Clear Jadi Merek Shampo Terpopuler di Media Sosial


Clear Jadi Merek Shampo Terpopuler di Media Sosial

buzz marketing, guerilla marketing, integrated marketing, integrated marketing communications, marketing, marketing mix, marketing news, niche marketing, sports marketing, word of mouth marketing
 Clear Jadi Merek Shampo Terpopuler di Media Sosial


data penjualan shampo di indonesia - Shampo atau shampoo adalah kebutuhan sehari-hari kita; baik anak-anak, kaum muda maupun orang tua. Maka, iklan yang mempromosikan produk pembersih serta penghalus rambut pun bertebaran di berbagai media; mulai dari televisi, media cetak hingga ranah digital. Kita tentu hafal berbagai merek shampoo, seperti Rejoice, Clear, Sunsilk, Pantene dan banyak lainnya, meski tak selalu menggunakan produk-produk tersebut. Lalu, dan ini yang menggelitik rasa ingin tahu, bagaimana popularitas merek-merek shampoo tersebut di media sosial?

Kami telah memantau penyebutan merek-merek pencuci rambut di linimasa Twitter di sepanjang bulan November 2014 silam [tepatnya antara 3-28 November 2014]. Riset dilakukan menggunakan teknologi dari Provetic Indonesia. Hasil pemantauan dapat dilihat dalam grafik di bawah ini.



Merek Clear berada di posisi teratas di antara 10 merek shampoo yang kami selidiki. Produk dari Unilever tersebut unggul jauh dalam percakapan di media sosial. Kicauan yang menyebut Clear mencapai 1.377 tweet.

Di urutan kedua, ada Mane N Tail, dengan 1.001 tweet. Sistem marketing online tampaknya cukup ampuh mempopulerkan Shampoo Kuda ini. Kemudian, di urutan ketiga, ada Pantene, dengan capaian sekitar 418 tweet. Merek yang tergolong rajin beriklan di televisi ini jauh ketinggalan dibanding dua urutan teratas. Akan tetapi, posisinya masih lebih baik dibanding tujuh merek shampoo lainnya, yang jauh lebih ketinggalan lagi. Kicauan yang menyebut masing-masing dari merek-merek tersebut (seperti Sunsilk, Rejoice dan L’Oreal) tak mencapai satu per tujuh dari yang menyebut Clear.

Umumnya, kicauan seputar merek shampoo bernada positif atau netral. Clear bahkan mencatat sentimen positif di atas 90 persen. Sementara itu, Lifeboy mencatat sentimen netral yang sangat tinggi, juga di atas 90 persen. Yang menjadi anomali adalah Rejoice. Lebih dari 70 persen tweet yang menyebut produk tersebut dalam nada negatif.



Dari gambaran umum di atas, mari kita masuk, menelisik beberapa merek, untuk menggali pemahaman baru dan menarik seputar urusan shampoo.
CLEAR: Kampanye yang Sukses

Clear Jadi Merek Shampoo Terpopuler di Twitter

Clear memiliki jejak yang boleh dikata sangat baik di media sosial. Selain mention yang didapatnya sangat tinggi dibanding merek shampoo lain, kicauan tersebut 90 persen bernama positif. Frasa-frasa yang paling sering disebut terkait Clear juga sesuai dengan produk tersebut; seperti Sampo Nutrisi, Kulit Kepala, Nutrisi Kulit dan sejenisnya. Tampaknya, jargon-jargon yang dilempar tim marketing Clear sudah mengena di benak publik.

Lalu, strategi marketing dengan menjadikan Agnez Monica sebagai brand ambassador juga efektif. Ini terlihat dari seringnya munculnya kata “Brand Ambassador”. Dari penelisikan kami, tampak nama Agnes Monica juga kerap disebut, tetapi tidak menonjol.




MANE N TAIL: Shampo yang Dijual Online

Clear Jadi Merek Shampoo Terpopuler di Twitter

Popularitas shampoo Mane N Tail melejit berkat promosi dan penjualan online. Sering disebut sebagai Shampoo Kuda karena kemasannya menampilkan gambar binatang tersebut, Mane N Tail dikenal publik mampu memacu pemanjangan rambut secara lebih cepat.

Dilihat dari wordcloud-nya, frasa yang sering dikaitkan dengan Mane N Tail memang seputar memanjangkan dan memperkuat akar rambut. Selain itu, juga sering muncul istilah Rp15 ribu, yakni harga Mane N Tail ukuran sachet. Penjualan dalam kemasan kecil ini menjadikan shampoo yang relatif mahal tersebut menjadi lebih terjangkau oleh masyarakat. Dari hasil pantauan, tingginya kicauan tentang Mane N Tail disebabkan para pedagang online rajin berpromosi via Twitter.





PANTENE: Menang Penghargaan

Clear Jadi Merek Shampoo Terpopuler di Twitter

Pembicaraan mengenai Pantene terdongkrak oleh keberhasilan merek shampoo tersebut meraih predikat shampoo terfavorit di ajang @CosmoIndonesia Reader’s Choice Awards 2014. Karenanya, tweet seputar Pantene banyak berkutat soal ucapan Terima Kasih, Shampo Terfavorit, Memilih Pantene, Reader Choice, Ajang Cosmoindonesia dan sejenisnya.




REJOICE: Terseret Humor Neraka

Clear Jadi Merek Shampoo Terpopuler di Twitter

Tweet seputar rejoice di bulan November lalu banyak yang bernada negatif. Penyebabnya adalah humor berikut: “Iklan Rejoice: Rambut Tersekat Di Skala Enam? Asalkan Jangan Tersekat Di Neraka Jahanam“. Candaan yang berawal dari negara tetangga, Malaysia, itu rupanya tersebar luas, termasuk di Indonesia.

Mengaitkan brand dengan neraka jahanam, meski dalam nada becanda, tentu bukan sesuatu yang positif. Akan tetapi, kemunculan humor seperti ini, tentunya sulit dicegah di era bebas merdeka media sosial.




Demikianlah gambaran umum popularitas merek-merek shampo di media sosial di Tanah Air. Tentu, popularitas di Twitter belum tentu terkait dengan tingkat penjualan. Meski begitu, kita tetap bisa mencari benang merah. Adakah kampanye dan iklan sudah berhasil mengkomunikasikan produk dengan baik ke masyarakat konsumen?

Dengan adanya informasi yang kami sajikan tentang  data penjualan shampo di indonesia

, harapan kami semoga anda dapat terbantu dan menjadi sebuah rujukan anda. Atau juga anda bisa melihat referensi lain kami juga yang lain dimana tidak kalah bagusnya tentang CHAPTERS SUMMARY BINA NUSANTARA UNIVERSITY

. Sekian dan kami ucapkan terima kasih atas kunjungannya.


buka contoh marketing : http://boomee.co/business/shampo-terpopuler/

No comments:

Post a Comment