PERIKLANAN

PERIKLANAN

buzz marketing, guerilla marketing, integrated marketing, integrated marketing communications, marketing, marketing mix, marketing news, niche marketing, sports marketing, word of mouth marketing
PERIKLANAN

iklan sprit kata - Dalam  sebuah unjuk kekuatan modal yang belum pernah terjadi sebelumnya, coca-cola  Company mengudarakan 70 iklan berbeda olimpiade musim panas 1996. Coca-cola membayar $60 juta kepada NBC untuk membeli kategori minuman non-alkohol untuk olimpiade yang diselenggarakan dimarkasnya sendiri, atlanta, Georgia. Coca-cola menggunakan waktu komersial olimpiade tersebut untuk mendongkrak sejumlah minuman produksinya, termasuk diet coke, sprite, minuman olah raga power ade, dan nestea . Coca-cola juga mengikatkan diri dengan olimpiade dalam sebuah promosi eceran besar. Pajangan-pajangan penjualan menyatakan musim tersebut sebagai “Red-hot olympics summer” perusahaan tersebut juga menyediakan produk berupa kemasan 12 kaleng dan botol 2 liter, dengan berbotol-botol dan pernak-pernik olimpiade yang dapat dimenangkan oleh pelanggan.


    Pada tahun 1998, seorang profesor sebuah universitas di Indiana mengirimkan paket federal express fasilitas satu malam (over night) ke American Council for International Studies (ACIS) yang berpusat di Boston. Melalui telepon, sipenerima mengungkapkan bahwa paket tersebut belum diterima hingga mnjelang siang keesokan harinya. Sang profesor kemudian memutar nomer bebas pulsa FedEx dan menemukan bahwa mobil FedEx berada di Bay State Road, Boston, dalam perjalanan mengirim paket tersebut. Alasan waktu pengiriman yan glebih lambat dari biasanya juga ditemukan : Penerbangan FedEx dari bandara O'Hare Chicago telah ditunda karena kabut pagi. Ketika sang profesor menghubungi kembali sang penerima, wakil ACIS tersebut melihat mobil FedEx sedang menepi ketempat parkir di pinggir jalan. Informasi penelusuran yang sama juga tersedia bagi sang profesor di Internet.
    Selamat datang di dunia”Integrated Marketing Communication”Komunikasi Pemasaran terpadu) ??
    Dalam contoh pertama, keputusan coca-cola untuk mengintegrasikan kampanye media massa dengan kemasan dan tampilan spesial, mencermikan tumbuhkan kecenderungan untuk “menyertakan dan melibatkan saluran distribusi dalam bauran komunikasi (communication mix)”. Ketika sebuah kampanye periklanan diluncurkan. Namun, apa hubungan ilustrasi kedua dengan periklanan ? Ketersediaan informasi bagi konsumen, termasuk pemesanan dan penelusuran tiket elektronik, mengilustrasikan gelombang massa depan – pergeseran dalam kekuatan pasar dari manufaktur atau penyedia jasa ke pelanggan, atau pengguna akhir. Pergeseran tersebut telah berdampak dan akan terus memiliki dampak pada bidang periklanan. Menurut profesir Don E.Schultz dari norwestern university, pencetus komunikasi pemasaran terpadu (KPT), konsep KPT dimulai dengan kebutuhan, keinginan, dan usaha konsumen untuk kembali ke merek. Sekarang, Mc Donalds tidak bisa mengeluarkan produk baru dan hanya membelanjakan $75 juta untuk ikaan televisi sebagai usaha untuk mempromosikannya. Rencana-rencana periklanan tidak hanya melibatkan semua sistem komunikasi dalam organisasi, namaun juga manajemen total dari semua yang berkaitan dengan merek.
    Mereka yang terlibat dalam profesi periklanan, semakin menyadari  bahwa sukses masa depan tergantung kemamouan untuk memahami dan menggunakan berbagai piranti Komunikasi Pemasaran Terpadu. Evolusi KPT, atau Integrated Communication (komunikasi Terpadu) akan dibahas dalam bab ini. Namun, sebelumnya kita harus memahami apa periklanan itu dan bagaimana ia berevolusi menuju abad ke-21.

Definisi Periklanan
    Periklanan adalah komunikasi komersil dan non personal tentang sebuah komunikasi dan produk-produknya yang ditransmisikan kesuatu khalayak target melalui media bersifat massal seperti telvisi, radio, majalan , direct mail (pengeposan langsung), reklame luar ruang, atau kendaraan umum. Dalam komunikasi global baru, pesan-pesan periklanan dapat ditransmisikan melalui media baru khususnya internet. Perusahaan konsultan Jupiter Communications telah memperkirakan bahwa oeriklanan online akan mencapai $500 juta menjelang tahun 2000.
    Belanja iklan diharapkan mencapai rekor $ 200,3 Milyar pada 1998, meningkat 6,8% dari tahun sebelumnya. Peningkatan 6% hingga $ 212,3 Milyar diperkirakan terjadi pada tahun 2000. Individu dan organisasi menggunakan periklanan untuk mempromosikan barang, jasa, gagasan,isu, dan orang. Sebagai contoh, BMW America Utara mengkonsentrasikan sebagian besar dari anggran $ 80 juta bagi dukungan televisi dalam pensponsoran olimpiade musim panas 1996 di Tlanta. Industei jasa keuangan, misalnya, American Express, Merrill Lynch, dan New York Cotton Exchange,membelanjakan sekita $ 2 Milyar pertahun untuk periklanan. Pada tahun 1997, dalam 3 tahun berturut-turut, general motor S adalah pembelanja iklan terbesar diseluruh negara (lihat tabel 1.1). Untuk para pembelanja iklan terbesar bersarkan kategori, lihat tabel 1.2.
    Iklan obat-obatan resep dengan target para konsumen telah mengelembung menjadi sebuah menjadi sebuah genre iklan baru. Apalagi setelah FDA mencabut pembatasan iklan TV menyangkut obat-obatan yang diresepkan pada 1997 belanja iklan tersebut berlipat ganda dari $ 595,5 juta pada tahun 1996 menjadi mendekati $ 1 Miliyar pada tahun tersebut. Menurut survei konsumen majalan Prevention pada tahun 1998, 81% orang dewasa Amerika Serikat adalah pemakai jangka panjang obat-obatan yang diresepkan. I,klan obat-obatan resep pertama di televisi adalah projek yang diudarakan 14 september 1998.

Klarifikasi Periklanan
    Tiada istilah tunggu, jelas, dan menyeluruh yang bisa menggambarkan karakter kompleks periklanan dan fungsi-fungsinya yang majemuk dan saling terkait. Periklanan sering sekali diklarifikasi dalam tipe besar.



Tabel 1.1 Pembelanjaan Iklan Terbesar di Amerika Serikat Berdasarkan Perusahaan
Perusahaan
Peningkatabf Belanja 1997
Terhadap 1998
Belanja 1997
(juta US$)
General Motor
30.00%
2.226,9
Procter & Gamble
12.00%
1.703,1
Philip Morris
8.00%
1.319,0
Chrysler
17.00%
1.311,8
Ford Motor
7.00%
973,1
Sumber : Diadaptasi dari Anne R. Carey and Quin Tian,”GM Top Ad Spender”, USA Today,hal. B1.

Tabel 1.2 Pembelanja Iklan Terbesar di Amerika Serikat Berdasarkan Kategori
Perusahaan
Belanja 1997
(miliar US$)
Peningkatan
Belanja
Jumlah Merek
Otomotif
6,5
18,5%
26
Produk Eceran
3,4
24,5%
15
Restoran
1,9
5,4%
8
Telepon
1,7
1,1%
7
Makanan
1,7
2,9%
10
Obat-obatan dan Perawatan diri
1,0
15,6%
8
Sumber : Diadaptasi dari Anne R. Carey dan Quin Tian, “Top 100 Spend $20 Billion”, Advertising Age, 13 Juli 1998, hal. S2.


Periklanan Produk
    Porsi utama pengeluaran periklanan dibelanjakan untuk produk : presentasi dan promosi produk-produk baru, produk-produk yang ada, dan produk-produk hasil revisi. Sebagai Contoh, Pada tahun 1998 Apple bersepakat dengan agen iklan TBWA Chiat/Day dan meluncurkan sebuah kampanya pemasaran senilai $100 juta untuk memperkenalkan komputer iMac terbarunya. Diseluruh penjuru negeri, komputer ini-tersedia untuk pertama kali ditoko-toko pada 15 Agustus – hampir atau semuanya terjual sekitan 18 Agustus. Banyak pengecer melaporkan menerima ratusan order pemesanan. Saham Apple melonjak hingga $42 9/16, bertahan selama 52 minggu.
Periklanan Eceran
    Berlawanan dengan iklan produk, periklanan eceran bersifat lokal dan berfokus pada toko, tempat dimana beragam produk dapat dibeli atau dimana satu jasa ditawarkan. Periklanan eceran memberikan tekanan pada harga, ketersediaan, lokasi, dan jam-jam operasi. Meijer, sebuah superstore berbasis di Michigan, yang memadukan karakter sebuah toko diskon dan supermarket, secara teratur beriklanpada televisi dan koranlokal. Para konsumen tertarik kepada superstore karena harga-harga yang lebih rendah dan serba ada.

Periklanan Koperasi
    Fungsi iklan ini adalah membangun identitas koorporasi atau untuk mendapatkan dukungan publik terhadap sudut pandang organisasi. Kebanyakan periklanan koorporasi dirancang untuk menciptakan citra menguntungkan bagi sebuah perusahaan dan produk-produknya; meski demikian, periklanan citra secara khusus mengindikasikan kampanye koorporasi yang menyoroti keunggulan atak karateristik menguntungkan dari perusahaan sponsor. Iklan bayi Super Bowl XXX dari McDonald's menggambarkan bayi dalam ayunan, bergantian antara menangis dan tersenyum ketika melihat lengkungan emas. Iklan ini mempromosikan satu citra positif restoran-restoran McDonald's, bukan produk tertentu.

Periklanan Bisnis-ke-Bisnis
    Istilah ini berkaitan dengan periklanan yang di tunjukan kepada para pelaku industri (ban yang diiklankan kepada manufaktur mobil), para pedagang perantara (pedagang partai besar dan pengecer), serta para profesional (seperti pengacara dan akuntan). Periklanan oleh para profesional telah mendapatkan momentum sejak keputusan mahkamah aguang Amerika Serikat memperbolehkan periklanan semacam ini.

Perilanan Politik
    Periklanan politik sering kali digunakan para politisi membujuk orang untuk memilih mereka; dan karenanya, iklan jenis ini merupakan sebuah bagian penting dari proses politik di amerika serikat dan negara-negara demokrasi lain yang memperbolehkan iklan para kandidat. Para pengkritik merasa perihatin bahwa periklanan politik cenderung lebih berfokus pada citra ketinmbang isu-isu. Pada pemilihan presiden tahun1996, para kandidat banyak menjalankan apa yang disebut comparison ads (Iklan membandingkan) yang biasanya negatif. Beberapa penolakan kecenderungan ini (lihat gambar 1.2). Senator 2 kali dan page (R-NC) merintis salah satu iklan negatif pertama televisi di tahun 1998 dalam musim kampanye kongres sebuat spot yang menunjukkan judul berita koran yang mengisahkan hubungan presiden Clinton dan Monica Lewinsky. Satu suara latar berkata,”Skandal demi skandal. Hari demi hari.” Industri periklanan bahwa ini dapat memunculkan reaksi balik para regulator kcuali iklan tersebut mampu mengajak para konsultan media untuk membersihkan periklanan kampanye politik.
    Sebagian para politisi, pemerintahan juga dimungkinkan menggunkan periklanan. Dalam menghadapi krisis keuangan 1998, thailand dan Malaysia meluncurkan kampanye periklanan untuk memperbaiki reputasi mereka yang menguap dan mengembalikan para investor yang menghilang. Iklan-iklan cetak muncul dalam publikasi-publikasi bisnis global, dan spot-spot televisi diudarakan dijaringan kabel CNN.

Periklanan Direktori
    Orang merujuk periklanan direktori untuk menemukan cara membeli sebuah produk atau jasa. Bentuk terbaik direktori yang terkenal adalah yellow pages meskipun sekarang terdapat berbagai jenis direktori yang menjalankan fungsi serupa . Direktori-direktori yelklow pages ditambahkan ke buku telepon setelah Perang Dunia II. Sekitar tahun 1950an dan 1960an upah direktori dibebankan pada perusahaan pengiklan. Strukturpasar ganda iklan yellow pages berkembang menjadi 80% daftar lokal dan 20% nasional. Pada tahun 1975, yellow pages publisher association (YPPA) berdiri sebagai hasil merger dua asosiasi terdahulu. Ciri unik iklan direktori iklan yellow pages adalah kemampuan untuk mengukur tangapan. Perusahaan perngiklan bisa mencantumkan dua nomor telepon berbeda, satu diberikan dalam iklan yellow page dan yang lain digunakan dalam saluran-saluran iklan alternatif, sedangkan tanggpan ke iklan yellow pages dapat diukur. Lebih jauh lagi, iklan direktori adalah unik dalam arti pengguna biasanya siap membeli produk ketika membuka direktori.

Periklanan Respon Langsung
    Periklanan respon langsung melibatkan komunikasi dua arah antara pengiklan dan konsumen. Periklanan tersebut dapat menggunakan sembarang media periklanan (post,televisi, koran, atau majalan), dan konsumen dapat menanggapinya, sering kali lewat pos, telepon, atau fax. Banyak perusahaan sekarang memperbolehkan konsumen secra online. Produk biasanya dikirimkan kekonsumen lewat pos.
    Sebagai contoh, majalah time menggunkan iklan televisi untuk periklanan respon langsung. Iklan tersebut mengajak pemirsa satu nomer 800 (bebas pulsa-ed.) untuk berlangganan majalah atau menerima informasi lebih lanjut. Serupa dengan ini perusahaan menggunakan kartu-kartu yang disisipkan kedalam rak-rak penjualan yang, dengan sendirinya, merupakan mekanisme tanggapan. Komsumen hanya perlu mengisi kartu dan mengposkannya -bebasperangko-untuk mendapatkan kiriman kerumah. Time juga sering kali mengiklankan “tawaran”,seperti kamera atau video gratis, sebagai “hadia” seandainya konsumen memutuskan untuk berlangganan. Penawaran dan daftar pos (mailing list)-seandainya pos adalah media yang dipilih-dikatakan sebagi media terpending dalamkeberhasilan iklan respon langsung.

Periklanan Pelayanan Masyarakat
    Perillanan pelayanan masyarakat dirancang untuk beroperasi untuk kepentingan masyarakat dan mempromosikan kesejahteraan masyarakat. Iklan-iklan ini diciptakan bebas bias oleh para profesioanal periklanan, dengan ruang dan waktu iklan merupakan hibah oelh media. Manajemen  dan staf di Bozell and Jacobs, sebuah agen iklan Amerika Serikat, menyumbangkan waktu, bakat, dan uang bagi organisasi pelayanan publik seperti American Cancer Society, American Red Cross, and United Way. Banyak stasiun televisi lokal telah bekerjasama dengan Mother Agen Drunk Driving (MADD), menciptakan dan menyiarkan spot gratis layanan masyarakat yang mendesak generasi muda untuk mtidak minum-minuman keras dan berkendara pada jam sibuk. Lebih dari 200 agen periklanan menciptakan iklan-iklan tanpa imbalan bagi kampanye terbesar pemerintah yang pernah ada, sebuah upaya anti – narkoba senilai $ 2 Miliar, dengan jaringan yang menyiarkan 400 kreasi agen iklan di 102 kota di Amerika Serikat pada bulan Juli 1998.

Periklanan Advokasi
     Periklanan advokasi berkaitan dengan penyebaran gagasan-gagasan dan klarifikasai isu sosial yang kontroversial dan menjadi kepentingan masyarakat . Perusahaan yang menerapkan strategi periklanan pada masalah sosial seperti konservasi alam semakin bertambah banyak .

Fungsi- Fungsi Periklanan
    Definisi dan klarifikasi hanya memberikan sebuah bahasa umum untuk mengembangkan pemahaman tentang periklanan. Efek periklanan pada sebuah organisasi bisa jadi dramatik dan juga perlu dieksplorasi.
•    Periklanan menjalankan sebuah fungsi “informasi”; ia mengkomunikasikan informasi produk, ciri-ciri, dan lokasi penjualannua. Ia memberitahu konsumen tentang produk-produk baru. Apple menggunakan pengerahan iklan untuk menginformasikan komputer iMac barunya; kampanye iklan TBWA Chiat/Day tahun 1998 yang lain (“Yo Quiero Taco Bell”) memperkenalkan para pemirsa televisi dengan taco Gorditas baru dari Taco Bell.
•    Periklanan menjalankan sebuah fungsi “persuasif”; ia mencoba membujuk para konsumen untuk membeli merek-merek tertentu atau mengubah sikap mereka terhadap produk atau perusahaan tersebut. Jaringan televisi ABC menyewa Chiat pada tahun 1998 untuk menciptakan sebuah identitas jaringan melalui iklan yang dirancang untuk memposisikannya sebagai “sebuah jaringan perkotaan yang cerdas”. Miller Beer membelanjakan antara $60 hingga $80 juta untuk kampanye iklan merek Miller yang baru pada tahun 1996, dirancang untuk meposisikan merek baru tersebut agar dapat merebut pangsa pasar Budweiser. Terkadang iklan dapat informatif sekaligus persuasif . Sebagaimana iklan Taco Bell memperkenalkan taco Gorditas baru, ini juga mendorong para pemirsa memilih Taco Bell dalam memesan makanan cepat saji mereka melalui seruan emosional Taco Bell Chihuahua yang sekarang populer. (seks,anak-anak lucu, serta binatang-binatang berbulu dan kecil telah lama menjadi elemen-elemen penting dalam periklanan.
•    Periklanan menjalankan sebuah fungsi “pengingat”. Ia terus-menerus mengingatkan para konsumen tentang sebuah produk sehingga mereka akan tetap membeli produk yang diiklankan tanpa memperdulikan merek pesaingnya. Bertahun-tahun iklan McDonald's telah menjadi tontonan tertinggi mingguan di televisi. Daftar hasil survei Nielsen adalah sebuah indikator baik tentang siapa yang melakukan pengerahan iklan besar dan seberapa banyak kampanye iklan mendukung tenaga pemasaran. Pada tahun 1998, McDonald's menikmati pangsa 42% dari pasar Burger cepat saji Amerika Serikat, meskipun burger king berusaha keras meraih status makanan cepat saji nomer 1. Dalam kurung waktu seminggu dari 20 hingga 26 Juli 1998, McDonald's mengudarakan 61 iklan, sementara burger king 69 iklan. Iklan McDonald's ditonton oleh 316,3 juta keluarga burger king sedikit dibawahnya dengan 282,4 juta penonton.  Pada tahun 1997, McDonald's adalah pembelanja iklan terbesar diantara mega brand dan pembelanjaan terbesar iklan televisi (lihat tabel 1.3). Tujuan iklan iklan McDonald's adalah untuk mengingatkan konsumen bahwa ketika mereka lapar ada restoran McDonald's di dekatnya.

Periklanan & Pemasaran
    Empat tahun revolusi pasar bebas dan produksi besar pertanian di India membuat pasar raksasa tersebut terbuka bagi segala sesuatu, mulai dari peralatan toilet hingga pesawat televisi. Colgate – Valmolif India United, sebuah perusahaan barang konsumen Amerika Serikat, bertekad untuk merebut lebih dari setengah pendapatan dari wilayah pedesaan India hingga tahun 2003, naik sekitar 30% 1996. Itu berarti membutuhkan dana 5 kali lipat untuk pemasaran pedesaan pada tahun 1996 dibandingkan 1991. Bagaimanapun, untuk mendapatkan pijakan para produsen produk konsumen tidak bisa bersandar pada teknik pemasaran konvensional Medison Evenue : lebih dari setengah penduduk India adalah buta huruf, dan hanya sepertiga yang rumahnya memiliki pesawat televisi. Maka para pemasarar Colgate beralih ke infonersial setengah jam yang dibawa kepedesaan memnggunakan mobil video. Banyak penduduk India di pedesaan tidak pernah memegang produk seperti botol shampo atau tube pasta gigi. Kurang dari 15% penduduk pedesaan India yang secara teratur menggunakan sikat gigi sesuai dengan data Colgate-Valmolif dari generasi ke generasi, mereka telah menggunakan bubuk arang dan tanaman setempat untuk membersihkan mulut mereka. Para petani dan peladang digiring ke mobil video dimana infomersial diberikan kepada mereka. Subteknya adalah jelas Colgate “Colgate baik bagi nafas dan mulut anda.” Khalayak diberi sampel-sampel gratis. Seorang pemasarn Colgate mendemontrasikan bagaimana menggunakan pasta gigi dan sikat gigi. Untuk mendorong para orang tua membekli satu tube, perusahaan memberikan sikat gigi Colgate secara gratis kepada beberapa anak, dan membiarkan banyak acungan tangan lain yang  meminta lebih.


Tebel 1.3 Pembelanja Iklan Terbesar pada Tahun 1997 Berdasarkan Merek
Megabrand
Total Belanja
Iklan TV
Iklan Cetak
Sears stores
$664,6
$369,3
$251,2
Chevrolet
656,3
400,2
233,6
McDonald's
580,5
554,9
3,1
Sumber : Diadaptasi dari “Retail, Automotive Set Megabrand Direction”, Advertising Age,13 Juli 1998,hal.s8.
Catatan : Angka-angka dalam juta US$


Konsep Pemasaran
    Kisah tentang raksasa produk konsumen Colgate-Palmolive Company tersebut menunjukkan bahwa periklanan adalah bagian dari upaya pemasaran total. Ini juga menunjukkan bahwa strategi-strategi pemasaran, termasauk periklanan, tidak mudah dipindahkan dari satu budaya ke budaya lain. Individu, bisnis, pemerintah, dan organisasi nirlaba, semuanya mengembangkan berbagai produk untuk memuaskan para konsumen, orang atau organisasi yang membelinya dan periklanan yang membantu membujuk para konsumen untuk memilih satu produk ketimbang yang lain. Meski demikian, pemasaran bukan hanya penjualan. America Marketing Association mendefinisikan pemasaran sebagai “Proses perencanaan dan konsepsi, menentukan harga, promosi, dan distribusi gagasan, barang, dan jasa untuk menciptakan pertukarang yang memuaskan individu (konsumen) dan tujuan organisasi.
    Menurut konsep pemasaran, sebuah organisasi hendaknya mencoba menyediakan produk-produk yang memuaskan kebutuhan konsumen melalui sekumpulan kegiatan terkoordinasi yang juga  memungkinkan orangisasi mencapai tujuan-tujuannya. Sekarang ini manufaktur dapat menghasilkan barang dan perusahaan jasa dapat semakin efisien memproduksi barang dan jasa dibandingkan sebelumnya, yang berarti bahwa persediaan sering kali levih besar dari permintaan. Karena orang memiliki lebih banyak pilihan produk, sebuah organisasi harus memberi sebuah alasan nyata kepada para konsumen untuk memilih produknya ketimbang yang lain. Jika tidak, laba organisasi akan anjlok saat para konsumen berterbangan ke perusahaan persaing. Oleh karenanya, kunci menuju sukses menerapkan konsep pemasaran. Tiga komponen utama yang menyusun konsep pemasaran :
1.    Pemenuhan kebutuhan dan keinginan konsumen. Sebuah organisasi harus menemukan apa yang memuaskan para konsumen dan menggunakan informasi ini untuk menciptakan produk yang tepat. Organisasi harus terus menerus mengubah, mengadaptasi, dan mengembangkan produk agar bisa mengikuti perubahan selera para pelanggan.
2.    Upaya pemasaran terkoordinasi di seluruh organisasi. Pemasaran hanya salah satu fungsi yang terlibat dalam pemenuhan kebutuhan konsumen. Penelitian dan oengembangan, manufaktur, keuangan, dan fungsi- lain juga penting, sehingga mengkoordinasikan fungsi-fungsi dengan upaya-upaya pemasaran sangat peluang-peluang sukses sebuah organisasi.
3.    Pencapaian tujun-tujuan jangka panjang. Sebuah perusahaan yang mengadopsi konsep pemsaran tidak hanya harus memuaskan tujuan-tujuan konsumen, namun juga mencapai tujuan-tujuannya sendiri, jika tidak ia takkan bertahan lama didalam bisnis.
    Tujuan menyeluruh sebuah bisnis mungkin diarahkan menuju peningkatan laba, pabgsa pasara, penjualan, atau kombinasi dari ketiganya. Ketika organisasi benar-benar mengembangkan konsep pemasaran, mereka benemukan bahwa para konsumen akan terus membeli produk-produk yang paling memuaskan kebutuhn mereka, yang akan mengingkatkan penjualan dan laba dalam jangka panjang.

Bauran pemasaran (marketing mix)
    Bauran pemasaran terdiri dari empat komponen utama produk, tempat, harga dan promosi . Variabel-variabel bauran pemasaran seringkali dipandang sebagai variabel terkendali karena seorang manajer pemasaran dapat memuaskan tipe setiap komponen dan jumlah yang akan digunakan unutk meraih kepuasan konsumen. Jadi, promosi (yang menyertakan periklanan) hanya diseimbangkan denga rencana produk, metode distribusi, dan harga untuk menciptakan bauran pemasaran yang menyeluruh yang akan di pertimbangkan para konsumen ketika mereka meraih sebuah produk.

Produk
    Produk adalah “Sebundel harga yang memenuhi harapan semua konsumen . Sebagai contoh, sebuah komputer laptop acer lebih dari sekedar komputer ia juga menyertakan panduan instruksi, akses kejalur pelayanan pelanggan, sertifikat jaminan, dan komponen-komponen lain. Sebuah tiket penerbangan menjanjikan lebih dari lebih dari sekedar transportasi komponen-komponen lain. Seperti pelayanan-pelayanan didarat dan dalam penerbangan serta kedatangan tepat waktu dan aman ditempat tujuan adalah hal-hal yang diharapkan para konsumen. Mengiklankan ciri-ciri dan keuntungan-keuntunagn ini akan membantu para konsumen memilih produk atau jasa yang cocok dengan kebutuhan mereka. Penentuan merek dan pengemasan adalah dua karkter penting sebuah produk. Untuk menerkemahkan karakter produk kedalam suatu yang konkrit yang dapat digunakan untuk membedaan satu produk untuk membedakan dengan produk lain, banyak bisnis mengiklankan satu merek, naman atau kata atau frasa, dan simbol tersediri, atau kombinasi dari ketiga elemen. Sebagai contoh, perusahaan-perusahaan parfum menginvestasikan sejumlah besar uang dalam pengemasan parfum-parfum mereka untuk membedakan mereka dari produk para pesaing.

Tempat
    Tempat juga disebut saluran distribusi. Sebuah saluran distribusi. Sebuah saluran distrubisi merujuk pada sekelompok individu dan organisasi yang mengarahkan aliran produk dari para produsen ke para konsumen. Kegiatan-kegiatan distribusi menyertakan pengelolaan pengangkutan dan penyimpanan produk, pemrosesan pemesanan, dan pencatatan stok. Para anggota saluran distribusi termasuk para pedagang partai besar dan eceran serta para pembeli industri dalam pasar industri. Keputusan saluran distribusi sangat kritis karena mereka menentukan keberadaan pasar sebuah produk dan keterjangkauan bagi para pembeli. Para manufaktur mobil Amerika Serikat percaya bahwa mobil-mobil mereka sulit dijual dipasar Jepang karena keagenan Jepang dikendalikan oleh para manufaktur mobil terkemuka Jepang.

Harga
    Harga adalah nilai yang dipertukarkan dengan produk-produk dalam sebuah transaksi pemasaran. Sebuah harga produk harus mencakup seluruh biaya yang terlibat dalam produksi, distribusi, dan promosinya, demikian pula perkiraan laba. Sebagian tambahan, harga dapat mendukung citra sebuah produk, merebut penjualan dari para pesaing, atau mempengaruhi orang untuk mengubah waktu pemesanan mereka. Sebagai contoh, para pemasar memberikan potongan bagi para konsumen yang mau memesan AC selama musim dingin. Juga, penetapan harga tinggi bagi parfum Chanel membantu membangun citra eksklusif dari produk tersebut.

Promosi
    Promosi-komunikasi pemasaran-mencakup berbagai teknik yang digunakan untuk berkomunikasi dengan para konsumen dan calon potensial, dan hubungan masyarakat (publisitas), periklanan adalah satu dari empat elemen bauran promosi. Penjualan langsung adalah sebuah komunikasi bersifat personal dan komersial yang mencoba memberitahu dan membujuk para konsumen untuk membeli sebuah produk. Pada umumnya penjualan langsung adalah elemen termahal dari dalam bauran promosi. Penjualan ini sering kali digunakan dalam pasar industri dimana kontak pribadi merupakan hal penting untuk membangun hubungan dengan para pembeli. Promosi penjualan sekarang ini semakin penting bagi para organisasi. Para pemasar seringkali menggunakan contoh dan kupon gratis untuk meraih konsumen ketika mereka memperkenalkan produk baru. Hubungan masyarakat adalah serangkaian kegiatan komunikasi yang diugunakan untuk memciptakan dan memelihara hubungan mengunutngkan diantara oraganisasi dan publiknya. Publik yang di maksed termasuk para konsumen, karyawan, pihak berkepentingan, pejabat pemerintahan, dan masyarakat pada 8umumnya. Publisitas di pandang sebagi bagian hubungan masyarakat. Organisasi menggunaan media realise untuk mendapatkan komunikasi yang ditransmisikan melalui sebuah media masa. Dan periklanan, tentusaja, juga sebuah komunikasi non pribadi tentang organisasi dan atau produk-produknya, ditransmisikan ke khalayak target melalui media massa atau alternatifnya.

Evolusi Periklanan
    Periklanan sulit dikatakan sebagai sebuah fenomena baru. Bahkan seratus tahun yang lau, periklanan adalah bagian integral sekalipun terkadang tak disambut hangat, dari kehidupan sehari-hari dan selama bertahun-tajhun citra periklana tidak menunjukkan arah membaik.
    Koran pertama Amerika Serikat, Public Occurancies both foreign and domestic, terbit pada tahun 1690. Pada tahun 1704, Boston News Letter adalah koran yang pertama yang memuat iklan, yang menawarkan imbalan bagi seorang pencuri. Dua tukang cetak pada awal massa kolonial, James dan Benjamin Frenklin, mengawali New England Coutrant pada tahun 1721 . Sekitar massa revolusi Amerika, terdapat lebih dari 30 koran di Amerika serikat. Hari ini, koran Amerika Serikat pada umumnya melayani satu wilayah geografi tertentu, seperti komunitas lokal USA today membalikan kecenderungan tersebut ketika diluncurkan pada tahun 1982 sebagai koran nasional berwarna dengan gambar-gamber mencolok dan artikel-artikel ringkas namun tajam. Setelah USA today merintis jalan, banyak koran mnambahkan halaman berwarna, memungkinkan par pengiklan memamerkan produkproduk mereka lebih realistik dan menggunakan seni yang lebih bergaya untuk menangkap perhatian pembaca.
    Pertengahan tahun 1800an ditandai dengan permulaan pengembangan industri perkembangan di Amerika Serikat. Sejumlah perkembangan sosial dan terknologi yang di assosiasikan dengan revolusi industri berlangsung selama periode ini. Telegraf, telepon, dan mesin ketik memberikan perbaikan-perbaikan dramtik dalam menyampaikan pesan massal. Teknologi percetakan lebih baik dan kemampuan untuk mencetak foto serta ilustrasi-ilustrasi membuat iklan majalah semakinmenarim para pembuat iklan. Setelah pelang sipel, the atlantic mountley dan majalah-majalah lain mulai memuat lebih-banyak iklan. Perintis agen periklanan, J.Walter Thomson, mengajak Harver' Magazine dan lain-lain mencetak makanan, sabun dan bahkan obat-obatan paten. Memasuki fajar abad ke 20 dalam menjadi sebuah unit sosial dan ekonomi di Amerika Serikat. Majalah dan koran dipenuhi dengan ilan-iklan segala jenis produk.
    Siaran komersial pertama radio di Amerika Serikat terjadi pada tahun 1922 oleh stasiun WEAF milik AT & T di New York. Dalam dua tahun, radio meluas dari sebuah media lokal menjadi nasional, terutama karena jaringan, dengan sekelompok stasiun yang melakukan siaran secara simultan di banyakpasar. Pada tahun 1926, AT & T menjual jaringan stasiun radionta ke National Broadcasting Company (NBC). Hari ini, sekitar 5000 stasiun radio AM dan 4000 stasiun radio FM beroperasi di Amerika Serikat, semuanya digunakan oleh para pengiklan lokal, regional, dan nasional.
    Stasiun komersial pertama didirikan pada tahun 1941. Sebuah sistem antena televisi komunitas yang bermula di Pennsylvania pada tahun 1948 menjadi pencetus sistem kabel yang merebak di seluruh negeri selama tahun 1970-an dan 1980-an. Sekitar tahun 1954, NBC dan CBS merupakan jaringan-jaringan terkemuka, diikuti oleh ABC. Pada tahun 1972, Home Box Offrice (HBO) mulai beroperasi sebagai stasiun kabel bayaran. Hari ini, jaringan-jaringan kabel seperti MTV dan CNN, serta saluran-saluran kabel lokal akses publik tersedia secara luas.

Fase Periklanan
    Periklanan bisa dikatakan telah berkembang dalam fase-fase. Hingga awal tahun 1900-an, periklanan berfokus pada keuntungan-keuntungan produk menggunakan iklan informasi. Ini biasanya menyertakan harga jual dan menekan keunikan dan ciri produk. Tahun 1920-an menyaksikan permulaan periklanan yang sadar-status (status-conscious). Sementara kelas-kelas atas dan kaya menikmati berbagai kemewahan, apa yang disebut rumus periklanan “demokrasi barang-barang” menjanjikan bahwa kelas-kelas lebih bawah setidaknya dapat memperoleh sebagian kemewahan tersebut dengan membeli produk-produk tertentu, Sebagai contoh, sebuah iklan chase and Sanborn's Coffee menunjukkan seorang pelayan menyajikan kopi dalam sebuah rumah mewah. Tulisan yang tertera menyatakan bahwa “no one'king,prince, salesman, or capitalist'-could enjoy better coffee.” Iklan-iklan ini sering kali menggunakan kata-kata dan frasa-frasa kunci seperti “setiap orang,” “siapa pun”, dan “rumah mana pun”.
    Sekitar tahun 1930, fokus pesan-pesan periklanan telah berpindah dari produk ke pengguna. Pengukuan-pengakuan atas berbagai produk, termasuk tembakau, adalah hal umum. Tema-tema iklan menyertakan keluarga, status sosial, dan kesehatan.
    Periklanan bergeser lagi mengikuti perang dunia II. Masa perang menyaksikan memuncaknya ekonomi produsen Amerika, yang bergeser ke ekonomi konsumen setelah perang. Ketika pasar yang belum pernah terjadi sebelumnya tercipta karena baby boom mulai menurun pada tahun 1950-an, para manufaktur yang tidak pernah menurunkan efisien masa perang dalam produksi massal mendapati adanya surplus produk. Untuk memindahkan produk yang sekarang menumpuk tersebut, perusahaan-perusahaan berpaling ke tim-tim psikolog yang turun gunung ke Madison Avenue. Sekarang periklana berjanji untuk mentransformasikan konsumen. Tahun 1960-an disaksikan peningkatan pesat seruan-seruan kesalahan dan ketakutan (beberapa kampanye klasik termasuk “Ring aound the collar” dan “If she kisses you once, will she kiss you again? Be certain with Certs”). Menurut teoritis periklanan Gary C. Woodward dan Robet E. Denton, kebahagiaan, roman, langganan”. Era periklanan citra dianggap bersumber dari David Ogilvy dan perhatian-perhatiannya terhadap citra produk, identifikasi merek jangka panjang, dan loyalitas.
    Sekitar tahun 1970-an, produk-produk menjadi emblem identifikasi kelompok. Ketika tahun 1920-an disifati oleh seruan elitis akan perbaikan status sosial, periklanan tahun 1970-an disifati oleh seruan populis. Menurut Jack Salomon dalam Master of Desire : The Culture of American Advertising, impian Amerika “memiliki dua wajah : yang satu komunal-egaliter dan yang lain sepenuhnya elitis.” Ikon-ikon komersial populis termasuk “musik country, kehidupan kota kecil, piknik keluarga, dan ladang pertanian,” demikian pula baju kasual dan semangat musik. Jadi, celana jean mendefinisikan kelompok-kelompok orang tertentu, dan sebuah komersial minuman ringan mengumandangkan pesan populis,” I'd like to teach the world to sing in perfect harmony...”
    Tahun 1980-an berlangsung dengan semangat membara dan populis hingga, di pengunjung dekade, sejenis seruan elitis baru muncul.” Narasi yang memainkan kekhawatiran para manajer korporasi muda yang berjuang menaiki tangga kesuksesan” ini mewakili “gairah elitis untuk 'bangkit'.” Sementara itu, McDonald's merintis pesan komersial yang ditargetkan secara strategis. Menolak kampanye satu-ukuran-bagi-semua, McDonald's secara simultan menarget beragam kelompok usia, kelas, dan ras. Dari spot-spot fantasi Ronald McDonald yang ditargetkan ke anak-anak, hingga seruan kepada remaja untuk mendapatkab “Mac Tonight” yang lebih canggih, hingga komersial “anak-anak baru” yang ditujukan kepada warga senior, McDonald's melawan kecenderungan luas dan membeda-bedakan segmen pasar secara spesifik.
    Pada tahun 1990an, suatu iklim konsumen yang skeptis tumbuh dalam menanggapi kejenuhan publik atas pesan komersial dan seruan berlebihan serta manipulatif. Konsumen baru mendapati bahwa interupsi kelinci Energizer terhadap “kampanye Gallo yang agak melebih-lebihkan....dan ditujukan pada pasar yuppie” sebagai penyegaran. Antikomersial  telah menjadi tanggapan akrab bagi sinisme konsumen. Hari ini, produk-produk tetap diiklankan sebagai solusi masalah dan kebutuhan pribadi. Periklanan mungkin tetap menyarankan bahwa sebuah produk dapat mendefinisikan status dan keanggotaan kelompok, namun kelompok-kelompok yang menjadi target telah semakin beragam, mencerminkan gaya hidup yang berubah-ubah dalam masyarakat kontemporer.

Fase-fase Komunikasi Terpadu
    Dalam artikelnya, The Evolving Nature of Integrated Communication, Don E. Schultz telah mendefinisikan ulang komunikasi pemasaran terpadu (KPT), yang saat ini lebih umum disebut sebagai komunikasi terpadu (integrated communicatin/IC). Schultz berkata bahwa ini “ bukanlah sebuah kegiatan satu bidang atau satu industri” melainkan “metode atau jalan pemikiran terkoordinasi tentang perencanaan.pengembangan, dan implementasi program-program komunikasi untuk saat ini dan menuju masa depan.” Ia menggambarkan tahap-tahap berikut dalam evolusi KPT, atau IC.

Tahap 1 – Pendekatan “Satu Pandangan, Satu Suara” ke Integrasi
    Sebelum pertengahan tahun 1980-an, organisasi-organisasi pemasaran merek tingkat nasional, yang telah berkembang pada tahun 1950-an dan 1960-an mendominasi pasar. Banyak praktisi komunikasi selama fase ini merasa bahwa mereka mempraktikkan apa yang akhirnya disebut komunikasi terpadu lewat departemen periklanan, penjualan,pemasaran langsung, dan hubungan masyarakat yang duduk bersama merencanakan kampanye program komunikasi. Sudut pandang pertama komunikasi pemasaran terpadu adalah bahwa ia menghadirkan bersama-sama komponen bauran pemasaran yang sebelumnya tersegmen untuk menghasilkan sebuah citra dan pesan yang konsisten, dalam kata lain-satu pandangan, satu suara (lihat Gambar 1.1).
Tahap 2 – Proses Pensejajaran dan Integrasi
    Sekitar pertengahan tahun 1980-an, pemindaian data dan terciptanya para pengecer masif menggesr kekuatan dari pelaku manufaktur ke pengecer. Sebagai contoh, pendapatan Wal-Mart untuk kuartal kedua 1998 melejit hingga $33,5 miliar, dan belanja iklan eceran telah meningkat 24,5% dari tahun 1996 ke 1997 (lihat tabel 1.2). Kebutuhan dan tuntutan akan integrasi juga bergeser. Integrasi sekarang, menurut Schultz, perlu “menyertakan dan melibatkan saluran-saluran distribusi dalam bauran komunikasi.” Kampanye terintegrasi coca-cola yang digambarkan pada permulaan bab ini mengilustrasikan bagaimana satu perusahaan mengikatkan kampanye periklanan media massa tradisional dengan promosi-promisi ecerannya, dan selanjutnya mengikatkan kampanye seutuhnya dengan sebuah acara besar (olimpiade) di kota markasnya sendiri. Dalam kampanye ini, satu spektrum khalayak dan pihak-pihak berkepentingan dijangkau melalui aa yang schultz sebut sebuah “program komunikasi yang koheren, tepat waktu, dan berorientasi konsumen,” yang melibatkan seluruh bentuk dan tipe sistem distribusi.
    Pada pengunjung tahap ini, Schultz menegaskan bahwa pengembangan dan pengelolaan program-program komunikasi melibatkan seluruh organisasi. Ia percaya bahwa “komunikasi terpadu telah berpindah dari sebuah kegiatan berkecenderungan manajemen yang lebih strategis dalam pasar masa kini.”
Tahap 3 – Komunikasi Terpadu dalam Pasar Abad ke-21
    Evolusi komunikasi terpadu terutama digerakkan oleh pertumbuhan tekhnologi informasi (komputer,perangkat lunak, perangkat lunak, perkembangan digital, mesin-mesin pencari, email, situs-situs Web, database, dan sebagainya). Contoh pelayanan-pelayanan penelusuran Federal Express yang rinci pada permulaan bab ini mengilustrasikan d=salah satu cara media baru memungkinkan oraganisasi-organisasi untuk bisa lebih berkomunikasi dengan para konsumen mereka. Sistem komunikasi interaktif dikendalikan oleh konsumen. Dalam beberapa tahun terakhir, tekhnologi informasi telah semakin memiringkan keseimbangan kekuatan pasar kek konsumen. Dalam abad mendatang, Schultz memperkirakan bahwa para konsumen tidak lagi menjadi “target” melainkan “rekan,” bukan penerima pesan-pesan iklan seperti mereka yang sebelumnya didengar dan ditanggapi para pengiklan. Aliran pesan telah bergeser dari ke arah luar (outbound) menjadi arah dalam (inbound), dimana “para konsumen dan berbagai prospek menyatakan kebutuhan, keinginan, dan harapan mereka, sementara para pemasar dan komunikator mendengarkan dan mengembangkan tanggapan-tanggapan.” “Ini,”kata Schultz,” sepertinya akan menjadi tugas integrasi yang paling sulit.”
    Perubahan-perubahan dalam dunia bisnis dan tekhnologi juga telah memberikan tekanan baru kepada para pengiklan untuk bertanggung jawab, untuk menunjukkan bagaimana organisasi telah diuntungkan dari sebuah program komunikasi tertentu. Meskipun tekhnologi informasi membuat “komunikasi dan komunikasi terpadu lebih kuat dan memungkinkan, jenis teknik yang sama juga ditawarkan sebagai metode dan cara untuk mengukur efek dari produk sebuah program komunikasi, bukan sekedar hasil,” kata Schultz.
    Sebagai tambahan bagi tantangan ini, para pengiklan sekarang harus berkomunikasi disebuah pasar global dimana apa yang mungkin merupakan saluran atau pesan efektif dan tepat ke konsumen rumah tangga di Amerika menjadi sesuatu yang tak praktis dan secara budaya tak tepat dibagian lain dunia. Upaya Colgate-Palmolive untuk memasarkan perlengkapan toilet ke wilayah pedesaan India, yang disebutkan sebelumnya dalam bab ini, mengilustrasikan tantangan-tantangan periklanan dari orang berbudaya lain . Para pemasar komunikasi terpadu harus mempertimbangkan situasi berbeda yang menjadikan sebuah produk bisa digunakan dinegara-negara lain, demikian pula saluran-saluran komunikasi alternatif baru atau lama manakah yang bekerjanya paling baik. Seperti yang Schultz katakan bahwa para pelaku periklanan komunikasi terpadu akan perlu mempelajari “dimana, dalam bentuk apa, kapan, dalam kondisi-kondisi apa, dan ada pada tingkatan apa” yang ingin didengar konsumen dari mereka.

Rangkuman
    Klasifikasi periklanan menyertakan periklanan produk, eceran, korporasi, bisnis-ke-bisnis, politik, direktori, respon langsung, pelayanan publik, dan advokasi. Periklanan bisa menginformasikan atau membujuk konsumen. Dalam beberapa kasus, periklanan bertindak untuk mengingatkan konsumen tentang satu merek tertentu agar loyalitas konsumen terjaga. Periklanan hanyalah satu bagian upaya total yang dijalankan oleh bauran pemasaran(produk, tempat, harga, dan promosi). Bauran promosi menyertakan periklanan, hubungan masyarakat, promosi penjualan, dan penjualan pribadi. Periklanan di Amerika Serikat telah berkembang dalam menanggapi perkembangan-perkembangan dalam media massa dan kekuatan-kekuatan sosial ekonomi lain yang mempengaruhi para pelaku manufaktur, pengecer, konsumen, atau pengguna industri. Integrated Marketing Communication (Komunikasi Pemasaran Terpadu), yang sekarang dikenal luas sebagai integrated communication (Komunikasi Terpadu), telah menanggapi cara tekhnologi informasi mengubah konsumen maupun cara kita berkomunikasi dengan konsumen.

PERSPEKTIF GLOBAL :
PENCIPTAAN MEREK GLOBAL
    Bagaimanakan anda menciptakan atau menguatkan sebuah merek global ? Melalui iklan dimajalah dan televisi-tentu. Namun bagaimana dengan panjangan promosi “Hertage Tins”? Pensponsoran lomba motor balap Team Suzuki ? Poster-poster eceran seksi yang menampilkan seorang wanita pirang telanjang kaki, berpakaian kulit macan, berpose dengan latar belakang pemandangan kota penuh aksi dan tulisan pesar “Get Lucky”?
    Iknografi dan citra-citra semacam ini sekarang menjadi persyarstan bagi pemerekan dlobal, dikomunikasikan melalui saluran media massa, tentunya. Sebuah kampanye global rokok Lucky Strike baru ini mengintegrasikan periklanan tradisional dan komunikasi berbasis tempat di bar, paompa bensin, toko 24 jam. Bates North Amerika, pencipta kampaye tersebut, mengambil sebuah “pendekatan  bergaya promosi penjualan” ketimbang “bermula dengan gagasan tentang kampanye iklan.”Viola! Pemikiran komunikasi pemasaran terpadu ini menghadirkan pesan Lucky (entah berupa “ An American Original” pada pajangan Tin Box Collection atau pengaitan logo Lucky Strike denga logo Team Suzuki, yang menyiratkan hubungan dekat diantara kedua negara diantara para pembalap dan rokok) ke generasi muda yang menjadi khalayak targetnya melalui saluran-saluran “gaya hidup dan lingkungan bawah tanah” kelompok tersebut. Akankah kampanye “netral media”seperti ini krusial bagi pemerekan global di masa depan?
Sumber : Kate Fitzgerland,”Beyond Advertising”, Advertising Age 3 Agustus 1998, hal 14.

Jalur Etika :
TIPU DAYA DALAM PERIKLANAN
    Apakah Wal-Mart menyesatkan para konsumen dengan kampanye iklan “bring it home to the USA?”. The United Food and Commercial Union berkata “ya.”Pada bulan Agustus 1998, lembaga ini meminta federal trade commissin (FTC) dan jaksa penuntut umum disetiap negara bagian Amerika Serikat untuk menyelidiki “upaya Wal-Mart untuk meyakinkan para konsumen bahwa mereka 'membeli barang Amerika',”padahal produk-produk tersebut sebenarnya buatan luar negeri.
    Periklanan adalah sebuah forum publik yang dinamis yang dimana kepentingan-kepentingan bisnis, kreativitas, kebutuhan konsumen, dan regulasi pemerintah berjumpa. Tipu daya bukanlah satu-satunya isu etika yang dihadapi para pengiklan. Sebuah survei yang diterbitkan pada bulan Mei 1998 menunjukkan bahwa komersial Budweise di televisi dengan katak dan kadal yang berbicara telah menjadi populer dikalangan remaja berusia enam hingga tujuh belas tahun. Mothers Against Drunk Driving (MADD) dan American Association of Pediatricians telah menekan Anheuser-Busch, Federal Communication Commission (FCC), dan FTC untuk menarik iklan yang mereka rasa mendorong konsumsi minuman keras bahwa umur.
    Ketika media tradisional-koran, majalah, TV, radio-semakin kebal dan skeptis, para manajer pemasaran mencari berbagai cara baru dan kreatif untuk mempromosikan produk-produk mereka. Apakah ini membenarkan tipu daya? Apakah kebutuhan untuk menciptakan pangsa pasar baru mengangkangi kebutuhan untuk melindungi anak-anak kita? Siapa yang harus memutuskan?




Lee & Johnson
Spot 30 detik
“MENGINTEGRASIKAN SEBUAH FILOSOFI KPT”
    Disamping ketenaran yang dinikmati pemasaran terpadu sekarang, hal ini kurang mendapatkan tanggapan. Sedikit perusahaan yang telah merangkul jenis pendekatan organisasional dan filosofi yang diajarkan dalam program pendidikan tinggi dan diadopsi dalam buku. Sebaliknya, banyak profesional pemasaran yang percaya bahwa integrasi hanya sekedar  pengguna seluruh piranti komunikasi pemasaran yang tersedia, seperti hubungan masyarakat, periklanan , pemasaran langsung, da promosi.
    Sebagai seorang alumnus salah satu program pendidikan tinggi tersebut, saya menjadi tahu bahwa pelaksanaan seluruh piranti yang sering kali dijajakan sebagai “terpadu” kurang begitu penting dari pada penerapan filosofi Integrated Marketing (pamasaran terpadu) dalam kehidupan bisnis sehari-hari.
    Secara khusus, saya telah lama meyakini bahwa pemokusan pada konsumen-salah satu landasan utama  komunikasi pemasaran terpadu hendaknya diterapkan pada beragam kelompok para pelanggan, konsumen, karyawan, pemegang saham, dan lain-lain . Sebagi seorang praktisi hubungan investor, sangatlah penting untuk memperluas deinisi ini agar memuaskan kebutuhan komunitas investasi, sambil memelihara sebuah pesan yang konsisten dan efektif . Bayang kanlah dilema untuk memberitahukan satu pesan kepada pemegang saham yang cukup besar dan kemudia setelah memberikan pesan lain kepada sebuah majalah perdagangan atau publikasi bisnis agar diterbitkan, harus memberitahu kepada karyawan satu kisah lain.
    Saya rasa, memperlakukan setiap  pelanggan definisi luas sebagi orang yang sangat penting sdan sebagi satu khalayak yang unik, agar memberikan pergeseran paradigma yang kuat dan perlu. Pendidikan bisnis tradisional mengatakan bahwa bisnis hendaknya dijalankan untuk menciptakan keuntungan untuk pemegang saham artinya,  kebutuhan dan kepuasan pemegang saham ada digaris depan. Integrated Marketing biasanya mengajarkan bahwa pelanggan dalam definisi sempit adalah fokus tunggal. Memperluas definisi-definisi terbatas ini bukan hanya memajukan potendi kesusksesan organisasi, namun juga memberi profesional pemasaran atau komunikasi sebuah filosofi tindakan yang merangkul seluruh pelanggan.
    Dalam dunia sehari-hari, saya harus mengakui arti penting kebutuhan akan banyaknya khalayak. Pemahaman akan terhadap apa yang dibutuhkan masing-masing menampilkan sebuah tantangan yang unik. Meskipun demikian, imbalan tas suksenya mengintegrasi keinginan dan kebutuhan seluruh pelanggan adalah kemakmuran jangka panjang bagi sebuah organisasi, yang tentunya membuatan alasan satu “pelanggan” lain sangat bahagia.
Aaron H. Hoffman
Manager, Investor and Public Relation
GATX,
Chicago, Illinois

Dengan adanya informasi yang kami sajikan tentang  iklan sprit kata

, harapan kami semoga anda dapat terbantu dan menjadi sebuah rujukan anda. Atau juga anda bisa melihat referensi lain kami juga yang lain dimana tidak kalah bagusnya tentang Kumpulan Slogan Dalam Bahasa Inggris dan Artinya LENGKAP

. Sekian dan kami ucapkan terima kasih atas kunjungannya.


buka contoh marketing : widyo.staff.gunadarma.ac.id/Downloads/.../DEFINISI+IKLAN

No comments:

Post a Comment