Cara Memberikan Pelayanan Terbaik Kepada Pelanggan

Cara Memberikan Pelayanan Terbaik Kepada Pelanggan

buzz marketing, guerilla marketing, integrated marketing, integrated marketing communications, marketing, marketing mix, marketing news, niche marketing, sports marketing, word of mouth marketing
Cara Memberikan Pelayanan Terbaik Kepada Pelanggan

Bagaimana Anda melayani pelanggan? Dengan mendengarkan mereka? Dengan memberikan janji kepada mereka? Atau dengan selalu memanjakan mereka? Tidak ada yang salah dari cara itu. Karena pelanggan memang menjadi suatu kebutuhan dan keharusan yang dimiliki sebuah bisnis. Oleh karena itu setiap perusahaan harus tahu bagaimana mereka melayani dan membuat pelanggan mereka senang berbisnis dengannya. Dan apa saja caranya? berikut ini beberapa diantaranya:



1. Benar – benar mendengarkan mereka

Seorang pelanggan yang datang pada bisnis Anda tentu menginginkan sebuah solusi dari masalah yang mereka miliki. Ketika mereka bercerita dan mengeluhkan sebuah masalah maka tugas Anda adalah mendengarkan mereka dengan baik dan memperhatikan setiap detail kebutuhan mereka. Jangan pernah sekalipun menyela ucapan mereka. Dengarkan dan perhatikan saja apa yang mereka ingin sampaikan. Setelah Anda mendengarkan dengan baik, Anda bisa dengan mudah menawarkan solusi kepada mereka.
2. Jangan mengabaikan mereka

Pelanggan hanya ingin dilayani dengan cepat, bahkan jika jawaban Anda tidak dapat dikirimkan segera, mereka masih tetap ingin mendapatkan jawaban yang mereka inginkan. Jangan pernah mengabaikan setiap pertanyaan pelanggan. Dan jangan sampai Anda mengingkari setiap janji yang Anda buat kepada mereka. Buatlah janji yang mudah untuk Anda penuhi.
3. Mengakomodasi kebutuhan pelanggan

Anda pasti sadar bahwa melayani pelanggan bukanlah hal yang mudah. Mendengarkan setiap permintaan dan kebutuhan mereka tentu tidaklah mudah. Anda juga tidak bisa memastikan bahwa segala kebutuhan pelanggan dapat Anda penuhi dengan cepat. Tapi ini bukan berarti Anda tidak mau mendengarkan atau bahkan mengabaikan permintaan pelanggan. Anda bisa mengakomodasi setiap permintaan pelanggan. Meskipun banyak dan tidak mungkin, pelanggan akan tetap menjadi brand ambassador potensial bagi bisnis Anda.
4. Membangun kepercayaan

Banyak cara yang dapat Anda lakukan dalam upaya membangun kepercayaan bagi pelanggan Anda. Anda memang harus terus memberikan pelayanan terbaik mulai dari mendengar hingga memenuhi janji kepada pelanggan Anda. Ketika Anda mampu memberikan apa yang pelanggan inginkan dan terus memberikan pelayanan terbaik, secara otomatis pelanggan akan mempercayai apa yang Anda tawarkan.
5. Hidupkan nilai perusahaan

Untuk memastikan bahwa sebuah perusahaan akan bertahan lama di pasaran, mereka harus bisa menghidupkan nilai perusahaan. Salah satu caranya yaitu melalui pelayanan kepada pelanggan. Anda dapat menunjukkan apa dan bagaimana bisnis Anda melalui tata cara dan teknik Anda dalam melayani pelanggan dan memenuhi kebutuhan mereka. Setiap karyawan yang dimiliki harus tahu cara ini, karena tidak menutup kemungkinan mereka akan bertemu dengan salah satu pelanggan Anda di luar sana.


Teknik Foto Instagram Paling Populer Untuk Hasilkan Gambar Keren


Bagi kamu yang gemar memotret lalu menguploadnya ke jejaring sosial media, maka Instagram merupakan media yang paling sempurna untuk menampilkan hasil fotografi kamu. Seiring dengan perkembangan teknologi di dunia maya, kita tentunya sudah disuguhkan dengan beragam pilihan sosial media untuk memungkinkan kita saling berinteraksi dengan pemilik akun sosmed yang lainnya baik di dalam negeri maupun hingga di luar negeri. Penggunaan Instagram sendiri yang awalnya sebagai media upload foto kini sudah banyak digunakan hingga dimanfaatkan sebagai media promosi produk bisnis online. Nah, dalam penggunannya ada beberapa teknik foto Instagram yang perlu kamu ketahui.


5 Aplikasi Foto Terbaik Untuk Tampil di Instagram

Ada beberapa aplikasi di Instagram yang menjadikan postingan kamu tampil lebih berpotensi dan menarik untuk memikat banyak orang di akun IG itu sendiri. Berikut ini beberapa aplikasi foto Instagram yang perlu kamu ketahui!


1. VSCO Cam

Merupakan aplikasi untuk edit foto yang sempat populer bagi para fotografer mobile tentunya sebelum Instagram melengkapi filter dan juga tweaking foto. Walaupun begitu, VSCO Cam ini menawarkan beragam pilihan filter secara gratis dimana rata-rata bisa memberikan kesan yang professional untuk hasil jepretan yang kita ambil. Jika dirasa masih belum puas, maka kamu pun dapat membeli sejumlah filter yang lainnya sesuai keinginan. Adapun aplikasi VSCOCam ini tersedia bagi Android maupun iOS.


2. Hyperlapse

Hyperlapse merupakan teknik foto dari berbagai macam frame foto untuk dijadikan sebuah video. Sosial media Instagram itu sendiri mengusung aplikasi dengan istilah yang sama seperti teknik fotografi yang satu ini. Bagi kamu yang memiliki keinginan untuk membuat video memakai Hyperlapse, terdapat beberapa tips sederana. Tips pertama, teknik foto Instagram ini akan berhasil sesuai akurasi. Untuk itu, kamu harus memperhitungkan prediksi dari durasi video untuk kamu buat. Sepertii misalnya, untuk video selama 6 detik beserta 30 frame tiap detik (fps), dengan begitu kamu mesti mempunyai paling tidak sebanyak 30 frame yang dikalikan dengan 6 detik, hal tersebut berarti ada minimal sebanyak 180 frame. Hal yang perlu kamu ketahui bahwa durasi video untuk kamu buat di akun Instagram sendiri pun terbatas. Selain itu, perhatikan pula titik fokus, sesudah kamu menemukannya pada video yang hendak dibuat, maka harus memastikan jaraknya tak berubah.


3. Layout

Konsep teknik foto Instagram ini bisa dikatakan sederhana, yakni membuat sebuah kolase foto. Sebenarnya Instagram sendiri telah cukup banyak memiliki aplikasi sejenis dengan layanan yang serupa, sebelum meluncurkan aplikasi layout ini, seperti Photogrid. Dimana layout juga membuat kolase berdasarkan dari sejumlah foto yang telah dimasukkan pada aplikasi. Adapun sejumlah efek sendiri dapat ditambahkan misalnya Mirror berfungsi membalik foto atau gambar dari arah kanan ke arah kiri maupun dari arah atas menuju ke bawah. Teknik foto ini sangat cocok bagi kamu yang gemar memotret pakaian, mainan atau makanan. Ketika membuat kolase ini, kamu harus memastikan bahwa kamu telah memasukkan bagian yang paling menarik pada objek foto. Contohnya pada gambar atau foto makanan, maka kamu bisa mencari bagian objek yang sangat menggugah selera. Maka sisanya dapat digunakan pada foto detail yang lainnya. Kini layout sendiri baru tersedia pada iOS.


4. PicsArt

Baru-baru ini memang sempat muncul sebuah hashtag #instagraminhand pada kalangan pengguna akun sosmed. Bagi kamu yang masih belum mengetahuinya, hal tersebut merupakan fenomena yang memunculkan Instagram tepat di tangan kita dengan transparan dan bisa dibilang tanpa adanya perangkat smartphone, kamu dapat memanfaatkan aplikasi PicsArt secara gratis pada Android dan iOS. Sebelumnya pastikan kamu telah mempunyai foto tangan dengan posisi sekilas mirip ketika menggenggam handphone. Kamu bisa memakai fitur Multiply yang menjadikan screen capture pun lebih transparan. Sesudah itu, cukup dengan mengatur posisi dari screen capture pada Instagram lalu menyesuaikan posisinya supaya tak terlihat aneh.


5. Snapseef

Aplikasi besutan dari Google ini mempunyai banyak fitur untuk editing secara professional. Contohnya saja fitur mempertajam fokus pada gambar, hingga menghilangkan objek tertentu pada foto. Adapun pembaruan pada aplikasi ini masih baru dirilis pada platform iOS.


Tips Memperoleh Foto Menarik di Instagram

Selain mengenal teknik foto Instagram di atas, ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan agar menghasilkan gambar yang menarik di Instagram. Berikut ini beberapa cara mudah menghasilkan foto menarik dan berkualitas di Instagram :


1. Merancang

Tips pertama yaitu dengan merancang foto terlebih dulu yang hendak dibuat, melalui pengamatan lokasi dengan seksama melalui sudut arah dari cahaya, objek menarik dan sudut gambar sempurna yang dapat dimasukkan pada foto profil maupun album kamu di Instagram. Sehingga akan terlihat lebih alami.


2. Memperbanyak Foto

Untuk memperoleh hasil gambar yang keren, jangan hanya mengambil 1 jenis foto saja lalu langsung di upload ke Instagram, dimana hal tersebut mengakibatkan efek tidak baik disebabkan tampak asal-asalan. Untuk itu, cobalah mengambil paling tidak 10 foto dengan objek sama lalu ubahlah latar atau sudutnya. Kemudian pilih foto-foto dengan hasil terbaik.


3. Cahaya

Teknik foto instagram berikutnya adalah dengan mengambil foto pada cahaya lembut sehingga bisa menunjukkan bagian yang telah tersorot secara detail berikut bayangannya.


4. Tingkat Kedalaman

Kamera handphone memang tak dapat memberikan tingkat kedalaman lebih pada foto yang bagus, adapun untuk menyiasati hal tersebut pastikan memakai cara dengan melakukan kreasi melalui hal-hal yang ada di sekitar objek, misalnya pola maupun garis.


5. Sudut

Untuk menghasilkan foto yang bagus, maka ambillah foto di bagian sudut yang paling menarik, dengan begitu foto akan tampil tidak biasa seperti misalnya diambil di bagian bawah dan atas. Dengan semakin kreatif bagian sudut yang kamu ambil atau pilih, dengan begitu semakin menciptakan gambar yang juga menarik.


6. Pemandangan

Cahaya matahari merupakan hal terpenting untuk pemotretan serta foto langit dan pemandangan di sekitarnya, khususnya bila kita bisa mendapatkan bayangan di bagian bawahnya dan cahaya yang terpancar indah yang tentunya menjadikan foto pun lebih keren.


7. Bingkai

Instagram sendiri memiliki beberapa bingkai dengan karakter yang begitu menarik untuk dapat digunakan pada koleksi foto. kamu bisa memilihnya berdasarkan tema dan konsep dari foto yang kamu ambil.


8. Wajah

Foto dari wajah seseorang memiliki peranan penting, sebab akan menarik bila dilakukan di bagian dalam ruangan, kamu harus mencari sumber cahaya dengan karakter lembut supaya hasilnya pun menjadi lebih menarik dan bagus untuk dilihat.


9. Detail

Memotret sebagian kecil dari sebuah perhiasan atau benda, biasanya sangat menarik apalagi dengan menggunakan sumber cahaya berikut komposisi yang sempurna walaupun nantinya harus dilakukan crop.


10. Berbagai Peristiwa

Instagram sendiri mudah digunakan dalam melakukan fotografi yang unik dengan tanpa banyak persiapan untuk dapat menghilangkan kesan ekspresi artistiknya. Dimana tiap peristiwa itu sendiri memiliki warna dan kualitas yang berbeda-beda. Melalui tekstur gambar menarik dengan cerita yang manis didalamnya akan terlihat unsur estetika yang menawan dalam teknik foto Instagram itu sendiri.


Kesimpulan…

Sekarang Anda sudah masuk di penghujung artikel, dan selamat! Wawasanmu sudah semakin bertambah.

Tools dan teknik di atas membantumu agar menjadi lebih produktif dan fokus dalam bekerja, mungkin tidak semua tools tersebut tidak kamu gunakan, tapi tidak ada salahnya mencoba bukan?

Setelah kamu memilih tools dan teknik yang tepat, mulailah manfaatkan aplikasi tersebut sebagai pendukungmu dalam bekerja sehari-hari.

Ketika kamu sudah produktif dan fokus dalam pekerjaan, hasil akhir kerjamu pasti lebih meningkat dan menjadi lebih baik


Teknik Pemasaran Instagram Tepat Untuk Menarik Banyak Konsumen


Panduan teknik pemasaran Instagram. Seperti kita ketahui, perkembangan bisnis online kini memang semakin merajalela, dengan memanfaatkan berbagai cara melalui kecanggihan teknologi masa kini yang juga semakin berkembang. Ada banyak sekali usaha online yang dilakukan lewat media jejaring sosial, seperti twiter, facebook hingga Instagram. Instagram diciptakan awalnya sebagai media sosial untuk upload foto atau gambar melalui smartphone. Hal tersebut tak jauh berbeda dengan media sosial yang lainnya, namun seiring dengan perkembangan bisnis online saat ini maka fungsi instagram pun mulai bergeser, dimana banyak pemilik usaha yang memanfaatkannya sebagai keperluan pemasaran atau marketing.

Bahkan tak dapat dipungkiri jika Instagram sendiri telah banyak menghasilkan online shop berkualitas dan populer, dimana memungkinkan online shop tersebut memiliki banyak followers, dan mereka pun saling berinteraksi dengan mudah melalui komentar-komentar di akun Instagram itu sendiri. Bagi kamu pemula yang masih awam atau baru menggunakan instagram sebagai media marketing usaha online, maka perlu mempelajati teknik pemasaran Instagram yang tepat dan bisa kamu pelajari di bawah ini!

Melengkapi Akun Instagram Dengan Detail

Adapun maksudnya di sini adalah kamu harus memiliki akun Instagram dengan profile yang detail. Dengan banyaknya kasus-kasus penipuan bisnis online di dunia maya, tentunya membuat para konsumen pun lebih berhati-hati dalam memilih olshop. Mereka akan melihat bagaimana profil olshop tersebut apakah benar-benar terpecaya ataukah tidak. Nah, hal ini tentu dipengaruhi dengan informasi mengenai profil olshop tersebut. Untuk itu, kamu harus melengkapi akun IG yang dimiliki seperti profil picture yang jelas, biodata beserta keterangan website yang kamu miliki (jika ada). Melalui hal tersebut, maka akun IG yang kamu miliki tampak authority-nya dengan jelas, imbasnya siapapun yang melihat akun IG kamu akan memperhitungkannya.

Menentukan Tema Konten Bermanfaat

Umumnya akun Instagram yang besar mempunyai jumlah follower banyak sebab mereka gemar untuk melakukan sharing konten yang bermanfaat. Tak hanya bermanfaat saja, melainkan juga mereka konsisten dalam berbagi konten dengan satu tema. Hal tersebut tentunya mempermudah follower mengetahui karakter akun Instagram yang kamu miliki. Cara ini memang terkadang diabaikan para pemilik akun olshop di Instagram, mereka kebanyakan hanya menggunakannya sebagai media promosi di tiap harinya, sehingga lupa bahwa media sosial merupakan tempat untuk berinteraksi.

Saat melakukan update postingan menggunakna konten yang ditentukan, pastinya akan memberikan sejumlah manfaat bagi para followers. Hal ini juga tentunya akan memicu banyaknya follower yang mengikuti kamu di akun Instagram tersebut.

Memakai Nama Akun Mudah Diingat

Saat kamu memilih sebuah nama akun olshop lewat Instagram ini, maka perlu mempertimbangkan pemilihan nama untuk akun tersebut. Sebab bagaimana pun, nama akun yang mudah untuk diingat serta menarik merupakan nama akun yang mudah ditemukan calon pembeli atau konsumen saat mereka tertarik membeli produk yang dijual.

Mengunggah Foto Berkualitas Terbaik

Saat menggunakan akun Instagram di smartphone untuk aktivitas pengambilan foto produk, biasanya hasilnya tak sebagus jika kamu mengambil foto produk memakai kamera berkualitas. Untuk itu, kamu pun harus melakukan selektif gambar atau foto terbaik sebelum menguploadnya pada akun Instagram.

Hindari Terlalu Banyak Effect

Saat kamu mengupload foto pastinya masih ada banyak kekurangannya, dengan begitu pastinya kita memakai fasilitas untuk edit gambar di akun Instagram. Akan tetapi, sebaiknya saat akan mengedit foto, pertimbangkan terlebih dulu kondisi barang atau produk yang akan dijual. Supaya transaksi di Instagram pun sukses dan tidak mengecewakan konsumen atau pelanggan, dikarenakan produk yang didapatkan tak sesuai dengan gambar atau foto yang di upload. Hal ini tentunya memberikan pengaruh penting terhadap nama baik olshop kamu jika pelanggan merasa tidak puas dengan produk yang dibelinya dari tokomu. Pastikan gambar atau foto yang diambil senatural mungkin tanpa banyak efek atau editan, sehingga kondisi barang atau produk yang difoto sesuai dengan aslinya.

Gunakan Selalu Hashtag

Dalam teknik pemasaran Instagram, penggunaan hashtag sendiri penting untuk dapat memasukkan postingan yang kamu masukkan ke dalam bentuk kategori yang ada di semua postingan Instagram, entah itu di dalam negeri maupun di mancanegara. Melalui hashtag, maka para pengguna Instagram pun lebih mudah menemukan hasil postingan kamu diantara ribuan bahkan jutaan gambar para pengguna yang juga mengupload sejumlah foto di IG. Adapun caranya sangat mudah, cukup dengan mengetikkan tanda atau ikon pagar (#) sesudah caption pada gambar yang sudah diambil, dengan begitu muncul kategori berdasarkan jumlah post dari yang sudah menggunakan hashtag tersebut.

Membangun Relasi Bersama Akun IG Sejenis

BIla akun Instagram kamu merupakan olshop yang mencakup fashion wanita misalnya, maka kamu harus membangun relasi bersama artis-artis pada fashion wanita di IG. Caranya dengan mengomentari tiap postingan dari mereka, namun komentar tersebut berkaitan dengan postingannya serta tidak termasuk spam. Ada baiknya untuk berkomentar tidak memakai akun IG online shop kamu tetapi akun IG pribadi. Untuk menghubungkan akun IG dengan olshop kamu maka dapat memasukkan link menuju akun Instagram olshop yang dimiliki.

Menawarkan Promosi Dengan Syarat

Poin ini tentunya berlaku bagi setiap akun media sosial, yang mana dengan melakukan promosi secara khusus berbentuk free item atau potongan harga disertai syarat di dalamnya. Ada banyak syarat yang bisa kamu gunakan, misalnya saja dengan Re-Gram atau semacam retweet untuk twitter, LOVE postingan dan share seperti pada facebook. Biasanya memerlukan aplikasi khusus supaya kamu bisa melakukan re-gram postingan pada akun IG yang lain.

Jangan Lupakan Logo Brand

Teknik pemasaran Instagram berikutnya adalah menyertakan logo brand. Saat kita membagikan konten visual, maka harus dilakukan berdasarkan media instagram itu sendiri. kamu bisa membagikan berbagai konten visual baik karya orang lain (harus dengan izin) ataupun original team, seperti gambaar unik, dan lain sebagainya maka bubuhkan logo brand kamu. Ketika gambar tersebut telah dibagikan di akun IG (melalui sistem Re-Gram sebelumnya), dengan begitu pengguna IG yang lainnya melihat langsung logo brand kamu berikut nama akun dari instagram yang digunakan.

Menunjukkan Cara Pembuatan

Khusus bagi kamu yang menjual minuman atau makanan melalui media sosial, maka kamu dapat mengupload gambar berikut proses pembuatannya maupun berbentuk video. Tentunya tidak harus semuanya kamu gambarkan secara detail, tetapi proses-proses utamanya atau intinya saja. Dengan begitu para calon pembeli pun tak akan penasaran dengan detail asal produk yang dijual. kamu juga dapat menunjukkan gambar mulai dari perencanaan sampai pengiriman.

Menunjukkan Toko Offline yang kamu Miliki

Jika kamu mempunyai toko online sekaligus juga toko offlinenya, maka kamu wajib menunjukkan toko offline tersebut kepada para pelanggan untuk memperkenalkan bagaimana toko yang kamu miliki sebenarnya. Tak harus mengupload gambar secara keseluruhan dari bagian toko tersebut. Cukup seperti toko di bagian depan saja, dan bila ada sertakan nama jalan untuk menunjukkan pada konsumen untuk menuju toko offline yang kamu miliki. Dengan begitu jika konsumen ingin langsung berkunjung, maka meraka pun akan mudah untuk mengenali toko kamu. Ini juga sangat cocok bagi kamu yang menjalankan usaha kuliner melalui teknik pemasaran Instagram


Inilah Cara Mudah Menguasai Teknik Copywriting Facebook Yang Membuat Para Kompetitor Iri denganmu

Copywriting merupakan bagian dari creative advertising yang merupakan keterampilan dalam membuat naskah iklan dengan kata yang menggabungkan kerja kreatif, intelektual, dan seni agar maksud penjualan suatu produk bisa tersampaikan.

Hadirnya copywriting di bidang periklanan adalah angin segar. Dengan adanya copywriting, diharapkan bisa berhasil mengomunikasikan pesan kepada target pasar.
Copywriting dikatakan berhasil jika memenuhi beberapa kriteria sebagai berikut.

1. Mampu menarik perhatian klien

2. Mampu menarik minat klien

3. Mampu mempengaruhi kebutuhan dan keinginan klien

4. Bisa meyakinkan klien

5. Dapat memberikan pengaruh kepada klien untuk melakukan seperti pesan dalam iklan



Copywriting adalah teknik untuk menghasilkan tulisan (yang kini juga bisa ditambah selain tulisan)  yang menarik minat pembaca. Copywriting ini sangat penting bagi dunia periklanan, termasuk di dalam dunia digital marketing. Ketika pembaca sudah tertarik, maka respon selanjutnya yang diharapkan adalah pembaca/ penonton/ pendengar tersebut membeli produk tersebut jika teknik tersebut digunakan untuk menjual produk. Secara sederhana, copywriting ini adalah penjual/ sales dalam bentuk yang tidak langsung.



Facebook masih menyandang status sebagai salah satu media sosial dengan pengguna terbesar, terutama di Indonesia. Oleh karena itu, Facebook adalah  ladang bisnis yang menggiurkan bagi para pelaku internet marketing.



Pada awalnya, facebook berfungsi sebagai media sosial yang menghubungkan kamu dengan teman-teman. Kamu bisa memposting status, foto, dan sebagainya. Akan tetapi melihat perkembangannya, Facebook menjadi ladang market yang strategis. Facebook juga memberikan fasilitas fan page yang bisa kamu gunakan untuk memasarkan produkmu.

Pertanyaannya sekarang, bagaimana menjadikan facebook sebagai tempat berbisnis online yang efektif dan efisien?

Yang bertanggungjawab dalam pemenuhan unsur-unsur copywriting di atas adalah tim kreatif dari suatu agen periklanan. Akan tetapi, kamu bisa pula menjadi seorang copywriter untuk produk kamu sendiri. Untuk itu, kamu perlu mengetahui beberapa karakter dasar dari copywriting sebagai penentu keberhasilan dalam beriklan. Karakter-karakter tersebut di antaranya adalah sebagai berikut.
1. Pengulangan

Pengulangan merupakan  rahasia berhasilnya  sebuah iklan.


2. Konten iklan harus bersifat menjual

Meskipun tujuan iklan hanya sebatas pengingat, akan tetapi konten tetap harus bersifat menjual.
3. Mengefektifkan kata-kata

Pesan iklan harus memanfaatkan kata-kata secara maksimal. Pergunakan kalimat pendek tapi mengena.


4. Mudah dipahami

Kata-kata yang digunakan mesti mudah dipahami pembaca.


Teknik Copywriting Facebook

Untuk mendulang sukses di Facebook, kamu perlu menerapkan prinsip copywriting. Berikut ini adalah teknik copywriting facebook yang bisa kamu terapkan saat berjualan di Facebook.
1. Berikan Sugesti

Buatlah pernyataan yang secara tidak langsung disetujui atau diiyakan oleh pembaca.  Pastikan bahwa jawaban dari pembaca secara umum adalah “ya”. Jika sugesti sudah berhasil ditanamkan, maka kamu tinggal melakukan langkah lanjutan berisi pesan utama yang akan kamu jual.

Jika kamu mengalami kesulitan membuat kalimat, kamu bisa membuat pertanyaan dengan awalan kalimat semacam ini, “Tidakkah kamu ingin…?”, “Apakah kamu bisa…?”, dan seterusnya.


2. Fokus pada Manfaat

Ini adalah salah satu prinsip copywriting yang tidak boleh dilupakan. Beberapa orang mungkin terlalu mementingkan spesifikasi produknya sehingga tidak mempedulikan hal ini. Kemukakanlah manfaat dari produkmu.

Kadang orang tidak mengerti apa manfaat dari produkmu jika kamu hanya menuliskan spesifikasinya.

Sebagai contoh kalimat berikut ini.

“Dapatkan layanan internet dengan kecepatan hingga 50 mbps.”

Sekilas hal tersebut tampak biasa saja dan lumrah. Akan tetapi untuk kalimat iklan, hal tersebut kurang tepat sasaran. Kadang orang tidak bisa mengerti apa manfaat dari kecepatan internet 50 mbps dibandingkan dengan 20 Mbps.


3. Double Binding

Apakah yang dimaksud dengan double binding?

Double binding adalah memberikan penawaran semu. Seolah-olah kamu memberikan pilihan, padahal kamu membuat hanya ada satu jawaban yang diiyakan oleh pembaca. Misalnya, “Sebaiknya, rahasia ini diberikan sekarang atau nanti saja?”

Cara ini memang tidak selalu berhasil, tetapi terbukti efektif.


4. Ciptakan Urgensi

Ciptakanlah urgensi saat menawarkan produk. Misalnya, dengan memberikan penawaran berbatas waktu atau pemberian bonus untuk 15 pembeli pertama. Atau berikan diskon untuk pembelian dalam jangka waktu tertentu.  Dengan memberikan batas seperti ini, mereka akan tersugesti untuk segera membeli. Hal ini berbeda efeknya jika kamu tidak menciptakan urgensi dalam kalimatmu.


5. Jelaskan dengan Spesifik

Ketika membuat kalimat penawaran, buatlah kalimat yang spesifik. Orang lebih tertarik kepada hal yang spesifik dan terlihat pasti. Misalnya saja kalimat berikut ini.

“Kamu ingin kurus?”

Bedakan dengan, “Kamu ingin kurus dalam waktu satu bulan?”


6. Testimoni

Agar orang percaya dengan kamu, ada baiknya satu dua kali kamu memberikan testimoni dari pelangganmu.  Pastikan testimoni tidak terkesan dibuat-buat. Sertakan pula biodata singkat dari pemberi testimoni. Untuk penjualan berbasis online yang rawan penipuan, kepercayaan adalah hal utama yang kamu pertaruhkan.


7. Tampilkan Visual Produk

Dikarenakan pembeli tidak bisa melihat barang secara langsung, foto atau gambar visual dari produkmu memiliki peranan yang sangat penting. Hal ini akan membantu calon konsumen untuk mendapatkan gambaran secara nyata.


8. Jangan Memaksa

Orang tidak suka jika dipaksa melakukan sesuatu. Kamu juga begitu bukan? Jangan gunakan kalimat yang terkesan memaksa calon pembeli. Gunakan kalimat yang membuat calon pembeli merasa nyaman dan tidak merasa dipaksa membeli. Buatlah kalimat yang bernuansa halus.


Manfaat Copywriting

Jika kamu mengerti tentang copywriting, maka kamu akan memperoleh beberapa manfaat untuk bisnis Facebookmu, diantaranya:

    Jika kamu mengerti akan copywriting, brandingmu akan naik juga. Hal ini karena kamu bisa menggambarkan nilai-nilai positif dari barang yang kamu jual. Citra yang baik ini akan menarik pihak konsumen sehingga menaikkan penjualan.
    Kamu sebagai copywriter dari produkmu sendiri mengetahui dan memahami apa yang diharapkan konsumen dari produk yang ditawarkan.
    Jika kamu mengetahui prinsip kerja seorang copywriter, kamu akan bisa membantu konsumen untuk memperoleh informasi tentang hal yang diperlukan. Misalnya tentang apa manfaat dari produk kamu dan kepada siapa mereka harus menghubungi jika menginginkan produk atau jasa yang ditawarkan.
    Kamu sebagai copywriter produk, kamu bisa menuliskan nilai lebih dari produkmu jika dibandingkan dengan produk yang lain.
    Dengan keahlian dalam menyusun kata, copywriter memiliki kemampuan untuk menarik serta membujuk konsumen untuk memakai barang atau jasa yang kamu tawarkan.

Itu tadi beberapa hal terkait copywriting yang bisa kamu terapkan untuk bisnis yang kamu jalankan di media sosial seperti Facebook. Dengan mengetahui kriteria, prinsip tentang copywriting, kamu bisa menggunakannya untuk kemajuan bisnis online atau internet marketingmu.

Belajar adalah kunci utama dari kelancaran berbagai hal. Untuk itu, jangan pernah malas untuk belajar tentang hal ini agar kamu bisa memiliki kemampuan seorang copywriter yang baik untuk produk kamu sendiri


Intip Bagaimana Cara Pengunjung Melihat Website Anda


Menurut data statistik dunia, jumlah website hingga saat ini adalah 1Milyar dan jumlah pengguna aktifnya adalah 3,4 Milyar. Dan tentunya data ini akan terus bertambah seiring berjalannya waktu. Bisa di bayangkan bagaimana sulitnya menarik perhatian visitor untuk tetap mengunjungi website bukan? Dilema seperti ini tidak hanya terjadi pada Anda, banyak pemilik website yang merasakan permasalahan yang sama. Untuk mengatasi masalah tersebut, terlebih dahulu kita perlu melihat dan merasakan bagaimana menjadi visitor sebuah website. Apa yang dilihat dan dinilai oleh visitor terhadap sebuah website?

Data statistika mengenai perilaku customer yang perlu diketahui

    Sebanyak 89% customer mencari sebuah website sebelum memutuskan pembelian
    Tahukah Anda bahwa 60% orang akan masuk ke sebuah website brand atau produk untuk mencari informasi relevan akan barang yang akan dibelinya
    75% dari pengguna mengakui bahwa mereka memutuskan membeli tergantung dari kredibilitas perusahaan dibandingkan dengan desain website

Lalu, apa yang seharusnya dilakukan?

Sebanyak 94% kesan pertama suatu website terkait desain. Google sendiri merekomendasikan keseimbangan antara kompleksitas visual dan prototype. Sebuah desain sangat kontradiksi dengan type pengguna dalam mengharapkan sebuah website. Dan nyatanya banyak pengguna kecewa dengan kesan pertama dan menghancurkan harapan mereka terhadap sebuah website.

Bagian mana yang harus diberi perhatian lebih pada website?

Rata-rata waktu adalah elemen dasar untuk website. Detail waktu pelanggan melihat komponen dalam website adalah

Visitor melihat website dengan scrolling

Kebiasaan visitor adalah melihat suatu website dengan scrolling sehingga penempatan sebuah konten akan sangat menentukan kenyamanan visitor. Fakta lebih lanjut mengenai hal tersebut adalah

    Saat ini sebanyak 76% halaman yang digunakan oleh pengguna menggunakan scrollbar
    Faktanya 66%perhatian didedikasikan untuk isi konten dari sebuah halaman media yang normal
    Sebanyak 22% halaman di scroll hingga kebawah

Menurut data no 3 tersebut maka bisa diketahui sebuah fakta bahwa hingga saat ini hanya 2 dari 10 website yang mampu membuat visitor melihat konten dari awal hingga akhir dalam suatu halaman yang menandakan bahwa banyak visitor yang kurang tertarik berada lama di suatu website.

Bagaimana membuat konten yang diminati visitor?

7 Tips membuat konten ini tentunya akan membantu Anda menyajikan konten yang diminati dan tentunya shareable

Ingat 5 Hal ini Sebelum Membuat Konten Bisnis untuk Media Mobile


Keterbukaan peluang bisnis di berbagai media memberikan banyak kesempatan untuk para pebisnis meraih lebih banyak pelanggan dan untung yang tidak main-main. Mulai dari berjualan secara offline, hingga akhirnya memanfaatkan internet dan media yang dekat dengan masyarakat, seperti ponsel untuk berjualan. Kini berjualan online bukan lagi bisa dinikmati hanya melalui perangkat desktop saja. Sebab media mobile pun memberikan banyak kesempatan kita untuk menggaet lebih banyak pelanggan lagi.

Namun ada beberapa hal yang perlu diingat agar konten yang kita tuliskan di media mobile dapat menyampaikan semua pesan kita dan membuat pengunjung langsung berminat untuk menikmati website atau aplikasi kita di media mobile.

Seperti…..
1. Menciptakan pengalaman terbaik versi mobile



Sebuah studi menunjukkan bahwa pengalaman membaca pada perangkat mobile berbeda dari pengalaman membaca di layar kaca atau dekstop. Pada layar tradisional seperti yang biasa digunakan, mata kita akan cenderung bergerak mulai dari sudut kiri atas dan bergerak ke kanan kemudian ke bawah. Pada perangkat mobile, mata akan cenderung bergerak langsung ke tengah layar. Jadi, secara fundamental pengalaman yang diciptakan akan berbeda ketika sesorang membaca konten para perangkat mobile. Itu sebabnya, memanfaatkan kecenderungan pengunjung dalam menyimak isi website melalui media mobile, untuk membuat konten yang menarik bagi pengunjung.
2. Menuliskan konten yang singkat dan padat

Headline yang panjang dapat mengambil sebagian besar bagian dari perangkat mobile Anda. Tentu saja Anda ingin membuat berita utama yang menarik perhatian tanpa mengambil seluruh bagian layar mobile. Headline singkat yang mudah untuk dibaca dan dicerna akan lebih menarik bagi pengunjung.
3. Menciptakan pesan yang kuat di dalam konten

Karena sangat sedikit peluang kita untuk menampilkan banyak konten di mobile dalam satu waktu, maka kita bisa mulai dengan membuat titik yang paling kuat dari konten. Bisa saja kita membuat sebuah janji di depan, agar pembaca Anda ingin melanjutkan membaca konten di bawahnya. Headline bahkan bisa menjadi penentu apakah konten Anda cukup berpengaruh untuk pengunjung atau tidak.
4. Menuliskan paragraf singkat

Coba sekali lagi pikirkan bagaimana pembaca mampu membaca sedikit konten yang Anda tampilkan tapi mampu memahami maksud dari tulisan Anda secara keseluruhan. Lebih dari 6 kalimat pada paragraf konten akan membuat setiap orang kesulitan dalam memahami maksud Anda sesungguhnya. Untuk itu menuliskan paragraf yang singkat namun padat sangatlah dianjurkan.
5. Fokus

Dalam menuliskan sebuah konten bisnis untuk ditampilkan di media mobile, Anda tentu ingin mendapatkan perhatian pengunjung bukan? Nah, salah satu yang harus dilakukan adalah membuat fokus pada topik yang akan dibahas tuntas nantinya. Sebab pembaca memiliki tipe on-the-go. Artinya, mereka ingin mendapatkan apa yang mereka inginkan dengan cepat. Mereka tidak punya banyak waktu untuk mencari apa yang mereka inginkan. Anda harus menetapkan apa yang harus Anda selesaikan, bahkan menghilangkan semua konten yang terlihat basa basi menjadi hal yang harus diperhatikan.

Inilah yang menjadi perhatian bagi para penulis konten di media mobile. Singkat, padat dan tentu saja jelas. Jika Anda hanya berpikir untuk membuat konten yang menarik, bisa saja tulisan Anda akan sangat panjang dan itu akan membuat pengunjung enggan menyelesaikan membaca tulisan Anda.

Munculnya smartphone di dalam dunia bisnis memang banyak membantu. Ini membuat masyarakat lebih dekat dengan bisnis Anda. Bahkan mereka bisa kapan saja dan dimana saja membaca dan juga bertransaksi dengan bisnis Anda.


Bahkan jika Anda adalah orang yang sibuk dan tidak sempat melengkapi kebutuhan bisnis online Anda. Mungkin Jagoanhosting adalah solusi yang sangat Anda butuhkan. Dengan biaya yang sangat murah, Anda bisa mendapatkan semua kebutuhan untuk menjalankan bisnis online secara lengkap. Mulai dari website, hosting, domain dan juga Cloud email untuk bisnis online Anda


buka contoh marketing : http://mebiso.com/cara-memberikan-pelayanan-terbaik-kepada-pelanggan/

No comments:

Post a Comment