3 Rumus Cepat Membuat TAGLINE Toko Online

3 Rumus Cepat Membuat TAGLINE Toko Online

buzz marketing, guerilla marketing, integrated marketing, integrated marketing communications, marketing, marketing mix, marketing news, niche marketing, sports marketing, word of mouth marketing
3 Rumus Cepat Membuat TAGLINE Toko Online 

 


contoh tagline yang menarik -  Jika Anda tidak memberi pengunjung alasan tinggal, mereka akan segera pergi ke toko online pesaing.
Duuhh…
Dan hanya ada satu alasan, yang kadang dianggap sepele… namun kuat, serta dalam tempo cepat mampu meyakinkan pengunjung bertahan di toko online Anda.
Baik, anda sudah tahu alasan itu dari judul posting ini.
Itulah  tagline (strapline, slogan, motto atau apapun sebutan yang Anda gunakan) …. Sebaris jargon kecil yang mengikuti nama toko online Anda.
Tapi mengapa tagline ?
Semua berawal dari cara pengguna internet memindai sebuah halaman web.
Riset Jakob Nielsen pada tahun 2006 menemukan pola orang memindai (scanning) halaman web mirip dengan huruf F (lihat screenshot dibawah).Bukti riset mengapa tagline penting
 Jadi berdasar temuan ini, mata pengunjung pertama-tama akan menyapu bagian atas secara horizontal dari kiri ke kanan.
Itu artinya kebanyakan pengunjung Anda melihat logo pertama.
Namun logo atau nama toko online Anda mungkin tidak mampu bercerita banyak tentang bisnis Anda… Apalagi jika Anda menggunakan nama generik seperti tokoonline123.com, Juragan Baju, Pusat Grosir dan sejenisya.
Sementara mereka yang baru pertama kali berkunjung, lansung ingin mengetahui apakah toko online Anda pilihan yang tepat untuk memenuhi kebutuhan mereka
Disinilah tagline menolong.
Tepat dibawah nama, Anda bisa mencantumkan sebaris frase yang memberi alasan kuat bagi pengunjung untuk tinggal.
Kedengarannya mudah ?
Belum tentu.
Tidak semua tagline punya kekuatan menahan pengunjung. Fakta menunjukkan lebih banyak yang gagal.
Mengapa banyak tagline gagal ?
Sebagian besar tagline gagal karena ingin terlihat pintar, keren, lucu & kreatif.
Tagline bukan tempat untuk mempertontonkan kreatiftas Anda.
Saya tidak mengatakan kreatifitas buruk bagi penjualan. Hanya saja sulit menjadi kreatif disaat bersamaan harus jelas dalam menyampaikan maksud Anda..
Pengunjung TIDAK PEDULI seberapa lucu, pintar dan kreatifnya tagline Anda. Mereka HANYA PEDULI jika produk yang Anda sediakan dapat menyelesaikan masalah mereka.
Dan pengunjung ingin mengetahuinya segera, tanpa mengerutkan dahi untuk menebak makna dibalik tagline Anda.
Tapi Rusdianto, banyak tagline kreatif berhasil membawa merek ke puncak popularitas ?
Tolong cermati sekali lagi. Tagline yang Anda maksud terkenal bukan karena kreatifitas copywriter-nya.
Paparan berulang-ulang di televisi bertanggugnjawab atas popularitas tersebut..
Mereka yang punya segunung anggaran iklan boleh menggunakan tagline apa saja, atau bahkan tidak perlu tagline sama sekali…. dan orang-orang akan tetap mengingat siapa mereka. dan mungkin membeli produk mereka.
Saya berasumsi Anda tidak punya uang sebanyak itu.
Anda juga bukan produsen terkenal seperti Levi’s, Coca-Cola atau Nike yang telah puluhan tahun konsisten membangun merek. Tanpa Just Do It! orang-orang niscaya mengasosiasikan Nike sebagai sepatu olahraga.
Bermodal iklan & branding, merek populer bisa lolos dengan tagline kreatif atau bahkan tanpa tagline.
Tapi sekali lagi, Anda bukan mereka.
Hari ini Anda hanya satu diantara ribuan toko online di Indonesia. Jadi Anda perlu membuat tagline yang bisa cepat menunjukkan apa bisnis Anda.
Dengan kata lain…..
Satu-satunya fungsi tagline untuk online shop adalah memberikan alasan kepada pengunjung bahwa mereka tiba di tempat yang tepat untuk memenuhi keinginannya.  Alasan itu lebih dari cukup untuk menahan mereka tinggal lebih lama.
Sesederhana itu.
Dan tanpa bantuan copywriter, Anda bisa membuat tagline sendiri dengan menggunakan 3 rumus berikut – Anda harus percaya karena saya copywriter 🙂
3 Rumus membuat… plus contoh tagline yang menjual
Aturan pertama membuat tagline adalah kejelasan.
Anda akan melihat bagaimana menerapkan aturan kejelasan itu dalam 3 rumus berikut :
Rumus #1 : Apa yang Anda jual dan untuk siapa
Ini teknik copywriting klasik favorit saya.
Hasilnya memang sederhana, tapi menciptakan kesan eksklusif pada diri pelanggan…sekaligus menonjolkan keahlian Anda pada bidang tertentu.
Rumus ini cocok bagi toko online yang menyasar segmen pelanggan khusus.
Untuk menggunakan rumus ini, Anda cukup menulis nama produk yang Anda jual kemudian mengikutinya dengan target konsumen Anda. Berikut contohnya…
Produk : Baju Hijab
Target : Wanita hamil
Tagline : Butik Hijab Untuk Wanita Hamil
Dengan tagline ini, seorang wanita hamil yang tiba di toko online Anda yakin mereka berada di butik ahli yang khusus melayani mereka.
Dan sebaliknya, tagline ini mengusir pergi pengunjung yang bukan perempuan hamil sebelum memboroskan bandwidth Anda.
(Dalam bisnis online, mengetahui cara mengusir pengunjung sama pentingnya dengan mengetahui cara menarik pengunjung).
Contoh lain penggunaan rumus ini : Toko Peralatan Pemanjat Tebing, Pusat Pakaian Anak Balita, Aneka Accessories Perak Untuk Remaja.
Rumus #2 : Apa yang Anda jual dan apa manfaatnya
Disini Anda menyorot manfaat terpenting dari lini produk Anda.
Setelah semua, orang tidak membeli produk. Orang membeli manfaat (hasil akhir) dari penggunaan produk Anda.
Berikut contohnya.
Produk : Perlengkapan tidur (spring bed, bantal, guling, sprei, selimut & bed cover)
Manfaat : Istirahat berkualitas (tidur lebih nyenyak, bangun lebih segar)
Tagline : Aneka Perlengkapan Untuk Tidur Nyenyak Berkualitas
Contoh lain penggunaan rumus ini : Tampil Percaya Diri Dengan Jacket Kulit Asli : Aneka Lingerie Favorit Suami ; 101 Kaos Kaki Bebas Bau ;
Rumus #3 : Apa yang Anda tawarkan dan mengapa Anda lebih baik dari pesaing
Rumus ini cocok bagi Anda yang bersaing di niche kompetitif.
Pasar kompetitif menyulitkan Anda menonjol jika hanya mengandalkan tagline berbasis manfaat. Pada akhirnya semua pesaing Anda juga menawarkan manfaat yang sama.
Sebagai gantinya, Anda harus meneliti dan menarik keluar satu keunggulan Anda yang tidak (atau belum) dimiliki pesaing. Berikut contohnya.
Produk : Aneka Gadget
Alasan Anda yang terbaik : Harga lebih murah plus gratis biaya pengiriman
Tagline : Gadget Harga Miring, Gratis Ongkos Kirim
Contoh lain penggunaan rumus ini : Kaos Couple Harga Single (Printing) ; Desain Custom Setiap Item (Distro) : Aneka Juice Kemasan Tanpa Pemanis Buatan (Food & Drink)
Selanjutnya…
Saya ingin Anda mengambil kertas & pensil sekarang.
(Saya menunggu)
Sudah ?
Baik, mulailah menulis 3 – 6  alternatif tagline menggunakan salah satu atau ketiga rumus diatas.
Setelah selesai, posting di facebook atau twitter dan minta bantuan teman Anda untuk memilih salah satu dari 6 alternatif tersebut.
Selanjutnya Anda tinggal menambahkan tagline pemenang kedalam logo/header toko online Anda.
Itu saja.
Mulai sekarang, pengunjung punya alasan tinggal lebih lama di toko online Anda.
PS :  Setelah ini Anda juga harus membaca : Cara Menulis Iklan Online Dalam 10 Menit (Atau Kurang).
IKUTI KURSUS MINI (GRATIS) :
OPTIMASI HALAMAN PRODUK YANG MENGKONVERSI
Jika Anda pemilik toko Online yang frustasi karena sepi order.. atau jumlah pengunjung Anda banyak tapi sedikit (atau tidak satupun) yang akhirnya membeli...
Maka 7 materi kursus ini akan menunjukkan semua trik rahasia yang Anda butuhkan, untuk mengkonversi setiap pengunjung toko online Anda menjadi pembeli...
FYI : Semua materi kursus hanya bisa diterapkan pada toko online/website yang punya domain & sewa hosting sendiri. Kursus ini bukan untuk pengguna platform gratisan seperti blogger.com, facebook, instagram, bukalapak, tokopedia, dsb.


Dengan adanya informasi yang kami sajikan tentang  contoh tagline yang menarik

, harapan kami semoga anda dapat terbantu dan menjadi sebuah rujukan anda. Atau juga anda bisa melihat referensi lain kami juga yang lain dimana tidak kalah bagusnya tentang Slogan yang Mencitrakan Bisnis Anda 

. Sekian dan kami ucapkan terima kasih atas kunjungannya.


buka contoh marketing : http://writepreneurs.com/cara-membuat-tagline/

No comments:

Post a Comment