RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER
RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER |
contoh iklan dalam bahasa inggris - PROGRAM STUDI SASTRA– UNIVERSITAS GUNADARMA
Tanggal Penyusunan 06/09/2016 Tanggal revisi -
Kode dan Nama MK IT061247 Penulisan Bahasa Iklan
SKS dan Semester SKS 2 Semester (PTA)
Prasyarat -
Status Mata Kuliah [√] Wajib [... ] Pilihan
Dosen Pengampu -
Capaian Pembelajaran
Mata Kuliah Sikap 1. Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius.
2. Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika.
3. Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila.
4. Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggung jawab pada negara dan bangsa.
5. Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain.
- contoh iklan shampo bahasa inggris 6. Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan.
7. Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara.
8. Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik.
9. Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri.
10. Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan.
Ketrampilan Umum 1. Mampu menguasai dan menerapkan kaidah-kaidah Bahasa Inggris dengan baik dan menggunakan ketrampilan berbahasa yaitu menyimak, berbicara, membaca dan menulis dalam bahasa Inggris sehingga mampu mendokumentasikan dan menyimpan data serta menunjukkan kinerja yang mandiri, bermutu dan terukur serta menunjukkan sikap yang bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri.
- contoh iklan hp dalam bahasa inggris2. Mampu membuat dan mengelola usaha mandiri dan komersial di sektor jasa yang terkaitdengankebahasaandengan menerapkan tata kelola usaha yang baik, etika bisnis, berbasis teknologi informasi, serta peduli pada pemberdayaan masyakarat danlingkungan sekitar lokasi usahanya sehingga dapat mendukung penciptaan lapangan kerja dalam lingkup usaha rintisan atau usaha skala kecil dan menengah
Pengetahuan Mampu menguasai keilmuan tentang bahasa, sastra, budaya, dan mampu mengaktualisasikannya di bidang yang ditekuni dalam kehidupan bermasyarakat, serta terampil berbahasa inggris lisan dan tulisan.
Ketrampilan Khusus Mahasiswa dapat diharapkan membuat iklan dengan bahasa yang menjual namun tetap berterima di masyarakat.
Deskripsi Umum (Silabus) 1. Definisi dan ruang lingkup Iklan media massa, Beberapa Istilah Periklanan, Macam-macam bentuk iklan di media massa, Sejarah Iklan Media massa di Indonesia, Akar kajian, Analisis bahasa iklan, dari segi error analysis, Analisis bahasa iklan dari segi majas, Pengertian dan definisi symbol dalam iklan, Iconographic, Keluarga Huruf Serif dan Sanserif, Penggunaan Tipografi dalam Iklan, Bahasa Iklan, Teknik Penulisan Headline, Macam-Macam Headline,Teknik Penulisan Sub-Headline, Teknik Penulisan Body Copy, Pendekatan Penyampaian Iklan.
- iklan sepatu dalam bahasa inggris
Metode Pembelajaran 1. Ceramah/Kuliah Pakar √ 5. Praktik Laboratorium .....
2. Problem Based Learning/FBD ..... 6. Self-Learning (V-Class) √
3. Project Based Learning √ 7. Lainnya ….
4. Diskusi √
Pengalaman Belajar/Tugas a. Tayangan Presentasi √ c. Online exercise/kuiz (V-class) √
b. Review textbook/Jurnal √ d. Laporan √
Referensi 1. Hahn, Fred E. dan Kenneth G. Mangun. 2002. Do-it-Yourself Advertising & Promotion. Alih bahasa: JJ Waskito. Jakarta: Penerbit PT Grasindo - iklan bahasa inggris bergambar
2. Morissan. 2010. Periklanan, Komunikasi Pemasaran Terpadu. Jakarta: Kencana Prenada Media Group
3. Lee, Monle dan Carla Johnson. 2004. Prinsip-Prinsip Pokok Periklanan dalam Perspektif Global. Penerjemah: Haris Munandar & Dudy Priatna. Jakarta: Prenada Media
4. Jaiz, Muhammad. 2014. Dasar-Dasar Periklanan. Yogyakarta: Graha Ilmu.
5. Nuradi, dkk. 1996. Kamus Istilah Periklanan Indonesia. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama
6. Widyatama, Rendra. 2011. Teknik Menulis Naskah Iklan agar Tepat Kena Sasaran. Yogyakarta: Cakrawala
7. Agustrijanto. 2002. Copywriting. Bandung: Remaja Rosdakarya
8. Santosa, Sigit. 2002. Advertising Guide Book. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
9. Widyatama, Rendra. 2007. Pengantar Periklanan. Yogyakarta: Pustaka Book Publisher.
10. Tinarbuko, Sumbo. 2008. Semiotika Komunikasi Visual. Yogyakarta: Jalasutra
- contoh iklan produk dalam bahasa inggris beserta gambarnya
Minggu Kemampuan Akhir yang Diharapkan Bahan Kajian (Materi Pelajaran) Metode / Bentuk Pembelajaran Waktu Belajar (Menit) Kriteria Penilaian (Indikator) Bobot Nilai (%) Sumber Belajar
1. Mahasiswa mampu menjelaskan definisi dan ruang lingkup iklan di media massa
1. Sub materi: Definisi dan ruang lingkup Iklan media massa, Beberapa Istilah Periklanan, Macam-macam bentuk iklan di media massa 1, 4 2 x 170 menit Partisipasi mahasiswa, partisipasi dapat berupa pendapat, saran, pertanyaan/jawaban terkait dengan materi perkuliahan 5 % 1,4,5,9
2. Mahasiswa mampu menjelaskan filosofi, sejarah, dan akar kajian iklan media massa
1. Sejarah Iklan Media massa di Indonesia, Akar kajian
2. Bawa contoh iklan dari media massa untuk pertemuan selanjutnya (Koran) 1,4 2 x 170 menit Partisipasi mahasiswa, partisipasi dapat berupa pendapat, saran, pertanyaan/jawaban terkait dengan materi perkuliahan 5 % 4,6,8,9
3. Mahasiswa mampu menganalisa bahasa iklan, dilihat dari segi error analysis 1. Analisis bahasa iklan, dari segi error analysis
2. Membahas contoh iklan yang dibawa oleh mahasiswa
3. Bawa contoh iklan dari media massa untuk pertemuan selanjutnya (kutipan dari tv atau radio) 1,4
2 x 170 menit Partisipasi mahasiswa, partisipasi dapat berupa pendapat, saran, pertanyaan/jawaban terkait dengan materi perkuliahan 5 % 5,6,9
4. Mahasiswa mampu menganalisa bahasa iklan dari segi majas (hiperbola dsb..) 1. Analisis bahasa iklan dari segi majas.
2. Analisis bahasa iklan dari contoh iklan (tv/radio) yang sudah dibawa oleh mahasiswa
3. Bawa contoh iklan (online/spanduk/baliho(berupa foto)) untuk pertemuan selanjutnya 1,4 2 x 170 menit Partisipasi mahasiswa, partisipasi dapat berupa pendapat, saran, pertanyaan/jawaban terkait dengan materi perkuliahan 10 % 3,6,10
5. Mahasiswa mampu memahami symbol-simbol dalam iklan 1. Pengertian dan definisi symbol dalam iklan
2. Menganalisis symbol dalam iklan dari contoh iklan yang dibawa oleh mahasiswa
1,4
2 x 170 menit Partisipasi mahasiswa, partisipasi dapat berupa pendapat, saran, pertanyaan/jawaban terkait dengan materi perkuliahan 5 % 6,8,9,10
6. Mahasiswa mampu memahami dan menjelaskan definisi slogan dalam iklan
1. Pengertian dan definisi slogan dalam iklan
2. Makna slogan dalam iklan 1,4
2 x 170 menit Partisipasi mahasiswa, partisipasi dapat berupa pendapat, saran, pertanyaan/jawaban terkait dengan materi perkuliahan. Tugas pembuatan Makalah 5 % 6,8,9,10
7. Mahasiswa mampu menjelaskan dan memahami pengertian dan definisi Iconographic 1. Menjelaskan pengertiandan definisi dari Iconographic
2. Tugas membawa contoh iklan media massa untuk pertemuan selanjutnya 1, 4
2 x 170 menit Partisipasi mahasiswa, partisipasi dapat berupa pendapat, saran, pertanyaan/jawaban terkait dengan materi perkuliahan 5 % 1,8
8. Mahasiswa mampu menganalisis sebuah iklan melalui pendekatan iconography Menganalisis iklan melalui pendekatan Iconography 1,4
2 x 170 menit Partisipasi mahasiswa, partisipasi dapat berupa pendapat, saran, pertanyaan/jawaban terkait dengan materi perkuliahan. Tugas membuat tulisan tentang stratifikasi sosial 10 % 1,8
9. Mahasiswa memahami definisi dari keluarga huruf serif dan sanserif serta mampu menggunakan tipografi dalam iklan Definsi dan penjelasan Keluarga Huruf Serif dan Sanserif, Penggunaan Tipografi dalam Iklan
1, 4
2 x 170 menit Partisipasi Mahasiswa, Kuis 10 % 1,2,3,8
10. 1. Review materi
2. Pemberian tugas perkelompok (dibagi menjadi 5 kelompok) membuat iklan produk, video di unggah di youtube 1,4 Pengumpulan tugas dan diskusi
11. UJIAN TENGAH SEMESTER
12. Mahasiswa mampu menjelaskan tugas kelompok mereka Pembahasan tugas perkelompok. Kelompok 1-3 4 2 x 170 menit Partisipasi mahasiswa, partisipasi dapat berupa pendapat, saran, pertanyaan/jawaban terkait dengan materi perkuliahan 10 % 1
13. Mahasiswa mampu menjelaskan tugas kelompok mereka Pembahasan tugas perkelompok. Kelompok 4-5 4
2 x 170 menit Partisipasi Mahasiswa, Vclass 5 % 1
14. 1. Mahasiswa mampu menuliskan headline iklan media cetak yang baikl
2. Mahasiswa mampu menuliskan body-copy dalam copywriting iklan media cetak 2. Bahasa Iklan, Teknik Penulisan Headline, Macam-Macam Headline
3. Teknik Penulisan Sub-Headline, Teknik Penulisan Body Copy, Pendekatan Penyampaian Iklan. 1,4 2 x 170 menit Partisipasi Mahasiswa, V-Class 5 % 7,8
15. Mahasiswa mampu memahami dan mejelaskan kembali materi yang telah diterima.
Review (Pembahasan Mendalam)
1. Menjelaskan kembali materi yang telah disampaikan 1,4 2 x 170 menit Partisipasi Mahasiswa,V-Class 5 % 1
16. UJIAN AKHIR SEMESTER
FORMAT RANCANGAN TUGAS 1
Nama Mata Kuliah : Penulisan Bahasa iklan SKS : 2
Program Studi : Sastra Inggris Pertemuan ke : 12
Fakultas : Sastra
A. TUJUAN TUGAS :
1. Membuat iklan produk
2. video diunggah ke youtube,
B. URAIAN TUGAS :
a. Obyek Garapan
Video
b. Metode atau Cara pengerjaan
Buat kelompok, perkelompok masing-masing 3-4 orang
Tentukan produk yang ingin di iklankan
Dengan kreatifitas mahasiswa, video shooting untuk iklan produk tersebut menggunakan bahasa inggris
Unggah ke youtube
Video ditampilkan di depan kelas dan dijelaskan
c. Deskripsi Luaran tugas yang dihasilkan :
Tayangan video maksimal 1 menit saja.
C. KRITERIA PENILAIAN (5 %)
Kreatifitas mahasiswa
Kejelasa suara
Daya tarik iklan
- contoh iklan dalam bahasa inggris dan gambarnya
GRADING SCHEME COMPETENCE
KRITERIA 1 : Kelengkapan isi rangkuman
DIMENSI Sangat Memuaskan Memuaskan Batas Kurang Memuaskan Di bawah standard SKOR
Kelengkapan konsep Lengkap dan terpadu Lengkap Masih kurang beberapa aspek yang belum terungkap Hanya menunjukkan sebagian konsep saja Tidak ada konsep 2
contoh iklan makanan dalam bahasa inggris
KRITERIA 2 : Kebenaran isi rangkuman
DIMENSI Sangat Memuaskan Memuaskan Batas Kurang Memuaskan Di bawah standard SKOR
Kebenaran konsep Diungkapkan dengan tepat, terdapat aspek penting, analisis dan membantu memahami konsep Diungkap dengan tepat tetapi deskriptif Sebagian besar konsep sudah terungkap, namun masih ada yang terlewatkan Kurang dapat mengungkapkan aspek penting, melebihi halaman, tidak ada proses merangkum hanya mencontoh Tidak ada konsep yang disajikan 2
- contoh iklan baju dalam bahasa inggris
KRITERIA 3 : Daya tarik komunikasi/presentasi
KRITERIA 3a : Komunikasi tertulis
DIMENSI Sangat Memuaskan Memuaskan Batas Kurang Memuaskan Di bawah standard SKOR
Bahasa Paper Bahasa menggugah pembaca untuk mencari tahu konsep lebih dalam Bahasa menambah informasi pembaca Bahasa deskriptif, tidak terlalu menambah pengetahuan Informasi dan data yang disampaikan tidak menarik dan membingungkan Tidak ada hasil 1
Kerapian Paper Paper dibuat dengan sangat menarik dan menggugah semangat membaca Paper cukup menarik, walau tidak terlalu mengundang Dijilid biasa Dijilid namun kurang rapi Tidak ada hasil 1
KRITERIA 3b : Komunikasi lisan
DIMENSI Sangat Memuaskan Memuaskan Batas Kurang Memuaskan Di bawah standard SKOR
Isi Memberi inspirasi pendengar untuk mencari lebih dalam Menambah wawasan Pembaca masih harus menambah lagi informasi dari beberapa sumber Informasi yang disampaikan tidak menambah wawasan bagi pendengarnya Informasi yang disampaikan menyesatkan atau salah 2
Organisasi Sangat runtut dan integratif sehingga pendengar dapat mengkompilasi isi dengan baik Cukup runtut dan memberi data pendukung fakta yang disampaikan Tidak didukung data, namun menyampaikan informasi yang benar Informasi yang disampaikan tidak ada dasarnya Tidak mau presentasi 1
Gaya Presentasi Menggugah semangat pendengar Membuat pendengar paham, hanya sesekali saja memandang catatan Lebih banyak membaca catatan
Selalu membaca catatan (tergantung pada catatan) Tidak berbunyi 1
Dengan adanya informasi yang kami sajikan tentang contoh iklan dalam bahasa inggris
, harapan kami semoga anda dapat terbantu dan menjadi sebuah rujukan anda. Atau juga
anda bisa melihat referensi lain kami juga yang lain dimana tidak kalah bagusnya tentang STRATEGI PERIKLANAN-1
. Sekian dan kami ucapkan terima kasih atas kunjungannya.
buka contoh marketing : sap.gunadarma.ac.id/upload/IT-061247
No comments:
Post a Comment