Extra Joss

Extra Joss

buzz marketing, guerilla marketing, integrated marketing, integrated marketing communications, marketing, marketing mix, marketing news, niche marketing, sports marketing, word of mouth marketing
Extra Joss

ukuran kemasan extra joss - Jenis     Suplemen makanan
Pemilik     Bintang Toedjoe
Negara      Indonesia
Diperkenalkan     1994
Situs web     www.extrajoss.com

Extra Joss adalah salah satu minuman energi berbentuk serbuk yang diproduksi oleh PT Bintang Toedjoe dan mulai diluncurkan sejak 14 Agustus 1994. Peluncurannya dipicu oleh pemikiran bahwa semakin hari semakin banyak orang yang membutuhkan minuman energi/minuman kesehatan termasuk dari kalangan status ekonomi sosial (SES) menengah ke bawah.

Masalahnya, pada saat itu harga jual produk minuman energi yang ada belum bisa dijangkau oleh golongan ekonomi menengah ke bawah karena belum ada pemain pasar yang membuat terobosan agar harga produk menjadi lebih terjangkau. Mengingat kompetensi inti PT Bintang Toedjoe terletak pada obat-obatan farmasi berbentuk serbuk dan dikemas di dalam sachet, maka Bintang Toedjoe bermaksud menyajikan minuman kesehatan serbuk dalam kemasan sachet pula. Dengan begitu, Bintang Toedjoe mampu menekan biaya penjualan karena produk tidak memerlukan kemasan botol dan transportasi menjadi lebih efisien.



Sejarah
Peluncuran pertama (1994-1999)

Ide nama Extra Joss diperoleh karena mudah diingat, sederhana, berkesan segar dengan dua huruf "s" ganda yang kuat dan personality-nya cocok dengan produk sachet yang akan dikembangkan.




Kata "joss" berasal dari dialek pergaulan masyarakat Surabaya yang dikenal suka bersuara lantang dan blak-blakan. Di sana "joss" bermakna manjur atau oke. Tidak mengherankan bila Bintang Toedjoe kemudian memilih Jawa Timur sebagai lokasi peluncuran perdana produk Extra Joss, khususnya di kota Surabaya dan Malang.

Soft launching produk Extra Joss dilakukan di Malang dan Surabaya sejak bulan Agustus 1994. Setelah dipastikan bahwa semua berada di jalur yang benar, baru diadakan grand launching pada bulan November 1994, dengan distributor PT Wicaksana Overseas International (WOI).

Penayangan iklan melalui televisi dan radio dengan slogan terkenal "Ini biangnya. Buat apa beli botolnya?" membuat produk Extra Joss mengalami ledakan sehingga terjadi kehabisan stok di mana-mana dan memacu pabrik beroperasi non-stop.
Extra Joss Biang 2000 (1999-2001)

Setelah sukses menembus kalangan man of street, citra Extra Joss kemudian ditingkatkan ke kalangan menengah ke atas, sembari menunjukkan kebesaran dan kekuatannya. Extra Joss meluncurkan kampanye "Extra Joss Biang 2000" dalam rangka menyambut Tahun Baru 2000. Pada tahun yang sama, Extra Joss bekerjasama dengan KONI, menyelenggarakan "Extra Joss 1 Miliar" untuk memberikan bonus bagi peraih medali olimpiade.

Pada tahun 2001, Extra Joss kemudian dikomunikasikan sebagai menembus impian dan emosi masyarakat dengan memakai tajuk Generasi Biang (Genbi). Tampillah kemudian sosok-sosok yang dianggap sebagai Generasi Biang sebagai cerminan personifikasi Extra Joss yang maju dan anti kemapanan, misalnya : Ahmad Dhani dari grup musik Dewa, Sujiwo Tejo, Melly Goeslaw, Sarah Sechan, Taufik Hidayat (atlet bulutangkis), dan Lisa Rumbewas (atlet angkat besi wanita) sebagai simbol generasi itu. "Join The Genbi" muncul di banyak acara yang disponsori oleh Extra Joss. Segmen psikografis sudah mulai digarap Extra Joss dengan menawarkan emotional benefit disamping functional benefit.

Pada tahun yang sama, diluncurkan Extra Joss Tab (tablet effervescent) yang lebih premium dan eksklusif. Tujuannya adalah untuk bersaing dengan merek dalam kemasan botol yang dipersepsikan premium untuk kelas atas.
Partisipasi dalam Piala Dunia FIFA dan program layanan masyarakat

Pada pesta Piala Dunia FIFA 2002, Extra Joss mengundang pemain sepak bola terkenal dari Italia, Alessandro Del Piero menjadi bintang iklannya dan meningkatkan brand image Extra Joss ke taraf internasional. Tidak berhenti sampai di situ, Extra Joss juga membina hubungan emosional dengan konsumen Indonesia dengan menggelar program mendukung kegiatan masyarakat seperti ibadah kurban untuk merayakan Idul Adha. Sampai saat ini, setiap tahun pada Hari Raya Idul Adha, Extra Joss masih menyelenggarakan ibadah kurban dengan nama "Kurban 1 Miliar".

Pada 2003, Majalah SWA Sembada dan perusahaan riset pasar MARS memberikan Extra Joss penghargaan Indonesian Best Brand Award (IBBA) sebagai merek terbaik untuk kategori minuman energi non-cair. Selama tiga kali berturut-turut (2001-2003) Extra Joss menerima anugerah Indonesian Customer Satisfaction Award (ICSA) sebagan minuman energi dalam bentuk serbuk oleh Majalah SWA Sembada dan Frontier. Pada tahun yang sama, Extra Joss menerima anugerah Asia Pacific Excellent Award serta National Consumers' Quality Award untuk merek paling berharga dalam kategori minuman energi di Filipina, di mana Extra Joss juga menjadi market leader di katogori minuman energi.
Peluncuran varian produk baru (2004-2005)

Extra Joss X diluncurkan pada Januari 2004. Sebuah produk baru dalam kemasan kaleng 250 ml. Kemasannya mewah dengan warna kuning keemasan ditujukan untuk konsumen kelas atas. Pada bulan April 2004, diluncurkan juga Extra Joss LG, dengan kemasan berwarna merah, yang mengandung L-Glutamine.

Pada tanggal 26 Mei 2005 diluncurkan Extra Joss Endurans yang memiliki kelebihan di sisi daya tahan untuk beraktivitas. Extra Joss melakukan reformulasi Extra Joss original menjadi Extra Joss Active B7 pada Oktober 2005, sebagai langkah nyata untuk terus berinovasi meningkatkan kualitas Extra Joss.
Extra Joss Laga Juara

Pada pesta Piala Dunia FIFA 2006, Extra Joss meluncurkan kampanye "Extra Joss Laga Juara". Extra Joss kembali mengundang pemain sepak bola asal Portugal, yaitu Cristiano Ronaldo sebagai bintang iklan Extra Joss, yang datang ke Indonesia juga dalam rangka peduli kemanusiaan untuk korban tsunami Aceh 26 Desember 2004. Ronaldo didaulat untuk membintangi iklan Extra Joss di Bali dengan dikelilingi penari Kecak.

Berkaitan dengan momen Piala Dunia 2006, Extra Joss menciptakan genre baru dalam persepak bolaan yang disebut "Boladiator". Boladiator adalah permainan sepak bola setengah lapangan bergawang satu, dengan jumlah pemain dari masing-masing tim berjumlah tujuh orang. Mereka akan bermain dalam empat babak (masing-masing babak, tujuh menit). Program Boladiator ini sudah digelar di 6 kota yaitu Semarang, Yogyakarta, Surabaya, Makassar, Bandung, dan Medan. Di luar dugaan, peserta Boladiator bukan hanya kalangan mahasiswa dan klub amatir, melainkan juga klub-klub elit seperti PSSI All Star. Bahkan, ketika Boladiator digelar di Medan, jumlah penontonnya tidak kurang dari 30.000 orang.

Pada saat Piala Dunia 2006 berlangsung, Extra Joss juga menggelar "Bolaskop" atau nonton bareng pertandingan sepak bola di layar lebar seperti menyaksikan bioskop yang diselenggarakan di ratusan titik. Melalui layar raksasa yang dipasang itu, masyarakat bisa nonton bareng secara gratis sambil menikmati berbagai hiburan, aneka games dan hadiah merchandiser menarik dari Extra Joss. Kegiatan tersebut didukung seluruh kantor cabang Extra Joss di seluruh Indonesia. Even Bolaskop ini juga digelar untuk menyambut Piala Eropa 2008. Masih dalam kampanye Extra Joss Laga Juara, pada tahun 2011 mulai ditayangkan acara Super X-Tion di Trans TV.
Peluncuran varian produk baru (2007-saat ini)

Peluncuran logo baru Extra Joss. Pada bulan Januari 2007, PT Bintang Toedjoe menjalin kerjasama dengan PT Coca-Cola Indonesia untuk meluncurkan kemasan kaleng baru Extra Joss, yaitu Extra Joss Strike. Melalui kerjasama ini, Coca-Cola System di Indonesia berhak untuk memproduksi dan mendistribusikan Extra Joss Strike.

Pada Februari 2007, Extra Joss meluncurkan varian produk baru untuk melengkapi varian Extra Joss Active Rasa Original yakni Extra Joss Active Rasa Anggur Burst (kemasan warna ungu), Extra Joss Active Rasa Krim Soda (kemasan warna hijau), dan Extra Joss Active rasa Apel Blackcurrant (kemasan merah).

Varian lain Extra Joss, yaitu Joss Fit resmi dipasarkan secara nasional pada bulan Maret 2008. Joss Fit adalah minuman energi yang disajikan dalam bentuk hangat. Terdapat dua varian yakni Joss Fit Jahe dan Joss Fit Teh Madu. Pada bulan Mei 2009, diluncurkanlah E-Juss, varian baru Extra Joss dengan rasa anggur.

Segala upaya pengembangan Extra Joss hingga mencapai posisi terdepan kategori minuman kesehatan/minuman energi, tidak lepas dari profesionalisme dan dukungan berbagai pihak, mulai dari tim internal Bintang Toedjoe, tim distributor, para agen saluran distribusi, kreatif periklanan serta media massa, aparat pemerintahan, dan yang terbesar, konsumen minuman berenergi di Indonesia. Extra Joss bangga menjadi salah satu icon brand kebanggaan bangsa Indonesia.
Varian produk

Extra Joss memiliki berbagai varian produk di antaranya:
Extra Joss Active

Sejak bulan Oktober 2005, Extra Joss melakukan reformulasi Extra Joss original menjadi Extra Joss Active B7 sebagai langkah nyata untuk terus berinovasi meningkatkan kualitas Extra Joss.
Extra Joss Biang 2000

Dalam rangka merayakan Tahun Baru 2000, Extra Joss meluncurkan kemasan edisi khusus yaitu Extra Joss 2000. Mulai diperkenalkan sejak 1 Januari 1999 dan mulai dipasarkan sejak 1 Januari 2000.
Extra Joss Tab

Pada tahun 2001, diluncurkan Extra Joss Tab (tablet effervescent) yang lebih premium dan eksklusif. Tujuannya adalah untuk bersaing dengan merek dalam kemasan botol yang dipersepsikan premium untuk kelas atas.
Extra Joss X

Extra Joss X diluncurkan pada Januari 2004. Sebuah produk baru dalam kemasan kaleng 250 ml. Kemasannya mewah dengan warna kuning keemasan ditujukan untuk konsumen kelas atas.
Extra Joss LG

Pada bulan April 2004, diluncurkan juga Extra Joss LG, dengan kemasan berwarna merah, yang mengandung L-Glutamine.
Extra Joss Endurans

Pada 26 Mei 2005, diluncurkan Extra Joss Endurans yang memiliki kelebihan di sisi daya tahan untuk beraktivitas.
Extra Joss Strike

Pada bulan Januari 2007, PT Bintang Toedjoe menjalin kerjasama dengan PT Coca-Cola Indonesia untuk meluncurkan kemasan kaleng baru Extra Joss, yaitu Extra Joss Strike. Melalui kerjasama ini, Coca-Cola System di Indonesia berhak untuk memproduksi dan mendistribusikan Extra Joss Strike.
Joss Fit

Varian lain Extra Joss, yaitu Joss Fit resmi dipasarkan secara nasional pada bulan Maret 2008. Joss Fit adalah minuman energi yang disajikan dalam bentuk hangat. Terdapat dua varian yakni Joss Fit Jahe dan Joss Fit Teh Madu.
E-Juss

E-Juss merupakan terobosan baru minuman energi di Indonesia, yang mengandung sari buah anggur asli. Pertama kali diluncurkan di bulan Mei 2009, E-Juss mendapat sambutan hangat penggemar minuman energi varian anggur. Minuman energi varian anggur memang menjadi salah satu trend baru di Indonesia dan perkembangannya cukup signifikan. Pada tahun 2010, E-Juss menambahkan 2 rasa barunya yaitu rasa mangga dan rasa jeruk. Dan pada tahun 2011, E-Juss berganti nama menjadi Juss Ginseng.
Extra Joss Nitros

Extra Joss Nitros diluncurkan pada tanggal 11 September 2012. Extra Joss Nitros adalah minuman energi yang dikemas dalam bentuk botol plastik kecil. Dengan bahan baku utama yakni Ginseng Korea dan Kurma Arab, suplemen ini dapat membantu memelihara stamina dan dapat menyegarkan badan. Sangat cocok bagi orang yang gemar berkendara. Extra Joss Nitros mempunyai slogan yaitu "Biangnya Konsen".
Extra Joss Blend

Dalam rangka menyambut Piala Dunia FIFA 2014, Extra Joss meluncurkan Extra Joss Blend dengan komposisi tambahan susu, seperti halnya M-150 Susu. Suplemen ini dapat membantu memelihara stamina dan meningkatkan energi. Extra Joss Blend mempunyai slogan yaitu "Bukan PHP".
Ekspor

Selain di Indonesia, Extra Joss juga dijual di luar negeri, antara lain di Singapura, Malaysia, Filipina, Thailand, Kamboja, Vietnam, Afrika Selatan, Myanmar, Sri Lanka, dan Nigeria. Rencananya, Extra Joss akan dijual di Amerika Selatan, khususnya di Brasil, dan Jepang.
Penghargaan

    2001-2009 : Indonesian Customer Satisfaction Award (ICSA) untuk kategori minuman energi non-cair
    2002-2009 : Indonesian Best Brand Award (IBBA) sebagai merek populer untuk kategori minuman energi
    2003 : Asia Pacific Excellent Award dan National Consumers' Quality Award di Filipina sebagai merek paling berharga dalam kategori minuman berenergi
    2004 : Superbrands Awards untuk kategori minuman berenergi

Bintang iklan

    Alessandro Del Piero (pemain sepak bola)
    Chris John (petinju, sejak 2006 pindah ke Kuku Bima Ener-G!)
    Donny Kesuma (atlit, sejak 2005 pindah ke Kuku Bima Ener-G!)
    Liza Natalia (penyanyi dangdut)
    Roy Jeconiah (penyanyi)
    Gogon (pelawak)
    Taufik Hidayat (atlit bulutangkis)
    Christiano Ronaldo (pemain speak bola)
    Dik Doank (selebritis, musisi & penyanyi)
    Ungu (grup musik)
    Cinta Laura (aktris)
    Para pemain Manchester City
    Sule (pelawak) (khusus produk Extra Joss E-Juss)
    Dude Herlino (aktor) (khusus produk Extra Joss E-Juss)
    Rio Dewanto (aktor)
    Aliando Syarief (aktor)
    Verrell Bramasta (aktor) (khusus produk Extra Joss Blend)
    Ganindra Bimo (presenter & aktor) (khusus produk Extra Joss Blend)



 STP Ekstra Joss

Extra Joss adalah produk minuman energi yang dipasarkan oleh PT Bintang Toedjoe mulai sejak pada tanggal 25 November 1994. Bentuknya bubuk dan dijual dalam sachet, dan mengandung antara lain kafein dan.Pada tahun 2006 iklan televisi Extra Joss dibintangi oleh pemain sepak bola Cristiano Ronaldo selain petinju Chris John yang sudah selesai kontraknya. Sekarang sejak pada tahun 2008 grup band Ungu menjadi ikon iklan produk minuman energi

Selain pemasaran di dalam negeri Indonesia, Extra Joss juga telah melakukan penetrasi pasar di Singapura dan Hong Kong. Extra Joss menguasai 80% pangsa pasar, mengungguli produk sejenis dari negara lain.



Segmentasi
Dari sisi geografis, segmen produk ekstras joss adalah semua kalangan tidak perduli dimanapun dia berada, baik daerah perkotaan dan pedesaan. Hal ini bisa dilihat gerai atau warung-warug yang menjual produk ekstra joss bertebaran hampir diseluruh pelosok penjuru negeri. Sedangkan bila dilihat dari sisi demografis, segmen ekstra joss adalah masyarakat usia produktif khususnya pria dengan berbagai latar belakang pekerjaan. Ukuran sachet dipilih, karena memang ekstra joss awalnya di kenalkan sebagai minuman energi pengganti minuma kalen/botol. Selain itu dengan kemasan sachet, produk ekstra josslebh mudah terjangkau oleh kalangan menengah ke bawah.

Targetting
Target pasar ekstra joss sendiri adalah para pekerja fisik seperti buruh bangunan, sopir, tukang parkir, hingga ke kalangan atlet dan remaja yang gemar berolahraga. Target pasar ini dinilai sesuai dengan komponen yang terkandung dalam ekstra joss dimana bertujuan untuk meningkatkan stamina dan daya tahan tubuh sehingga cocok buat mereka.

Positioning
Ekstra joss memilih posisi dalam persaingan minuman bernenergi yaitu sebagai minuman berenergi dalam kemasan sachet sehingga praktis dan mudah dibawa kemana-mana. Akhir-akhir ini, ekstra joss juga gencar memposisikan diri sebagai minuman laki lewat slogan “Pekerja keras itu laki, laki minum ekstra joss..!” slogan tersebut dipublikasikan melalui berbagai jenis media, mulai dari spanduk dan baliho di jalanan, iklan televisi, hingga di pertandingan-pertandingan olahrga seperti Tinju dan Sepakbola.



Dengan adanya informasi yang kami sajikan tentang  ukuran kemasan extra joss

, harapan kami semoga anda dapat terbantu dan menjadi sebuah rujukan anda. Atau juga anda bisa melihat referensi lain kami juga yang lain dimana tidak kalah bagusnya tentang Sprite, Brand Minuman Ringan Paling Terkenal

. Sekian dan kami ucapkan terima kasih atas kunjungannya.

buka contoh marketing : https://id.wikipedia.org/wiki/Extra_Joss

No comments:

Post a Comment