BAB2 DATA DAN ANALISA

BAB2 DATA  DAN  ANALISA

buzz marketing, guerilla marketing, integrated marketing, integrated marketing communications, marketing, marketing mix, marketing news, niche marketing, sports marketing, word of mouth marketing
BAB2 DATA  DAN  ANALISA



iklan jadul minuman - 2.1     DATA DAN LITERATUR


2.1.1     Sumber Data


Data  dan informasi  yang  mendukung  proyek  Tugas  Akhir  ini, diperoleh  dari beberapa sumber, antara lain:
I.   Data berupa text diperoleh  dari media elektronik  (internet)


2.   Data non elekronik diperoleh dari koran kompas.


3.   Data non elekronik diperoleh  dari majalah kawanku..


4.   Data diperoleh dari website PT Bahagia Idkho Mandiri.


5.   BedakMBK


6.   Interview  (dengan pihak yang terkait)





2.1.2     Mengenai Bau Badan


Keringat   adalah   air  yang  dikeluarkan   oleh  kelenjar   keringat   yang bemama  kelenjar  ekrin  dan  apokrin  pada  kulit  mamalia.  Kandungan  utama dalam keringat adalah sodium klorida (bahan utama garam dapur) selain bahan lain   (yang   mengeluarkan  aroma)   seperti   2-metilfenol    (o-kresol)   dan   4- metilfenol (p-kresol).
Pada   manusia,   keringat   dikeluarkan   untuk   mengatur   suhu   tubuh, walaupun ada yang beranggapan bahwa komponen dari keringat laki-laki dapat
berfungsi   sebagai   pheromone.   Penguapan   keringat   dari   permukaan   kulit



memiliki  efek pendinginan karena panas Iaten penguapan  air yang mengambil panas dari kulit. Oleh karena itu, pada cuaca panas, atau ketika otot memanas karena bekerja keras, keringat dihasilkan oleh tubuh yang berfungsi untuk mendinginkan   atau  menetralkan suhu  tubuh.  Keringat  juga  akan  meningkat dalam   keadaan   gugup   dan  mual,   serta   menurun   dalam   keadaan   demam. Hewan-hewan yang  memiliki  sedikit  kelenjar  keringat,  seperti  anjing, menurunkan  temperatur  tubuh dengan membuka  mulutnya sambil menjulurkan lidah (terengah-engah), sehingga air menguap  dari rongga mulut dan pharynx­ nya  dan  panas  bisa  keluar  dari  dalam  tubuhnya.  Sedangkan   pada  hewan primata dan kuda, kelenjar keringat terdapat di ketiak seperti pada manusia.
Terdapat dua macam kelenjar keringat yang berbeda dalam komposisi keringat  yang  dihasilkan  serta  fungsinya,  yaitu  kelenjar  enkrin  dan  kelenjar apokrin.
Kelenjar  keringat  ekrin  tersebar  di  seluruh  permukaan   tubuh  tetapi lebih  banyak terdapat  telapak  tangan, telapak  kaki, dan wajah. Kelenjar  ekrin sudah   ada  sejak   kecil   di  mana   keringat   yang  dihasilkannya   tidak   hanya berfungsi   sebagai   alat   pengeluaran   sisa   metabolisme  tubuh,   namun   juga berguna  untuk  mengatur  suhu  tubuh  dan keringat  yang dihasilkan  adalah  air yang mengandung berbagai macam garam.
Sedangkan    kelenjar    keringat    apokrin   terletak    di   daerah   ketiak, payudara,  daerah  anus  dan  kemaluan.  Kelenjar  apokrin  akan  berfungsi  aktif pada  saat  remaja  dan  keringat  yang  dihasilkan  dipengaruhi  oleh  rangsangan
emosi. Keringat apokrin  mengandung banyak lemak dan protein, yang apabila

- iklan minuman pocari sweat

diuraikan oleh bakteri akan menimbulkan  bau yang tidak enak. Bau inilah yang kemudian dikenal sebagai bau badan.
Jadi,   sebenarnya   keringat   pada   manusia   tidak   berbau.   Bau   yang terdapat  pada tubuh  atau  bromhidrosis  Guga disebut  bromidrosis,  osmidrosis dan  ozochrotia)    sebenamya adalah  bau  bakteri  yang  bertambah  jumlahnya dengan cepat karena kehadiran  keringat.
Selain  daun  kemangi,  daun  sirih,  dan  tawas,  temyata   masih  sangat banyak tanaman apotik hidup yang terbukti dapat berkhasiat untuk mengurangi atau menghilangkan bau badan, antara lain ;
Daun  Sirih  (Piper  Betle)
- kata kata iklan makanan

Daun sirih yang telah lama dikenal berkhasiat sebagai antiseptik juga diketahui  mengandung  zat-zat aktif yang mampu menghilangkan bau badan terutama  yang ditimbulkan  bakteri atau jamur. Kandungan  kimia minyak  asiri dalam daun sirih antara lain kadinen, kavikol, sineol, eugenol, karvakol dan zat samak.
Untuk   menghilangkan  bau   badan,   salah   satu   cara   adalah   dengan merendam  beberapa  helai  daun  sirih  dalam  air  panas,  setelah  dingin  aimya diminum.  Dapat  pula  ditambahkan  gula  putih  secukupnya  untuk  menambah rasa.
Daun  Beluntas (Pluchea Indica)

iklan makanan ringan
Tanaman  yang  biasa  digunakan  sebagai  pagar  hidup  ini  mempunyai sifat  khas  berbau  langu  dan  berasa  getir.  Daun  dan  bunganya  mengandung
alkali  yang  bertindak   sebagai   antiseptik.   Kandungan   kimianya   antara  lain




amino   (leusin,   isoleusin,   triptofan,   treonin),   lemak,  kalsium,   fosfor,   besi, Vitamin A dan C.
Untuk  menghilangkan bau badan, daun  beluntas  biasa dilalap  mentah atau  dikukus   terlebih   dulu.  Daun   beluntas   yang  telah  direbus   juga  lezat disantap   sebagai  urap  (sayuran  dengan  kelapa  parut  yang  dibumbui).  Jika dibiasakan    menyantap    daun   beluntas,    bau   badan   akan   hilang    dengan sendirinya.  Selain  itu,  bau  mulut  yang  kurang  sedap  juga  dapat  dihilangkan dengan daun beluntas. Bagi yang tidak suka rasanya, bisa dengan meminum air rebusan  daunnya  setiap pagi dan sore. Beluntas  juga bermanfaat  menurunkan suhu tubuh  untuk mendinginkan  tubuh sehingga  banyak keringat  yang keluar. Daun  Kemangi (Ocimun Balisicum)
Zat  aktif  yang  terkandung   dalam  daun  kemangi   berfungsi   sebagai antiseptik. Daun kemangi biasa digunakan sebagai lalap mentah atau sebagai sayuran  urap yang juga dimakan mentah. Daun kemangi juga mengandung  zat yang   dapat   meningkatkan    selera   makan.   Bagi   perempuan    yang   sedang mengalami   menstruasi,  jika  mengonsumsi   daun  kemangi  kurang  lebih  satu genggam  pagi dan sore selama masa haid akan terhindar  dari bau yang tidak sedap yang sering terjadi pada saat haid.
Rimpang Temulawak (Curcuma xanthorrhiza)


Zat-zat  yang  terkandung  di  dalam  temulawak  adalah  sapomin, flavoinoida dan minyak asiri yang berfungsi untuk menghilangkan bau badan. Caranya   ialah   dengan   meminum   rebusan   rimpang   temulawak   yang  telah
dipotong-potong halus  atau  dengan  meminum  air  perasan  temulawak   yang



sudah  diparut   dengan   tarnbahan   sedikit   madu.   Untuk   mendapatkan   hasil maksimal, parutan temulawak juga dapat dibalurkan ke seluruh badan untuk menghilangkan  bau   badan   yang   tidak   sedap,   yang   keluar   dari   tubuh. Bunga  Kecombrang (Nicolaia speciosa)
Sapomin,  flavoinoida  dan  polifenol  adalah  zat aktif  yang terkandung dalarn bunga kecombrang  yang dapat menghilangkan bau badan. Kecombrang dapat  dimanfaatkan   dengan  memasak  daun  muda  dan  bunganya,  bisa  juga dimakan sebagai ternan makan nasi, dan dapat pula dibuat sayur lodeh.
Jeruk  Purut  (Citrus  bystrix)


Kulitnya  mengandung  minyak  asiri  yang  berbau  harum.  Jeruk  purut dapat digunakan untuk menghilangkan bau badan dengan cara meminum sari carnpuran kulit jeruk purut dengan sebatang kencur yang dihaluskan bersarna dengan air secukupnya.
Jeruk  Nipis (Citrus  aurantifolia)


Air jeruk nipis marnpu mengusir  bau badan yang tidak sedap, dengan cara mencarnpurkannya dengan sedikit kapur sirih lalu digosokkan  pada ketiak atau dibalurkan ke seluruh tubuh.
Jahe (Zingiber officinale)


Banyak   orang   India   percaya   bahwa   jika   mengonsumsi   jahe   bisa membuat  mereka  tercium  manis.  Menurut  Pen  Chao  Cing  dari Kaisar  Shen Nong  (3000  SM), jahe  segar  dapat  menghilangkan bau  badan  dan mendekatkannya kepada  aura spiritual.  Wedang  jahe jika  dikonsumsi  secara
teratur bisajadi sangat membantu mengatasi masalah bau badan.



Ketimun I Mentimun (Cucumis sativus)


Selain dapat menghilangkan kotoran membandel yang melekat di tubuh (daki),   ketimun   dapat  juga  menghilangkan   bau  badan,  dengan  mengupas ketimun  muda  lalu menggosokkannya lee badan  secara   rutin, setiap  sehabis mandi.
Cengkih I Cengkeh (Eugenia aromatica)


Beberapa  kuntum  bunga cengkeh  yang direndam  hingga mengembang dan kemudian diminum aimya, dipercaya dapat membantu menghilangkan bau badan  yang tidal< sedap. Air rebusan  beberapa  kuntum  cengkeh  dengan  gula merah, dapat pula menjadi minuman segar dan menghangatkan di kala hujan.



2.1.3     Sejarah Singkat MBK


PT Bahagia Idkho Mandiri adalah pembuat produk MBK, yang berdiri sejak tahun 1983, dengan pemilik bemama H. Moh. Nasir Idrus, SE.
MBK  adalah  sebuah  produk  yang  memposisikan  diri  sebagai  produk yang berbeda dengan produk lainnya, karena MBK lebih mengedepankan keamanan dan rasa aman bagi pemakainya.
Banyak produk serupa yang beredar di masyarakat atau pasaran, namun produk MBK boleh dibilang adalah salah satu produk yang sangat teruji dan terbukti keampuhannya dalam mengatasi problem bau badan.
Produk yang tidal< berakohol ini sudah banyak beredar di pasaran, baik pasar tradisional  ataupun  supermarket-supermarket besar di Indonesia. Untuk
itu anda tidal< lagi merasa kesulitan untuk mencarinya.




2.1.4     Deskripsi UmumKemasanMBK


- iklan makanan dalam bahasa inggris




Visual  Kemasan


•     BedakMBK


Bedak  biang  keringat  dengan  kemasan  berbentuk  botol  isi  60  gram yang memiliki  2 varian produk,  MBK putih  kemasan  berwama  putih, dan MBK Tin Super  dengan  kemasan  berwama  silver,  yang memiliki daya penghilang bau badan lebih kuat dari produk MBK yang lain.
•     MBKRoll On


Produk  penghilang  bau  keringat  ini  berupa  liquid  atau  cairan  yang dikemas  dalam  botol  plastik,  dengan  bola  plastik  yang  bisa  berputar sebagai  tempat  keluamya  cairan. Pada kemasan  roll on, terdapat  lima varian produk, dengan lima aroma yang berbeda pula.
•    MBK Non Menthol



Bedak Biang keringat yang tidak mengandung menthol didalamnya, memiliki  2  varian  kemasan,  yaitu  kemasan  botol  isi  160  gram  dan kemasan tabung isi 60 gram yang dapat digunakan sebagai refill.
•    MBK Menthol


Bedak Biang keringat  yang mengandung menthol ini memiliki 2 varian kemasan,  yaitu kemasan  botol isi 160 gram dan kemasan tabung isi 60 gram yang dapat digunakan  sebagai refill.
•     MBKSachet


MBK  sachet  memiliki  2  varian  produk,  yaitu  MBK  putih  kemasan berwama   putih  13,6  gram,  dan  MBK  Tin  Super  kemasan  berwama silver isi 13,6 gram pula. Yang membedakan keduanya adalah jenis keharumannya   dan   daya   penghilang    baunya,    dimana   Tin   super memiliki daya penghilang bau yang lebih kuat. Bedak Penghilang bau keringat  yang  dikemas  dalam  sachet  ini  juga  dikemas  dalam  kotak kertas, yang berisi 12 bungkus pada setiap kotaknya.
Tipografi


Tipografi  pada kemasan MBK menggunakan beberapa jenis huruf yang berbeda-beda.  Setidaknya  ada 6 jenis huruf yang berbeda pada setiap kemasan, dimana  huruf-huruf   tersebut  adalah  jenis  huuf  yang  tidak  mudah  dikenali. Dengan   banyaknya   jenis   huruf   yang   diletakkan   bersamaan    dalam   satu kemasan, akan membuat  tampilan  kemasan tampak  berantakan  dan tidak rapi.
Huruf  yang  diletakkan  bersamaan  dalam  sati  kemasan  akan  membuat  rancu




unsur  keterbacaan  atau  hierarki  pada  kemasan,  dan  tidak  sedap  dipandang mata.
Warna


Wama  yang  terdapat  pada  MBK  sebagian  besar  menggunakan  wama hitam, hijau dan merah. Wama merah dan hijau digunakan pada logogram, sedangkan   pada   logotype   menggunakan    wama   merah   dan   hitam.   Pada kemasan   roll  on  terdapat   5  varian   aroma,   dimana   masing-masing  varian memiliki wama dasar yang berbeda-beda.
Layout


Sebagian  besar  layoutnya  tampak  rata  tengah  pada  bungkus  bagian depan, dan rata kiri pada bungkus bagian belakang.
Elemen Visual


Elemen   visual  pada  kemasan   adalah   berupa  omamen   grafik   yang berupa gambar  bunga sepatu  berwama  merah dengan putik berupa ujung anak panah berwana merah pula. Elemen visual disini juga berfungsi sebagai logo.
Data Kemasan



NamaProduk Jenis Produk Nama Produsen Dipasarkan  Oleh Alamat Produk Kota/Kabupaten
Wama Dominan

: PO Powder MBK


: Kecantikan, Bedak Tabur Untuk Badan


: CV. Bahagia Produk


:PT. Bahagia Idkho Mandiri


: Perum Darmo Indah Asri Blok Ad /6


: Surabaya, Jawa Timur


: Putih, merah dan hijau




Visual


Komposisi


Penafsiran

: Bunga Sepatu


: Tawas, talk dan parfum



Gambar   bunga  dipakai  karena  dianggap   aroma   bunga  yang  harum


sesuai  dengan  tujuan  produk  ini  yaitu  untuk  menghilangkan bau  badan  dan dapat membuat  badan kita harum seperti aroma bunga. Kemasannya dibingkai dengan  gambar  omamen-omamen bunga merah  yang kelihatan  modem.  Pada kemasan  sachet  dan  tabung  warna  merah  menjadi  wama  utama  yang  juga sebagai   wama   logo   dengan   background   yang   berbeda-beda   pada   setiap kemasan.
Jenis  Rancangan : Kemasan





2.2     HASIL SURVEI


2.2.1    Mengenai Produk MBK


MBK  adalah  produk  kecantikan,   yaitu  bedak  penghilang   bau  badan yang sudah diproduksi sejak tahun 1983. Walaupun banyak competitor dengan produk   sejenis   bermunculan,  MBK   tetap   memiliki   konsumen   fanatiknya. Terbukti  ke-eksistensian produk  MBK  sebagai  produk  penghilang  bau badan yang  tebukti  ampuh  dan  aman;  tanpa  iklan  besar-besaran   pun,  MBK  tetap dikenal oleh masyarakat  luas.



2.2.2    Mengenai Kualitas MBK




•        Bedak MBK adalah  bedak penghilang  bau badan dengan segmen pasar menengah  kebawah.
•    Bedak MBK adalah pelopor bedak penghilang  bau badan pertama  yang terbukti aman dan berkhasiat, sejak tahun 1983.



2.2.3     Mengenai Konsumen MBK


Pemakai   MBK   umumnya   dari  kalangan   menengah   dan  menengah kebawah.  Selain  image "jadul" pada kemasan  MBK,  tidak adanya  perubahan image,  membuat  kalangan  menengah  dan  menengah  keatas  memilih  produk lain  yang  sejenis,   dengan  kemasan  atau  packaging   dan  image  yang  lebih modern.  Image "murahan" yang melekat  pada produk  MBK membuat  produk ini  jarang  dilirik  oleh  orang-orang kalangan  kaum  berada,  padahal  kualitas MBK tidak perlu diragukan lagi. Itulah sebabnya, produk MBK di-identikkan dengan  produk  untuk PRT atau  orang desa, padahal  tidak  sedikit  pula orang­ orang dari golongan menengah keatas memakai produk ini.



2.2.4     Kompetitor  MBK


BB Harum Sari


Bedak  penghilang   bau  badan  Harum  Sari  produksi  PT  Air  Mancur (AM)  tak  beda  dari  MBK,  Harum  Sari  juga  membidik  segmen  yang  sama, yaitu  menengah-bawah.  Yang  membedakan  antara  MBK  dan  Harum  Sari hanyalah   pada  positioning.   Harum   Sari  memposisikan  diri  sebagai   bedak
penghilang  bau badan yang sekaligus  mengharumkan. Sementara  itu, produk-



produk  yang  ada  sebelumnya, menurut  Hartanto(Pengelola PT Air  Mancur), hanyalah   berfungsi   sebagai   bedak  penghilang   bau  badan,  tanpa   memiliki fungsi pengharum. "Kekuatan Harum Sari terletak pada fungsinya, yaitu menghilangkan bau badan dan juga mengharumkan," ia menegaskan.












The Body  Shop


Perusahaan  luar negri ini memang  bergerak  di bidang kecantikan.  The Body Shop memproduksi berbagai produk kecantikan  yang ramah lingkungan. Bahan-bahan   yang  digunakan  alami  dan  berasal  dari  alam.  Bahan  bakunya berasal  dari    berbagai  kekayaan   alam  dari  berbagai  penjuru  dunia.  Selain produk  kecantikan,   The  Body  Shop  juga  menawarkan   peralatan  make  up, peralatan mandi, dan aroma teraphy. The Body Shop memiliki beberapa varian produk  penghilang  bau badan yang berupa liquid atau cairan dengan kemasan roll   on.     Produk   penghilang   bau   badan   dari   The   Body   dibedakan   dari aromanya.  Untuk  wanita,  The  Body  Shop  menawarkan produk  yang hampir tidak berbau, yang berbahan  dasar aloe vera. Selain itu, juga ditawarkan  aroma white musk, oceanus, lengkap dengan parfum, lotion, dan sabun mandinya. Sedangkan  untuk kaum lelaki The Body Shop menawarkan  aroma lebih keras
yang diberi nama Citrus.






•JJ
.
-



Rexona


Rexona hadir  berupa  cairan  atau  liquid  dengan  kemasan roll  on,  yang memiliki beberapa varian  aroma. Selain  itu, rexona  juga  memiliki body  spray yang  dikemas dengan lebih  praktis  dan  lebih  trendy.  Packaging rexona  sangat modem, mulai   dari  logogram, logotype, typografi  dan  kemasan,  semuanya sangat  menarik.  Rexona  juga   mengeluarkan  beberapa  type,   rexona   untuk remaja,  dan rexona khusus untuk  lelaki.  Design  nya pun  sangat  sesuai  dengan
pasar  yang dituju.







II
Rexana


1'1.

i
Iff




2.3     TARGET AUDIENCE


Target  audience untuk MBK  ini adalah  orang  dewasa pada usia produktif, baik pria maupun wanita  di kota-kota besar seperti  Jakarta, Bandung, Surabaya dan Bogor, dengantingkatekonomimenengah.
Dari sisi psikologis, target pasar  produk  ini ialah orang-orang yang bermasalah dengan  bau badan  yang tak sedap.
Sedangkan untuk demografisnya adalah  semua  orang  baik pria maupun wanita, tua maupun muda yang bermasalah dengan  bau badannya.


- iklan makanan dan minuman dalam bahasa inggris
2.4     ANALISA SWOT


2.4.1     Strengths (Kekuatan)


•    MBK merupakan pelopor bedak penghilang bau badan di Indonesia.


•    Distribusi yang merata di pasar tradisional dan peritel  kecil.


•     Kualitas MBK telah terbukti.


•     Packagingnya sederhana dan mudah  diingat.


•     Keunggulan MBK dalarn harga, paling murah.





2.4.2     Weaknesses (Kelemahan)


•     Kemasan MBK  yang ada saat ini tidak memenuhi syarat  kemasan yang baik.
•    Logo  pada  kemasan MBK  tidak  menarik   dan  tidak  jelas  maknanya,


sehingga membingungkan konsumen.



•    Font  yang  digunakan   terlalu   banyak   dan  terkesan   kaku,  kuat,  dan kokoh,  sehingga  tidak  sesuai  dengan  fungsinya  sebagai  produk kecantikan.
•    Warna-warna yang  dipakai  tidak  menarik  dan  terkesan  kampungan, sehingga sangat tidak cocok dijual di supermarket-supermarket besar.
•    MBK tidak beraktifitas  promosi dengan baik.


•        Kemasan  yang sangat sederhana,  sudah tidak sesuai dengan kebutuban jaman   sekarang.
•    Image  yang  terbangun   dari  packaging  lama  membuat  orang  merasa malu     memakai produk ini.
•    Visual  kemasan   sangat  tidak  menarik,   sehingga   tidak  cocok  untuk pangsa pasar    menengah.
•    Tampilan  kemasan terkesan "jadul" dan membosankan.


•    Image  "kampungan" yang  melekat  pada  MBK  membuat   bedak   1111


dipandang  sebelah mata.





2.4.3     Opportunities (Peluang)


•    Karena  udara  di  Indonesia  lembab,  maka  besar  kemungkinan   orang akan     berkeringat  dalam aktivitas kesehariannya.
•    Aktivitas  yang padat menuntut  lahirnya produk yang praktis dan mudah digunakan,  dan MBK memenuhi  kebutuhan  tersebut  dengan packaging
barunya.



•    Karena  telah  terbukti  khasiatnya,  MBK  dapat  menarik  lebih  banyak konsumen.
•        Kekuatan   visual   bisa  menolong   produk   rm  agar  dapat   menembus pangsa pasar    yang lebih tinggi.
•    Karena  pemain  lama, akan  lebih mudah  bagi MBK  untuk memasrkan kembali produknya dengan tampilan yang berbeda.
•    Dengan   pakcaging   barunya,  diharapkan   MBK   dapat  melayani   dua segmen konsumen, yaitu konsumen menengah kebawah untuk kemasan larnanya dan    konsumen menengah keatas untuk kemasan barunya.



2.4.4     Threats (Ancarnan)

- poster iklan jaman dulu yang menyeramkan
•    Banyak bermunculsn  produk sejenis dengan varian yang lebih beragarn.


•    Banyak   bermunculan   produk   sejenis   dengan   tarnpilan   yang   lebih •


modem


•    Kurangnya  aktifitas  promosi  membuat  produk  ini tenggelam  diantara kompetitor  yang bermunculan.

- iklan minuman lucu

2.5     FAKTA KUNCI


2.5.1     Strengths & Opportunities
Memanfaatkan kekuatan dalarn kesempatan  yang dimiliki dengan membuat packaging  baru dengan target audience yang baru pula, yaitu menengah.

21


2.5.2     Strengths & Threats


Memanfaatkan kekuatan  untuk mengatasi dampak dari ancaman dengan membuat packaging  baru yang sesuai dengan kebutuban pasar jaman sekarang dengan target audience masyarakat  ekonomi menengah, sehingga tidak tenggelam diantara kompetitor lain dengan tampilan yang lebih modem.



2.5.3     Weaknesses  & Opportunities


Mengatasi kelemahan dengan memanfaatkan  kesempatan  yang dimiliki dengan membuat packaging  yang tetap sederhana tetapi dengan tampilan yang lebih elegan dan menarik, sehingga mengundang orang-orang  untuk memakai produk ini, mengingat produk ini sudah teruji kualitasnya.



2.5.4     Weaknesses  & Threats


Mengatasi kelemahan sehingga ancaman tidak terjadi dengan mengumpulkan data, mendesain  ulang semua kemasan dan bekaktifitas promosi dengan baik, sehingga kemasan yang baru cepat dikenal oleh konsumen, dengan kualitas yang sudah terbukti.



2.5.5     Kesimpulan
- iklan makanan bergambar

Bedak MBK adalah  pelopor  bedak penghilang  bau badan di Indonesia yang berbahan dasar tawas, yang telah terbukti aman dan berkhasiat untuk menghilangkan  bau  badan  yang  tidak  sedap.  Harga  yang  murah  membuat
MBK  tetap  eksis  sampai  sekarang,  walaupun  tidak  beriklan  di  media  cetak

22



maupun  media  elektronik.  Distribusi  MBK  langsung,  dengan  membagi  sales force-nya  dalam  tiga team,  yaitu  apotik,  door  to door  Gamu-khusus  jakarta), dan  pedagang,   dan  sama  sekali  tidak  menangani   penjualan   ke  gerai-gerai modem. MBK lebih mernilih distribusi di daerah urban dan perdesaan. Di kota, Bedak MBK banyak ditemui di pasar tradisional dan peritel kecil. Namun belakangan  ini,  karena  penurunan  penjualan,  dan  semakin  banyaknya kompetitor,   MBK  bemiat   menaikkan   sekmen   pasar  ke  masyarakat   dengan tingkat ekonomi  golongan menengah,  maka itu diperlukan  kemasan  yang baru pada setiap produknya, sehingga  lebih sesuai dengan  target market yang baru. Kemasan  MBK  yang baru diharapkan  dapat  menarik  lebih  banyak konsumen dari  kalangan  menengah, mengingat  kualitas  MBK  yang sudah  dikenal  sejak tahun 1983.

Dengan adanya informasi yang kami sajikan tentang  iklan jadul minuman

, harapan kami semoga anda dapat terbantu dan menjadi sebuah rujukan anda. Atau juga

anda bisa melihat referensi lain kami juga yang lain dimana tidak kalah bagusnya tentang Gombalan Maut Berdasarkan Jurusan Kuliah


. Sekian dan kami ucapkan terima kasih atas kunjungannya.


buka contoh marketing : https://library.binus.ac.id/.../2009-2-00115-DS%20Bab%202

No comments:

Post a Comment