Modul Guru Pembelajar Bahasa Inggris Kelompok Kompetensi E

Modul Guru Pembelajar Bahasa Inggris Kelompok Kompetensi E

buzz marketing, guerilla marketing, integrated marketing, integrated marketing communications, marketing, marketing mix, marketing news, niche marketing, sports marketing, word of mouth marketing
Modul Guru Pembelajar Bahasa Inggris Kelompok Kompetensi E


contoh iklan bahasa inggris beserta gambar   - GURU PEMBELAJAR

MODUL

Mata Pelajaran Bahasa Inggris
Sekolah Menengah Pertama (SMP)

Kelompok Kompetensi E

Profesional: Short Functional Text III
Pedagogik: TIK Dalam Pembelajaran

Penulis: Sahadadi Mulyana, M.Hum, dkk.





Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
Tahun 2016
Penulis
1.    Sri Wuryanti
e-mail: sriwuryanti@gmail.com

2.    Linawati
e-mail: linawati@gmail.com

3.    Lia Herawati
 e-mail: liaherawaty@gmail.com

4.    Sahadadi Mulyana
e-mail: sahadadim@yahoo.com

5.    Euis Rini Purwati
e-mail: euisrini.purwati63@yahoo.com


Penelaah
1.    Prof. Dr. Emi Emilia, email emilia@indo.net.id, emi.emilia.upi@gmail.com

2.    Dr. Furaidah, email furaidah02@gmail.com


Copyright © 2016
Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Bahasa, Direktorat  Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan

Hak  Cipta Dilindungi Undang-Undang
Dilarang mengopi sebagian atau keseluruhan isi buku ini untuk kepentingan komersial tanpa izin tertulis dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Kata Pengantar

Puji dan syukur kami panjatkan ke hadirat Allah SWT atas selesainya Modul Pendidikan dan Pelatihan (diklat) Guru Pembelajar Bahasa Indonesia SMP dan SMA, Bahasa Inggris SMP dan SMA, Bahasa Arab SMA, Bahasa Jerman SMA, Bahasa Perancis SMA, Bahasa Jepang SMA, dan Bahasa Mandarin SMA. Modul ini merupakan dokumen wajib untuk kegiatan  diklat bagi guru pembelajar.

Program diklat guru pembelajar merupakan tindak lanjut dari hasil Uji Kompetensi Guru (UKG) dan bertujuan meningkatkan kompetensi guru dalam melaksanakan tugasnya sesuai dengan mata pelajaran yang diampunya.

Sebagai salah satu upaya untuk mendukung keberhasilan suatu program diklat, Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PPPPTK) Bahasa pada tahun 2015 melaksanakan pengembangan modul yang berisi materi-materi pembelajaran yang akan dipelajari oleh para peserta selama mengikuti program diklat tersebut.

Modul diklat guru pembelajar bahasa ini diharapkan dapat menjadi bahan bacaan wajib bagi para peserta diklat untuk dapat meningkatkan pemahaman tentang kompetensi pedagogik dan profesional terkait dengan tugas pokok dan fungsinya.

Saya menyampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan yang tinggi kepada para pejabat, widyaiswara di PPPPTK Bahasa, dosen perguruan tinggi, dan guru yang terlibat di dalam penyusunan modul ini.

Jakarta,  Februari 2016
Kepala PPPPTK Bahasa,


Dr. Luizah F. Saidi, M.Pd.
NIP 196312191986012002




KOMPETENSI PROFESIONAL
 SHORT FUNCTIONAL TEXT III












Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
Tahun 2016
DAFTAR ISI
Kata Sambutan   
Kata pengantar   
Daftar Isi    i

Pendahuluan   
1
A.    Latar Belakang    1
B.    Tujuan     1
C.    Peta Kompetensi    2
D.    Ruang Lingkup     2
E.    Saran Cara Penggunaan Modul     2

Kegiatan pembelajaran 1:
Introduction to Short Functional Text   
4
A.    Tujuan    4
B.    Indikator Pencapaian Kompetensi    4
C.    Uraian Materi    4
D.    Aktivitas Pembelajaran    8
E.    Latihan / Kasus/ Tugas    9
F.    Rangkuman    13
G.    Umpan Balik dan Tindak Lanjut     13
H.    Kunci Jawaban    13



Kegiatan Pembelajaran 2:
Advertisement Text 1   


14
A.    Tujuan    14
B.    Indikator Pencapaian Kompetensi    14
C.    Uraian Materi    14
D.    Aktivitas Pembelajaran.    18
E.    Latihan / Kasus/ Tugas    18
F.    Rangkuman    20
G.    Umpan Balik dan Tindak Lanjut     21
H.    Kunci Jawaban    21

Kegiatan Pembelajaran 3:
Advertisement Text 2   
28
A.    Tujuan    28
B.    Indikator Pencapaian Kompetensi    28
C.    Uraian Materi.    28
D.    Aktivitas Pembelajaran    34
E.    Latihan / Kasus/ Tugas.    34
F.    Rangkuman    50
G.    Umpan Balik dan Tindak Lanjut .    51
H.    Kunci Jawaban.    52

Kegiatan Pembelajaran 4:
Advertisement Text 3   
53
A.    Tujuan    53
B.    Indikator Pencapaian Kompetensi    53
C.    Uraian Materi    53
D.    Aktivitas Pembelajaran    56
E.    Latihan / Kasus/ Tugas    56
F.    Rangkuman    61
G.    Umpan Balik dan Tindak Lanjut     61
H.    Kunci Jawaban    62

Penutup     63
Daftar Pustaka    64

PENDAHULUAN

A.    Latar Belakang

Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (Continuing Professional Development) adalah salah satu faktor penentu utama dari peningkatan kinerja guru dan tenaga kependidikan serta peningkatan prestasi peserta didik. Pengalaman negara-negara lain menunjukan bahwa partisipasi guru dan tenaga kependidikan dalam program pengembangan kompetensi yang searah dengan kondisi pembelajaran dapat meningkatkan kualitas guru dan tenaga kependidikan secara signifikan.

Untuk melaksanakan Peningkatan Kompetensi Berkelanjutan (PKB) baik melalui diklat tatap muka ataupun program diklat E-learning diperlukan modul-modul penunjang.

PPPPTK Bahasa sebagai lembaga pengembangan dan pemberdayaan tenaga pendidik dan kependidikan yang meyelenggarakan berbagai program diklat bidang bahasa perlu melengkapi sarana dan prasarana diklat salah satunya modul atau bahan ajar.  Modul ini disusun bersama guru-guru terseleksi melibatkan perguruan tinggi terbagi ke dalam sepuluh kelompok kompetensi.

B.    Tujuan

Modul ini disusun bertujuan guna mendukung pelaksanaan diklat Peningkatan Kompetensi Berkelanjutan (PKB) guru Bahasa Inggris SMP. Modul ini juga bisa dipergunakan sebagai bahan bacaan mandiri tanpa kehadiran pengajar dengan pembahasan yang mudah dipahami.. Setelah menguasi modul ini diharapkan mampu meningkatkan kemampuan professionalnya.


C.    Peta Kompetensi
Modul ini berisi:
a.    Menentukan gambaran umum teks tertulis fungsional berbentuk advertisement,
b.    Informasi tertentu teks fungsional berbentuk advertisement,
c.    Informasi tersurat teks fungsional berbentuk advertisement,
d.    Informasi tersirat teks fungsional berbentuk advertisement,
e.    Menentukan cara pengajarannya teks fungsional berbentuk advertisement,
f.    Menentukan fungsi sosial teks fungsional berbentuk advertisement,
g.    Menentukan struktur teks fungsional berbentuk advertisement,
h.    Menggunakan language features dalam konteks
i.    Menggunakan language features dalam konteks
j.    Menggunakan ragam bahasa dengan kepantasan, kesopanan, dan atau ragam fomal/ informal berdasarkan situasi penggunaan bahasa tertentu

D.    Ruang Lingkup
Untuk mencapai kompetensi yang diharapkan tersebut disusunlah materi yang harus dipelajari yang dikemas dalam kegiatan pembelajaran. Materi tersebut meliputi :
a.    Introduction to short fuctional texts
b.    Advertisement text 1
c.    Advertisement text 2
d.    Advertisement text 3



E.    Cara Penggunaan modul
Modul  Diklat PKB bahasa Inggris kelompok kompetensi E ini mencoba menguraikan materi yang harus dikuasai oleh guru tidak hanya untuk bahan mengikuti Uji Kompetensi Guru saja tetapi sebagai bahan ajar untuk ditransfer kepada peserta didik Anda melalui pendekatan Scientific  atau model pembelajaran lainnya yang ada pada kurikulum 2013 seperti: problem-based learning (PBL), project-based learning (PjBL), discovery.

Selanjutnya agar proses belajar mandiri Anda dapat berjalan dengan efektif, kiranya perlu Anda cermati petunjuk umum dalam mempelajari materi modul berikut ini:
1.    Bacalah tinjauan modul ini dengan cermat agar Anda memahami betul ruang lingkup materi (Peta Kompetensi), tujuan, dan manfaat, serta bagaimana mempelajari modul ini.
2.    Bacalah modul ini, pahami benar-benar uraian di tiap kegiatan pembelajaran. Cermati konsep-konsep penting yang Anda jumpai, beri tanda khusus untuk menunjukkan bahwa materi dan pernyataan tersebut penting bagi Anda.
3.    Bila Anda menemukan penjelasan yang tidak Anda pahamisebaiknya Anda catat. Bila Anda berinisiatif membentuk kelompok belajar dengan teman-teman Anda, Anda dapat mendiskusikannya dalam kelompok.
4.    Untuk mengerjakan tugas Mandiri (latihan-latihan) yang terdapat di bagian akhir kegiatan pembelajaran ini, sebaiknya Anda telah mempelajari materi modul yang lain.


Kegiatan Pembelajaran 1
Introduction To Short Functional Texts

A.    Tujuan
Setelah mempelajari materi diklat dalam bab ini, peserta diharapkan mampu meningkatkan penguasaan materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu.

B.    Indikator Pencapaian Kompetensi
-    Menentukan gagasan umum dalam teks tertulis fungsional pendek berbentuk  notice, memo, announcement, advertisement.
-    Menentukaninformasi rinci tersurat dalam teks tertulis fungsional pendek berbentuk notice, announcement dan  advertisement.
-    Menentukaninformasi rinci tersirat teks tertulis fungsional pendek berbentuk notice, announcement  dan advertisement.
-    Mengidentifikasi  advertisement yang tepat sesuai konteks yang diberikan.

C.    Uraian Materi
Functional text adalah tulisan yang dimaksudkan untuk membantu pembaca menyelesaikan tugas sehari – hari. Teks fungsional bisa berupa notice, memo, announcement, advertisement, letter dll.
Pelajari short fungsional textberikut ;
1.    Notice
Notice merupakan jenis teks yang berisikan sebuah himbauan, saran, ajakan, maupun larangan namun tidak menimbulkan konsekuensi yang berbahaya apabila dilanggar.


Contoh 1

Contoh notice d iatas menghimbau pada pengunjung untuk tidak melewati rerumputan, dan apabila tetap melewatinya pengunjung tidak akan mengalami sesuatu yang membahayakan dirinya atau orang lain, namun konsekuensinya rumput akan menjadi rusak.

Contoh 2


Contoh notice diatas menghimbau pada pengunjung untuk menggunakan pengering tangan elektrik setelah mencuci tangan,  dan apabila tidak menggunakanya pengunjung tidak akan mengalami sesuatu yang membahayakan dirinya atau orang lain.

2.    Warning

Warning adalah teks yang berisikan peringatan untuk melakukan sesuatu hal sesuai petunjuk atau larangan untuk melakukan sesuatu, dan apabila tidak diindahkan akan menimbulkan bahaya baik bagi diri sendiri ataupun orang lain.



Contoh 1


Dari contoh text caution di atas jelas merupakan sebuah peringatan bagi siapapun untuk tidak menyentuh atau memegang benda yang ada tanda tersebut, dan apabila dilanggar maka akan menimbulkan bencana atau membahayakan diri sendiri.
      Contoh 2
BE AWARE OF WILD DOGS

 Contoh text caution diatas juga sangat jelas merupakan sebuah peringatan bagi siapapun untuk tidak memaksa masuk, karena apabila dilanggar maka orang yang masuk akan berhadapan dengan anjing – anjing yang galak atau buas (membahayakan diri sendiri).

Announcement
Teks pengumuman (announcement) merupakan sebuah teks yang dibuat untuk menyampaikan pesan kepada suatu kelompok tertentu, dan atau khalayak umum.
      Struktur Announcement Text
•    Title
•    Pada bagian ini biasanya menjelaskan gambaran umum atau sebuah kalimat yang mewakili semua isi yang akan disampaikan dalam text announcement itu sendiri. Contohnya sebuah text announcement berjudul" Lomba Debat Bahasa Inggris" maka secara otomatis kita dapat mengetahui isi dari pengumuman itu pasti tentang Lomba Debat Bahasa Inggris.
•    Explanation
Bagian ini menjelaskan bagian detail atau lengkap sebuah announcement text. Contohnya di mana tempat lomba debat akan dilaksanakan, kapan waktu acara itu akan dillaksanakan, dan berapa biaya yang harus dikeluarkan untuk mengikuti lomba debat bahasa inggris dll. Intinya bagian ini menjelaskan lebih rinci apa-apa saja yang berhubungan dengan judul

Contoh 1
Attention, students.
Tonight we will have Earth Hour. Do you know what it means? Yes. We will turn off the electricity for one hour, from eight thirty p.m. until nine thirty p.m. Not only Indonesian people will turn off their electricity at these hours, but also all people worldwide will do it. That’s why, we suggest you turn off your electricity at these times.
Thank you.

     Contoh 2
Attention, please.
This announcement is for the economy class passengers. For anyone who hasn’t eaten dinner, please proceed to the restaurant on the second deck. Dinner is provided there. For passengers who wish to shalat magrib or the evening prayers, the musala is on the third deck. Thank you.



ADVERTISEMENT

Advertisement adalah jenis teks yang ditulis dengan tujuan untuk mempublikasikan kualitas suatu produk, pelayanan, bisnis, atau event yang tujuannya untuk menarik orang lain agar membeli atau menggunakannya.


Contoh 1

Don’t miss this summer’s hottest concerts and art exhibition as Staten Island’s Arts Council presents JUNEFEST, a series of free concerts and free art exhibition during June.
Whatever your mood, Junefest has it. Heat up with a salsa concert in the park, relax at a classical guitar concert or visit an amazing exhibition, there are so many concerts and exhibits to choose from . . . best part––they’re all free!
To get your Junefest calendar or to find out more about these great summer events, call 718-447-3329 or visit us on the web at www.statenislandarts.org.
That’s 718-447-3329.
Adapted from: How to Write Your Radio PSA, New York, Council on the Arts & Humanities for Staten Island




Soal yang biasanya muncul berkaitan dengan Functional text:
1.    Function/purpose of the text ( fungsi / tujuan text ):
-    What is the function of the text?
-    What is the purpose of the notice?
2.    Meaning: arti/makna  notice tersebut
-    What does the notice mean?
-    The notice means…
Certain information/ informasi tertentu
Who is the announcement for?
3.    Detail information/informai rinci
Which of the following items are prohibited to be taken in passengers’ carry-on bags?


D.    Aktivitas Pembelajaran
Diskusikan dengan kelompok Anda teks-teks di atas untuk mencari gagasan umum, informasi tersurat, informasi  tersirat, tujuan komunikatif teks dan stuktur teks.
E.    Latihan / Kasus / Tugas
Kerjakan latihan soal berikut dengan menjawab pertanyaan – pertanyaan di bawah ini













•    Soal        :
1.    What is the announcement about?
A.    A Student Organization.
B.    An English Speech Contest.
C.    A National Day Celebration.
D.    A Program of National Education Day Commemoration
•    Soal        :
2.    Based on the announcement above, we know that …
A.    the programs will last for 4 hours.
B.    the program will be held in the morning.
C.    there are two competitions will be held.
D.    Mr.Andi is in charge to organize the programs.

•    Soal        :
3.    What programs that students can do individually?
A.    Debate.
B.    Interesting program.
C.    English speech contest.
D.    Wall magazine competition.

Attention.
Due to , at a teachers’ meeting at 11 a.m, the class will end at 10:30 a.m.. Please write your unforgettable experience at least 500 words as an assignment from Mr. Dodi. Submit it next English class. Thank you.

4.    Whom is the announcement for?
    A.    The student’s parents.
    B.    The school staffs.
    C.    The teachers.
    D.    The students.
This text is for numbers  to .
In accordance with the international security regulations, the following items are never allowed to be taken onto a plane by passengers, either in their carry-on bags or in  their checked luggage: weapons, including  knives and guns, explosives, including dynamite and fireworks.
The following items may be placed in checked luggage but not on carry-on bags.  Tools, including hammers, screwdrivers and wrenches, sport equipment such as golf clubs, baseball bats, skis and ski poles.  When you pass through the security line, all bags will through our X-ray machines and some bags will be manually checked by personnel, as well.  Thank you for your cooperation.  Have a safe and pleasant flight.
5.    What is the announcement about?
A.    Prohibited  items in carry –on bags.
B.    International airport security regulation.
C.    Some plane regulations for passengers.
D.    Allowed items to place in checked luggage.


6.    “When you pass through the security line, ....”
The underlined word can be replaced by ....
A.     long thin mark
B.     long row
C.     remark
D.     sign

7.    Which of  the following items are prohibited to be taken in passengers’ carry-on bags?
A.    Hammers, screwdrivers and wrenches, and sport equipment
B.    Weapons, dynamite, guns and wrenches.
C.    Dynamite, fireworks, knives and guns.
D.    Explosives, guns, dynamite, skis.

8.    What is the purpose of the text?
A.    To give information about International airport security regulation.
B.    To describe the situation in the security line.
C.    To give general information about the X-ray machines.
D.    To remind the passengers to check luggage.

The following  text is for question number 9
.



9.    The caution means that ....
A.    forklift should keep the aisles clear
B.    the area must be cleared from the forklift
C.    these aisles are always clear because of  the forklift
D.    the aisles must be cleared because the forklift is in operation

The following text is for question .





10.    The notice means that ... during the exam period.
A.    all the women are suggested to go to the toilet
B.    only the women are allowed to use the toilet
C.    the women are prohibited to use the toilet
D.    the women are banned to go to the toilet

This text is for questions 11 to 12.
Do you have problems with your face? Try Harmony Facial at Sunset Road no. 2. Get special cost for only only Rp99,000, for two hour facial on Monday to Friday at 10 to 2 pm .
We provide high quality creams, steam, etc to treat your face and what’s more, all our staff members have magic fingers that will make your face fresh and let you return home in younger look..
Adapted from: Jakarta Post Weekender, June 2011

11.    What is the purpose of the text?
A.    To advertise something.   
B.    To describe something.
C.    To announce something.   
D.    To invite people to do something.

F.    Rangkuman
Di dalam Short Functional text kita bisa menemukan gambaran umum, informasi rinci tersurat dan tersirat

G.    Umpan Balik dan Tindak Lanjut

Dengan melihat hasil pekerjaan Anda dan mengingat-ingat kembali kegiatan pembelajaran yang telah berlangsung, mungkin akan timbul beberapa pertanyaan sebagai berikut :
•    Apakah bahan pembelajaran itu tidak terlalu berat bagi Anda?
•    Apakah Anda menggunakan alat bantu pembelajaran yang cukup?
•    Apakah waktu kelompok berjalan dengan baik?
•    Apakah bahan pembelajaran itu sudah Anda kuasai ?

H.    Kunci Jawaban
1.    D.
2.    D
3.    C.
4.    D
5.    C
6.    A
7.    A
8.    A
9.    D
10.    B
11.    A





Kegiatan Pembelajaran 2
Advertisement Text 1

A. Tujuan   
•    Memahami pengertian teks advertisement.
•    Memahami struktur dan unsur kebahasaanteks advertisement.
•    Menangkap makna teks advertisement.
•    Mengungkapkan makna teks advertisment

B. Indikator Pencapaian Kompetensi
Setelah pelatihan, diharapkan peserta dapat:
•    Menjawab pertanyaan tentang pengertian teks advertisement beserta  tujuannya.
•    Melengkapi tabel tentang struktur dan unsur kebahasaan yang digunakan  dalam teks advertisement.
•    Melengkapi teks rumpang tentang advertisement text dengan kata kerja yang tepat.
•    Menjawab pertanyaan tentang advertisement yang diberikan.
•    Menulis teks advertisement

C. Uraian Materi
Pengertian teks Advertisement
Advertisement text adalah sebuah teks yang memiliki tujuan untuk mengumumkan sesuatu secara menarik bagi banyak orang dan agar suatu produk semakin dikenal masyarakat umum. Dalam teks ini terdapat ungkapan-ungkapan yang bersifat ‘membujuk’agar masyarakat menggunakan produk-produk yang dipromosikan tersebut.
Tujuan dari teks ini adalah untuk mengumumkan suatu produk kepada masyarakat atau dalam kata lain untuk mengenalkan sebuah produk kepada masyarakat agar mereka dapat membeli dan tertarik untuk membeli produk yang diiklankan.
Advertisement text berisikan tentang apa isi dan segala informasi tentang produk yang akan dipromosikan kepada masyarakat dan biasanya disertai kata-kata menarik minat pengunjung. Advertisement text ini dapat ditemui dalam bentuk banner, brochure dan juga mini iklan yang terdapat di printed media seperti majalah atau Koran danjuga yang terpasang dalam tempat-tempat umum sehingga dapat diamati oleh masyarakat luas.
Dalam hal ini Anda harus mampu membedakan advertisement text dan label text. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan, yaitu :
1.    Label text hanya memuat informasi tertentu tentang suatu produk, misal komposisi, informasi gizi, petunjuk penggunaan atau petunjuk  penyimpanan, sebuah  produk.
2.    Label text tidak memuat ungkapan ‘membujuk’ masyarakat untuk menggunakan produk yang diiklankan.
3.    Label text tidak dipasang di tempat-tempat umum karena label text terdapat dalam suatu produk.

Perhatikan gambar berikut :









(Gbr.1 Label text)
Apakah Anda menemukan ungkapan membujuk dalam teks di atas?
Sekarang perhatikan gambar berikut:

(Gbr.2 Advertisement text)
Ungkapan membujuk apa yang dapat Anda temukan dalam gambar tersebut di atas?
Bentuk teks berupa iklan di koran. Orang membuat teks seperti ini untuk menjual suatu produk. Pembaca diminta segera membeli produk laptop itu di  “new technology” terdekat  karena stoknya sedikit. Jadi bila terlambat akan kehabisan.

Struktur Advertisement text:
Sebuah iklan yang baik harus memuat struktur yang terdiri dari attention, interest, desire, dan action
Attention
Interest
Desire
Action



1.    Attention

Iklan yang baik memiliki makna yang dapat menarik perhatian masyarakat umum. Untuk dapat menarik perhatian maka sebuah iklan harus memiliki logo, slogan ataupun jingle.

2.    Interest
Sebuah iklan harus memiliki daya pikat publik yang akan menumbuhkan minat masyarakat, maka sebuah iklan perlu memuat perasaan yang dapat menggugah dan menularkan minat masyarakat, seperti perasaan bahagia, senang dan sebuah iklan  perlu memuat hal-hal yang dibutuhkan masyarakat dan mengatasi masalah yang ada dalam masyarakat.

3.    Desire
Sebuah iklan mampu merangsang kebutuhan masyarakat, mengetahui apa yang dibutuhkan masyarakat dan apa yang dibutuhkan masyarakat dalam jangka waktu pendek dan panjang.

4.    Action
Sebuah iklan mampu mengundang minat masyarakat dengan mencantumkan nomor telepon yang mudah dihubungi, alamat maupun web internet yang memuat semua informasi tentang produk yang diiklankan.

Unsur Kebahasaandalam Advertisement Text
Advertisement text menggunakan present tense yang bersifat informative dan    penting. Selain itu, teks ini juga menggunakan kata kerja imperative seperti‘try’, ‘grab now’atau‘just do it’, yang sifatnya mengundang emosi masyarakat untuk mencoba bahkan membeli produk yang diiklankan.


D. Aktivitas Pembelajaran:
Pada bagian ini anda akan melakukan kegiatan untuk dapat menguasai materi tentang iklan. Kegiatan yang sebaiknya Anda lakukan adalah yang pertama  membaca ulang teori tentang definisi; fungsi sosial; hal hal yang perlu diperhatikan dalam membuat iklan; struktur; dan unsur kebahasaan iklan. Yang kedua Anda juga disarankan untuk berlatih menyusun iklan baik iklan untuk produk, jasa, maupun kegiatan. Setelah Anda yakin telah menguasai materi tentang iklan, selanjutnya Anda dapat melangkah pada tahap berikut ini, tahap yaitu latihan.
E.    Tugas/Kasus/Latihan
1.    Bacalah dengan seksama materi tentang advertisement text.
2.    Latihan 1 :Secara  berpasangan diskusikanlah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini:
•    What is the definition of advertisement text?
•    What is the purpose of advertisement text?
•    How can you differentiate between advertisement text and label text?
•    What is the generic structure and language features of advertisement text?
3.    Secara bergantian, Anda diminta mengemukakan hasil diskusi yang dilakukan dalam kelompok Anda. Akan lebih baik jika Anda kemukakan pendapat dan hasil diskusi Anda dalam Bahasa Inggris.
4.    Latihan2:
Anda diberikan Advertisement text dibawah ini :











Perhatikan advertisement text diatas dan amatilah dengan seksama., tuliskan bagian-bagian teks tersebut dan tuliskan pula makna tersirat yang terdapat dalam teks tersebut.

Elements    Information
Attention   
Interest   
Desire   
Action   

5.    Dengan menggunakan teks tersebut tuliskanlah unsur kebahasaan yang digunakan dalam teks tersebut.
6.    Latihan 3:
Amatilah teks dibawah ini,  pilihlah kata yang tepat untuk melengkapi teks berikut
















7.    Latihan 4:
Dengan menggunakan teks dalam latihan 3 jawablah pertanyaandi bawah ini:
•    What is the text about?
•    What is the purpose of the text?
•    What things are the offered by the advertisement?
•    What will you do if you want to ask for more details about the advertisement?
•    How can you purchase the offer?
8.    Latihan 5 :
Anda akan diberikan 2 topik tentang advertisement text danbuatlah advertisement text. Anda tidak perlu focus dengan gambar yang akan dibuat dalam advertisementtext Anda.
A.    Imagine your school is up for sale. Write an advertisement that would be likely to attract potential buyers
B.    Your family car is for sale. Write an advertisement that would interest buyers
9.    Presentasikan iklan yang telah Anda buat di depan forum individually.
10.    Penugasan: Carilah 5 iklan yang berbeda yang bisa Anda temukan dalam kemasan sehari-hari, majalah, Koran atau internet. Tuliskan struktur dan unsur kebahasaanyang digunakan dalam teks yang Anda temukan. Presentasikan penjelasan tentang iklan tersebut di depan forum.

F. Rangkuman:
1.    Advertisement text adalah teks iklan yang bersifat membujuk dan menarik minat masyarakat untuk menggunakan produk yang diiklankan.
2.    Tujuan dari advertisement text adalah untuk membujuk (to persuade) masyarakat untuk menggunakan produk yang diiklankan.
3.    Struktur advertisement text adalah attention, interest, desire dan action.
4.    Unsur kebahasaan yang digunakanadalah present tense yang bersifat imperative dan penting.

G. Umpan Balik dan Tindak Lanjut
1.    Tuliskan dengan singkat kesan Anda setelah mempelajari materi ini.
2.    Anda dapat mencari berbagai macam jenis iklan dan membuat pertanyaan tentang iklan-iklan tersebut. Anda dapat meminta rekan Anda untuk menjawab pertanyaan yang Anda buat dan menuliskan saran yang diberikan rekan Anda tentang pertanyaan yang Anda buat.
3.    Cocokkan jawaban Anda dengan kunci jawaban latihan yang ada di bagian akhir modul ini. Ukurlah tingkat pencapaian penguasaan materi kegiatan pembelajaran ini dengan rumus sebagai berikut:
Skor Perolehan    Predikat
90  - 100    Sangat baik
80  -   89    Baik
70  -   79    Cukup
0  -   69    Kurang

Bila tingkat pencapaian penguasaan Anda mencapai KKM atau lebih, silahkan melanjutkan ke Kegiatan Pembelajaran berikutnya. Bila tingkat pencapaian penguasaan Anda kurang dari KKM, maka Anda harus mengulangi Kegiatan Pembelajaran ini, terutama pada bagian yang belum Anda kuasai.

H. Kunci Jawaban:
Latihan 1:
•    Advertisement text is a text which publicly informs and persuade the public in order to to attract, to try or even to buy the product or things offered.
•    The purpose of the advertisement text is to persuade people to attract, to try or even to buy the product or things offered.

Advertisement text    Label text
•    Publicly informed    •    Attached in a product
•    Attract people’s interests    •    Give detailed information about the product
•    Persuade people to try or to buy    •    No persuasion utterances

•    The generic structure of the text for a successful advertisement must consist of attention, interest, desire, and action.
•    The language features used in the advertisement is present tense and imperative urgent statement.

Latihan2 :
Elements    Information
Attention    Big fonts and attractive colourful pictures
Interest    Offering free kids meals and cheap meal for adults
Desire    Holding on Sunday as a weekend family day
Action    Phone number at the bottom of the ads

    The language features used in the ads are:
•    Join the Ranchies Kids Club
•    Free kids meals Monday-Saturday



Latihan3:
1.    Offers
2.    Reach
3.    Contact
4.    Purchase
5.    Answer

Latihan 4:
The answer key of the questions about the ads:
1.    It is about offering ads options to companies.
2.    To persuade companies to use the product of the ads.
3.    300x100 RSS feed horizontal banner
125x125 sidebar banner
234x60 half banner
4.    Contact the founder through the email.
5.    Select the interest one and contact the company through email and web links.














EVALUASI

Petunjuk Umum:
1. Bacalah petunjuk soal terlebih dahulu.
2. Jangan menggunakan kamus dalam mengerjakan soal.
3. Bacalah soal dengan teliti.

Petunjuk Soal
Read Text to answer questions 1 to 3.












1.    Which part of course should we attend when we want to know more about compositional techniques?
A.    Fabulous Photos.
B.    Next Steps.
C.    The How and the Wow.
D.    Capturing Your Kids.





2.    What should we do to make sure we get a place in the course?
A.    Run to the cozy home.
B.    Structure the class for a small group.
C.    Choose the part of the course.
D.    Pay a down payment.

3.    What is the purpose of the text?
A.    To persuade the reader to join the course.
B.    To invite the reader to take part in the contest.
C.    To inform how to get perfect portraits.
D.    To show the steps how to take photos.

Read Text to answer questions 4 to 7.



















4.    Who is Danny Chua?
A.    The Creative Director of Two Studio Multimedia Academy
B.    The speaker of advertising and Branding seminar
C.    The speaker of Packaging seminar
D.    The chairman of Kenzi enterprise

5.    What is the communicative purpose of writing the text?
A.    To inform the open day in 2013.
B.    To advertise Two Studio Multimedia Academy.
C.    To describe the Two Studio Multimedia Academy
D.    To announce the free trial class in Two Studio Multimedia Academy.

6.    If you join 3D Custom Sculpture workshop, you will be able to ….
A.    create compelling images and superior design           
B.    learn basic knowledge of 3D animation   
C.    study the art imaging magic
D.    produce 3D sculpture

7.    What is the closest meaning of the word “sculpture?”
A.    Carving.           
B.    Drawing.   
C.    Painting.
D.    Picture    .
Read Text to answer questions 8 to 10.










8.    What is being advertised in the text above?
A.    An electronic dictionary.
B.    A correct spelling tool.
C.    A complete color.
D.    A strong plastic.

9.    How is the feature of the item?
A.    The only color of the item is dark grey.
B.    The item comes in more than two colors.
C.    There are less than 80.000 words in the item.
D.    There are more than 80,000 words in the item.

10.    How is the thing at that  shop?
A.    Up to date
B.    Out of date
C.    Out of order
D.    Up to priced


Kunci Jawaban:
1.    C
2.    D
3.    A
4.    C
5.    B
6.    B
7.    A
8.    A
9.    D
10.    A


Kegiatan Pembelajaran 3
Advertisement Text 2

A.    Tujuan
Menguasai bahasa Inggris lisan dan tulisan, reseptif dan produktif dalam segala aspek komunikatifnya (linguistik,wacana,sosiolinguistik dan strategis)

B.    IndikatorPencapaian Kompetensi
1.    menentukan tujuan komunikatif teks tertulis fungsional pendek berbentuk advertisement,
2.    menentukan informasi tertentuteks tertulis fungsional pendek berbentuk advertisement.
3.    menentukan gambaran umumteks tertulis fungsional pendek berbentuk advertisement.
4.    menentukan makna katateks tertulis fungsional pendek berbentuk advertisement.
5.    Menentukan teks tertulis fungsional pendek berbentuk advertisement yang tepat sesuai dengan konteks yang diberikan .

C.    Uraian Materi
Pada bagian ini Anda akan mempelajari materi tentang iklan. Diharapkan Anda memahami tujuan komunikatif, fungsi sosial, gambaran umum, makna kata dan menentukan iklan yang tepat dengan situasi tertentu.
Cambridge Advanced Learner’s Dictionary iklan adalah sebuah gambar, film pendek, lagu dan sebagainya yang mempersuasi orang untuk membeli sebuah produk atau service. Iklan dapat dilakukan secara lisan dan tertulis.
Iklan dapat berbentuk gambar saja; kata kata berupa frasa atau kalimat; dan dapat pula berbentuk gabungan antara gambar dan kata-kata.
Berdasarkan peruntukan, iklan dapat untuk menyajikan hasil produk, kegiatan atau event, dan jasa
Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam membuat iklan adalah
1.    Iklan menyatakan produk, jasa atau kegiatan yang diiklankan
2.    Iklan menyatakan mengapa anda membutuhkan produk, jasa atau kegiatan yang diiklankan
3.    Iklan meyakinkan bahwa produk, jasa atau kegiatan yang diiklankan benar benar lebih baik dari yang lain
4.    Iklan menginspirasi Anda untuk berbuat membeli atau melakukan sesuatu
5.    Iklan juga menyajikan waktu, tempat, untuk membeli atau melakukan sesuatu dan juga harga.
6.    Iklan harus mudah diingat, mudah dilihat danmenggunakan kata-kata yang efektif.
7.    Apapun bentuknya iklan harus menyakinkan pelanggan bahwa produk, jasa atau kegiatan berbeda dengan yang lain.

Fungsi Sosial Iklan
Iklan memiliki fungsi sosial untuk mempersuasi orang untuk membeli sebuah produk atau jasa; atau untuk melakukan suatu kegiatan.


Unsur Kebahasaan
1.    Ungkapan dan kosa kata yang lazim digunakan iklan barang, jasa, dan kegiatan (event) di media massa
2.    Penggunaan nominal singular dan plural secara tepat, dengan atau tanpa a, the, this, those, my, their, dsbdalam frasa nominal.
3.    Ucapan, tekanan kata, intonasi
4.    Ejaan dan tanda baca
5.    Tulisan tangan






Struktur Text 
Struktur teks dalam pembuatan iklan berupa adanya informasi rinci dan informasi tertentu tentang produk, jasa atau kegiatan yang diiklankan.

Contoh Iklan produk
Berikut disajikan beberapa iklan produk yang merupakan gabungan antara gambar dan kata kata.
Gambar 2.4. gambar Iklan Produk

Dari :https://www.google.com/search?q=ADS+OF+PRODUCT
Gambar 2.5 Iklan Produk

Dari :https://www.google.com/search?q=ADS+OF+PRODUCT

Berikut disajikan contoh-contoh iklan jasa
Gambar 2.6. Iklan jasa

Dari: https://www.google.com/search?q=advertisement+of+a+product&tbm
Gambar 2.7. Iklan jasa

Dari :https://www.google.com/search?q=advertisement+of+a+product&tbm






Berikut disajikan contoh contoh iklan kegiatan yang diunduh dari internet
Gambar 2.8 . Iklan Kegiatan

Gambar 5.9. Iklan Kegiatan








Berikut disajikan iklan yang berupa lowongan pekerjaan
         JOB VACANCY       

    GRM International is a leading international development management company specializing in the provision of project design, management expertise and technical assistance to development projects for bilateral and multilateral funding agencies, governments, and corporations. For more than 45 years, GRM has been bringing expertise in managing large-scale projects, and sourcing and managing high quality experts covering all disciplinary skills required to implement development projects.

We are currently looking for an HR Business Partner (HR manager) to assist the Sr. HRBP to plan, develop, and implement HR services, programs, and activities to support the growth of our Indonesian operations.

HR Business Partner

Requirements:
1.    Relevant HR of business related qualification
2.    Minimum 5 years experience in HR.
3.    A deep understanding of Indonesia’s manpower act and labor law.
4.    Proven working knowledge of multiple human resources disciplines.
5.    Ability to make recommendations to effectively resolve problems or issues by using judgment that is consistent with standards practices, policies, procedures, regulation of government law.
6.    Excellent relationship management skills.
7.    Fluent in Bahasa Indonesia.
8.    Excellent written and  spoken English
9.    High level professional credibility and integrity.

Full Job Description for the position is available at www.grminternational.com under “JOB OPPORTUNITIES”. Please submit CV and your cover letter via the website listed no later than 7 December 2014.

Female candidates are encouraged to apply.
Only qualified candidates will be shortlisted.


Taken from Kompas November 29, 2014.





D.    Aktifitas Pembelajaran
Pada bagian ini anda akan melakukan kegiatan untuk dapat menguasai materi tentang iklan. Kegiatan yang sebaiknya Anda lakukan adalah yang pertama  membaca ulang teori tentang definisi; fungsi sosial; hal hal yang perlu diperhatikan dalam membuat iklan; struktur; dan unsur kebahasaan iklan. Yang kedua Anda juga disarankan untuk berlatih menyusun iklan baik iklan untuk produk, jasa, maupun kegiatan. Setelah Anda yakin telah menguasai materi tentang iklan, selanjutnya Anda dapat melangkah pada tahap berikut ini, tahap yaitu latihan.

E.    Latihan
I.    Buatlah iklan untuk situasi di bawah ini.
Situasi
Anda memiliki sebuah perusahaan di bidang garmen yang saat ini sedang berkembang dengan baik. Anda baru saja melakukan sebuah inovasi dalam merancang busana. Dan mengasilkan busana dengan trend terbaru. Anda bermaksud mengadakan lomba peragaan busana dalam rangka meluncurkan produk baru anda. Anda juga membutuhkan karyawan yang bisa menjadi tenaga administrasi keuangan yang bersangkutan harus lulus dari fakultas ekonomi jurusan akuntasi  dengan IP minimal 2,75; tenaga pemasaran, yang bersangkutan harus lulusan fakultas ekonomi jurusan manajemen dengan IP minimal 2,75;   dan juga sopir yang minimal lulusan SMA untuk melakukan pengiriman produk produk anda. Untuk situasi tersebut di atas buatlah:
a.    Iklan untuk produk busana Anda, nama perusahaan dan alamat dapat anda pilih sendiri.
b.    Iklan untuk lowongan pekerjaan dengan ketentuan yang telah disajikan di atas.
c.    Iklan sebuah lomba peragaan busana yang tanggal dan tempat and tentukan sendiri.



Read the texts and answer the questions that follow.

Text 1
         JOB VACANCY       

    GRM International is a leading international development management company specializing in the provision of project design, management expertise and technical assistance to development projects for bilateral and multilateral funding agencies, governments, and corporations. For more than 45 years, GRM has been bringing expertise in managing large-scale projects, and sourcing and managing high quality experts covering all disciplinary skills required to implement development projects.

We are currently looking for an HR Business Partner (HR manager) to assist the Sr. HRBP to plan, develop, and implement HR services, programs, and activities to support the growth of our Indonesian operations.

HR Business Partner

Requirements:
1.    Relevant HR of business related qualification
2.    Minimum 5 years experience in HR.
3.    A deep understanding of Indonesia’s manpower act and labor law.
4.    Proven working knowledge of multiple human resources disciplines.
5.    Ability to make recommendations to effectively resolve problems or issues by using judgment that is consistent with standards practices, policies, procedures, regulation of government law.
6.    Excellent relationship management skills.
7.    Fluent in Bahasa Indonesia.
8.    Excellent written and  spoken English
9.    High level professional credibility and integrity.

Full Job Description for the position is available at www.grminternational.com under “JOB OPPORTUNITIES”. Please submit CV and your cover letter via the website listed no later than 7 December 2014.

Female candidates are encouraged to apply.
Only qualified candidates will be shortlisted.
Taken from Kompas November 29, 2014.








1.    What does GRM international provide?
A.    Expertise in managing large-scale projects, and sourcing and managing high quality experts covering all disciplinary skills
B.    Bilateral and multilateral funding agencies, governments, and corporations to development projects.
C.    Plan, develop, and implement HR services, programs, and activities to support the growth of our Indonesian operations
D.    Job opportunities for Relevant HR of business related qualification
E.    Project design, management expertise and technical assistance.

2.    What are the duties of the HR Partner needed by GRM?
A.    To assist the Sr. HRBP to plan, develop, and implement HR services, programs, and activities.
B.    To make recommendations to effectively resolve problems or issues by using judgment.
C.    To development projects for bilateral and multilateral funding agencies.
D.    To have A deep understanding of Indonesia’s manpower act and labour law
E.    To implement development projects.

3.    What is the achievement of GRM International?
A.    Excellent written and  spoken English.
B.    Excellent relationship management skills.
C.    High level professional credibility and integrity.
D.    GRM has been bringing expertise in managing large-scale projects, and sourcing and managing high quality experts.
E.    Ability to make recommendations to effectively resolve problems or issues by using judgment that is consistent with standards practices, policies, procedures, regulation of government law.

4.    “Ability to make recommendations to effectively resolve problems or issues by using judgment that is consistent with standards practices, policies, procedures, regulation of government law”

What word can replace the word consistent?
A.    Relevant
B.    Effectual
C.    Efficient
D.    Extensive
E.    Significant

5.    Why should the candidate have a deep understanding of Indonesia’s manpower act and labor law?
A.    Because he must be fluent in Bahasa Indonesia.
B.    Because he is Excellent written and  spoken English
C.    Because he supports the growth of GRM’s Indonesian operations
D.    Because he must have excellent relationship management skills.
E.    Because he needs high level professional credibility and integrity.























Text 2

                The Most International Life
                Sciences Institute in Indonesia

                Based on DIKTI license June 2013

I AM READY TO BECOME A SCIENTIST ARE YOU?
Open enrolment
For undergraduate program 2015-2016
Sanjeevini Pertiwi
Biomedicine
Springfield International

I choose iBL because I believe this is the place where I can receive the best education and learn how to become a future leader in my field.

By studying in iBL, it has presented me with the opportunities to engage with global researchers, a chance to work in top class laboratories and create important network which will help me with my future career.
With the help of iBL, I hope I can achieve my dream of working at an international health institute as an infectious disease research expert with global competency.     
Biomedicine   Food Technology
 
Bio-technology  Bio-entrepreneurship

Open day
February 14th 2015
(12.00 pm- 5.00 pm )
Jl. Pulomas Barat Kavling 88 Jakarta Timur, 13210, Indonesia
06221 295 67899

6.    What is the advertisement about?
A.    Biomedicine
B.    Sanjeevini Pertiwi
C.    Springfield International
D.    iBL educational institution.
E.    Undergraduate program entrance test.

7.    What is Sanjeevini Pertiwi
A.    A doctor at iBL
B.    A Biomedicine doctor.
C.    A Biomedicine student.
D.    Springfield International director
E.    Marketing manager of Biomedicine.

8.    What is the main idea of paragraph 1?
A.    The believe of the statement maker.
B.    The reason of statement maker why she selects iBL
C.    The way how to become a future leader in someone’s field.
D.    The place where the writer can receive the best education and learn.
E.    The place where the writer can teach biomedicine ffor best education.

9.    What is the main idea of paragraph the last paragraph?
A.    The help of iBL to get global competency
B.    International health institute as an infectious disease research expert.
C.    The expectation of Sanjeevini Pertiwi to work at international health institute.
D.    Sanjeevini Pertiwi works at international health institute as an infectious disease research expert.
E.    Sanjeevini Pertiwi works at international health institute as an infectious disease research supervisor.

10.    What is the social function of the advertisement?
A.    To inform reader about iBL educational institution
B.    To persuade readers to study at iBL educational institution.
C.    To describe the kinds of education at iBL educational institution
D.    To explain about the kinds of education at iBL educational institution
E.    To entertain the readers with the kinds of education at iBL educational institution


Text 3

Other cities packages:

4D3N Sydney Free and Easy
                                      From USD 210
4D3N Perth  Free and Easy
                                      From USD 279
    Fun About Gold Coast package

4D3N Gold Coast Free and Easy
Package includes: Hotel accommodation and return airport transfer on SIC basis. From USD 225
4D3N Ballooning and Nature
Highlights : crumbs in and paradise jet boating, hot air balloon ride, O’Reilly’s Vineyard Champagne breakfast.                   From USD 495

5D4N Dolphin, Sand and Fun
Highlights: Dolphin Feeding + Island Activities, Dreamworld + Whitewater + Sky Point Admission, Movie world.               From USD 579
Jakarta
Best Tour     : 021 260 1888
Monas Tour : 021 630 5642    Bogor
Jos Travel Bogor  : 0251 831 1885
Surabaya               : 031 563 3800
Taken from : Kompas Friday 17 April 2015

11.    What is being advertised?
A.    Holiday packages       
B.    Hotel accommodation
C.    Sydney Free and Easy
D.    Surf  right up to the doorstep
E.    O’Reilly’s Vineyard Champagne

12.    What activities can be enjoyed by customer with 5D4N Dolphin, Sand and Fun?
A.    Hotel accommodation and return airport transfer on SIC basis.
B.    Hotel accommodation and return airport transfer on SIC basis; surf  right up to the doorstep.
C.    Crumbs in and paradise jet boating, hot air balloon ride, O’Reilly’s Vineyard Champagne breakfast.
D.    Dolphin Feeding and Island Activities; Dream world; Whitewater; Sky Point Admission, and Movie world.
E.    Hotel accommodation and return airport transfer on SIC basis, Dolphin Feeding and Island Activities; Dream world; Whitewater; Sky Point Admission, and Movie world.

13.    “Where you can surf right up to the doorstep” What does the expression mean?
A.    You can surf by using door
B.    You can surf without opening the door
C.    You can surf on the right side of the door
D.    You can surf near the hotel where you stay
E.    Your surfing area is far from the hotel where you stay










Text 4
    VACANCY   
D1 –BP Fuel Crops is a fast growing Jatropha based Bio Fuel company. In line with our rapid expansion of operation activities, we are seeking suitable, qualified, talented, high achievers, and dynamic Indonesians that would like to grow with us to apply for the following position:

OPERATIONAL AUDIT OFFICER

Responsibilities:
•    Responsible for field audits of company’s plantation activities.
•    Propose recommendation for improvement in company’s operational and internal control procedures and process.
•    Management of casual and contract employees working in the operational  audit department.

Qualification
•    Minimum bachelor degree educated.
•    This position is for local resident.

Requirements
•    Minimum three years’ experience as Internal Auditor or Public Accounting Auditor or in an agronomy related position. Candidates with plantation audit experience will be particularly favored.
•    Successful candidate must be willing to travel throughout East Java extensively (90%)
•    Previous working with multinational company is an advantage
•    Having ability in reading, writing and verbal English
Send the application to RRoya@d1bpfuelcrops.com stating current salary and expected salary by March 9, 2014

14.    What does the text tell us about?
A.    BP Fuel Crop’s promotion
B.    BP Fuel Crop hires operational auditor’s officer
C.    BP Fuel Crop hires operational auditor’s officer
D.    BP Fuel Crop requires operational auditor’s officer
E.    BP Fuel Crop promotes its operational auditor’s officer.

15.    Why does the company put this ad?
A.    to invite bidders
B.    to organize new officer
C.    to promote the company
D.    to look for new operational auditor
E.    to show the responsibility of the new officer
16.    What is the scope of the work?
A.    Auditing company’s plantation, proposing improvement recommendation and managing employees.
B.    Suitable, qualified, talented, high achievers, and dynamic Indonesians that would like to grow with the company.
C.    Three years  experience as Internal Auditor or Public Accounting Auditor or in an agronomy related position.
D.    Previous working with multinational company is an advantage.
E.    Candidate must be willing to travel throughout East Java extensively (90%)

17.    What is the social function of the advertisement?
A.    To inform tell about  job vacancies at D1 –BP Fuel Crops
B.    To inform readers about  job vacancies at D1 –BP Fuel Crops
C.    To explain readers about  job vacancies at D1 –BP Fuel Crops
D.    To describe readers about  job vacancies at D1 –BP Fuel Crops
E.    To persuade readers to apply for job vacancies at D1 –BP Fuel Crops

Text 5

If you are a highly caliber person, We as a leading bank in China and has expanding its business in Indonesia, PT. Bank ICBC Indonesia is seeking for highly talented candidates.

BRANCH MANAGER –SURABAYA AREA
Your jobs and responsibilities are:
1.    To plan annual work and stipulate work target for every unit under his/her supervision and ensure the achievement of branches profit target.
2.    To develop and improve Bank’s image in business groups on regional government institution s as well as maintain and expand the network in order to support marketing activity for financial products/services.
3.    To control monthly expenses and approves expenses in order that expense budget according to the budget.

Qualification:
1.    Formal education : Bachelor’s Degree or above
2.    5 (five) years experience  in the same position
3.    Fluent in Bahasa Indonesia and English (verbal and Writing)
4.    Able to work under pressure
5.    Strong Communication

Application should be sent on/before February 22nd, 2014 with a recent photograph.

We apology that only short listed candidates will be notified and no telephone enquiries will be entertained.
Send your application to the address below
TCT-ICBC Tower Jl. MH Tamrin 81 32nd Floor Jakarta Pusat 10310

18.    What is the text about?
A.    A leading bank in China
B.    Branch manager  in Surabaya
C.    Jobs and responsibilities of new officers
D.    Vacancy of Branch manager  in Surabaya
E.    Qualification of Branch manager  in Surabaya

19.    Which is true about the qualification of the candidates?
A.    He/she must be able to write both Bahasa Indonesia and English
B.    He/she must be able to read both Bahasa Indonesia and English
C.    He/she must be able to read and write both Bahasa Indonesia and English
D.    He/she must be able to listen and write both Bahasa Indonesia and English
E.    He/she must be able to speak and write both Bahasa Indonesia and English

20.    To control monthly expenses and approves expenses in order that expense budget according to the budget
What does the double underlined expression mean?
A.    The cost is more than the budget.
B.    The cost is higher than the budget.
C.    The cost is greater than the budget.
D.    The cost is in accord with the budget
E.    The cost is more enormous than the budget

21.    “We apology that only short listed candidates will be notified and no telephone enquiries will be entertained”. What does the word notified mean?
A.    Inquiry
B.    Induced
C.    Informed
D.    Increased
E.    Entertained

Text 6
                    THE WINDS OF CHANGE

   
The Four Winds of Senayan, Jakarta’s most impressive and exclusive contemporary place to call home.
    Just a whisper away from the international cosmopolitan Senayan area, fine restaurants, a heart pounding night-life, and world-class shopping including top international and local fashion brands, top food stores abound, international schools surround.
MARKETING GALERY
Jalan Permata Hijau Raya no. 1
Jakarta 12210, Indonesia
Available for viewing by appointment only    021 - 9197  0077
021 - 9197  0088    www.fourwinds.co.id
info@fourwinds.co.id

Taken from Kompas, Friday 17 April 2015, page 16.
22.    What is the advertisement about?
A.    Apartments
B.    The four winds
C.    Marketing gallery
D.    The winds of change
E.    An international school.
23.    What is the advantage of the place in the text?
A.    Available for viewing.
B.    It is near some public places
C.    Jakarta’s most impressive and exclusive.
D.    Local fashion brands, top food stores abound, international schools surround.
E.    Senayan area, fine restaurants, a heart pounding night-life, and world-class shopping.

24.    “Just a whisper away from the international cosmopolitan Senayan area,…”What does the word a whisper away mean?
A.    Near
B.    Far away
C.    Murmuring
D.    Many people are whispering
E.    A man is whispering to his friend.

25.    If a customer would like to see the place, what should he do?
A.    Look at surround it.
B.    Make an appointment.
C.    Directly come to the place
D.    Browse at www.fourwinds.co.id
E.    Browse at info@fourwinds.co.id










Text 7
Th New Building Products for Builders and Renovators
HomeWorks is an innovative visualization tool that will change the way homeowners, contractors, and builders
plan their remodeling projects. HomeWorks lets you apply new BeautiTone paint colors, flooring, siding, roofing, windows, doors, and many other quality materials to actual photos of your customer’s homes. It includes over 2500 quality products to choose from. Take the guesswork out of home remodeling and see the full potential of your renovations BEFORE you lift a hammer! HomeWorks is available exclusively at Home Hardware Building Centre, Home Building Centre and Home Furniture Stores for only $24.97. Includes a $25.00 gift card offer on purchases over $ 450.00. For more information, contact Home Hardware www.homehardware.caMore Computer, Technology and Education.
Taken From https://www.google.co.id/search?q=

26.    What is the text about?
A.    An innovative visualization tool.
B.    Exclusively at Home Hardware Building Centre
C.    Home Building Centre and Home Furniture Stores.
D.    The New Building Products for Builders and Renovators.
E.    The way homeowners, contractors, and builders plan their remodeling projects.

27.    What is being advertised?
A.    Builders
B.    Contractors
C.    HomeWorks
D.    New building products
E.    Home remodeling designs.



28.    “HomeWorks is an innovative visualization tool that…”. The word innovative is the same meaning as …
A.    Creative
B.    new
C.    Incentive
D.    Preservative
E.    Collaborative

29.    “It includes over 2500 quality products to choose from”. What does the word it refer to?
A.    Builders
B.    Contractors
C.    HomeoWorks
D.    New building products
E.    Home remodeling designs.
Text 8
Give your back a break on the Carmichael Drum Throne
    Our patent pending seat design provides hours of comfort by relieving pressure to the spine, tailbone, prostate and other sensitive areas allowing you to rehearse, gig and record for longer periods of time and with more energy and comforts.
    After all, the most important part of the drum kit is YOU! Rock on in comfort and style on the Carmichael Drum Throne
Enjoy the benefits

“Thanks for a fantastic product that really works”
-Sean O’Rouke
 Drummer-Producer-Mixologist
ORDER NOW! @www.carmichaeldrumthrone.com

Taken  from https://id.images.search.yahoo.com/search/images  downloaded on April 19 2015







30.    What is being advertised?
A.    Drum
B.    Seat
C.    Energy
D.    Comforts
E.    The drum kit.

31.    What is the advantage of the product?
A.    It is a renewable product
B.    It is a fantastic product that really works.
C.    It is the most important part of the drum kit.
D.    It relieves pressure to the spine, tailbone, prostate and other sensitive areas.
E.    It can be resold to drummer and can be used for holding a concert.

32.    What can the user do by using the product?
A.    Play music by using drum stick.
B.    Hold a concert in a public place.
C.    Rehearse, gig and record for longer periods of time.
D.    Buy, use then resell the product for getting benefits
E.    Have more energy, play in a concert, and then resell the product.


Text 9
A is for Apple
It is the first thing you shoud know about personal computer.

Discover the special thrill of personal computing-with Apple. It is a home computer, a bussiness computer, a classroom computer, your computer. No wonders tens of thousand have already choosen Apple. Join the excitement in your local computer store. Call for the one nearest you. 800-538-9696.

Apple computer
10260 Bandley Drive Cupertino, CA 95014

Taken fromhttps://id.images.search.yahoo.com/search/images  downloaded on April 19 2015

33.    What is being advertised?
A.    Special thrill
B.    Apple fruit
C.    Computer
D.    An apple market
E.    A computer service.

34.    “Discover the special thrill of personal computing-with Apple” Which of the following words can replace the word thrill?
A.    Unusual
B.    Particular
C.    Excitement
D.    Individual
E.    Extraordinary

35.    “No wonders tens of thousand have already choosen Apple.” What does the word tens of thousand refer to?
A.    Apples
B.    Computers
C.    The Apple sellers
D.    The computer users
E.    The readers of the ads.

F.    Rangkuman
Berikut disajikan rangkuman atas materi iklan
1.    Iklan adalah sebuah gambar, film pendek, lagu dan sebagainya yang mempersuasi orang untuk membeli sebuah produk atau service. Iklan dapat dilakukan secara lisan dan tertulis.
2.    Iklan dapat berbentuk:
a.    gambar saja;
b.    kata kata berupa frasa atau kalimat;
c.    berbentuk gabungan antara gambar dan kata-kata.

3.    Berdasarkan peruntukan,
a.    iklan dapat untuk menyajikan hasil produk
b.    iklan dapat untuk menyajikan kegiatan atau event,
c.    iklan untuk menyajikan jasa
4.    Fungsi sosial untuk mempersuasi orang untuk membeli sebuah produk atau service; atau untuk melakukan suatu kegiatan 
5.    Unsur kebahasaan
a.    Ungkapan dan kosa kata yang lazim digunakan iklan barang, jasa, dan kegiatan (event) di media massa
b.    Penggunaan nominal singular dan plural secara tepat, dengan atau tanpa a, the, this, those, my, their, dsbdalam frasa nominal.
c.    Ucapan, tekanan kata, intonasi
d.    Ejaan dan tanda baca
6.    Struktur teks dalam pembuatan iklan berupa adanya informasi rinci dan informasi tertentu tentang produk, jasa atau kegiatan yang diiklankan.

G.    Umpan Balik
Periksalah pekerjaan Anda, beri skor masing-masing sesuai pedoman  
penilaian sebagai berikut ini.
No Soal    Skor    Nilai
1    Skor maksimal 10   
2    Skor Maksimal 10   
3    Skor maksimal 10   
    Skor Maksimal 30    Nilai
Cocokan jawaban di atas dengan kunci jawaban yang ada di bagian akhir modul ini. Ukurlah tingkat penguasaan materi kegiatan belajar 1 dengan menjumlahkan jumlah skor.
Skor latihan     1     = 3x 10 = 30
Skor latihan     2     = 2 x 35 = 70
           Jumlah                       100        

Arti tingkat penguasaan yang diperoleh adalah :
Baik sekali         =    90 – 100 %
Baik         =    80 – 89 %
Cukup        =    70 – 79 %
Kurang         =    0 – 69 %

Bila tingkat penguasan mencapai 80 % ke atas, silahkan melanjutkan ke Kegiatan Belajar berikutnya. Bagus. Namun bila tingkat penguasaan masih di bawah 80 % harus mengulangi belajar terutama pada bagian yang belum dikuasai.

H. Kunci Jawaban
I.    a.    Jawaban yang sesuai dengan situasi yang telah ditentukan     diperbolehkan
b.    Jawaban yang sesuai dengan situasi yang telah ditentukan     diperbolehkan
c.    Jawaban yang sesuai dengan situasi yang telah ditentukan     diperbolehkan

II.    Pilihan Ganda
1    E    11    A    21    C    31    D
2    A    12    D    22    A    32    C
3    D    13    D    23    B    33    C
4    A    14    D    24    A    34    C
5    C    15    D    25    B    35    D
6    D    16    A    26    D       
7    C    17    E    27    D       
8    B    18    D    28    A       
9    C    19    E    29    C       
10    B    20    D    30    B       



Kegiatan Pembelajaran 4
Advertisement Text 3

A.    Tujuan
Setelah menyelesaikan Kegiatan Pembelajaran ini maka peserta didik akan mampu:
1.    Menentukan gambaran umum teks tertulis fungsional pendek berbentuk advertisement
2.    Menentukan informasi rinci teks tertulis fungsional pendek berbentuk advertisement
3.    Menentukan tujuan komunikatif teks tertulis fungsional pendek berbentuk advertisement
4.    Menentukan teks berbentuk advertisement yang tepat sesuai konteks yang diberikan

B.    Indikator Pencapaian Kompetensi
1.    Disajikan teks tertulis fungsional pendek berbentuk advertisement, gambaran umum teks dapat ditentukan dengan benar
2.    Disajikan teks tertulis fungsional pendek berbentuk advertisement, informasi rinci dari teks tertulis dapat ditentukan dengan benar
3.    Disajikan teks tertulis fungsional pendek berbentuk advertisement, tujuan komunikatif dapat ditentukan dengan benar
4.    Disajikan kondisi/konteks tertentu terkait dengan teks tertulis fungsional pendek berbentuk advertisement, dapat ditentukan dan diciptakan dengan tepat sesuai konteks yang diberikan

C.    Uraian Materi
Advertisement is a public announcement in a newspaper, television, or internet advertising something such as a product for sale, services offered or an event. According to many experts, advertisement is a public announcement commonly found in a newspaper, television, or internet advertising. Sometimes it is about a product, services, or an event for sale. Below is the generic structure:
•    Purpose (contains the writer purpose in composing the text)
•    Name of product (contains name and brand, what product, service, or events to sell)
•    User (contains who need the product, what are the product and service for)

Gambar 16 Sumber : www.galaxytours.com
The above example is about a product to sell. Do you know what is the product? Yes, it is about a travel agent service to New Zealand. 
Gambar 17 Sumber :www.hkngtbk.com
The second example is about training service.

Sumber :The third example is about selling a space. It is an office suite.
Gambar 18 Sumber : www.adforoffice.com
There are several ways to deliver the material to students, such as:
•    In the beginning of the meeting, teacher directs students to aware about the advertisement in their daily life.
•    Teacher shows the example of advertisement, whether in the slide show or real example from magazine or newspaper.
•    Students are asked to observe the example and teacher explain the material concern to advertisement text.
•    Students are given several question concern to the material.
•    Students are given tasks and tests concern to the material.
•    Teacher held a discussion forum to know the students’ comprehension concern to the material.
•    Students are given a project concern to the material.

D.    Aktivitas Pembelajaran
1.    Membaca dan memahami materi.
2.    Berdiskusi mengenai materi

E.    Latihan/Kasus/Tugas
Latihan
Answer the question correctly.
The text is for question no 1 – 3.
Sylla Pizza
Authentic Italian Pizza by True-blue Neapolitan Chef
A cozy little restaurant with creamy sand-colored walls, deep-toned wood counters and furnishings and natural grey stone.
Food and Beverage :
Italian Cuisine
Italian Pizza and Pasta
Various Kinds of juice
•Best Italian Wine
Business Hour Details :
Sunday to Thursday    : 11.30 AM to 2.30 PM
Friday to Saturday       : 11.30 AM to 5.30 PM

Address :
30 Robertson Quay Riverside View
#01-14 Singapore 277798
Tel :  +659484938

Gambar 19 Sumber : www.slideshare.net
1.    What does Sylla Pizza offer?
a.    Pizza
b.    Biscuit
c.    Wine
d.    Food and drink

2.     “Authentic Italian Pizza by True-blue Neapolitan Chef.” What does the underlined word mean?
a.    A special cook
b.    An original recipe
c.    A professional cook
d.    A diner waitress

3.    When does Sylla Pizza open?
a.    Everyday
b.    Six days in a week
c.    Five days in a week
d.    Three days in a week







The text is for question no 4 – 6.
KUSUMA HOTEL
Resort & Convention
A hotel with cottages and high rise building built on 17 ha, consist of 103 standard and 49 luxurious rooms.
A hotel, mixing business with pleasure, you can go fishing, jogging cycling, play volleyball, enjoy our tennis court (2 lines), billiard, badminton, fitness, soccer stadium, karaoke, children playground, horse-back riding around the hotel, and swim in Teratai swimming pool, enjoy apple, orange and strawberry plantation.
Direct Reservation :
Jalan Abdul Gani Atas, Phone (0341) 4573467647
Fax. (0143) 564-765
Gambar 20 Sumber : www.tripadvisor.co.id
4.    How many rooms does Kusuma Hotel have?
a.    103 rooms
b.    152 rooms
c.    49 rooms
d.    17 rooms
5.    Where can the guest go swimming?
a.    At the fitness centre
b.    At the cottage
c.    In Teratai Swimming pool
d.    At the plantation area
6.    What fruit plantation is there around the hotel?
a.    Apple, orange, and strawberry
b.    Guava, apple, and orange
c.    Cherry, apple, and orange
d.    Guava, cherry, apple

The text is for question no 7 – 8.
LOVATO Stationery
Come and get the best items we have:
Books, pens, pencils, school bags, erasers,
Various kinds of rulers, etc.

All of them are of export quality. Some items are produced in limited edition so your are not going to find them in other stores.
Grand Opening :
21st  June 2010
Gambar 21 Sumber : www.cafepress.com

7.    Which stationeries are not mentioned in the text?
a.    Books
b.    Pens
c.    Rulers
d.    Glues

8.    What can the customers get if they visit LOVATO on June 21st?
a.    Discount
b.    Special gifts
c.    Special export products
d.    Door prizes and discount







The text is for question no 9 – 10.
Do you have problems in English?
Do you want to speak English fluently, but you don’t have much time?
Just go to :
INTEGRATED LANGUAGE COURSE (ILC)
You will be able to speak just after three months learning.
ILC is at Parang,
Barong Square no.27
Tlogosari Housing Area
Phone. 024-7543553
Gambar 22 Sumber : www.slideshare.net

9.    What is the text about?
a.    An advertisement
b.    A job vacancy
c.    An application letter
d.    A greeting card

10.    According to the advertisement, how long do you need to be able to speak English?
a.    A month
b.    Two months
c.    Three parts
d.    Twelve weeks




Tugas
Make an advertisement text concern to the following situations:
•    Promote your home made restaurant cuisine
•    Sell your house
•    Find out an employee for your company
•    Make 5 multiple choice tests item for each text and discuss the result it to your senior at school. Do some note taking if necessary.

F.    Rangkuman
Advertisement is a public announcement in a newspaper, television, or internet advertising something such as a product for sale, services offered or an event. According to many experts, advertisement is a public announcement commonly found in a newspaper, television, or internet advertising. Sometimes it is about a product, services, or an event for sale. Below is the generic structure:
•    Purpose (contains the writer purpose in composing the text)
•    Name of product (contains name and brand, what product, service, or events to sell)
•    User (contains who need the product, what are the product and service for)

G.    Umpan Balik dan Tidak Lanjut
Untuk menguasai materi berupa teks advertisement, diperlukan latihan dalam membuat teks advertisement dalam berbagai jenis penawaran  barang/jasa yang di promosikan. Usahakan teks advertisement yang anda buat memenuhi ketentuan pembuatan teks advertisement. Namun untuk memberikan contoh pada anak didik, anda perlu mengajak mereka untuk mencari sumber yang authentic yang bisa diperoleh dari sumber yang layak dan terpercaya.




H.    Kunci Jawaban

1.    D
2.    C
3.    A
4.    B
5.    C
6.    A
7.    D
8.    D
9.    A
10.    D

PENUTUP
Anda telah berhasil menyelesaikan tugas membaca dan memahami materi yang disajikan di modul Short Functional Text III Bahasa Inggris SMP ini. Pengetahuan, keterampilan yang didapat hendaknya bisa dipraktikkan dalam menunaikan tugas melaksanakan pembelajaran sehari-hari. Di atas langit masih ada langit adalah ungkapan yang tepat agar kita tidak mudah puas akan sebuah prestasi. Selalu meningkatkan kualitas diri adalah hal bijaksana agar kita bisa terus untuk memberikan karya prestasi yang maksimal.




DAFTAR PUSTAKA

Agustien, H.I.R. 2004. Landasan Filosofis Teoritis Pendidikan Bahasa Inggris. Jakarta: Dirjend Dikdasmen Depdiknas.
Anna Claybourne, Introdution to genes 7 DNA, London, Us borne Publishing Ltd, 2003
Anne Seaton,Y. H. Mew, 2007. Basic English Grammar, Saddleback Educational Publishing
Bond, Alan,  2005. 300+ Successful Business Letters for All Occasions, USA.
Boon, R. 2005. Remdiation of Reading, Spelling, and Comprehension. Sydney: Harris Park
Brown, H.D. 2004. Language Assessment: Principles and Classroom Practices. New York: Pearson Education Inc.
Djuhari, Otong Setiawan. Communicative and interactive English for the second grade of Junior High School. Kelas VIII
Emilia, Emi. 2011. Pendekatan Genre Based Dalam Pengajaran Bahasa Inggris: Petunjuk untuk Guru. Bandung: Rizqi press.
Fathur Rohim, 2011, Critical Thinking. Ministry of National Education Center for Development and Empowerment of Language Teachers and Educational Personnel.
Finoza, L. 1991. Aneka Surat Sekretaris dan Surat Bisnis Indonesia. Jakarta
Halliday, M.A.K. 1985a/1994. An Introduction to Functional Grammar. London:Edward Arnold.
Hopkins, D. 1993. A Teacher Guide to Classroom Research. Philadelpia: Open University Press.
Knowles, J.G dan Coe. A.L., 1994. Teacher Educators Reflecting on Writing in Practice dalam  Russell, T. dan Korthagen, F (Ed.) Teachers who Teach Teacher: Reflections on Teacher Education (71-94). Ontario: Routledge.
Linda Gerot, Peter Wignell. 1994. Making Sense Of Functional Grammar. An Introductory Workbook: Antipodean Educational Enterprises.
Marjo. 2000. Surat-surat Lengkap (complete letters). Jakarta: Setia Kawan,
Mullis, 1983; Gardner, 1983; Action for Excellence, 1983.
O’Malley, J. Michael, and Lorraine Valdez Pierce. Authentic Assessment for English Language Learning: Practical Approaches for Teachers.New York: Addison-Wesley Publishing, 1996
Oshima, A. Hogue A. 1997. Introduction to Academic Writing, Second Edition (The Longman Academic Writing Series).Addison Wesley Publishing Company
Osterman, K.F. & Kottkamp, R.B. 2004. Reflective Practice for Educators: Improvin Schooling Through Profesional Development. California: Corwin Press, Inc.
Suhanda, Panji. 1978. Dasar-Dasar Korespondensi Niaga Bahasa Indonesia. Jakarta: Karya Utama
Tarigan H. G. 1986. Menulis. Bandung : Angkasa



DAFTAR REFERENSI ONLINE
http://contohsuratindonesia.com/pengertian-surat-resmi-lengkap-fungsi-jenis-dan-ciri-ciri
http://e-englishlab.blogspot.co.id/2011/01/short-functional-text-notices.html downloaded on September 29, 2015
http://englishschoolcourse.blogspot.co.id/2012/10/soal-soal-kompetensi-modal.html
http://id4.ilovetranslation.com/wFNk6Ez7htv=d
http://ieltstoeflcenter.com/index.php/2015-02-03-12-36-30/2015-02-25-07-14-57/ielts/20-2015-03-08-07-24-12/64-letter-writing
http://justlettertemplates.com/what-is-a-formal-letter.html
http://missiontotransition.blogspot.co.id/2013/04/critical-thinking-definitions-vagueness.html
http://web.stanford.edu/group/cslipublications/cslipublications/bromberger-corpus/Vagueness-Ambiguity.pdf
http://www.academia.edu/8944202/Penyusunan_LangkahLangkah_Pembelajaran
http://www.caramudahbelajarbahasainggris.net/2014/04/pengertian-jenis-dan-contoh-adjective-phrase-dalam-bahasa-inggris.html
http://www.esl-lab.com/radio/radiosc1.htm Listening script
http://www.etsglobal.org/Fr/Fre/Tests-et-preparation/Les-tests-TOEIC/Exemples-de-test/Exemple-de-test-TOEIC-Listening-and-Reading
http://www.etweb.fju.edu.tw/yueh/toeic/practice/part7/part7.htm
http://www.helium.com/items/815690-cell-phones-ban-in-high-schoolsCreated on: January 23, 2008
http://www.inggrisindonesiaku.com/2015/03/35-contoh-iklan-dalam-bahasa-inggris.html
http://www.language-worksheets.com/support-files/elementarysubjectpronounsandpossessiveadjectivesexercises.pdf.
http://www.ln.edu.hk/eng/rhetoric/Paragraph


Dengan adanya informasi yang kami sajikan tentang  contoh iklan bahasa inggris beserta gambar 

, harapan kami semoga anda dapat terbantu dan menjadi sebuah rujukan anda. Atau juga anda bisa melihat referensi lain kami juga yang lain dimana tidak kalah bagusnya tentang Mengenal Six Sigma Secara Sederhana 
. Sekian dan kami ucapkan terima kasih atas kunjungannya.


buka contoh marketing : https://imadesujana.files.wordpress.com/.../bahasa-inggris_smp_kk...

No comments:

Post a Comment