Rangkuman Materi Bahasa Inggris

Rangkuman Materi Bahasa Inggris

buzz marketing, guerilla marketing, integrated marketing, integrated marketing communications, marketing, marketing mix, marketing news, niche marketing, sports marketing, word of mouth marketing
Rangkuman Materi Bahasa Inggris

contoh iklan makanan bahasa inggris - Ada dua hal penting yang perlu mendapat perhatian para siswa dan dikuasai untuk dapat lulus dengan baik dalam Ujian Nasional Bahasa Inggris : 1) Kemampuan membaca dan menulis yang diujikan dan 2) jenis-jenis teks yang akan dibaca. Berikut ini diberikan rangkuman tentang kedua hal tersebut:

A.    KEMAMPUAN MEMBACA YANG DIUJIKAN DALAM UN

1.    Informasi tertentu (Specific Information)



Untuk mendapatkan Informasi tertentu (specific information) dalam teks, biasanya kita melakukan kegiatan membaca “scanning”. Maksudnya kita membaca suatu teks/ bacaan dengan cepat. Mengapa harus cepat? Ini dilakukan karena kita hanya ingin tahu tentang informasi tertentu saja seperti nama orang, tempat, jumlah sesuatu, warna, cara, waktu, hari, tanggal, bulan, tahun, charakteristik, dll. Jadi salah satu ciri pertanyaan yang menanyakan informasi jenis ini antara lain penggunaan kata tanya seperti sebagai berikut:

>Who (siapa)
>Where (dimana)
>How (bagaimana),
>How many (berapa banyak),
>How much (berapa banyak),
>What day (hari apa),
>What year (tahun berapa),
>How long ago
    >How far (seberapa jauh),
>How long (seberapa panjang/lama),
>How wide (seberapa lebar),
>How often (berapa kali),
>What colour (apa warna),
>What month (bulan apa),
>What…like (seperti apa)

Informasi jenis ini tertera jelas atau tertulis jelas dalam bacaan dan dapat diidentifikasi dengan cepat. Itulah sebabnya kita harus membaca teks untuk mencari informasi ini dengan cepat. Bila seseorang membaca informasi tertentu dengan lambat berarti orang itu sebenarnya buang-buang waktu saja. Namun demikian perlu diperhatikan bahwa seandainya informasi yang dicari itu ternyata tidak mudah diketemukan atau tidak ada dalam teks maka pertanyaan di atas bisa jadi menanyakan informasi lain misalnya informasi tersirat.

Tentu saja untuk dapat melakukan scanning dengan efisien, seorang siswa harus mempunyai informasi apa yang hendak dicari dikepalanya terlebih dahulu, setelah itu baru mencari informasinya dalam teks. Misal kalau mau mencari nama seseorang maka kata yang menunjukkan nama dalam bacaan bisa sebagai tandanya atau kalau mau mencari tanggal atau jumlah maka nomor dalam teks bisa sebagai tandanya.

Agar cepat kita menemukan informasi tertentu bisa juga dengan cara mengambil salah satu kata penting dalam pertanyaan, lalu cari kata itu dalam bacaan dan temukan informasi yang terkait yang mungkin berada setelah kata penting tersebut.

Apa yang biasa dibaca dengan cepat? Misalnya buku telepon, iklan film, indek suatu buku bacaan, dll.


2.    Informasi rinci (detailed information)

Sesuai dengan namanya, informasi jenis ini adalah informasi yang baru bisa diketahui setelah kita membaca suatu teks dengan rinci atau seksama. Tanpa membaca yang seksama maka orang tidak akan menemukan informasi ini. Itulah sebabnya kegiatan membaca ini memerlukan waktu. Kita memerlukan waktu yang lebih banyak untuk mencari informasi rinci dibandingkan dengan informasi tertentu yang telah kita bahas.

Bagaimana kita tahu suatu pertanyaan itu menanyakan informasi rinci? Salah satu ciri informasi rinci ini adalah informasi yang merupakan jawaban dari pertanyaan dengan kata tanya ”Why”.

Pertanyaan-pertanyaan yang menanyakan informasi rinci antara lain misalnya:
1.    Why ……….?
2.    Which of the following statements is true according to the passage?
3.    Which of the following statements is wrong based on the text?


3.    Pokok pikiran dalam paragraf bacaan (main ideas of paragraphs)

Apa itu pokok pikiran?
Bacaan umumnya dibangun dari sekumpulan paragraph; paragraph dibuat dari sekumpulan kalimat; dan kalimat dibangun dari sekumpulan kata-kata, frasa atau anak kalimat. Dalam setiap paragraph biasanya terdapat satu topik atau apa yang dibahas dan suatu pokok pikiran yang biasanya dinyatakan dalam bentuk kalimat utama / topic sentence. Pokok pikiran ini menceritakan para pembaca lebih jauh tentang topik tadi. Dengan demikian pokok pikiran menceritakan lebih jauh tentang suatu topik. Singkatnya suatu pokok pikiran menceritakan kepada si pembaca ide sipenulis tentang suatu topik itu.

Contoh:
Topik yang dibahas: Elephants.
Dari topik ini, penulis bisa menyampaikan idenya/ pendapatnya tentang topik tersebut dalam suatu kalimat utama suatu paragraph, misalnya:
1.    Elephants live in Africa and Asia.
2.    Elephants are killed for their skin and their ivory tusks.
3.    Elephants can cause serious problems for farmers.

Ide-ide di atas selanjutnya diikuti oleh kalimat-kalimat lain sebagai penjelas untuk menjelaskan apa yang dimaksud.


Coba baca paragraph berikut:

Diamonds are very expensive for several reasons. First, they are difficult to find. They are only found in a few places in the world. Second, they are useful. People use diamonds to cut other stones. Third, diamonds do not change. They stay the same for millions of years. And finally, they are very beautiful.

Dari contoh di atas, jelas bahwa topik yang dibicarakan adalah diamonds. Sedangkan main idea dari paragraph itu adalah Diamonds are very expensive for several reasons. Kalimat-kalimat lainnya adalah kalimat penjelas.

Perlu diperhatikan bahwa pokok pikiran seperti dalam bacaan di atas disebut sebagai pokok pikiran yang tertera jelas dalam paragraph. Ada juga pokok pikiran yang tidak tertera jelas atau tersirat. Untuk memahami pokok pikiran ini kita harus membaca paragraph itu dengan sungguh-sungguh, kemudian kita menyimpulkan kira-kira apa pokok pikirannya berdasarkan kata-kata /kalimat-kalimat yang ada.

Seperti apa pertanyaan dalam tes/ ujian yang terkait dengan pokok pikiran paragraph ini? Ada dua hal yang bisa ditanyakan yang terkait dengan pokok pikiran ini yaitu

1.    Topik paragraph
      Contoh pertanyaan:
a.    What is the fourth paragraph about? (Paragraf ke 4 tentang apa)
b.    What does paragraph 4 tell you about? (paragraph 4 menceritakan tentang apa pada Anda)
c.    Paragraph 4 tells you about …..

      Jawaban pertanyaan ini berupa kata benda atau frasa- bukan kalimat.


2.    Pokok pikiran.
      Contoh pertanyaan:
a.    What is the main idea of paragraph 4?
b.    The main idea of paragraph five is … .

Jawaban pertanyaan ini biasanya berupa kalimat. Kalimat ini ada yang tertera jelas, tapi ada juga yang tidak. Bila tidak maka kita harus membuatnya sendiri berdasarkan kata-kata/kalimat-kalimat dalam paragraph.



4.    Informasi tersirat (Not clearly stated information)

Dalam bacaan kadang-kadang kita menemukan pernyataan langsung tentang sesuatu dari si penulis. Pernyataan yang dibuat dalam bentuk kalimat-kalimat itu disebut sebagai bukti (evidence). Tapi ingat si penulis tidak selalu menyatakan pernyataannya secara langsung. Sebagai gantinya ia nyatakan dengan kata-kata lain. Sebagai pembaca yang baik kita harus menggunakan kalimat-kalimat ini sebagai evidence untuk membuat suatu kesimpulan  (inference) tentang apa yang sipenulis maksudkan. Jadi informasi tersirat  adalah suatu kesimpulan yang logis/ masuk akal yang dibuat berdasarkan kata-kata/ kalimat-kalimat yang terdapat dalam bacaan atau dengan menggunakan pengetahuan yang kita miliki atau keduanya (kata-kata/ kalimat-kalimat dan pengetahuan kita)

Coba baca bacaan berikut lalu jawab pertanyaan yang diberikan dengan cara menarik kesimpulan berdasarkan bacaan atau pengetahuan kalian sendiri.

1.    Morrys Smith had stomach cancer. The doctors told him, “You need  chemotheraphy to stop the cancer.” ….”

     How was Morry Smith?

PEMBAHASAN:
Pertanyaan diatas berarti bagaimana keadaan kesehatan Morry. Dalam bacaan ada evidence yang berbunyi,” Morrys Smith had stomach cancer.” Berdasar fakta ini kita dapat menarik suatu kesimpulan bahwa ini berarti bahwa Morry was very sick.

2.    When an acid is dissolved in water, the acid molecule divides into two parts, a hydrogen ion and another ion. An ion is an atom or a group of atoms that has an electrical charge. The charge can be either positive or negative. If hydrochloric acid is mixed with water, for example, it divides into hydrogen ions and chlorine ions.

A strong acid ionizes to a great extent, but a weak acid does not ionize so much. The strength of an acid, therefore, depends on how much it ionizes, not on how many hydrogen ions are produced. It is interesting that nitric acid and sulfuric acid become greatly ionized whereas boric acid and carbonic acid do not.

Note:
>Acid=asam
>Is dissolved=diencerkan
>Divide into=terbelah menjadi
>Electrical charge=strum listrik
>Is mixed with=dicampur dengan    >Ionizes= berubah menjadi ion/ berionisasi
>Nitric acid=asam nitrat
>Sulfuric acid=asdam sulfur
>Whereas=sedangkan
>Boric acid=asam boric
>Therefore=karena itu

1.    What kind of acid is sulfuric acid ?
2.    What kind of acid is boric acid ? 

PEMBAHASAN:
Soal Nomor 1 berarti jenis asam apa asam sulfurik itu? dalam bacaan bisa dijumpai Evidence berupa kalimat yang berbunyi  : A strong acid ionizes to a great extent, and sulfuric acid  becomes greatly ionized. Berdasar evidence ini, Kesimpulan kita tentang apa jenis asam sulfuric itu adalah bahwa Sulfuric acid is a strong acid.


Nomor 2: What kind of acid is boric acid? 
Pembahasan:
Evidence     : A weak acid does not ionize so much and boric acid does not
                    ionize greatly.

Conclusion: Boric acid is a weak acid.

3.    This is Tungkul Maryana. He always makes people laugh. People always wait     
for his program. ……..

     What is Tungkul Maryana like?

     Pembahasan:
     Evidence: He always makes people laugh. Kata-kata lain bukan sebagai bukti  karena tidak mendukung apa yang ditanyakan.
     Conclusion: He is humorous

5.    Kata rujukan (reference words)

Kalau kita membaca suatu teks, kita mungkin menemui kata-kata ganti tertentu seperti she, he, it, they, we, us, them, ours, my, your, atau kata lain yang mengganti orang-orang atau benda-benda tertentu seperti the children, the man, one, this, that , these dll. Kata-kata ini merujuk pada siapa atau apa? Jawaban pertanyaan ini berarti kita membicarakan kata rujukan dalam bacaan. Rujukan kata dari suatu kata biasanya ada sebelum kata ganti itu sendiri. Dalam tes kita bisa mengetahui soal yang menanyakan ini dengan adanya kata “refer to”.

Ciri pertanyaan yang menanyakan rujukan kata ini adalah sebagai berikut:
•    What does the word ”He” in the sentence refer to?
•    The word”it” in the above sentence refers to ... .

Perhatikan contoh berikut:

That is Ali. He’s Andy’s elder brother.
What does the word ”he” in the sentence refer to?
Tentu saja kata “he” dalam kalimat di atas merujuk pada Ali.


6.    Menafsirkan makna kata berdasarkan konteks
(Deducing meaning of words from context)

Pernakah anda membayangkan bagaimana jadinya bila kita harus membawa kamus kemana-kemana agar dapat memahami arti suatu kata sewaktu kita membaca. Tentu saja  hal itu sangat tidak menyenangkan. Bila dibawa, kamus itu akan menjadi beban. Bila tidak dibawa, kita tidak mengerti arti suatu kata tertentu dan kegiatan membaca menjadi terganggu. Untuk mengatasi masalah ini, maka Anda perlu memiliki kemampuan dan keterampilan menebak arti suatu kata yang tidak tahu artinya itu dengan cara menafsirkan arti kata tersebut berdasarkan kata-kata yang anda tahu artinya itu atau konteks kalimat/ bacaan, kemudian simpulkan seperti apa kira-kira arti dari kata tersebut. Hal ini penting karena satu kata bisa saja memiliki banyak arti. Coba perhatikan contoh berikut dan tebak apa arti kata love pada masing-masing kalimat:

a.    I love watching old movies on TV.
b.    Young children need unconditional love.
c.    Music was his greatest love but he also liked ballet.
d.    The score of the game was two love.

Tentu saja arti kata love di atas berbeda-beda satu sama lain. Hal ini tergantung pada context dan cotexnya. Makna kata love pada kalimat terakhir pasti bukan cinta karena tidak cocok dengan baik konteks maupun cotextnya. Karena terkait dengan olah raga dan lebih khusus lagi terkait pada score olah raga bisa ditebak kalau arti kata love itu adalah kosong (zero) bukan sama apalgi cinta. Jadi untuk menentukan arti kata mana yang tepat sangat tergantung pada konteks dan cotextnya.


1.    Contoh pertanyaan menanyakan makna

Dalam test, soal yang menanyakan makna kata ini ditandai dengan adanya kata “mean.”

Contoh:
a.    What does the underlined word mean? (apa arti kata yang digaris bawahi)
b.    What does the underlined phrase mean?
c.    What does the underlined sentence mean?
d.    The underlined word/phrase/ sentence means ….
e.    What is the opposite of ……

Bisa juga dalam suatu test yang ditanya adalah SINONIM ATAU ANTONYM dari suatu kata. Bila ini ditanyakan berarti kita harus berpikir dua kali. Pertama pikirkan apa arti suatu kata baru itu, lalu kita menyatakan sinonim atau antonimnya.

Contoh:
a.    What is the opposite of the underlined word?
b.    What is the synonym of the word “dark”?
c.    What is the antonym of the word “even”?

2.    Menggunakan konteks untuk memahami arti suatu kata

Konteks adalah gabungan antara kosakata dan grammar yang mengelilingi suatu kata. Ia bisa berupa kalimat atau paragraph atau bacaan. Konteks dapat membantu membuat kita memprediksi atau menebak arti suatu kata secara umum. Jika kita tahu arti kalimat secara umum, maka kita juga akan mengetahui arti kata-kata secara umum dalam kalimat tersebut.

Bagaimana kita menebak arti kata-kata melalui konteks? Caranya ialah kita menggunakan arti kata apa yang benar-benar kita tahu untuk menebak arti kata-kata yang kita tidak tahu. Perhatikan petunjuk berikut ini:

1.    Gunakan clue berupa kata-kata yang ada disekitar kata atau ungkapan yang anda tidak tahu artinya. Kata/ ungkapan baru itu bisa jadi cara lain mengatakan apa-apa yang telah dikatakan sebelumnya atau sipenulis mungkin menerangkan apa yang ia maksud dengan kata atau ungkapan dari kata baru tersebut.

2.    Cari arti kata yang baru tersebut ditempat lain dari bacaan itu yang barangkali artinya bisa didapat dengan lebih jelas.

3.    Gunakan ilmu pengetahuan tentang kata-kata kita untuk menebak arti dari kata baru tersebut. Misalnya anda pernah mendengar kata-kata itu sewaktu belajar pelajaran lain karena banyak kata-kata bahasa Inggris yang dipakai dalam bahasa Indonesia.


     Coba tebak arti kata-kata yang digaris bawahi berikut berdasarkan konteks kalimat yang ada.

1.    Jason had been proud and lordly in the company of princess and kings. But now, his ships beneath the sea and his fortune lost, Jason showed an obsequious attitude toward all whom he met- even to old Ali, the beggar of the market place who lifted his trembling arms to the sky and cried out for coins. 
     
      a. obsequious    =   …………         
      b. trembling        = ……………


2.    The chimpanzee, the gibbon, the gorilla, and the orang utan are anthropoid apes. Like man, they are able to stand erect and use their legs to get them where they want to go. In the use of their arms they also resemble man, performing with these limbs such tasks as carrying, throwing, and lifting.

            a. anthropoid    =  ………………
            b. resemble        = ……………….      


3.    Though the chairman’s answer to our question was cogent, Jane refused to accept it.

Even a convincing and valid answer would not persuade Jane change her mind where her emotions had become deeply involved.

      a. cogent    = …………………..   
      b. Persuade    = …………………    



PEMBAHASAN SETIAP SOAL:

Untuk nomor 1:
Kita perlu menggunakan clue dalam bacaan. Ada tiga clue yang bisa kita manfaatkan untuk menebak arti kata yang kita tidak tahu: Contrast clue, comparison clue dan example clue. CONTRAST CLUE ditandai dengan adanya kata-kata seperti but, however, yet dan still. Misalnya dalam bacaan 1, kita bisa gunakan clue jenis ini untuk menebak arti kata baru yang mungkin anda tidak tahu tersebut. Kata Obsequious sangat mungkin berarti kebalikan dari  proud and lordly. jadi artinya seperti too eager to obey or serve (ingin sekali mematuhi atau melayani)/ showing excessive respect from hope of reward or advantage (menunjukkan hormat yang berlebihan dengan harapan dapat balasan atau keuntungan tertentu). Tremble berarti shake involuntarily ( from anger, fear, cold, or physical weakness)= bergerak tanpa disengaja karena marah, takut, dingin atau kelemahan fisik.  COMPARISON CLUE diketahui dengan adanya kata-kata seperti as, like dan similar.

Untuk no. 2:
Pada bacaan ini kata baru dapat ditebak artinya dengan memperhatikan comparison clue seperti kata similar to man. Jadi anthropoid= similar to man= mirip dengan manusia.


Untuk no. 3:
Ada lagi clue yang disebut FULL CONTEXT. Suatu kata baru bisa saja banyak kemungkinan artinya. Hal ini terjadi karena banyak kata-kata yang bisa saja pas artinya dengan kata yang kita tidak tahu tersebut. Misalnya dalam bacaan 4, untuk mengetahui arti kata cogent itu kita harus membaca lebih banyak lagi misalnya paragraph selanjutnya agar bisa menebak dengan tepat. Kata cogent sebenarnya bisa diartikan sama dengan convincing and valid (meyakinkan dan valid) pada paragraph keduanya.

Ingat!
Namun perlu diketahui bahwa tidak semua kata yang kita tidak tahu artinya bisa ditebak berdasarkan konteks. Kadang-kadang untuk mengetahui suatu arti kata baru, kita harus melihat kamus juga. Dengan demikian bila ada kata yang bisa ditafsirkan lewat konteks, maka kita cukup menafsirkan lewat konteks tersebut saja. Sedangkan yang tidak maka kita terpaksa harus mencarinya di Kamus.

7.    Gambaran umum isi bacaan
         (General idea / topic of paragraph/ conversation/ text )

Suatu bacaan (dialog atau bacaan lainnya) pasti membicarakan sesuatu. Bila kita membahas tentang apa suatu bacaan itu berarti kita membicarakan gambaran umum atau topik suatu teks.

Dalam tes ada dua hal yang mungkin ditanyakan terkait dengan gambaran umum atau topik suatu bacaan ini yaitu topik (topic)  dan judul (title). Contoh soal yang biasa digunakan sebagai berikut:

a.    What is the text about? (Teks ini tentang apa?)
     Atau what does the text tell you about?
b.    What is the best title of the text? (Apa judul yang paling tepat untuk bacaan diatas)

1.    Coba baca dialog berikut dan jawab pertanyaan yang diberikan.

A    : This is one of the reasons I hate working in a big city.
B    : I know. Everyday, It’s the same thing.
A    : This is terrible! We may be here all night! I hope we don’t run out of gas.
B    : No, I think there’s enough.
A    : Let’s turn on the radio. Maybe there’s some good music.
B    : Sorry, the radio’s not working.
A    : I think I’ll take the train tomorrow!

1)    What are these people talking about?
2)    Underline the words that help you guess the answer of the first question!

PEMBAHASAN:
Dialog itu tentang how traffic is a problem in the city. Kata-kata yang menolong   kita untuk mengetahui itu misalnya working in a big city, everyday, late, run out of gas, radio.


2.    Read the dialogue and answer the questions

A: Look at the long line! Do you think we’ll get in?
B: I think so. Some of these people already have tickets.
A: How much are the tickets?
B: Only $ 2.50 for the first show. I’ll pay.
A: Thanks. I’ll buy some popcorn.

1)    What are these people talking about?
2)    Where are they?
3)    What words help you guess the answer?

PEMBAHASAN SETIAP SOAL:
Jawaban dari pertanyaan diatas adalah sebagai berikut:
1)    Going to the movie.
2)    At a movie/ theater.
3)    Long line, get in, tickets, first show, $2.50, popcorn.

3.    What does this text tell you about?

Seawater at the seashore has many colors. It shows off colors such as red and brown   of tiny plants and animals just below its surface. But if you look beyond the shore, where the water is deeper, the sea looks blue, green, gray or even black with streaks of silver.Where the water is too deep to see the bottom of the sea, the water acts as a mirror and reflects the sky. It reflects the brilliant blue of a summer sky, the gray or green of a stormy sky, and even the black and moonlit sky of night.

Pembahasan:
Bila kita baca dengan teliti, maka kita tahu bahwa topik dari teks di atas adalah seawater. Ini tergambar dari penggunaan kata it pada hampir tiap kalimat penjelasnya yang merujuk pada seawater tersebut.



8.    Nilai moral teks
Kemampuan memahami nilai moral suatu teks sering ditanyakan dalam UN khususnya untuk teks narrative. Seperti dimaklumi salah satu tujuan orang menulis cerita atau bercerita adalah untuk mengajarkan nilai-nilai moral tertentu.

Pertanyaan yang biasa dipakai untuk nilai moral ini misalnya:
•    What is the moral value of the text?
•    What can you learn from the text?
•    The moral value of telling the above text is ….

Nilai moral suatu teks dapat dipahami dari kata-kata diakhir teks yang digunakan dalam teks dan biasanya kata-kata itu menunjukkan perbuatan-perbuatan yang patut diteladani orang.

Namun demikian bisa juga terjadi tidak menunjukkan secara langsung sehingga kita mesti menarik suatu kesimpulan nilai moral apa yang hendak disampaikan.

        Read the text and answer the question.


One day, a man who made his living tricking people stopped a good woman on the road.
“Who are you?” asked the woman. “Where do you come from?”
“I fell from the sky?”  The man replied craftily.
“Oh really.” The woman’s face lit up. “Then maybe you have met my husband. He died last year.”
“Certainly I know him, but he is not doing very well. He hasn’t found a job yet and he hasn’t got enough food to eat or enough clothes to wear.”
“The poor man!” cried the woman. “If I give you some clothes, can you take them up to him?”
“No, I’m sorry but it’s forbidden to take clothes into paradise,” replied the man. “But I think I can manage to smuggle some money to him.  Nobody would find a little money bag hidden in a pocket.”
“Oh, thank you, then please take this. It’s all my savings,” The woman gave the man a little pile of money. She was so grateful to him for doing her such a kind service.
“Well, who would have thought”, she kept repeating, “that in paradise my husband would be lacking even the bare necessities.”


        What is the moral value that you can learn from the story?
a.    Good people deserve good rewards.
b.    Cunning people often deceive the honest ones.
c.    There is life that people have after their death.
d.     Do not be a bad man for you can hurt people’s feeling.

9.    Tujuan komunikatif teks (purpose of the text)

Setiap teks dibuat orang dengan suatu maksud tertentu yang hendak disampaikan kepada sipembaca (reader). Pertanyaan tentang tujuan penulisan teks ini biasanya salah satu dari pertanyaan berikut:
•    What is the social function of the text?
•    What is the purpose of the text?
•    What does the writer write the text for?
•    What is the writer’s purpose of writing the text?

Note: Pertanyaan di atas sebenarnya termasuk dalam kategori informasi tersirat.

     Berikut ini fungsi komunikatif teks khususnya essay text yang penting untuk dipahami siswa:


1.    Procedure text:
     To explain how to do something, how to make something or how to get somewhere.Atau To describe how something is made/ played, etc.

2.    Descriptive text:
     To tell about the subject by describing its features without including personal.
               Atau to describe (person, place or thing) to the readers.

3.    Recount text:
     To provide the audience with a description of what occurred and when it occurred. Atau to retell one’s experience to the readers with the purpose of informing or entertaining.

4.    Narrative text:
     To provide entertainment and to make the audience think about an issue, teach them a lesson, or excite their  emotions.
               Atau to amuse/ entertain the readers.

5.    Report text:
To classify and/or describe using facts about the subject’s parts, behavior and qualities.
     Atau to describe the way a thing/animal is.


Note:
Sekilas report dan descriptive text sama. Sesungguhnya keduanya berbeda. Report membahas sesuatu secara umum sebagai hasil penelitian orang dan kesimpulan yang dibuatnya misalnya bacaan tentang the cat, maka sipenulis akan membahas cat secara umum sebagai hasil penelitiannya ; sedangkan descriptive menggambarkan sesuatu yang bersifat khusus yang diketahui oleh seseorang biasanya ditandai dengan kata-kata seperti my…, John’s .... Misal dalam teks My cat, maka sipenulis hanya akan menggambarkan kucingnya saja. Ia tidak bicara tentang cat secara umum. Tujuan penulisan tentang the cat dan my cat tentu saja berbeda sebab yang satu berbentuk report yang lainnya berbentuk deskriptif. 


Khusus untuk teks fungsional pendek seperti surat, pesan pendek, pengumuman dan lain-lain, tentu saja tujuan komunikatifnya sangat tergantung pada isi dari teks-teks tersebut.







B.    KEMAMPUAN MENULIS

Kemampuan menulis yang biasa diujikan dalam ujian nasional adalah kemampuan menulis pasif. Artinya siswa hanya diminta, misalnya menyusun kata-kata menjadi kalimat atau menyusun kalimat-kalimat yang telah disediakan menjadi paragraph atau teks. Hal ini sangat berbeda dengan kemampuan menulis aktif dimana siswa diminta untuk membuat sendiri kalimat-kalimat atau paragrafnya. Contoh lain dari kemampuan menulis pasif ini adalah kemampuan siswa melengkapi suatu teks dengan kata-kata tertentu seperti kata ganti, kata kerja atau kata benda. Berikut kemampuan menulis yang sering diujikan dan penting untuk dipelajari siswa.

1.    Menyusun kata-kata menjadi kalimat.
Untuk dapat menyusun kata-kata menjadi kalimat tentu saja kita perlu memahami terlebih dahulu kalimat-kalimat dalam bahasa Inggris serta polanya khususnya yang perlu dikuasai oleh siswa.  Berikut ini kalimat-kalimat penting yang perlu dipahami siswa SMP/ MTS.

1.    Kalimat sederhana (simple sentences)
2.    Kalimat mejemuk (compound sentences)
3.    Kalimat bertingkat (complex sentence)
4.    Kalimat perintah/larangan
5.    Kalimat dengan kutipan
   
Kalimat sederhana (simple setence)

Kalimat sederhana diketahui dari polanya yang hanya terdiri atas subjek dan predikat. Berikut ini pola-pola penting kalimat sederhana untuk dipelajari:

a.    Subjek (kata benda/kata ganti) + to be + kata sifat/kata keterangan tempat/waktu/ kata benda.

Contoh:
>The car is new
>Ali is clever
>Your pen is under the table.
>Yesterday was Sunday
>Mr. Alwi is a director
                  >That is a house
                  >They are students
                  >I am a student

b. Subjek (kata benda /kata Ganti) + kata kerja + (keterangan tempat/waktu)
    Contoh:
>The sun rises in the east.
>She got up at five past ten.

c.    Subjek (kata benda/kata ganti) + kata kerja + objek (kata benda/kata ganti)+ (keterangan cara/ waktu/tempat)
Contoh:
>The girl hit the boy repeatedly here just now.
>I put your pen here just now.

d.    Subjek (kata benda/kata ganti) + kata kerja + kata kerja dgn to (to infinitive) + (kata benda +keterangan waktu/tempat)
Contoh:
>I want to study mathematics now
>Pele tried to help me yesterday

e.    Subjek (kata benda/kata ganti) + kata kerja + kata benda/ kata ganti + kata kerja dgn to (to infinitive) + (kata benda +keterangan waktu/tempat)
Contoh:
>I want the boys to play football overthere.
                  > She told me to answer the questions last night.

f.    There +to be+ subjeck (kata benda) + kata keterangan tempat+ waktu)
    Contoh:
>There is a truck behind this house.
>There are two teachers in the classroom now.

g.    Subjeck (kata benda/ kata ganti) + kata kerja + objek langsung (kata benda)
    Contoh:

> The cat has torn the cloth.
> The girls are beginning their lessons.

h.    Subjeck (kata benda/ kata ganti) + kata kerja + objek tidak langsung (kata benda/ kata ganti) + objek langsung (kata benda)
Contoh:
>I will ask him a question.
>Willianty made his sister a blouse.

i.    Subjek (kata benda/ kata ganti) + kata kerja + kata sifat.
   Contoh:
> He looks sad.
>She feels happy

Note:
Dari contoh di atas kata benda, kata kerja hanya terdiri atas satu kata saja. Sebenarnya dalam kalimat bisa saja satu kata benda ditambah dengan kata lain seperti article, kata sifat, kata penghubung atau frasa yang mungkin diletakkan di depan atau dibelakangnya sehingga membentuk frasa/kelompok kata benda/kata kerja dalam kalimat. Perhatikan contoh berikut:

Contoh:

 >Ana and Ayu look very happy.
>The clever boy’s name is Andita.
>The man near the door wants us to buy his yellow bike over there.
>Siti is one of the cleverest student in this school.
>Yesterday I bought, washed and cooked the rice by myself.

          Kata kerja bisa juga ditambah dengan kata bantu untuk membentuk macam-macam tenses. Coba perhatikan contoh berikut:

1.    I study English everyday.
2.    I am studying English now.
3.    I am going to take an English course English tomorrow.
4.    I will study English seriously next semester.
5.    I have studied English for two years.
6.    I was studying Biology when Andi came.
7.    I studied German last year.

Selain itu perlu juga diketahui bahwa kalimat-kalimat di atas termasuk kalimat positif. Kalimat ini bisa juga diubah kebentuk negative dan pertanyaan.


Kalimat majemuk (compound sentence)

Kalimat majemuk terdiri atas dua kalimat yang dihubungkan dengan titik koma, koma atau kata penghubung setara, misalnya untuk SMP seperti and, but dan or.

Dua kalimat sederhana diatas bisa digabung dengan kata penghubung setara atau titik koma menjadi kalimat majemuk.


Contoh:
1.    I am studying and my brother is drawing.
2.    This is the wrong book; that is the right one.
3.    John has finished the lesson, but Tom has not begun it yet.
4.    Are you studying, or are you just reading?
5.    I am not studying, nor am I reading.
6.    He never goes to the movies, nor does he listen to the radio.
7.     I looked at the dress, and I bought it.
8.     Sheila is here, but she must leave soon.
9.    My father likes music very much and so do I.
10.    Ria has a doh and Vita does too.
11.    I don’t like playing football, and my brother does not either.
12.    I did not go anywhere last night, and neither did my sister.


Kalimat komplek/bertingkat (complex sentence)

Kalimat ini ditandai adanya anak kalimat yang menduduki posisi subjek dan objek kalimat atau kata keterangan waktu dalam kalimat induknya. Anak kalimat adalah kalimat seperti kalimat yang telah dibahas di atas hanya saja diawali dengan kata–kata tertentu seperti when (ketika) before (sebelum), after (sesudah), because (karena) atau kata Tanya who, which dan that yang mengganti kata benda yang artinya yang. Pelajari contoh berikut ini (kalimat yang digarisbawahi adalah anak kalimat).

1.    Anak kalimat untuk menerangkan waktu:
Contoh:
•    I usually have breakfast before I go to school.
•    After I take a shower I always dry myself off.
•    When my alarm clock rings I usually wake up.
•    You must stay here until I come back.

2.    Anak kalimat untuk menerangkan kata benda
•    The man who helped me is Mr. Toha.( …orang laki-laki yang ….)
•    She knows the girl who took your books. (…anak perempuan yang….)
•    This is the book, which I need very much. (….buku yang….)
•    The boy that came here just now is my brother.
•     I believe that the man is very generous.

3.    Anak kalimat untuk mengungkapkan perasaan atau sikap
•    I am happy that she won the match.
•    I am sorry I cannot help you.

4.    Anak kalimat menerangkan hubungan logis kondisional
•    You will pass the exam if you study hard.

5.    Anak kalimat untuk menyatakan alasan
•    The boy is crying because his mother passed away.

6.    Anak kalimat untuk mengungkapkan keterangan benda dan mengganti posisi objek.
•    I believe that she is clever.
•    I think that you are right.

Note:
Kalimat-kalimat positif di atas bisa juga diubah kebentuk negative dan pertanyaan.
Misal:
>Does she know the girl who took my books?
>She does not know the girl who took your books.

 

Kalimat perintah
Kalimat ini diawali dengan kata kerja dasar atau pertama atau “be” untuk meminta orang memiliki sifat-sifat tertentu.
Polanya:
•    Verb 1 + dll
•    Be + kata sifat
•    Be + kata sifat + kata benda


Contoh:
>Come in!
>Be good!
>Be a diligent boy!

Kalimat larangan
Kalimat ini diawali dengan kata don’t.
Polanya:   Don’t/ Do not +V+Etc.

Contoh:
>Don’t go away
>Don’t be lazy

Kalimat peringatan
Kalimat ini berisi peringatan bagi orang agar terhindar dari marabahaya.

Contoh:
>Watch out!

Kalimat dengan kutipan
Suatu kalimat ada yang memuat kutipan tertentu. Cara pengutipannya ada yang langsung (direct quotation) dan tidak langsung (indirect quotation). Coba perhatikan contoh berikut:

    Direct quotation
      Examples:
      >He said, “I write for newspapers.”
      >“I write for newspapers,” he said, “and 
      sometimes I write for magazines, too.”

    Indirect quotation
      Example:
      >She said that she liked that dress.

Note:
Dengan memahami pola-pola kalimat di atas, maka hanya dengan melihat sekilas saja suatu kumpulan kata-kata acak, siswa diharapkan dapat menentukan jenis kalimat dan polanya. Dengan mengetahui pola kalimat maka siswa seharusnya mengetahui  susunan kata yang bagaimana yang seharusnya dipilih atau dibuat.

Coba perhatikan kata-kata acak berikut, lalu tentukan susunan kata-kata tersebut yang tepat untuk membuat kalimat yang baik dan benar.

1.    for – she – English – three years – has – already – studied
      1       2        3                4             5         6           7
2.    and-do not- contact – avoid – swallow – with eyes
      1         2          3           4           5               6    
3.    not only - but  - is – expensive - the drink- dangerous –is – it- also
          1         2       3         4            5                6           7    8    9  
4.    she-your house- go – cannot – to - if  – you – contact – I - will
       1          2         3         4         5    6       7        8         9   10
5.    bottle cap – use – after – replace - immediately
        1                2       3          4              5     


Pembahasan soal:
a.    Jelas kalimat ini kalimat sederhana karena hanya berisi satu kalimat dengan subjeknya kata she. Susunan kata yang benar adalah  2-5-6-7-3-1-4
b.    Tidak ada subjek pada kata-kata ini. Artinya ini sangat mungkin kalimat larangan. Susunan yang tepat adalah 2-5-1-4-3-6
c.    Ada dua kata sebagai subjek yaitu the drink dan It. Ini artinya bahwa kalimat ini berbentuk kalimat majemuk yang susunan kata-katanya sebagai berikut: 5-3-1-4-2-8-7-9-6
d.    Dari kata if kita ketahui bahwa kalimat ini kalimat bertingkat menyatakan pengandaian yang susunannya adalah misalnya 6-1-4-3-5-2-9-10-8-7
e.    Jelas ini peringatan yang berarti diawali oleh kata kerja dengan susunan kata-katanya sebagai berikut: 4-1-5-3-2


2.    Menyusun kalimat-kalimat menjadi paragraph
Ada beberapa cara bagaimana orang menyusun atau membuat suatu paragraph. Namun dalam menghadapi ujian nasional ada satu cara yang perlu diperhatikan karena cara ini yang sering dipakai. Cara itu adalah bahwa suatu paragraph harus dibuat secara linier yang dimulai dari penulisan sesuatu yang umum atau pokok pikiran atau kalimat utama. Selanjutnya kalimat ini diterangkan oleh kalimat-kalimat penjelas.

Berdasar konsep ini maka untuk bisa mengetahui susunan kalimat yang tepat untuk membuat paragraph adalah dengan cara melihat hubungan antar kalimat. Ada kalimat yang diterangkan dan ada yang menerangkan. Kalimat yang menerangkan ini bisa sifatnya umum atau mayor dan yang lebih merinci atau minor. Peran ini tentu saja menentukan posisi kalimat-kalimat tersebut dalam paragraf. Kalimat yang menerangkan tentu saja posisinya dibelakang kalimat yang ia terangkan. Hal ini dapat diketahui dari penggunaan misalnya kata ganti tertentu atau dari kata-kata yang dapat menciptakan kohirensi teks lainnya. Urutan kegiatan, yang secara alami semestinya terjadi juga dapat menjadi pertimbangan kita dalam menentukan susunan yang tepat. Selain itu kata-kata yang menunjukkan urutan maupun urutan waktunya penting menjadi perhatian kita untuk menentukan susunan kalimat-kalimat dalam paragraph.


Coba perhatikan kalimat acak berikut lalu tentukan susunan yang tepat untuk membuat paragraph yang baik.

1.    This way, before you meet someone,
2.    In 2050 everyone in the world will have a personal web page with their information on it.
3.    You can check out his or her web page to learn about the person.
4.    These web pages will use the five senses: sight, touch, smell, taste and hearing.

Pembahasan:
Kalimat 1, 3 dan 4 tidak mungkin menjadi kalimat utama sebab mereka menjelaskan yang lainnya. Hal ini dapat diketahui dari pemakaian kata this way, his or her dan these webs. Yang pertama haruslah nomor 2 sebab kalimat ini masih bersifat umum. Kalimat 4 semestinya menerangkan kalimat 2. Hal ini diketahui dari pemakaian these webs. Jadi susunananya menjadi 2-4. Demikian juga kalimat no 3 semestinya menerangkan kalimat 1 karena adanya kata his or her yang merujuk pada kata someone. Berdasarkan analisis ini maka susunan kalimat acak diatas menjadi paragraph menjadi 2-4-1-3

Coba sekarang perhatikan contoh berikut. Tentukan mana kalimat penjelas yang mayor dan minor. Kalimat penjelas mayornya menjelaskan kalimat mana dan kalimat penjelas minornya menjelaskan kalimat mayor yang mana.

Diamonds are very expensive for several reasons. First, they are difficult to find. They are only found in a few places in the world. Second, they are useful. People use diamonds to cut other stones. Third, diamonds do not change. They stay the same for millions of years. And finally, they are very beautiful.



3.    Cloze Test
Kemampuan utama yang hendak dicapai dalam pembelajaran bahasa Inggris adalah kemampuan berwacana. Setiap teks selain memiliki fungsi sosial dan langkah retorika tertentu juga memiliki fitur bahasa tertentu. Misalnya untuk membuat recount salah satu fitur pentingnya adalah anak menguasai bentuk kata kerja past tense. Dalam ujian nasional salah satu cara mengukur kemampuan penggunaan fitur bahasa suatu teks diuji dengan cara cloze test.

Apa itu cloze test? Dalam Encarta Dictionary dinyatakan bahwa cloze test adalah a test of comprehension and grammar in which a language student supplies appropriate missing words omitted from a text.

Dengan demikian ciri cloze test adalah ada sebuah teks (misalnya salah satu paragraph sebuah teks) yang kata-kata tertentunya dihilangkan dan biasanya sebagai gantinya diberikan titik-titik atau rumpang dengan nomor tertentu dan siswa diminta untuk menganalisis kata apa yang tepat dipilih dan melengkapi teks rumpang itu dengan kata-kata yang tepat.

Apa saja kata-kata yang biasa diuji? Tentu saja kata-kata yang termasuk dalam parts of speech berikut sebab kata-kata inilah yang menjadi bagian penting teks tersebut.
  
    Pronoun(s) àas subject or object
    Noun (s)à as singular or plural
    Verb(s) àpast tense, etc,
    Adverb(s)àmanner, time, place
    Conjunction(s)àordinate, subordinate
    Adjective
    Preposition

C.    JENIS TEKS YANG DIBACA DALAM UN
Secara garis besar ada dua jenis teks yang akan diujikan dalam UN yakni short functional texts dan essay texts. Berikut sekilas gambaran tentang teks-teks tersebut.


1.    Teks fungsional pendek (Short Functional Texts)
Sesuai namanya teks jenis ini ditulis secara singkat atau pendek, namun mereka memiliki fungsi-fungsi penting tertentu dalam kehidupan kita sehari-hari. Berikut adalah jenis-jenis teks fungsional pendek yang biasa diujikan dalam UN:

a.    Notice
     Dalam Encarta dictionary notice diartikan sebagai  “public sign: a sign in a public place giving information, instructions, or a warning (tanda yang ada ditempat umum yang berfungsi memberi informasi, instruksi atau peringatan) ; atau written announcement: a written or printed announcement or statement of information, often displayed on a board or wall, or published in a newspaper or magazine.” (suatu pengumuman atau pernyataan informasi tertulis atau tercetak yang seringkali dipasang pada sebuah papan atau dinding atau diterbitkan pada surat kabar atau majalah). Dalam UN makna atau purpose dari teks jenis ini yang sering ditanyakan.

     Contoh notice:

b.    Caution
Caution adalah carefulness: care, thoughtfulness, and close attention that enable somebody to avoid the risks involved in a task or procedure, atau warning: a warning to somebody to be careful about something (Encarta dictionary). Seperti notice, makna atau tujuan penulisan teks dari caution biasanya ditanyakan dalam UN.

Contoh:

                         
c.    Short message
Yaitu jenis teks dalam bentuk pesan singkat yang biasa kita tulis sewaktu mengirim SMS atau catatan singkat yang kita letakkan misalnya pada kulkas, dinding atau papan bor di rumah kita terkait dengan berbagai aktivitas atau kejadian. Berbagai keterampilan membaca bisa ditanyakan melalui teks jenis ini.



d.    Greeting card
Yaitu teks yang dibuat orang untuk memberikan ucapan selamat atas berbagai keberhasilan atau keberuntungan seseorang, misalnya kita ucapkan selamat kepada teman dekat kita yang baru saja berhasil menjadi juara olah raga secara tertulis. Kita sering menyebutnya kartu ucapan selamat. Dari teks jenis ini berbagai kemampuan membaca bisa ditanyakan.
Contoh:
             


e.    Announcement
Yaitu jenis teks yang ditulis orang untuk memberitahukan tentang sesuatu kepada orang lain. Modelnya bermacam-macam tergantung tujuan, dimana dan oleh siapa untuk siapa. Pengumuman yang dimaksud disini tentu saja dalam bentuk pengumuman tertulis. berbagai macam informasi dapat ditanyakan berdasarkan jenis teks ini. Coba pelajari contoh berikut.

 

f.    Invitation
Teks jenis ini ditulis orang untuk mengundang orang lain dalam berbagai macam kegiatan. Ada bermacam-macam bentuk undangan ini mulai dari yang informal sampai yang sangat formal. Berbagai macam keterampilan dapat ditanyakan untuk mengukur kemampuan membaca siswa dari teks ini. Berikut adalah salah satu bentuk contoh teks berbentuk undangan.



g.    Letter/ E-mail

Teks jenis ini ditulis orang untuk berbagai macam tujuan. Bentuknya ada yang informal sampai yang sangat formal dengan ciri-ciri khas tertentu. Berbagai macam keterampilan membaca dapat diuji dalam UN. Perhatikan contoh berikut ini:
                                       Contoh e-mail:




Contoh letter:


Dear Dea,
I wanted to write to you today to say that I have moved to Malang. My new address is Taman Malang Indah, Blok A 10 No 17 Malang Jawa Timur and now I go to SMP Perdana the best junior high school in town.
You know that we have shared a lot of ups and downs throughout the past years and I am very happy to count you as my friend.  At the same time, I also wanted to say that I expect to see you quite often in the coming years. I extend an open invitation to you, right now, to visit me and my family whenever you have some free time.
I also expect to visit you and your family and I will let you know well in advance so we can plan to get together.
I also wish you a success in your new school, and I hope you keep me up to date on what’s happening through email.
Yours,
Laela



h.    Label

Dalam Encarta dictionary label diartikan sebagai “informative item attached to something: a piece of paper, fabric, or plastic attached to something to give instructions about it or identify it.” Jadi teks jenis ini berupa teks yang diambil dari label barang-barang, makanan atau minuman yang memberi informasi tentang berbagai hal yang terkait dengan suatu produk pada kemasannya. Dari teks ini berbagai informasi dapat ditanyakan. Berikut salah satu contoh label.





i.    Advertisement
Dalam kamus Encarta advertisement diartikan sebagai “public announcement: a public announcement in a newspaper or on the radio, television, or Internet advertising something such as a product for sale or an event.” Tentu saja tujuan penulisan ini adalah untuk mempublikasikan kualitas suatu produk, pelayanan, bisnis atau event yang tujuannya untuk mendorong orang membeli atau menggunakannya. Berbagai keterampilan membaca dapat ditanyakan dari jenis teks ini. Berikut adalah salah satu contoh dari iklan ini.


2.    Essay texts.
Untuk tingkat SMP jenis-jenis teks yang mesti dipahami benar adalah sebagai berikut: 1) Descriptive text, 2) Recount text, 3) narrative text, 4) procedural text, dan 5) Report text.

Dari jenis-jenis teks model ini hampir semua keterampilan membaca seperti yang telah dijelaskan dimuka dapat ditanyakan dalam UN.

Berikut ini uraian singkat tentang fungsi sosial, langkah retorika dan fitur bahasa dari masing-masing teks diatas.



 Dengan adanya informasi yang kami sajikan tentang  contoh iklan makanan bahasa inggris

, harapan kami semoga anda dapat terbantu dan menjadi sebuah rujukan anda. Atau juga anda bisa melihat referensi lain kami juga yang lain dimana tidak kalah bagusnya tentang Makanan Khas Kalimantan Selatan yang Tradisional dan Unik 

. Sekian dan kami ucapkan terima kasih atas kunjungannya.


buka contoh marketing : https://stars5cilacap.files.wordpress.com/.../contoh-soal-dan-pemba...

No comments:

Post a Comment