Mengembangkan Jagoan



Mengembangkan Jagoan


“Jagoan” dari konsumen yang sudah ada juga dapat menjadi sumber daya berharga untuk membuka kesempatan bisnis baru. Pada umumnya, “jagoan” adalah seorang konsumen yang sudah ada yang dihormati, baik oleh perusahaan maupun kolega-koleganya. Ia adalah seorang yang pandai berbicara dan dinamis dan memahami apa yang membuat produk atau jasa Anda efektif. Jagoan tidak selalu memiliki wewenang untuk mengambil keputusan, akan tetapi mereka dapat mempengaruhi pengambil keputusan atau membantu kita menemui pengambil keputusan kunci.

                Andrew Winter, manajer pengembangan bisnis Ignition Group di Toronto, Ontario, Kanada, melakukan pencarian prospek setiap hari. Tanggung jawab utamanya adalah mengembangkan bisnis baru untuk Ignition Group. Sepanjang kariernya, Andrew telah bekerja dengan para jagoan untuk membantu menghubungkannya dengan kesempatan bisnis baru.

                “Dalam suatu kasus, saya telah membangun kesepahaman yang kuat dengan konsumen pada kantor divisi di St. Louis, Missouri dengan menawarkan tingkat pelayanan tinggi dari pesanan awal hingga penyelesaian.

                “Sebagai hasil dari keyakinan yang kita kembangkan dan hubungan bisnis kita yang kuat, konsumen ini pada akhirnya menjadi teman saya. Pada akhirnya ia menjadi jagoan saya. Ia memuji-muji jasa kami ke kantor-kantor cabangnya di Chicago, Illinois, Dallas; Texas; dan Atlanta, Georgia. Yang paling penting, ia berbicara dengan kantor pusat di San Fransisco, Californis. Atas bantuannya, saya mampu meningkatkan penjualan ke semua divisi perusahaannya termasuk ke kantor pusat. Dalam rentang waktu enam bulan, penjualan saya kepada konsumen ini tumbuh dari tiga puluh ribu menjadi delapan ratus ribu dolar.

                “Jagoan saya kemudian pindah dari St. Louis ke Chicago. Walaupun kami sudah berada dalam tahap diskusi bisnis dengan kantor cabang Chicago, kami tadinya berbicara dengan manajer pemasaran yang berbeda. Sebagai hasil banyak di kantor cabang Chicago. Sebagai tambahan, saya masih bekerja sama dengan divisi awal jagoan saya tersebut. Jika saya tidak memiliki hubungan itu, akan sulit untuk mempertahankan bisnis setelah klien saya pindah.

                “Jangan Pernah menganggap remeh kekuatan kepercayaan dan membangun kesepahaman, karena hal tersebut adalah langkah pertama dalam menemukan seorang jagoan. Kita seharusnya selalu bertujuan untuk membentuk hubungan dan integritas. Kemudian tidak peduli apa yang terjadi, apakah konsumen kita dipindahkan atau perusahaan mereka demerger dengan perusahaan lain, kita berada dalam posisi yang lebih baik untuk melanjutkan hubungan bisnis. Jika kita pertama-tama menghargai mereka sebagai orang dan kedua sebagai konsumen, mereka akan selalu membalas perasaan hormat tersebut sepuluh kali lipat, atau dalam kasus ini 280 kali lipat.

No comments:

Post a Comment