MANAJEMEN INDUSTRI IKLAN



MANAJEMEN INDUSTRI IKLAN

buzz marketing, guerilla marketing, integrated marketing, integrated marketing communications, marketing, marketing mix, marketing news, niche marketing, sports marketing, word of mouth marketing
 MANAJEMEN INDUSTRI IKLAN

contoh advertisement product air mineral - PROPOSAL IKLAN


RENCANA KOMUNIKASI PEMASARAN TERPADU
AQUA
PERIODE MEI 2015 – MEI 2016


Kondisi Eksternal
Industri Air Mineral Dalam Kemasan (AMDK) di Indonesia merupakan bisnis yang sangat menguntungkan, dilihat dari besarnya jumlah konsumsi
Sejak krisis ekonoomi melanda, harga air mineral (terutama ukuran galon) melonjak maka muncullah depot-depot Air Minum Isi Ulang (AMIU) yang menguntungkan masyarakat dari segi harga
Kemunculan AMIU ini mengancam industri AMDK dalam 2 tahun terakhir


Kondisi Eksternal
-    Ancaman lain adalah penggunaan galon bekas AMDK sebagai “packaging” AMIU
-    Untuk menghadapi depot AMIU, Aspadin melakukan langkah gencar, antara lain melalui kampanye lewwat media cetak dan elektronik
-    Sementara itu, pada akhir tahun 2003. Pemerintah melalui Deperindag mengeluarkan Kepmen No 705/ MPP/ Kep/11/03 yang menyatakan bahwa botol (galon) suatu merek AMDK hanya boleh diisi ulang perusahaan pemilik merk yang bersangkutan
-    Industri AMIU mulai mengalami penurunan seiring dengan ditemukannya kandungan bakteri E. Coli pada depot AMIU di berbagai kota. Alhasil, Aspadin memprediksikan volume penjualan AMDK akan naik pada akhir tahun 2004
-    Pada momentum inilah, para pemain besar AMDK mulai berfokus pada persaingan antar mereka sendiri




Kondisi Persaingan Produk
Produk-produk Air Minum Dalam Kemasan sebetulnya ada di luar negeri dan sudah masuk ke outlet-outlet penjualan barang impor di Indonesia. Namun harga produk-produk tersebut termasuk mahal dengan distribusi sempit.





Kompetitor Potensial – Nestle Pure Life
NESTLE PURE LIFE ADALAH AIR MINERAL PRODUKSI PT AKASHA WIRA INT. YANG TIDAK DIRAGUKAN LAGI MASALAH KUALITAS DALAM BIDANG MAKANAN DAN MINUMAN DAN LISENSI LANGSUNG DARI SWISS. RASAKAN SEGERA DAN BEDAKAN RASANYA DENGAN PRODUK LAINNYA





Kompetitor Potensial – Ades
AdeS baru dari The Coca-Cola Company
Ades ingin menyasar para generasi muda yang memiliki kekuatan untuk melakukan perubahan, terbuka terhadap peluang baru, dan siap mewujudkannya dalam tindakan nyata. Harapannya, mereka juga lebih kritis dalam membeli produk yang akan dikonsumsi.





Kompetitor Potensial – Cleo
Tanobel
PT Sariguna Primatirta
Jl. A. Yani 41-43 Gedangan, Sidoarjo
Air Murni Cleo berkadar kemurnian 99,99% dengan Total Dissolve Solid (TDS) sebesar 2-5 ppm. Diambil dari mata air pegunungan yang kemudian diproses melalui hiperfiltrasi (hyper membrane filter) 0,0001 mikron. Teknologi hiperfiltrasi ini berfungsi menyaring keluar mineral anorganik, partikel-partikel renik seperti zat kimia beracun, logam berat, mikroorganisme, polutan, bakteri serta kuman yang bisa mengganggu kinerja organ dan metabolisme tubuh dalam jangka panjang.
Kompetitor Potensial – 2Tang
PT. Tang Mas
Awali harimu dengan kesegaran Air Mineral 2Tang berasal dari 100% mata air Gunung Salak. Diproses dengan teknologi canggih dan modern dengan standar internasional sehingga tetap terjaga kemurnian dan kesegarannya.
Jadikan Air Mineral 2Tang sebagai bagian dari harimu , baik dikonsumsi oleh seluruh anggota keluarga. Berbagai ukuran kemasan tersedia untuk memenuhi segala kebutuhan, mulai cup (240 ml), botol (380 ml, 660 ml, 1500 ml) dan galon (19 liter).

CREATIVE BRIEF
Produk            : Aqua
Perusahaan        : PT. Aqua Golden Mississippi, Danone
Visi    : Aqua telah menjadi bagian dari keluarga sehat Indonesia selama lebih dari 30 tahun. Sebagai pelopor air minum dalam kemasan sejak didirakan pada tahun 1973, kini Aqua menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari hidup sehat masyarakat Indonesia. Dulu dan kini, Aqua tetap dan selalu menjadi yang terbesar dan terdepan di Indonesia. Volume penjualan Aqua merupakan volume penjualan terbesar di dunia untuk kategori air mineral
Misi    : Aqua selalu ingin melakukan program untuk menyehatkan konsumen Indonesia, diantaranya program AKSI ( Aqua untuk Keluarga Sehat Indonesia) dan AuAI (Aqua untuk Anak Indonesia).
Profil Perusahaan    : PT. Aqua Golden Mississippi didirikan pada tahun 1973 oleh Bapak Tirto Utomo sebagai produsen pelopor air minum dalam kemasan di Indonesia.
Karakteristik    : Air Mineral dalam kemasan
Tagline    : “Kebaikan Alam, Kebaikan Hidup” ; #AdaAQUA
Target Pasar    : Target pasarnya cenderung kepada masyarakat Indonesia yang aktif dan dinamis. Berdasarkan jenis  kelamin dan umur, target audiene dari iklan ini adalah pria dan wanita dewasa serta keluarga
Media    : Televisi
: Ambience





MARKETING BRIEF
PRODUCT PROFILE
1. Produsen    : PT. Aqua Golden Mississippi, Danone
2. Merek    : Aqua
3. Kemasan    : Kemasan gelas 240ml
: Kemasan botol 330ml
: Kemasan botol 600ml
: Kemasan botol 1500ml
: Kemasan galon 19L
: Kemasan botol kaca 380ml
4. Bentuk    : Cairan Bening
5. Product Claim    : Air mineral dalam kemasan yang pertama di Indonesia



6.  Harga Beli    : Kemasan 240ml = Rp 500
: Kemasan 330ml = Rp 1.500
: Kemasan 600ml = Rp 2.000
: Kemasan galon = Rp 10.500

MARKETING AND SELLING STRATEGY
Sasaran Konsumen    : Pria 50% , Umur 17th – 35th
: Wanita 50%, Umur 17th – 35th
Bentuk Promosi    : Advertising
Estimasi Launching    : Juli 2011
Sasaran Outlet    : Hypermarket, Pasar, Swalayan, Mall, Grosir, Warung, dan Toko
Sales Target    : 8,96 Liter air per tahun





Strength    Weakness    Opportunity    Threat
-Sudah terkenalnya merk Aqua di benak masyarakat    -Mulai munculnya produk yang sejenis di pasar    -Produk air mineral dalam kemasan pertama di Indonesia    -Adanya keraguan terhadap kandungan air
-Berasal dari mata air pegunungan asli    -Orang Indonesia menyukai sesuatu yang baru    -Memiliki kompetitor di produk sejenis





Latar Belakang Masalah
Ditemukannya ribuan Aqua galon palsu yang beredar di daerah Bandung
Minat Beli Masyarakat
1. Need, Pembelian produk Aqua palsu ini berawal dari kebutuhan masyarakat akan Aqua
2. Recognition, Karena kebutuhan Aqua sangat banyak dan produk Aqua teah dikenal luas maka produk Aqua galon palsu ini dibeli masyarakat tanpa mengetahui keasliannya
3. Search, Proses mencari pembuat/produsen Aqua galon palsu di masyarakat
4. Evaluation, Setelah proses penyelidikan dan pencarian oknum pemalsu pihak Aqua dan kepolisian mencari solusi-solusi dari masalah ini
5. Decision, Langkah pengambilan keputusan atas dasar penyelidikan dan evaluasi yang telah dilakukan untuk menghukum pelaku dan memberikan pernyataan kepada masyarakat atas kejadian tersebut dari pihak Aqua



Dengan adanya informasi yang kami sajikan tentang  contoh advertisement product air mineral

, harapan kami semoga anda dapat terbantu dan menjadi sebuah rujukan anda. Atau juga anda bisa melihat referensi lain kami juga yang lain dimana tidak kalah bagusnya tentang Contoh Prosedure Text How To Make a Cup of Super Insant Coffee In English 

. Sekian dan kami ucapkan terima kasih atas kunjungannya.


buka contoh marketing : https://www.academia.edu/15231161/Contoh_Iklan_Aqua_

No comments:

Post a Comment