MODUL nomor urut modul ONLINE PUBLIC RELATION




MODUL nomor urut modul ONLINE PUBLIC RELATION

buzz marketing, guerilla marketing, integrated marketing, integrated marketing communications, marketing, marketing mix, marketing news, niche marketing, sports marketing, word of mouth marketing
  MODUL nomor urut modul ONLINE PUBLIC RELATION


cara kata kata menarik pelanggan ke produk beng beng  - (KHM 203)



MODUL 3
PUBLISITAS DAN PR

DISUSUN OLEH :

TEDDY M DARAJAT S.Sn M.Ds



UNIVERSITAS ESA UNGGUL

2013

PUBLISITAS  PR

A.    Pendahuluan
Pers dan media elektronik berita menggeluti bisnis penyajian berita dan informasi yang berguna, dan tidak melakukan peliputan gratis kepada siapa saja yang memintanya. Cara terbaik untuk menjalin hubungan yang baik dengan pers, cetak dan elektronik dengan memebuat diri anda menjadi sumber berita dan meyajikan cerita atau gagasan cerita anda kepada mereka dalam konteks berita atau feature. Semakin banyak feature yang anda sediakan bagi pers akan semakin banyaka dan menjadi berita yang bagus.
PR professional sanggup menulis dan mengatakan dan mereka melakukannya tanpa ada habisnya tentang perbedaan antara publisitas dan PR. Publisitas menghasilkan yang baik dan dan membuat dunia mengetahuinya. Produk yang baik, alasan yang baik, film yang baik atau perbuatan yang baik semuanay memenuhi criteria itu.
PR membatasi persoalan buruk pada saat persoalan itu muncul, bila memungkinkan, menetralkan persoaaln buruk itu, yaitu sebagai berikut :
Bab ini memeiliki tiga sasaran yang berkaitan dengan definisi itu sebagai berikut :
a.    Membantu anda menmformulasikan prosedua publisitas dan pr yang disepakati oleh tiap tingkatan manajemen
b.    Memandu anda dalam mengerjakan publisitas sendiri
c.    Mendorong anda untuk menggunakan bantuan professional – baik dari dalam maupun dari luar perusahaan  - dalam mengkampanyekan publisitas penting dan disetiap kegiatan pr.
Suatu Peluang
    Menyederhanakan jumlah staf penulis berita dikamntor sendiri hingga sesuai dengan keperluan untuk membaut berita dan feature PR bagi setiap media selelu lebih meringankan. Namun peraturan lama tetap berlaku sama dengan : smakin professional pr semakin tinggi pula dapat diterima sesuaikan presentasi dengan standar media. Jangan harapkan mereka melakukan banyak penyesuaian bila materi yang mereka terima tidak terlalu merugikan untuk mereka buang.

Siapa yang Bertugas
Apakah publisitas dan pr akan diserahkan pada bagian iklan atau wadah suatu lembaga pr terpisah tergantung dari beban pekerjaan dan pengalaman serta keahlian pr yang dimiliki oleh departemen bagian iklan relative lebih sedikit bergaul secara langsung dengan para reporter penyiar dan staf redaksi sebagai pengiklan hubungan anda mungkin lebih banyak dengan tenaga penjualan kepentinagn pengiklan anda ada pada dimana iklan itu ditempatkan akan muncul dibagian mana dan pada halaman mana dari suatu Koran atau majalah serta kapan dan pada segmen rangkaian komersial mana yang akan ditampilkan anda membayar dan gesekan menntukan nadanya. Iklan akan tampil cepat sebagaimana yang disepakati.

a.    Peluang terbaik bagi anda untuk terpublikasikan dengan memeberi berita pada media
b.    Peluang terbaik bagi anda supaya dipercata dengan memebri kepercayaan pada media
c.    Orang terbaik untuk menangani pr dan publisitas adalah mereka yang dapat dengan baik mengerjakan kedua hal diatas dan tak dirintangi oleh orang atau bagian yang tak memahami kedua hal diatas.

Meyakinkan Manajemen
Impuls pertama pada banyak orang ketika dihubungi media adalah merasa sangat penting sehingga mereka berbicara banyakmelebihi dari yang  mereka ketahui. Impuls kedua adalah merasa takut salah mengucapkan sesuatu atau takut tidak sanggup mengatakan apa2 sama sekali. Suatu kesepakatan panduan tertulis untuk berhubungan dengan media akan menghindari terjadinya dua ekstrem itu. Karena reporter biasanya mencoba menghubungi personal yang lebih senior dalam suatau organisasi manajeman pun harus sepakat mengukuti urutan prosedur bagi mereka untuk melkasanakan tugas mereka. Disini , sebagaimana setiap bidang organisasi kehidupan manajemen senior menjadi penentu.
Karena mayoritas ceo meraih posisi mereka melalui suatu pengakuan memeperoleh perjanjian dari mereka harus mencerminkan sedikit kesulitan persetujuannya sebagai berikut :
a.    Menugaskan seorang jurubicara resmi untuk pr
b.    Jika memungkinkan buatlah perencanaan pendahuluan
c.    Jika berita baik benar-benar dating sepenuhnya sebagai suatu kebetulan
d.    Jika berita buruk datang jika memungkinkan serahkan penanganan berita buruk pada professional
Sanagat sulit sekali bagi setiap orang atau kelompok untuk berpikir mengatasi kepentingan  sendiri meskipun demikian inilah tugas seorang pr: membuat perusahaan atau organisasi untulk beropikir seperti itu dan mengemas pesan sesuai dengan kepentingan dan kebutuhan media. Tentang ini manajemen tidak lebih baik atau lebih buruk dibandingkan dengan karyawan; penulis berita dibandingkan dengan pembacanya. Pr menghadapi tantangan untuk memeuaskan dan memabuat mereka semua paham.


B.    Kompetensi Dasar

    Setelah mengikuti kegiatan perkuliahan ini maka mahasiswa mahasiswa dapat menjelaskan konsep-konsep peluang dan manajemen strategi dalam PR ?

C.    Kemampuan Akhir yang Diharapkan
1.    Mahasiswa dapat menjelaskan pengertian publisitas yang berkesinambungan antara pr dan kliennya.
2.    Mahasiswa dapat menciptakan gagasan dalam bentuk peluang-peluang yang mudah diserap dalam jangka pendek dan panjang .....
3.    Mahasiswa mampu memecahkan masalah dan menjelaskan keterkaitan publisitas dan manajemen perusahaan
4.    Mahasiswa dapat membuat tampilan perusahaan menjadi lebih tersorot dari keunggulannya.

D.    Kegiatan Belajar 1

CARA MENDAPATKAN LIPUTAN

1.    Uraian dan contoh
Bagi kita pada umumnya, benar benar sulit memperoleh perhatian secara nasional, melalui, misal, artikel di business week, wall street jurnal atau time, adalah tak mungkin. Namun , jangan patah semangat. Tetaplah kirimkan berita-berita besar anda kepada mereka. Mereka mungkuin memeberi kejuatan kepada anda ! namun , liputan yang lebih memungkinkan, terletak pada media lokal anda – termasuk koran-koran dari kota disekitar anda – majalah, dan publikasi profesional atau perdagangan nasional atau regional. Mereka tidak hanya menginginkan berita anda; nmereka memerlukannya !
Pada kota kota besar, seperti newyork, chicago, denver atau seattle , berita lokal bersaing untuk dipublikasikan dengan semua berita di dunia. Dikota yang lebih kecil, anda adalah dunia. Pada saat Hahn tumbuh besar di kota chicago , koran hyde park  herald mengatakan apa yang benar2 penting – disekolah ,  politik lokal, sebuah kota berpendududk 70.000 orang yang berbatasan langsung dg chicago. Disinipun yang sejauh terungkap pada koran mingguan yang secara keseluruhan berjumlah 120 halamn, dunia luar hampir tak ada. Perusahaan dan organisasi lokal memperoleh perhatian sebagaiman chicago tribune memberitakan Toyota , IBM , AT&T. hal yang sama pentingnya, para penerbit lokal , editor , wartawan , tinggal saling bersebelahan dengan semua penduduk. Karena semua orang yang mengungkap cerita apa saja kepada mereka memiliki kepentingan “pribadi” dalam hal bagaimana cerita itu akan dilaporkan , maka berita lokal yang “bener-benar” berita tak hanya mereka butuhkan , tetapi juga mereka sambut dengan gembira.

A.    Cara Memperoleh Liputan Nasional
Ada tiga cara supaya anda diliput secara nasional yaitu buatlah keterkenalan mendatangi anda, temukan media nasional yang menginginkan berita anda dan gunakan layanan release nasional.
Buatlah Keterkenalan Mendatangi Anda
Dalam kehidupan sehari-hari, bisnis, perusahaan dan organisasi dapat menjadi terkenal secara mendadak sering secara tak diduga-duga. Majalah people menyanjung suatu produk yang oleh produsennya diperkirakan akan dilarang ini berlaku terbalik artinya prediksi dapat di uji coba. Majalah fortune membuat daftar 500 perusahaan mulai dari usaha yang tidak mencari keuntutngan hingga keperusahaan yang benar-benar mencari keuntungan hingga ke perusahaan yang mencari untung. Namun semuanya menanggapi secara ahli. Keterkenalan dapat mendatangi situasi dadakan itu …namun jangan panik lakukan yang terbaik dengan membuat mapping site  bagian mana yg menonjol dan biasa saja.

B.    Penerimaan Berita Lokal
Dengan halaman yang selalu harus diisi, editor publikasi perdagangan menyambut baik berita lokal dan feature yang berkaitan dengan kepentingan tertentu mereka. Bagi ahli, “lokal” dapat memiliki implikasi yang lebih luas dibandingkan dengan yang kita-pengirim cerita itu-sadari. Itulah yang menjadikan kita menjadi ahli.
Untuk berita yang bernilai lebih dari rutinitas tulisan yang biasa tersaji, hubungi editor publikasi yang paling berpengaruh di bidang anda dan tawarkan sesuatau yang eksklusif. Tentu anda harus menaruh deadline bila mereka menerima, ini merupakan salah satu cara yang akan memungkinkan anda memperluas penyebaran informasi bila penerbit yang anda hubungi menolak tawaran deadline. Berterimakasihlah pada editor atas pertimbangan yg diberikan pada tawaran anda.

a.    Latihan
a.    Jawablah latihan soal di bawah ini sesuai petunjuk!
1)    Seberapa penting liputan nasional bagi perusahaan ?jelaskan
2)    Apakah setiap berita yang tersiar memeiliki kepercayaan tinggi dari public terlebih bagaimana sambutan masyarakatnya ?
3)    Terangkan sebuah aspek bagaimana keterkenalan adalah faktor penting ?
4)    Jelaskan dengan contoh jika berita artikel kita tidak diterima sebuaj media ?
5)    Jelaskan secara singkat apakah setiap tawaran itu memiliki nilai jual yang tinggi bagi perusahaan anda ?

b.    Petunjuk Latihan
Untuk menjawab latihan a silahkan membaca kegiatan belajar 1 butir a , b, dan c.

b.    Rangkuman
    Online PR merupakan suatu cara dalam mengadaptasi perubahan iklim masyarakat yang haus akan media. Menhjadi terkenal lebih menguntungkan karena dari sisi manajemen publisistas dapat mengatur kapan harus muncul dan kapan tidak.

c.    Tes Formatif
Pilihlah salah satu jawaban yang paling benar !

1)    Pilih dari segi apa sebuah iklan dapat terjual selain wujudnya yaitu :
a. segi warna dan keindahan layout
b. hal lain yang sangat pribadi dalam masyarakat yang membacanya
c. lokasi penempatan yang termahal
d. memiliki lokasi yang tertinggi diantara yang lain
2)    Apa yang menjadi alasan masyarakat memilih jika ada iklan yang bagus :
a.  memberikan nilai yang sesuai masyarakat sekitarnya
b.  dari gambar artis yang menjadi figurnya
c.     Desain dan ukuran terbesar
d.    Memberikan bonus hadiah
3).     Iklan yang baik harus memberikan gambaran yang tepat untuk menguntungkan pemasang iklannya oleh sebab itu perlu ada syarat :
a.    Menjangkau calon pelanggan yang prospektif
b.    Memasang iklan yang tidak pada tempatnya dan tidak terindikasi
c.    Memberikan petunjuk yang memiliki banyak link dan membingungkan
d.    Pengunjung harusnya melihat ikaln dengan ukuran besar ditengah halaman web.
4).     Pilih satu pernyataan yang salah  :
a. Iklan dalam website akan berpengaruh terhadap jual beli produk dan market
b. tanpa iklan bisnis market juga bisa berjalan sebagaiman mestinya
c. komunitas maya memebentuk opini yang lebih kuat tentang produk
d. bahasa gambar mempengaruhi pesan sebelum publik calon pelanggan mengerti maksud dan tujuannya.

5).    Mana diantara ini yang bukan Fungsi market researcher sebelum memproduksi iklan :
a. Mencari partner untuk kerjasama dengan memebayar sangat mahal
b. Membangun sendiri iklan tanpa konsep dan arahan pengiklan
c. Melincurkan produk yang tidak perlu sama dengan yang dipesan
d. menggali informasi lebih dalam dari berbagai aspek sebelum menjadikan draft iklan sesungguhnya.

e.    Kegiatan Belajar 2

Iklan Website dan Penerapannya

a.    Uraian dan contoh
a.     Iklan dalam Social Media
Dalam materi kali ini akan dipaparkan beberapa contoh yang langsung berkaitan dengan perusahaan yang menggunakan  jasa social media sebagai arena untuk memasang iklan. Manajemen pt ultrajaya termasuk pemilik brand yang  menyadari  peran  penting  social  media dalam meraih segmen “melek” internet. Semenjak 2010, dua brand utama yang mereka miliki – ultra jaya milk dan the kotak, mulai membina komunikasi dengan target consumernya melalui social media. Akun thanks to nature mendapatkan lebih 10.000 fans yang me like facebooknya, sedangkan di twitter ia di follow lebih adri 8.500 follower di microblogging twitter. Sedangkan facebook mencapai 48 ribu akun memberikan like. Head of marketing pt ultrajaya siska suryaman kepada mix mengungkapkan menilai digital media memiliki beberapa keunggulan dibandingkan media konvensional sepanjang dirawat secara konsisten. Yang paling penting adalah kecepatannya dalam nendeliver pesan dengan cukup baik melalui kemampuan blastnya.  Bukan Cuma untuk menginformasikan kegiatan tetapi juga pesan-pesan terkait dengan campaign yang mereka miliki. Akun Mymilk di facebook dan twitter bertujuan untuk mempopulerkan budaya minum susu cair sementara thanks to nature teh kotak tentang kepedulian terhadap alam.  Facebook dan twitter punya kekuatan dalam menyampaikan fakta-fakta yang belum terungkap namun tidak bisa disampaikan melalui media biasa. Hal lain yang menjadi efektivitas media social mereka adalah banyaknya percakapan yang terjadi. Percakapan yang tinggi memberikan indikasi tinggi bahwa digitall marketing berjalan terus. Denagan maksud inilah mereka mengkaitkan percakapan dan kegiatan kampanye saling sinergis. Karena menyangkut interaksi selama 24 jam maka dibutuhkan konsentrasi khusus yang bisa mengakomodir dari para komunitasnya. Administrator diperlukan dalam bisnis ini. Namun begitu pemilik perusahaan juga mengontrol konten yang akan di blast.

b.     Promosi di Social Media
Perusahaan yang menggunakan jasa social media lainnya adalah D”cost yang menurut mereka adalah channel baru dalam aktivitas marketing public relations (marketing PR). Selama ini brand hanya memakai media konvensional sejak diluncurkan media facebook dan twitter maka semakain lengkap teknik promosi iklan mereka. Selain costnya sangat minim atau hamper tak berongkos lewat social media d”cost bisa menciptakan komunikasi interaktif secara real time, terintergrasi dan berkelanjutan kepada seluruh konsumennya. Kelebihan ini yang tidak dimiliki oleh konvensional lainnya. Harus pandai mengemas menjadi isu positif apalagi bisnis makanan. Maka pihak manajemen membuat strategi dengan cara menciptakan promo diskon  sesuai umur, up to you price dsbnya. Promosi yang di pasang adalah harus strategi yang unik dimana tidak terdapat pada competitor dan pesaingnya. Agar terlihat aktif maka harus memiliki jam khusus yg langsung dilayani operator missal pagi hari posting dan siang hari mendapat pesanan ini karena untuk menjaga kredibilitas dan promosi tayangan yg pernah dimuat media juga ditampilkan.

c.    Bahasa Gambar Cara Caring Ciptakan Conversation
Caring adalah contoh brand kosmetik keluaran Martha Tilaar Group – mulai dari facebook, twitter hingga youtube. Menurut manajer marketing deby twibisono  aneka  social media ini dapat menjadi tools efektif untuk setiap program marketing. Tetapi bila ada keluhan terhadap produk dan tidak ditanggapi dengan cepat maka akan terjadi isu yang tidak bagus dalam rangka straegi marketing tersebut. Menurutnya kunci keberhasilan di social media adalah menciptakan conversation baik diantara brand dengan konsumen maupun antar konsumen itu sendiri. Ada banyak cara yang dilakukan caring untuk menciptakan conversation salah satunya melalui hal yang  paling  sederhana yaitu dengan menayangkan “bahasa gambar” , dimana fans caring colours biasanya sangat menyukai ilustrasi dan gambar. “saat kami mem-posting gambar yang menarik, banyak yang meng like dan conversation diantara fans meningkat”, katanya. Selain dengan menayangkan dengan gambar-gambar yang menarik caring juga mengadakan kuis-kuis atau konsultasi mengenai produk sehingga tercipta komunikasi dua arah antara fans dan brand. Melihat pentingnya social media sebagai salah satu channel komunikasi, caring membangun departemen khusus yang menangani digital online, yang juga bertugas mengelola social media caring colors dan di handle oleh agen social media internal. Caring merespons secepat mungkin apa yang menjadi kebutuhan atau pertanyaan dari audience dan menanggapi secara feedback dari audience. Pengunjung dianggap merupakan raja yang harus dilayani sebaik-baiknya. Artinya cara seperti ni adalah mendekatkan pihak produsen terhadap keinginan kliennya. Hasil berbagai kemungkinana ini nantinya dipakai sebagai target sasaran untuk kelas usia dan pengguna yang mapan dan berpenghasilan sebagai target utama.

d.    Penggunaan Social Media Dalam Bisnis Food and Beverages
sekarang memasuki era baru  tidak hanya menonjolkan menu-menu jualan namun kualitas informasi dan percakapan kini tengah  menjadi bobot yang dipertimbangkan. “media social sangat penting untuk industry retail QSR (Quick Service Restaurant) seperti contohnya Burger King di Indonesia.
Sebagai bagian dari penjualan retail , Burger King terus berupaya menjaring konsumen hingga ke ranah digital, intensitas percakapan di beberapa jejaring social semakin ditingkatkan.  Yang menarik di bisnis perusahaan ini adalah mereka memakai buzzer untuk menciptakan viral world of mouth (WOM). Saat ini mereka memperkerjakan buzzers namun criteria buzzers kami tidak memilki follower yang banyak. Lebih dari itu kepribadian buzzer harus sesuai dengan kepribadian merek kami dan juga tergantung dari target pasar dan didorong pula oleh kepribadian merek kami dan juga tergantung dari target pasar dan didorong pula oleh product value, jelas Maggie.

e.    Strategi Anggaran
Beng-beng adalah produk makanan yang melakuakan kegiatan iklan marketing memakai social nmedia aktif terbukti dengan  jumlah fans 10.900 sedangkan di twitterland followernya mencapai 13.000. pihak manajemen mengakui bahwa jumlah fans dan follower saja tidak cukup objektif untuk mengukur kinerja media social. Social media juga bisa mengukur kualitas hubungan melalui interaction, conservation dan engagementnya.
Untuk produk beng-beng percakapan yang dilakukakn dalam media social berdasarkan insight anak muda sehingga program atau yopiknya disesuaikan . ada tiga hal yang agar audience dapat engaged  dengan percakapan yang dilontarkan dalam social media yaitu :
b.    Harus memahami target market
c.    Berdasarkan knowledge atau wisdom kita terhadap market brand
d.    Topik harus berdasarkan perspektif audience

e.    Latihan
a.    Jawablah latihan soal di bawah ini sesuai petunjuk!
1)    Jelaskan apakah yang menjadi penyebab perusahaan beralih strategi pemasarannya melalui social media dan internet ?
2)    Apakah yang dimaksud dengan istilah blast  sebagai kelebihan memakai social media di internet ?
3)    Jelsjkan kenapa percakapan yang tinggi adalah indikator segi marketing yang sukses ?
4)    Apakah konsep social media menjadi begitu penting ketika perusahaan ingin mendapatka info secara real time ?

f.    Rangkuman
Jasa social media sebagai ujung tombak indikator keberhasilan marketing di era digital ini dijadikan media manajemen strategi yang unik dimana hal ini tidak masih jarang dilakukan oleh kompetitor lainnya. Bahasa gambar setidaknya memeperkuat makna yang terkandung dalam misis untuk mengembangkan jaringan agar lebih luas dan dimengerti oleh sasaran pemakai yang dituju.

g.    Tes Formatif
Pilihlah salah satu jawaban
1)     Pilih satu metode yang benar dalam kaitannya promosi dengan kecepatan interaksi media dan pengiklan adalah   :
a. internet  tidak perlu dikelola karena akan bergerak sendiri dengan sistem pencari
b. metode blast sanggup menyebarkan suatu berita kampanye perusahaan
c. kontain tidak menjadi menarik lagi karena semua bergerak secara otomatis
d. antara media dan relasi hanya berupa sebatas iklan dan gambar saja tanpa ada percakapan atau interaksi

2)    Bahasa gambardengan konsep yang mudah dipahami akan lebih menarik dibanding dengan kata-kata iklan atau perpaduannya. Mana pernyataan yang benar dan mendukung dibawah ini :
a.    Iklan online tidak bisa menjadi daya dukung suatu promosi internet lenih bagus bila di dalam media cetak
b.    Beberapa analisa desain gambar kadang tidak mengena dengan daerah yang sedang di promosikan..
c.    Gambar yang menarik dan tepat biasanay mengarah kepada perasaan yang melihat setelahnya baru membaca isi pesan
d.    Iklan online selalu akan lebih mahal dibanding media lainnya

3)    Mana yang bukan fokus dari manajemen periklanan : ?
a.    internet  online secara proaktif membantu mengembangkan strategi   penjualan.
b.    Pemasang iklan harus memeperhatikan kliennya. Terutama mengenai data dan informasi yang akan diangkat
c.    Pemesan secara tetap terus berhubungan dengan biro atau pemasang iklan dan mengetahui berapa besar dapat terlihat jelas.
d.    Pemasang iklan tidak perlu menanyak lagi bila sudah di publish terhadp klien karena kesalahn redaksi adalah tanggung jawab pemesan.

4)    Hasil iklan  yang sudah tayang akan ada evaluasi untuk menentukan...pilih  mana pernyataan yang salah :
a.    Usia pemakai
b.    Jenis perilaku
c.    Lokasi target
d.    Besarnya laba keuntungan semata

5)    Pilih yang mana yang benar dari kalimat dibawah ini ?
a.    Jumlah fans dan follower dari berbagai social media belum menjadi patokan keberhasilan suatau iklan
b.    Jumlah follower akan selalu menguntungkan karena setiap penambahan akan menambahkan deposit pada akun perusahaan
c.    Setiap follower dapat menjamin untuk kepercayaan pada pemasang iklan dan seterusnya
d.    Kegiatan yang selalu mengandalkan followers akan selalu mendapatkan keuntungan walau mereka tidak berada dalam event uang diadakan.


f.    Daftar Pustaka

•    Mahmud Machfoedz, Komunikasi Pemasaran Modern (Yogyakarta : RizQita Printing, 2010).
•    Roni Tabroni, M.Si,, Komunikasi Politik Pada Era Multimedia (Bandung : Simbiosa Rekatama Media, 2012).
•    John E. Kennedy dan R. Dermawan Soemanagara, Marketing Communication Taktik & Strategi (Jakarta : PT Bhuana Ilmu Populer, 2009).
•    Yatri Indah Kusumastuti, Komunikasi BIsnis (Bogor : IPB Press, 2009).
•    Firsan Nova, Crisis Public Relations (Jakarta : PT Raja Grafindo Persada, 2011).
•    Sandra Oliver, Strategi Public Relations (Jakarta : Erlangga, 2001).
•    Yosal Iriantara, Media Relations (Bandung : Simbiosa Rekatama Media 2005).
•    Nurudin M.Si, Hubungan Media – Konsep Dan Aplikasi (Jakarta : PT Raja Grafindo Persada, 2008).
•    Albert Street, Pemasaran Internet (Jakarta : Salemba Empat, 2000).
•    Drs. Suryadi, Strategi Mengelola Public Relations (Jakarta : EDSA Mahkota, 1970).
•    Bob Julius Onggo, Cyber Public Relations (Jakarta : PT Elex Media Komputindo, 2004).
•    Prof. Drs. Onong Uchjana Effendy, M.A. , Komunikasi dan Modernisasi (Bandung : Mandar Maju 2005).
•    Wahidin Saputra dan Rulli Nasrullah, Public Relations 2.0 (Jakarta : Gramata Publishing, 2001).
•    Agung Laksmana, Internal Public Relations (Jakarta : Republika, 2010).
•    Rini Darmastuti, S.Sos,, M.Si., Media Relations (Yogjakarta : CV Andi Offset, 2012).
•    Brenda Kienan, Small Business Solution E-Commerce (Jakarta : PT Elex Media Komputindo, 2000).
•    Fred E. Hahn and Kenneth G Mangu, Beriklan dan Berpromosi Sendiri (Jakarta : PT Grasindo, 1999).
•    Soleh Soemirat, Elvinaro Ardianto, Dasar-Dasar Public Relations (Jakarta : Rosda, 2002).
•    Suryadi, Drs., Strategi Mengelola Public Relations Organisasi (Jakarta : EDSA Mahkota, 2007)

Swa kelompokk media, majalah MIX marketing communications (Jakarta : SWA, januari 2013)

https://en.wikipedia.org/wiki/Public_relations diakses tanggal 9 Juli 2013
https://en.wikipedia.org/wiki/Online_and_offline  diakses tanggal 9 Juli 2013
http://en.wikipedia.org/wiki/Streaming_media  diakses tanggal 9 Juli 2013
https://en.wikipedia.org/wiki/Internet_radio  diakses tanggal 9 Juli 2013
http://id.wikipedia.org/wiki/WordPress  diakses tanggal 9 Juli 2013
http://en.wikipedia.org/wiki/Media_relations  diakses tanggal 9 Juli 2013

 Dengan adanya informasi yang kami sajikan tentang  cara kata kata menarik pelanggan ke produk beng beng

, harapan kami semoga anda dapat terbantu dan menjadi sebuah rujukan anda. Atau juga anda bisa melihat referensi lain kami juga yang lain dimana tidak kalah bagusnya tentang AL-HALAL WAL HARAM FIL ISLAM 

. Sekian dan kami ucapkan terima kasih atas kunjungannya.


buka contoh marketing : khm203.weblog.esaunggul.ac.id/wp-content/.../Modul-3a

No comments:

Post a Comment