MODUL PERKULIAHAN




MODUL PERKULIAHAN

buzz marketing, guerilla marketing, integrated marketing, integrated marketing communications, marketing, marketing mix, marketing news, niche marketing, sports marketing, word of mouth marketing
 MODUL PERKULIAHAN





daftar slogan iklan - Etika Periklanan



Modul mata kuliah Etika Periklanan, semester ganjil 2013-2014
  - slogan iklan pepsodent
Fakultas
Program Studi
Tatap Muka
Kode MK
Disusun Oleh


Fakultas Ilmu Komunikasi
Advertising & Marketing Communications
06

Nindyta Aisyah, S.Ikom., M.Si

- slogan iklan bahasa inggris

Abstrak
Kompetensi


Modul ini dipergunakan dalam perkuliahan Etika Periklanan, pertemuan 6, semester ganjil 2013-2014. Pokok bahasan dalam modul ini mencakup: Pasal-pasal dalam kitab EPI Bab III A, butir 1.19 sampai dengan 1.27 dan diskusi kasus-kasus.


- slogan iklan aqua


Mahasiswa dapat memahami pasal-pasal dalam kitab EPI Bab III A, butir 1.19 sampai dengan 1.27 dan dapat menganalisa pelanggaran iklan pada berdasarkan butir-butir tersebut.
Vitazone sebenarnya dapat dengan mudah melakukan perbandingan dengan fokus pada ada atau tidaknya bahan pengawet dengan (misalnya) menampilkan daftar isi dari botol Vitazone yang dibandingkan dengan daftar isi dari produk pesaingnya. Bila hal ini dilakukan, sebenarnya tidak akan bertentangan dengan EPI.

Contoh yang lain di bawah ini adalah suatu iklan produk permen lolipop Milkita yang membandingkan kandungan yang ada pada produk itu dengan produk susu. Dalam iklannya, tersebut pernyataan bahwa: “Dua lolipop Milkita sama dengan segelas susu”. Perhatikan kata “sama dengan” yang diperkuat dengan visual tanda “ = “ pada iklannya.

- slogan makanan tradisional
Pernyataan tersebut sangat berbahaya bagi konsumen dan sangat tidak tepat karena sebenarnya produk permen lolipop tersebut tidaklah dibuat 100% dari bahan susu. Dalam penyelidikan selanjutnya, pihak pengiklan hanya dapat berargumen bahwa kandungan kalsium pada 2 lolipop Milkita sama dengan kandungan kalsium pada segelas susu. Badan Pengawas Periklanan tetap menyarankan agar iklan ini tidak ditayangkan karena dalam satu gelas susu isinya tidaklah hanya sekedar kalsium, tapi banyak kandungan gizi, mineral dan vitamin lainnya yang tidak terdapat pada permen lolipop Milkita.
EPI Bab III.A. – 1.20. Perbandingan Harga
Hanya dapat dilakukan terhadap efisiensi dan kemanfaatan penggunaan produk, dan harus disertai dengan penjelasan atau penalaran yang memadai.
- slogan iklan beng beng
Butir ini ingin menyatakan bahwa suatu iklan dari suatu produk bisa saja menyatakan bahwa produknya lebih murah daripada produk sejenis lainnya karena (misalnya): a) mengandung EPI Bab III.A. – 1.22. Peniruan
1.22.1.    Iklan tidak boleh dengan sengaja meniru iklan produk pesaing sedemikian rupa     sehingga dapat merendahkan produk pesaing, ataupun menyesatkan atau     membingungkan khalayak. Peniruan tersebut meliputi baik ide dasar, konsep     atau alur cerita, setting, komposisi musik maupun eksekusi. Dalam pengertian     eksekusi termasuk model, kemasan, bentuk merek, logo, judul atau subjudul,     slogan, komposisi huruf dan gambar, komposisi musik baik melodi maupun     lirik, ikon atau atribut khas lain, dan properti.
1.22.2.    Iklan tidak boleh meniru ikon atau atribut khas yang telah lebih dulu digunakan     oleh sesuatu iklan produk pesaing dan masih digunakan hingga kurun dua     tahun terakhir.
- slogan iklan pocari sweat
Untuk butir 1.22.1, BPP belum mempunyai kasus yang dapat dibahas di sini. Dapat diasumsikan di sini bahwa industri periklanan menyadari bahwa suatu iklan yang dibuat dengan cara meniru iklan produk pesaing tidaklah akan efektif dan akan mengundang kontroversi yang hebat.
- slogan susu ultra milk
Dalam butir 1.22.2, yang dimaksud dengan ikon atau atribut khas adalah (misalnya) suatu jargon yang digunakan dalam satu iklan, cara menyibakkan rambut, atau gerakan-gerakan khas tertentu dari bagian tubuh.



Contoh iklan biskuit Mio Topping di atas menampilkan seorang tokoh anak laki-laki yang beberapa bulan sebelumnya telah digunakan sebagai model iklan untuk produk sejenis yaitu Gary Chocolate. Pada iklan ini, anak laki-laki tersebut menggerakkan tangan kirinya (seperti membentuk huruf “V”) dan mengucakan kata “lanjut”. Gerakan tangan dan kata “lanjut” tersebut juga muncul/digunakan pada iklan Gary Chocolate tersebut. Pihak Gary Chocolate

slogan iklan lucu
 Dengan adanya informasi yang kami sajikan tentang  daftar slogan iklan

, harapan kami semoga anda dapat terbantu dan menjadi sebuah rujukan anda. Atau juga anda bisa melihat referensi lain kami juga yang lain dimana tidak kalah bagusnya tentang Berbagai macam slogan iklan berbagai merk rokok: 

. Sekian dan kami ucapkan terima kasih atas kunjungannya.


buka contoh marketing : modul.mercubuana.ac.id/.../Periklanan%20dan%20Komunikasi%2...

No comments:

Post a Comment