PERUSAHAAN-PERUSAHAAN DENGAN TOP BRAND DI INDONESIA DAN PEMASARAN
PERUSAHAAN-PERUSAHAAN DENGAN TOP BRAND DI INDONESIA DAN PEMASARAN |
kata kata iklan tango - M. Suyanto
www.msuyanto.com
1.1. Perusahaan-perusahaan dengan Merek Top di
Indonesia
Merek Top Indonesia adalah merek yang dirumuskan oleh Frontier Consulting Group berdasarkan mind share, market share dan commitment share. Mind share mengindikasikan kekuatan merek di dalam benak konsumen kategori produk bersangkutan. Market share menunjukkan kekuatan merek di dalam pasar tertentu dalam hal perilaku pembelian aktual dari konsumen. Commitment share menjelaskan kekuatan merek dalam mendorong konsumen untuk membeli merek terkait di masa mendatang.
Untuk mendapatkan merek Top Indonesia menggunakan dua kriteria, yaitu merek-merek yang memperoleh indeks minimum merek top dan merek-merek yang berada dalam tiga besar pada masing-masing kategori. Merek-merek Top Indonesia tersebut ditunjukkan pada Tabel 1.1.
Tabel
1.1.
TOP
BRAND INDEX 2007
Kategori
|
Jenis
|
Merek
|
Top Brand Index (TIB)
|
Telekomuni-kasi dan TI
|
Handpone
|
Nokia
Ny Ericsson
|
76,70 %
10,20 %
|
Simcard Prabayar
|
Simpati
Mentari
IM3
|
40,92 %
21,43 %
10,72 %
|
|
Simcard Pascabayar
|
Kartu Halo
Flexi Classy
Matrix
|
43,79 %
17,32 %
15,20 %
|
|
Notebook
|
Toshiba
Acer
IBM
|
19,41 %
12,48 %
10,23 %
|
|
Printer
|
Canon
Epson
HP
|
32,94 %
25,47 %
14,81 %
|
|
Internet Service Provider
|
Telkomnet Istan
INDOSATnet
|
31,39 %
10,48 %
|
Kategori
|
Jenis
|
Merek
|
Top Brand Index (TIB)
|
Makanan dan Minuman
|
Wafer
|
Tango
|
66,59 %
|
Biskuit Non Wafer
|
Biskuat
Roma
Khong Guan
|
25,78 %
19,38 %
17,55 %
|
|
Kacang Bermerek
|
Garuda
Dua Kelinci
|
75,22 %
18,67 %
|
|
Mie Instan
|
Indomie
Mie Sedaap
|
66,67 %
21,78 %
|
|
Tepung
Terigu
|
Segitiga
Biru
Cakra
|
61,25 %
24,60 %
|
|
Kecap Manis
|
ABC
Cap Bango
|
49,09 %
39,13 %
|
|
Saus Sambal
|
ABC
Indofood
|
73,55 %
16,62 %
|
|
Minyak
Goreng
|
Bimoli
Filma
|
62,80 %
16,70 %
|
|
Margarin
|
Blue Band
Simas
Margarine
|
84,63 %
12,55 %
|
|
Kopi Bubuk
|
Kapal Api
ABC
|
45,21 %
14,35 %
|
|
Teh Celup
|
Sariwangi
|
81,32 %
|
|
Teh dalam
Kemasan
|
Sosro
|
72,97 %
|
|
Susu Bubuk
Dewasa
|
Anlene
Hi Lo
|
61,06 %
11,08 %
|
|
Sari Buah
|
Frutang
ABC
Buavita
|
41,06 %
20,80 %
20,14 %
|
|
Jelly Drink
|
Okky Jelly
Drink
|
70,77 %
|
|
Minuman
Penambah Tenaga
|
Extra Joss
Kratindaeng
|
53,51 %
14,58 %
|
|
Minuman Isotonik
|
Pocari
Sweat
Mizone
|
55,83 %
31,16 %
|
|
Perlengkapan Pribadi
|
Kemeja Resmi Pria
|
Alisan
|
15,63 %
|
Sepatu Olah Raga
|
Adidas
Nike
|
32,04 %
11,23 %
|
Kategori
|
Jenis
|
Merek
|
Top Brand Index (TIB)
|
Perawatan Pribadi
|
Hand Body Lotion
|
Citra
Marina
|
41,48 %
16,39 %
|
Deodorant
|
Rexona
|
59,07 %
|
|
Bedak Muka
|
Viva
Pixy
|
15,99 %
10,73 %
|
|
Lipstick
|
Revlon
|
17,17 %
|
|
Sabun Mandi
|
Lifebuoy
Lux
|
45,85 %
22,25 %
|
|
Sabun Pembersih Wajah
|
Biore
Pond’s
Dove
|
32,70 %
22,95 %
12,01 %
|
|
Shampo
|
Sunsilk
Clear
Pantene
|
28,44 %
23,55 %
14,89 %
|
|
Sikat Gigi
|
Formula
Pepsodent
|
47,81 %
37,00 %
|
|
Pasta Gigi
|
Pepsodent
|
75,64 %
|
|
Pembalut Wanita
|
Laurier
Softex
Charm
|
33,16 %
23,86 %
19,80 %
|
|
Otomotif
|
Mobil MPV
|
Toyota Kijang
Toyota Avanza
|
56,33 %
11,87 %
|
Minyak Pelumas
|
Top 1
Mesran/Prima XP
|
54,05 %
14,40 %
|
|
Perbankan dan Keuangan
|
Produk Tabungan
|
Tahapan BCA
Tabungan Mandiri
Taplus BNI
|
29,27 %
15,49 %
14,01 %
|
Kartu Kredit
|
Bank BCA
Citibank
Bank BNI
|
27,15 %
13,55 %
11,12 %
|
|
Pembiayaan Otomotif
|
Adira Finance
FIF
ACC
|
31,27 %
20,98 %
13,94 %
|
|
Asuransi Jiwa
|
AJB Bumiputera
Jiwasraya
|
23,38 %
12,05 %
|
|
Asuransi Mobil
|
Garda Oto
ACA Motor
|
35,40 %
10,73 %
|
Kategori
|
Jenis
|
Merek
|
Top Brand Index (TIB)
|
Obat-obatan
|
Obat Batuk
|
Komix
OBH Combi
Vick
Formula 44
|
23,26 %
18,82 %
13,63 %
|
Obat Flu
|
Decolgen
Mixagrip
Ultraflu
|
14,21 %
12,34 %
12,26 %
|
|
Obat Sakit Kepala
|
Paramex
Bodrex
Panadol
|
24,87 %
20,85 %
17,31 %
|
|
Obat Maag
|
Promag
Mylanta
|
75,60 %
12,99 %
|
|
Obat Diare
|
Diapet
Neo
Entrostop
|
42,05 %
34,00 %
|
|
Obat Masuk Angin
|
Antangin
Tolak Angin
|
51,70 %
36,95 %
|
|
Balsem
|
Geliga
Balpirik
Cap Lang
|
26,93 %
22,13 %
21,14 %
|
|
Minyak Angin
|
Cap Lang
Cap Kapak
|
52,97 %
24,32 %
|
|
Obat Kuat Pria
|
Kuku Bima
Irex
|
34,92 %
13,15 %
|
|
Multivitamin
|
Hemaviton
Fatigon
Redoxon-CDR
|
23,25 %
13,30 %
10,86 %
|
|
Obat Nyamuk Bakar
|
Baygon
Tiga Roda
|
70,90 %
10,89 %
|
|
Produk Rumah Tangga
|
Sabun Pencuci Pakaian
|
Rinso
Ekonomi
Attack
|
32,51 %
17,77 %
12,23 %
|
Pembersih Lantai
|
So Klin
Superpel
|
41,30 %
16,12 %
|
|
Pewangi dan Pelembut Pakaian
|
Molto
So Klin
|
60,65 %
17,33 %
|
Kategori
|
Jenis
|
Merek
|
Top Brand Index (TIB)
|
Perlengkapan Rumah Tangga
|
Pesawat Televisi
|
Sharp
Toshiba
|
15,72 %
12,01 %
|
Audio
|
Polytron
Sony
|
36,27 %
16,36 %
|
|
Lemari Es
|
Sharp
Sanyo
Toshiba
|
24,42 %
18,01 %
14,42 %
|
|
Mesin Cuci
|
LG
Panasonic
|
11,73 %
10,60 %
|
|
Air Conditioner
|
Panasonic
LG
|
18,99 %
17,07 %
|
|
Keramik Lantai
|
KIA
Asia Tile
|
25,55 %
12,14 %
|
|
Cat Tembok
|
Avian
Dulux
Avitex
|
30,66 %
11,35 %
10,53 %
|
|
Kloset
|
TO
INA
|
38,03 %
20,20 %
|
|
Batu Baterai
|
ABC
|
89,80 %
|
|
Furnitue Knock-Down
|
Olympic
Ligna
|
71,45 %
11,47 %
|
|
Bedding
|
Alga
Romance
|
16,42 %
10,33 %
|
|
Telekomuni-kasi dan TI
|
Handpone
|
Nokia
Ny Ericsson
|
76,70 %
10,20 %
|
Simcard Prabayar
|
Simpati
Mentari
IM3
|
40,92 %
21,43 %
10,72 %
|
|
Simcard Pascabayar
|
Kartu Halo
Flexi Classy
Matrix
|
43,79 %
17,32 %
15,20 %
|
|
Notebook
|
Toshiba
Acer
IBM
|
19,41 %
12,48 %
10,23 %
|
|
Printer
|
Canon
Epson
HP
|
32,94 %
25,47 %
14,81 %
|
|
Internet Service Provider
|
Telkomnet Istan
INDOSATnet
|
31,39 %
10,48 %
|
1.2. Pengertian Pemasaran
1.2.1. Definisi Pemasaran dan Manajemen Pemasaran
Menurut Philip Kotler, pemasaran adalah proses sosial dan manajerial yang seseorang atau kelompok memperoleh yang mereka butuhkan dan inginkn melalui penciptaan dan pertukaran produk dan nilai. Sedangkan menurut The American Marketing Association mendefinisikan pemasaran adalah proses perencanaan dan pelaksanaan konsepsi, penetapan harga, promosi dan distribusi ide, barang dan jasa untuk menciptakan pertukaran yang memuaskan tujuan individu dan organisasi. Maka manajemen pemasaran dapat didefinisikan sebagai proses perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi konsepsi, penetapan harga, promosi dan distribusi ide, barang dan jasa untuk menciptakan pertukaran yang memuaskan tujuan individu dan organisasi.
1.2.2. Kebutuhan, Keinginan dan Permintaan
Titik tolak pemasaran terletak pada kebutuhan dan keinginan. Kebutuhan manusia adalah suatu keadaan dirasakannya ketiadaan kepuasan dasar tertentu. Orang membutuhkan sandang , pangan, rumah, rasa aman, dicintai, harga diri, dan aktualisasi diri untuk hidup.
Keinginan adalah kehendak yang kuat akan pemuas yang spesifik terhadap kebutuhan kebutuhan yang lebih mendalam. Orang Ameri¬ka membutuhkan makanan dan menginginkan hamburger, orang Indonesia membutuhkan makanan tetapi keinginannya adalah nasi.
Permintaan adalah keinginan akan produk spesifik yang didukung oleh kemampuan dan kesediaan untuk membelinya. Keinginan menjadi permintaan jika didukung daya beli. Banyak orang menginginkan mobil Volvo, tetapi hanya sedikit yang mampu dan bersedia membelinya.
1.2.3. Produk
Produk adalah segala sesuatuyang dapat ditawawarkan untuk memuaskan suatu kebutuhan dan keinginan. Pelanggan memuaskan kebutuhan dan keinginannya lewat produk. Istilah lain dari produk adalah penawaran atau pemecahan.
Produk dapat dibedakan menjadi tiga jenis, yaitu barang fisik, jasa dan gagasan. Perguruan tinggi komputer sedikit menawarkan barang fisik (buku, jaket, kartu mahasiswa), jasa (kuliah, konsultasi, praktikum) dan gagasan (menemukan diri, bekal masa depan, persaudaraan). Hotel menyediakan barang (makanan, minuman), jasa (penyediaan kamar, pelayanan) dan gagasan (tempat istirahat, ketenangan).
1.2.4. Nilai, Harga dan Manfaat
Intisari pemasaran adalah menciptakan nilai pelanggan lebih besar daripada yang diciptakan oleh pesaing. Nilai adalah perkiraan pelanggan atas seluruh kemampuan produk untuk memuaskan kebutuhannya. Nilai dapat dirumuskan sebagai berikut :
Manfaat (Kepuasan) yang dirasakan
Nilai = --------------------------------------------
Harga (Biaya)
Dari persamaan di atas, nilai untuk pelanggan dapat dinaikkan dengan memperluas atau memperbaiki manfaat produk atau menurunkan harga (biaya yang dikeluarkan pelanggan) atau gabungan dari keduanya. Perusahaan yang menggunakan harga sebagai senjata untuk bersaing harus mempunyai strategi kepemimpinan biaya dalam menciptakan keunggulan kompetitif yang dapat dipertahankan. Sedangkan perusahaan yang menggunakan manfaat (keunggulan) produk sebagai senjata untuk bersaing harus mempunyai strategi diferensiasi dalam menciptakan keunggulan kompetitif yang dapat dipertahankan.
Konsep nilai (nilai guna) dalam pemasaran syariah merupakan sebuah konsep yang lebih luas daripada konsep nilai guna dalam persamaan di atas. Nilai di atas hanya mempertimbangkan material semata. Nilai guna dalam pemasaran syariah dikenal dengan sebutan maslahah, yang dikemukakan oleh Malik bin Anas. Subyek ini diperjelas oleh Ghazali, Ibnu Qayyim, Shatibi, Tufi, Izzudin ibn Abdussalam dan Quraf. Ternyata konsep Maliki ini serupa dengan analisis nilai guna (utility) dari filosof barat seperti Jeremy Bentham dan J.S.Mill (Shiddiq, 1982). Bisa jadi Jeremy Bentham dan J.S.Mill terinspirasi dari Malik bin Anas. Bentuk maslahah merujuk pada kesejahteraan yang luas dari manusia. Menurut Al-Shatibi, maslahah merupakan kepemilikan atau kekuatan produk yang menguasai elemen dasar dan sasaran kehidupan manusia di dunia. Ada lima elemen dasar kehidupan di dunia, yaitu kehidupan (al-nafs), kepemilikan (al-mal), kebenaran (ad-din), kecerdasan (al-aql) dan keturunan (al-nasl). Semua produk yang mempunyai kekuatan untuk menaikkan lima elemen dasar ini yang dikatakan mempunyai maslahah dan produk yang mempunyai maslahah akan dinyatakan sebagai kebutuhan. Keinginan dalam ekonomi konvensional ditentukan oleh konsep nilai guna sementara kebutuhan dalam pemasaran syariah ditentukan oleh konsep maslahah (Khan, 1989). Konsep produk juga berbeda dalam pemasaran syariah. Dalam pemasaran syariah produk merupakan karunia yang terbaik dari Tuhan pada manusia. Menurut Al-Qur’an produk konsumsi adalah produk yang melambangkan nilai moral dan ideologi mereka (manusia). Dalam Al-Qur’an, produk dinyatakan dalam dua istilah, yaitu al-tayyibat dan al-rizq. Kata al-tayyibat digunakan 18 kali, sedangkan kata al-rizq digunakan 120 kali dalan Al-Qur’an. Al-tayyibat merujuk pada suatu yang baik, suatu yang murni dan baik, sesuatu yang bersih dan murni, sesuatu yang baik dan menyeluruh serta makanan yang terbaik. Al-rizq merujuk pada makanan yang diberkahi Tuhan, pemberian yang menyenangkan dan ketetapan Tuhan (Ali, 1975). Menurut pemasaran syariah, produk konsumen adalah berdaya guna, materi yang dapat dikonsumsi yang bermanfaat yang bernilai guna yang menghasilkan perbaikan material, moral, spiritual bagi pelanggan. Sesuatu yang tidak berdaya guna dan dilarang dalam pemasaran Islam bukan merupakan produk dalam pengertian pemasaran syariah. Dalam produk pemasaran konvensional adalah produk yang dapat dipertukarkan. Tetapi produk dalam pemasaran syariah adalah produk yang dapat dipertukarkan dan berdaya guna secara moral.
1.2.5. Kepuasan Pelanggan.
Kepuasan pelanggan merupakan perasaan senang atau kecewa dari pelanggan yang berasal dari perbandingan antara kinerja produk dengan harapannya. Jika kinerja produk sesuai dengan harapan maka pelanggan puas atau senang. Sebaliknya, jika kinerja produk tidak sesuai dengan harapan maka pelanggan kecewa. Jika kinerja produk melebihi harapan maka pelanggan sangat puas atau sangat senang. Kepuasan pelanggan dalam pemasaran syariah tidak hanya kinerja produk sesuai dengan harapan pelanggan secara material, tetapi juga kinerja produk sesuai dengan harapan pelanggan secara spiritual. Untuk pelanggan dari Indonesia yang sebagian besar beragama Islam, merasa puas jika produk itu halal dan sebaliknya tidak memakai produk itu jika produk itu haram.
1.2.6. Pertukaran dan Transaksi
Pertukaran adalah tindakan memperoleh barang yang dikehendaki dari seseorang dengan menawarkan sesuatu sebagai imbalan. Pertukaran dapat terjadi jika terdapat dua pihak, masing-masing pihak memiliki sesuatu yang mungkin berharga pada pihak lain, masing-masing pihak mampu berkomunikasi dan melakukan penyerahan, masing-masing pihak bebas menerima atau menolak tawaran pertukaran, dan masing-masing pihak yakin bahwa berunding dengan pihak lain adalah layak dan bermanfaat. Jika masing-masing pihak sepakat, maka dikatakan terjadi transaksi.
Transaksi adalah perdagangan nilai antara dua pihak atau lebih. Kita membeli komputer di toko komputer dengan harga Rp. 5 juta (transaksi moneter). PT. Nurtanio menjual pesawat CN-235 ke pemerintah Thailand, dengan barter beras dan jagung (transaksi barter). Untuk mencapai keberhasilan dalam pertukaran, pemasar harus menganalisis apa yang diharapkan untuk didapatkan dan diberikan oleh masing-masing pihak dari suatu transaksi.
1.2.7. Jaringan Pemasaran
Pemasaran hubungan merupakan praktek membangun hubungan jangka panjang yang memuaskan pihak-pihak kunci, misalnya pelanggan, pemasok, penyalur, guna mempertahankan preferensi dan bisnis jangka panjang mereka. Hasil pemasaran hubungan yang utama adalah pengembangan aset perusahaan yang disebut jaringan pemasaran. Jaringan pemasaran terdiri dari perusahaan dan semua pihak-pihak yang pendukung yang berkepentingan, yaitu pelanggan, pekerja, pemasok, penyalur, pengecer, agen iklan, dan pihak lain yang bersama-sama dengan perusahaan telah membangun bisnis yang saling menguntungkan.
1.2.8. Pasar
Pasar terdiri dari semua pelanggan potensial yang memiliki kebutuhan dan keinginan tertentu yang sama, yang mungkin bersedia dan mampu melaksanakan pertukaran untuk memuaskan kebutuhan dan keinginan itu.
Dahulu, pasar merupakan tempat pembeli dan penjual berkumpul untuk mempertukarkan barang-barang mereka. Ekonom menggunakan istilah tersebut mengacu pada sekumpulan pembeli dan penjual yang melakukan transaksi atas produk atau kelas produk tertentu, maka muncullah istilah pasar kambing, pasar sapi, pasar perumahan dan lain-lain. Pelaku bisnis menggunakan istilah pasar untuk mengelompokkan pelanggan. Sedangkan pemasar memandang penjual sebagai industri dan pembeli sebagai pasar.
1.2.9. Pemasar
Pemasaran merupakan proses bekerja dengan pasar untuk mewujudkan transaksi potensial guna memuaskan kebutuhan dan keinginan manusia. Pemasar adalah seseorang yang mencari satu atau lebih calon pembeli yang akan terlibat dalam pertukaran nilai. Sedangkan pembeli adalah seseorang yang diidentifikasi oleh pemasar sebagai orang yang mungkin bersedia dan mampu terlibat dalam pertukaran nilai.
1.2.10. Pemasaran Domistik dan Global
Pemasaran dapat dikelompokkan menjadi pemasaran domistik, pemasaran ekspor, pemasaran internasional, pemasaran multinasional, pemasaran global/transnasional
Pemasaran Domistik adalah pemasaran yang secara nyata ditujukan pada pasar dalam negeri. Pemasaran domistik memfokuskan pada pasar domistik untuk menghindari tantangan belajar cara memasarkan ke luar negeri.
Pemasaran ekspor merupakan tahapan pertama untuk menanggapi kesempatan pasar luar negeri. Pemasaran ekspor menjadikan pasar di luar negeri sebagai sasaran dan menggantungkan diri pada produksi dalam negeri untuk memasok pasar ini.
Pemasaran internasional adalah pemasaran yang bertindak lebih jauh dari pemasaran ekspor dan terlibat lebih jauh dalam lingkungan suatu negara tempat perusahaan tadi melakukan bisnis.
Pemasaran multinasional adalah pemasaran yang memfokuskan pada pemanfaatan pengalaman dan produk perusahaan serta sadar akan perbedaan dan keunikan lingkungan dalam negara tempat perusahaan berbisnis.
Pemasaran Global / Transnasional adalah pemasaran yang memfokuskan pada pemanfaatan aset, pengalaman, dan produk perusahaan secara global serta melakukan penyesuaian pada apa yang benar-benar unik dan berbeda dalam setiap negara.
1.3. Orientasi Perusahaan
Perusahaan dapat memilih enam konsep untuk melaksanakan kegiatan pemasarannya, yaitu konsep produksi, konsep produk, konsep penjualan, konsep pemasaran, konsep pemasaran kemasyarakatan dan konsep pemasaran strategis.
1.3.1. Konsep produksi
Konsep produksi menyatakan bahwa konsumen menyukai produk yang tersedia di banyak tempat dan selaras dengan kemampuannya. Konsep produksi memusatkan perhatian pada usaha-usaha untuk mencapai efisiensi produksi yang tinggi dan distribusi yang luas. Perusahaan-perusahaan Jepang, seperti Sony, Toyota, Honda dan Suzuki menggunakan strategi ini.
1.3.2. Konsep produk
Konsep produk menyatakan konsumen menyukai produk yang berkualitas dan prestasi paling baik. Konsep produk memusatkan perhatian pada usaha untuk menghasilkan produk yang unggul dan terus menerus menyempurnakannya. Perusahaan seperti IBM, Intel, General Motor menggunakan strategi ini.
1.3.3. Konsep penjualan
Konsep penjualan menyatakan bahwa konsumen membeli produk jika perusahaan melakukan promosi dan penjualan yang menonjol. Strategi digunakan oleh perusahaan yang bergerak dalam bidang asuransi, alat-alat olah raga, makanan suplemen dan sebagainya (barang yang kurang difikirkan pembeli).
1.3.4. Konsep pemasaran
Konsep pemasaran menyatakan bahwa kunci meraih tujuan perusahaan adalah memuaskan kebutuhan dan keinginan konsumen.
Pada tabel 1.1. terlihat bahwa pemasaran bersandar pada empat pilar, yaitu pasar sasaran, kebutuhan pelanggan, pemasaran terintegrasi, dan profitabilitas. Perusahaan-perusahaan yang menerapkan strategi ini, antara lain perusahaan-perusahaan Amerika Serikat (Mc Donald, Procter & Gamble, Apple Computer, Wal-Mart, American Airlines, Marriott Hotels, Disney), perusahaan-perusahaan Jepang (Sony, Toyota, Canon) dan perusahaan-perusahaan Eropa (Erricsson, Mark & Spencer, Ikea, Club Med, Bang & Olufsen).
1.3.5. Konsep pemasaran kemasyarakatan
Konsep pemasaran kemasyarakatan menyatakan bahwa tugas organisasi adalah memuaskan kebutuhan dan keinginan konsumen dan mempertahankan serta mempertinggi kesejahteraan masyarakat. Perusahaan yang menganut strategi ini di Amerika Serikat adalah The Body Shop, Amway dan Ben & Jerry.
1.3.5. Konsep pemasaran strategis
Konsep pemasaran strategis adalah konsep pemasaran yang mengubah fokus pemasaran dari pelanggan atau produk ke pelanggan dalam konteks lingkungan eksternal yang lebih luas. Konteks pelanggan eksternal yang lebih luas, menyangkut persaingan, kebijakan dan peraturan pemerintah serta kekuatan-kekuatan makro, ekonomi, sosial-budaya, demografi, hukum-politik dan teknologi. Perubahan lainnya adalah dalam hal tujuan pemasaran, yaitu dari profitabilitas menjadi keuntungan pihak yang berkepentingan. Pihak yang berkepenting merupakan individu dan kelompok yang mempunyai kepentingan dalam kegiatan perusahaan, meliputi pelanggan, karyawan, manajemen, masyrakat dan pemerintah.
Tabel 1.1.
KONSEP Penjualan Pemasaran Pemasaran
Strategis
Titik awal
Fokus
Sarana
Akhir Pabrik
Produk
Penjualan dan promosi
Keuntungan melalui volume penjualan
Pasar Sasaran
Kebutuhan pelanggan
Pemasaran yang
terintegrasi
Keuntungan melalui kepuasan pelanggan Visi dan Misi
Kebutuhan semuanya
Pengetahuan dan Pengalaman
Keuntungan melalui
Kepuasan semuanya
1.4. Definisi Strategi
Menurut Webter’s New World Dictionary, definisi strategi ádalah ilmu perencanaan dan penentuan arah operasi-operasi militer berskala besar. Strategi adalah bagaimana menggerakkan pasukan ke posisi paling menguntungkan sebelum pertempuran aktual dengan musuh. John A. Byrne mendefinisikan strategi sebagai sebuah pola yang mendasar dari sasaran yang berjalan dan yang direncanakan, penyebaran sumberdaya dan interaksi organisasi dengan pasar, pesaing dan factor-faktor lingkungan. Sedangkan Jack Trout (Gambar 1.1) dalam bukunya Trout On Stategy, inti dari strategi adalah bagaimana bertahan hidup dalam dunia kompetitif, bagaimana membuat persepsi yang baik di benak konsumen, menjadi berbeda, mengenali kekuatan dan kelemahan pesaing, menjadi spesialisas, menguasai satu kata yang sederhana di kepala, kepemimpinan yang memberi arah dan memahami realitas pasar dengan menjadi yang pertama daripada menjadi yang lebih baik.
Gambar 1.1. Jack Trout
Menurut Hamel dan Prahalad dalam bukunya Competing for The Future, persaingan yang akan datang merupakan persaingan untuk menciptakan dan mendominasi peluang-peluang yang timbul. Menciptakan masa yang akan datang merupakan lebih dari sekedar menangkap peluang yang yang telah kita tetapkan sebelumnya. Tujuan kita tidak hanya meniru produk, proses dan metode pesaing kita, tetapi bagaimana mengembangkan untuk menciptakan peluang masa yang akan datang dan mengekploitasinya.
W. Chan Kim dan Renee Mauborgne menyatakan bahwa Red Ocean Strategy sudah tidak lagi ampuh untuk menciptakan pertumbuhan dan keuntungan di masa depan. Mereka berdua mengusulkan sebuah strategi baru yang disebut Blue Ocean Strategy. Blue Ocean Strategy, menganggap bahwa bersaing adalah menciptakan ruang pasar yang tidak ada lawannya. Pasar yang sangat luas bagaiakan “lautan biru”. W. Chan Kim dan Renee Mauborgne menyatakan bahwa 86 % menggunakan Red Ocean Strategy dan hanya 14 % yang menggunakan Blue Ocean Strategy. Dari perusahaan yang menggunaikan Red Ocean Strategy tersebut memperoleh pendapatan total 62 % dan keuntungan total 39 %, sedangkan perusahaan yang menggunakan Blue Ocean Strategy hanya mendapat pendapatan total 38 % tetapi keuntungan totalnya 61 %. Untuk menciptakan blue oceans dengan dua cara, yaitu perusahaan dapat meningkatkan industri baru yang lengkap, misalnya eBay menciptakan lelang, tetapi secara online. Cara kedua, blue oceans dapat diciptakan dari dalam red oceans pada saat perusahaan mengubah batas industri yang ada.
Gambar 1.1. eBay
1.5. Hirarki Strategi dan Perencanaan Strategis
1.5.1. Hirarki Strategi
Kebanyakan organisasi besar dengan berbagai macam produk, strategi dikelompokkan menjadi tiga tingkatan, yaitu strategi korporasi, strategi unit bisnis dan strategi fungsional, ditunjukkan pada Gambar 1.3. Strategi korporasi terdiri dari strategi korporasi bisnis tunggal dan strategi korporasi multibisnis. Strategi korporasi bisnis tunggal adalah strategi korporasi yang berorientasi pada pertumbuhan dan industri yang akan menjadi tempat bersaing. Sedangkan korporasi multibisnis tidak hanya berorientasi pada pertumbuhan dan industri yang akan menjadi tempat bersaing, tetapi juga pengelolaan unit-unit bisnisnya untuk mencapai sinergi. Michael Porter telah merangkumnya menjadi tiga jenis umum yang memberikan awal yang bagus untuk pemikiran strategis, yaitu keunggulan biaya secara keseluruhan, diferensiasi, dan fokus. Strategi fungsional menekankan terutama pada pemaksimalan sumberdaya produktivitas, misalnya strategi pemasaran, strategi keuangan, strategi sumberdaya manusia, strategi operasi dan strategi penelitian dan pengembangan.
.
Strategi
Korporasi
Strategi
Bisnis
Strategi
Fungsional
Gambar 1.3
1.5.2. Perencanaan Strategis Korporasi dan Devisi
Perencanaan strategis atau manajemen strategis merupakan sekumpulan keputusan dan tindakan yang dirancang untuk mencapai sasaran perusahaan. Dengan demikian manajemen strategis melibatkan pengambilan keputusan berjangka panjang dan rumit serta berorientasi masa depan dengan membutuhkan sumberdaya yang besar dan partisipasi manajemen puncak. Manajemen strategis merupakan proses tiga tingkatan yang melibatkan para perencana di tingkat perusahaan, unit bisnis dan fungsional serta para perencana pendukung lainnya.
Perusahaan yang baik tahu bagaimana caranya beradaptasi dan bereaksi terhadap pasar yang selalu berubah, dengan cara menerap¬kan perencanaan strategis yang berorientasi pada pasar. Perusa¬haan itu tahu bagimana mengembangkan dan mempertahankan kemampuan yang menguntungkan antara sasaran, sumber daya dan peluang-peluang bisnis. Mereka juga menyelenggarakan proses perencanaan strategis, baik di tingkat perusahaan, di tingkat unit bisnis maupun di tingkat produk.
Sasaran-sasaran dikembangkan di tingkat perusahaan dan dijabarkan ke tingkat yang lebih rendah di mana rencana strategik bisnis dan rencana pemasaran disiapkan sebagai pedoman berbagai kegiatan perusahaan. Perencanaan stategik melip¬uti siklus perncanaan, implementasi dan pengendalian yang beru¬lang.
Perencanaan strategis perusahaan mencakup empat kegiatan perencanaan, yaitu mendefinisikan visi dan misi korporasi, membangun unit bisnis strategis, mengalokasikan sumberdaya untuk masing-masing unit bisnis strategis dan menilai peluang bisnis yang muncul.
1.5.3. Visi dan Misi Korporasi
Visi adalah tujuan unik dari korporasi yang membedakan perusahaan tersebut dengan korporasi lainnya yang sejenis dan mengidentifikasi cakupan operasinya. Visi merupakan pernyataan atau rumusan umum yang luas dan bersifat tahan lama tentang keinginan atau tujuan korporasi. Visi ini mengandung filosofi bisnis dari pengambil keputusan strategi korporasi, menyiratkan citra yang dipancarkan korporasi, mencerminkan konsep diri korporasi dan mengidentifikasikan bidang produk (barang, jasa, gagasan) utama perusahaan serta kebutuhan utama pelanggan yang dipenuhi korporasi. Secara ringkas, visi menguraikan produk, pasar, teknologi yang diterapkan korporasi, dan ini dilakukan sedemikian sehingga mencerminkan nilai dan prioritas dari pengambil keputusan strategis korporasi. Sedangkan misi merupakan operasionalilasi dari visi.
Visi Astra International adalah menjadi salah satu perusahaan yang dikelola terbaik di Asia Pasifik dengan menekankan pada pembangunan kompetensi melalui pengembangan sumberdaya manusia, struktur keuangan yang kokoh, efisiensi dan kepuasan pelanggan. Bertanggungjawab secara sosial dan perusahaan yang ramah lingkungan.
1.5.3. Membangun Unit Bisnis Strategis (UBS)
Langkah yang kedua adalah membangun unit-unit bisnis strategis (UBS) perusahaan atau korporasi. Suatu unit bisnis didefinisikan berdasarkan kelompok pelanggan, kebutuhan pelanggan dan teknolo¬gi. UBS unit bisnis yang dapat mengambil manfaat dari penyusunan perencanaan yang terpisah, menghadapi pesaing khusus dan penanga¬nannya sebagai pusat laba.
Astra International merupakan perusahaan yang menitikberatkan pada enam unit bisnis strategis, yaitu unit otomotif, unit jasa keuangan, unit peralatan berat, unit agribisnis, unit teknologi informasi dan unit infra struktur. Unit unit otomotif meliputi mobil, sepeda motor, komponen, persewaan mobil dan lainnya. Unit jasa keuangan mencakup pembiayaan mobil, pembiayaan sepeda motor, perbankan, asuransi umum dan asuransi jiwa. Unit peralatan berat terdiri dari mesin kontruksi dan kontraktor pertambangan. Unit agrobisnis yaitu minya kelapa sawit. Unit teknologi informasi meliputi solusi dokumen dan solusi teknologi informasi. Sedangkan unit infrastruktur adalah infrastruktur secara umum.
1.5.4. Menentukan Alokasi Sumberdaya ke UBS
Langkah yang ketiga adalah pengalokasian sumber daya untuk berbagai UBS yang didasarkan pada daya tarik industrinya masing-masing dan kekuatan persaingannya. Beberapa model portfolio seperti Boston Consulting Group dan General Electric dapat digu¬nakan untuk menentukan UBS mana yang harus ditingkatkan, diperta¬hankan, dipanen, atau dihapuskan.
1.5.5. Menilai Peluang Bisnis Yang Muncul
Langkah yang keempat adalah menilai peluang bisnis yang muncul baik dari bisnis yang sekarang dan maupun bisnis baru untuk mengisi kesenjangan perencanaan strategis. Perusahaan dapat mengidentifikasi pel¬uang-peluang dengan mempertimbangkan pertumbuhan intensif (penetrasi pasar, pengembangan pasar dan pengembangan produk) pertumbuhan integratif (integrasi balik, integrasi maju, dan integrasi horisontal); dan pertumbuhan diverifikasi (diverifikasi konsentrasi, diverifikasi horisontal, dan diverifikasi konglomer¬asi).
1.6. Perencanaan Strategis Unit Bisnis
Setiap unit bisnis strategis mengadakan rencana strategik bisnisnya, yang terdiri dari delapan langkah yaitu : mendefinisikan misi bisnis, menganalisis lingkungan eksternal,menganalisis lingkungan inter¬nal, memilih tujuan dan sasaran bisnis, mengembangkan strategis bisnis, merinci rencana program, mengimplementasikan rencana program, dan mengumpulkan umpan balik dan menguji pengendalian terlihat pada Gambar 1.4.
Gambar 1.4.
Semua langkah ini menjaga terhambatnya UBS terhadap lingkungan dan berjaga-jaga terhadap peluang dan masalah-masalah yang baru.
Lebih lanjut, rencana strategik UBS menjabarkan konteks untuk merinci rencana pasar bagi produk dan pelayanan khas, yang akan kita uji dalam bab berikutnya.
1.6.1. Visi dan Misi Unit Bisnis
Visi unit bisnis adalah tujuan unik dari unit bisnis yang membedakan unit bisnis tersebut dengan unit bisnis lainnya yang sejenis dan mengidentifikasi cakupan operasinya. Visi unit bisnis merupakan pernyataan atau rumusan umum yang luas dan bersifat tahan lama tentang keinginan atau tujuan unit bisnis. Visi ini mengandung filosofi bisnis dari pengambil keputusan strategi unit bisnis, menyiratkan citra yang dipancarkan unit bisnis, mencerminkan konsep diri unit bisnis dan mengidentifikasikan bidang produk (barang, jasa, gagasan) utama unit bisnis serta kebutuhan utama pelanggan yang dipenuhi unit bisnis. Secara ringkas, visi unit bisnis menguraikan produk, pasar, teknologi yang diterapkan unit bisnis, dan ini dilakukan sedemikian sehingga mencerminkan nilai dan prioritas dari pengambil keputusan strategis unit bisnis. Sedangkan misi unit bisnis merupakan operasionalilasi dari visi unit bisnis.
PT Astra Honda Motor salah satu unit bisnis PT. Astra International, mempunyai visi bisnis senantiasa berusaha untuk mencapai yang terbaik dalam industri sepeda motor di Indonesia, untuk memberi manfaat bagi masyarakat luas, dalam menyediakan alat transportasi yang berkualitas tinggi, sesuai kebutuhan konsumen, dengan harga yang terjangkau, serta didukung oleh fasilitas manufaktur terpadu, teknologi mutakhir, jaringan pemeliharaan, suku cadang dan manajemen kelas dunia. Sedangkan misi bisnisnya bertekad untuk menyediakan sepeda motor yang berkualitas tinggi dan handal sebagai sarana transportasi bagi masyarakat yang sesuai kebutuhan konsumen, pada tingkat harga yang terjangkau.
1.6.2. Analisis lingkungan Eksternal
Analisis lingkungan eksternal akan menghasilkan peluang dan ancaman perusahaan. Lingkungan eksternal perusahaan terdiri dari tiga perangkat faktor, yaitu lingkungan jauh, lingkungan industri dan lingkungan operasional.
Lingkungan jauh terdiri dari dari faktor-faktor yang bersumber dari luar, dan biasanya tidak berkaitan dengan situasi operasi perusahaan tertentu, yaitu faktor ekonomi, sosial-budaya, teknologi, demografi, politik-hukum, dan ekologi.
Lingkungan insudtri terdiri dari persaingan diantara anggota industri, hambatan masuk, produk substitusi, daya tawar pembeli dan daya tawar pemasok.
Lingkungan operasional meliputi faktor-faktor yang mempengaruhi situasi persaingan perusahaan, yaitu posisi bersaing, profil pelanggan, pemasok, kreditor, dan pasar tenaga kerja.
Ketiga faktor tesebut memunculkan peluang dan ancaman dalam memasarkan produk secara menguntungkan. Misalnya, Coca-Cola pada tahun 1993 melakukan analisis lingkungan jauh, mendapatkan hasil sebagai berikut :
- semakin meningkatnya pendapatan disposabel, penjualan Coca-
Cola akan meningkat,
- inflasi mempengaruhi keberhasilan Coca-Cola
- konsumsi minuman ringan berbanding terbalik dengan usia seseorang,
artinya semakin tua, semakin berkurang minum minuman ringan,
sebaliknya kelompok muda yang paling banyak minum minuman
ringan.
- Teknologi membuat dunia semakin sempit, sehingga muncul nya pasar
“kaum muda” baru yang lebih mudah dijangkau.
Dari lingkungan industri Coca-Cola menghasilkan :
- Coca-Cola mendapat persaingan yang kuat dari Pepsi
- Bahan baku utama Coca-Cola adalah sirup jagung berkadar fruktosa tinggi, sejenis gula, untuk di Amerika Serikat dapat dipasok oleh sebagian besar sumber domistik. Untuk diluar Amerika Serikat dapat diganti sukrosa. Bahan lain adalah aspartam, bahan pemanis yang digunakan dalam produk minuman ringan rendah kalori diperoleh dari The Nutra Sweet Company.
- Pembeli minuman ringan adalah perorangan dan para pembotol yang memperoleh hak waralaba.
- Ada banyak minuman substutusi dari minuman ringan yang populer , antara lain minuman sitrus (citrus beverage), sari buah (fruit juice)
1.6.3. Analisis Lingkungan Internal
Analisis lingkuangan internal akan menghasilkan kekuatan dan kelemahan perusahaan. Analisis Internal Perusahaan dikenal juga dengan nama Analisis Profil Perusahaan. Analisis ini menggambarkan kekuatan perusahaan, baik kuantitas maupun kualitas pemasaran, sumberdaya manusia, sumberdaya fisik, operasi, keungan, manajemen dan organisasi.
Kekuatan dan kelemahan Pemasaran dapat dilihat dari reputasi perusahaan, pangsa pasar, kualitas produk, kualitas pelayanan, efektifitas penetapan harga, efektifitas distribusi, efektifitas promosi, kekuatan penjualan, efektifitas inovasi dan cakupan geografis.
Kekuatan dan kelamahan sumberdaya manusia dapat ditunjukkan dari manajemen sumberdaya manusia, ketrampilan dan moral karyawan, keemampuan dan perhatian manajemen puncak, produktivitas karyawan, kualitas kehidupan karyawan, fleksibilitas karyawan, ketaatan hokum karyawan, efektivitas imbalan dalam memotivasi karyawan, dan pengalaman karyawan.
Keuangan terdiri dari ketersediaan modal, arus kas, stabilitas keuangan, hubungan dengan pemilik dan investor, kemampuan berhubungan dengan bank, besarnya modal yang ditanam, keuntungan yang diperoleh (nilai saham), efektivitas dan efisiensi system akuntansi untuk perencanaan biaya-anggaran dan keuntungan dan sumber tingkat perusahaan.
Operasi meliputi fasilitas perusahaan, skala ekonomi, kapasitas produksi, kemampuan berproduksi tepat waktu, keahlian dalam berproduksi, biaya bahan baku dan ketersediaan pemasok, lokasi, layout, optimalisasi fasilitas, persediaan, penelitian dan pengembangan, hak paten, merk dagang, proteksi hokum, pengendalian operasi dan efisiensi serta biaya-manfaat peralatan.
Kekuatan dan kelemahan organisasi dan manajemen dapat diperoleh dari struktur organisasi, citra dan prestos perusahaan, catatan perusahaan dalam mencapai sasaran, komunikasi dalam organisasi, system pengendalian organisasi keseluruhan, budaya dan iklim organisasi, penggunaan system yang efektif dalam pengambilan keputusan, system perencanaan strategic, sinergi dalam organisasi, system informasi yang baik dan manajemen kualitas yang baik.
1.6.4. Perumusan Sasaran
Setelah perusahaan melakukan analisis kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman yang dikenal juga dengan Analisis SWOT, selanjutnya merumuskan sasaran. Sasaran menjelaskan tujuan-tujuan yang spesifik dalam jumlah dan waktu. Dengan demikian sasaran memudahkan untuk perencanaan, pelaksanaan dan pengendalian. Sasaran perusahaan dapat berupa profitabilitas, posisi pasar, produktivitas, kepemimpinan teknologi, pengembangan sumberdaya manusia, hubungan antar karyawan dan tanggungjawab sosial.
Sedikit sekali usaha yang hanya memiliki satu tujuan. Sebagian besar unit usaha memiliki bauran tujuan yang mencakup laba, pertumbuhan penjualan, peningkatan pangsa pasar, pembatasan risiko, inovasi reputasi, dan sebagainya. Unit usaha menentukan tujuannya dan melakukan pengelolaan usaha sesuai tujuan tersebut (Management By Objectives-MBO). Agar sistem MBO dapat bekerja dengan baik, tujuan-tujuan unit usaha harus memenuhi empat kriteria :
• Pertama tujuan harus diurutkan secara hirarkis, dari yang paling penting sampai yang kurang penting. Sebagai contoh tujuan utama unit usaha untuk suatu periode mungkin dapat berupa peningkatan tingkat pengembalian investasi. Ini dapat dicapai dengan meningkatkan laba dan atau mengurangi biaya. Pendapatan dapat ditingkatkan dengan meningkatkan pangsa pasar dan/atau harga jual. Dengan terus melakukan ini, unit usaha dapat bergerak dari tujuan umum ke tujuan khusus untuk departemen dan individu tertentu.
• Kedua, tujuan harus dapat dinyatakan secara kuantitatif apabila dimungkinkan. Tujuan ‘meningkatkan tingkat pengembangan investasi (return On Investment-ROI)” lebih baik dinyatakan sebagai sasaran “meningkatkan ROI menjadi 15 %, atau lebih baik lagi, “meningkatkan ROI menjadi 15 % dalam dua tahun.
• Ketiga, sasaran – sasaran harus realitis. Sasaran-sasaran seharusnya dihasilkan dari analisa peluang dan kekuatan unit usaha yang bersangkutan, bukan berdasarkan angan-angan saja.
• Yang terakhir, tujuan-tujuan perusahaan harus konsisten. Tidak mungkin memaksimalkan baik penjualan maupun laba secara serentak.
Dilema penting lainnya mencakup antara laba jangka pendek versus pertumbuhan jangka panjang, penetrasi pasar yang ada versus pengembangan pasar baru, sasaran laba versus sasaran nirlaba, pertumbuhan tinggi versus risiko rendah. Setiap pilihan dalam kelompok dilema sasaran ini memerlukan strategi pemasaran yang berbeda.
1.6.5. Perumusan Strategi dan Program
Sasaran menunjukkan apa yang ingin dicapai suatu unit usaha, strategi adalah suatu rencana permainan untuk mencapinya. Setiap usaha harus merancang strategi untuk mencapai tujuannya. Walaupun banyak macam strategi yang tersedia. Michael Porter telah merangkumnya menjadi tiga jenis umum yang memberikan awal yang bagus untuk pemikiran strategis : keunggulan biaya secara keseluruhan, diferensiasi, dan fokus.
Strategi Keunggulan biaya secara keseluruhan merupakan strategi yang membuat unit bisnis bekerja keras mencapai biaya produksi dan distribusi terendah, sehingga harganya dapat lebih rendah daripada pesaing dan mendapat pangsa pasar yang besar. Perusahaan dengan strategi ini harus terampil dalam rekayasa (engineering), pembelian, produksi, maupun distribusi. Mereka hanya memerlukan sedikit ketrampilan dalam menjual. PT. Buana Jialing Sakti Motor adalah salah satu perusahaan menggunakan strategi ini. Masalahnya akan ada perusahaan lain yang muncul dengan biaya yang lebih murah (dari Timur Jauh misalnya), dan membahayakan perusahaan yang hanya mengandalkan biaya rendah. Kuncinya adalah perusahaan harus mencapai biaya yang paling rendah dibanding dengan pesaing yang menggunakan strategi fokus dan pembedaan yang serupa. Iklan Jialing 100-2R ditunjukkan pada Gambar 1.5.
Gambar 1.5.
Strategi Diferensiasi merupakan strategi unit bisnis yang berkonsentrasi untuk mencapai kinerja terbaik dalam memberikan manfaat bagi pelanggan yang dinilai penting oleh sebagian besar pasar. Unit usaha dapat menjadi yang terbaik dalam pelayanan, kualitas, gaya, teknologi, dan lain-lain, namun tidak mungkin untuk menjadi yang terbaik dalam segala hal. Perusahaan akan membina kekuatan-kekuatan yang memberikan keunggulan kompetitif dalam satu atau lebih manfaat. Jadi perusahaan yang ingin mempimpin dalam kualitas. Strategi ini dijalankan oleh PT. Astra Honda Motor dalam industri sepeda motor. Iklan dari Honda Fit X dengan slogan ”Motor Bermutu Pilihan Jitu”, ditunjukkan pada Gambar 1.6.
Gambar 1.6.
Strategi Fokus merupakan strategi unit bisnis yang memfokuskan diri pada satu atau lebih segmen pasar yang sempit dari pada mengejar pasar yang lebih besar. Perusahaan memahami kebutuhan segmen sasaran. Pada saat terjadi krisis pada 1997, Kalbe Farma memfokuskan diri pada produk Promag dan Procold dan dipromosikan secara khusus. Kalbe Farma dapat membalik dari kerugian, akhirnya membawa kesuksesan. Iklan Promag ditunjukkan pada Gambar 1.7.
Gambar 1.7.
1.6.6. Perumusan Program.
Setelah unit usaha mengembangkan strategi utamanya, unit usaha tersebut mengembangkan program pendukungnya yang terinci. Jadi kalau unit usaha memutuskan untuk unggul dalam teknologi, unit usaha tersebut harus merencanakan program untuk memperkuat departemen litbangnya, mengumpulkan intelejensi teknologi, mengembangkan produk mutakhir, melatih para staf penjual teknis, membuat iklan untuk mengkomunikasikan keunggulan teknologinya, dan sebagainya.
Setelah program tersebut dirumuskan dengan sementara, staf pemasaran harus mengevaluasi biaya dari program tersebut. Pertanyaan-pertanyaan bermunculan seperti : Apakah partisipasi dalam pameran dagang tertentu cukup berarti ? Apakah kontes penjualan tertentu bermanfaat ? Apakah mempekerjakan tenaga penjual tambahan akan memberikan kontribusi terhadap laba ? Activity-based accounting harus diterapkan untuk setiap kegiatan pemasaran untuk menentukan apakah kegiatan tersebut akan memberikan hasil yang cukup menutupi biayanya.
1.6.7. Pelaksanaan Strategi
Strategi yang jelas dan pendukung yang matang mungkin tidak akan bermanfaat, jika perusahaan gagal melaksanakannya dengan cermat. Menurut McKinsey Consulting Firm, strategi hanyalah satu dari tujuh unsur yang ditunjukkan oleh perusahaaan yang dikelola dengan baik. Kerangka keberhasilan usaha 7-S dari McKinsey ditunjukkan dalam Gambar 3-9. Tiga unsur pertama strategi (strategy), struktur (structure),dan sistem (systems) dianggap sebagai “perangkat keras” keberhasilan. Empat unsur selanjutnya gaya (style), staf (staff) ketrampilan (skill) dan nilai bersama (shared value) adalah perangkat lunaknya.”
Unsur lunak pertama, gaya, artinya perusahaan memiliki cara berpikir dab bersikap yang sama. Sehingga semua karyawan McDonald tersenyum pada pelanggan dan karyawan IBM sangat profesional dalam berhubungan dengan pelanggan. Yang kedua, staf, artinya perusahaan telah memperkerjakan orang yang cakap, melatih mereka dengan baik, dan menugaskanmereka pada tugas yang sesuai. Yang ketiga, kemampuan, berarti semua karyawan memiliki kemampuan untuk menjalanjkan strategi perusahaan. Yang keempat, nilai bersama, berarti semua karyawan memiliki nilai-nilai panduan yang sama. Kala unsur “lunak” inin ada, perusahaan biasanya lebih berhasil dalam pelaksanaan strategi.
1.6.8. Umpan Balik dan Pengendalian.
Selama perusahaan melaksanakan trategisnya, perusahaan perlu mengamati hasilnya dan memantau perkembangan baru di lingkungan internal dan eksternalnya. Beberapa lingkungan stabil dari tahun ke tahun. Yang lain perlahan-lahan berevolusi dengan cara yang dapat diperkirakan. Tetapi, ada juga lingkungan yang mengalami perubahan besar yang cepat dan tak dapat diramalkan. Perusahaan harus yakin akan satu hal : lingkungan akan berubah. Dan jika perubahan itu terjadi, perusahaan itu terjadi, perusahaan harus meninjau ulang dan merevisi pelaksanaan. Program, strategi, atau bahkan tujuannya. Pikiran apa yang terjadi pada perusahaan jasa komputer raksasa Electronic Data System Corp (EDS).
Organisasi, khususnya yang berukuran besar biasanya memiliki sifat kelambanan. Perusahaan sudah ditata secara efisien, dan sulit mengubah satu bagian tanpa mengubah lainnya. Namun organisasi dapat diubah dengan kepempinan, sebaiknya sebelum krisis tetapi biasanya di tengah krisis. Kunci kesehatan suatu organisasi adalah kemauan organisasi tersebut untuk mengamati perubahan lingkungan dan menerapkan sasaran dan sikap baru yang tepat. Organisasi berkinerja tinggi secara terus menerus mengamati lingkungan dan mencoba menyesuaikan diri dengan lingkungannya yang berevolosi melalui perencanaan strategis yang fleksibel.
1.6.9. Proses Rencana Pemasaran
Rencana pemasaran lebih dititik beratkan pada produk/pasar dan pengembangan strategi dan program pemasaran yang terinci dengan baik agar dapat memperoleh sasaran/tujuan produk dalam pasar. Dengan kata lain, rencana pemasaran merupakan instrumen terpadu untuk mengarahkan dan memadukan upaya pemasaran tersebut. Proses perencanaan pemasaran tadi terdiri dari lima tahapan, yaitu : mengalisis peluang pasar, meneliti dan memilih pasar sasaran, merancang strategi pemasaran, merencanakan dan mengorga¬nisasi program pemasaran, melaksankan dan mengendalikan upaya pemasaran tadi. Masing-masing tahapan ini telah kita bahas dengan ringkasan dalam bab ini dan akan kita uraikan lebih lanjut dalam bab berikutnya.
Isi dari suatu rencana pemasaran pada suatu perusahaan dapat berbeda dengan perusahaan lain, namun paling sedikit harus berisi rangkuman pimpinan, situasi pemasaran saat ini, analisis peluang dan masalah, sasaran, strategi pemasaran, program kegiatan, anggaran rugi laba dan pengendalian.
Agar tercapai perencanaan yang efektif, seorang manajer pemasaran harus dengan akibat penjualan dan keuntungannya. Hubun¬gan itu tercakup dalam persamaan keuntungan dan persamaan penjua¬lan. Perencanaan optimum bagi pengeluaran pemasaran, bauran pemasaran dan alokasi dana pemasaran.
1.7. Langkah-langkah dalam Strategi Pemasaran
Strategi Pemasaran merupakan proses lima tahap, yang terdiri dari Analisis Situasi Strategis, Perancangan Strategi Pemasaran, Pengembangan Program Pemasaran dan Implementasi dan Pengelolaan Strategi Pemasaran. Gambar 1.8. di bawah memperlihat tahapan proses strategi pemasaran.
.
Gambar 1.8.
Analisis situasi strategi meliputi memenangan pasar melalui perencanaan strategis berorientasi pasar, mengumpulkan informasi dan mengukur permintaan pasar, mencari peluang di lingkungan pemasaran, menganalisis pasar konsumen dan perilaku pembeli, menganalisis pasar komunitas internet, menganalisis pasar bisnis dan perilaku pembelian bisnis, menghadapi pesaing dan mengidentifikasi segman pasar dan memilih pasar sasaran. Perancangan strategi pemasaran mencakup menentukan posisi dan mendeferensiasi pasar, strategi hubungan pemasaran dan perencanaan produk baru. Pengembangan program pemasaran mencakup menetapkan strategi produk, strategi harga, strategi distribusi dan strategi promosi. Implementasi dan Pengelolaan strategi mencakup merancang organisasi pemasaran yang efektif, implementasi dan pengendalian strategi.
DAFTAR PUSTAKA
Alsem, Karl Jan. 2007. Strategic Marketing : An Applied Perspective. New York : McGraw-Hill.
Arens, William F. 2002. Contemporary Advertising. New York : McGraw-Hill
Bearden, W.O., Ingram, T. N. and LaForge, R. W. 2007. Marketing : Principles and Perspectives. Fifth Edition. New York : McGraw-Hill.
Cateora, Philip R. and Graham, John L. 2002. International Marketing, Eleventh Edition. New York : McGraw-Hill
Cravens, David W. and Piercy, Nigel F. 2006. Strategic Marketing. Eighth Edition. New York : McGraw-Hill
Cristine Y. Chen. 2002. The Wold’s Most Admired Companies 2002. March 11. Fortune.
David Martin, Marc Ryan. 2002. Fortune 500 Companies Grow
Fonder of Internet Advertising. Jupiter Media Metrix
David Miller. 1996. Web Multimedia Development. New Riders..
Dooly, Michael. 1992. Kicking Up A Little Dust: Print, September.
Seventh Edition. New York : McGraw-Hill
Dwyer, F. Robert and Tanner, John F. 2006. Business Marketing : Connecting Strategy, Relationship and Learning. Third Edition. New York : McGraw-Hill.
Elliot, Stuart. 1996. Big, Bold, Outside and in Fashion. The New
York time, 11 Juli, C1.
Elsom Cook. 2001. Principles of Interactive Multimedia. New York : McGrawHill.
England, E. and Finney. A. 2002. Managing Multimedia : Project
Management for Web and Convergent Media. Addison Wesley
Publishers.
Etzel, M. J., Walker, B. J. and Stanton, W. J. 2007. Marketing. Fourteenth Edition. New York : McGraw-Hill.
Ferrell, O.C. and Hartline, Michael D. 2005. Marketing Strategy. Fourth Edition. Natorp Boulevard Mason : Thomson South-Western.
Fisher, Christy. 1995. King of Road : American Demographics. Agustus, hal.55
Friedman, Mildred,. 1989. Graphic Design In America : A Visual
History. Mineapolis, MN, Walker Art Center and New York,
Harry N. Abrams.
Fred T. Hofstetter. 2001. Multimedia Literacy. Third Edition.
McGrawHill
Goldfarb, Roz. 1997. Careers by Design : A Headhunter’s Secrets
for Succes and Survival in Graphic Design. New York, Allworth.
George E. Belch, Michael A. Belch. 2004. Advertising and
Promotion : An Integrated Marketing Communications
Perspective, Fourth Edition. New York : McGraw-Hill
Goldman, Kevin. 1994. Spending On Billboards Is Rising: Video
Tool Makes Buying Easier. Wall Street Journal, 27 Juni. B6.
Gonnella, Rose, Anderson, Landa. 2000. Creative Jolt Inspirations.
Cincinnati, OH, North Light Books.
Grover, Ronald. 1998. Billboard Aren’t Boring Anymore. Business
Week 21 September, hal. 88-89
Heller, Steven. 1993. Graphic Design, New York, Rockport,
Allworth Press
Holland, Bierut, Drenttel. 1993. Graphic Design : America, New
York, Rockport, Allworth Press
Jeff Foster. 1997. Photoshop Web Magic. Hayden Books.
Johansson, Johny K. 2006. Global Marketing : Foreign Entry, Local Marketing & Global Management. Fourth Edition. New York : McGraw-Hill
Keegan, Warren J. And Green, Mark S. 2000. Global Marketing. Second Edition. New Jersey : Printice-Hall.
Keyes, J. 1990. Multimedia Offers Managers Multiple Business
Solutions. Computer World.
Kotler, Philip and Keller, Kevin Lane. 2006. Marketing Management. 12th Edition. New Jersey : Pearson Education.
Labuz, Ronald. 1991. Contemporary Graphic Design, New York, Van Nostrand Reinhold
Landa, Robin, 1998. Thinking Creatively, Cincinnati, North Light
Books.
Landa, Robin, 2001. Graphic Design Solutios, Cincinnati, North
Light Books
Majalah Marketing. 2004. Majalah Pemasaran dan Penjualan, No.1-12. Jakarta: PT. Info Cahaya Hero.
Majalah Marketing. 2005. Inspiring The Leadership, No.1-12. Jakarta: PT. Info Cahaya Hero.
Majalah Marketing. 2006. Inspiring The Leadership, No.1-12. Jakarta: PT. Info Cahaya Hero.
Majalah Marketing. 2007. Inspiring The Leadership, No.1-8. Jakarta: PT. Info Cahaya Hero.
Majalah Marketing. 2007. Top Brand 2000-2007, Edisi Khusus No.1. Jakarta: PT. Info Cahaya Hero.
Majalah Marketing. 2007. 10 Karakter Unik Konsumen Indonesia, Edisi Khusus. Jakarta: PT. Info Cahaya Hero.
Majalah Swa Sembada. 2004. No.1-24. Jakarta: Yayasan Sembada Swakarya.
Majalah Swa Sembada. 2005. No.1-24. Jakarta: Yayasan Sembada Swakarya.
Majalah Swa Sembada. 2006. No.1-24. Jakarta: Yayasan Sembada Swakarya.
Majalah Swa Sembada. 2007. No.1-15. Jakarta: Yayasan Sembada Swakarya.
Meggs, Philip B. 1983. A History of Graphic Design. New York,
Van Nostrand Reinhold
Michael E. Porter, 1985. Competitive Advantages. Free Press.
Miller, Cyndee. 1995. Outdoor Gets a Makeover. Marketing News,
10 April, hal. 26.
Nichols, John. 1995. Outdoor New York Tops Ideas, Gannetteer,
September, hal.8
Nielson, J. 1995. Multimedia and Hypertext : The Internet and
Beyond. New York. Harcourt Braco.
Neubourne, Ellen. 2000. Road Show : The New Face of Billboards.
Business Week, 8 Mei hal.75
OAAA. 2005. Introduce Yourself to Outdoor Advertising. OAAA.
New York
OAAA. 2000. Creating Award Winning Outdoor. OAAA. New
York
Peter, J. Paul and Donnelly, James H. 2006. A Preface to Marketing Management.Tenth Edition. New York:McGraw-Hill
Richardson, Margaret. 1993. Best Selling Design : Book Jackets andCovers, Three Case Study, U&lc, Vol.20, No.2, Summer / Fall
Robert Levering, Milton Moskowitz. 2002. The 100 Best Companies To Work For . March 11. Fortune
Ries, Al dan Jack Trout. 2001. Positioning : The Battle for Your
Mind. New York : McGraw-Hill.
Ries, Al and Jack Trout. 1993. The 22 Immutable Laws of
Marketing, New York, Harper Business.
Robisn Landa. 2001. Graphic Design Solutions. Second Edition.
OnwordPress-Thomson Learning
Richard Raysman & Jeffrey D. Neuburger. 2003. Multi-media
Publishing: Legal Issues To Consider. Published in MusiCopyright Intelligence
Shamms Moprtier. 2001. Flash 5 : Weekend Crash
Shimp,Terence A. 2000. Advertising and Promotion : Supplemental Aspects of Integrated Marketing Communications, Fifth Edition. The Dryden Press
Sloane, A. 1996. Multimedia Communication. . New York : McGraw-Hill Publishing.
Suyanto, M.. 2007. Strategic Management : The Most Admired Companies. Andi Yogyakarta
Suyanto, M.. 2005. Strategi Periklanan Televisi Perusahaan Top
Dunia. Andi Yogyakarta
Suyanto, M.. 2003. Aplikasi Desain Grafis untuk Periklanan. Andi
Yogyakarta
Suyanto, M.. 2003. Strategi Periklanan pada E-Commerce
Perusahaan Top Dunia. Andi Yogyakarta
Suyanto, M. 2003. Multimedia alat untuk Meningkatkan Keunggulan Bersaing, Andi Yogyakarta
Suyanto, M.. 2002. Strategi Pemasaran Global Berbasis Internet.
Jurnal DASI Vol. III No. 1. AMIKOM Yogyakarta.
Suyanto, M.. 2002. Evaluasi Efektivitas Periklanan Berbasis
Internet. Jurnal DASI Vol. III. No. 2. AMIKOM Yogyakarta
Suyanto, M.. 2001. Manajemen Periklanan.
Jurnal DASI Vol. II No. 4. Desember. AMIKOM Yogyakarta
The Editors of PC Magazine. 2002. Top 100 Undiscovered Web Sites. PC Magazine
The Editors of PC Magazine. 2002. The Best Product for 2002. PC
Magazine
The Editors of PC Magazine. 2002. The Eighteenth Annual Awards
for Technical Excellence. PC Magazine.
Thomas J. Kueglen, Jr. 2000. Web Advertising and Marketing :
Make The Web Work for You. Third Edition. A Devision of Prima Publishing
Thomas Russel, W. Ronald Lane. 1999. Kleppner’s Advertising
Procedure, Fourteenth Edition. Prentice-Hall
Walker, O. C., Mullins, J. W., Boyd, H. W. and Larreche, J. L. 2006. Marketing Strategy. Fifth Edition. New York : McGraw-Hill
Ward Hanson. 2000. Principles of Internet Marketing. South
Western College Publishing.
White, Roderick. 2005. Best Practice – Outdoor Advertising : Solus or Support ?. Admap. Mei. Hal.12-14.
Williams, Roy H. 2003. Outdoor Ads That Get Results. Sales &
Marketing. 4 Agustus.
Wong, Wucius, Benjamin, 1994. Visual Design on the Computer.
New York, Design Books
WWW.CAKRAM.CO.ID
Yin, Sandra. 2002. Counting Eyes On Billboards. American
Demographic. Desember
Dengan adanya informasi yang kami sajikan tentang kata kata iklan tango
, harapan kami semoga anda dapat terbantu dan menjadi sebuah rujukan anda. Atau juga anda bisa melihat referensi lain kami juga yang lain dimana tidak kalah bagusnya tentang MODUL nomor urut modul ONLINE PUBLIC RELATION
. Sekian dan kami ucapkan terima kasih atas kunjungannya.
buka contoh marketing : msuyanto.com/.../pemasaran-dan-perusahaan-top-brand-indonesia....
No comments:
Post a Comment