Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)

buzz marketing, guerilla marketing, integrated marketing, integrated marketing communications, marketing, marketing mix, marketing news, niche marketing, sports marketing, word of mouth marketing
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)


iklan bahasa inggris tentang pendidikan - Satuan Pendidikan        : SMA Sanata Dharma
Mata Pelajaran        : Bahasa Inggris
Kelas/Semester        : X / I
Topik                : Advertisement
Alokasi Waktu        : 3 JP
Lokasi                : Laboratorium Komputer (Online Classroom)

A.    Kompetensi Inti
1.    Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
2.    Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
3.    Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
4.    Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, serta mampu menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan.

B.    Kompetensi Dasar

Kompetensi Dasar    Indikator
1.1.    Mensyukuri kesempatan dapat mempelajari bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar komunikasi international yang diwujudkan dalam semangat belajar     •    Membedakan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan pada teks fungsional pendek berbentuk iklan (announcement) sederhana
2.3.    Menunjukkan perilaku tanggung jawab, peduli, kerjasama, dan cinta damai dalam melaksanakan komunikasi fungsional.
    •    Mengidentifikasi gambaran umum, informasi tertentu dan rinci dari teks fungsional pendek berbentuk iklan (advertisement)  sederhana dengan penuh percaya diri dan bertanggung jawab.
•    Memberikan masukan (feedback) yang membangun terhadap hasil tulisan teman mereka dengan tepat
•    Mendukung kemajuan teknologi dalam dunia pendidikan
3.9.    Menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari teks fungsional pendek berbentuk iklan (advertisement), sesuai dengan konteks penggunaannya.    •    Menganalisis fungsi sosial yang terkandung dari teks fungsional pendek berbentuk iklan (advertisemet) dengan tepat
•    Menganalisis struktur teks yang terkandung dari teks fungsional pendek berbentuk iklan (advertisement) dengan tepat
•    Menganalisis unsur dari kebahasaan dari teks fungsional pendek berbentuk iklan (advertisement) dengan tepat
4. 11. Menangkap makna iklan (advertisement)    •    Mampu mengidentifikasi gambaran umum, informasi tertentu dan rinci dari teks iklan (advertisement) sederhana dengan penuh percaya diri.

4. 12. Menyusun teks tulis iklan (advertisement), sangat pendek dan sederhana, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.
    •    Mengembangkan kreatifitas yang ditunjukan dalam membuat poster teks fungsional pendek berbentuk iklan (advertisement)
•    Membuat poster teks fungsional pendek berbentuk iklan (advertisemnent) dengan memperhatikan fungsi sosial yang benar dan sesuai konteks
•    Membuat poster teks fungsional pendek berbentuk iklan (advertisemnent) dengan memperhatikan struktur teks yang benar dan sesuai konteks
•    Membuat poster teks fungsional pendek berbentuk iklan (advertisemnent) dengan memperhatikan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks



C.    Tujuan Pembelajaran
1.    Dengan memberikan tugas di kelas, siswa mampu bertanggung jawab atas tugas yang diberikan.
2.    Dengan memberikan tugas melalui blog (http://utma.edublogs.org/), siswa mampu mendukung kemajuan teknologi dalam dunia pendidikan Indonesia.
3.    Dengan memberikan kuis yang berkaitan dengan tenses (simple present) secara online, siswa mampu menganalisa penggunaan simple present.
4.    Siswa mampu membuat poster teks fungsional pendek berbentuk iklan dengan memperhatikan fungsi sosial yang benar dan sesuai konteks.
5.    Siswa mampu membuat poster teks fungsional pendek berbentuk iklan (advertisemnent) dengan memperhatikan struktur teks yang benar dan sesuai konteks
6.    Siswa mampu membuat poster teks fungsional pendek berbentuk iklan (advertisemnent) dengan memperhatikan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.
7.    Dengan mengumpulkan tugas melalui Edmodo.com, siswa mampu memberikan masukan (feedback) yang membangun terhadap tugas temannya.

D.    Materi Pembelajaran
Advertisement

Advertisement is used to promote products either things or service.  Advertisement consists of persuasive sentences which attract the readers to buy the product.

To make advertisement should be:
•    Simple
•    Clear
•     Short
•     Attractive
•     Persuasive
•     Use slogan


There are some key words which related to the purpose of advertisements, those are: to promote, to advertise, to persuade


Example of Advertisement :

Find the correct spelling and pronunciation
More than 80.000 words
With this Electronic dictionary
Made of strong plastics
Comes in two colors:
Dark grey and light blue
$104.50

E.    Model/Metode Pembelajaran
a.    Pendekatan: scientific approach
b.    Strategi: Observing, Questioning, Gathering information, asccociating
c.    Metode: Communicative Language Learning, Computer-based

F.    Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan    Keterangan    Alokasi Waktu
Pendahuluan    a. Mengucapkan salam dengan ramah kepada siswa ketika memasuki ruang kelas (nilai yang ditanamkan: santun, peduli)
b.  Mengecek kehadiran siswa
c. Menjelaskan tujuan pembelajaran atau kompetensi dasar yang akan dicapai; dan menyampaikan cakupan materi dan penjelasan uraian kegiatan sesuai silabus.

   




10 menit
Inti    a.    Mengamati
•    Siswa dijelaskan tentang fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari teks fungsional pendek berbentuk iklan
•    Siswa membaca teks fungsional pendek berbentuk iklan dari berbagai sumber dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, unsur kebahasaan, maupun format penyampaian/penulisannya.

b.    Mempertanyakan / Menanya
•    Dengan bimbingan guru, siswa mempertanyakan perbedaan antar berbagai teks pemberitahuan yang ada dalam Bahasa Inggris terutama tentang fungsi sosial, struktur teks, unsur kebahasaan.
•    Siswa mempertanyakan bagaimana membuat akun Edmodo dan cara mengumpulkan tugas poster iklan.
c.    Menalar
•    Untuk menjawab pertanyaan siswa, siswa diminta membuka computer dan mencari berbagai contoh iklan berbahasa Inggris dari berbagai sumber.
•    Siswa diminta membentuk kelompok yang terdiri 4 sampai lima siswa. Mereka diminta untuk menganalisa isi dari iklan tersebut.  Kemudian, secara acak guru akan meminta beberapa grup untuk melaporkan hasil diskusinya.

d.    Mencoba
•    Siswa diminta membuat account di edomodo.com
•    Siswa diminta untuk membuat poster iklan kreasi mereka sendiri dengan memperhatikan struktur teks dan unsur kebahasaan.


e.    Membentuk jejaring
•    Siswa diminta untuk menerbitkan/mempublikasikan hasil cerita kreasi mereka ke Edmono.com. Kemudian, setiap siswa wajib memberikan paling tidak 2 komentar untuk 2 hasil cerita teman mereka. Komentar yang diberikan dapat berupa saran yang membangun (suggestion for improvement). Sebagai contoh, mengenai grammar, kelengkapan unsur kebahasaan dan struktur teks.    












110 menit
Penutup    a.    Merangkum
Guru dan siswa membuat hasil kesimpulan atas materi yang telah dibahas.

b.    Menilai
Guru dan siswa berdiskusi mengenai kesulitan siswa atas materi yang telah dibahas.
c.    Refleksi
Guru dan siswa berdiskusi mengenai nilai-nilai apa yang mereka dapat dalam materi yang dipelajari.
   




15 menit


G.    Sumber Pembelajaran
a.    Kurikulum 2013
b.    English on Sky Kelas X
c.    RPP dapat diaskses pada  http://utamimonica.pbworks.com

H.    Media Pembelajaran
Komputer,blogmhttp://utamimonica.pbworks.com, edmodo, audio, gambar, slide, proyektor.

I.    Penilaian


Penilaian guru atas poster yang dibuat siswa


 Dengan adanya informasi yang kami sajikan tentang  iklan bahasa inggris tentang pendidikan

, harapan kami semoga anda dapat terbantu dan menjadi sebuah rujukan anda. Atau juga anda bisa melihat referensi lain kami juga yang lain dimana tidak kalah bagusnya tentang PEMROGRAMAN SISTEM MACAM-MACAM SISTEM OPERASI PADA HANDPONE DAN KOMPUTER

. Sekian dan kami ucapkan terima kasih atas kunjungannya.


buka contoh marketing : englisheducation21.pbworks.com/w/.../RPP%20Call%20online

No comments:

Post a Comment