Creative Rationale Pop Mie (Final Exam Test)
Creative Rationale Pop Mie (Final Exam Test) |
contoh kata kata menarik dari iklan produk pop mie 25 tahun - 1. uas penulisan naskah iklan YUDA USMAN ABIDIN 211000193 BRAND MANAGEMENT
2. rationale pop mie creative
3. " " " Selain dikenal dengan mi instannya, Indofood juga dikenal sebagai produsen mi dalam cup sejak lama. Namun kemudian posisi Pop Mie mulai sedikit terganggu awarenessnya semenjak Mie Sedaap Cup hadir dengan ukuran yang lebih besar, varian yang lebih banyak dan diwakili oleh Raditya Dika sebagai celebrity endorser. " Menghadapi permasalahan tersebut, Pop Mie sudah mulai berinovasi dengan menciptakan berbagai varian rasa baru dan berbagai ukuran baru. Namun pesan ini belum disampaikan dalam setiap komunikasinya sehingga masyarakat kurang aware terhadap pop mie. " Melihat target pasar yaitu para anak muda usia 20 - 25 yang dinamis dan selalu “on the move” tentu tersirat sebuah insight bahwa setiap anak muda selalu ingin dilihat populer baik oleh teman kampusnya, teman kerjanya, cewe/cowo idamannya dan bahkan oleh siapa saja. Siapa yang tidak ingin populer ? Kita semua ingin populer. Kenapa cuma harus up date jika kita bisa populer ? Populer ini lah yang kemudian akan kita jadikan senjata untuk melawan slogan Mie Sedaap, yaitu “Mie Cup Yang Sedapnya Up To Date”. sehingga ketika kita sudah melakukan perlwanan, diharapkan awareness masyarakat terhadap pop mie kembali kuat. " Konsepnya adalah membawa pesan bahwa yang kita butuhkan bukan sekedar up date tapi jadilah populer. Biarkan orang lain mengagumi setiap jerih payah para anak muda. Menjadi populer artinya kita melakukan setiap pekerjaan kita secara maksimal, sehingga akan ada banyak orang yang merasa diuntungkan bahkan mampu kagum terhadap kerja keras kita. Entah itu mahasiswa dengan tugas kuliahnya, early jobbers dengan segala macam deadlinenya dari bos, yang penting dikerjakan semua tugas itu dengan semangat dan jadilah populer. Kerjakan setiap aktivitas dengan perut kenyang meskipun begitu banyak kegiatan m e n g h a n t u i . S e r i n g d a r i k i t a meninggalkan jam makan hanya karena takut memakan waktu yang lama. Namun Pop Mie hadir dengan segala kepraktisannya, siap membantu. Perut sudah kenyang, saatnya menjadi populer dengan segudang aktivitas. " BIG IDEA dari konsep tersebut adalah “Jadilah Populer Dalam Setiap Aktivitas Masa Muda Lo Bareng Pop Mie”. Siapa yang tidak ingin populer ? Kenapa tidak untuk jadi populer ? Jadilah populer bareng Pop Mie, mi dalam cup yang cepat penyajiannya, ukuran barunya ngeyangin dan cocok untuk mereka dengan segala macam aktivitas masa mudanya. Dari sini maka untuk m e m b a n t u konsumen agar lebih ingat terhadap P o p M i e , a k a n diciptakan sebuah tagline baru yang lebih menggigit. latar belakang
4. " " " " " Tujuan dari campaign ini adalah untuk mengembalikan brand awareness Pop Mie. Brand Awareness yang dimaksud adalah khalayak kembali mengenal bahwa mi dalam cup, ya Pop Mie. Makin banyak rasanya dan ukurannya. " " " " " " " " " " " “PILIHAN TEPAT DISAAT LAPAR MELANDA” " " 1. Pop Mie kini tersedia dalam berbagai macam rasa; • Pop Mie Mi Goreng Spesial • Pop Mie Mi Goreng Pedas • Pop Mie Rasa Ayam Spesial • Pop Mie Rasa Ayam Bawang Spesial • Pop Mie Rasa Baso Spesial • Pop Mie Rasa Ayam • Pop Mie Rasa Baso • Pop Mie Rasa Soto Ayam • Pop Mie Rasa Kari Ayam • Pop Mie Rasa Ayam Bawang • Pop Mie Mini Rasa Baso Sapi • Pop Mie Mini Rasa Soto Mie • Dan masih banyak rasa baru yang hingga sekarang masih dikembangkan namun sudah tersedia di berbagai mini market objective promise reason to believe
5. 2. Topping lebih lengkap 3. Tersedia dalam tiga jenis ukuran (80gr, 65gr dan 35gr) 4. Hanya membutuhkan waktu 3 menit untuk kemudian siap dinikmati " " " " " " " " " Mengingat tujuan dari campaign ini adalah untuk meningkatkan awareness, maka strategi utama yang akan digunakan dalam campaign ini adalah strategi tactical yang mengacu pada hardselling. Hardselling artinya, iklan - iklan ini akan ditayangkan dan ditampilkan secara terus - terusan atau continuous schedule. Khalayak atau target dari Pop Mie ini akan dipaparkan dengan informasi mengenai tagline baru dan kelebihan - kelebihan baru yang dimiliki Pop Mie. " Dari segi isi pesan akan di kemas tidak terlalu humor tapi tidak terlalu serius juga. Kenapa pada level sedang adalah karena jika terlalu humor, bisa saja target mengingat pesan dari iklan tersebut namun tidak mengingat Pop Mie-nya. Sehingga akan dikemas secara ringan dan menekankan unsur “kegiatan sehari - haru” yang melekat pada target agar pesan lebih mudah diterima. " Dari segi penciptaan tagline baru, akan dikemas secara emosional. Hal ini agar Pop Mie memiliki kedekatan tersendiri dengan konsumennya. Agar Pop Mie mampu menjadi representasi dari konsumennya. Namun, untuk pesan pesan pengantarnya (headline maupun body copy) akan dikemas secara fungsional yang bertujuan mengenalkan pada khalayak bahwa Pop Mie kini memiliki banyak pilihan rasa dan ukuran. strategi kreatif
6. " " BIG IDEA : “Jadilah Populer Dalam Setiap Aktivitas Masa Muda Lo Bareng Pop Mie” KEY MESSAGE : POPULER " Kompetitor, yaitu Mie Sedaap Cup sangat kuat dalam menyebarkan pesan up date kapada targetnya yang juga merupakan target Pop Mie. Di sini, Big Idea ini dipilih untuk menjadi landasan dalam melawan istilah up date dengan kata - kata yang lebih diinginkan oleh anak muda, yaitu menjadi POPULER. POPULER juga kata yang sangat klik dengan Pop Mie karena memiliki awalan kata yang sama yaitu POP. Sehingga diharapkan istilah populer akan menjadi asosiasi Pop Mie di benak konsumen. " Untuk semakin memperkuat hubungan antara Pop Mie dan konsumennya, juga diciptakan tagline yang baru, yang lebih memberi kesan emosional dan pesan yang lebih menggigit. " Headline : POPULARITAS BARU POP MIE Tagline : POPULERIN MUDA LO! " Headline “POPULARITAS BARU POP MIE” membawa pesan yang menerangkan bahwa kini masyarakat harus tahu bahwa Pop Mie telah hadir dengan berbagai macam varian rasa baru dan pilihan ukuran baru. Bentuk kalimatnya sengaja diciptakan seolah menggantung agar menarik perhatian khalayak untuk mau tahu lebih banyak tentang Pop Mie. Tagline ini dibuat simpel dan mudah diucapkan. Ini memperbaiki tagline sebelumnya yang terlalu panjang, yang kemudian susah diingat oleh konsumennya. Konsepnya masih sejalan dengan big idea dan key message yang ingin disebarkan. Namun karena tagline berfungsi menjaga attachment antara konsumen dan Pop Mie maka dijelaskan dengan istilah “Muda Lo!”. Tagline ini berbeda dengan headline yang bersifat menggantung, tagline ini sangat provokatif dengan imbuhan tanda seru dan isi pesan yang mengajak anak - anak muda untuk jadi populer. Berbicara masalah body copy, body copy akan menjadi informasi yang membantu headline memperjelas konsumen tentang popularitas Pop Mie. " eksekus
7. " HEADLINE : POPULARITAS BARU POP MIE BODY COPY : Kini Pop Mie hadir lebih populer dengan banyak rasa baru dan ukuran yang lebih beragam. Makin populer ditambah topping yang lebih lengkap. Tunggu apaan lagi ? Buruan kenyang bareng Popularitas Baru Pop Mie. TAGLINE : POPULERIN MUDA LO! " KONSEP VISUAL: " Secara visual, print ad ini dikemas simple dan slick. Menggunakan dominasi warna biru agar lebih menarik perhatian. Konsep utamanya adalah me-hi lite pesan “baru” pada popularitas Pop Mie. Baru selalu identik dengan sebuah “price tag”. Price Tag inilah yang dikalangan anak muda terkadang menjadi sebuah gengsi, semakin mahal semakin keren. Tapi, pada print ad ini, bukan harga yang diobral, melainkan sebuah ajakan untuk menjadi populer di masa muda. Untuk mengemas body copy, agar tidak terkesan sia - sia, dikemas tidak menggunakan font yang terlalu kecil dan tidak mengobral kalimat yang terlalu panjang. Untuk informasi - informasi yang penting, memiliki font yang lebih besar. Hal ini memudahkan pembacanya untuk cepat memahami isi pesan print ad tersebut. " Berbicara masalah pemilihan medianya, print ad ini akan diedarkan di majalah - majalah anak muda yang populer dan memiliki kualitas kertas dan print yang baik, seperti NYLON, Rolling Stone, Cosmo Girl, Go Girl, dll. print ad
8. " Konsep pada iklan radio tidak terlalu berbeda dengan print ad. Di radio, konteksnya sudah dibawa ke kasus kehidupan sehari - hari. Pada naskah radio, secara terang - terangan Pop Mie melakukan perlawanan dan menyebarkan sebuah positioning terhadap masyarakat bahwa “Up date aja nggak populer, jadi, jadilah populer” " Naskah iklan radio ini dikemas secara spot artinya memerlukan persiapan yang matang. Di perlua dua talent voice over laki - laki muda yang pembawaannya ceria dan fun serta nyeleneh. " Pemiliha stasiun radio pun sangat diperhitungkan untuk ini karena iklan radio kurang begitu diminati. Untuk memulai airing, radio - radio yang digunakan seperti Prambors, Trax FM, Gen FM, Mustang. Pilihan acara pun disesuaikan dengan yang paling favorit. iklan radio
9. CLIENT : PT. INDOFOOD CBP SUKSES MAKMUR TBK. PRODUCT : POP MIE PROJECT : RADIO - 60” VERSION : POPULARITAS BARU POP MIE " SFX Suara kipas angin rusak JONO Busyet… Tugas gue belom kelar, deadline tinggal besok padahal. Ahhh… Up date twitter dulu ahh… Biar gaul KOKON (Shock) Lah… Emang kalo lo up date twitter, tugas lo jadi kelar, Jon ? JONO Enggak lah… Cuma kan jaman sekarang kita harus up date, biar nggak dikata kudet KOKON Duileh… Up date doang sih nggak populer… JONO Emang gimana biar populer ? KOKON Biar populer, lo kerjain tuh tugas lo ampe nilainya bagus. Bikin gebetan lo terpukau sama kerja keras lo, Jon. Terus biar lo on fire nugasnya, sambil makan popularitas rasa baru Pop Mie JONO Pop Mie kurang ngeyangin, Kon KOKON Biar kenyang, lo makan yang ukuran gede lah… Kan, sekarang Pop Mie banyak pilihan ukurannya JONO (Penasaran) Seriusan ??? KOKON (Nada males) Seriusan lah, masa iya seriusin ?! Emang hubungan, diseriusin ! ANNCR Pop Mie, Populerin Muda Lo!
10. " " " tvc Dalam iklan televisi, Pop Mie yang sekarang tidak akan merubah gaya iklannya yang sebelumnya. Tidak terlalu banyak naskah namun visual yang lebih menonjol dan terkesan nyeleneh. " Jika di radio membicarakan tentang tugas kuliah, di TVC akan berbicara untuk early jobbers dan mengangkat adegan seorang lelaki yang mensupport perempuan idamannya agar tetap populer. " Iklan ini akan berjalan sekitar 30” karena visualnya yang memang lebih dominan. Selama video berjalan juga dibarengi dengan backsound music yang fun.
11. POP MIE TVC - 30” TITLE : POPULARITAS BARU POP MIE " " VISUAL COPY Dibuka oleh Dita yang sedang menyiapkan bahan presentasi di ruang kerjanya dengan sangat sibuk dan berantakan SFX : Tik Tok Tik Tok Zoom in lalu close up Dita yang kemudian membayangkan suasana ruang meeting yang dipenuhi oleh monster berkepala aneh dan kelaparan siap menyela Dita karena tidak populer dan membosankan (Bersamaan) Monster 1 : Kamu aneh, kamu tidak populer Monster 2 : Cuma up date gayanya tapi tidak populer, membosankan Monster 3 - 5 : Brisik berbicara berebutan Cut ke Mario yang menepuk punggung Dita lalu menyodorkan Pop Mie yang sudah siap saji dengan senyuman yang lebar Mario : Eh gadis cantik jangan ngelamun , ayo makan popularitas baru Pop Mie biar presentasi kamu populer Cut ke Dita yang sedang memakan Pop Mie dengan lahap Dita : Hmmmm Pop Mie rasanya emang populer Shoot saat Dita presentasi dengan video yang dipercepat. Presentasinya sukses dan semua peserta rapat bertepuk tangan menyelamati Dita SFX : Suara gaduh tepuk tangan dan musik yang fun S h o o t ke M a r i o y a n g d a t a n g membawakan buket bunga dari bungkus Pop Mie memberi selamat Dita SFX : Musik fun Cut ke Pop Mie shot dengan headline “Popularitas Baru Pop Mie” Anncr : Pop Mie, Populerin Muda Lo!
12. " Untuk POP tentunya akan diletakkan di dalam supermarket. POP Pop Mie mengambil konsep sebuah shelf atau rak yang interaktif. Sehingga orang akan melihat sisi unik dari rak ini dan tentunya menjadi tertarik untuk membeli Pop Mie. Sebenarnya selain bisa membeli, pengunjung supermarket bisa menggunakan rak ini sebagai latar foto. Penempatannya berada di supermarket besar seperti Carefour, Hypermart, dll. Untuk copy yang digunakan, hanya headline dan tagline. " pop - pos Untuk POS, diletakkan di dekat kasir. Mengambil konsep pencarian google. Bahwa google selalu membantu kita mencari jawaban. Dengan copy : “Mie Cup Populer 2013”, di rak tersebut yang di desain seolah hasil pencarian google menampilkan Pop Mie dalam tiga ukuran dan berbagai varian rasa. Dibubuhkan copy Popularitas 80g, Popularitas 65g, dan Popularitas Si Mini. Agar orang semakin tertarik di samping kanan dan kiri ditempelkan poster yang berisi headline dan tagline. Dan tentunya key message tetap ditanamkan agar menjadi
13. point of purchase shelf point of selling Shelf - sticker
14. " Untuk media baru, dipilih Banner Ads sebagai medianya. Alasannya adalah karena sekarang anak muda lebih sering berselancar di internet daripada hanya sekedar membaca sms dan melihat video di Youtube-pun, di-“skip”. Banner ads di sini, bukanlah banner ads interaktif karena memang Pop Mie tidak menginginkan Microsite. Banner Ads ini hadir di website - website yang banyak dikunjungi anak muda seperti Yahoo!, 9Gag, Youtube, dll. " Copy yang digunakan sederhana, hal ini agar peselancar dunia maya tidak merasa terganggu dengan hadirnya ads tersebut. Copy-nya bersifat mengajak dan tetap menggunakan kata populer untuk meningkatkan awareness peselancar tersebut terhadap Pop Mie. new media
IKLAN INDOFOOD
POP MIE
Pop Mie adalah merek mie instan dalam bentuk cup dari Indomie di Indonesia, diproduksi oleh PT. Indofood CBP Sukses Makmur Tbk. Pop Mie kemasan baru diluncurkan pada tahun 2010.
Jenis - jenis Pop Mie
• Pop Mie Mi Goreng Spesial
• Pop Mie Mi Goreng Pedas
• Pop Mie Rasa Ayam Spesial
• Pop Mie Rasa Ayam Bawang Spesial (dahulu dikenal sebagai Pop Mie Rasa Ayam Bawang pada kemasan lama)
• Pop Mie Rasa Baso Spesial
• Pop Mie Rasa Ayam
• Pop Mie Rasa Baso
• Pop Mie Rasa Soto Ayam
• Pop Mie Rasa Kari Ayam
• Pop Mie Mini Rasa Ayam Bawang
• Pop Mie Mini Rasa Baso Sapi
• Pop Mie Mini Rasa Soto Mie
Dengan mengusung Reward/ penghargaan setelah hasil kerja telah tercapai dengan memberikan kata “Selamat kamu berhasil” dan memberikan segelas Pop Mie yang masih hangat dan nikmat sesuai Judul Pop Mie yakni “Nikmatnya Kemenangan” dan kata ajakan juga motivasi yang diberikan “Rayain Sukses lo bareng Pop Mie” dan "lo emank pantes dapet Pop Mie"
Pop up your life
Menurut analisa saya dari segi Etika Bisnis,
Iklan ini tergolong menarik karena dapat mengundang orang untuk selalu bersikap dan berbuat baik, sehingga mendapatkan hasil yang diinginkan dan pastinya paik pula. Karena dengan perbuatan yang baik, pastinya akan baik pula hasil yang didapat.
Kelebihan : Unik, kreatif, memberikan juga membangun nilai, norma dan kedisiplinan yang baik
Kekurangan : Tidak menghimbau kembali Baik di makan pada, baca tanggal kadaluarsanya,
Dengan adanya informasi yang kami sajikan tentang contoh kata kata menarik dari iklan produk pop mie 25 tahun
, harapan kami semoga anda dapat terbantu dan menjadi sebuah rujukan anda. Atau juga anda bisa melihat referensi lain kami juga yang lain dimana tidak kalah bagusnya tentang Indomie
. Sekian dan kami ucapkan terima kasih atas kunjungannya.
buka contoh marketing : http://www.slideshare.net/yudausmaan/creative-rationale-pop-mie-final-exam-test
No comments:
Post a Comment