asiik, gue seneng banget dong, pengen tau orang Swedia natalannya kayak gimana dan yang penting bisa ikutan makan-makan gratiiis dooong pastinyaaaa. Sayangnya pas pagi tanggal 24 kemarin ternyata ga jadi diundang karena acaranya ibuk mertua dipindah-tempatkan ke tempat lain. Duh, kecewa deh daku ga jadi makan-makan gratis.. *mahasiswa banget sik* :lol:

Ditengah kegalauan daku yang bingung karena harus masak makan malam sendiri *lebay* eh dicolek sama Mari dan Ayaka di fesbuk, diajak makan malam di tempat temen mereka, temen-temen dari Cina. Ga babibu lagi, langsung gue iyain aja deh. Daripada daku menderita kesepian lagi malem ini. *kesian amat sih gue* Daan sapa sih yang bisa nolak makan-makan gratiiiiiss!!! :lol:

Sebenernya pas mo berangkat, gue agak ragu gitu, jadi ikut apa nggak, soalnya ya tau lah, takutnya hidangannya semua babi, lah pan gue ga makan babi cyiiiiin. Bagaimanapun, tetep aja gue jabanin deh, ntar kalo babi semua, ya gue ikutan minum-minumnya aja. #loh

Pas dateng, masih agak malu-malu juga sih mo nanya. Sampe akhirnya ketika makanan semua sudah disajikan, baru deh gue nanya: “Are these all pork?”

Baru deh Mari dan Ayaka juga nyadar, eh iya si Aftri muslim makjeng, ga makan babi :roll:

Dan sajian malam itu adalaaaaaaaah, pasta dengan tomato sauce yang tentunya pake daging babi serta special Christmas Ham yang tentunya babi juga, daaaaaaaaaan Kalkun panggang! Yaaaaay!! Ada yang bisa gue makaaan! Bahagianya tak terkiraaa sodara-sodariii!! :lol: Dan temen-temen dari Cina ini pengertian banget, malah bikinin gue saus tomat lagi buat pastanya, yang pakai jamur, jadi daku ga perlu makan babi. Iiih baik hatiii deeeh!! *terharu*

Jadi deh kemarin malam, dihabisin makan malam dan maen uno di tempat temennya Mari dan Ayaka, yang sumpah gue kok ga inget namanya ya. Huhuhuuu.. Tamu yang kurang ajar banget ga siiiyyy!! *dikeplak*

Trus trus, natalan di Swedia itu gimana sih?

Lah ga terlalu tau lah ya, secara malam natalnya dihabisin sama temen-temen dari Jepang dan Cina, yang notabene pada merantau juga. Jadi gak ada itu hiasan-hiasan natal dan pohon natal yang kayak dipasang hampir di setiap jendela rumah/apartemen di seantero Karlskrona. :lol: Tapi kalo baca dari thelocal.se ini, Setidaknya gue merasakan minum Glögg dan Julmust yang memang keluarnya spesial ketika Natal aja atau tepatnya musim dingin (lebih murah kalau pas Natal, kalo musim lain sih ada jual, tapi katanya lebih mahal). Glögg itu minuman hangat semacam sekoteng gitu lah, jadi ada jahe dan kayu manisnya, dan rasanya maniisss banget, gue jadi makin manis deh abis minum itu *huek*. Dan Julmust itu semacam coke yang ada rasa jahe dan (tentunya) kayu manis.

(kiri) Enjoying Glögg. (kanan) Hiasan Natal di Perpustakaan

Gue sendiri kan sebenernya ga ngerayain natal, jadi ya gatau juga harusnya kalo natalan itu begimana. Jadi ya ikut seneng2nya aja makan malam dan ngumpul sama temen-temen ;-)

Urusan belanja kado natal sendiri juga baru taun ini ngerasain. Hari senin kemarin sempet nemenin temen belanja kado-kado natal buat keluarganya. Yang pulang-pulang belanja, kami udah keliatan kayak Santa gitu, karena ngangkut-ngangkut banyak banget kantong plastik isi pakaian, peralatan rumah tangga dan tentunya mainan, mainan dan mainaaaan buat anak-anak! Nemenin orang belanja itu menyenangkan yaaa :lol:

Alhamdulillahirobbil’alamiin gue ga tergoda ikutan belanja. Masih inget buat jaga duit, jangan sampe bokek, lulus kuliah masih lama! Hahahahaha. Dan baru kali ini tinggal di Karlskrona, gue ngerasa kalo di kampung kota ini ternyata banyak orang ya. Hiahahaha.. Rameeee bangeeet, pada keluar belanja buat natalan. Antrian kasir kayak ga habis-habis hampir di semua toko yang gue samperin. Dan saking semangatnya ikutan belanja, gue lupa aja gitu mo poto-poto suasana kotanya dan orang-orang yang lagi rame belanja. Uhuhuuuhuu.. Dasar photographer jadi-jadian, melewatkan momen istimewa begitu saja :cry:

*lap air mata*

Kalo di Swedia sini, natalnya dirayakan tanggal 24-nya. Buka kado tanggal 24 pagi, dan makan-makan natalnya diadakan di siang atau malamnya, dengan keluarga. Tanggal 25-nya sendiri malah (katanya) gak ada apa-apa. Gue ga ngerti juga kalo tentang misa-misa gitu di Gereja. Keknya selama tinggal di sini, belum nemu temen yang bener-bener menjalankan kegiatan agama dengan baik dan benar (termasuk gue :roll: ) Si dedek bule sendiri bisa dikatain Atheis, katanya dia lebih ke philosopher daripada believer. :-P

Dan satu lagi, kalo di Swedia, tanggal 13 Desember-nya, dirayakan hari St. Lucia. Tentang Lucia di Swedia sendiri, kalian bisa baca di sini. Karena gue ga tau dengan mendalam siapa dia, jadi gue ga mau ceritain di sini. :-D Cuma gue juga baru tau aja, kalo persaingan buat jadi Lucia itu ternyata ketat di Swedia sini! Dari temen juga gue tau kalo St. Lucia’s Day di Swedia memang dirayakan dengan lebih spesial, ga kayak di negara-negara lainnya di eropa (info dari temen orang Jerman). Di kampus sendiri ada acara khusus buat ini, tapi gue ga dateng. Cuma gue nyadar aja, dimana-mana dipasang lilin-lilin gitu, yang dengan bodohnya juga gua lewatkan momen itu buat dipoto-poto. *jedot2in kepala ke tembok*

Hmm.. apalagi yaa..

Oiyaa!! Sampe hari ini tanggal 25 Desember 2013, belum ada saljuu lagiiii turuuun di Karlskronaaa!! Uhuhuuuhuuu :cry: ini Swedia apa bukan siiiik?? Pan gue pengen liat ngerasain white Christmas gituuuu! Sempet saljuan dulu pas awal desember, yang gue drama banget pake kepeleset di depan dedek bule itu. Setelah itu adanya hari-hari berkabut tebal  dan hujan yang bikin pengen kruntelan aja di dalem selimut. Dan juga adanya badai yang bikin suhu 6-8 derajat berasa super dingin. Menanti salju niiih, biar bisa main pulka (seluncuran) di halaman belakang rumah temen yang ada bukit kecilnya dikit. *padahal itu pulka punya anaknya yang umur 7 taun* :lol:
(kiri) first day of snow, clear sky after the storm. (kanan) foggy day in Karlskrona.
(kiri) first day of snow, clear sky after the storm. (kanan) foggy day in Karlskrona.

Sekali lagi, Selamat Natal ya buat temen-temen yang merayakan!


Miracle Potion, Arctic Boots, and Huggable


Selamat pagii! Selamat hari Rabuu!! Selamat baca tulisan baruuu!

Seneng deh kalo lagi rajin nulis gini, ada aja gitu kayaknya yang bisa diceritain walo kadang ga penting. Tapi kamuh, kamuh dan kamuh juga tetep baca blog akoh sih, jadi akoh juga seneng aja cerita-ceritain yang ga jelas.. :oops:

Mau ngelanjutin tulisan tentang jalan-jalan ke Polandia, tapi itu keknya butuh konsentrasi penuh buat mengingat-ngingat kejadiannya secara detail. Secara gue ini kan ya mengidap semacam short-term-memory-loss-nya Dori the fish. (ga deng, lebay aja). Jadi gue kadang lupa aja gitu kalo ada kejadian gak penting nan lucu. Makanya tipe orang kayak gue ini memang harusnya ngapdet diary blog tiap hari. Lumayan buat hiburan baca cerita sendiri kalo lagi iseng.. Hihihihi..

Anyway, mo ceritain kejadian beberapa hari ini dengan si dedek bule. Belum bosen kan? Much more to come kayaknya (or may be not after you finish reading this :lol: )

Satu, Miracle Potion.

Inget kan masa-masa gue menjajah dedek bule dengan maksa dia make minyak tawon buat luka memar di lutut kirinya abis ujian latihan jadi ninja? :lol:

Nah, pagi setelah itu tuh, dia masih suka komplen, soal sariawan. Itu orang lagi sering sariawan gitu deh. Jadi lah gue bilang, itu diolesin aja dikit pake minyak tawonnya. Dia tentunya masih skeptik gitu lah. Pokoknya masih nuduh-nuduh gue berniat buat bikin mati itu orang. Eh ngomong-ngomong soal bikin mati ini, ini becandaan kami berdua sih. Yang nanti gue jelasin di postingan yang lain ah. *asik ada bahan tulisan lagi*

Nah pada suatu saat, dia nanya, “can I use your miracle potion to softer my wound?”

Gue: *diem* ……. *trus ngakak*

Debul (dedek bule, singkatan terbaru dari mba bebe) : “ya, gue ga tau itu namanya apa.. yes, it’s working.. I can sleep well after using it. And I’m not skeptic anymore about it.”

Gue: “yay.. pake, pake aja lagi..” *trus ngajarin cara ngomong minyak tawon*

*jumawa*

Eh, ada websitenya dong buat minyak tawon.. Perlu ditranslate ke bahasa Swedia ini kayaknya, biar bisa dibaca dedek bule.. :lol:

Nah, pas badai salju kemarin itu. Paginya kan gue keluar dengan sepatu boots baru gue yang unyu banget. Mau poto males, ini gue ambil dari Amazon aja deh. Sepatu gue kayak gini:


Unyuuuu kaaaaan!!

Ya walopun gue masih tetep aja kepeleset yaa dengan sol sepatu yang sudah sangat meyakinkan ituu.. Tapi kaan namanya juga baru pertamaaaaa.. *tetep usaha ngeles* Nah gue bertahan make sepatu ini sehari doang sih, pas emang hari itu kuliah kan.

Besoknya, malem minggu, gue pergi nonton sama si dedek bule ini. Alhamdulillah, dia punya tiket gratisan, jadi ga keluar duit 120 kronor deh (Rp 228.000 ~ kampr****t ini SEK kok skr naik banget jadi Rp 1.900, wooyy pak presiden, help me here! mo bikin gue kere apah??)

Nah pas keluar, gue ngeluarin snow (hiking) boots versi satpam merk Eiger yang udah gue siapin bawa dari Indonesia.

Iya.. hehe..

Gue udah punya snow boots.. tapi beli lagi.. :oops:

Bentuknya kayak gini nih: *nyomot dari websitenya eiger*


Gimanaaa? Kereeen gaaak?

Langjut! Jadi pas mo berangkat gue ngeluarin ini sepatu, yang mirip aja gitu dengan sepatu bootsnya dia. Dan komennya dedek bule: “Wow, you DO have real boots.”

Gue: “real boots? Lah yang itu apaan?”

Debul: “it’s like going to Arctic kind of boots..”

Gue: “tapi kan unyuuuuuuuu!!”

:lol:

Trus cerita ini bersambung lagi hari selasa kemarin, pas gue mulai makai jaket winter yang jebul-jebul kayak michelin man itu. Kiriman teman gue yang waktu itu masih di jepang. The ultra light down coat-nya Uniqlo. *lama-lama ini kok jadi kayak postingan iklan yaa* :lol: Bentuk jaketnya kayak gini: (yang dicomot juga dari websitenya uniqlo)


Dan komennya dedek bule, tentu saja.. “now, you’re wearing going to arctic jacket.. you look fat!”

**AAAKKK!! GIGIIIIITTT**

(~~~____~~~)

Tiga, Huggable

Tadi malem, sambil berusaha ngabisin Müsli + Yogurt yang sekarang jadi pengganti roti dan nutella, ngobrol-ngobrol deh sama dedek bule di dapur. Itu orang ya cuma bisa serius ngobrol (ga pake becandaan) kalo soal IT, edukasi, politik dan agama. *elap keringat*

Tapi gue suka-suka aja sih, walo kadang gue ga ngerti dia ngomong apa.. Ahahahahahaha! Suka aja bisa ngobrol lama-lama sama dedek bule.. *nah loh* Ngobrol ngalor ngidul, soal jihad sampe Pak Habibie aja gitu.. Hihihihi.. Tetiba ngobrol tentang Minister of Justice-nya Swedia, trus.. apa ya.. lupa gitu ngomong apa, tapi dia bilang.. “Iya ada tuh tokoh di sini juga yang semua orang sepertinya suka sama dia, big fat guy with beard that when you saw him you want to hug him or something..”

Dan gue, spontan nunjuk dia, trus ngakak.. :lol:

Debul: “thank you…”

:lol:

Gue bilang aja deh sekalian: “beneran sih, kalo gue lagi pas sama Mari dan Ayaka, trus pas ketemu kamu gitu, mereka juga ngomong, kamu itu huggable..”

Jeng jeng! Di sini mulai deh gue ga bisa berhenti ketawa.. :lol:

Gue : “it’s true you know, everytime I see you, I want to hug you..”

(ninja)

reaksinya dedek bule?

“damn.. you people calling me fat..”

:lol: :lol: :lol:

Laaahhh, emang beneeerrr koook…

Ga berapa lama, masih sambil ketawa-ketawa, gue ngeluarin Princesstårta yang iseng gue beli di supermarket. Masih kelaperan abis makan malam müsli.

Debul : “yes.. eat that.. you’re getting there, you know..” *alias: getting fat*

Jawaban gue: “to be huggable?” *alias: biariiiin.. weeeeekkkk*

:lol: :lol: :lol:


A Trip to Poland – Part 4
    
19

Haloooo! Selamat hari Selasaaa….

Melanjutkan cerita jalan-jalan ke Polandia niiih.. Cerita yang pertama ada di sini, yang kedua di sini dan yang ketiga di sini. Gue rada hilang ingatan sih ini mau cerita apa aja.. Maka ntuk memuaskan para pembaca yang suka komplain karena gue jarang ngaplod foto, postingan kali ini akan penuh dengan fotoo.. Horeee! Seneng gak? Seneng dooong. Kalo seneng, joged-joged yaaa.. *halah*

:lol:

Setelah akhirnya kami menemukan jalan keluar dari stasiun Gdansk Glowny, bilang dadah dulu ke KFC (I will come back soon, beibih), gue dan temen-temen pun langsung menjelajah Gdansk. Gdansk ini kota kecil nan cuantiiiik. Tujuan utama kami adalah Gdansk Old Town, Ulica Długa (Long Street) dan Długi Targ (Long Market) yang katanya cantik banget karena warna-warni.

Brama Wyżynna


Begitu melewati Golden Gate (dan gue gak ada yang genah poto di situ) ketemu deh sama warna-warni cantiknya Ulica Długa dan Długi Targ. Gue yang orang udik ini tentu saja gembira tak tertahankan dan kesenengan ga karuan ngeliat bangunan yang cantik-cantik banget di situ. Karena keinginan masa kecil yang tadinya pengen jadi Arsitek, rasanya gue pengen gambarin itu bangunan satu-satu :lol: Apa daya mampunya cuma poto-poto aja sih, meskipun dengan cuaca mendung yang bikin suasana jadi romantis ga karuan (pacar mana pacaaaar??) gue harus berusaha mati-matian dengan setting kamera saku gue biar bisa dapet gambar yang bagus. Ujung-ujungnya tetep minta poto dari kamera temen-temen sih, secara ya kok hebat pada punya SLR semua.. *atu tedih*


Nah sepanjang Long Market ini banyak sekali di jual perhiasan yang bermatakan batu khas Polandia, Amber. Rata-rata sih dipasangin sama perak, tapi ada juga yang perhiasan emas. Harganya sendiri berkisar antara 40-400 zl (80-800 SEK = 144 ribu – 1,4 juta). Tergantung besarnya batu dan bagusnya model perhiasannya. Gue yang lagi demen pake anting-anting ini tentunya menemukan surgaaa.. Sayang duit terbatas, jadi ga bisa dibeli semua. Lumayan lah bawa pulang 1 anting-anting dari Polandia :-P

Nah terus, kami juga sempet mampir ke Gdańsk History Museum yang dalemnya cantik sekali, beibiiih. Masuk museumnya murah, karena kami semua mahasiswa (walaupun ada tulisannya under 26, yang mana gue udah kelewat), yaitu cuma 5 zl (10 SEK = 18.ooo rupiah). Begitu masuk langsung nemu tangga spiral, yang bikin gue berasa lagi ada di Hogwarts *lebay* Cuma sayangnya karena waktu itu udah masuk musim gugur, akses naik tangganya ditutup. Kalo pas musim panas, akses ini dibuka, supaya pengunjung bisa naik sampe Clock Tower dan bisa liat pemandangan Gdansk dari ketinggian 81.5 meter.. Hiks daku sedih.. *padahal takut ketinggian*

Gdansk History Museum


Nah anyway, setelah capek jalan-jalan keliling dan pepotoan, kami akhirnya memutuskan mampir ke restoran Mariacka, di suatu jalan di sono lah (males banget nginget dimananya :lol: ) Alasan mo makan disitu, karena tempatnya lucuk. Dan terjadilah insiden makan babi :lol: Karena Nina pesen pierogi, masakan khas Polandia, yang sebenernya mirip pangsit rebus yang ada isinya, yang ternyata rasanya biasa aja. Tadinya gue pikir itu veggie pierogi, ternyata tetep ada dagingnya di dalamnya. Dan setelah semua selesai makan, temen gue iseng nanya, itu daging apaan, yang tentu saja dijawab dengan suka cita oleh ibu pelayan, “pork”. Waaaw! Gue makan babiii!! *masuk neraka*

Atas: Restoran Mariacka, tempat daku makan babi. Bawah: Lucu aja bangunannya, jadi poto narsis deh.


Keluar dari Mariacka, hari udah mulai gelap. Maka kami memutuskan untuk jalan balik ke Stasiun kereta, sambil mampir ke mall sebentar. Maklum di daerah kelima bocah tengil ini gak ada mall yang afdol gitu, kesian tinggalnya di kampung. Pas jalan ke mall ini lah, terjadi kejadian anak hilang. :lol:

Mau tau ceritanya gimana, tunggu postingan selanjutnya.. :lol:

**update**

Lanjutan ceritanya di sini yaaaaa!! ^^

Ta-Ta For Now, Indonesia
 

IMG_8360
Meninggalkan tanah kelahiran dan merantau bukan hal yang baru buat saya. Sejak saya kecil, pekerjaan orang tua yang membuat saya dan adik-adik sering kali berpindah-pindah, telah sangat membantu saya untuk bisa cepat beradaptasi dengan tempat baru dan teman baru. Ketika memasuki usia kuliah, saya mulai merantau sendiri di Jogjakarta, tanpa orang tua yang mengawasi saya, hingga lulus dan akhirnya bekerja di Jakarta.

Sebenernya ketika kuliah, saya tidak benar-benar merantau sendiri sih. Setahun setelah saya kuliah, adik yang umurnya lebih muda setahun daripada saya, juga melanjutkan kuliah di Jogja. Hingga sekarang akhirnya dia menetap dan menikah dengan orang Jogja juga. Lima tahun kemudian, adik ketiga, yang umurnya 6 tahun di bawah saya, juga melanjutkan kuliahnya di Jogjakarta. Dan kami semua tinggal di satu indekost. Yap, kos-kosan, bukan rumah, karena walaupun cewe, tiga-tiganya rada males kalo harus ngurus rumah :lol:

Home Sweet Home

Ketika 2 tahun sejak lulus kuliah, saya pindah untuk bekerja di Jakarta. Lagi-lagi, sebenernya tidak sendirian. Pertama kali datang, saya satu indekost dengan teman deket saya sejak kuliah, dan saya berkumpul kembali dengan teman-teman masa kecil saya, yang amazingly masih cocok satu sama lain.

Jadi hidup merantau saya itu sebenernya ndak merana-merana amat lah ya. Harusnya udah bbiiassaa gitu llloooh! Gak pherlu lah deg-deg-an lagi untuk pindah lagi ke tempat baru! Oh, jangan Salah! Kali ini pindahnya ga deket-deket, soalnya. Udah pada tau dong saya ini mau langjut kuliah ke Swedia, yang bisa dibilang termasuk Negeri Kulkas, karena udah deket sama Lingkar Kutub. Belum lagi baca-baca informasi, bahwa kota tempat saya tinggal nantinya adalah di tepi laut! Berangin dan sering hujan! Nah loh!

Jadi kerepotan saya dimulai dari menyiapkan baju-baju yang mau di bawa, tentunya Jaket Tebal dan sampe punya Snow Boots segala (padahal winternya ntar masih 3 bulan lagi). Oh lah ya, kalo bisa lebih murah beli di Indonesia, ngapain beli di sana. Toh ane kan harus ngirit soalnya ga pake beasiswa gitu loh. Tapi se-ngirit-ngiritnya ane, itu barang-barang tetep mahal bok.. *nangis di pojokan* Udah sih ah, urusan barang bawaan ntar di bahas di postingan lain aja.

Kan mau cerita soal farewell-nya nih. Jadi sebelum berangkat, saya puas-puasin dulu di rumah selama sebulan. Di Pontianak tepatnya. Bener-bener di RUMAH! Jarang banget keluar rumah :lol: begitu keluar, matahari menyengat dengan cerianya sih, jadi daripada saya item, ga usah deh. *ditendang* Menghabiskan puasa di rumah, Lebaran, main tiap hari sama sepupu-sepupu kecil dengan kelucuan mereka yang kadang-kadang ajaib.

Makan, makan dan makan

Cousins and Aunties

Sebulan itu ga terasa ya bok cepetnya. Tau-tau udah harinya berangkat balik ke Jakarta aja.. AH gak mau, gak mau! Mau lebih lama lagi di rumah! Huhuuuhuuuu.. *nangis ke pojokan lagi* Walaupun pulang ke Jakarta naik pesawat Garuda Indonesia kelas bisnis dengan harga ekonomi (ada deh rahasianya, mau tau aja), tetep aja sedih loh pamit-pamitan sama om, tante, nenek, sepupu-sepupu, adek-adek dan chenchunya dengan orang tua. Yaiyalah, menurut L? Pas mo masu ruang tunggu, berhasil lah ga mewek-mewek, pokoknya ga mau bikin ortu sedih dan khawatir, ini belum apa-apa kok anaknya udah mewek-mewek gitu loh. Pas masuk ruang tunggu, baru deh mata berkaca-kaca. Emaaak, babeeeh, doain ya anakmu ini biar bisa sukses belajar, dan pulang ke kampung bawa bule bermata biru yang baik hati dan kaya raya! *eh*

Fast forward, nyampe di Jakarta, langsung ketemuan sama sobat-sobat saya Nena dan Carrie, dan juga temen-temen dari plurk, Myo, Linda dan Ipied. Gempuran bebek suryo yang enak buanget *jadi laper*, es krim ColdStone, karaoke malem-malem dua jam dan pake treak-treak, sukses bikin saya : BATUK PILEK! Besoknya saya langsung ga punya suara, sodara-sodara! What a great way to start living abroad ya? :lol: 2 hari di Jakarta, menyelesaikan urusan ke bank-bank, tetep mampir makan di Sushi Tei tentunya, dikasih pe-er buat bawa oleh-oleh pulak sama sobat2 gue, sampai akhirnya tiba waktu keberangkatan ke Swedia.

Dengan koper mid large seberat 25 kilo, ransel 60 liter penuh berisi baju dan boots seberat 15 kilo, tas backpack kecil berisi laptop, dokumen dan lain-lain yang penting, dan satu tas selempang lumayan besar untuk diisi seprei dkk yang bakal langsung di pake begitu sampai, Saya pun di antar ke Bandara Soekarno Hatta oleh dua sobat baik saya, Carrie dan Nena. Pesawat jam 00:10, berangkat jam 8 dari kosan, jam 8.30 nyampe bandara. Kirain bisa santai, ternyataaaaa, antrian check-in-nya ular naga panjangnya gitu deh. Hare geneee kok lupa online check-in itu gimana toh, mba-ee.. Akhirnya cuma bisa bentar aja ngobrol-ngobrol lagi sama my more than 20 years bestfriends itu. Sebelum masuk ke ruang tunggu, akhirnya ya perpisahan, berpelukan, mewek-mewek deh! :'( Thanks for all the time we had together ya, girls! We’ll meet again soon!

Farewell with bestfriends

And then, tiba saatnya boarding untuk perjalanan 8 jam pertama ke Doha, dan 4 jam transit, 6 jam ke Copenhagen, dan 3.5 jam ke Karlskrona. Bakal jadi kayak apa saya yang takut naik pesawat ini, ditambah suara yang ga muncul2, batuk2 yang bisa gangguin orang sepesawat, dan gimana entar kalo meler-meler?  Tiddaaaaaak!!

Makanya itu, tunggu posting selanjutnya ya!!
farewelllebaranmerantaupontianak   

Ayutthaya in a Day


OLYMPUS DIGITAL CAMERA

O this very late posting is killing me. Lately I wanted to tell you about the details on my travel to Thailand last March. But I only took notes on my expenses, not the places I’ve been. So I will tell you later only the expenses for this one day trip and the general things about Ayutthaya. Nena, Carrie and I, was about to try one of some tour provider that has a round trip from Bangkok-Ayutthaya and a bicycle tour in Ayutthaya. But then we decide to change the plan, and doing the “Do-It-Yourself” tour instead.

So, we’re leaving our hotel on 6.00 am to Hua Lampong Railway Station. We wanted to catch the 7.00 am train to Bang Pa In station. We had to take BTS and MRT to get there, but all is connected, so it wasn’t a problem. We bought our ticket for 20 baht each (6600 rupiahs / $0.6), very cheap, for a 1.5 hours trip. After arriving to Bang-Pa-In railway station, we made our way to Bang-Pa-In Summer Palace by walk, for about 2 km far. The ticket to enter Bang-Pa-In Palace is 100 baht (33000 rupiahs / $3.3).


After an hour or so walking around the palace, the weather was getting much hotter (I was getting a headache), we decided to move to another places and tried our bargaining skill to a tuk tuk driver we met in front of the gates, who doesn’t speak english, to take us around Ayutthaya. We agreed to pay the driver 500 baht (165000 rupiahs / $16.5) for 4 hours trip around Ayutthaya. Very cheap!

tuktuk

We went to 3 Wats (as I can remember), Wat Phranan Cheong, Wat Mahathat, and I can’t remember the last one (screw me).  We spent 20-50 baht for the entrance ticket. We hopped one place to another, until we starved and the driver took us to a nearby restaurant where I spent 170 baht (56000 rupiahs / $5.6) for a pineapple fried rice (lol). With a happy tummy (and my headache was getting worst), we asked our tuk tuk driver, in a very hard way, because he can’t speak english, to take us to the floating market.


I was hoping the market would be like the one in Bangkok (where we didn’t go, sigh) where people sell things on boat, but then we found out that it was a market that build on top of a river (or lake?) so they call it floating market (lol). We didn’t spend to much time there, then we headed to Ayutthaya Railway Station for a 1 pm train back to Bangkok, another 20 baht.


Oh, you might want to know, if the tuk tuk driver can’t speak english, how did we communicate when we’re traveling around Ayutthaya? Well, he have this kind of a big brochure contains pictures of the Wats. So he/we pointed to the picture, of where we wanted/should go. Clever, right? The floating market wasn’t in the brochure, that is why it was so hard to explain to him that we wanted to go there :lol:

OLYMPUS DIGITAL CAMERA
ayutthayado it yourselfthailandtourtraintuk tukvacationweather   

Bangkok – Departure
 

Setiap akan melakukan perjalanan ke luar kota/negeri, kedua orang teman jalan-jalan saya, Nena dan Carrie, bisa mempersiapkan barang bawaan (alias packing) dari seminggu sebelum berangkat. Bahkan bisa berbulan-bulan sebelum berangkat! Nah kalo saya? Akhir-akhir ini jadi kebiasaan, packing ini saya lakukan 30 menit hingga 1.5 jam sebelum waktu berangkat dari kos :lol: I am a flash packing person, yang akhirnya efeknya adalah baju-baju yang saya bawa kadang suka salah kostum :lol:

Jadilah pagi itu, karena dijanjikan oleh Nena, saya dan Carrie (yang satu kos-kosan) akan dijemput pukul 4.30 pagi. Saya bangun jam 3 pagi untuk mulai packing. Mulai packing disini, bukan maksudnya mulai masukin barang-barang ke dalam koper ya. Tapi mulai dari mikirin, mau bawa apa aja ke Thailand :lol:

Setelah ribet sendiri karena diburu-buru waktu, akhirnya berhasi bawa baju sedikit aja, dengan pertimbangan toh nanti di Bangkok kami akan belanja-belanja hemat :-P Koper setengah penuh dan ga pakai mandi, saya dan Carrie berjalan geret-geret koper sampe ujung gang. Pas keluar gang, pas banget taksinya muncul. Klop deh, ga perlu nunggu lama ;-)

Perjalanan dari Slipi Jaya ke Bandara Soekarno Hatta lancar jaya di subuh hari itu. Kami menggunakan maskapai penerbangan Air Asia, yang baik penerbangan domestik maupun internasional sekarang bertengger di Terminal 3. Sesampainya di bandara, sudah ramai aja cyyiin. Tentunya banyak orang yang mau pergi liburan kayak kami lah yaaa, kan minggu depannya, Selasa tanggal 12 Maret 2013 adalah hari Nyepi yang menjepit hari Senin, jadinya kan long wiken kalo pas bisa ngambil cuti. Bagi saya dan temen-temen saya, this became a very long weekend :lol:

Langjut!

As usual, karena pakai Air Asia, Nena sudah melakukan mobile check-in 3 hari sebelum keberangkatan. Sampai bandara, kami cukup print boarding pass lewat mesin-mesin self service yang disediakan. Karena kali ini perjalanan model cantik berkoper, jadilah mau ga mau harus masukin bagasi. Kami sudah memesan 20 kg untuk berangkat hari itu.
our boarding pass (photo by Nena)
our boarding pass (photo by Nena)

Antrian untuk drop baggage hanya sedikit. Kalau ga salah saya, saat itu hanya 2 orang di depan saya. Hanya saja gatau kenapa, petugas bandaranya lamaaaaaa banget nanganin per orangnya. Ga berapa lama, petugas lain teriak-teriak manggil penumpang pesawat jam 6 pagi (saat itu pukul 5.20 pagi) karena akan didulukan proses check-in-nya. Hadiiih, please deh, hari gini masiiiih aja ada orang yang suka check-in mepet-mepet. Bukannya saya ga pernah ya, pernah sih, and I really hate myself because of it, karena mengganggu kenyamanan penumpang laen yang mau ga mau jadi nungguin saya. :-|

Ga beberapa detik setelah di mas-mas petugas tadi teriak-teriak, jalur yang harusnya jadi jalan keluar setelah selesai baggage-drop, malah jadi antrian check-in penerbangan yang 10 menit lagi mau boarding itu. Haduuuh, jadi pengen tabok jidatnya Syahrini deh biar cetar membahana!

Akhirnya setelah 10 menit menunggu dan geleng-geleng sama kelakuan orang Indonesia yang suka semena-mena ngantri ga pada tempatnya, tibalah giliran kami untuk masukin bagasi. Walaupun sebelumnya sudah print boarding pass, sepertinya ga guna juga karena urusan masukin bagasinya tetep lama kayak check-in ulang :-|

Ga berapa lama kami di situ, eh ada bapak-bapak nanya ini itu dan tentu saja jawabannya si mbak petugas, “iya sebentar, antri dulu ya pak”. Beribu kali cetar! Ga berapa lama lagi, datang ibuk-ibuk yang sempat saya ceritain di postingan sebelumnya. Pesawat di tiket pukul 5.40 dan dia baru mau check-in jam 5.30! Tentu saja di tolak mentah-mentah sama si mbak petugas, karena pintu pesawat sudah ditutup, dan pesawat ready to take off. Tapi si ibuk-ibuk ini tetep keukeuh bok! Ga liat apa kita lagi ngantri :rolleyes: dengan alasan si anak sakit, si ibuk tetep pengen di prioritaskan agar bisa masuk pesawat. Lah kalo emang pesawatnya udah di runway mau take off, mau apa lagi ibuuuk? Mesti belajar dari si om roy suryo ini kali ya *ngilang*

Dan yang lucunya lagi, waktu ngomong mohon-mohon sama si mbak, si ibuk pakai bahasa inggris. Jadi kami pikir dia orang luar lah yaaa.. Eh ga berapa lama, mas petugas di sebelah mbak-mbak juga komen ngasih tau, bahwa si ibuk ga bisa lagi check-in. Trus tiba-tiba si ibuk ini berubah ngomong pakai bahasa indonesia yang lancar jaya baik dan benar bok! Hahahaha :lol: aneh aja gitu rasanya :-P

Anyway, kembali fokus ke kami.

Setelah menunggu agak lama, baru deh bagasi di hitung beratnya. Aaaaaandd, Jeng jeng jeng! Over baggage doooong! Hahahaha :lol: Pesennya 20 kg, tapi ternyata barang bawaan kami bertiga mencapai 26 kilo! Akhirnya dengan buru-buru bongkar koper, beberapa barang di koper Carrie masuk ke koper saya. Koper saya dan Nena masuk bagasi, koper Carrie terpaksa di tenteng ke kabin :-P

Setelah selesai urusan bagasi dan tak lupa bayar Airport Tax Rp. 150.000,- saatnya menuju ruang tunggu. Nongkrong dulu di cafe, nunggu Nena sarapan. Melihat antrian cap paspor udah mulai ramai, kami memutuskan untuk masuk ke ruang tunggu saja walaupun berangkatnya masih satu jam lagi.

Mulai ngantri. Trus ga berapa lama, lagi-lagi ada mas-mas yang teriak-teriak cari penumpang yang mau kemana lah yang mana pesawatnya udah boarding dan harap yang antri di depannya ngasih jalan lewat duluan buat orang-orang tersebut. Kali ini saya rasanya pengen jambak jambulnya Syahrini :lol: haduuuuh, tinggal ngurut-ngurut dada aja laah.. *dada chris evans*

Fast forward, pokoknya udah di ruang tunggu aja. Trus udah boarding aja. Trus udah di pesawat aja. Trus trus trus, baca postingan berikutnya yaa ;-)

Traveling


Sudah 4 tahun belakangan ini, saya selalu merencanakan jalan-jalan dengan dua orang sohib saya yang temenan sejak SD. Dimulai dari pertemuan kami pada tahun 2009, ketika saya dan sohib-sohib saya ini akhirnya berkumpul kembali karena bekerja di Jakarta. Akhir 2009, jalan-jalan pertama kami sejak ketemu gede ini lagi adalah ke Dunia Fantasi – Jakarta. Dari kecocokan jalan-jalan inilah, lalu muncul ide untuk berkelana ke Singapore pada bulan Maret 2010. Begitu mulai bisa cuti di kantor, langsung ciao jalan-jalan.. Hihihi.. :-P

Mulai dari jalan-jalan itu, alhamdulillah, setiap tahun hingga sekarang, saya berkesempatan traveling ke luar negeri, baik itu biaya sendiri, atau dari kantor. Bulan Maret Tahun 2011, kami bertiga kembali jalan-jalan ke Kuala Lumpur, Malaysia. Bulan Mei-nya, saya berkesempatan ke Melbourne, Australia, dalam rangka training dari kantor, serta bulan Oktober kembali terbang ke Malaysia, dalam rangka seminar.

Tahun 2012 kemarin, saya sempat 3 hari ke Singapore dengan salah satu sohib saya ini, untuk nonton Musical Theatre – Wicked dengan alasan simple : karena tau lagunya yang Defying Gravity dari Glee. Tapi ga nyesal kok nontonnya, dan menikmati kemegahan Marina Bay Sands. Bulan Mei 2012, kembali kami bertiga jalan-jalan, kali ini cukup ke Bali.

Alhamdulillah, seminggu kemarin ini (Maret 2013), saya jalan-jalan lagi sama mereka ke Bangkok, Thailand. Kalau perjalanan yang dulu-dulu postingan blog-nya sekedar lewat saja, untuk yang Thailand ini (rencananya) saya akan mulai belajar menulis dengan detail soal traveling :-P

Selain jalan-jalan bertiga ini, saya juga sempat ditinggal temen-temen saya itu jalan-jalan ke Bangka Belitung, Karimun Jawa, and next, mereka akan ke Wakatobi. Kayaknya jalan-jalan ke pantai-pantai cantik belum rezeki saya, jadi ada aja yang bikin saya ga bis
a ikut trip-trip ini.. Hiks..

Well, this is only the overview sih.. Tunggu postingan saya selanjutnya tentang Bangkok yaaa :-D
marketing,marketing mix,integrated marketing communications,word of mouth marketing,integrated marketing,marketing news,sports marketing,buzz marketing,niche marketing,guerilla marketing
Sweden Month Six – Roundup

Dengan adanya informasi yang kami sajikan tentang deskripsi iklan sambal abc 2015 gak ada gantinya C

, harapan kami semoga anda dapat terbantu dan menjadi sebuah rujukan anda. Atau juga anda bisa melihat referensi lain kami juga yang lain dimana tidak kalah bagusnya tentang Contoh Kata-kata Slogan Bagus

. Sekian dan kami ucapkan terima kasih atas kunjungannya.
buka contoh marketing : https://aftriska.wordpress.com/category/friends/page/4/

No comments:

Post a Comment