Proses Pembelajaran dalam Mata Kuliah Copywriting dan Rencana Kegiatan Pembelajaran Mingguan

Proses Pembelajaran dalam Mata Kuliah Copywriting dan Rencana Kegiatan Pembelajaran Mingguan

buzz marketing, guerilla marketing, integrated marketing, integrated marketing communications, marketing, marketing mix, marketing news, niche marketing, sports marketing, word of mouth marketing
Proses Pembelajaran dalam Mata Kuliah Copywriting dan Rencana Kegiatan Pembelajaran Mingguan


contoh iklan dalam bahasa inggris - TUJUAN PEMBELAJARAN
Tujuan pertama mata kuliah copywriting adalah memberikan pengetahuan dan melatih peserta mata kuliah untuk menganalisa struktur makna secara naratif dalam iklan yang secara khusus melihat fungsi pesan bahasa di dalamnya. Tujuan kedua yang merupakan tujuan utama dalam mata kuliah ini adalah memberikan sekaligus melatih kemampuan produksi pesan bahasa, dalam Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris dan Bahasa Perancis, yang efektif dalam suatu kesatuan desain narasi bahasa dan visual iklan.

o    OUTCOME PEMBELAJARAN
Setelah mengikuti mata kuliah ini, mahasiswa diharapkan dapat membaca dan memahami struktur makna dalam iklan, terutama dalam penyusunan teks-teks bahasa dan kesatuannya dengan teks-teks visual dalam image-image iklan. Namun demikian, hal utama yang dilakukan oleh mahasiswa dalam perkuliahan ini adalah proses berlatih memproduksi pesan bahasa, baik dalam bahasa Indonesia, Perancis dan Inggris, yang efektif dan koheren dengan unsur lainnya dalam suatu desain struktur narasi bahasa dan visual iklan. Dengan demikian, Mahasiswa yang mengikuti perkuliahan ini dapat mengaplikasikan pendekatan-pendekatan yang dibahas dalam perkuliahan ini untuk memproduksi sebuah desain iklan suatu produk dengan susunan pesan pesan bahasa yang efektif dan koheren dengan teks-teks visualnya.


o    PEMBAGIAN TUGAS
    DOSEN
•    FASILITATOR DAN REKAN DISKUSI
o    Memberikan materi, menjelaskan, dan memberikan bahan untuk diskusi dalam setiap pertemuan.
    MAHASISWA
•    BELAJAR SENDIRI DI RUMAH
o    Membaca dan mempelajari bahan ajar sebelum materi dibahas dalam perkuliahan.
•    BERDISKUSI DGN DOSEN DAN SESAMANYA
o    Proses diskusi dalam kelas dan luar kelas.
•    BERLATIH
o    Mengerjakan tugas-tugas yang diberikan.

o    DISTRIBUSI MATERI KULIAH DALAM PROSES PEMBELAJARAN.
    11 KALI MATERI
    4 KALI TUGAS INDIVIDU
    4 KALI TUGAS KELOMPOK
    1 KALI UJIAN MIDSEMESTER
    3 KALI DISKUSI DAN PRESENTASI KONSEP KARYA UNTUK TUGAS AKHIR SEMESTER.
    1 KALI UJIAN AKHIR

o    PENGATURAN WAKTU SETIAP PERTEMUAN
    40 MENIT TANYA JAWAB
    30 MENIT DISKUSI
    20 MENIT LATIHAN

o    EVALUASI PEMBELAJARAN
Aspek penilaian yang digunakan pada proses pembelajaran ini adalah:
Aspek Penilaian    Unsur Penilaian    Skor Maks.    Persentase
Pemahaman dan Keterampilan    Penelusuran gagasan dan referensi pendukung.    200    16.67
    Latihan menguraikan, menganalisa, dan menerapkan tipe-tipe dan strategi dalam pembuatan konsep iklan.    200    25
    Tugas akhir    200    16.67
Kreativitas    Pengembangan gagasan    100    8.33
    Perwujudan gagasan dalam bentuk tugas-tugas pembuatan konsep iklan.    100    8.33
Teamwork    Kerjasama dalam kelompok    100    8.33
    Perilaku    100    8.33
    Teknis    100    8.33
Jumlah    1200    100


Rencana Kegiatan Pembelajaran Mingguan :

Pertemuan    Pokok Bahasan    Sub Pokok Bahasan    Metode Pembelajaran    Media Ajar    Tujuan
Pembelajaran     Outcome
Pembelajaran
1    Introduksi
Copywriting, copywriter ?    Penjelasan Tata tertib dan metode perkuliahan

Definisi copywriting, copywriter, dan 

    Ceramah dan dialog



Ceramah

    Buku Bahan ajar

Power Point:
Penjelasan definisi Copywriting, copywriter.

    Memberikan pengenalan, pemahaman, dan kepekaan terhadap “copy” sebagai produk dari copywriter beserta definisinya.

Contoh copy dalam Poster, brosur, booklet, leaflet, feature, dialog dan voice-over dalam iklan radio dan film iklan dll.
    Mahasiswa memahami, mengenali “copy” dalam iklan-iklan.
2    Sosok seorang copywriter    Modal dasar seorang copywriter.    Ceramah

Menonton Cuplikan Film












Menonton cuplikan  film “Art and Copy” pada bagian profil agen-agen periklanan dan pasar industri iklan di Amerika.    Buku Bahan ajar

Power Point:
Penjelasan tentang modal dasar (pengetahuan, ketrampilan dan attitude) seorang copywriter.

Cuplikan Film dokumenter “Art and Copy” pada bagian profil agen-agen periklanan dan pasar industri iklan di Amerika..    Memberikan gambaran pada peserta mata kuliah tentang “copywriter” sebagai figur profesional , karya-karya mereka, modal dasar (pengetahuan, ketrampilan dan attitude) yang harus dimiliki.    Mahasiswa mendapatkan gambaran tentang sosok “copywriter”,  sebagai figur profesional, karya-karya mereka, modal dasar (pengetahuan dan attitude) yang harus dimiliki.
3    Copywriter sebagai komunikator.
    Menulis Copy, Menulis dengan tujuan menyampaikan pesan melalui teks linguistik dan gambar.

Hubungan antara Image dan teks linguistik dalam iklan.    Ceramah.

diskusi kelas tentang fungsi teks-teks linguistik dalam image-image iklan.    Buku Bahan Ajar

Power point:
Hubungan antara teks linguistik dengan gambar dalam iklan.
Contoh-contoh iklan
    Memberikan pengetahuan pada mahasiswa mengerti dan memahami fungsi dasar dan hubungan antara teks linguistik dengan gambar dalam iklan dalam kepentingan untuk menyampaikan pesan secara efektif melalui iklan.    Mahasiswa mengerti dan memahami fungsi dasar dan hubungan antara teks linguistik dengan gambar dalam iklan dalam kepentingan untuk menyampaikan pesan secara efektif melalui iklan.
4.    Iklan menjual konsep produk, Bukan semata produk.    Menjual konsep.

Selling the sizzle not the steak!    Ceramah

Diskusi    Buku Bahan Ajar

Power point:
Contoh-contoh iklan yang memberikan cerita tentang produk sebagai barang yang dijual oleh produk.    Memberikan pemahaman bahwa iklan tidak semata menjual produk atau jasa, melainkan menjual konsep tentang produk atau jasa.    Mahasiswa mengerti tentang konsep produk atau jasa yang dijual doleh iklan dan mampu membuat konsep tentang suatu produk yang akan dijual dalam iklan.
5    Menciptakan respon emosional dalam image iklan dengan cerita sebagai konsep iklan (story telling)    Image dan teks linguistik mampu menciptakan ilusi mengenai keterlibatan emosional pengguna produk dengan menyusun cerita (storytelling).    Ceramah pengantar.

Diskusi.

    Buku Bahan Ajar

Power point:
Contoh-contoh Iklan dengan pendekatan emosional pada audiens.    Memberikan pengetahuan dan pemahaman pada mahasiswa mengenai kedudukan cerita sebagai konsep iklan untuk menciptakan respon emosional dalam iklan.    Mahasiswa mengerti, memahami dan mampu mengaplikasikan   cerita sebagai konsep dalam iklan.
6    Kerja kreatif berdasar riset : segmentasi konsumen produk sebagai audiens iklan.    Penyusunan konsep iklan berdasar segmentasi audiens iklan.    Ceramah pembuka.

Diskusi kelas

    Buku Bahan Ajar

Power point:
Konsep iklan berdasar segmentasi audiens.

Contoh-contoh Iklan dengan pendekatan segmentasi audiens.    Memberikan contoh proses kreatif penciptaan iklan berdasar riset tentang segmentasi audiens iklan (konsumen produk atau jasa)    Mahasiswa memahami perbedaan segmentasi audiens (konsumen produk atau jasa) sebagai dasar proses kreatif penciptaan konsep iklan.
7    Kerja kreatif berdasar riset :
Konsep iklan berdasarkan pengetahuan tentang produk.     Pengetahuan tentang produk sebagai pijakan eksplorasi kreativitas dalam penciptaan konsep iklan.

Menemukan selling point yang unik dari produk atau jasa yang akan dijual sebagai konsep iklan.
    Ceramah

Diskusi kelas    Buku Bahan Ajar

Power point:
Konsep iklan berdasar pengetahuan tentang produk.

Contoh-contoh Iklan dengan pendekatanpengetahuan tentang produk.    Memberikan contoh proses kreatif penciptaan iklan berdasar riset tentang produk atau jasa itu sendiri, pengetahuan tentang produk menjadi dasar proses kreatif.    Mahasiswa memahami dan mampu mengaplikasikan pengetahuan tentang produk sebagai landasan proses kreatif penciptaan konsep iklan.
8    Ujian Mid Semester                   
9    Kerja kreatif berdasar riset :
Riset pasar sebagai variabel dalam eksplorasi penciptaan konsep iklan.    Riset pasar sebagai salah satu variabel yang diperhatikan dalam pembuatan iklan.
    Ceramah

Tugas    Buku Bahan Ajar

Power point:
Contoh-contoh Iklan  yang diproduksi berdasar riset pasar.     Memberikan contoh proses kreatif penciptaan iklan berdasar riset tentang kecenderungan pasar terhadap produk tertentu.    Mahasiswa mampu memahami hubungan antara kecenderungan pasar (konsumen) dengan iklan secara sederhana.
10    Penajaman Gaya.    Penajaman gaya iklan.

Stilisasi iklan dengan perangkat kesusastraan.    Ceramah

Diskusi    Buku Bahan Ajar

Power point:
Contoh-contoh Iklan      Memberikan referensi kesusastraan untuk mempertajam konsep iklan.    Mahasiswa memahami dan mampu mengaplikasikan penggunaan perangkat kesusastraan dalam iklan.
11    Penajaman Gaya:
Lyrisme dan Sexisme    Lyrisme

Sexisme dan Kelas sosial dalam iklan.    Ceramah

Diskusi    Buku Bahan Ajar

Power point:
Contoh-contoh Iklan  bergaya lyris, sexis dan identifikasi  kelas sosial.    Memberikan referensi kesusastraan  berupa Lyrisme dan sexisme untuk mempertajam konsep iklan.    Mahasiswa memahami dan mampu mengaplikasikan penggunaan perangkat kesusastraan berupa lyrisme dan sexismedalam iklan.
12    Referensi    Referensi tentang dokumentasi proses kreatif iklan Ipod, VW Bugs, dan  Apple computers dalam film “Art and Copy “.    Menonton cuplikan Film Art and Copy dan menulis review.    Cuplikan film “Art and Copy “ pada bagian :Iklan Ipod, VW Bugs, dan Apple Computers.    Memberikan referensi mengenai beberapa iklan yang sangat berpengaruh dalam penjualan beberapa produk.    Mahasiswa mendapatkan pengetahuan dan referensi mengenai proses kreatif dalam pembuatan iklan-iklan
13    Review perkuliahan


Penjelasan Tugas akhir semester.    Penjelasan proses pengerjaan tugas akhir semester sebagai proses penciptaan secara bertahap.    Mahasiswa mengajukan pertanyaan tentang materi perkuliahan yang telah dijalani.

Mahasiswa menulis review perkuliahan.

Penjelasan Objek dan Brief objek iklan sebagai tugas akhir Semester peserta mata kuliah.           
14    Presentasi objek iklan    Diskusi konsep iklan.    Presentasi  konsep iklan mahasiswa (kelompok).           
15    Presentasi Konsep Iklan setelah revisi, ide-ide visual dan teks tertulisnya.        Presentasi  konsep iklan oleh mahasiswa.           
16    Ujian Akhir    Presentasi Karya Iklan mahasiswa berupa Poster Iklan dan konsep iklan tersebut.    Presentasi mahasiswa dan pengumpulan karya.           

Dengan adanya informasi yang kami sajikan tentang  contoh iklan dalam bahasa inggris

, harapan kami semoga anda dapat terbantu dan menjadi sebuah rujukan anda. Atau juga anda bisa melihat referensi lain kami juga yang lain dimana tidak kalah bagusnya tentang BAB.V. EVALUASI EFEKTIVITAS PERIKLANAN PADA E-COMMERCE 

. Sekian dan kami ucapkan terima kasih atas kunjungannya.


buka contoh marketing : elisa.ugm.ac.id/user/.../d64060107b3b454b33c6db2380599313

No comments:

Post a Comment