Tugas Dan Kerja Sales Lapangan Secara Umum

 Tugas Dan Kerja Sales Lapangan Secara Umum

buzz marketing, guerilla marketing, integrated marketing, integrated marketing communications, marketing, marketing mix, marketing news, niche marketing, sports marketing, word of mouth marketing
 Tugas Dan Kerja Sales Lapangan Secara Umum


Seorang Sales atau Tenaga penjualan mempunyai peranan yang sangat penting dalam pendistribusian barang,   Karena untuk sampai ketoko pengecer atau grosir, Tugas dan kerja sales lapangan secara umum mengenalkan serta negosiasi penjualan barang sangat menentukan, Apalagi untuk produk baru yang belum pernah dikenal, Disini tugas dan kerja sales lapangan untuk negosiasi dan meyakinkan fihak penyalur penjualan sangat berperan besar dalam hal terjadinya kerjasama penjualan.

Tugas dan kerja sales lapangan  memang sangat penting, Karena tidak hanya terbatas pada menjual produk saja, Melainkan masih ada pekerjaan dan tugas lain yang tidak kalah penting. Tugas dan kerja sales lapangan itu meliputi:

    Melakukan penagihan, Pada kasus lain ada perusahaan yang menempatkan tenaga kerja dengan job melakukan penagihan. Dalam hal ini, Untuk keadaan normal seorang sales tidak melakukan kegiatan penagihan. Hal ini dilakukan agar kerja sales bisa lebih konsentrasi kepasar dan dari sisi perusahaan ini dilakukan dalam hubungannya dengan pengendalian piutang.
    Mencari dan mengumpulkan informasi yang berhubungan dengan produk pesaing, Hal ini dilakukaan untuk mengetahui beberapa hal, Perubahan harga pesaing, Model produk dari pesaing, Corak atau warna yang laris dari produk pesaing. Dan ini perlu dilakukan oleh seorang sales sebagai masukan kebagian terkait dikantor, Misal bagian produksi serta kepimpinan langsung sales.
    Mencari, Mengamati dan mengumpulkan informasi tentang apa saja yang dilakukan pesaing untuk produk yang sama, Hal ini perlu dilakukan guna mengantisipasi adanya even-even dari pesaing yang akan berdampak pada menurunnya omset penjualan. Misal adanya even diskon 50% dari pesaing untuk produk fresh.
    Mencari dan mengumpulkan informasi tentang produk yang dijual, Hal untuk mengetahui seberapa jauh dan kuatnya produk dalam bersaing dipasaran. Ini bisa dipakai menejemen dalam pengambilan kebijakan dipasar. Misal kebijakan retur, Tempo pembayaran dan kebijakan even diskon.
    Melakukan pengembangan pasar, Atau expansi pasar untuk area atau daerah yang masih kosong untuk produk yang dijual. Ini bisa dilkaukan dengan beberapa alasan, mungkin karena masih ada kota yang produknya belum masuk ketoko, atau guna mengganti toko lama yang karena suatu hal tapi sangat beralasan dan adil harus dicarikan pengganti.
    Melakukan pantauan terhadap counter dan cara kerja SPG, Hal ini dilakukan guna mengetahui kemampuan counter dalam menarik pengunjung serta hasil kerja SPG.
    Dan yang tidak kalah penting adalah menjaga hubungan baik dengan relasi serta menjaga nama baik perusahaan tempat ia bekerja.

Disaat akan melakukan tugas lapangan, Seorang sales dituntut untuk bisa membuat persiapan sales sebelum tugas laoangan dan membuat jadwal kunjungan sales yang efektif dan efisien.

Bagaiaman membuat jadwal sales agar efektif dan efisien?, Silahkan baca pada artikel dibawah ini;

*  Membuat jadwal kunjungan sales yang efektif dan efisien.

Setelah pelaksanaan tugas lapangan,  Tugas seorang sales akan tambah menentukan dan penting. Karena seorang sales tidak hanya melakukan order barang, Namun ada beberapa tugas lain yang juga harus dilkaukan seorang sales. Tugas tersebut antara lain melakukan penagihan, Mencari dan mengumpulkan informasi pasar yang berhubungan dengan produk yang dijual maupun produk pesaing, Mencari dan mengumpulkan informasi tentang kegiatan yang dilakukan pesaing dipasar produk yang sama, Melakukan pantauan counter dan yang tidak kalah penting menjaga hubungan baik dengan relasi serta menjaga nama baik perusahaan tempatnya bekerja

buka contoh marketing : http://goklatenjualango.blogspot.co.id/2012/11/tugas-dan-keria-sales-dilapangan.html

No comments:

Post a Comment