41. Mata Pelajaran Bahasa Inggris untuk Sekolah Menengah Atas Luar Biasa Tunadaksa (SMALB – D)

 

41.    Mata Pelajaran Bahasa Inggris untuk Sekolah Menengah Atas Luar Biasa Tunadaksa (SMALB – D)

buzz marketing, guerilla marketing, integrated marketing, integrated marketing communications, marketing, marketing mix, marketing news, niche marketing, sports marketing, word of mouth marketing

41.    Mata Pelajaran Bahasa Inggris untuk Sekolah Menengah Atas Luar Biasa Tunadaksa (SMALB – D)


iklan tentang pendidikan dalam bahasa inggris  - A.    Latar Belakang

Bahasa memiliki peran sentral dalam perkembangan intelektual, sosial, dan emosional peserta didik dan merupakan penunjang keberhasilan dalam mempelajari semua bidang studi. Kurikulum bahasa untuk sekolah menengah sewajarnya mempersiapkan peserta didik untuk mencapai kompetensi tertentu sehingga peserta didik mampu merefleksikan pengalamannya sendiri dan orang lain, mengungkapkan gagasan dan perasaan, dan memahami keragaman nuansa makna. Bahasa diharapkan membantu peserta didik mengenal dirinya, budayanya, dan budaya orang lain, mengemukakan gagasan dan perasaan, berpartisipasi dalam masyarakat yang menggunakan bahasa tersebut, membuat keputusan yang bertanggung jawab pada tingkat pribadi dan sosial, dan menemukan serta menggunakan kemampuan analitis dan imaginatif yang ada dalam dirinya.

Bahasa Inggris merupakan alat untuk berkomunikasi secara lisan dan tulisan. Pengertian berkomunikasi adalah memahami dan mengungkapkan informasi, pikiran, perasaan serta mengembangkan ilmu pengetahuan, teknologi, dan budaya dengan menggunakan bahasa tersebut. Kemampuan berkomunikasi dalam pengertian yang utuh adalah kemampuan berwacana, yakni kemampuan memahami dan/atau menghasilkan teks lisan dan/atau tulisan yang direalisasikan dalam empat keterampilan berbahasa, yakni mendengarkan, berbicara, membaca dan menulis. Keempat keterampilan inilah yang digunakan untuk menanggapi atau menciptakan wacana dalam kehidupan bermasyarakat. Dengan demikian,  mata pelajaran bahasa Inggris diarahkan untuk mengembangkan keterampilan-keterampilan tersebut agar lulusan mampu berkomunikasi atau berwacana dalam bahasa Inggris.

Di Indonesia, Bahasa Inggris sebagai bahasa asing memiliki peran yang sangat penting dalam komunikasi antar bangsa terutama dalam rangka membantu meningkatkan daya saing bangsa. Oleh karena itu, mata pelajaran Bahasa Inggris hendaknya diarahkan untuk membekali peserta didik dengan kompetensi berkomunikasi secara lisan maupun tertulis pada tingkat literasi tertentu sesuai dengan kaidah penggunaan Bahasa Inggris oleh para penuturnya.

Tingkat literasi mencakup performative, functional, informational, dan epistemic. Pada tingkat performative, orang mampu membaca dan menulis, dan berbicara dengan simbol-simbol yang digunakan; pada tingkat functional orang mampu menggunakan bahasa untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari seperti membaca surat kabar, manual atau petunjuk; pada tingkat informational orang mampu mengakses pengetahuan dengan bahasanya; sedangkan pada tingkat epistemic orang mampu mengungkapkan pengetahuan ke dalam bahasa sasaran (Wells,1987).
Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar untuk SMPLB-D ditargetkan untuk dapat mencapai tingkat performative yakni mampu membaca, menulis, dan berbicara dengan simbol-simbol yang digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Lulusan SMALB-D diharapkan dapat mencapai tingkat functional karena mereka disiapkan agar dapat menggunakan bahasa untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari seperti membaca surat kabar, manual atau petunjuk. Dengan demikian, pendidikan bahasa Inggris di SMPLB-D dimulai dengan belajar bahasa Inggris dalam konteks kehidupan sehari-hari (learning to read) dan di SMALB-D diakhiri dengan belajar bahasa Inggris untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari (reading to live).  Dalam prosesnya, bahasa lisan merupakan alat untuk mencapai tingkat-tingkat literasi ini. Substansi kajian sesuai dengan Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar.


B.    Tujuan 

Mata Pelajaran Bahasa Inggris di SMALB-D bertujuan agar peserta didik memiliki kemampuan sebagai berikut.
1.    Mengembangkan kompetensi berkomunikasi dalam bentuk lisan dan tulisan untuk mencapai tingkat literasi functional
2.    Memiliki kesadaran tentang hakikat dan pentingnya bahasa Inggris untuk meningkatkan daya saing bangsa dalam masyarakat global
3.    Mengembangkan pemahaman peserta didik tentang keterkaitan antara bahasa dengan budaya.


C.    Ruang Lingkup

Ruang lingkup mata pelajaran Bahasa Inggris di SMALB-D meliputi aspek-aspek sebagai berikut.
1.    Kemampuan berwacana, yakni kemampuan memahami dan/atau menghasilkan teks lisan dan atau tulisan yang direalisasikan dalam empat keterampilan berbahasa, yakni mendengarkan, berbicara, membaca dan menulis secara terpadu untuk mencapai tingkat literasi functional
2.    Kemampuan memahami dan menciptakan berbagai teks fungsional pendek dan monolog serta esei berbentuk prosedure, descriptive, recount, narrative, dan report. Gradasi bahan ajar tampak dalam penggunaan kosa kata, tata bahasa, dan langkah-langkah retorika
3.    Kompetensi pendukung, yakni kompetensi linguistik (menggunakan tata bahasa dan kosa kata, tata bunyi, tata tulis), kompetensi sosiokultural (menggunakan ungkapan dan tindak bahasa secara berterima dalam berbagai konteks komunikasi), kompetensi strategi (mengatasi masalah yang timbul dalam proses komunikasi dengan berbagai cara agar komunikasi tetap berlangsung), dan kompetensi pembentuk wacana (menggunakan piranti pembentuk wacana).



D. Standar Kompetensi  dan Kompetensi Dasar

Kelas X, Semester 1

Standar Kompetensi    Kompetensi Dasar
Mendengarkan
1.    Memahami makna dalam percakapan transaksional/ interpersonal lisan sederhana, untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar


   
1.1    Menjelaskan makna percakapan transaksional/ interpersonal lisan yang sangat sederhana
1.2    Merespon percakapan transaksional/ interpersonal lisan secara lancar dan berterima  yang melibatkan tindak tutur: meminta, memberi, menolak jasa; meminta, memberi, menolak barang;  menawarkan/menerima/menolak sesuatu; meminta, memberi persetujuan; memberi perhatian terhadap pembicara
2.    Memahami  makna teks  lisan fungsional dan monolog pendek dan sederhana yang berbentuk narrative dan recount untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar    2.1    Menjelaskan makna dalam teks lisan fungsional pendek (misalnya undangan, pesan singkat, pengumuman) sederhana  
2.2    Merespon makna dalam teks monolog  sederhana yang berbentuk  narrative dan recount

Berbicara
3.      Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional lisan sederhana untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar


   
3.1    Menirukan percakapan  transaksional  sederhana
3.2    Menggunakan percakapan transaksional lisan  secara lancar dan berterima yang melibatkan tindak tutur: meminta, memberi, menolak jasa; meminta, memberi, menolak barang; menawarkan sesuatu; meminta, memberi persetujuan; memberi perhatian terhadap pembicara

4.    Mengungkapkan makna dalam teks lisan fungsional dan monolog pendek sederhana yang berbentuk recount dan narrative untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar        Menirukan teks lisan fungsional pendek (misalnya undangan, pesan singkat, pengumuman) sederhana dengan  lancar dan berterima  dalam ragam bahasa lisan
    Menggunakan makna yang terdapat dalam teks monolog sangat sederhana yang berbentuk recount  dan narrative
Membaca
5.    Memahami makna teks tulis fungsional monolog/ esei pendek dan sederhana berbentuk recount dan  narrative untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar
   
5.1    Membaca nyaring bermakna teks fungsional dan monolog/esei berbentuk recount dan narrative pendek dan sederhana dengan ucapan, tekanan dan intonasi yang berterima
 5.2    Merespon makna dan langkah retorika secara lancar dan berterima  dalam  teks tulis sederhana berbentuk  recount dan narrative

Menulis
6.    Mengungkapkan makna  dalam teks tulis fungsional dan monolog/esei pendek dan sederhana berbentuk recount dan  narrative  untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar
   
    Melafalkan teks tulis fungsional dan monolog/ esei pendek dan sederhana
    Menggunakan makna dalam bentuk teks tulis fungsional pendek (misalnya undangan, pesan singkat, pengumuman, notices) sederhana secara lancar dan berterima



Kelas X, Semester 2

Standar Kompetensi    Kompetensi Dasar
Mendengarkan
7.    Memahami makna  dalam percakapan transaksional/ interpersonal lisan sederhana, untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar


   
    Menjelaskan makna percakapan transaksional/ interpersonal lisan yang sangat sederhana
    Merespon percakapan transaksional/interpersonal lisan  secara lancar dan berterima  yang melibatkan tindak tutur: meminta, memberi dan mengingkari informasi; meminta, memberi, dan menolak pendapat; merespon pernyataan; mengawali, memperpanjang, dan menutup percakapan; mengawali, memperpanjang, dan menutup percakapan telepon
8.    Memahami makna dalam teks lisan fungsional dan monolog pendek dan sederhana yang berbentuk narrative dan recount untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar    8.1    Menjelaskan makna dalam teks lisan fungsional pendek (misalnya undangan, pesan singkat, pengumuman) sederhana
8.2    Merespon makna dalam teks monolog  sederhana yang berbentuk  narrative  dan  recount

Berbicara
9.    Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional lisan sederhana untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar




   
9.1    Menirukan percakapan transaksional lisan sederhana
9.2    Menggunakan ragam bahasa lisan terutama dalam percakapan  transaksional/interpersonal  sederhana secara lancar dan berterima yang melibatkan tindak tutur: meminta, memberi dan mengingkari informasi; meminta, memberi, dan menolak pendapat; merespon pernyataan; mengawali, memperpanjang, dan menutup percakapan; mengawali, memperpanjang, dan menutup percakapan telepon


10.    Mengungkapkan  makna dalam teks lisan fungsional dan monolog pendek sederhana yang berbentuk recount, dan narrative untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar    10.1    Menirukan teks lisan fungsional pendek (misalnya undangan, pesan singkat, pengumuman) sederhana dengan  lancar dan berterima  dalam ragam bahasa lisan
10.2    Menggunakan makna yang terdapat dalam teks monolog sangat sederhana yang berbentuk recount dan narrative
Membaca
11.    Memahami makna teks fungsional dan monolog/esei pendek dan sederhana berbentuk recount, dan narrative untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar
   
11.1    Membaca nyaring bermakna teks fungsional dan  monolog/esei berbentuk recount dan narrative  pendek dan sederhana dengan ucapan, tekanan dan intonasi yang berterima
11.2    Merespon makna dan langkah retorika secara lancar dan berterima  dalam  teks tulis sederhana berbentuk  recount  dan  narrative

Menulis
12.    Mengungkapkan makna  dalam teks tulis fungsional dan monolog/esei pendek dan sederhana berbentuk recount dan narrative untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar
   
12.1    Melafalkan teks tulis fungsional dan monolog/ esei pendek sederhana
12.2    Menggunakan makna dalam bentuk teks tulis fungsional pendek (misalnya undangan, pesan singkat, pengumuman, notices) sederhana secara lancar dan berterima



Kelas  XI, Semester    1

Standar Kompetensi    Kompetensi Dasar
Mendengarkan
1.    Memahami makna dalam percakapan transaksional/ interpersonal lisan sederhana untuk berinteraksi dengan lingkungan dalam konteks kehidupan sehari-hari
   
1.1    Menjelaskan makna percakapan transaksional/ interpersonal lisan sederhana dengan menggunakan bahasa sendiri
1.2    Merespon percakapan transaksional/interpersonal lisan  secara lancar dan berterima  yang melibatkan tindak tutur:  meminta dan memberi kepastian;  mengungkapkan dan menanggapi keraguan; meminta pengulangan

2.        Memahami makna teks lisan fungsional dan monolog sederhana pendek berbentuk procedure dan report untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan  sehari-hari
    2.1    Menjelaskan makna dalam teks lisan fungsional dan monolog sederhana
2.2    Merespon makna yang terdapat dalam teks lisan fungsional  dan monolog sederhana pendek  (misalnya pesan singkat,  iklan, pengumuman)
Berbicara
3.    Mengungkapkan  makna dalam percakapan transaksional/ interpersonal lisan sederhana untuk berinteraksi dengan lingkungan dalam konteks kehidupan sehari-hari
   
3.1    Menirukan percakapan transaksional/ interpersonal lisan sederhana
3.2    Menggunakan ragam bahasa lisan terutama percakapan transaksional/interpersonal pendek  sederhana secara lancar dan berterima  yang melibatkan tindak tutur:  meminta dan memberi kepastian; mengungkapkan dan menanggapi keraguan; meminta pengulangan
       
4.    Mengungkapkan  makna dalam teks lisan fungsional dan monolog pendek sederhana berbentuk  procedure dan report untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan  sehari-hari    4.1    Menirukan teks lisan fungsional dan monolog pendek sederhana
4.2    Menggunakan teks lisan fungsional pendek  sederhana (misalnya pesan singkat, pengumuman.) secara lancar dan berterima dalam ragam bahasa lisan





Standar Kompetensi    Kompetensi Dasar
Membaca
5.    Memahami  makna  dalam teks tulis fungsional dan monolog/ esei pendek  sederhana berbentuk  procedure dan report untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan  sehari-hari    
5.1    Membaca nyaring bermakna teks fungsional dan  monolog/esei berbentuk procedure dan report  pendek sederhana dengan ucapan, tekanan dan intonasi yang berterima
5.2    Merespon makna dan langkah retorika secara lancar dan berterima dalam  teks tulis sederhana berbentuk  procedure  dan  report

Menulis
6.    Mengungkapkan makna dalam  teks tulis fungsional dan monolog/ esei pendek yang berbentuk procedure dan report untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan  sehari-hari
   
6.1    Melafalkan teks tulis fungsional dan monolog/ esei pendek
6.2    Menggunakan teks tulis fungsional pendek sederhana (misalnya surat pribadi, iklan, brosur, pengumuman ) secara lancar dan berterima


Kelas XI, Semester 2

Standar Kompetensi    Kompetensi Dasar
Mendengarkan
7.    Memahami makna   dalam percakapan transaksional/ interpersonal lisan sederhana untuk berinteraksi dengan lingkungan dalam konteks kehidupan sehari-hari
   
7.1    Menjelaskan makna percakapan transaksional/ interpersonal lisan sederhana
7.2    Merespon percakapan transaksional/interpersonal lisan  secara lancar dan berterima  yang melibatkan tindak tutur  menunjukkan perhatian dan menyatakan kekaguman

8.    Memahami makna dalam teks lisan fungsional dan monolog sederhana pendek berbentuk procedure dan report untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan  sehari-hari
    8.1    Menjelaskan makna dalam teks lisan fungsional dan monolog  sederhana
8.2    Merespon makna yang terdapat dalam teks lisan fungsional pendek sederhana (misalnya pesan singkat,  iklan, pengumuman)
Berbicara
9.    Mengungkapkan  makna dalam percakapan transaksional/ interpersonal lisan sederhana untuk berinteraksi dengan lingkungan dalam konteks kehidupan sehari-hari
   
9.1    Menirukan percakapan transaksional/interpersonal lisan sederhana
9.2    Menggunakan ragam bahasa lisan terutama percakapan transaksional/interpersonal pendek  sederhana secara lancar dan berterima  yang melibatkan tindak tutur menunjukkan perhatian dan menyatakan kekaguman

10    Mengungkapkan  makna dalam teks lisan fungsional dan monolog pendek sederhana berbentuk  proceduredan report untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan  sehari-hari    10.1    Menirukan teks lisan fungsional dan monolog pendek sederhana
10.2    Menggunakan dalam teks lisan fungsional pendek  sederhana (misalnya pesan singkat, pengumuman) secara lancar dan berterima dalam ragam bahasa lisan





Standar Kompetensi    Kompetensi Dasar
Membaca
11.    Memahami  makna  teks tulis fungsional dan monolog/esei pendek  sederhana berbentuk  procedure dan report untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan  sehari-hari
   
11.1    Membaca nyaring bermakna teks fungsional dan  monolog/esei berbentuk procedure dan report  pendek sederhana dengan ucapan, tekanan dan intonasi yang berterima
11.2    Merespon makna dan langkah retorika secara lancar dan berterima dalam  teks tulis sederhana berbentuk  procedure dan  report
Menulis
12.    Mengungkapkan makna dalam  teks tulis fungsional dan monolog/esei pendek yang berbentuk procedure dan report untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan  sehari-hari
   
12.1    Melafalkan teks tulis fungsional dan monolog/esei pendek
12.2    Menggunakan makna dalam bentuk teks tulis fungsional pendek sederhana (misalnya surat pribadi, iklan, brosur, pengumuman) secara lancar dan berterima



Kelas XII, Semester 1

Standar Kompetensi    Kompetensi Dasar
Mendengarkan
1.    Memahami  makna   dalam percakapan transaksional/ interpersonal lisan  untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan  sehari-hari


   
    Menjelaskan  makna   dalam percakapan transaksional/interpersonal lisan
    Merespon percakapan transaksional/ interpersonal lisan  sederhana secara lancar dan berterima  yang melibatkan tindak tutur mengungkapkan kesantunan dan  memberi berita yang menarik perhatian

2.    Memahami  makna  dalam teks lisan fungsional dan monolog pendek sederhana yang berbentuk narrative dan report untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan  sehari-hari

    2.1   Menjelaskan makna yang terdapat dalam teks  lisan fungsional pendek sederhana  (misalnya surat pribadi, iklan)   
2.2    Merespon makna  yang terdapat dalam teks monolog pendek sederhana yang berbentuk  narrative  dan report

Berbicara
3.    Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional/interpersonal lisan dan monolog pendek sederhana berbentuk  narrative dan report untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan  sehari-hari


   
3.1    Menirukan  percakapan transaksional/ interpersonal lisan dan monolog pendek sederhana
3.2    Menggunakan dalam ragam bahasa lisan terutama percakapan transaksional/ interpersonal  lisan   pendek sederhana secara lancar dan berterima yang melibatkan tindak tutur  mengungkapkan kesantunan dan memberi berita yang menarik perhatian
4.    Mengungkapkan makna  dalam teks lisan fungsional dan monolog pendek sederhana berbentuk narrative dan report untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan  sehari-hari    4.1    Menirukan teks fungsional lisan pendek sederhana (misalnya pengumuman, pesan-pesan lisan)  secara lancar dan berterima dalam ragam bahasa lisan               
4.2    Menggunakan makna dalam teks monolog pendek sederhana berbentuk  narrative dan report


Membaca
5.    Memahami  makna dalam teks tulis fungsional monolog/esei tulis pendek sederhana berbentuk  narrative dan report untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari
   
5.1    Merespon makna dalam teks tulis fungsional pendek (misalnya surat pribadi, iklan, brosur, pengumuman) secara lancar dan berterima
5.2    Membaca nyaring bermakna  teks fungsional dan  monolog/esei berbentuk narrative dan report  pendek sederhana dengan ucapan, tekanan dan intonasi yang berterima

Menulis
6.    Mengungkapkan makna dalam  teks tulis fungsional dan monolog/esei pendek yang berbentuk narrative dan report untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan  sehari-hari
   
6.1    Menirukan  dalam  teks tulis fungsional dan monolog/esei pendek
6.2    Menggunakan makna dalam dalam teks tulis fungsional pendek (misalnya Surat pribadi, iklan, brosur, pengumuman, undangan) secara lancar dan berterima


Kelas XII, Semester    2

Standar Kompetensi    Kompetensi Dasar
Mendengarkan
7.    Memahami makna  dalam percakapan transaksional/ interpersonal lisan untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan  sehari-hari

   
7.1    Menjelaskan  percakapan transaksional/ interpersonal lisan
7.2    Merespon percakapan transaksional/ interpersonal lisan sederhana secara lancar dan berterima  yang melibatkan tindak tutur memberi komentar terhadap berita  
8.    Memahami  makna   dalam teks lisan fungsional dan monolog pendek sederhana yang berbentuk narrative dan report untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan  sehari-hari
    8.1    Menjelaskan makna yang terdapat dalam teks lisan fungsional pendek sederhana (misalnya surat pribadi, iklan).   
8.2    Merespon makna  yang terdapat dalam teks monolog pendek sederhana yang berbentuk narrative dan report


Berbicara
9.    Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional/interpersonal lisan dan monolog pendek sederhana berbentuk  narrative dan report untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan  sehari-hari

   
9.1    Menirukan  percakapan transaksional/ interpersonal lisan dan monolog pendek sederhana
9.2    Menggunakan ragam bahasa lisan terutama percakapan transaksional/interpersonal  lisan   pendek sederhana secara lancar dan berterima yang melibatkan tindak tutur memberi komentar terhadap berita

10.    Mengungkapkan makna  dalam teks lisan fungsional dan monolog pendek sederhana berbentuk narrative dan report untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan  sehari-hari

    10.1    Menjelaskan  makna dalam  teks fungsional lisan pendek sederhana (misalnya pengumuman, pesan-pesan lisan)  secara lancar dan berterima dalam ragam bahasa lisan
10.2    Menggunakan teks monolog pendek sederhana berbentuk  narrative dan  report



Standar Kompetensi    Kompetensi Dasar
Membaca
11.    Memahami  makna dalam teks monolog/esei tulis pendek sederhana berbentuk  narrative dan report untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari
   
11.1    Menjelaskan makna teks fungsional dan  monolog/esei berbentuk narrative dan report  pendek sederhana dengan ucapan, tekanan dan intonasi yang berterima
11.2    Merespon makna dalam teks tulis fungsional pendek (misalnya surat pribadi, iklan, brosur, pengumuman) secara lancar dan berterima


Menulis
12.    Mengungkapkan makna dalam  teks tulis fungsional dan monolog/esai pendek yang berbentuk narrative dan report untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan  sehari-hari    
12.1    Menjelaskan ungkapkan makna dalam  teks tulis fungsional dan monolog/esei pendek
12.2    Menggunakan teks tulis fungsional pendek (misalnya surat pribadi, iklan, brosur, pengumuman,undangan) secara lancar dan berterima 


E.    Arah Pengembangan

Standar kompetensi dan kompetensi dasar menjadi arah dan landasan untuk mengembangkan materi pokok, kegiatan pembelajaran, dan indikator pencapaian kompetensi untuk penilaian. Dalam merancang kegiatan pembelajaran dan penilaian perlu memperhatikan Standar Proses dan Standar Penilaian.


Dengan adanya informasi yang kami sajikan tentang  iklan tentang pendidikan dalam bahasa inggris

, harapan kami semoga anda dapat terbantu dan menjadi sebuah rujukan anda. Atau juga anda bisa melihat referensi lain kami juga yang lain dimana tidak kalah bagusnya tentang STRATEGI RELATIONSHIP MARKETING INDOSAT EAST JAVA BALI NUSRA (EJBN) DALAM MEMPERTAHANKAN LOYALITAS  

. Sekian dan kami ucapkan terima kasih atas kunjungannya.


buka contoh marketing : gurupembaharu.com/home/download/41.-BHS.ING-SMALB-D

No comments:

Post a Comment