Assignment of Evaluation & Research
Assignment of Evaluation & Research |
kata kata iklan tango - PR Program
“AUDIT KOMUNIKASI”
-Product Kecap ABC-
By
PR 9-7C
Devira Nafliyon
Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi
The London School of Public Relations – Jakarta
Nov 2007
AUDIT KOMUNIKASI (Product KECAP ABC)
GOLDHABER
Wawancara tatap muka
Metode berikut adalah salah satu metode yang secara tidak langsung bisa membantu peningkatan penjualan product tidak hanya itu dengan wawancara tatap muka kita bisa mengetahui apa yang diinginkan/ kritikan/ saran dari konsumen yang memakainya. Berbagai cara yang dilakukan untuk membuat suatu wawancara yang pasti menyenangkan yaitu :
Mengadakan lomba masak tentunya di sponsori dengan kecap ABC, bekerjasama
dengan Mall sebagai tempat dilaksanakan lomba, serta koki handal & terkenal sebagai juri Peserta akan mendapatkan hadiah dari kecap ABC dan Mall sehingga membuat mereka lebih antusias untuk mengikuti lomba ini. Disanalah dapat kita wawancarai secara langsung apakah kecap ABC dapat memberikan rasa yang enak bagi masakan mereka? Acara ini mendapat perhatian banyak dari para pengunjung Mall sehingga mereka dapat mengetahui keunggulan dari kecap ABC langsung setelah melihat acara lomba masak ini.
Dengan adanya wisata kuliner ke berbagai tempat makanan yang sekiranya dikenal
dan enak, disana kita dapat mewawancarai langsung para koki apakah mereka juga memakai kecap ABC sebagai bumbu penyedap rasa untuk meningkatkan cita rasa makanannya? setelah itu mewawancarai pelanggan di tempat makan tersebut apakah mereka merasakan rasa kecap ABC pada masakan tempat makan itu? apakah dirumah mereka menggunakan kecap ABC juga? Setelah mereka menjawab pertanyaan, mereka ddiberikan hadiah dari kecap ABC dengan begitu bagi pelanggan makan tersebut yang tadinya tidak memakai kecap ABC mereka dapat mencobanya jika mereka suka nanti akan mengkonsumsi kecap ABC seterusnya.
Ini semua karena rasa kepercayaan konsumen pada kecap ABC selain itu rasanya yang enak dan lebih manis sehingga konsumen lebih memilihnya dari pada Kecap lainnya seperti kecap Bango. Kecap Bango adalah saingan terberat walau product baru tapi bisa mengalahkan pamor kecap ABC semua terjadi karna mereka mempunyai strategi promosi yang baik dan terencana di tambah banyak acara dan hiburan serta hadiah memberi tambah antusias para peserta/pengunjung.
OTTO LERBINGER
Readibility Study
Metode ini adalah pengukur tingkat pemahaman terhadap suatu isi pesan yang disampaikan di media cetak tentang product-product yang dipromosikan melalui media. Memakai kata-kata atau bahasa yang singkat dan jelas sehingga masyarakat dapat mengerti maksud dari product. Dalam penjualan kita juga harus mengetahui siapa saja target market?tentunya kecap ABC para ibu-ibu rumah tangga sebagai target utama setelah itu rumah makan, bisa disimpulkan semua kalangan mengkonsumsi kecap ini. Secara lingkungan industri pembuatan dari bahan alami sehingga tidak mencemarkan lingkungan sekitar tidak hanya itu saja, dengan adanya pabrik kecap itu sangat membantu perekonomian masyarakat yang tinggal didaerah tersebut, mereka bekerja sebagai buruh pabrik.Bila media cetak A kurang bisa memberikan input yang baik pada suatu product sebaiknya mengganti media cetak dengan yang lain sesuai dengan target market product tersebut. Menanyakan pada konsumen apakah pernah melihat dan mencoba product tersebut?
Promosi yang dilakukan kecap ABC kurang begitu agresif untuk mempertahankan productnya tetapi brand image yang sudah ada pada kecap ABC telah melekat pada ingatan masyarakat. Ini sebagai salah satu nilai tambah bagi konsumen untuk mengkonsumsi kecap ABC tetapi semua kembali pada media apakah media dapat membantu proses peningkatan penjualan product, tentunya harus mengetahui target market, apa yang diinginkan market itu sendiri. Harusnya membuat packaging yang menarik tidak hanya isi yang berkualitas tapi packaging di luarnya juga penting untuk menarik perhatian konsumen untuk membelinya. Persaingan di dalam perindustrian sangat ketat sehingga mengharuskan para perusahaan memberikan inovasi-inovasi terbaru yang berkualitas sehingga akan menciptakan product yang dapat memuaskan para konsumen disesuaikan dengan selera bangsa Indonesia. Membuat konsep yang matang serta perencanaan yang tepat terutama dalam promosi, ini sangat membantu untuk peningkatan penjualan dan perhatian dari masyarakat.
KECAP ABC
1. MISSION
Dalam misi kecap ABC adalah menjadi kecap manis asli pertama di Indonesia. Dengan ini akan tercipta image bahwa kecap ABC adalah yang terbaik dan pertama yang ada di Indonesia. Melalui misi ini kita dapat bisa mengenalkan product lebih dekat ke masyarakat tentunya dicantumkan pada kemasan product tersebut. Biasanya jika konsumen lupa nama product yang mereka ingat adalah misi atau selogan dari product tersebut.
2. GOALS
Tujuan membuat product kecap agar masyarakat bisa menggunakan serta memakai kecap tersebut sebagai penyedap rasa masakan agar lebih enak dan terasa bumbu masakannya. Setiap perusahaan pasti menginginkan productnya dapat dikenal serta bisa diterima oleh seluruh masyarakat oleh karena itu, berbagai hal cara untuk mengembangkan potensi yang ada dalam perusahaan agar lebih ditingkatkan untuk mendapatkan hasil yang maximal serta mengevaluasi setiap pekerjaan yang telah diselesaikan seperti mencari kekurangan dan apa yang harus diperbaiki lagi untuk meningkatkan penjualan product tersebut.
3. OBJECTIVES
Perusahaan harus bisa mengetahui apa saja yang menjadi kekurangan atau kelemahan dalam product yang mereka luncurkan. Oleh karena itu harus diperlukan tim research untuk mengetahui apa yang diinginkan serta diharapkan oleh masyarakat, oleh karena itu perusahaan dapat mengetahui selera market terlebih lagi kecap ABC menawarkan harga yang dapat di jangkau oleh seluruh kalangan masyarakat. Dengan begitu akan memudahkan product tersebut dapat diterima oleh masyarakat, karena di Indonesia target market lebih banyak masyarakat yang mempunyai perekonomian menengah ke bawah jadi product tersebut harus menyesuaikan dengan keadaan market di negara ini. Kecap ABC juga telah memiliki izin dan surat kesehatan dari pemerintah bahwa product ini halal dan bagus untuk di konsumsi masyarakat, tidak hanya itu kecap ABC memiliki kualitas yang bagus karena menggunakan bahan-bahan alami dan menggunakan alat-alat modern sehingga terjamin kualitasnya. Dengan penjelasan yang telah disampaikan bahwa kecap ABC dapat memuaskan masyarakat dengan product yang memiliki harga terjangkau, berkualitas, mudah di dapat secara otomatis dapat mengambil hati para konsumen untuk menggunakan serta setia pada product ini.
4. STRATEGIES
Ada beberapa cara menjadi strategy adalah sebagai berikut :
Pertama yaitu : akuisisi (membeli perusahaan lain) ,
Kedua yaitu : melakukan usaha patungan (joint venture)
Ketiga yaitu : mendirikan perusahaan baru.
Keempat yaitu : Karena persaingan makin ketat kecap ABC tampil lebih segar dan modern dengan mengubah logo dan merek
Kelima yaitu : berlanjut pada promosi langsung dengan konsumen (below the line) seperti program ABC Culinary Academic dari program tersebut akan tercetak penasihat masakan (cooking advisor) hasil didikan juru masak ABC nantinya penasihat ini ditempatkan di gerai penjualan ABC untuk memberi tips membuat masakan lebih sedap dan mereka siap diundang demo masak secara cuma-cuma dengan menggunakan kecap ABC. Dan juga mengadakan lomba masak tentunya di sponsori dengan kecap ABC, bekerjasama dengan Mall sebagai tempat dilaksanakan lomba, serta koki handal & terkenal sebagai juri.Acara ini mendapat perhatian banyak dari para pengunjung Mall sehingga mereka dapat mengetahui keunggulan dari kecap ABC setelah melihat acara lomba masak ini, tentunya dengan diberikan hadiah menarik bagi para peserta juga para pengunjung Mall.
Keenam yaitu : karena mempunyai pesaing yang cukup kuat, perusahaan tak pelit mengeluarkan dana untuk beriklan berkisar 22 milyar bertujuan untuk memperkuat mereknya seperti menjadi sponsor utama Indonesian Idol, hasilnya sejumlah product unggulan dari perusahaan ini seperti Kratingdaeng, kecap ABC, dan wafer Tango memiliki brand awareness yang kuat dan berkali-kali meraih penghargaan.
Ketujuh yaitu : mengadakan research seperti membagikan questioner pada masyarakat biasanya mengambil waktu saat ABC mempunyai acara seperi di mall.
5. TACTIC
Beberapa strategy telah dilakukan tentunya dengan banyak pertimbangan dalam mengambil setiap keputusan. Saatnya untuk meluncurkan product apakah bisa memenuhi target yang telah ditentukan? Apakah masyarakat dapat menerima dan menyukai product ini? Semua kembali pada masyarakat yang terpenting perusahaan telah melakukan yang terbaik untuk menghasilkan product yang berkualitas. Perusahaan jangan terpancing atas segala tindakan pesaing, kita harus tetap berusaha memelihara kepercayaan diri sebagai pemimpin pasar dan jangan sebagai pengikut dan mengikuti aturan baru dari pesaing. Kita juga harus mengikuti setiap perkembangan lawan jangan terlengah sedikitpun, memberikan inovasi-inovasi terbaru untuk mengembangkan product lebih meluas dan dikenal masyarakat. Bagi saya sudah cukup segala sepak terjang ABC untuk sekarang lebih maju karena beberapa tahun terakhir ini kecap ABC mengalami penurunan pembelian sekitar 51- 41% sepanjang April 2006 hingga Maret 2007. Oleh karena itu perusahaan semakin memaksimalkan SDM yang ada sehingga dapat bersama-sama mewujudkan misi untuk menjadi kecap nomor satu di negeri ini.
Dengan adanya informasi yang kami sajikan tentang kata kata iklan tango
, harapan kami semoga anda dapat terbantu dan menjadi sebuah rujukan anda. Atau juga anda bisa melihat referensi lain kami juga yang lain dimana tidak kalah bagusnya tentang Nasi Kerucut = Nasi kuning/tumpeng
. Sekian dan kami ucapkan terima kasih atas kunjungannya.
buka contoh marketing : https://deviranafliyon.files.wordpress.com/2008/03/kecap-abc
No comments:
Post a Comment