Contoh Iklan Makanan dan Minuman dalam Bahasa Inggris


Contoh Iklan Makanan dan Minuman dalam Bahasa Inggris

buzz marketing, guerilla marketing, integrated marketing, integrated marketing communications, marketing, marketing mix, marketing news, niche marketing, sports marketing, word of mouth marketing
 Contoh Iklan Makanan dan Minuman dalam Bahasa Inggris


iklan makanan dalam bahasa inggris - Contoh iklan minuman :

Contoh Iklan Makanan dan Minuman dalam Bahasa Inggris
Contoh Iklan Makanan dan Minuman dalam Bahasa Inggris

Contoh Iklan Makanan dan Minuman dalam Bahasa Inggris a
Contoh Iklan Makanan dan Minuman dalam Bahasa Inggris a


Contoh iklan makanan :

Contoh Iklan Makanan dan Minuman dalam Bahasa Inggris b
Contoh Iklan Makanan dan Minuman dalam Bahasa Inggris b

Contoh Iklan Makanan dan Minuman dalam Bahasa Inggris c

Contoh Iklan Makanan dan Minuman dalam Bahasa Inggris c









BAB 2
Landasan Teori
2.1    Teori Umum
2.1.1 Teori Komunikasi
Kata komunikasi atau communication dalam bahasa Inggris berasal dari kata latin communis  yang berarti “sama”, communico, communication, communicare yang berarti “ membuat sama” ( to make common ). Istilah pertama ( communis ) paling sering disebut sebagai asal komunikasi, yang merupakan akar dari kata – kata Latin yang lainnya yang mirip. Komunikasi menyarankan bahwa suatu pikiran, suatu makna atau suatu pesan dianut secara sama. Akan tetapi definisi kontomporer menyarakan bahwa komunikasi merajuk pada cara berbagi hal – hal tersebut, seperti dalam kalimat “ kita berbagi pikiran” “ kita mendiskusikan makna” dan “ kita mengirimkan pesan”. (Deddy Mulyana,2007 : 46)
2.1.2    Fungsi Komunikasi   
Seperti yang dikemukakan oleh Deddy Mulyana mengenai empat fungsi komunikasi yang diciptakan oleh William I. Gorden, adalah sebagai berikut: (Mulyana, 2007:5-38)
a)    Komunikasi Sosial
                Fungsi komunikasi sebagai komunikasi sosial setidaknya mengisyaraktkan bahwa komunikasi penting untuk membangun konsep diri kita, aktualisasi diri, untuk kelangsungan hidup, untuk memperoleh kebahagian, terhindar dari ketegangan antara lain lewat komunikasi yang menghibur dan memupuk hubungan dengan orang lain. Melalui komunikasi kita bekerja sama dengan anggota masyarakat (keluarga, kelompok belajar, perguruan tinggi, RT, RW, desa, kota, dan negara secara keseluruhan) untuk mencapai tujuan bersama.
b)    Komunikasi Ekspersif
                Erat kaitannya dengan komikasi sosial adalah komunikasi ekspresif yang dapat dilakukan baik sendirian maupun dengan kelompok. Komunikasi ekspresif tidak otomatif bertujuan mempengaruhi orang lain, namun dapat dilakukan sejauh komunikasi tersebut instrumen untuk menyampaikan perasaan – perasaan (emosi) kita.
c)    Komunikasi Ritual
                Fungsi komunikasi ritual juga erat kaitannya dengan komunikasi ekspresif, yang biasanya dilakukan secara kolektif. Suatu komunitas sering melakukan upacara – upacara berlainan sepanjang tahun dan sepanjang hidup, yang disebut antropolog sebagai rites of passage, mulai dari upacara kelahiran, sunatan, perayaan ulang tahun,pertunangan, siraman, dan pernikahan. Dalam acara – acara tersebut orang mengucapkan kata – kata atau menampilkan perilaku – perilaku simbolik. Mereka yang berpartisipasi dalam bentuk komunikasi ritual tersebut menegaskan kembali komitmen mereka kepada tradisi keluarga, komunitas, suku, bangsa, Negara, ideologi, atau agama mereka.

d)    Komunikasi Instrumental
                Komunikasi instrumental mempunyai beberapa tujuan umum : menginformasikan, mengajar, mendorong, mengubah sikap dan keyakinan, dan mengubah prilaku atau mengerakan tindakan, dan juga menghibur. Maka bila diringkas semua tujuan tersebut adalah bersifat persuasif atau bersifat mengajak. Komunikasi yang berfungsi memberitahukan atau menerangkan (to Infrom) mengandung muatan persuasif dalam arti bahwa pembicara menginginkan pendengarnya mempercayai bahwa fakta atau informasi yang disampaikannya akurat dan layak diketahui.
2.1.3   Teori Komunikasi Massa
Komunikasi Massa merupakan suatu tipe komunikasi manusia (human    communication) (Wiryanto :2006 :1) . yang lahir bersamaan dengan mulai digunakannya media elektronik. Adapun definisi –definisi tentang komunikasi massa lainnya menurut bittner (Rakhmat, 2003 : 188) ini adalah definisi komunikasi massa yang paling sederhana yaitu komuniksi massa adalah pesan yang dikomunikasikan melalui media massa pada sejumlah besar orang.
Menyimak definisi menurut para ahli tersebut tidak ada perbedaan yang mendasar atau prinsip. Rakhmat merangkum definisi komunikasi massa tersebut menjadi : ” komunikasi massa diartikan sebagai jenis komunikasi yang ditunjukan kepada sejumlah khalayak yang tersebar dan melalui media cetak atau elektronik sehingga pesan yang sama dapat diterima secara serentak dan sesaat (Rakhmat, 2003: 189).  
Dennis Mcquail (1987) pernah memberikan beberapa jenis dari teori – teori komunikasi massa sebagai berikut :
1.    Teori Ilmu Pengetahuan Sosial (Social Scientific Theory)
Teori ini berdasarkan pernyataan – pernyataan yang berkaitan dengan sifat dasar, cara kerja, dan pengaruh komunikasi massa yang bersumber dari observasi sistematis yang sedapat mungkin diupayakan bersifat obyektif. Dalam penerapannya jenis teori ini sering bergantung pada ilmu sosial lainnya. Contohnya, teori yang menerangkan hubungan antara televisi dan perilaku agresif.
2.    Teori Normatif (Normative Theory)
Teori ini berkenan dengan masalah bagaimana seharusnya media berperan ketika serangkaian nilai sosial ingin diterapkan dan dicapai sesuai dengan sifat dasar nilai – nilai sosial tersebut. Jenis teori ini begitu penting karena perperan dalam membentuk instituisi media. Bahkan media berpengaruh besar dalam membantu apa yang diharapkan oleh publik media, organisasi, serta pelaksanaan organisasi sosial itu sendiri.
3.    Teori Praktis (Oprational Theory)
Teori ini menyuguhkan penutun tentang tujuan media, cara kerja yang seharusnya diharapkan agar seirama dengan prinsip – prinsip ilmu pengetahuan sosial yang sifatnya lebih abstrak, serta cara –cara penyampaian beberapa teori tertentu. Sebuah teori masuk dalam rumpun teori praktis karena bias membantu menemukan jawaban masalah, misalnya, “Apa yang dapat menyenangkan publik ?,” “Faktor apa sajakah yang dapat membuahkan hasil?,“ “Berita seperti apa yang berharga atau mempunyai nilai berita (news value) ?,” dan “Bagaimana tanggung jawab wartawan media tertentu dalam situasi tertentu pula ?”.
4.    Teori Akal Sehat
Teori ini merupakan pengetahuan dan gagasan yang dimiliki oleh setiap orang dengan begitu saja atau melalui pengalaman langsung dengan masyarakat. Setiap pembaca surat kabar atau penonton televisi
mempunyai teori sendiri tentang media tersebut.      
2.1.4      Fungsi Komunikasi Massa
Fungsi komunikasi massa menurut Dominick (2001) terdiri dari surveillance (pengawasan), interpretation (penafsiran), linkage (keterkaitan), transmission of values (penyebaran nilai), dan entertainment ( hiburan).
-    surveillance (pengawasan)
fungsi pengawasan itu komunikasi massa dibagi menjadi 2 yaitu pengawasan peringatan dan pengawasan instrumental. Fungsi pengawasan peringatan terjadi ketika media massa menginformasikan tentang ancaman seperti angin topan, meletusnya gunung merapi, kondisi memperihatinkan, tayangan inflansi, adanya serangan militer.
Lain halnya dengan fungsi pengawasan instrumental yaitu penyampaian ayau penyebaran informasi yang dapat membantu khalayak dalam kehidupan sehari – hari. Misalnyam berita tentang film apa yang sedang dimainkan di biosko, ide tentang mode, resep masakan dan lain sebagainya.
-    Interpretation (penafsiran)
Fungsi penafsiran hampir sama dengan fungsi pengawasan. Media massa tidak hanya memasok fakta dan data, tetapi juga memberikan penafsiran terhadap kejadian – kejadian penting. Contoh nyata penafsiran media dapat dilihat pada halaman tajuk rencana (editorial) surat kabar. Penafsiran ini berbentuk komentar dan opini yang ditujukan kepada khalayak pembaca, serta dilengkapi dengan perspektif (sudut pandang) terhadap berita yang disajikan pada halaman lainnya.
Linkage (Pertalian)
Media massa dapat menyatukan anggota masyarakat yang beragam, sehingga membentuk linkage berdasarkan kepentingan dan minat yang sama tentang sesuatu.
-    Tranmission of values (penyebaran nilai)
Fungsi penyebaran nilai tidak ketnara. Fungsi ini juga disebut socialization (sosialisasi). Sosialisasi mengacu bagaimana cara, di mana individu mengadopsi prilaku dan nilai kelompok. Media massa yang mewakili gambaran masnyarakat itu ditonton, didengar dan dibaca. Dengan kata lain, media mewakili kita dengan model peran yang kita amati dan harapan utntuk menirunya.
-    Entertaiment (hiburan)
Fungsi dari media massa adalah sebagai fungsi menghibur tiada lainnya adalah tujuannya untuk mengurangi ketegangan pikiran khalayak, karena dengan membaca brita – berita ringan atau melihat tayangan hiburan di televisi dapat membuat pikiran khalayak segar kembali. Maka dari itu sulit dibantah lagi program yang disajikan ditelevisi lebih banyak adalah program hiburan. Walaupun ada beberapa stasiun televisi yang memang mengutamakan  berita. Tetapi hamper tiga perempat bentuk siaran televisi setiap hari merupakan tayangan hiburan.
Sementara fungsi komunikasi menurut Alexis S. fungsi komunikasi bisa beroperasi dalam empat hal yaitu (Nurudin ,2007 : 65)
-    Memberikan Informasi
Fungsi informasi merupakan fungsi paling penting yang terdapat dalam komunikasi massa. Kompenen paling penting untuk megetahui fungsi informasi ini adalah berita – berita yang disajikan. Iklan pun dalam beberapa hal memiliki fungsi memberikan informasi di samping fungsi – fungsi yang lain.

-    Mendidik
Memperoleh pengetahuan dan keterampilan yang berguna memfungsikan dirinya secara efektif dalam masyarakatnya, mempelajari nilai, tingkah laku yang cocok agar diterima dalam masyarakat.
-    Persuasif
Fungsi persuasif komunikasi massa tidak kalah pentingnya dengan fungsi informasi dan hiburan. Banayak bentuk tulisan yang kalau diperhatikan sekilas hanya berupa informasi, tetapi persuasif (mengajak). Misalnya tulisan pada tajuk rencana, artikel dan surat pembaca merupakan contoh tulisan persuasif. 
-    Menyenangkan
Memuaskan kebutuhan komunikan (menghibur) fungsi hiburan untuk media elektronik menduduki peringkat paling atas dibandingkan dengan fungsi – fungsi lainnya. Karena masyarakat kita masih menjadikan televisi sebagai media hiburan.
Dari kedua ahli fungsi komunikasi massa sebenarnya mempunyai inti yang sama. Hanya saja penyebutannya yang berbeda – beda. Karena fungsi komunikasi massa tersebut memang lebih banyak bersifat menghibur khalayak.


2.1.5     Media Masssa
Media massa adalah alat – alat dalam komunikasi yang bisa menyebarkan pesan secara serempak, cepat kepada audience yang luas dan hiterogen. Kelebihan media massa dibandingkan jenis komunikasi lain adalah ia bisa mengatasi hambatan ruang dan waktu. Bahkan media massa mampu menyebarkan pesan hamper seketika pada waktu yang tak terbatas  (Nurudin,2007 : 9) 
2.1.6     Bentuk Media Massa
Media massa dapat dibagi menjadi dua katagori, yakni media massa cetak dan media massa elektronik. Media cetak yang dapat memenuhi kriteria sebagai media massa adalah surat kabar dan majalah. Sedangkan media elektronik yang memenuhi criteria media massa adalah radio siaran, televisi, film, media on-line ( internet ).
-    Surat Kabar
dari empat fungsi media massa (informasi, edukasi, hiburan dan persuasif). Fungsi yang paling menonjol dari surat kabar adalah memberikan informasi. Hal ini sesuai dengan tujuan utama khalayak pembaca surat kabar, yaitu keingintahuan akan setiap peristiwa yang terjadi disekitarnya.
-    Majalah
Mengacu pada sasaran khalayaknya yang spesifik, maka fungsi utama media berbeda satu dengan yang lainnya. Majalah Gatra mungkin lebih berfungsi sebagai media informasi tentang berbagai peristiwa dalam dan luar negeri. Dan fungsi lainnya adalah hiburan, seperti majalah dewasa wanita Femina yang isinya relative berbagai informasi dan tips masalah kewanitaan dan lain sebagainya.
-    Radio Siaran
Radio adalah media massa elektronik tertua dan sangat luwes. Radio telah beradaptasi dengan perubahan dunia, dengan mengembangakan hubungan saling menguntungkan dan melengkapi dengan media lainnya (Domonick. 2000: 24).
-    Televisi
Dari semua media komunikasi yang ada, televisilah yang paling berpengaruh pada kehidupan manusia. 99% orang Amerika memiliki televisi di rumahnya, Tayangan televisi mereka dijejali hiburan, berita dan iklan. Mereka menghabiskan waktu menonton televisi sekitar tujuh jam dalam sehari (Agee, et. al. 2001: 279).
-    Film
Gambar bergerak (film) adalah bentuk dominan dari komunikasi massa visual di belahan dunia ini. Lebih dari ratusan juta orang menonton film di bioskop, film televisi dan film video laser setiap minggunya. Di Amrika Serikat dan Kanada lebih dari satu juta tiket film terjual tiap tahunnya (Agee, et. al. 2001: 364).
-    Internet
Bagaimana orang – orang menggunakan internet? Electronic mail merupakan aktifitas mereka dalam internet. Situs juga menjadikan informasi untuk hiburan dan informasi perjalanan wisata. Pengguna internet menguntungkan pada situs untuk memperoleh berita. Dua sampai tiga pengguna internet mengakses situs untuk mendapatkan berita terbaru setiap minggunya (Straubhar dan LaRose. 2000: 267). 

2.1.7    Televisi
Televisi adalah sebuah media telekomunikasi terkenal sebagai penerima siaran gambar bergerak beseta suara, baik itu yang hitam putih ataupun yang berwarna, “televisi juga dapat diartikan sebagai kotak televisi, kata “ televisi” merupakan gabungan dari kata tele (jauh) yang berasal dari bahasa Yunani dan visio (pengelihatan) yang berasal dari bahasa Latin. Sehingga televisi yang diartikan sebagai telekomunikasi yang dapat dilihat dari jarak jauh. Penemuan televisi disejajarkan dengan penemuan roda, karena penemuan ini mampu mengubah peradapan dunia. Di Indonesia ‘televisi‘ secara tidak formal disebut dengan TV, tivi, teve, atau tipi.
Televisi merupakan salah satu medium dari para pemasang iklan di Indonesia. Media televisi merupakan industry yang padat modal, padat teknologi dan padat sumber daya manusia. Namun sayangnya kemunculan berbagai stasiun televisi di Indonesia tidak diimbangi dengan tersedianya sumber daya manusia yang memadai. Pada umumnya televisi dibangun tanpa pengetahuan pertelevisian yang memadai dan hanya berdasarkan semangat dan modalnyang besar saja.
2.1.8  Promosi Program
Promosi program dan media penyiaran adalah kegiatan untuk mempertahankan audien dan menarik audien baru. Melalui promosi, media penyiaran mencoba membujuk khalayak untuk tetap mengikuti program –program yang telah disiarkan. Promosi menjadi kegiatan yang sangat penting sehingga banyak media penyiaran yang membentuk bagian khusus untuk menangani tugas ini, yaitu bagian promosi yang dipimpin oleh seorang manager promosi.
Michael Ray mendefinisikan promosi sebagai koordinasi dari seluruh upaya yang dimulai pihak penjual untuk membangun berbagai saluran informasi dan persuasi untuk menjual barang dan jasa atau memperkenalkan suatu gagasan.
Menurut Pringle-Starr-McCavitt (1991) dalam melaksanakan kerja yang telah disusun, bagian promosi harus mengambil enam langkah yaitu :
Langkah 1    : Menentukan susunan demografis dan karakteristik audien yang terdapat di wilayahnya, serta menentukan jumlah (presentase) audien yang dikuasai media penyiaran sendiri dibandingkan dengan jumlah audien yang dimiliki media penyiaran saingan.
Langkah 2    : Mencari tahu mengapa audien memilih stasiun sendiri dan mengapa audien lainnya memilih stasiun saingan. Perlu diketahui jawaban, mengapa khalayak sasaran yang diharapkan, belum juga bisa ditarik menjadi audien stasiun sendiri.
Langkah 3    : Perhitungkan kekuatan dan kelemahan stasiun sendiri serta kedudukan (positioning) stasiun untuk menarik audien yang diinginkan.
Langkah 4    : Susuan rencana untuk mengatasi kelemahan yang ada dan bagaimana memperbaiki kelemahan itu.
Langkah 5    : Melaksanakan rencana, dan
Langkah 6    : lakukan evaluasi atas efektivitas rencana dan jika perlu lakukan perbaikan.
2.1.9    Metode promosi
Tidak ada batasan mengenai metode apa saja yang dapat digunakan untuk mempromosikan program. Metode promosi yang digunakan media penyiaran hanya untuk mencapai tujuan promosinya, pada dasarnya hanya dibatasi oleh daya imajinasi orang – orang yang terlibat dalam kegiatan promosi tersebut.
Namun demikian, terdapat tiga metode utama yang banyak digunakan media penyiaran untuk melakukan promosi yaitu 1) memasang iklan, 2) public relation atau promosi di media sendiri.
-    Memasang iklan
Iklan atau advertising dapat didefinisikan sebagai berikut setiap bentuk komunikasi nonpersonal mengenai suatu organisasi, produk, servis, atau ide yang dibayar oleh satu sponsor yang diketahui.
Memasang iklan disini dimaksudnkan adalah menayangkan iklan yang menghasilkan uang. Iklan merupakan salah satu bentuk promosi yang paling dikenal dan paling banyak dibahas orang, hal ini kemungkinan karena daya jangkauan yang luas.
Memasang iklan tidak hanya di media televisi saja bisa saja di media cetak, billboard, tempat transit, dan media penyiaran (radio).
-    Public relation
Media penyiaran adalah lembaga yang berada ditengah masyarakat dan tentu saja media penyiaran akan selalu berhubungan dengan masyarakat. Masyarakat yang menjadi focus perhatian media penyiaran. Dengan demikian, audien adalah public utama media penyiaran. Melalui kegiatan PR hubungan baik deangan audien harus terus dijaga.
Public relation adalah kegiatan mempromosikan media penyiaran secara langsung kepada masyrakat atau sering juga disebut off air promotion. Dalam off air promotion ini mengelola media penyiaran bertemu langsung dengan masyarakat atau kelompok – kelompok yang dianggap mewakili masyarakat misalnya pers.
-      Media sendiri
Tempat terbaik untuk mempromosikan program adalah tentu saja distasiun televisi sendiri, promosi di stasiun sendiri merupaka cara yang paling cepat dan mudah dilakukan karena audien sedikit banyak sudah tersedia. Promosi di media penyiaran sendiri bertujuan member tahu dan mengingatkan agar audien untuk terus mengikuti program lain yang akan atau segera ditayangkan. Ada beberapa faktor yang harus diperhatikan agar promosi di media penyiaran sendiri dapat mencapai hasil optimal yaitu:
a.    Media penyiaran harus menunjukan identitas diri mereka pada setiap kesempatan. Audien yang memencet remote control untuk mencari program akan langsung mengetahui bahwa program yang tengah disaksikannya adalah milik stasiun yang tengah disaksikannya.
b.    Stasiun televisi harus menayangkan bumper promo logo dalam waktu – waktu tertentu. Logo merupakan simbol stasiun televisi . bagian promosi stasiun televisi harus memastikan bahwa logo harus selalu terdipasang disudut layar televisi.
c.    Logo juga dapat dipasang di berbagai benda yang akan dilihat publik : alat – alat tulis, mesin faks, buku agenda, buku catatan reporter, kamera dan di kendaraan milik stasiun televisi tersebut.
d.    Selain logo, stasiun televisi juga dapat meciptakan slogan –slogan yang memiliki pengertian dan karakter dari stasiun televisi tersebut.
e.    Setiap jeda iklan sebaik – baiknya memasukan sekurang – kurangnya satu sampai tiga promosi yang mengumumkan suatu program yang akan ditayangkan dengan cara menampilkan cuplikannya.
f.    Promosi untuk program hiburan biasanya menampilkan cuplikan program yang bersangkutan. Program hiburan yang efektif khususnya program berseri adalah dengan menapilkan klip dari episode yang akan segera ditayangkan dan bukan hanya dari satu jenis klip yang diputar berulang – ulang.
g.    Untuk televisi, rangkaian gambar berupa cuplikan –cuplikan program yang disiapkan untuk menginformasikan audien agar menonton acara dimaksud harus dilengkapi tanggal dan jam penayangannya.
h.    Dalam upaya menjaga audien media penyiaran harus tepat waktu dalam penayangan suatu acara. Bila program dipromosikan pukul 20.00 harus tepat penayangnnya pukul 20.00 juga, karena setiap program memiliki banyak pesaing.
i.    Bagian promosi memiliki staf dan peralatan untuk memproduksi berbagai promosi program. Dan biasanya diperusahaan yang ternama bagian promosi punya ruangan editing tersendiri.
2.2    Teori Khusus
2.1.1  AIDA
   Mengapa penulis menggunakan ini karena teori ini memang dipakai untuk meningkatkan promosi yang ada pada setiap stasiun televisi.  Kebanyakan perusahaan pengiklan, biro iklan atau agen periklanan merancang iklan cerdasarkan konsep komunikasi pemasaran AIDA. Model ini bertujuan untuk menarik perhatian (Attention) dari audiens, kemudian audiens akan berminat (interest), lalu merasa tertarik (desire) terhadap sebuah produk dan pada akhirnya memutuskan suatu tindakan tertentu (action).
-    Perhatian (attention)
Suatu iklan berhasil memenangkan perhatian, memecahkan perhatian pembaca dari berita editorial atau iklan lain, iklan yang kita hasilkan tidak akan diperhatikan sedikitpun oleh pembaca. Perhatian mungkin dapat diraih dengan memanfaatkan posisi dalam publikasi (apakah itu merupakan iklan dalam satu halaman penuh atau iklan sebagian halaman). Atau dengan memanfaatkan ukuran atau bentuk iklan itu sendiri.
Suatu iklan minipun akan mampu mendapatkan perhatian jika iklan itu ditetapkan dalam posisi yang tepat (misalnya iklan satu rumah untuk dijual atau iklan suatu resort  untuk berlibur diiklankan pada suatu seksi  publikasi tentang liburan). Umumnya, posisi di atas sebelah kanan akan meraih perhatian paling besar apabila iklan tidak menempati seluruh atau setengah halaman. Selain itu, perangkat kreatif juga dapat digunakan untuk menarik perhatian, misalnya warna, headline,ilustrasi bersama dengan layout keseluruhan dan pilihan jenis huruf. Jadi upaya untuk menarik perhatian pembaca mungkin tergantung pada factor yang beragam tanpa melupakan subyek iklan itu sendiri.
Sama halnya dengan promo Stand Up Comedy Indonesia Season 2 yang menarik perhatian para penonton dengan cara membuat promo tersebut menjadi semenarik dengan cara membuat orang mengingat kembali bahwa Kompas TV mempunyai program Stand Up Comedy Indonesia, maka dikeluarkannya promo brijging dimana di promo tersebut di tampilkan open mic para pemenang. Setelah itu dikeluarkan teaser dengan menggunakan konsep beberapa orang menggunakan kaos yang bertulisan nama kota – kota dan tidak terlihat wajahnya. Berharap dengan begitu orang akan attention dengan apa yang dipromosi dan di informasikan dalam teaser tersebut.
-    Ketertarikan (interest)   
Tidak ada suatu patokan dalam penggunaan perangkat kreatif ini guna membuat orang tertarik pada iklan kita kecuali iklan itu juga berhasil meraih rasa ketertarikan mereka. Hal itu mungkin berlaku secara selektif dan pembaca tertentu akan merasa tertarik pada iklan tertentu, misalnya iklan kosmetik, makanan,pakaian, perumaham,kendaraan bermotor atau komputer.
Rasa tertarik mungkin dapat dimunculkan dengan perencanaan, gambar atau copy iklan yang menarik, dan hal ini pada gilirannya akan semakin diperkuat oleh keorisinilan penampilan dan penyususnan kalimat dalam copy iklan.
Dalam promo Stand Up Comedy ini juga ingin membuat orang lebih tertarik dalam melihat promo tersebut. Maka startegi yang digunakan adalah dengan menggunakan manusia mic (mic man) adalah manusia yang kepalanya ditutupi oleh mic besar dan bergoyang – goyang mengikuti irama. Bertujuan agar orang lebih tertarik dalam melihat promo on air yang disajikan di Kompas TV dan tertarik melihat apa yang di informasikan pada promo tersebut.
-    Keinginan (desire)
Pembaca harus dibuat lebih dari sekedar merasa tertarik dan terpikat, mereka harus didorong untuk menginginkan produk atau jasa yang diiklannkan?keuntungan apakah yang ditawarkan oleh produk melalui iklan tersebut.? ada suatu situasi pertukaran: apa yang akan pembaca peroleh dengan mengeluarkan  sejumlah uang untuk produk yang diiklankan? Mengapa mereka harus mengorbankan uang yang mereka punyai untuk mendapatkan barang atau jasa yang diiklankan itu.
Seperti penjelasan di atas para penonton atau masyarakat harus dibuat tidak hanya tertarik dan terpikat oleh promo itu saja, mereka harus di dorong dengan rasa ingin mengikuti audisi tersebut. maka promonya pun harus dibuat lebih menarik agar orang lebih ingin tahu seperti apa audisinya, siapa saja jurinya dan mungkin orang akan datang karena penasaran dengan micman dan lain sebagainya.
-    Tindakan (Action)
Bagaimana iklan mampu menimbulkan respon? Iklan cetak bersifat statis, dan tidak mudah untuk membuat pembaca melakukan tidakan sesuai yang diinginkan. Tentu saja, mungkin ada suatu pendekatan yang langsung memunculkan aksi pada headline, atau mungkin imsplit pada keseluruhan iklan. Namu demikian, perangkat – perangkat tertentu mungkin dapat digunakan untuk membuat pembaca melakukan tindakan, misalnya dengan mencantumkan kupon, undangan untuk mencoba sampel,dorongan untuk mengunjungi ‘dealer’ atau showroom,atau daftar penyimpan produk (stockiest) yang mempermudah untuk mencari penyumplai.
Dengan orang yang sudah perhatian dengan promonya, tertarik dengan isi pesan yang disampaikan dan keinginan untuk mengikuti audisi tersebut, maka tindakannya yang terakhirnya adalah berharap orang – orang datang untuk mengikuti audisi tersebut.




2.1.2 SWOT
    Analisis SWOT merupakan metode yang digunakan untuk mengevaluasi :
-    Kekuatan - kekuatan (strengths)
-    Kelemahan - kelemahan (Weaknesses)
-    Kesempatan – kesempatan (Opportunities)
-    Ancaman – ancaman (threats)
Proses ini melibatkan penentuan tujuan yang spesifik dari proyek, program, atau unit-unit organisasi serta mengidentifikasi faktor internal (kekuatan dan kelemahan) dan eksternal (kesempatan dan ancaman) yang mendukung dan yang menghambat dalam mencapai tujuan spesifik itu.
    Analisis SWOT dapat diterapkan dengan cara menagnalisis dan memilah berbagai hal yang mempengaruhi keempat faktornya, dimana aplikasinya adalah:
-    Bagaimana kekuatan – kekuatan yang ada dapat dipergunakan untuk menciptakan kesempatan – kesempatan yang ada?
-    Bagaimana cara mengatasi kelemahan – kelemahan yang ada agar meningkatkan atau menciptakan kesempata – kesempatan yang ada?
-    Selanjutnya bagaimana kekuatan – kekuatan mampu menghadapi atau menangkal ancaman – ancaman yang ada?
-    Dan terakhir adalah bagaimana cara mengatasi kelemahan – kelemahan yang mampu menghindari dari ancaman yang mungkin terjadi?
Secara umum, analisis SWOT dapat dilakukan terhadap aspek – aspek berikut berdasarkan data bisnis yang ada.
1.    Sumber daya keuangan (mmodal kerja, arus kas, kemudahan untuk memperoleh pembiayaan)
2.    Fasilitas fisik (lokasi, insfrastuktur, fasilitas transportasi)
3.    Kemampuan manajemen dan karyawan (kemampuan manajemen, pengetahuan teknis, usia/pengalaman, keterampilan manajemen/ karyawan dalam mejual produk)
4.    Pasar (harga produk dibandingkan pesaing, pangsa pasar, permintaan pasar, lokasi pasar)
5.    Proses produksi (berkaitan dengan perencanaan dan pengendalian produksi, manajemen produksi)
6.    Informasi yang tersedia
7.    Sumber pemasok
8.    Lingkungan sosial




2.3    Kerangka Berfikir



Dengan adanya informasi yang kami sajikan tentang  iklan makanan dalam bahasa inggris

, harapan kami semoga anda dapat terbantu dan menjadi sebuah rujukan anda. Atau juga anda bisa melihat referensi lain kami juga yang lain dimana tidak kalah bagusnya tentang PERENCANAAN MEREK 

. Sekian dan kami ucapkan terima kasih atas kunjungannya.


buka contoh marketing : https://library.binus.ac.id/.../2011-2-00781-MC%20Bab2001

No comments:

Post a Comment