PENILAIAN PENGGUNAAN BAHASA INDONESIA PADA MEDIA MASSA CETAK


PENILAIAN PENGGUNAAN BAHASA INDONESIA PADA MEDIA MASSA CETAK

buzz marketing, guerilla marketing, integrated marketing, integrated marketing communications, marketing, marketing mix, marketing news, niche marketing, sports marketing, word of mouth marketing
 PENILAIAN PENGGUNAAN BAHASA INDONESIA PADA MEDIA MASSA CETAK

contoh iklan bahasa inggris - BULAN BAHASA DAN SASTRA 2012



“Bahasa Indonesia Perekat Kerukunan Hidup Bermasyarakat, Berbangsa, dan Bernegara”




Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan

1. Latar belakang

    Peran media massa dalam pertumbuhan dan perkembangan bahasa Indonesia tidak dapat disang¬sikan lagi. Hal itu tampak pada bahasa Indonesia yang digunakan oleh media massa saat ini me¬ngalami banyak kemajuan jika dibandingkan dengan puluhan tahun yang lalu. Selain itu, bahasa Indonesia yang digunakan oleh media massa tidak jarang di¬ang¬gap dan digunakan sebagai contoh dan anutan dalam berbagai segi kehidupan masyarakat. Untuk itu, perlu dilakukan berbagai upaya untuk lebih me¬ningkatkan mutu penggunaan bahasa Indonesia di media massa.

Sementara itu, globalisasi dan reformasi telah menempatkan bahasa asing terutama bahasa Inggris pada posisi strategis yang memungkinkan bahasa ter¬sebut memasuki berbagai sendi kehidupan bangsa dan mempengaruhi perkembangan bahasa Indonesia. Kondisi tersebut merupakan fenomena pergeseran ruang gerak penggunaan bahasa Indonesia yang kian sempit. Hal tersebut jika dibiar¬kan akan berdampak luar biasa terhadap perkem¬bang¬an bahasa Indonesia ke depan.

Derasnya arus informasi sebagai dampak dari globalisasi telah membuka peluang penggunaan ko-sa¬kata bahasa asing, khususnya kosakata bahasa Inggris, sebagai kosakata di dalam rubrik-rubrik beri-ta, opini, iklan di media massa. Kondisi tersebut, kenyataannya, tidak selalu menguntungkan terhadap perkembangan bahasa Indonesia yang selayaknya sebagai bahasa pengantar dan jati diri bangsa.

Penggunaan bahasa asing, terutama bahasa Inggris, tersebut, misalnya, dijumpai dalam isi berita “status audit itu sebagai disclaimer”, “prinsip-prinsip pariwisata adalah community based tourism”, “yang diperlukan sekarang adalah overhaul”. Iklan-iklan di media massa, antara lain, tertulis “membutuhkan officer akuntansi”, “paket one step wedding”. Di samping itu, dijumpai pula kesalahan pilihan kata, ejaan, kalimat, dan pernalaran.

Media massa itu tidak menyadari hal itu akan me¬ngancam bahasa Indonesia sebagai jati diri bang-sa karena masyarakat menganggap bahwa peng-guna¬an bahasa di media massa merupakan contoh penggunaan bahasa yang baik dan benar. Di samping itu, mereka melanggar Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 24 Tahun 2009 tentang Bendera, Bahasa, Lambang Negara, serta Lagu kebangsaan pasal 39 ayat (1) yang berbunyi “Bahasa Indonesia wajib digunakan dalam informasi melalui media massa”.

Sehubungan dengan itu, dalam rangka Bulan Bahasa dan Sastra 2012, Badan Bahasa akan mengadakan kegiatan penilaian penggunaan bahasa di media massa cetak, baik media massa cetak nasional maupun daerah.


2. Tujuan

Tujuan penilaian penggunaan bahasa Indonesia di media massa cetak adalah

(1)    mengetahui pemakaian bahasa Indonesia di media massa, terutama dalam rubrik berita utama,

(2)    menumbuhkan sikap positif media massa terhadap penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar,

(3)    menyosialisasikan Undang-Undang RI Nomor 24 Tahun 2009 tentang Bendera, Bahasa, dan Lambang Negara, serta Lagu Kebangsaan,

(4)    meningkatkan mutu penggunaan bahasa Indonesia dalam laras jurnalistik,
(5)    menentukan peringkat media massa yang menggunakan bahasa Indonesia dengan baik dan benar.


3. Sasaran

Media massa cetak yang menjadi sasaran penilaian kegiatan ini adalah surat kabar yang terbit, baik di ibu kota maupun di daerah-daerah, di seluruh Indonesia.
 

4. Mekanisme

Mekanisme penilaian penggunaan bahasa di media massa melalui tahapan-tahapan berikut.

a.    Menetapkan media massa cetak nasional dan regional yang akan dinilai.

b.    Menentukan jenis rubrik yang akan dinilai.

c.    Mengkliping ruprik media massa cetak nasional maupun daerah yang akan dinilai.

d.    Menilai penggunaan bahasa tersebut berdasar-kan instrumen penilaian yang sudah ditetapkan.

e.    Memberikan penghargaan dan pembinaan ter-hadap media massa yang dinilai.


5. Aspek Penilaian

a.    Bentuk Kata

b.    Pilihan Kata

c.    Ejaan

d.    Kalimat

e.    Pernalaran

f.    Paragraf

6. Tempat

Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
Jalan Daksinapati Barat IV
Rawamangun
Jakarta 13220

Narahubung:
Narahubung pada kegiatan ini adalah
1)    Sdr. Sutejo (ponsel: 08158116613)
2)    Sdr. Isdiarto (ponsel: 081316291089)



Puncak Acara
Puncak acara Bulan Bahasa dan Sastra 2012 akan dilaksanakan pada tanggal 30 Oktober 2012. Dalam acara tersebut akan dilaksanakan, antara lain, pengumuman hasil kegiatan, pe-men¬tas¬an seni budaya, serta persembahan karya kreatif keba¬hasaan dan kesastraan.

Dengan adanya informasi yang kami sajikan tentang  contoh iklan bahasa inggris

, harapan kami semoga anda dapat terbantu dan menjadi sebuah rujukan anda. Atau juga anda bisa melihat referensi lain kami juga yang lain dimana tidak kalah bagusnya tentang Daftar slogan iklan/Minuman 

. Sekian dan kami ucapkan terima kasih atas kunjungannya.


buka contoh marketing : badanbahasa.kemdikbud.go.id/lamanbahasa/.../Brosur%20Penilaian...

No comments:

Post a Comment