marketing strategic

 marketing strategic

buzz marketing, guerilla marketing, integrated marketing, integrated marketing communications, marketing, marketing mix, marketing news, niche marketing, sports marketing, word of mouth marketing
 marketing strategic


analisis 4p produk bluband - STRATEGI PEMASARAN PERUSAHAAN
PT.UNILEVER.Tbk

MAKALAH

Disusun untuk memenuhi tugas mata kuliah marketing strategic
Dosen pengampu: Abdul Yusuf,SE.,MM.
Disusun oleh :

-      Rusmita (ketua)             1241173402117
-      Elis Suci Apriyanti                  1241173402029
-      Hastiana Apria Dewi     1241173402021
-       Rani Rizky Pratiwi                  1241173402003
-      Sri Arum Komalasari    1241173402184




PROGRAM STUDI S1 MANAJEMEN FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS
UNIVERSITAS SINGAPERBANGSA KARAWANG
KARAWANG

2014
DAFTAR ISI

DAFTAR ISI .........................................................................................................................................ii
DAFTAR GAMBAR............................................................................................................................iii
DAFTAR GRAFIK...............................................................................................................................iv
DAFTAR TABEL..................................................................................................................................v
KATA PENGANTAR...........................................................................................................................vi
BAB I PENDAHULUAN.......................................................................................................................1
1.1  Latar Belakang...................................................................................................................................1
1.2  Rumusan Masalah.............................................................................................................................5
1.3  Tujuan Penelitian...............................................................................................................................5
1.4  Kegunaan Penelitian..........................................................................................................................6
BAB II LANDASAN TEORI................................................................................................................7
2.1  Marketing Management....................................................................................................................7
2.2  Manajement Strategic.....................................................................................................................11
            2.2.1 Segmenting......................................................................................................................13
            2.2.2 Targeting..........................................................................................................................13
            2.2.3 Posisioning.......................................................................................................................13
2.3  Bauran Pemasaran...........................................................................................................................14
BAB III HASIL & PEMBAHASAN..................................................................................................16
3.1  Pofil Perusahaan..............................................................................................................................16
3.2  visi misi pt. Unilever tbk.................................................................................................................18
3.3  analisis SWOT pt. Unilever tbk......................................................................................................21
3.4  strategi pemasaran tbk.....................................................................................................................36
3.5  bauran pemasaran pt. Unilever tbk.................................................................................................38
BAB 4 PENUTUP................................................................................................................................40
4.1  Kesimpulan.....................................................................................................................................40
4.2  Saran................................................................................................................................................40
DAFTAR PUSTAKA
DAFTAR ISI GAMBAR


Gambar 2.1...............................................................................................................................14
Gambar 2.2...............................................................................................................................14







































DAFTAR ISI GRAFIK

Grafik 3.1...............................................................................................................................34
Grafik 3.2...............................................................................................................................35























Daftar Tabel

Tabel 1.1.....................................................................................................................................4
Tabel 1.2.....................................................................................................................................4
Tabel 3.1...................................................................................................................................26
Tabel 3.2...................................................................................................................................27
Tabel 3.3...................................................................................................................................29
Tabel 3.4...................................................................................................................................30



















KATA PENGANTAR

Puji syukur kami panjatkan kepada Tuhan Yang Maha Esa, karena berkat rahmat dan karunia-Nya sehingga tugas makalah makerting strategic ini dapat kami selesaikan tepat waktu.
Terima kasih kepada Bapak Abdul Yusuf,SE.,MM. selaku dosen pengajar yang telah memberikan dukungan dan bantuan berupa pemikiran, bimbingan dan motivasi dengan penuh kesabaran dan pengertian.
Kami menyadari bahwa hasil makalah yang kami susun ini masih banyak terdapat  kekurangan dalam penyajiannya, untuk itu kami mohon maaf. Demi penyempurnaan makalah ini, kami berharap dengan segala hormat, saran dan pendapat serta kritik dari pembaca sekalian. Akhirnya walaupun tugas makalah ini sangat sederhana, kami berharap dapat bermanfaat bagi para pembaca dimasa yang akan datang.


                                                                                           Karawang,09 Juni 2014


                                                                                                    Penyusun
 BAB I
PENDAHULUAN
1.1     Latar Belakang Masalah
Tahun 2014 merupakan tahun pemulihan dan stabilisasi ekonomi akibat fenomena kebangkrutan Lehman Brothers pada tahun 2008 serta krisis Eropa di Yunani pada tahun 2012. Untuk mengatasi fenomena krisis yang menimbulkan kepanikan pasar finansial global khususnya di Eropa dan AS tersebut, Amerika Serikat membuat sebuah kebijakan ekonomi yang tidak lazim yakni kebijakan Quantitative Easing. QE adalah salah satu kebijakan moneter yang dilakukan oleh bank sentral suatu negara guna meningkatkan jumlah uang beredar (money supply) di pasar.Kebijakan ini dilakukan antara lain dengan memangkas bunga menjadi 0,25% bahkan 0,1%, mencetak uang lebih banyak, serta dengan menyuntikkan likuiditas kepada Emerging Markets (EM). Kebijakan QE tersebut menyebabkan kelebihan likuiditas yang membuat pasar Amerika tidak dapat menyerap uang yang beredar. Hal tersebut membuat para investor lebih tertarik untuk mengalihkan dananya dari negara maju ke negara Emerging Markets (EM) sehingga menimbulkan euforia sementara kepada negara-negaraEM yang kebanyakan adalah negara berkembang.
Menengok kondisi Indonesia saat ini yang dapat dikatakan menurun dibandingkan lima tahun lalu, serta kekhawatiran akan kondisi masa depan, maka perancangan sistematis pembangunan menjadi sangat penting untuk dilakukan. Semenjak GBHN dihapuskan, negara Indonesia mengalami kebingungan arah pembangunan sebab saat ini Indonesia hanya bergantung pada RJP. Seharusnya Indonesia meniru negara China dan Korea yang telah membuat perencanaan negaranya hingga 20 tahun ke depan. Di negeri Korea, industri alat-alat berat awal mulanya dibangun sehingga sesuai prediksi, akhirnya industri elektronik bisa berkembang. Korea juga membuat perencanaan melalui sosial budaya, yaitu budaya K-POP yang telah menyerbu negara lain hingga Jepang. Pada akhirnya budaya K-POP ini berpengaruh kepada ritel Korea (Cloth Mark).
Kondisi keterpurukan Indonesia akibat tapering USA tersebut memang membawa dampak signifikan bagi perekonomian Indonesia. Tahun 2013 Indonesia menjadi negara dengan perekonomian terburuk di Asia serta nomor 2 di dunia setelah Argentina dan Peso.
Beberapa faktor utama yang memperburuk perekonomian Indonesia adalah belum jelasnya aturan mengenai daftar negara yang boleh dan tidak boleh berinvestasi di Indonesia sehingga membuat investor menjadi enggan untuk berinvestasi di Indonesia. Kemudian kebijakan LTV (Loan To Value) yang lebih memperketat penyaluran kredit untuk otomotif serta rumah kedua dst. membuat pertumbuhan sektor properti dan otomotif sedikit melamban. Adanya kesenjangan UMR antara daerah dengan Jakarta membuat banyaknya tenaga kerja yang berpindah ke kota serta memicu relokasi pabrik-pabrik di daerah. Pada akhirnya, tenaga kerja yang tidak berpindah akan mengalami kehilangan pekerjaan sehingga ancaman kredit macet properti akan meningkat akibat meningkatnya pengangguran.
Akan tetapi, di tengah faktor penekan ekonomi Indonesia sebagaimana yang telah disebutkan sebelumnya pada awal-awal tahun 2014, diharapkan diakhir tahun 2014 perekonomian Indonesia akan membaik. Setidaknya hal tersebut tertolong oleh diselenggarakannya Pemilu 2014. Pemilu bisa menjadi katalis positif bagi konsumsi dalam negeri, produktivitas industri, tenaga kerja, serta membawa harapan baru bagi investor untuk kembali menanamkan modalnya di Indonesia sehingga efek negatif tapering dapat dihindari.
Faktor-faktor positif lainnya yang juga dapat mendorong pertumbuhan ekonomi di Indonesia adalah adanya sektor dollar earner misalnya konsumsi, transportasi, pariwisata. Selain itu daya beli masyarakat yang tinggi akibat meningkatnya UMR juga dapat menjadi stimulus untuk konsumsi dalam negeri.(www.kompas.com)

Dalam kodisi persaingan gobal yang super ketat saat ini setiap perusahaan harus dapat menggunakan strategi yang tepat untuk terus berupaya mempertahankan produknya untuk tetap dikonsumsi konsumen ataupun pelanggannya, untuk itu dalam bidang pemasaran pengembangan suatu produk sangat lah penting untuk kemajuan perusahaan baik mempertahankan pangsa pasang juga memperluas pangsa pasarnya. Strategi pengembangan produk ini dinamakan strategi brand extetion ( perluasan merek). Keller dalam dion ( 2007:5)
Ada banyak sekali alasan mengapa pelembut pakaian disukai dan dijadikan sebagai salah satu gaya hidup. Pertama, karena pakaian terasa lebih lembut saat dikenakan. Ada rasa nyaman yang menyenangkan bila sepanjang hari kain baju yang dipakai terasa halus di kulit, tidak kasar menggesek kulit atau gatal. Selain itu juga wanginya yang lembut bisa difungsikan sebagai pewangi alami bila malas pakai parfum, serat kain pun lebih lunak dan membuat handuk atau selimut terasa lebih empuk.
Salah satu produk yang sering digunakan oleh konsumen , cepat habis , dan cara memperolehnya tidak terlalu sulit adalah produk pewangi dan pelembut pakain. Banyak cara yang dilakukan seseorang agar pakaian yang digunakannya tetap wangi misalnya saja dengan memakai parfum ke baju ataupun menggunakan pewangi sewaktu menyetrika. Bila diklasifikasikan produk konsumsi , maka produk tersebut termasuk produk golongan convenience goods (kebutuhan sehari-hari).
Produk pewangi dan pakaian banyak di gunalkan setelah mencuci agar pakaian tetap wangi walau dijemur dibawah terik matahari. Salah satu perusahaan yang mengembangkan produknya dengan melakukan perluasan merek yaitu PT. Unilever. PT. Unilever mengeluarkan merek molto yang sudah mapan mereknya yang juga sebagai pemimpin pasar (market leader). Dalam kategori produk pewangi dan pelembut pakaian yang kemudian pada tahun 2010 , PT.Unilever melakukan perluasan untuk kategori pelicin pakaian denag merek molto trika . dengan demikian , PT.Unilever telah melakukan perluasan merek terhadap produk pewangi dan pelembut pakaian dengan memngeluarkan produk baru dengan merek yang telah ada sebelumnya untuk kategori produk pelicin pakaian.
Keanaekaragaman produkuntuk kategori pelicin pakian di indonesia ada 5 merek dimana kispray yang di produksi oleh PT. Herlina Indah menjadi pemimpin pasar sampai pada tahun 2013 ini. Berdasarkan data top brand award pada tahun 2010-2013 menyebutkan bahwa penjualan produk untuk kategori pelicin pakaian dikuasi oleh 5 merek teratas yaitu kispray , rapika, trika, molto trika dan soklin.
Untuk setiap tahunnya kispray dan rapika selalui mengalami peningkatkan, lain hal nya dengan merek trika yang selalu mengalami penurunan dari tahun ke tahun yang disusun dengan merek molto trika . pada tahun2010 presentasi molto trika sebesar 11, 6% dan selalu mengalami penurunan yang derastis hingga tahun 2013 menjadi 5,2%. Berdasarkan tabel 1.1 juga dapat dilihat bahwa untuk setiap tahunnya persentase penjualan produk untuk kategori pelicin pakaian tidak lah sama dan dapat disimpulkan bahwa persaingan produk ini sangatlah ketat .
Untuk data selengkapnya dapat dilihat dalam tabel 1.1
Tabel 1.1 Persentase Penjualan Produk Kategori Pelicin Pakain
Merek
  
2010
  
2011
  
2012
  
2013
Kispray
  
35,9%
  
37,6%
  
42,4%
  
47,4%
Rapika
  
29,0%
  
33,3%
  
30,4%
  
30,5%
Trika
  
19,7%
  
19,0%
  
16,3%
  
13,5%
Molto Trika
  
11,6%
  
7,4%
  
7,8%
  
5,2%
So Klin
  
2,8%
  
2,5%
  
2,2%
  
-
Sumber : WWW.TopBrandAward.com tahun 2010-2013
Sementara untuk Molto sebagai produk induk dapat dilihat pada Tabel 1.2. Merek Molto Trika yang merupakan perluasan merek dari produk induk yaitu Molto Pewangi dan Pelembut pakaian bukan menjadi Top Brand seperti produk induknya. Dimana produk yaitu Molto dengan kategori pewangi dan pelicin pakaian pada tahun 2009-2013 ada enam merek yaitu Molto sebagai Top Brand, So Klin sebagai runner up, kemudian Soft and Fresh, My Baby, My Soft, dan yang terakhir adalah Downy yang baru muncul pada tahun 2011. Untuk data selengkapnya dapat dilihat pada tabel 1.2.
                                                                                   
Tabel 1.2 Persentase Penjualan Produk Dengan Kategori Pewangi dan Pelembut Pakaian
Merek
  
2009
  
2010
  
2011
  
2012
  
2013
Molto
  
64,2 %
  
75,1 %
  
78,1 %
  
74,9 %
  
74,4 %
So Klin
  
16,7 %
  
18,0 %
  
19,2 %
  
21,2 %
  
17,5 %
Soft & Fresh
  
0,9 %
  
-
  
0,6 %
  
-
  
-
My Baby
  
-
  
3,5 %
  
-
  
1,3 %
  
-
Baby Soft
  
-
  
1,4 %
  
-
  
-
  
-
Downy
  
-
  
-
  
-
  
1,1 %
  
5,7 %
Sumber : WWW.TopBrandAward.com tahun 2009-2013
Berdasarkan data di atas dapat dilihat untuk setiap tahunnya merek Molto mempunyai presentase yang sangat tinggi yaitu tidak pernah kurang dari 50% dan yang paling tinggi pada tahun 2011 mencapai 78,1 %. Dalam kategori pewangi dan pelembut pakaian tidak ada merek yang mempunyai presentasi lebih dari 20%, yang berarti bahwa hingga tahun 2013 ini merek Molto masih merupakan merek paling terkenal. Perluasan merek dengan kategori produk pelicin pakaian yang dilakukan oleh Molto tidaklah sebaik dengan produk induknya. Untuk itu dalam melakukan perluasan merek, kesadaran, asosiasi, dan persepsi kualitas merek induk haruslah benar-benar kuat tertanam di pikiran konsumen. Kesadaran, asosiasi dan persepsi kualitas yang tinggi dalam suatu merek akan berdampak dan berpengaruh besar terhadap perkembangan suatu merek. Tiga elemen itu dapat dijadikan landasan bagi suatu perusahaan untuk mengembangkan eksistesinya melalui perluasan merek. Dengan adanya kesadaran, asosiasi, dan persepsi kualitas yang tinggi maka tidak hanya berpengaruh bagi perusahaan saja tetapi juga bagi konsumen yang dapat menimbulkan kepuasan konsumen yang berdampak sangat baik dan secara bersamaan dapat menimbulkan loyalitas merek pada suatu produk.
1.2 Perumusan Masalah
Berdasarkan uraian yang telah dikemukakan pada latar belakang, maka kami merumuskan permasalahan yang akan diteliti antara lain :

    Bagai mana penilaian visi dan misi PT.Unilever.Tbk?
    Bagaimana penilaian lingkungan bisnis ( SWOT ) PT.Unilever.Tbk?
    Bagaiman strategi pemasaran PT.Unilever.Tbk?
    Bagaimana bauran pemasaran PT.Unilever.Tbk?

1.3 Tujuan Penelitian
       Sesuai dengan perumusan masalah tersebut, maka tujuan penelitian adalah untuk :
1.      Mengetahui penilaian visi dan misi PT.Unilever.Tbk
2.      Mengetahui penilaian lingkungan bisnis ( SWOT ) PT.Unilever.Tbk
3.      Menjabarkan strategi pemasaran PT.Unilever.Tbk
4.      Menjabarkan bauran pemasaran PT.Unilever.Tbk

1.4 Kegunaan Penelitian
Penelitian ini dilakukan dengan harapan memiliki kegunaan ilmiah khususnya dalam bidang pemasaran. Selain itu,kami juga berharap dengan melakukan penelitian ini akan memperoleh hasil yang dapat memberikan manfaat bagi :
1.        Kegunaan Teoritis
Adapun kegunaan teoritis ini adalah dapat bermanfaat secara teoritis, serta diharapkan dapat memberikan pengetahuan dalam bidang manajemen pemasaran, terutama dalam penilaian visi dan misi perusahaan,strategi pemasaran,serta penerapan SWOT dalam perusahaan tersebut.
2.  Kegunaan Praktis
Adapun kegunaan penelitian ini adalah dapat bermanfaat secara praktis, bagi perusahaan PT.Unilever.Tbk dapat memberikan informasi atau masukan kepada konsumen bahwa kualitas produk dan brand awareness dapat digunakan sebagai dasar konsumen dalam melakukan keputusan pembelian terkait hasil penjualannya.




BAB II
LANDASAN TEORI

2.1  Marketing Management                                          
Definisi Pemasaran menurut William J. Stanton adalah suatu sistem keseluruhan dari kegiatan-kegiatan bisnis yang ditujukan untuk merencanakan, menentukan harga, mempromosikan, dan mendistribusikan barang dan jasa yang memuaskan kebutuhan baik kepada pembeli yang ada maupun pembeli potensial.
Menurut McDonald (2002:55), salah satu tujuan menetapkan strategi pemasaran adalah agar perusahaan dapat memilih konsumen dan pasar yang hendak dimasuki. Unsur utama dalam strategi adalah perusahaan, konsumen, produk/jasa, dan pesaing. Untuk menghadapi persaingan, perusahaan perlu membangun keuntungan bersaing yang sustainable. Sustainable yang dimaksud adalah kelebihan sementara yang dimiliki perusahaan jika dibandingkan pesaing, mana kelebihan itu dapat diraih dengan berbagai cara misalnya,  promosi penjualan yang unik.
           Definisi lainnya, Pemasaran  adalah suatu proses sosial dan manajerial yang didalamnya individu dan kelompok mendapatkan apa yang mereka butuhkan dan inginkan dengan menciptakan, menawarkan, dan mempertukarkan produk yang bernilai dengan pihak lain.
Dengan pemasaran perusahaan berusaha menghasilkan laba dari penjualan barang dan jasa yang diciptakan untuk memenuhi kebutuhan pembeli. Disinilah peran manajer pemasaran dibutuhkan, dimana tugas dari manajer pemasaran adalah memilih dan melaksanakan kegiatan pemasaran yang dapat membantu dalam pencapaian tujuan organisasi.
            Pada dasarnya manajemen itu terdiri atas perancangan dan pelaksanaan rencana-rencana. Dalam membuat suatu perencanaan, dibutuhkan kemampuan untuk membuat strategi dan rencana. Untuk rencana jangka panjang maka dibutuhkan waktu yang lebih banyak. Sedangkan untuk pelaksanaan rencana tersebut, dia harus mendelegasikan keputusan-keputusannya yang rutin dilakukan setiap hari kepada para bawahan.
Secara umum manajemen mempunyai tiga tugas pokok, yaitu :
1.      Mempersiapkan rencana/strategi umum bagi perusahaan
2.      Melaksanakan rencana tersebut
3.      Mengadakan evaluasi, menganalisa dan mengawasi rencana tersebut dalam pelaksanaannya. (untuk mengukur hasil dan penyimpangannya serta untuk mengendalikan aktivitas).

Sehingga yang dimaksud dengan menejemen pemasaran , menurut Philip Kotler adalah :
Penganalisaan, perencanaan, pelaksanaan, dan pengawasan program-program yang ditujukan untuk mengadakan pertukaran dengan pasar yang dituju untuk mencapai tujuan organisasi.
            Untuk membuat suatu rencana, fungsi penganalisaan sangat penting agar rencana yang dibuat dapat lebih matang dan tepat. Penerapan merupakan kegiatan untuk menjalankan rencana. Fungsi pengawasan adalah untuk mengendalikan segala macam aktivitas agar tidak terjadi penyimpangan.
§  Konsep Pemasaran
            Falsafah konsep pemasaran bertujuan memberikan kepuasan terhadap keinginan dan kebutuhan pembeli/konsumen. Seluruh kegiatan dalam perusahaan yang menganut konsep pemasaran harus diarahkan untuk memenuhi tujuan tersebut. Meskipun orientasi pembeli ini dibatasi oleh tujuan laba dan pertumbuhan, tetapi konsep itu perlu dilaksanakan. Karena dapat meningkatkan penjualan dengan:
·         Membuat barang yang mudah penggunaannya
·         Mudah pembeliaannya
·         Mudah pemeliharaannya
Penggunaan konsep pemasaran bagi sebuah perusahaan dapat menunjang berhasilnya bisnis yang dilakukan. Konsep pemasaran disusun dengan memasukkan tiga elemen pokok, yaitu :
·         Orientasi konsumen / pasar / pembeli
·         Volume penjualan yang menguntungkan
·         Koordinasi dan integrasi seluruh kegiatan pemasaran dalam perusahaan.
Pada dasarnya,perusahaan yang ingin mempraktekkan orientasi konsumen ini harus :
a.       Menentukan kebutuhan pokok dari pembeli yang akan dilayani dan dipenuhi
b.      Memilih kelompok pembeli tertentu sebagai sasaran dalam penjualannya
c.       Menentukan produk dan program pemasarannya
d.      Mengadakan penelitian pada konsumen, untuk mengukur, menilai, dan menafsirkan keinginan, sikap, serta tingkah laku mereka.
e.       Menentukan dan melaksanakan strategi yang paling baik, apakah menitik beratkan pada mutu yang tinggi, harga yang murah atau model yang menarik.

Jadi, secara definitif dapat dikatakan bahwa Konsep pemasaran adalah :
Sebuah falsafah bisnis yang menyatakan bahwa pemuasan kebutuhan konsumen merupakan syarat ekonomi dan sosial bagi kelangsungan hidup perusahaan.
§  Sistem Pemasaran
            Dalam sistem pemasaran terdapat beberapa faktor yang saling tergantung dan saling berinteraksi satu sama lain. Faktor-faktor tersebut adalah :
·         Organisasi yang melakukan tugas-tugas pemasaran
·         Sesuatu (barang, jasa, ide, orang) yang sedang dipasarkan
·         Pasar yang dituju
·         Para perantara yang membantu dalam pertukaran (arus) antara organisasi pemasaran dan pasarnya. Antara lain pengecer, pedagang besar, agen pengangkutan, dan lain-lain
·         Faktor-faktor lingkungan seperti faktor demografi, kondisi perekonomian, faktor sosial dan kebudayaan, teknologi dan persaingan.
Dari kelima faktor tersebut maka Sistem Pemasaran dapat didefinisikan sebagai :
Kumpulan lembaga-lembaga yang melakukan tugas pemasaran, barang, jasa, ide, orang dan faktor-faktor lingkungan yang saling memberikan pengaruh, dan membentuk serta mempengaruhi hubungan perusahaan dengan pasarnya.
§  Peranan Pemasaran
            Pemasaran merupakan proses sosial dan manajerial sehingga konsumen dapat memperoleh kebutuhan / keinginan mereka melalui permintaan, penawaran, dan penukaran nilai suatu produk antara penjual dan pembeli.
·         Kebutuhan : segala kebutuhan dasar manusia baik intuk minum, makan, pakaian, pendidikan dan lainnya
·         Keinginan : Merupakan kondisi lebih khusus dari kebutuhan, misalnya minuman ringan, makanan bergizi, pendidikan tinggi, atau lainnya
·         Permintaan : akumulasi kebutuhan/keinginan yang potensial untuk digarap, misalnya, makanan, perumahan, pendidikan dan lainnya.

Beberapa istilah yang penting dalam konteks pemasaran adalah :
1.      Produk (barang, jasa, ide) :
Segala hasil kerja manusia yang dapat ditawarkan kepada manusia lainnya baik berupa barang, jasa atau ide.
2.      Nilai :
Perkiraan konsumen atas suatu produk untuk kepuasan mereka, apa yang dirasakan / diinginkan
3.      Biaya :
Harga yang harus dibayar konsumen atas produk yang dikonsumsi
1.      Kepuasan :
Seberapa puas konsumen atas produk yang mereka konsumsi (kesesuaian antara harapan dan kenyataan,
2.      Pasar :
Tempat yang berisi semua pelanggan potensial yang berniat untuk transaksi terhadap suatu produk.
Perkembangan konsep pemasaran :
1.      Konsep produksi : jumlah banyak dengan harga murah
2.      Konsep produk : kualitas, kinerja dan inovasi yang dicari konsumen
3.      Konsep penjualan : harus ada aktivitas penjualan dan promosi agar dikenal konsumen (laba dari volume penjualan)
4.      Konsep pemasaran : harus ada aktivitas pemasaran yang terpadu (laba dari kepuasan pelanggan)
5.      Konsep pemasaran beroriemtasi pada masyarakat : turut memperhatikan kesejahteraan masyarakat sekitar.




2.2 Management Strategic
§  Definisi Strategi
Strategi menurut Max & Majluf merupakan suatu konsep multi dimensional yang mencakup seluruh aktifitas perusahaan, yang mencerminkan suatu kesatuan arah dan tujuan dalam menyesuaikan perubahan lingkungan perusahaan. Pengertian lain menurut Ansoff, strategi sebagai standar pembanding untuk mengukur performansi saat ini dan masa mendatang. Ukuran kualitatif disebut sebagai tujuan (objectives) dan ukuran kuantitatif disebut sebagai sasaran (goals). Definisi Strategi lainnya dapat dilihat pada tulisan berikut.

    Pengertian Manajemen Strategis

Manajemen strategis menurut J. David Hunger dan Thomas L. Wheelen adalah “Strategic Management is that a set of managerial decisions and actions that determines the long-run performance of a corporation”, dan jika diterjemahkan secara bebas maka Manajemen strategis adalah serangkaian keputusan dan tindakan manajerial yang menentukan kinerja perusahaan dalam jangka panjang. Pengertian Manajemen Strategis lainnya dapat dilihat pada tulisan berikut.

    Manfaat Manajemen Strategis (sumber : Gumati : 2009)

Fred R. David (2004) membagi manfaat ini kedalam dua manfaat, yaitu (1) manfaat finansial, dan (2) manfaat non finansial. Greenleymenyatakan manajemen strategis memberikan manfaat berikut ini :
1.      Memungkinkan untuk identifikasi, penentuan prioritas, dan eksploitasi peluang.
2.      Memberikan pandangan objektif atas masalah manajemen.
3.      Merepresentasikan kerangka kerja untuk aktivitas kontrol dan koordinasi yang lebih baik.
4.      Meminimalkan efek dari kondisi dan perubahan yang jelek.
5.      Memungkinkan agar keputusan besar dapat mendukung dengan lebih baik tujuan yang telah ditetapkan.
6.      Memungkinkan alokasi waktu dan sumber daya yang lebih efektif untuk peluang yang telah terindentifikasi.
7.      Memungkinkan alokasi sumber daya dan waktu yang lebih sedikit untuk mengoreksi keputusan yang salah atau tidak terencana.
8.      Menciptakan kerangka kerja untuk komunikasi internal diantara staf.
9.      Membantu mengintegrasikan perilaku individu kedalam usaha bersama.
10.  Memberikan dasar untuk mengklarifikasi tanggungjawab individu.
11.  Mendorong pemikiran ke masa depan.
12.  Menyediakan pendekatan kooperatif, terintegrasi, dan antusias untuk menghadapi masalah dan peluang.
13.  Mendorong terciptanya sikap positif akan perubahan.
14.  Memberikan tingkat kedisiplinan dan fomralitas kepada manajemen suatu bisnis.

§  Proses Manajemen Strategis
Menurut Wheelen dan Hunger .Konsep dasar proses manajemen strategis meliputi 4 elemen dasar, yaitu : Pengamatan lingkungan (Environmental Scanning), Perumusan strategi (strategy Formulation), Implementasi strategi (strategy implementation) dan evaluasi dan pengendalian (evaluation and control).
Model dari Manajemen Strategic dapat dilihat dibawah ini. Pengamatan lingkungan meliputi monitoring, evaluasi dan mengumpulkan informasi dari lingkungan ekternal dan internal dengan tujuan untuk mengidentifikasi faktor-faktor strategis (strategic factors) yaitu elemen-elemen eksternal dan internal yang akan menentukan masa depan perusahaan. Upaya yang paling sederhana untuk melakukan pengamatan lingkungan adalah melalui Analisa SWOT.
Formulasi Strategi adalah mengembangkan rencana jangka panjang untuk mengelola secara efektif peluang dan ancaman lingkungan ekternal, dengan mempertimbangkan kekuatan dan kelemahan (SWOT) perusahaan. Formulasi strategi mencakup pula kegiatan-kegiatan : mendefinisikan misi perusahaan, menetapkan tujuan yang ingin dicapai, mengembangkan strategi, dan pengaturan pedoman kebijakan.

    Tingkatan Strategi

Menurut Wheelen dan Hunger Strategi dibagi menjadi 3 tingkatan yaitu: 1. Strategi Tingkat Perusahaan (Corporate Strategy) 2. Strategi Tingkat Bisnis (Business Strategy) 3. Strategi Tingkat Fungsional (Functional Strategy)


2.2.1 Segmenting
Menurut Kotler (2008, p173), segmentasi pasar adalah “dividing a market into smaller groups with distinct needs, characteristics, or behaviors who might require separate products or marketing mixes”.
Sebuah pasar terdiri dari konsumen yang beranekaragam (heterogen), sehingga untuk dapat melakukan kegiatan pemasaran dengan baik dan mencapai tujuan perusahaan, perlu dilakukan pengelompokkan menjadi konsumen yang homogen dengan berbagai cara. Pembagian pasar menjadi kelompok-kelompok  konsumen  dapat  disegmentasikan  berdasarkan kesamaan variabel (Kotler, 2008), antara lain:
1).   Geographic. Pembagian pasar berdasarkan kesamaan variabel seperti negara, kota, dan iklim.
2).   Demographic.   Pembagian   pasar   berdasarkan   kesamaan   variabel seperti kelas sosial, gaya hidup, dan kepribadian.
3).   Behavioral. Pembagian pasar berdasarkan kesamaan variabel seperti respon           konsumen    terhadap    produk,    pemakaian    produk,    dan pengetahuan konsumen akan produk.
2.2.2 Targeting
Menurut Kotler (2008, p183) target pasar adalah “a set of buyers sharing  common  needs  or  characteristics  that  the  company  decides  to serves”. Setiap konsumen memiliki keinginan dan ciri-ciri berbeda. Oleh karena itu, setelah membagi konsumen menjadi kelompok-kelompok yang lebih homogen (segmenting), perusahaan perlu memilih segmen pasar mana yang akan dimasuki (targeting). Hal ini berguna untuk mempermudah penyusunan strategi pemasaran yang akan digunakan.
2.2.3 Positioning
Setelah perusahaan menetapkan target pasar dan mengetahui apa yang dibutuhkan oleh para konsumennya, maka perusahaan dapat menyesuaikan serta menetapkan posisi produknya di pasar (market positioning). Menurut Kotler (2008, p191), product positioning adalah “the way the product is defined by consumers on important attributes – the place occupies in consumers’s mind relative to competing product”.
Tujuan dari positioning adalah mendapatkan persepsi atas brand dari setiap  target  segmen berbeda  serta  lebih  menjadi  pilihan  dibandingkan dengan brand dari  kompetitor.

2.3 Bauran pemasaran
Bauran pemasaran atau biasa juga disebut dengan marketing mix, merupakan strategi dasar manajemen pemasaran yang ditetapkan oleh perusahaan dalam memasarkan produknya. Bauran pemasaran ini terdiri dari 4 macam yang biasa disingkat dengan 4P, yaitu Product,

Gambar 2.1 Sumber : http://books.google.co.id/books?id=DRsfHVWMaNUC&pg=PT66&lpg=PT66&dq=bauran+pemasaran
Price, Place,Product and Promotion.
bauran pemasaran

Gambar 2.2 sumber: http://www.academia.edu/5463532/penerapan_strategi_pemasaran_dengan_analisis_stp_dan_4p_bauran_pemasaran
http://htmlimg3.scribdassets.com/4puj72qd8g38zzj6/images/8-fc1d534168.jpg
Penjelasan Konsep Bauran Pemasaran:
Product mengacu pada value yang terdapat pada produk tersebut, bagaimana produk tersebut memenuhi kebutuhan konsumen, serta penanganan kualitasnya.

Price mengacu pada harga produk tersebut agar konsumen rela mengorbankan uangnya untuk membeli produk tersebut. Hal ini juga mencakup strategi penentuan harga produk tersebut agar bisa bersaing dengan produk kompetitor.

Place mengacu pada tempat produk tersebut dipasarkan, bagaimana agar tempatnya bisa dijangkau oleh konsumen.

Promotion, merupakan konsep bauran pemasaran yang terakhir, mengacu pada cara mempromosikan produk tersebut agar diterima konsumen dan melakukan pembelian. Promotion ini juga mencakup iklan dan publisitas.

Sekianlah konsep strategi bauran pemasaran yang disarikan dari buku Basic Marketing: A managerial approach karangan McCarthy, semoga bermanfaat.

BAB III
HASIL DAN PEMBAHASAN

3.1 Profil Perusahaan
A. Sejarah Perusahaan
PT Unilever Indonesia Tbk (perusahaan) didirikan pada 5 Desember 1933 sebagai Zeepfabrieken N.V. Lever dengan akta No. 33 yang dibuat oleh Tn.A.H. van Ophuijsen, notaris di Batavia. Akta ini disetujui oleh Gubernur Jenderal van Negerlandsch-Indie dengan surat No. 14 pada tanggal 16 Desember 1933, terdaftar di Raad van Justitie di Batavia dengan No. 302 pada tanggal 22 Desember 1933 dan diumumkan dalam Javasche Courant pada tanggal 9 Januari 1934 Tambahan No. 3.
Dengan akta No. 171 yang dibuat oleh notaris Ny. Kartini Mulyadi tertanggal 22 Juli 1980, nama perusahaan diubah menjadi PT Unilever Indonesia. Dengan akta no. 92 yang dibuat oleh notaris Tn. Mudofir Hadi, S.H. tertanggal 30 Juni 1997, nama perusahaan diubah menjadi PT Unilever Indonesia Tbk. Akta ini  disetujui oleh Menteri Kehakiman dengan keputusan No. C2-1.049HT.01.04TH.98 tertanggal 23 Februari 1998 dan diumumkan di Berita Negara No. 2620 tanggal 15 Mei 1998 Tambahan No. 39.
Perusahaan mendaftarkan 15% dari sahamnya di Bursa Efek Jakarta dan Bursa Efek Surabaya setelah memperoleh persetujuan dari Ketua Badan Pelaksana Pasar Modal (Bapepam) No. SI-009/PM/E/1981 pada tanggal 16 November 1981. Pada Rapat Umum Tahunan perusahaan pada tanggal 24 Juni 2003, para pemegang saham menyepakati pemecahan saham, dengan mengurangi nilai nominal saham dari Rp 100 per saham menjadi Rp 10 per saham. Perubahan ini dibuat di hadapan notaris dengan akta No. 46 yang dibuat oleh notaris Singgih Susilo, S.H. tertanggal 10 Juli 2003 dan disetujui oleh Menteri Kehakiman dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia dengan keputusan No. C-17533 HT.01.04-TH.2003.
Perusahaan bergerak dalam bidang produksi sabun, deterjen, margarin, minyak sayur dan makanan yang terbuat dari susu, es krim, makanan dan minuman dari teh dan produk-produk kosmetik. Sebagaimana disetujui dalam Rapat Umum Tahunan Perusahaan pada tanggal 13 Juni, 2000, yang dituangkan dalam akta notaris No. 82 yang dibuat oleh notaris Singgih Susilo, S.H. tertanggal 14 Juni 2000, perusahaan juga bertindak sebagai distributor utama dan memberi jasa-jasa penelitian pemasaran. Akta ini disetujui oleh Menteri Hukum dan Perundang-undangan (dahulu Menteri Kehakiman) Republik Indonesia dengan keputusan No. C-18482HT.01.04-TH.2000. Perusahaan memulai operasi komersialnya pada tahun 1933.

Perluasan Unilever Indonesia
Pada tanggal 22 November 2000, perusahaan mengadakan perjanjian dengan PT Anugrah Indah Pelangi, untuk mendirikan perusahaan baru yakni PT Anugrah Lever (PT AL) yang bergerak di bidang pembuatan, pengembangan, pemasaran dan penjualan kecap, saus cabe dan saus-saus lain dengan merk dagang Bango, Parkiet dan Sakura dan merk-merk lain atas dasar lisensi perusahaan kepada PT Al.
Pada tanggal 3 Juli 2002, perusahaan mengadakan perjanjian dengan Texchem Resources Berhad, untuk mendirikan perusahaan baru yakni PT Technopia Lever yang bergerak di bidang distribusi, ekspor dan impor barang-barang dengan menggunakan merk dagang Domestos Nomos. Pada tanggal 7 November 2003, Texchem Resources Berhad mengadakan perjanjian jual beli saham dengan Technopia Singapore Pte. Ltd, yang dalam perjanjian tersebut Texchem Resources Berhad sepakat untuk menjual sahamnya di PT Technopia Lever kepada Technopia Singapore Pte. Ltd.
Dalam Rapat Umum Luar Biasa perusahaan pada tanggal 8 Desember 2003, perusahaan menerima persetujuan dari pemegang saham minoritasnya untuk mengakuisisi saham PT Knorr Indonesia (PT KI) dari Unilever Overseas Holdings Limited (pihak terkait). Akuisisi ini berlaku pada tanggal penandatanganan perjanjian jual beli saham antara perusahaan dan Unilever Overseas Holdings Limited pada tanggal 21 Januari 2004. Pada tanggal 30 Juli 2004, perusahaan digabung dengan PT KI. Penggabungan tersebut dilakukan dengan menggunakan metoda yang sama dengan metoda pengelompokan saham (pooling of interest). Perusahaan merupakan perusahaan yang menerima penggabungan dan setelah penggabungan tersebut PT KI tidak lagi menjadi badan hukum yang terpisah. Penggabungan ini sesuai dengan persetujuan Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) dalam suratnya No. 740/III/PMA/2004 tertanggal 9 Juli 2004.
Pada tahun 2007, PT Unilever Indonesia Tbk. (Unilever) telah menandatangani perjanjian bersyarat dengan PT Ultrajaya Milk Industry & Trading Company Tbk (Ultra) sehubungan dengan pengambilalihan industri minuman sari buah melalui pengalihan merek “Buavita” dan “Gogo” dari Ultra ke Unilever. Perjanjian telah terpenuhi dan Unilever dan Ultra telah menyelesaikan transaksi pada bulan Januari 2008.

3.2 Visi, Misi dan Budaya Perusahaan

Visi
Produk Unilever telah menyentuh sekitar 2 milyar orang setiap hari, baik itu melalui perasaan yang luar biasa karena mereka memiliki rambut yang kemilau dan senyum yang menawan, membuat rumah mereka segar dan bersih, atau dengan menikmati secangkir kopi, makanan yang lezat atau snack yang sehat.
Empat pilar utama dari visi kami menggambarkan arah jangka panjang dari perusahaan kemana tujuan kami dan bagaimana kami menuju ke arah sana:
1.      Kami bekerja untuk membangun masa depan yang lebih baik setiap hari.
2.      Kami membantu orang-orang merasa nyaman, berpenampilan baik dan lebih menikmati kehidupan dengan brand dan pelayanan yang baik bagi mereka dan bagi orang lain.
3.      Kami menjadi sumber inspirasi orang-orang untuk melakukan hal kecil setiap hari yang dapat membuat perbedaan besar bagi dunia.
4.      Kami akan mengembangkan cara baru dalam melakukan bisnis dengan tujuan membesarkan perusahaan kami dua kali lipat sambil mengurangi dampak lingkungan.
Kami selalu percaya akan kekuatan brand kami dalam meningkatkan kualitas kehidupan orang-orang dan dalam melakukan hal yang benar. Semakin bertumbuhnya bisnis kami, meningkat pula tanggung jawab kami. Kami mengenali tantangan global seperti perubahan iklim yang menjadi kepedulian kita bersama. Mempertimbangkan dampak yang lebih luas dari tindakan kami selalu menyatu dalam nilai-nilai kami dan merupakan bagian fundamental mengenai siapa diri kami.

Misi
1.      Menjadi yang pertama dan terbaik di kelasnya dalam memenuhi kebutuhan dan aspirasi konsumen
2.      Menjadi rekan yang utama bagi pelanggan,konsumen dan komunitas.
3.      Menghilangkan kegiatan yang tak bernilai tambahdari segala proses.
4.      Menjadi perusahaan terpilih bagi orang-orangdengan kinerja yang tinggi.
5.      Bertujuan meningkatkan target pertumbuhan yang menguntungkan dan memberikan imbalan di atas rata-rata karyawan dan pemegang saham.



Budaya
1.      Memiliki hirarki organisasi yang jelas dan tanggungjawab masing-masing tugas dipegangoleh tenaga ahli dan pakar di berbagai daerah karena area geogerafik .
2.      Suasana kantor terkesan antik dan anggun, serius dan seragam yang rapi, suasana heningdengan irama klasik .
3.      Para manajer bekerja dengan tekun, budaya memperbaiki diri untuk meningkatkankompetensi menjadikan budaya organisasi unilever menjadi kuat.
4.      Ruang rapat tersusun formal, rapi, bersih dan anggun. Penciptaan suasana kerja akanmendorong kinerja karyawan lebih baik.
5.      Suasana rapat jarang terjadi konfrontasi langsung namun digunakan sebagai sarana pemberitahuan keputusan perusahaan dan informasi-informasi.
6.      Budaya menciptakan produk yang bermutu/berkualitas adalah hal yang utama agar suatuorganisasi dapat bersaing dan unggul dalam persaingan global.
7.      Budaya hidup sehat dengan fasilitas kesejahteraan karyawan, di antara adalah ruang penitipan bayi ( Nursery Room) dan sarana olahraga (Gym).

C.  Marketing Mix Perusahaan

Produk
PT. Unilever Indonesia, Tbk. yang beroperasi di Indonesia sejak tahun 1933, telah tumbuh menjadi perusahaan penyedia consumer product yang mempunyai peran penting di Indonesia. Unilever adalah produsen merk-merk terkenal di seluruh dunia yang juga terkenal di tingkat regional dan lokal, antara lain Pepsodent, Lifebuoy, Lux, Dove, Sunsilk, Clear, Rexona, Rinso, Molto, Ponds, Blue Band, Royco, Sariwangi, Bango, Taro dan masih banyak lagi.
Posisi Unilever yang kuat sebagai pemimpin pasar telah diakui melalui berbagai penghargaan nasional dan regional yang diterima oleh perusahaan. PT. Unilever Indonesia, Tbk melalui brand-brand-nya kembali membuktikan keunggulannya dengan meraih peringkat dalam ”Packaging Consumer Branding Award 2005” yang diselenggarakan oleh Indonesia Brand Identity Summit (IBS) bekerjasama dengan majalah SWA dan MIX.
Berikut adalah peringkat yang diraih oleh brand-brand Unilever dalam setahun Indonesia Packaging Consumer Award 2005. Sunsilk, Pepsodent, Lux, Molto, Lifebuoy, Axe dan Clear merupakan merk produk perawatan rumah dan tubuh (Home and Personal Care) yang tak asing lagi di telinga masyarakat Indonesia. Sedangkan untuk produk makanan dan ice cream, ada Blue Band yang legendaris, Bango, Sari Wangi, Royco dan Wall’s. Masih ada sederet merk produk lagi yang bila disebutkan satu persatu namanya, terasa sangat akrab dengan kehidupan kita.
Produk-produk yang dihasilkan oleh PT. Unilever Indonesia, Tbk:
1.      Surf
2.      Rinso
3.      Buavita
4.      Sunsilk
5.      Taro
6.      Pepsodent
7.      Molto
8.      Lifebuoy
9.      Clear
10.  Close Up
11.  Citra
12.  Axe
13.  Royco
14.  Kecap Bango
15.  SariWangi
16.  Blue Band
17.  Wall’s
18.  Sunlight
19.  Pond’s
20.  Lux
21.  Rexona
22.  Pure It
23.  CIF
24.  Vaseline
25.  Dove
26.  Domestos Nomos
27.  Viso
28.  Wipol
29.  Vixal
30.  Lipton
31.  She
32.  Molto

Price
Sejumlah nilai yang ditukarkan dengan manfaat dari memiliki atau menggunakan produk atau jasa yang nilainya ditetapkan oleh pembeli dan penjual melalui tawar menawar atau ditetapkan oleh penjual untuk harga yang sama terhadap semua pembeli. Harga yang di tawarkan untuk produk ini juga relatif murah sesuai dengan kualitas yang di hasilkan.

Place
Distribusi merupakan kegiatan yang dilakukan perusahaan agar produk dapat diperoleh dengan mudah tersedia bagi konsumen sasaran sebagaian besar produsen menggunakan perantara pemasaran untuk memasarkan produk, khususnya barang dengan membangun satu saluran distribusi, yaitu sekelompok organisasi yang saling bergantung dalam keterlibatan mereka pada proses yang memungkinkan suatu produk atau jasa tersedia bagi penggunaan atau konsumsi oleh konsumen atau pengguna industrial. Distribusi untuk produk ini biasanya dapat berlangsung di gudang distribusi, supermarket, pasar tradisonal, dan warung-warung eceran.

Promotion
Promosi merupakan berbagai kegiatan yang dilakukan perusahaan untuk mengkonsumsi manfaat produknya dan meyakinkan konsumen agar mau melakukan tindakan pembelian. Biasanya promosi yang dilakukan PT. Unilever Indonesia melalui pengiklan di televisi, event-event, dll.

3. 3 Analisis SWOT Perusahaan PT.Unilever.Tbk

A. Analisis Internal Perusahaan
Analisis Laporan Keuangan
1.      Rasio Likuiditas
Berdasarkan analisis Rasio Likuiditas, kinerja keuangan perusahaan mengalami penurunan di tahun 2008, jika dibandingkan dengan satu tahun sebelumnya yaitu tahun 2007. Nilai Rasio Likuiditas pada PT.UNILEVER Indonesia Tbk, sebagian besar berada di bawah angka 1, di mana semakin tinggi Rasio Likuiditas suatu perusahaan seharusnya semakin besar kemampuan perusahaan untuk membayar kewajiban jangka pendek. Rasio Likuiditas yang  lebih rendah padatahun 2008 menunjukkan manajemen yang buruk atas sumber likuiditas atau pengelolaan aktiva lancar yang kurang bagus (kurang efisien) karena masih banyak aktiva yang menganggur.

2). Rasio Aktivitas
Berdasarkan perhitungan pada analisis rasio aktivitas, Perusahaan hanya mengalami perbaikan pada Rasio Perputaran Persediaan (Inventory Turnover), sementara pada analisis rasio lainnya mengalami kenaikan dimana berdasarkan evaluasi rasio jika rasio ini mengalami kenaikan pada tahun berikutnya maka kinerja perusahaan tidak membaik bahkan bisa dikatakan buruk dalam hal efisiensi nilai persediaan dan aktiva.

3). Rasio Manajemen Utang (Leverage Ratio)
Kinerja keuangan perusahaan dilihat dari sisi  Leverage Ratio, mengalami kenaikan dibandingkan dengan satu tahun sebelumnya. Apabila semakin besar nilai Rasio Manajemen Utang pada suatu perusahaan menunjukkan bahwa kinerja keuangan perusahaan semakin menurun, karena tingginya nilai rasio menunjukkan bahwa sebagian besar investasi didanai oleh utang atau dana pinjaman, dengan kata lain porsi pemegang saham semakin kecil dalam menjamin investasi yang mengakibatkan pembayaran bunga menjadi semakin besar.

4). Rasio Profitabilitas (Profitability Ratio)        
Berdasarkan analisis rasio profitabilitas, perusahaan tidak mengalami perubahan dalam kemampuan menghasilkan laba kotor, laba operasi, maupun laba bersih. Angka yang ditunjukkan pada analisis rasio pada tahun 2007 hampir sama dengan analisis rasio 2008 yang berarti kinerja perusahaan dalam kemampuan menghasilkan laba tidak mengalami peningkatan, tetapi hal ini menunjukkan hasil yang baik dibandingkan adanya penurunan kemampuan menghasilkan laba.

Struktur Organisasi
Pembagian pertama adalah berdasarkan pada produk yang dihasilkan:
1.      Director Food: adalah orang yang mengatur segala kegiatan berkaitan dengan produk makanan yang dihasilkan Unilever
2.      Director Ice Cream adalah orang yang mengatur segala kegiatan berkaitan dengan produk ice cream yang dihasilkan Unilever.
Pembagian kedua adalah berdasarkan fungsionalnya:
1.      Chief financial officer adalah orang yang mengatur segala kegiatan berkaitan dengansemua keuangan yang ada pada Unilever.
2.      Home dan personal care adalah bekerja mengurusi semua yang ada di dalam perusahaan , berkaitan dengan individu kepegawaian.
3.      Supplaychain adalah bagian untuk Mengatasi permasalahan bahan baku (suply chain)
4.      Customer development adalah bagian untuk mengurusi tentang masalah customer, merangkul customer sebanyak banyak nya.
5.      Human Resources dan corporate relation: adalah bagian untuk human resource dan hubungan antar perusahaan atau yang bekerjasama dengan perusahaan.

B. Analisis Eksternal Perusahaan
Pesaing Perusahaan
Pesaing utama unilever adalah Prector & Gamble dan Kraft Foods memiliki penjualan di kira-kira 140-150 negara yang berbeda pada tahun 2003 dan Nestle, termasuk saingan utama unilever, memiliki penetrasi pasar di hampir setiap negara di dunia. Pesaing-pesaing lainnya :PT Wings, PT Kao, PT Mandom, PT Johnson & Jhonson. Sebaiknya, Unilever harus mampu memperluas operasinya ke 50 atau lebih negara-negara baru dan memusatkan kampanye iklan pada preteransi konsumen, bisa secara signifikan meningkatkan pangsa pasar dalam ekonomi global. Selain itu, Unilever harus mempunyai kemampuan untuk mengantisipasi trend dan kebutuhan konsumen dan kemudian memenuhi kebutuhan mereka.

C. Analisis SWOT
Kekuatan (Strengths)
1.      Strategi promosi produk PT Unilever yang efektif dengan menampilkan model-model yang tipikal muda, berkulit putih, berambut panjang, sehingga memacu konsumen (lebih spesifik perempuan) untuk membeli produk tersebut agar dapat mengalami sendiri hasil yang diterima si model dalam iklan tersebut.
2.      PT Unilever gencar di misi sosial, sehingga kedekatan dengan konsumen dapat terus terjaga. Hal ini terlihat dari pembelanjaan iklan dan promosi yang telah mendorong pertumbuhan penjualan di tengah pasar yang kompetitif. PT Unilever Indonesia sebagai salah satu perusahaan dengan belanja iklan terbesar menurut majalah marketing (top Brand Survey, edisi khusus 2007)
3.      Pemimpin pasar consumer goods di Indonesia.
4.      Memiliki tim yang terdiri dari orang-orang berdedikasi, terampil, dan termotivasi di segenap jajaran.
5.      Adanya kenaikan pangsa pasar untuk kategori-kategori penting seperti face care, savoury, dan ice cream.
6.      Perencanaan baik dan kerja sama erat dengan para pemasok, konsumen dan distributor untuk menghantar produk-produk dari pabrik ke tempat-rempat penjualan.
7.      PT Unilever sudah memiliki jaringan distribusi sendiri sehingga distribusi produknya hingga ke daerah-daerah dapat terlayani.
8.      PT unilever mempunyai moto “operational excellent with no compromise on quality”. Unilever dalam menjalankan operasinya dijalankan dengan baik tanpa mengabaikan kualitas produk.

Kelemahan (Weaknesses)
1.      PT Unilever memiliki struktur matriks, yang terdapat beberapa tantangan yang mesti dihadapi perusahaan yaitu pertama, sulitnya koordinasi kegiatan antar departemen yang mempunyai agenda dan jadwal sendiri-sendiri. Kedua,ko munikasi pada karyawan yang bisa menerima pesan yang berbeda-beda.Dan ketiga, resolusi konflik antara inisiatif dari dukungan departemen (SDM, keuangan, dan lain-lain) dengan departemen lini produk yang biasanya sangat berorientasi komersial.
2.      Rendahnya respon pasar terhadap produk-produk tertentu.
3.      Jumlah karyawan yang tambun.
4.      Birokrasi yang panjang karena kebijakan sentralisasi yang menyebabkan unilever indonesia tidak bisa begitu saja memutuskan sesuatu.
5.      Lambatnya konsolidasi intern dalam pengambilan keputusan.
6.      Ketidakjelasan sertifikat halal untuk produk tertentu.
7.      Mayoritas produk unilever memiliki entry barrier rendah.
8.      Growth omzet penjualan dibawah rata-rata industri.




Kesempatan (Opportunities)
1.      Stabilitas ekonomi yang relatif baik dengan pertumbuhan yang menggembirakan bagi ekonomi Indonesia sebesar 6.3%.
2.      Pertumbuhan ekonomi yang kuat di wilayah pulau-pulau seperti Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, dan papua.
3.      Tingginya kepuasan konsumen terlihat dari predikat prima indeks kepuasan konsumen
4.      Banyaknya pemain pasar nasional yang belum memiliki cara produksi kosmetik yang baik.
5.      Luasnya potensial market sekitar 250 juta tepatnya 122.527.186 laki-laki (49,9%) dan 122.922.553 (50,1%) perempuan.
6.      Tingginya tingkat ketergantungan masyarakat akan jenis produk consumer goods.
7.      Rekomendasi investasi pada saham dengan level beta dibawah 1.
8.      Tinggi dan stabilnya tingkat kesetiaan masyarakat atas produk consumer goods 83 %.

Ancaman (Threats)
1.      Adanya kenaikan biaya bahan baku dan bahan kemasan seperti minyak kelapa sawit, gula kelapa, dan bahan berbahan dasar petroleum yang disebabkan oleh kenaikan harga minyak, bahan kimia dan komoditas lainnya.
2.      Tidak stabilnya nilai tukar rupiah terhadap mata uang asing.
3.      Melemahnya daya beli konsumen.
4.      Maraknya pemalsuan dan penyelundupan produk dari cina.
5.      Rendahnya infrastruktur yang memadai berupa jalan yang menyebabkan tingginya biaya pemasaran produk.
6.      Adanya penghapusan subsidi BBM bagi industri.
7.      Tidak konsistennya pasokan gas dari pertamina.
8.      Adanya tren perubahan gaya hidup masyarakat dari produk tradisional-nasional menjadi produk-produk luar negeri







Tabel 3.1 Sumber : PT.UnileverTbk.com
IFE MATRIX
                                                INTERNAL ANALISYS
  

  

  

Faktor Strategis Internal
  
Bobot
  
Rating
  
Score
Kekuatan
  

  

  

1.   1. Strategi promosi produk PT Unilever yang efektif dengan menampilkan model-model yang tipikal muda, berkulit putih, berambut panjang, sehingga memacu konsumen (lebih spesifik perempuan) untuk membeli produk tersebut agar dapat mengalami sendiri hasil yang diterima si model dalam iklan tersebut.

  
0.05
  
3
  
0.15
2.   2.  PT Unilever gencar di misi sosial, sehingga kedekatan dengan konsumen dapat terus terjaga. Hal ini terlihat dari pembelanjaan iklan dan promosi yang telah mendorong pertumbuhan penjualan di tengah pasar yang kompetitif. PT Unilever Indonesia sebagai salah satu perusahaan dengan belanja iklan terbesar menurut majalah marketing (top Brand Survey, edisi khusus 2007)

  
0.1
  
4
  
0.4
3.  Pemimpin pasar consumer goods di Indonesia.
  
0.15
  
5
  
0.75
4.   4. Memiliki tim yang terdiri dari orang-orang berdedikasi, terampil, dan termotivasi di segenap jajaran.

  
0.05
  
3
  
0.15
5.    5. Adanya kenaikan pangsa pasar untuk kategori-kategori penting seperti face care, savoury, dan ice cream.

  
0.05
  
4
  
0.2
6.    6.  Perencanaan baik dan kerja sama erat dengan para pemasok, konsumen dan distributor untuk menghantar produk-produk dari pabrik ke tempat-rempat penjualan.

  
0.025
  
3
  
0.075
7.    7.  PT Unilever sudah memiliki jaringan distribusi sendiri sehingga distribusi produknya hingga ke daerah-daerah dapat terlayani.

  
0.05
  
3
  
0.15
8.    8. PT unilever mempunyai moto “operational excellent with no compromise on quality”. Unilever dalam menjalankan operasinya dijalankan dengan baik tanpa mengabaikan kualitas produk.


  
0.025
  
4
  
0.2

Tabel 3.2 Sumber : PT.UnileverTbk.com
                                                INTERNAL ANALISYS
  

  

  

Faktor Strategis Internal
  
Bobot
  
Rating
  
Score
Kelemahan
  

  

  

1.    1.      PT Unilever memiliki struktur matriks, yang terdapat beberapa tantangan yang mesti dihadapi perusahaan yaitu pertama, sulitnya koordinasi kegiatan antar departemen yang mempunyai agenda dan jadwal sendiri-sendiri. Kedua,ko munikasi pada karyawan yang bisa menerima pesan yang berbeda-beda.Dan ketiga, resolusi konflik antara inisiatif dari dukungan departemen (SDM, keuangan, dan lain-lain) dengan departemen lini produk yang biasanya sangat berorientasi komersial.

  
0.15
  
1
  
0.15
2.   2.   Rendahnya respon pasar terhadap produk-produk tertentu.
  
0.075
  
2
  
0.15
3.  3.     Jumlah karyawan yang tambun.

  
0.025
  
2
  
0.05
4.   4. Birokrasi yang panjang karena kebijakan sentralisasi yang menyebabkan unilever indonesia tidak bisa begitu saja memutuskan sesuatu.
  

  
0.075
  
1
  
0.075
5.    5. Lambatnya konsolidasi intern dalam pengambilan keputusan.

  
0.05
  
2
  
0.1
6.    6. Ketidakjelasan sertifikat halal untuk produk tertentu.


  
0.05
  
1
  
0.05
7.    7.  Mayoritas produk unilever memiliki entry barrier rendah.

  
0.05
  
1
  
0.05
8.    8. Growth omzet penjualan dibawah rata-rata industri.



  
0.025
  
3
  
0.075
       TOTAL
  
1.0
  

  
2.45
                                                        











Tabel 3.3 Sumber : PT.UnileverTbk.com
EFE MATRIX

                                            EKSTERNAL ANALISYS
  

  

  

Faktor Strategis Eksternal
  
Bobot
  
Rating
  
Score
Kesempatan
  

  

  

1.    1.      Stabilitas ekonomi yang relatif baik dengan pertumbuhan yang menggembirakan bagi ekonomi Indonesia sebesar 6.3%.

  
0.1

  
5
  
0.5
2.   2.      Pertumbuhan ekonomi yang kuat di wilayah pulau-pulau seperti Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, dan papua.

  
0.075
  
4
  
0.
3.  3. Tingginya kepuasan konsumen terlihat dari predikat prima indeks kepuasan konsumen.

  
0.05
  
2
  
0.15
4.   4.   Banyaknya pemain pasar nasional yang belum memiliki cara produksi kosmetik yang baik.
 

  
0.05
  
4
  
0.2
5.    5.  Luasnya potensial market sekitar 250 juta tepatnya 122.527.186 laki-laki (49,9%) dan 122.922.553 (50,1%) perempuan.

  
0.05
  
3
  
0.15
6.    6. Tingginya tingkat ketergantungan masyarakat akan jenis produk consumer goods.


  
0.1
  
5
  
0.5
7.   7.  Rekomendasi investasi pada saham dengan level beta dibawah 1.

  
0.05
  
3
  
0.15
8.    8. Tinggi dan stabilnya tingkat kesetiaan masyarakat atas produk consumer goods 83 %.




  
0.025
  
3
  
0.075
                
Tabel 3.4 Sumber : PT.UnileverTbk.com
                                            EKSTERNAL ANALISYS
  

  

  

Faktor Strategis Eksternal
  
Bobot
  
Rating
  
Score
Ancaman
  

  

  

1.    1.      Adanya kenaikan biaya bahan baku dan bahan kemasan seperti minyak kelapa sawit, gula kelapa, dan bahan berbahan dasar petroleum yang disebabkan oleh kenaikan harga minyak, bahan kimia dan komoditas lainnya.


  
0.1

  
1
  
0.1
2.    2.      Tidak stabilnya nilai tukar rupiah terhadap mata uang asing.

  
0.05
  
2
  
0.1
3.    3.      Melemahnya daya beli konsumen.
  
0.1
  
1
  
0.1
4.    4.      Maraknya pemalsuan dan penyelundupan produk dari cina.

  
0.075
  
2
  
0.15
5.   5.      Rendahnya infrastruktur yang memadai berupa jalan yang menyebabkan tingginya biaya pemasaran produk.

  
0.05
  
1
  
0.05
6.     6.      Adanya penghapusan subsidi BBM bagi industri.

  
0.05
  
2
  
0.1
7    7.      Tidak konsistennya pasokan gas dari pertamina.

  
0.025
  
3
  
0.075
8.    8.      Adanya tren perubahan gaya hidup masyarakat dari produk tradisional-nasional menjadi produk-produk luar negeri





  
0.05
  
2
  
0.1
TOTAL
  
1.0
  

  
2.8
                



















STRATEGI FORMULASI

SWOT MATRIX (S – O)
1.      (S5 O3  O4) Karena belum banyak pangsa pasar nasional yang memproduksi kosmetik dengan baik,maka adanya kenaikan pangsa pasar pada produk Unilever.Hal ini terlihat dari meningkatnya kepuasan konsumen.
2.      (S6 S7 O2) Dengan pertumbuhan ekonomi yang kuat menyebar diseluruh provinsi di  wilayah Indonesia dan lancarnya untuk pemasokan produk ke wilayah tersebut sehingga kebutuhan konsumen dapat terpenuhi.

SWOT MATRIX (S – T)
1.      (S1 T3  T4 T8) Adanya perubahan gaya hidup dari tradisinal ke modern,banyak terjadi pemalsuan barang yang menyebabkan menurunnya daya beli konsumen. Tetapi,dengan strategi promosi dan pendistribusian PT.Unilever yang baik dan efektif.Masalah tersebut dapat teratasi.
2.      (S4 S6 S7 T8) Dengan memiliki tim yang ahli dibidangnya yang dapat membuat perencanaan yang baik dan kerja tim yang bagus,serta memiliki jaringan distributor yang luas.Maka memudahkan untuk memenuhi kebutuhan konsumen yang gaya hidupnya mulai berubah dari tradisional ke modern.

SWOT MATRIX (W – O)
1.      (W2 W6 O6) Tingginya ketergantungan masyarakat terhadap produk tertentu dan ketidakjelasan sertifikat halal terhadap produk tertentu,akan menyebabkan menurunnya respon masyarakat terhadap produk tertentu.
2.      (W8 O8) Growth omzet penjualan dibawah rata-rata industry,sehingga tinggi dan stabilnya tingkat kesetiaan masyarakat atas produk consumer goods.

SWOT MATRIX (W – T)
1.      (W6 T  T4) Maraknya pemalsuan dan penyelundupan produk dari cina dan ketidakjelasan sertifikat halal untuk produk tertentu,maka menyebabkan melemahnya daya beli konsumen.



Hasil Analisa :
1)      Berdasarkan TOWS,dengan pertumbuhan ekonomi yang kuat menyebar diseluruh provinsi wilayah Indonesia dan lancarnya untuk pemasokan produk ke wilayah tersebut, sehingga kebutuhan konsumen dapat terpenuhi. Karena belum banyak pangsa pasar nasional yang memproduksi kosmetik dengan baik,maka adanya kenaikan pangsa pasar pada produk  Unilever.
2)      Adanya perubahan gaya hidup dari tradisinal ke modern,banyak terjadi pemalsuan barang  yang menyebabkan menurunnya daya beli konsumen. Tetapi,dengan strategi promosi dan  pendistribusian PT.Unilever yang baik dan efektif.Masalah tersebut dapat teratasi.
3)      Maraknya pemalsuan dan penyelundupan produk dari cina dan ketidakjelasan sertifikat halal untuk produk tertentu,maka menyebabkan melemahnya beli konsumen.






















Grafik 3.1 Sumber : PT.UnileverTbk.com
GE MATRIX
TOTAL SKOR FAKTOR STRATEGI INTERNAL
                                     Kuat                   
2.45555

                                                                        Rata-rata

I
PERTUMBUHAN
  
II
PERTUMBUHAN
  
III
PENCIUTAN
IV
STABILITAS
  
V
unilever.jpg
PERTUMBUHAN

STABILITAS
  
VI
PENCIUTAN
VII
PERTUMBUHAN
  
VIII
PERTUMBUHAN
  
IX
LIKUDASI
TOTAL SKOR
FAKTOR
STRATEGI
INTERNAL


2.8




     MENENGAH




Rendah








Grafik 3.2 Sumber : PT.UnileverTbk.com
IE MATRIX
  


            GROWTH







  
STABILITY
STABILITY
  
RETRENCHMENT

  



                  2.8                                       
                                      
                                             
                                              
                                           
                             
                  
                 
0                                                                                                  2.5






3.4 Strategi Pemasaran PT.Unilever.Tbk
Di dalam menghadapi persaingan antar perusahan, PT. UNILEVER,tbk memiliki strategi-strategi dalam menghadapi persaingan-persaingan antar perusahaan, strategi itu antara lain:
A.    kepemimpinan harga rendah
Dengan menjaga harga yang rendah dan rak-rak diisi dengan baik menggunakan sistim pengisian kembali persediaan yang melegenda, wal-mart menjadi pemimpin bisnis eceran di amerika serikat. Sistem mili wal-mart mengirimkan pesanan atas barang dagang baru secara langsung kepada pemasok ketika pelanggan membayar pembelian mereka pada kasir.terminal titik pejualan mencatat kode barang setiap barang yang melewati kasir dan mengirimkan transaksi pembelian langsung kepada komputer pusat wal-mart. Komputer mengumpulkan pesanan dari semua toko wai-mart dan mengirimkannya ke pemasok. Pemasok juga dapat mengakses daa penjualan dan persediaan wal-mart menggunakan teknologi web. Sistem ini mampu membuat wal-mart mempertahankan biaya rendah sembari menyesuaikan persediaannya untuk memenuhi permintaan pelanggan.
B.     Diferensiasi produk
Produk Unilever terus memperkenalkan kemasan-kemasan yang terbaru, tetapi Unilever tetap mempertahankan kualitas produknya. Baik itu kemasan yang botol kaca, sachet, botol kecil dan masih banyak lagi kemasannya.
C.    berfokus pada peluang pasar
Produk Unilever menggunakan sistem informasi pelanggan yang beda dengan yang lain, produk masuk kedalam pasar dengan cara mempromosikan barang-barangnya dengan cara terjun langsung ke masyarakat dengan bukti-bukti kualitas secara real, misalnya dengan diadakannya perlombaan-perlombaan kepada masyarakat perbandingan antara produk Unilever dengan produk-produk pesaing lainnya.



D.    menguatkan keakraban pelanggan dan pemasok
Menggunakan sistem informasi untuk memfasilitasi akses langsung dari pemasok terhadap jadwal produksi.dan bahkan mengizinkan pemasok untuk memutuskan bagaimana dan kapan mengirim pasokan kepada pemasok. Selain itu Unilever juga melakukan Tanya jawab kepada para konsumen dan membuat suara konsumen tempat para konsumen mengeluh.
Dalam PT Unilever Indonesia, promosi yang dilakukan paling banyak melalui media elektronik. Namun dalam kehidupan sehari-hari promosi yang dilakukan PT. Unilever Indonesia tidak hanya lewat media elektronik tetapi banyak juga melalui media cetak, sponsorship, mengadakan event-event yang memasukkan produk-produk dari PT. Unilever seperti Kecap Bango, Pepsodent, Shampo Pantene, dll. Karena jika promosi yang dilakukan hanya melalui media elektronik maka PT. Unilever Indonesia tidak mendapatkan keuntungan yang optimal. Masyarakat di Indonesia terdiri dari berbagai kalangan dan tingkatan sosial yang beragam. Jika perusahaan tidak bisa menyentuh hati masyarakat semua kalangan maka perusahaan tidak dapat berkembang pesat. Makna dari iklan yang ditawarkan oleh perusahaan juga harus bisa dipahami oleh berbagai kalangan, karena iklan adalah salah satu cara promosi yang bisa dilakukan oleh perusahaan agar dapat memperoleh keuntungan yang optimal.











3.5 Bauran Pemasaran PT.Unilever.Tbk
1)      Product
Strategi pengembangan produk yang dilakukan oleh PT. Unilever Indonesia pada  produk pasta gigi pepsodent adalah:
Line extension adalah mengembangkan item produk dengan kategori yang sama dengan menggunakan merek yang sama seperti rasa, bentuk, warna, dan kemasan. Dalam hal ini, Pepsodent telah mengeluarkan berbagai varian produk yang disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat, yaitu
a.       molto trika
b.      molto pewangi
c.        molto aromaterapi
d.      molto softener aloevera & avocado
e.       molto ultra sensasional
f.       molto ultra sekali bilas 5 in 1
g.       molto ultra sekali bilas anti bakterial
h.      molto ultra pure.
Brand extension adalah mengembangkan sebuah produk dengan kategori baru tetapi tetap merek yang sama. Dan ini dilakukan oleh molto ketika meluncurkan pewangi pakaian.
2)      Price
Produk pewangi pakaian molto menawarkan manfaat yang lengkap dengan harga yang terjangkau. Konsumen diberikan pilihan untuk dapat menikmati manfaat dari varian produk  molto disesuaikan dengan kebutuhan konsumen, apakah mencari mutu atau mencari harga rendah. Dengan demikian, strategi penetapan harga yang dilakukan PT. Unilever Indonesia pada produk pasta gigi pepsodent adalah Economy strategy dimana harga yang ditawarkan sebanding dengan kualitas yang didapat oleh konsumen yaitu rendah/ terjangkau.
3)      Place
Distribusi yang Dilakukan oleh PT. Unilever Indonesia pada Produk molto,Strategi pemasaran distribusi yang dilakukan PT. Unilever Indonesia pada produk molto adalah strategi distribusi intensif. Strategi distribusi ini menempatkan  produk dagangannya pada banyak retailer atau pengecer serta distributor di berbagai tempat. Distribusi untuk produk molto ini biasanya berlangsung di gudang distribusi, supermarket, pasar tradisonal, dan warung-warung eceran.
4)      Promotion
PT. Unilever pada Produk molto Elemen marketing yang terlihat sangat menonjol yang dilakukan PT. Unilever Indonesia pada produk molto adalah sisi promotion.
Hal ini ditunjukkan pada uraian sebagai berikut:
o   Advertising
Dalam proses mengkomunikasikan produk molto ke konsumen juga sangat signifikan. Jika kita menonton televisi, maka molto akan familiar dengan keharuman sepanjang hari keluarga.
o   Sales promotion
Metode ini digunakan oleh molto untuk mempengaruhi kosumennya dengan menggukan bahasa promosi tentang pengetahuan yang mendalam mengenai produk molto. Penerapan strategi komunikasi dan promosi yang menarik ini akan mendorong konsumen untuk menggunakan molto. Promosi dan komunikasi yang menarik tentunya molto akan meningkatkan brand awareness merek tersebut. Brand loyality pun selalu diawali dari brand awareness yang baik yang akan membawa seseorang pada tahap“mencoba produk”. Setelah konsumen percaya bahwa produk yang digunakan sesuai dengan kebutuhannya maka akan tercipta repeat purchase dengan memberikan lebih dari yang diharapakan, repeat purchase akan berubah menjadi loyality.
o   Direct marketing
 Direct marketing yang dilakukan PT. Unilever Indonesia adalah Penggunaan teknologi internet. Penggunaan teknologi ini juga menjadi concern dalam strategi pemasaran yang dilakukan oleh molto. Internet dan mobile merupakan media yang memiliki potensi untuk dikembangkan dalam rangka strategi pemasarannya.
 

BAB IV
KESIMPULAN DAN SARAN

4.1  Kesimpulan

Perilaku konsumen terhadap produk pewangi dan pelembut molto sangat diminati, terutama para ibu-ibu rumah tangga. Pewangi dan pelembut molto sebagai produk pemegang leader market, mampu bersaing dengan kompetitornya dan mempertahankan posisinya karena sebagai pelopor.Langkah-langkah yang ditempuh untuk meningkatkan hubungan antara divisi keuangan dan pemasaran yaitu dengan membuat varian yang beragam dari pewangi dan pelembut molto yang disertai program-program khusus untuk ibu-ibu rumah tangga dan keluarga. Dengan adanya langkah-langkah tersebut maka dapat dijadiakan sebuah alternatif untuk meningkatkan arus kas perusahaan secara keseluruhan.

4.2  Saran
Untuk mempertahankan eksistensi semua produk yang di produksi oleh PT Unilever Indonesia harus memunculkan ide dan alternatifnya selalu diperbaharui, sehingga konsumen tidak akan bosan dan selalu royal terhadap produk yang dihasilkan Unilever salah satunya produk pewangi dan pelembut Molto.


Daftar Pustaka

http://kuliahgratis.net/segmenting-targeting-and-positioning-stp/
http://books.google.co.id/books?id=DRsfHVWMaNUC&pg=PT66&lpg=PT66&dq=bauran+pemasaran+4p&source=bl&ots=TCacq5ewhw&sig=HuFa6nI7d7Jsw4dUKxmduLrm-lM&hl=id&sa=X&ei=-puSU9bFBJO8uASSlYD4Cw&redir_esc=y#v=onepage&q=bauran%20pemasaran%204p&f=true
J. David Hunger & Thomas L. Wheelen, Manajemen Strategis.
Philip Kotler & Kevin Keller, Marketing Manajemen, 2009.



Diposkan 12th June 2014 oleh holy suci
0 Tambahkan komentar
Jun
6
visi misi pt. unilever tbk.
VISI DAN MISI
Analisis PT. Unilever Tbk

Visi
visi merupakan rangkaian kalimat yang menyatakan cita-cita atau impian sebuah organisasi atau perusahaan yang ingin dicapai di masa depan. Atau dapat dikatakan bahwa visi merupakan pernyataan want to be dari organisasi atau perusahaan. Visi juga merupakan hal yang sangat krusial bagi perusahaan untuk menjamin kelestarian dan kesuksesan jangka panjang. Dalam visi suatu organisasi terdapat juga nilai-nilai, aspirasi serta kebutuhan organisasi di masa depan seperti yang diungkapkan oleh Kotler yang dikutip oleh Nawawi (2000:122), Visi adalah pernyataan tentang tujuan organisasi yang diekspresikan dalam produk dan pelayanan yang ditawarkan, kebutuhan yang dapat ditanggulangi, kelompok masyarakat yang dilayani, nilai-nilai yang diperoleh serta aspirasi dan cita-cita masa depan.
Visi yang efektif antara lain harus memiliki karakteristik seperti :
1. Imagible (dapat di bayangkan).
2. Desirable (menarik).
3. Feasible (realities dan dapat dicapai).
4. Focused (jelas).
5. Flexible (aspiratif dan responsif terhadap perubahan lingkungan).
6. Communicable (mudah dipahami).

Visi bagi organisasi atau perusahaan dapat digunakan sebagai:
1. Penyatuan tujuan, arah dan sasaran perusahaan
2. Dasar untuk pemanfaatan dan alokasi sumber daya serta pengendaliannya
3. Pembentuk dan pembangun budaya perusahaan (corporate culture)

Misi
Misi merupakan rangkaian kalimat yang menyatakan tujuan atau alasan eksistensi organisasi yang memuat apa yang disediakan oleh perusahaan kepada masyarakat, baik berupa produk ataupun jasa. Pernyataan misi merupakan sebuah kompas yang membantu untuk menemukan arah dan menunjukkan jalan yang tepat dalam rimba bisnis saat ini. Tujuan dari pernyataan misi adalah mengkomunikasikan kepada stakeholder, di dalam maupun luar organisasi, tentang alasan pendirian perusahaan dan ke arah mana perusahaan kan menuju. Oleh karena itu, rangkaian kalimat dalam misi sebaiknya dinyatakan dalam satu bahasa dan komitmen yang dapat dimengerti dan dirasakan relevansinya oleh semua semua pihak yang terkait.
Langkah penyusunan misi yang umum dilakukan oleh organisasi atau perusahaan adalah dengan mengikuti tahap-tahap berikut ini:
1. Melakukan proses brainstorming dengan mensejajarkan beberapa kata yang menggambarkan organisasi
2. Penyusunan prioritas dan pemfokusan pada kata-kata yang paling penting
3. Mengkombinasikan kata-kata yang telah dipilih menjadi kalimat atau paragraf yang menggambarkan misi perusahaan
4. Mengedit kata-kata sampai terdengar benar atau sampai setiap orang kelelahan untuk adu argumentasi berkaitan dengan kata atau fase favorit mereka.

Untuk menjamin bahwa misi yang telah dicanangkan merupakan sebuah misi yang bagus, misi tersebut harus:
1. Cukup luas untuk dapat diterapkan selama beberapa tahun sejak saat ditetapkan
2. Cukup spesifik untuk mengkomunikasikan arah
3. Fokus pada kompetensi atau kemampuan yang dimiliki perusahaan
4. Bebas dari jargon dan kata-kata yang tidak bermakna.





FROFIL PERUSAHAAN PT. Unilever. Tbk
SEJARAH SINGKAT

PT Unilever Indonesia Tbk (perusahaan) didirikan pada 5 Desember 1933 sebagai Zeepfabrieken N.V. Lever dengan akta No. 33 yang dibuat oleh Tn.A.H. van Ophuijsen, notaris di Batavia. Akta ini disetujui oleh Gubernur Jenderal van Negerlandsch-Indie dengan surat No. 14 pada tanggal 16 Desember 1933 PT Unilever Indonesia Tbk (perusahaan) didirikan pada 5 Desember 1933 sebagai Zeepfabrieken N.V. Lever dengan akta No. 33 yang dibuat oleh Tn.A.H. van Ophuijsen, notaris di Batavia. Akta ini disetujui oleh Gubernur Jenderal van Negerlandsch-Indie dengan surat No. 14 pada tanggal 16 Desember 1933, terdaftar di Raad van Justitie di Batavia dengan No. 302 pada tanggal 22 Desember 1933 dan diumumkan dalam Javasche Courant pada tanggal 9 Januari 1934 Tambahan No. 3.
Dengan akta No. 171 yang dibuat oleh notaris Ny. Kartini Mulyadi tertanggal 22 Juli 1980, nama perusahaan diubah menjadi PT Unilever Indonesia. Dengan akta no. 92 yang dibuat oleh notaris Tn. Mudofir Hadi, S.H. tertanggal 30 Juni 1997, nama perusahaan diubah menjadi PT Unilever Indonesia Tbk. Akta ini disetujui oleh Menteri Kehakiman dengan keputusan No. C2-1.049HT.01.04TH.98 tertanggal 23 Februari 1998 dan diumumkan di Berita Negara No. 2620 tanggal 15 Mei 1998 Tambahan No. 39.
Perusahaan bergerak dalam bidang produksi sabun, deterjen, margarin, minyak sayur dan makanan yang terbuat dari susu, es krim, makanan dan minuman dari teh dan produk-produk kosmetik.
Sebagaimana disetujui dalam Rapat Umum Tahunan Perusahaan pada tanggal 13 Juni, 2000, yang tertulis dalam akta notaris No. 82 yang dibuat oleh notaris Singgih Susilo, S.H. tertanggal 14 Juni 2000, perusahaan juga bertindak sebagai distributor utama dan memberi jasa-jasa penelitian pemasaran. Akta ini disetujui oleh Menteri Hukum dan Perundang-undangan (dahulu Menteri Kehakiman) Republik Indonesia dengan keputusan No.C-18482HT.01.04-TH.2000. Perusahaan memulai operasi komersialnya pada tahun 1933.


Keadaan Sumber Daya Manusia
Kegiatan manajemen sumber daya manusia berkisar pada pengadaan, penggunaan dan pemeliharaan sumber daya manusia. Agar ketiga pokok kegiatan tersebut berjalan lancar perlu disiapkan sistem yang handal. Tahap pengadaan mencakup perencanaan SDM, rekrutmen, seleksi dan orientasi. Tahap penggunaan perlu memperhatikan kesesuaian antara kemampuan SDM dan apa yang menjadi tugas serta tanggung jawabnya. Juga perlu diperhatikan hal-hal mengenai kesempatan memperoleh pelatihan dan pendidikan, supervisi, penilaian kinerja, imbalan serta jaminan perlindungan dan kesehatan kerja. Terakhir, pada tahapan pemeliharaan sumber daya manusia tujuannya adalah bagaimana agar karyawan merasa puas bekerja.
Salah satu kekuatan Unilever ada pada kualitas sumber daya manusia. Unilever secara rutin merekrut lulusan baru dari universitas terkemuka. Setelah itu diberikan pelatihan sistem produksi, pemasaran dan keuangan selama tiga bulan. Mereka tidak langsung kerja tetapi ditraining terlebih dahulu di berbagai bidang seperti manufaktur, pemasaran, penelitian dan pengembangan. Saat ini tenaga kerja yang diserap oleh Unilever secara langsung berjumlah 3.000 orang ini belum termasuk tenaga kerja tidak langsung. Total tenaga kerja yang terserap berjumlah 25.000 orang. Jika diansumsikan satu orang memiliki empat anggota keluarga maka perusahaan menanggung nasib sekitar 100.000 orang.

VISI DAN MISI PT. Unilever. Tbk
VISI
Kemudian disadari bahwa PT. Unilever terfokus pada consumer, costumer dan community. Hingga kemudian muncul Visi dari PT. Unilever yaitu To become the first choice of consumer, costumer and community. Hal ini terwujud pada komitmen PT. Unilever terhadap konsumennya yaitu menyediakan produk bermerek dan pelayanan yang secara konsisten menawarkan nilai dari segi harga dan kualitas, dan yang aman bagi tujuan pemakaiannya. Atau dengan kata Lain Visi PT. Unilever. Tbk adalah untuk menjadi pilihan pertama bagi konsumen, pemasok, dan komunitas. Dan PT. Unilever. Tbk juga sangat memperhatikan setiap kinerja karyawan dengan memberikan fasilitas – fasilitas. Misalnya, setiap perusahaan memberikan layanan kesehatan kapada karyawan untuk berobat kerumah sakit secara gratis
( biaya pengobatan ditanggung perusahaan ). Perusahaan juga ingin memaksimalkan laba jangka panjang dan memiliki produktivitas yang efektif dan efisien.

MISI

ü  Menjadi yang pertama dan terbaik di kelasnya dalammemenuhi kebutuhan dan aspirasi konsumen
ü  Menjadi rekan yang utama bagi pelanggan,konsumen dan komunitas.
ü  Menghilangkan kegiatan yang tak bernilai tambahdari segala proses.
ü  Menjadi perusahaan terpilih bagi orang-orangdengan kinerja yang tinggi.
ü  Bertujuan meningkatkan target pertumbuhan yangmenguntungkan dan memberikan imbalan di atasrata-rata karyawan dan pemegang saham
Menambah vitalitas dalam kehidupan. Memenuhi kebutuhan nutrisi, kebersihan dan perawatan pribadi sehari – hari dengan produk yang para konsumen merasa nyaman berpenampilan menarik dan lebih menikmati hidup.


LINGKUNGAN UMUM
Adalah sekumpulan elemen-elemen dalam masyarakat yang lebih luas yang mempengaruhi suatu industri dan perusahaan-perusahaan yang ada di dalamnya.



Faktor Ekonomi
Kondisi perekonomian Indonesia yang sempat menurun membawa PT Unilever Indonesia Tbk untuk melakukan suatu inovasi agar produk-produk yang dihasilkannya dapat tetap dinikmati oleh seluruh masyarakat Indonesia. Hal ini dapat kita lihat jelas dalam produk pembersih cuci piring dan detergen yang dihasilkan oleh PT Unilever Indonesia Tbk yaitu Sunlight dan Rinso. Sebelumnya kedua produk tersebut dikenal sebagai produk yang cukup mahal dan belum tentu terjangkau oleh seluruh masyarakat. Dengan kondisi perekonomian Indonesia yang sempat tergoncang dimana terjadi inflasi dalam jumlah besar dan banyaknya jumlah pengangguran. Masyarakat lalu mengetatkan anggaran pengeluaran mereka yang berimbas pada menurunnya tingkat permintaan masyarakat terhadap beberapa produk (termasuk Sunlight dan Rinso). Untuk menghadapi masalah itu, PT Unilever Indonesia Tbk mengeluarkan produk Sunlight dan Rinso yang sesuai dengan kebutuhan dan kondisi ekonomi masyarakat yaitu mengemasnya dalam bentuk sachet. Terbukti dengan dikeluarkannya produk sachet dari Sunlight dan Rinso, penjualan kedua produk tersebut meningkat dan cenderung stabil meski dalam keadaan ekonomi yang turun sekalipun.

Faktor Sosial
Seperti masalah lingkungan yang sedang menjadi sorotan di Indonesia akhir-akhir ini terlebih masalah pemberdayaan sampah dan barang daur ulang. Sebagai tanggapan terhadap masalah tersebut sekaligus bentuk komitmen PT Unilever Indonesia Tbk dalam mengedukasi masyarakat untuk turut ambil bagian dalam upaya melestarikan lingkungan melalui penggunaan produk daur ulang di dalam aktivitas masyarakat sehari-hari, maka PT Unilever Indonesia Tbk meluncurkan trashion sebagai bagian dari program ‘Green and Clean’. Dimana tujuan dari program ini adalah untuk menginspirasi masyarakat dalam menggunakan produk itu (trashion) sebagai alternatif tas belanja dan salah satu inisiatif dalam mengurangi dampak kemasan plastik. Selain berpengaruh pada program yang dikeluarkan, lingkungan alam juga mempengaruhi PT Unilever Indonesia Tbk dalam jenis dan kualitas produk yang dihasilkannya. Masalah lingkungan lain yang sedang menjadi pusat perhatian adalah berkurangnya persediaan air bersih. Isu lingkungan ini membuat PT Unilever Indonesia Tbk berinisiatif untuk mengeluarkan produk yang ramah lingkungan dalam hal ini bertujuan untuk meminimalisir penggunaan air bersih. Tujuan PT Unilever Indonesia Tbk ini direalisasikan dengan mengeluarkan produk ‘Molto Ultra Sekali Bilas’.

Faktor Budaya
Budaya menciptakan produk yang bermutu/berkualitas adalah hal yang utama agar suatu organisasi dapat bersaing dan unggul dalam persaingan global, Total Quality Control (TQC) merupakan suatu pendekatan baru bagaimana menghadapi masalah kualitas, bagaimana mengendalikan kualitas dan bagaimana memperbaiki kualitas secara terus-menerus. Konsep TQC mengisyaratkan bahwa perbaikan kualitas bukan dominasi kewajiban pekerja, akan tetapi juga menjadi tanggung jawab top management. Pengembangan budaya kerja ”Pengendalian Mutu Terpadu” dimaksudkan guna menambah wawasan akan pentingnya kualitas dalam pelaksanaan setiap pekerjaan. Perusahaan-perusahaan besar yang memegang peranan untuk menemukan pembeli di seluruh dunia telah menciptakan budaya yang universal. Dalam hal ini, Unilever menemukan sebuah budaya yang universal: “cantik itu putih”. Unilever memanfaatkan kesempatan itu dengan produk Ponds-nya, yang sudah terkenal dengan rangkaian produk pemutih kulitnya.
Nilai – nilai PT. Unilever Indonesia Tbk :
-          Fokus pada Pelanggan,
-          Konsumen dan Masyarakat
-          Kerja Sama
-          Integritas
-          Mewujudkan sesuatu terjadi
-          Berbagi Kebahagiaan
-          Kesempurnaan


Faktor Teknologi
PT Unilever Indonesia Tbk telah memiliki tujuh buah pabrik di Indonesia. Pabrik-pabrik berteknologi tinggi tersebut berlokasi di Cikarang dan Rungkut (Surabaya) dengan kapasitas 76.000 ton per tahun. Dan PT Unilever Indonesia Tbk baru saja menambah pabrik teknologi tingginya dengan meresmikan pabrik perawatan kulit (skin-care) miliknya yang berlokasi di Kawasan Industri Jababeka, Cikarang dimana investasi awalnya sebesar Rp. 500.000.000.000. Pabrik ini tercatat sebagai pabrik perawatan kulit terbesar di Asia. Kekuatan teknologi digunakan PT Unilever Tbk untuk memberikan pengaruh positif terhadap organisasinya. Pengaruh positif ini dapat berupa peningkatan jumlah produksi maupun peningkatan mutu produksi.

LINGKUNGAN INDUSTRI
Didalam teori persaingan kita mengenal ada suatu teori dari Michael Porter yang sangat terkenal pada saat menganalisis persaingan atau competition analysis. Teori tersebut sangat terkenal dengan istilah Porter Five Forces Model. Intinya porter menilai bahwa perusahaan secara nyata tidak hanya bersaing dengan perusahaan yang ada dalam industri saat ini.

Ancaman Pendatang Baru
Peserta bisnis baru dapat menjadi ancaman karena membawa kapasitas produksi tambahan. Seringkali juga peserta bisnis baru memiliki sumberdaya yang substansial dan berkeinginan kuat untuk mendapatkan pangsa pasar yang lebih besar.
Procter & Gamble Indonesia (P&G) adalah pendatang baru di industri Consumer Goods di tanah air. Produk-produk P&G antara lain memiliki empat merek: Pantene, Rejoice Pro V, Head & Shoulders serta Ascends, yang dicanangkan buat merebut pasar Asia. Di perawatan wajah, ada Oil of Olay (dulunya Oil of Ulan). Di pembalut wanita, ada Whisper. Untuk perawatan bayi, ada Pampers. Sabun mandi: Camay, Zest. Obat-obatan bebas diterobosnya dengan Vicks Formula 44, Vicks Inhaler dan Vicks Vaporub. Pasar permen pun dijajakinya dengan Vicks (rasa mint dan rasa jeruk).


Pangsa Pasar
Pangsa pasar Produk-produk unilever telah mencakup hampir seluruh lapisan masyarakat, yang muda maupun yang tua dan produk-produk unilever sudah dipercaya oleh seluruh masyarakat Indonesia. Produk-produk Unilever yang paling banyak disukai konsumen antara lain Sari Wangi (kategori the celup), Blue Band (kategori margarine) Buavita (kategori minuman sari buah) siap minum, Pond’s (kategori pelembab wajah), Lifebuoy (kategori sabum mandi padat), Vaseline (kategori hand & body lotion), Rexona (kategori deodorant), Clear (kategori shampoo), Pedsodent (kategori pasta gigi), Sunlight (kategfori sabum cuci piring) dan Molto (kategori pewangi dan pelembab pakaian).
Diposkan oleh Leo syaputra di 10/06/2011 11:30:00 AM 0 komentar
Kirimkan Ini lewat EmailBlogThis!Berbagi ke TwitterBerbagi ke FacebookBagikan ke Pinterest
Rabu, 05 Oktober 2011


BALANCE SCORECAD

Balanced scorecard adalah metoda yang dikembangkan Kaplan dan Norton untuk mengukur setiap aktivitas yang dilakukan oleh suatu perusahaan dalam rangka merealisasikan tujuan perusahaan tersebut. Balanced scorecard semula merupakan aktivitas tersendiri yang terkait dengan penentuan sasaran, tetapi kemudian diintegrasikan dengan sistem manajemen strategis. Balanced scorecard bahkan dikembangkan lebih lanjut sebagai sarana untuk berkomunkasi dari berbagai unit dalam suatu organisasi. Balanced scorecard juga dikembangkan sebagai alat bagi organisasi untuk berfokus pada strategi. BSC menjadi demikian populer karena lebih dari sekedar pengukur kinerja, melainkan sebagai strategi korporasi. Keunggulannya  dibanding dengan   konsep  pengukuran lain adalah keterkaitan antara empat persfektif BSC itu sendiri.  Dengan menggunakan data sekunder terkini, kajian dilakukan untuk menjelaskan bagaimana pengalaman korporasi menggunakan  BSC sehingga mampu memberikan manfaat lebih dari ukuran kinerja lainnya. Bahkan, BSC oleh berbagai akademisi diintegrasikan  terhadap konsep lain untuk memperoleh alat yang sinergi dalam pengembangan korporasi.
Dalam kajian manajemen strategik, pengukuran hasil (performace) memegang peran sangat penting, karena ini tidak saja berkaitan dengan  penentuan keberhasilan akan tetapi menjadi ukuran apakah strategi berhasil atau tidak.  Artinya hasil akan dijadikan ukuran apakah strategi berjalan baik atau tidak; bila organisasi tidak dapat mencapai hasil maka diagnosa pertama menunjukkan bahwa strategi tidak berjalan. Dalam ukuran yang dinilai tradisionil, Whelen (2006) menunjukkan bahwa ROI (Return Investment) mengandung berbagai kelemahan. Kelemahan ini bagaimanapun memaksa praktisi memikirkan ukuran yang lebih komprehensif yang dapat digunakan. Di Amerika, misalnya, dikenal Malcolm Baldrige National Quality yang setiap tahunnya memberikan  penghargaan melalui acara yang sangat bergengsi. Bagaimanapun program seperti di atas berpengaruh terhadap kinerja bisnis. Sejumlah  korporasi turut serta dalam penilaian dan hasil penilaian tim independen dengan menggunakan prinsip Malcom Baldrige National Quality dimana hasilnya tiap tahun diumumkan. Sepanjang ini program ini diyakini telah  meningkatkan daya saing  bisnis Amerika  di pasar global, karena program ini telah meningkatkan kualitas bisnis. Adapun perspektif bisnis yang dikembangkan dalam program ini adalah :

1)         Fokus kepada hasil pelanggan,
2)         Hasil barang dan jasa
3)         Hasil keuangan dan pasar
4)         Hasil sumberdaya manusia
5)         Ketertarikan hasil organisasi, termasuk pengukuran kinerja
        perusahaan
6)         Tatakelola dan tanggungjawab sosial.

Mengenal Konsep Balance Scorecard

Adalah Kaplan dan Norton dalam makalahnya yang menggagas   pentingnya konsep BSC. Anonim (2005) mendefinisikan BSC sebagai sistem manajemen strategi dan pengukuran yang menghubungakan  sasaran strategis kepada indikator yang komprehensif. Untuk itu  diperjelas juga bahwa indikator yang digunakan harus merupakan kegiatan dan proses kegiatan inti lingkungan organisasi beroperasi. Ucapannya yang mengatakan “What you measure is what you get” menjadi premis dalam penyusunan ukuran hasil yang diharapkan.  Dalam studi yang dilaksanakan oleh Kaplan dan Norton (1992) terhadap 12 korporasi, didapat sebenarnya bahwa korporasi tersebut telah mengadopsi scorecard. Kapalan dan Norton melihat ada kelemahan kepada pengukuran kinerja yang dapat menonjolkan pencapaian tujuan  secara terpisah, bahkan cenderung kompetitif yang pada akhirnya mengakibatkan konflik korporasi. Oleh karena itu dibutuhkan alasan  untuk menggunakan konsep scorecard karena:
1) scorecard menyatukan alat dalam laporan manajemen yang utuh, kelemahan pandangan terhadap berbagai bidang yang dinilai bersaing: menjadi perusahaan yang berorientasi kepada pelanggan, memperpendek waktu menanggapi,  memperbaiki kualitas terhadap team, mengurangi waktu meluncurkan produk, dan mengelola untuk jangka waktu panjang;
2) scorecard menjadi  pedoman untuk mengoptimalkan pencapaian tujuan.
Dari definisi tersebut pengertian sederhana dari Balanced Scorecard adalah kartu nilai yang digunakan untuk mengukur kinerja dengan memperhatikan keseimbangan antara sisi keuangan dan non keuangan, antara jangka pendek dan jangka panjang serta melibatkan faktor internal dan eksternal. Berdasarkan konsep balanced scorecard ini kinerja keuangan sebenarnya merupakan akibat atau hasil dari kinerja non keuangan (customer, proses bisnis, dan pembelajaran). Pekerjaan penulis ini tidak saja dalam rumusan seperti itu, akan tetapi sampai kepada upaya memasukkan sekumpulan perusahaan. Sampai sekarang pekerjaan ini masih berjalan, sehingga muncul perusahaan ataupun konsultan yang membuat program kepada sekumpulan perusahaan untuk mengikuti programnya. Dari hasil pengamatan diakui bahwa perusahaan–perusahaan yang berada di dalamnya mengalami kemajuan karena setiap pengambilan kebijakan tetap mempertimbangkan perspektif  tersebut.


Balanced Scorecard adalah strategi

Strategi korporasi diturunkan dan Visi dan Misi. Demikian penting peran strategi, sehingga  kalau tujuan  korporasi tidak tercapai, maka yang salah adalah strategi. Whelen (2006) menjelaskan berbagai hal  penyebab kegagalan penerapan strategi yaitu: 1) komunikasi yang sulit antar staf, 2) komitemen manajemen operasional lemah, 3) gagal menerima umpan balik dan mekanismenya, 4) basis perencanaan tidak valid, formulasi strategi tidak valid, 5) perencanaan fungsional tidak konsisten, dan 6) penilaian sumberdaya tidak konsisten.

Dalam penerapan BSC, ada premis yang secara implisit didapat yaitu bahwa BSC adalah strategi. Memperhatikan BSC sebagai  pengukuran kinerja mungkin itu adalah hal yang paling mudah diketahui,  karena masing-masing perspektif yang kemudian diturunkan mnejadi sasaran fungsinya adalah pengukuran kinerja. Akan tetapi, bila diperhatikan bagaimana hubungan antara visi, misi dan strategi sebagai awal daripada penetapan perspektif, dapat terlihat bahwa kaitan masing-masing perspektif dengan strategi sangat kuat. Kaplan dan Norton (1992) menjelaskan bahwa The balanced scorecard puts strategy – not control – at the center. Maknanya adalah bahwa esensi penerapan BSC bukanlah adanya pengendalian terhadap devisi, akan tetapi setiap devisi satu korporasi sedemikian rupa akan berinisiasi, menentukan ukuran kinerja dan mengkaitkannya dengan visi, misi dan strategi korporasi. Dalam hal ini keunggulan BSC adalah teridentifikasinya  struktur ataupun kerangka yang ada di korporasi guna mencapai – merealisasikan visi dan misi korporasi. Penjelasan demikian menegaskan bahwa sebelum BSC dikenalkan telah banyak dikenal  berbagai program pengukuran yang mengarah kepada perbaikan:  integrasi antar fungsi, skala global, perbaikan terus-menerus, tanggung jawab team yang menggantikan peran individu. Kaplan sendiri menuliskan bahwa penerapan BSC sejalan dengan prinsip semua itu. Akan tetapi  yang membedakan BSC dengan berbagai konsep tersebut adalah bahwa pada BSC manajer memahami, setidaknya secara implisit kaitan antar fungsi. Lebih dari penjelasan itu, BSC juga mengarahkan manajer ke depan daripada melihat ke belakang. Hal ini mudah dipahami karena 4 perspektif: keuangan, pelanggan, proses bisnis internal serta pembelajaran dan pertumbuhan yang oleh Kaplan digambarkan sebagai perspektif yang berkaitan satu dengan lainnya. Bahkan dirangkum dalam satu hubungan “cause and effect relationship”. Adapun kaitan masing-masing perspektif  dapat dijelaskan sebagai berikut

1)        Perspektif pelanggan. Perspektif ini menunjukkan seperti apa perusahaan di mata   pelanggan. Pelanggan mempunyai kemampuan teknis melihat korporasi dari berbagai sisi: waktu, kualitas, kinerja dan jasa, dan biaya yang dikeluarkan oleh pelanggan untuk memperoleh pelayanan. Dimensi kebutuhan pelanggan demikian pada akhirnya akan menentukan   bagaimana perusahaan  dilihat oleh pelanggan. Semakin baik persepsi pelanggan, semakin baik pula  nilai  korporasi dimata pelanggan.
2)        Perspektif keuangan. Pertanyaan yang harus dijawab korporasi di sini adalah bagaimana kita dilihat oleh pemegang saham baik pada jangka pendek maupun jangka panjang.  Korporasi bisa rugi pada waktu tertentu, akan tetapi  pemegang saham  menyadari bahwa setelah itu korporasi akan mendapat keuntungan, sehingga dividen akan diperoleh.  Semakin baik  korporasi dimata pemegang saham, semakin aman  korporasi memperoleh  sumber modal.
3)        Perspektif proses bisnis internal. Ukuran ini menunjukkan  dalam proses produksi seperti apa  korporasi lebih baik. Orientasi kepada pelanggan memang mutlak, akan tetapi permasalahan bagi manajemen adalah bagaimana caranya menyiapkan kompetensi yang dapat memenuhi kebutuhan pelanggan
4)        Perspektif pembelajar dan pertumbuhan. Perspektif ini menunjukkan bagaimana korporasi dapat bertahan dan kmampu berubah sesuai dengan tuntutan eksternal.


Penentuan Scorecard

Tidak mudah untuk menyepakati ukuran apa yang dijadikan keberhasilan satu perusahaan, karena didalamnya selalu ada unsur konflik antar bagian. Adapun 4 perspektif yang dikemukakan oleh Kaplan sesungguhnya haruslah diikuti pemahaman mendalam saat perencanaan strategis dimulai. Pemahaman ini harus dimulai dari identifikasi yang sesuai sehingga dapat ditentukan apa yang menjadi tujuan dan kegiatan  serta ukuran yang akan diterapkan. Dalam hal ini adapun konsep pengukuran kinerja menjadi bermanfaat, karena penyusun strategi akan  dapat menentukan. Kunci daripada penerapan Balance Scorecad adalah :

1)        Keterlibatan kepemimpinan senior
2)        Mengartikulasi visi dan strategi perusahaan
3)        Mengidentifikasi kategori kinerja yang menghubungkan visi dan strategi terhadap hasil
4)        Terjemahkan papan nilai kepada tim, devisi, dan tingkatan fungsi
5)        Kembangkan pengukuran yang efektif dan standar yang berarti (jangka pendek dan panjang, memimpin, dan tertinggal)
6)        Kenakan penganggaran yang tepat, Teknologi Informasi, Komunikasi , dan sistem imbal jasa
7)        Melihat BSC sebagai proses kontinius, membutuhkan perbaikan,  penilaian ulang, dan pemutakhiran, dan ;
8)        Percaya bahwa BSC sebagai fasilitator perubahan kultur dan organisasi.

Komitmen pimpinan puncak tetap saja menjadi kata kunci, karena  hanya dengan adanya komitmen itulah organisasi dapat bergerak. Satu hal yang dapat dilakukan oleh pihak manajemen adalah mengakomodasi hal-hal yang umum dalam satu industri, akan tetapi bagaimanapun satu perusahaan harus dapat mengakomodasi hal yang menurut mereka spesifik bagi industri ataupun perusahaan dimana mereka berada. Dalam kaitan ini harap diingat akan 4 perspektif yang dikemukakan oleh Kaplan, perspektif demikian tidak serta merta memposisikan perusahaan dapat mengadopsinya. Penentuan sasaran dan target bukanlah pekerjaan yang mudah karena hal ini harus termuat dalam satu perencanaan baik jangka  pendek maupun jangka panjang.  Artinya penetapan demikian haruslah disertai oleh Alligment.  Alligment adalah adanya pengalokasikan sumberdaya yang jelas terhadap  upaya pencapaian tujuan. Tanpa adanya pengalokasian sumberdaya maka tidak akan ada jaminan bahwa organisasi akan mencapai manfaat dari BSC yang telah disusun.

With the information we provide about   analisis 4p produk bluband

, We hope you can be helped and hopefully set a precedent with you . Or also you can
see our other references are also others which are not less good about  3 Rumus Cepat Membuat TAGLINE Toko Online


, So and we thank you for visiting.


open student loan :   http://tugaskelompokunilever.blogspot.co.id/

No comments:

Post a Comment