Teori Biaya

 Teori Biaya

buzz marketing, guerilla marketing, integrated marketing, integrated marketing communications, marketing, marketing mix, marketing news, niche marketing, sports marketing, word of mouth marketing
 Teori Biaya

BAB 1
Pendahuluan
1.1  Latar Belakang
Bisnis adalah kegiatan memproduksi barang dan jasa untuk memuaskan konsumen dan pihak terkait lainnya, dalam rangka mencari laba. Dengan demikian, bisnis yang layak dilakukan adalah bisnis yang menghasilkan laba.
Dalam kenyataan kehidupan sehari-hari, ditemukan bahwa setiap usaha atau bisnis menyimpan tiga kemungkinan yang dapat terjadi, yaitu: pertama laba, kedua impas, dan ketiga rugi. Semua pelaku bisnis mengharapkan kemungkinan yang pertama, namun peluang untuk timbulnya kemungkinan yang kedua dan ketiga selalu terbuka. Bila dua hal terakhir yang terjadi maka disebut dengan risiko bisnis.
Perusahaan untuk mencapai tujuannya (mendapatkan laba), perlu melakukan aktivitas produksi yang berakibat timbulnya biaya. Dari sisi ini terlihat bahwa di satu sisi biaya merupakan akibat dari kegiatan produksi, sedangkan disisi lain biaya juga berpengaruh terbalik pada keuntungan. Dengan demikian maka untuk mendapatkan laba optimal, diperlukan juga biaya yang optimal. Sehubungan dengan hal tersebut, maka pemahaman mengenai biaya (sifat dan jenisnya) sangat diperlukan dalam menjalankan usaha.
1.2  Rumusan Masalah
Dari latar belakang tersebut maka permasalahan yang diangkat dalam makalah ini, antara lain:
1.     Apa yang disebut dengan Konsep Biaya?
2.     Apa definisi dari Teori Biaya?
3.     Apa saja Jenis-jenis dari Biaya?
4.     Bagaimana Memperkirakan Fungsi Biaya Jangka Pendek (Short Run Cost)?
5.     Bagaimana Memperkirakan Fungsi Biaya Jangka Panjang (Long Run Cost)?
6.     Apa yang disebut Skala Ekonomi?
1.3  Tujuan
1.     Untuk mengetahui Konsep Biaya.
2.     Untuk mengetahui Teori Biaya.
3.     Untuk mengetahui Jenis-jenis dari Biaya.
4.     Untuk mengetahui Memperkirakan Fungsi Biaya Jangka Pendek (Short Run Cost).
5.     Untuk mengetahui Memperkirakan Fungsi Biaya Jangka Panjang (Long Run Cost).
6.     Untuk mengetahui Skala Ekonomi.


BAB 2
PEMBAHASAN
2.1  Konsep Biaya
Setiap peusahaan pasti memiliki sejumlah informasi tentang biaya yang akan atau telah menjadi tanggungan perusahaan. Informasi yang akurat mengenai biaya produk maupun jasa merupakan hal yang penting dalam setiap tahap fungsi manajemen, yaitu manajemen strategik, perencanaan dan pengambilan keputusan, pengendalian manajemen dan pengendalian operasional, dan pembuatan laporan keuangan termasuk analisis biaya. Sebelum melakukan analisis biaya, terlebih dahulu perlu dipahami pengertian, dan beberapa konsep tentang biaya. Kalau ditinjau dari sudut biaya, ada beberapa defenisi tentang biaya yang diuraikan sebagai berikut :
1.     Biaya dalam ekonomi manajerial mencerminkan efisiensi sistem produksi, sehingga konsep biaya juga mengacu pada konsep produksi, tetapi apabila pada konsep produksi kita membicarakan penggunaan input secara fisik dalam menghasilkan output produksi, maka dalam konsep biaya kita menghitung penggunaan input itu dalam nilai ekonomi yang disebut biaya.(Gaspersz, 2003)
2.     Biaya adalah harga pokok atau bagiannya yang telah dimanfaatkan atau dikonsumsi untuk memperoleh pendapatan. (Sunarto, 2003)
3.     Biaya merupakan pengorbanan sacrifice yang bertujuan untuk memproduksi atau memperoleh suatu komoditi. Pengorbanan yang tidak bertujuan disebut pemborosan dan bukan termasuk biaya. (Gani , 1990)
4.     Biaya juga sering diartikan sebagai nilai suatu pengorbanan untuk memperoleh suatu output tertentu. Pengorbanan itu dapat berupa uang, barang, tenaga, waktu maupun kesempatan. Dalam analisis ekonomi nilai kesempatan (untuk memperoleh sesuatu) yang hilang karena melakukan sesuatu kegiatan lain juga dihitung sebagai biaya, yang disebut biaya kesempatan/opportunity cost. (Maidin, 2003)
5.     Bagi seorang Akuntan, biaya adalah total uang yang dikeluarkan untuk memperoleh atau menghasilkan sesuatu (Rahardja & Manurung, 2002)
Sehingga, dalam pengertian tentang biaya tersebut di atas, ternyata terdapat 4 unsur pokok, yaitu :
·       Biaya merupakan harga pokok atau bagiannya untuk memperoleh pendapatan
·       Biaya mencerminkan efisiensi sistem produksi
·       Biaya merupakan pengorbanan untuk suatu tujuan tertentu
·       Pengorbanan dapat berupa uang, barang, tenaga, waktu maupun kesempatan
Dalam konsep biaya, menurut Noor (2007) biaya adalah pengeluaran yang tidak dapat dielakkan (unavoidable expenses) dalam melakukan suatu kegiatan. Dengan demikian, secara konsep, maka pengertian biaya adalah sebagai berikut:
a.      Biaya (cost) tidak sama dengan pengeluaran (expenses)
b.     Biaya (cost) harus menggambarkan kegiatan
c.      Biaya (cost)  harus relevan dengan kegiatan yang dilakukan
Berdasarkan definisi biaya sebagai cost dan sebagai expense diatas umumya mempunyai kesamaan makna, yaitu:
a.      Cost merupakan pengorbanan sumber ekonomis yang diukur dalam satuan uang yang terjadi atau secara potensial akan terjadi dan pengorbanan tersebut untuk tujuan tetentu.
b.     Expense merupakan cost dari orang dan jasa telah menjadi beban (expired) karena berlalunya waktu baik secara langsung maupun tidak langsung terkait dalam proses untuk memperoleh pendapatan.
Oleh karena itu ketepatan pembebanan biaya menghasilkan informasi yang lebih bermutu yang kemudian dapat digunakan untuk membuat keputusan yang lebih baik. Agar biaya dapat dibebankan dengan mudah dan akurat, maka perlu adanya penelusuran biaya yaitu pembebanan aktual dari biaya ke objek biaya dengan menggunakan ukuran yang dapat diamati pada konsumsi sumber daya oleh objek biaya.
Definisi tentang konsep biaya sangat penting, karena dalam ilmu akuntansi terdapat dua istilah biaya, yaitu biaya sebagai cost dan expense. Tentu saja kedua istilah tersebut mempunyai pengertian yang berbeda. Dalam buku “Activity Based Cost Sistem : Sistem Informasi Biaya Untuk Pengurangan Biaya” definisi Biaya adalah: “Biaya (cost) adalah kas atau nilai setra kas yang dikorbankan untuk memperoleh barang dan jasa yang diharapkan akan membawa manfaat sekarang atau di masa depan bagi organisasi.” (Mulyadi, 2003:4).
Dalam buku yang sama, biaya sebagai expense didefinisikan sebagai berikut: “Biaya (expense) adalah kas sumber daya yang telah atau akan dikorbankan untuk mewujudkan tujuan tertentu. (Mulyadi, 2003:4).
Berdasarkan pengertian di atas dapat diambil kesimpulan  bahwa biaya adalah sebagai sumber daya yang di ukur dengan uang yang digunakan untuk mencapai tujuan tertentu dan biaya juga merupakan kas sumber daya yang dikorbankan untuk memperoleh barang dan jasa dan untuk mendapatkan manfaat sekarang atau dimasa yang akan data. Manajemen perusahaan harus merencanakan dan mengendalikan dengan baik penentuan biaya untuk menghasilkan manfaat saat ini dan di masa depan, maka karena informasi biaya memberikan kerangka berpikir untuk mengelola masukan agar nilai masukan yang dikorbankan lebih rendah dari nilai keluaran yang diperoleh oleh perusahaan. Sehingga dapat diketahui bagaimana biaya dan kecenderungannya. Dengan memahami biaya berarti telah mengetahui berapa biaya yang harus dikorbankan untuk membuat suatu produk.
Dalam biaya  ada yang namanya obyek biaya, obyek biaya adalah segala hal seperti produk, pelanggan, departemen, proyek, kegiatan dan yang lain dimana biaya-biaya diukur dan dibebankan. Misalnya, bila ingin menentukan berapa biaya untuk membuat pisang goreng, maka obyek biaya adalah pisang goreng. Bila ingin menentukan biaya operasi sebuah program studi dalam sebuah Universitas maka obyek biaya adalah program studi. Bila tujuannya adalah menentukan biaya proyek pengembangan produk maka obyek biaya adalah  proyek pengembangan produk baru. Demikian penjelesan tentang konsep dan pengertian biaya, pemahaman mengenai biaya sangat diperlukan dalam menjalankan usaha.

2.2  Teori Biaya
1.     Pengertian Biaya
Menurut Noor (2007) teori biaya dikembangkan berdasarkan teori produksi, yaitu bagaimana mendapatkan formulasi input (biaya) yang paling efisien untuk menghasilkan output (produksi) tertentu. Dengan demikian, maka teori biaya digunakan untuk:
a.      Menentukan tingkat output (produksi) yang optimum dengan biaya minimum.
          Biaya = fungsi (Produksi)
b.     Analisis terhadap faktor-faktor ekonomi dan teknologi yang menunjang produksi untuk mendapatkan “teknologi yang tepat, dan yang cocok dengan kondisi perusahaan”, dengan biaya minimum.
Untuk memahami arti biaya, seseorang harus memahami proses yang digunakan dalam menentukan biaya. Memperbaiki penentuan biaya akan merupakan faktor kunci dalam pengembangan dalama bidang manajemen biaya.
Biaya adalah kas atau nilai yang setara kas yang dikorbankan untuk produk yang diharapkan dapat membawa keuntungan masa kini dan masa yang akan datang bagi organisasi. Disebut “setara dengan kas” karena asset non-kas dapat ditukar dengan produk yang diinginkan. Biaya dikeluarkan untuk menghasilkan manfaat dalam bentuk pendapatan di masa kini maupun di masa datang.  Dengan demikian biaya digunakan untuk menghasilkan manfaat pendapatan disebut beban. Oleh karenanya Setiap periode, beban tersebut dikurangkan dari pendapatan pada laporan Laba Rugi. Kerugian adalah biaya yang kedaluarsa tanpa menghasilkan manfaat pendapatan pada satu periode. Misalnya Persediaan yang rusak akibat kebakaran dan tidak diasuransikan dapat diklasifikasikan sebagai kerugian dalam Laporan Laba Rugi. Sementara Biaya yang tidak kedaluarsa dalam suatu periode tertentu dikelompokkan sebagai aktiva dan muncul pada Neraca.  Misalnya Mesin dan komputer adalah contoh aktiva yang berumur lebih dari satu periode. Prinsip utama dalam pembedaan antara biaya sebagai beban atau sebagai aktiva adalah soal penentuan waktu, yakni apakah biaya tersebut digunakan dalam satu periode atau lebih dari satu periode.
2.     Pengertian Biaya menurut para ahli, adalah sebagai berikut:
Menurut Supriyono (2000;16), Biaya adalah harga perolehan yang dikorbankan atau digunakan dalam rangka memperoleh penghasilan atau revenue yang akan dipakai sebagai pengurang penghasilan.
Menurut Henry Simamora (2002;36), Biaya adalah kas atau nilai setara kas yang dikorbankan untuk barang atau jasa yang diharapkan memberi manfaat pada saat ini atau di masa mendatang bagi organisasi.
Menurut Mulyadi (2001;8), Biaya adalah pengorbanan sumber ekonomis  yang diukur dalam satuan uang, yang telah terjadi, sedang terjadi atau yang kemungkinan akan terjadi untuk tujuan tertentu.
Menurut Masiyah Kholmi, Biaya adalah pengorbanan sumber daya atau nilai ekuivalen kas yang dikorbankan untuk mendapatkan barang atau jasa yang diharapkan memberi manfaat di saat sekarang atau di masa yang akan datang bagi perusahaan.

2.3  Jenis Biaya
1.     Menurut Realitas (Realisasi) Pembayarannya
            Berdasarkan realitas pembayarannya, biaya dikelompokkan menjadi:
a)     Biaya pengorbanan (Opportunity Cost)
Dalam Alam (2013) ada beberapa pengertian opportunity cost menurut para ahli. Antara lain:
1)     N. Gregory Mankiw mengatakan bahwa opportunity cost adalah segala sesuatu yang harus Anda korbankan untuk memperoleh sesuatu.
2)     Robert B. Ekelund, Jr. dan Robert D. Tollison mengatakan bahwa opportunity cost adalah biaya dari penggunaan sumber daya ekonomi untuk tujuan tertentu, yang diukur dalam ukuran keuntungan yang tidak jadi didapat karena tidak memilih alternatif itu dibandingkan dengan komoditi yang didapat sebagai gantinya karena memilih suatu alternatif.
3)     Paul A. Samuelson dan William D. Nordhaus mengatakan bahwa keputusan memilih opportunity cost, karena memilih satu hal dalam dunia kelangkaan berarti menyerahkan sesuatu yang lain. Biaya peluang adalah nilai barang atau jasa yang paling berharga yang hilang.
Menurut Noor (2007:171) opportunity cost adalah biaya yang timbul karena mengorbankan kesempatan tertentu. Dalam praktiknya biaya ini tidak pernah dibayarkan. Misalnya seorang pemilik perusahaan yang bekerja untuk perusahaannya sendiri. Penggunaan lahan pertanian yang subur digunakan untuk membangun sarana publik dan sebagainya.
Opportunity cost merupakan penghasilan atau penghematan biaya yang dikorbankan karena dipilihnya satu alternative tertentu, sehingga penghasilan atau penghematan tersebut perlu diperhitungkan sebagai biaya pada alternative tertentu tersebut (Supriyono, 1999:360). Contoh : sebagian ruangan toko dapat disewakan atau digunakan sendiri. Jika ruangan tersebut digunakan sendiri, maka hasil penyewaan yang seharusnya diperoleh akan menjadi opportunity cost bagi kegiatan tersebut.
b)     Biaya sebenarnya (Real Cost)
Adalah biaya yang benar-benar dibayarkan sesuai dengan aktivitas yang dilakukan. Misalnya: biaya upah dan gaji, biaya bahan baku, biaya bahan penolong, dan sebagainya.
2.     Menurut Konsep Pencatatan
Berdasarkan konsep pencatatan, atau akuntansi, biaya dapat dikelompokkan menjadi:
a.     Biaya akuntansi (accouting cost) adalah biaya yang didasarkan pada pencatatan akuntansi, sesuai dengan prinsip akuntansi yang berlaku. Misalnya biaya bahan baku, biaya gaji / upah, biaya komunikasi dan sebagainya. Dalam praktiknya tidak semua biaya menurut akuntansi ini dibayarkan.
b.     Biaya ekonomis (economic cost) adalah biaya-biaya yang benar-benra dibayarkan sesuai dengan aktivitas yang dilakukan. Pada biaya ekonomis ini, hamper semua dicatat, namun masih ada biaya yang tidak dibayarkan, karena memang tidak dicatat. Misalnya seorang yang bekerja pada perusahaannya sendiri, atau pekerja keluarga sering tidak dibayar dan juga tidak dicatat.
3.     Menurut Periode atau Waktu
Berdasarkan Periode atau Waktu, biaya dapat dikelompokkan menjadi:
a.     Biaya jangka pendek (short run cost) adalah periode dimana
masih ada kelompok dari biaya tetap dan biaya variable. Untuk jangka 
pendek , biaya terdiri dari biaya tetap (TFC) dan biaya variable (TVC)
TC    = TFC  + TVC
ATC  =  AFC  + AVC
b.     Biaya Jangka Panjang (long run cost) adalah periode dimana seluruh biaya berubah (variabel). Dalam jangka panjang semua biaya adalah biaya variable (tidak ada biaya tetap).
Cost = f (Q, W, i) → Q = Output, W = Upah dan Gaji, i = Biaya Modal
→ TC = αQβ Wτ iδ (Model Cobb - Douglas)
4.     Menurut Karakteristik Jumlahnya
Berdasarkan Karakteristik Jumlahnya biaya dapat dikelompokkan menjadi:
a.     Biaya Tetap
      Biaya tetap adalah biaya yg jumlah totalnya tetap (fixed), tidak dipengaruhi oleh besar kecilnya output. Pengertian biaya tetap ini hanya berlaku untuk analisis dalam waktu yang relatif pendek. Yaitu sepanjang kapasitas produksi atau kapasitas produksi belum berubah (Noor, 2008 :172).
Biaya tetap (fixed cost) adalah biaya yang jumlahnya tidak berubah (konstan), terlepas dari perubahan tingkat aktivitas dalam kisaran relevan (relevant range) tertentu (simamora, 2002:147). Besar kecilnya biaya tetap dipengaruhi oleh kondisi perusahaan jangka panjang, teknologi dan metode serta strategi manajemen.
Dengan kata lain biaya tetap adalah biaya yang didalam jarak kapasitas tertentu totalnya tetap, meskipun volume kegiatan perusahaan berubahubah. Jarak kapasitas adalah serangkaian tingkat volume kegiatan perusahaan yang dapat dicapai tanpa menambah kapasitas. Contoh biaya tetap adalah biaya sewa periodik, biaya penyusutan aktiva tetap, biaya gaji manajer.
b.  Biaya Variabel  (Variabel Cost)
Menurut Garrison dan  Noreen yang diterjemahkan oleh A.Torok  Budi Santoso (2000)  menjelaskan,"Biaya variabel  adalah biaya yang berubah secara  proporsi dengan  perubahan  aktivitas.". Aktivitas  tersebut  dapat  diwujudkan  dengan berbagai bentuk seperti unit yang diproduksi, unit yang dijual, kilometer, jam kerja, dan sebagainya. Contoh yang menggambarkan biaya  variable  adalah  biaya bahan  langsung.  Biaya  bahan  langsung  yang  digunakan  selama  satu  periode  akan bervariasi sesuai dengan tingkat unit yang dihasilkan. Biaya variabel merupakan biaya yang berubah sesuai perubahan output.
Ada  beberapa contoh yang  menunjukan bahwa biaya akan  berubah-ubah  sesuai dengan   produk  dan   jasa   yang   dapat  dihasilkan  oleh   perusahaan.  Dalam  perusahaan dagang, biaya variabel meliputi harga  pokok penjualan, komisi penjualan, dan  biaya tagihan.
Biaya variable atau total variable cost, TVC adalah biaya yang jumlahnya berubah (variabel) sesuai dengan perubahan tingkat atau volume produksi. Contoh biaya bahan baku, biaya energi, komisi penjualan, upah tenaga kerja (Noor, 2008 :172).
TVC= f (Q) →  TVC adalah fungsi dari output
1)     TVC: Total Variabel Cost → Berubah sesuai dengan perubahan dari output
2)     AVC: Variabel Cost/Unit → Tetap, sepanjang skala/kapasitas produksi dan harga      input tidak berubah.
Penggunaan konsep biaya tetap dan biaya variable ini sangat penting bagi perusahaan, khususnya untuk perencanaan produksi seperti analisisi pulang pokok (Break Event point), dan perencanaan laba perusahaan t ermasuk kebijakan memberhentikan (shut-down) operasi.
5.     Menurut Karakteristik Satuannya
Berdasarkan karakteristik satuannya biaya dapat dikelompokkan menjadi:
a.     Biaya total (total cost/ TC) adalah jumlah dari  keseluruhan biaya yang dikeluarkan untuk menghasilkan output. → TC = TFC + TVC
Karena biaya variabel merupakan unsur biaya total, maka biaya total memiliki sifat sebagaimana yang juga dimiliki oleh biaya variabel, yakni bahwa besarnya biaya total itu berubah-ubah relatif perubahan jumlah output yang dihasilkan. Namun, fixed cost yang juga bagian dari biaya total, nilai eksistensinya tetap tidak berubah.
b.     Biaya rata-rata perunit output (Average Total Cost / ATC) adalah jumlah dari keseluruhan biaya yang dikeluarkan dibagi dengan jumlah output. Untuk mencapai keuntungan, biaya rata-rata per unit produksi ini berguna sebagai informasi dasar untuk menentukan produksi yang paling efisien. Perusahaan akan berproduksi pada tingkat biaya rata-rata per unit output (ATC) yang paling rendah .
ATC = TC/Q = TFC/Q + TVC/Q →  ATC = AFC + AVC
AFC : Biaya tetap rata-rata per unit (Avarage Fixed Cost)
AVC: Biaya variable rata-rata per unit (Avarage Variabel Cost)
c.       Biaya Marginal (Marginal Cost / MC) adalah tambahan biaya yang dikelurkan karena ada tambahan satu unit output (MCi = TCi –TCi-1)
6.   Menurut Relevansinya
Berdasarkan relevansinya dengan pengambilan keputusan oleh manajemen, biaya dapat dikelompokkan menjadi:
a.     Biaya Relevan
Menurut Ahmad (2005:115), biaya relevan adalah biaya yang dapat dihindari atau biaya yang dapat dielakan dan harus dipertimbangkan oleh setiap pengambil keputusan dalam berbagai alternatif yang dihadapi.
Pengertian biaya relevan menurut RA. Supriyono (2002:389), biaya relevan adalah meliputi semua biaya yang akan terpengaruh oleh suatu pengambilan keputusan, karena itu biaya tersebut harus dipertimbangkan di dalam pengambilan keputusan tertentu tersebut.
Dari pendapat-pendapat diatas dapat disimpulkan bahwa biaya relevan dimaksud adalah semua biaya yang bisa dihindari bila menghadapi berbagai alternatif yang dihadapi dan dapat berpengaruh dalam mengambil keputusan seorang manajer. Biaya relevan memiliki karakteristik yakni sebagai berikut:
1)     Biaya yang benar-benar akan terjadi dan mengingat biaya masa lalu yang tidak relevan.
2)     Biaya harus benar-benar akan memberikan hasil berbeda jika memilih alternatif.
Biaya relevan adalah seluruh jenis biaya dengan karakteristik seperti di atas: Total Fix Cost, Total Variable Cost, Total Cost, Average Fix Cost, Average Variable Cost, Average Total Cost dan Marginal Cost.
b.     Biaya Irrelevan
Adalah jenis biaya yang sudah dikeluarkan perusahaan, namun tidak relevan dengan pengambilan keputusan dalam bisnis. Biaya tidak relevan ini dikenal juga dengan istilah Sunk Cost. Sunk Cost adalah biaya yang sudah dikeluarkan perusahaan, namun tidak relevan digunakan sebagai bahan pengambilan keputusan oleh manajemen. Sunk costs adalah biaya yang terjadi di masa lalu dimana tidak ada yang dapat mengubah apa yang telah dikeluarkan mauun apa yang telah terjadi. Oleh karena itu, sunk costs merupakan informasi yang tidak relevan dalam pembuatan keputusan.

2.4  Memperkirakan Fungsi Biaya Jangka pendek (Short Run Cost)
Untuk jangka pendek biaya dapat dikelompokkan menjadi biaya tetap (TFC) dan biaya variabel (TVC). → TC = TFC + TVC → yang perlu diperkirakan adalah  TVC dan AVC.
a.     Model Persamaan Regresi untuk TVC adalah: TVc = AVC (Q)
→ Kurva berbentuk S
→ TVC = a + bQ + c Q2 (Q) → TVC =  a + bQ + c Q2  + c Q3 → a,c > 0      dan b < 0
b.     Model Persamaan Regresi untuk AVC adalah fungsi kuadarat, karena kurva berbentuk parabola → AVC = a + bQ + c Q2 → a,c > 0 dan b < 0
Contoh:
Berikut ini disajikan data output (Q) dalam unit dan data biaya variabel rata-rata (AVC) dalam ribuan rupiah dari suatu jenis indutri setelah dihilangkan pengaruh inflasi.
Bulan ke

Output (000 unit)
AVC (Rp. 1000)
1.
30
36
2.
10
37
3.
15
27
4.
25
27
5.
40
45
6.
20
31
7.
35
42
8.
45
55
9.
50
62
Berdasarkan data diatas didapat perkiraan koefisien regresi untuk fungsi biaya variabel rata-rata (AVC), sebagai berikut
Dependent Variable
F Ratio : 51.404
Observation  : 9
R-square : 0,9449
Variable
Parameter Estimate
Standar Error
Intercept
44,35
6,170
Q
-1,44
0,460
Q2
+0,04
0,008
Dari hasil perhitungan di atas didapat persamaan fungsi AVC.
AVC = 44,35 – 1,44Q+0,04Q2
Untuk meyakinkan, fungi diatas dilakukan tes secara statistik apakah hubungan antara Q dengan AVC cukup signifikan secara statistik.
R2 = 0,9449 → R = 0,9720 → Perubahan AVC 97,2% dapat diterangkan oleh perubahan Q (output). Artinya hubungan antara AVC dengan Q cukup signifika secara statistik.
Untuk meyakinkan, fungsi di atas dilakukan test secara statistik apakah fungsi tersebut mengikuti sifat-sifat fungsi biaya → a,c > 0 dan b < 0
Test terhadap koefisien regresi fungsi biaya
AVC = 44,35 – 1,44Q+0,04Q2
a → ta = a/σa = (44,35)/6,17 = 7,19
b → tb = a/σb = (– 1,44)/0,460 = -3,13
b → tb = a/σc = (0,04)/ 0,08= 5,00
Dengan derajat kebebasan atau Degree of Freedom (DOF = 6) → n : jumlah variabel, atau 9 - 3 (a,b,c) dan tingkat kepercayaan, atau Confidence Interval (CI) 95% didapat : ta = 2,447. Maka didapat a > 0, b < 0, dan c > 0 signifikan secara statistik.
c.      Fungsi Biaya Variabel Total
Model persamaan Regresi untuk TVC adalah : TVC = AVC (Q) → Kurva berbentuk S.
→ TVC = a + bQ + c Q2 (Q) → TVC =  a + bQ + c Q2  + c Q3
→ (a = 44,35, b = -1,44, c = 0,04) → TVC = 44,35Q - 1,44Q2 + 0,04Q3
d.     Fungsi Biaya Marginal → MC = δ/dq TC
→ MC δ/dq TVC → MC = 44,35 – 2,88Q + 0,12Q2
AVC minimum tercapai pada saat Q = -b/2C → b = -1,44 dan C = 0,04
→ AVC minimum pada Q = 18
Periksa Q = 18.000 → AVC = 44,35 - 1,44(18) + 0,04(18)2
= 44,35 – 25,92 + 12,96 = 31,39
Q = 15.000 → AVC = 44,35 - 1,44(15) + 0,04(15)2
 = 44,35 – 21,60 + 9,00 = 31,75
Q = 20.000 → AVC = 44,35 - 1,44(20) + 0,04(20)2
 = 44,35 – 28,80 + 16,00 = 31,55
Total Cost (TC) = TFC + TVC  → TC = TFC + TVC (Q)
Q = 18.000 → TC = TFC + 31,39 (18.000) = TFC + Rp. 565.020.000
Q = 15.000 → TC = TFC + 31,75 (15.000) = TFC + Rp. 476.250.000
Q = 20.000 → TC = TFC + 31,55 (20.000) = TFC + Rp. 631.000.000
e.     Kurva Biaya Jangka Pendek
Kurva biaya jangka pendek ini dapat menunjukkan karakteristik atau perilaku masing-masing jenis biaya, yang dapat digunakan manajemen sebagai bahan pengambilan keputusan. Seperti terlihat pada gambar berikut ini :




Dari gambar diatas dapat disimpulkan hal-hal berikut ini: 
1.     Kurva biaya rata-rata (ATC), adalah berbentuk U, artinya, pertama kali berproduksi, biaya rata-rata cukup tinggi, kemudian secara bertahap turun, sesuai dengan peningkatan produksi, namun sampai suatu titik, sesuai dengan penigkatan produksi, namun sampai suatu titik berhenti turunnya, kemudian naik lagi sesuai dengan kenaikan peroduksi. Titik Q* adalah tingkat optimum produksi optimal dengan biaya produksi rata-rata paling kecil (minimum). 
2.     Kurva biaya marginal (MC) pertama kali berproduksi berada di bawah ATC, kemudian secara bertahap naik, sesuai dengan penigkatan produksi, dan memotong ATC, pada tingkat produksi dengan ATC minimum (Q*). Selanjutnya MC berada diatas (lebih tinggi dari) ATC. Titik Q* adalah tingkat produksi optimal dengan biaya produksi rata-rata paling kecil (minimum).
2.4  Memperkirakan Fungsi Biaya Jangka Panjang (Long Run Cost)
Dalam jangka panjang semua biaya adalah variabel (tidak ada biaya tetap).
a.     Rumus umum fungsi biaya → Cost = f (Q, W, i)
Q = Output, W = Upah dan Gaji, I = Biaya uang atau modal (Cost of money, or cost of fund)
b.     Model persamaan regresi untuk biaya jangka panjang, yang paling cocok adalah model Cobb – Douglas.
→ TC = αQβ Wτ iδ
Jika model di atas digunakan sebagai model biaya jangka panjang, maka: bila harga input naik 2 X lipat, sedangkan output sama, maka TCN = 2TC
TCN : Total cost setelah biaya input naik
TC :  Total cost sebelum biaya input naik
TCN = αQβ (2 W)τ  (2 i)δ = αQβ 2τ Wτ  2δ iδ = 2 (τ + δ) αQβ Wτ  iδ
TCN = 2 (τ + δ) TC → bila TCN = 2 TC → (τ + δ) = 1 → τ = 1 – δ
Sehingga fungsi biaya jangka panjang dapat diubah menjadi:
TC = αQβ 2τ Wτ  i(1-τ) → TC = αQβ 2τ Wτ 
iτ
TC = αQβ (W / i)τ i → TC = TC = αQβ (W / i)τ i
Syarat : α, β > 0, dan 0 < τ < 1
c.      Menyusun fungsi biaya jangka panjang
Untuk menyusun fungsi biaya jangka panjang, dibutuhkan empat variabel yaitu: TC (Total Cost), Q (Output), W (Upah tenaga kerja), dan i (biaya modal)
→ TC = K (i) + L (w)
d.     Kriteria efisiensi produksi dari fungsi produksi jangka panjang adalah : (MPL) / (MPK) = (Wi) / (i)
MPL = δQ / δL, sedangkan, MPK = δQ / δK, dan, Q = τ Kα Lβ
MPL = δQ / δL = δ/ δL (τ Kα Lβ) = α δ L (α-1) Kβ = α δ Lα Kβ / L = β (Q/L)
MPK = δQ / δK = δ/ δK (τ Kα Lβ)  =  α δ K(α-1) Lβ = α δ Kα Lβ / K = α (Q/K)
(MPL)/(MPK) = β (Q/L) / α (Q/K) = K/Q α/β Q/L = K/ αβ /L = β/α K/L
Dengan demikian, maka kriteria efisiensi produksi jangka panjang, adalah : β/α (K/L) = W/I, atau β/α (K/L) - W/I = 0, oleh karena itu, maka:
1.     Bila β/α (K/L) > W/I → Sistem Produksi adalah padat modal (capital intensive)
2.     Bila β/α (K/L) < W/I → Sistem Produksi adalah padat karya (labor intensive)
e.     Elastisitas Total Cost (Total Cost Elasticity)
Untuk memperkirakan fungsi TC, fungsi biaya tersebut dikonversikan kedalam fungsi logaritma, sehingga: Log TC = log a + b log Q + t log (w/i) + log i → agar a, b, dan t, bisa diperkirakan, maka pada rumusan diatas secara matematika a = 1, sehingga:
Log (TC/ i) = log a + b log Q + t log (w/i) → b : Elastisitas TC
Sehingga : b > 1 → Long Run AVC Increasing (diseconomic of scale)
                    b = 1 → Long Run AVC Constant (constant of scale)
                    b < 1 → Long Run AVC Decreasing (economic of scale)
2.6  Skala Ekonomis
Skala ekonomis adalah rentang produksi dimana penambahan output (peningkatan volume produksi, Q) menghasilkan biaya rata-ta per unit (ATC), yang menurun. Seperti terlihat pada gambar berikut ini, penurunan ATC terjadi sampai sauatu titik dan kemudian naik kembali, sebanding dengan naiknya volume produksi.



BAB 3
PENUTUP
3.1  Kesimpulan
1.     Biaya adalah pengeluaran yang tidak dapat dielakkan (unavoidable expenses) dalam melakukan suatu kegiatan. Dengan demikian, secara konsep, maka pengertian biaya adalah sebagai berikut:
a.      Biaya (cost) tidak sama dengan pengeluaran (expenses)
b.     Biaya (cost) harus menggambarkan kegiatan
c.      Biaya (cost)  harus relevan dengan kegiatan yang dilakukan
2.     Teori biaya dikembangkan berdasarkan teori produksi, yaitu bagaimana mendapatkan formulasi input (biaya) yang paling efisien untuk menghasilkan output (produksi) tertentu. Dengan demikian, maka teori biaya digunakan untuk:
Menentukan tingkat output (produksi) yang optimum dengan biaya minimum.
          Biaya = fungsi (Produksi)
Analisis terhadap faktor-faktor ekonomi dan teknologi yang menunjang produksi untuk mendapatkan “teknologi yang tepat, dan yang cocok dengan kondisi perusahaan”, dengan biaya minimum.
3.     Jenis biaya dikelompokkan menjadi:
a.      Menurut Realitas (Realisasi) Pembayarannya
1)     Biaya pengorbanan (Opportunity Cost)
2)     Biaya sebenarnya (Real Cost)
b.     Menurut Konsep Pencatatan
1)     Biaya akuntansi (accouting cost)
2)     Biaya ekonomis (economic cost)
c.      Menurut Periode atau Waktu
1)     Biaya jangka pendek (short run cost)
2)     Biaya Jangka Panjang (long run cost)
d.     Menurut Karakteristik Jumlahnya
1)     Biaya Tetap
2)   Biaya Variabel  (Variabel Cost)
e.      Menurut Karakteristik Satuannya
1)     Biaya total (total cost/ TC)
2)     Biaya rata-rata perunit output (Average Total Cost / ATC)
3)     Biaya Marginal (Marginal Cost / MC)
f.    Menurut Relevansinya
1)     Biaya Relevan
2)     Biaya Irrelevan
4.     Memperkirakan Fungsi Biaya Jangka pendek (Short Run Cost)
Untuk jangka pendek biaya dapat dikelompokkan menjadi biaya tetap (TFC) dan biaya variabel (TVC). → TC = TFC + TVC → yang perlu diperkirakan adalah  TVC dan AVC.
5.     Memperkirakan Fungsi Biaya Jangka Panjang (Long Run Cost)
Untuk jangka pendek biaya dapat dikelompokkan menjadi biaya tetap (TFC) dan biaya variabel (TVC). → TC = TFC + TVC → yang perlu diperkirakan adalah  TVC dan AVC.
6.     Skala ekonomis adalah rentang produksi dimana penambahan output (peningkatan volume produksi, Q) menghasilkan biaya rata-ta per unit (ATC) yang menurun



buka contoh marketing : http://jilbabiru.blogspot.co.id/2016/01/teori-biaya.html

No comments:

Post a Comment