BAB2 DATA DAN ANALISA
BAB2 DATA DAN ANALISA |
iklan jadul minuman - 2.1 DATA DAN LITERATUR
2.1.1 Sumber Data
Data dan informasi yang mendukung proyek Tugas Akhir ini, diperoleh dari beberapa sumber, antara lain:
I. Data berupa text diperoleh dari media elektronik (internet)
2. Data non elekronik diperoleh dari koran kompas.
3. Data non elekronik diperoleh dari majalah kawanku..
4. Data diperoleh dari website PT Bahagia Idkho Mandiri.
5. BedakMBK
6. Interview (dengan pihak yang terkait)
2.1.2 Mengenai Bau Badan
Keringat adalah air yang dikeluarkan oleh kelenjar keringat yang bemama kelenjar ekrin dan apokrin pada kulit mamalia. Kandungan utama dalam keringat adalah sodium klorida (bahan utama garam dapur) selain bahan lain (yang mengeluarkan aroma) seperti 2-metilfenol (o-kresol) dan 4- metilfenol (p-kresol).
Pada manusia, keringat dikeluarkan untuk mengatur suhu tubuh, walaupun ada yang beranggapan bahwa komponen dari keringat laki-laki dapat
berfungsi sebagai pheromone. Penguapan keringat dari permukaan kulit
memiliki efek pendinginan karena panas Iaten penguapan air yang mengambil panas dari kulit. Oleh karena itu, pada cuaca panas, atau ketika otot memanas karena bekerja keras, keringat dihasilkan oleh tubuh yang berfungsi untuk mendinginkan atau menetralkan suhu tubuh. Keringat juga akan meningkat dalam keadaan gugup dan mual, serta menurun dalam keadaan demam. Hewan-hewan yang memiliki sedikit kelenjar keringat, seperti anjing, menurunkan temperatur tubuh dengan membuka mulutnya sambil menjulurkan lidah (terengah-engah), sehingga air menguap dari rongga mulut dan pharynx nya dan panas bisa keluar dari dalam tubuhnya. Sedangkan pada hewan primata dan kuda, kelenjar keringat terdapat di ketiak seperti pada manusia.
Terdapat dua macam kelenjar keringat yang berbeda dalam komposisi keringat yang dihasilkan serta fungsinya, yaitu kelenjar enkrin dan kelenjar apokrin.
Kelenjar keringat ekrin tersebar di seluruh permukaan tubuh tetapi lebih banyak terdapat telapak tangan, telapak kaki, dan wajah. Kelenjar ekrin sudah ada sejak kecil di mana keringat yang dihasilkannya tidak hanya berfungsi sebagai alat pengeluaran sisa metabolisme tubuh, namun juga berguna untuk mengatur suhu tubuh dan keringat yang dihasilkan adalah air yang mengandung berbagai macam garam.
Sedangkan kelenjar keringat apokrin terletak di daerah ketiak, payudara, daerah anus dan kemaluan. Kelenjar apokrin akan berfungsi aktif pada saat remaja dan keringat yang dihasilkan dipengaruhi oleh rangsangan
emosi. Keringat apokrin mengandung banyak lemak dan protein, yang apabila
- iklan minuman pocari sweat
diuraikan oleh bakteri akan menimbulkan bau yang tidak enak. Bau inilah yang kemudian dikenal sebagai bau badan.
Jadi, sebenarnya keringat pada manusia tidak berbau. Bau yang terdapat pada tubuh atau bromhidrosis Guga disebut bromidrosis, osmidrosis dan ozochrotia) sebenamya adalah bau bakteri yang bertambah jumlahnya dengan cepat karena kehadiran keringat.
Selain daun kemangi, daun sirih, dan tawas, temyata masih sangat banyak tanaman apotik hidup yang terbukti dapat berkhasiat untuk mengurangi atau menghilangkan bau badan, antara lain ;
Daun Sirih (Piper Betle)
- kata kata iklan makanan
Daun sirih yang telah lama dikenal berkhasiat sebagai antiseptik juga diketahui mengandung zat-zat aktif yang mampu menghilangkan bau badan terutama yang ditimbulkan bakteri atau jamur. Kandungan kimia minyak asiri dalam daun sirih antara lain kadinen, kavikol, sineol, eugenol, karvakol dan zat samak.
Untuk menghilangkan bau badan, salah satu cara adalah dengan merendam beberapa helai daun sirih dalam air panas, setelah dingin aimya diminum. Dapat pula ditambahkan gula putih secukupnya untuk menambah rasa.
Daun Beluntas (Pluchea Indica)
iklan makanan ringan
Tanaman yang biasa digunakan sebagai pagar hidup ini mempunyai sifat khas berbau langu dan berasa getir. Daun dan bunganya mengandung
alkali yang bertindak sebagai antiseptik. Kandungan kimianya antara lain
amino (leusin, isoleusin, triptofan, treonin), lemak, kalsium, fosfor, besi, Vitamin A dan C.
Untuk menghilangkan bau badan, daun beluntas biasa dilalap mentah atau dikukus terlebih dulu. Daun beluntas yang telah direbus juga lezat disantap sebagai urap (sayuran dengan kelapa parut yang dibumbui). Jika dibiasakan menyantap daun beluntas, bau badan akan hilang dengan sendirinya. Selain itu, bau mulut yang kurang sedap juga dapat dihilangkan dengan daun beluntas. Bagi yang tidak suka rasanya, bisa dengan meminum air rebusan daunnya setiap pagi dan sore. Beluntas juga bermanfaat menurunkan suhu tubuh untuk mendinginkan tubuh sehingga banyak keringat yang keluar. Daun Kemangi (Ocimun Balisicum)
Zat aktif yang terkandung dalam daun kemangi berfungsi sebagai antiseptik. Daun kemangi biasa digunakan sebagai lalap mentah atau sebagai sayuran urap yang juga dimakan mentah. Daun kemangi juga mengandung zat yang dapat meningkatkan selera makan. Bagi perempuan yang sedang mengalami menstruasi, jika mengonsumsi daun kemangi kurang lebih satu genggam pagi dan sore selama masa haid akan terhindar dari bau yang tidak sedap yang sering terjadi pada saat haid.
Rimpang Temulawak (Curcuma xanthorrhiza)
Zat-zat yang terkandung di dalam temulawak adalah sapomin, flavoinoida dan minyak asiri yang berfungsi untuk menghilangkan bau badan. Caranya ialah dengan meminum rebusan rimpang temulawak yang telah
dipotong-potong halus atau dengan meminum air perasan temulawak yang
sudah diparut dengan tarnbahan sedikit madu. Untuk mendapatkan hasil maksimal, parutan temulawak juga dapat dibalurkan ke seluruh badan untuk menghilangkan bau badan yang tidak sedap, yang keluar dari tubuh. Bunga Kecombrang (Nicolaia speciosa)
Sapomin, flavoinoida dan polifenol adalah zat aktif yang terkandung dalarn bunga kecombrang yang dapat menghilangkan bau badan. Kecombrang dapat dimanfaatkan dengan memasak daun muda dan bunganya, bisa juga dimakan sebagai ternan makan nasi, dan dapat pula dibuat sayur lodeh.
Jeruk Purut (Citrus bystrix)
Kulitnya mengandung minyak asiri yang berbau harum. Jeruk purut dapat digunakan untuk menghilangkan bau badan dengan cara meminum sari carnpuran kulit jeruk purut dengan sebatang kencur yang dihaluskan bersarna dengan air secukupnya.
Jeruk Nipis (Citrus aurantifolia)
Air jeruk nipis marnpu mengusir bau badan yang tidak sedap, dengan cara mencarnpurkannya dengan sedikit kapur sirih lalu digosokkan pada ketiak atau dibalurkan ke seluruh tubuh.
Jahe (Zingiber officinale)
Banyak orang India percaya bahwa jika mengonsumsi jahe bisa membuat mereka tercium manis. Menurut Pen Chao Cing dari Kaisar Shen Nong (3000 SM), jahe segar dapat menghilangkan bau badan dan mendekatkannya kepada aura spiritual. Wedang jahe jika dikonsumsi secara
teratur bisajadi sangat membantu mengatasi masalah bau badan.
Ketimun I Mentimun (Cucumis sativus)
Selain dapat menghilangkan kotoran membandel yang melekat di tubuh (daki), ketimun dapat juga menghilangkan bau badan, dengan mengupas ketimun muda lalu menggosokkannya lee badan secara rutin, setiap sehabis mandi.
Cengkih I Cengkeh (Eugenia aromatica)
Beberapa kuntum bunga cengkeh yang direndam hingga mengembang dan kemudian diminum aimya, dipercaya dapat membantu menghilangkan bau badan yang tidal< sedap. Air rebusan beberapa kuntum cengkeh dengan gula merah, dapat pula menjadi minuman segar dan menghangatkan di kala hujan.
2.1.3 Sejarah Singkat MBK
PT Bahagia Idkho Mandiri adalah pembuat produk MBK, yang berdiri sejak tahun 1983, dengan pemilik bemama H. Moh. Nasir Idrus, SE.
MBK adalah sebuah produk yang memposisikan diri sebagai produk yang berbeda dengan produk lainnya, karena MBK lebih mengedepankan keamanan dan rasa aman bagi pemakainya.
Banyak produk serupa yang beredar di masyarakat atau pasaran, namun produk MBK boleh dibilang adalah salah satu produk yang sangat teruji dan terbukti keampuhannya dalam mengatasi problem bau badan.
Produk yang tidal< berakohol ini sudah banyak beredar di pasaran, baik pasar tradisional ataupun supermarket-supermarket besar di Indonesia. Untuk
itu anda tidal< lagi merasa kesulitan untuk mencarinya.
2.1.4 Deskripsi UmumKemasanMBK
- iklan makanan dalam bahasa inggris
Visual Kemasan
• BedakMBK
Bedak biang keringat dengan kemasan berbentuk botol isi 60 gram yang memiliki 2 varian produk, MBK putih kemasan berwama putih, dan MBK Tin Super dengan kemasan berwama silver, yang memiliki daya penghilang bau badan lebih kuat dari produk MBK yang lain.
• MBKRoll On
Produk penghilang bau keringat ini berupa liquid atau cairan yang dikemas dalam botol plastik, dengan bola plastik yang bisa berputar sebagai tempat keluamya cairan. Pada kemasan roll on, terdapat lima varian produk, dengan lima aroma yang berbeda pula.
• MBK Non Menthol
Bedak Biang keringat yang tidak mengandung menthol didalamnya, memiliki 2 varian kemasan, yaitu kemasan botol isi 160 gram dan kemasan tabung isi 60 gram yang dapat digunakan sebagai refill.
• MBK Menthol
Bedak Biang keringat yang mengandung menthol ini memiliki 2 varian kemasan, yaitu kemasan botol isi 160 gram dan kemasan tabung isi 60 gram yang dapat digunakan sebagai refill.
• MBKSachet
MBK sachet memiliki 2 varian produk, yaitu MBK putih kemasan berwama putih 13,6 gram, dan MBK Tin Super kemasan berwama silver isi 13,6 gram pula. Yang membedakan keduanya adalah jenis keharumannya dan daya penghilang baunya, dimana Tin super memiliki daya penghilang bau yang lebih kuat. Bedak Penghilang bau keringat yang dikemas dalam sachet ini juga dikemas dalam kotak kertas, yang berisi 12 bungkus pada setiap kotaknya.
Tipografi
Tipografi pada kemasan MBK menggunakan beberapa jenis huruf yang berbeda-beda. Setidaknya ada 6 jenis huruf yang berbeda pada setiap kemasan, dimana huruf-huruf tersebut adalah jenis huuf yang tidak mudah dikenali. Dengan banyaknya jenis huruf yang diletakkan bersamaan dalam satu kemasan, akan membuat tampilan kemasan tampak berantakan dan tidak rapi.
Huruf yang diletakkan bersamaan dalam sati kemasan akan membuat rancu
unsur keterbacaan atau hierarki pada kemasan, dan tidak sedap dipandang mata.
Warna
Wama yang terdapat pada MBK sebagian besar menggunakan wama hitam, hijau dan merah. Wama merah dan hijau digunakan pada logogram, sedangkan pada logotype menggunakan wama merah dan hitam. Pada kemasan roll on terdapat 5 varian aroma, dimana masing-masing varian memiliki wama dasar yang berbeda-beda.
Layout
Sebagian besar layoutnya tampak rata tengah pada bungkus bagian depan, dan rata kiri pada bungkus bagian belakang.
Elemen Visual
Elemen visual pada kemasan adalah berupa omamen grafik yang berupa gambar bunga sepatu berwama merah dengan putik berupa ujung anak panah berwana merah pula. Elemen visual disini juga berfungsi sebagai logo.
Data Kemasan
NamaProduk Jenis Produk Nama Produsen Dipasarkan Oleh Alamat Produk Kota/Kabupaten
Wama Dominan
: PO Powder MBK
: Kecantikan, Bedak Tabur Untuk Badan
: CV. Bahagia Produk
:PT. Bahagia Idkho Mandiri
: Perum Darmo Indah Asri Blok Ad /6
: Surabaya, Jawa Timur
: Putih, merah dan hijau
Visual
Komposisi
Penafsiran
: Bunga Sepatu
: Tawas, talk dan parfum
Gambar bunga dipakai karena dianggap aroma bunga yang harum
sesuai dengan tujuan produk ini yaitu untuk menghilangkan bau badan dan dapat membuat badan kita harum seperti aroma bunga. Kemasannya dibingkai dengan gambar omamen-omamen bunga merah yang kelihatan modem. Pada kemasan sachet dan tabung warna merah menjadi wama utama yang juga sebagai wama logo dengan background yang berbeda-beda pada setiap kemasan.
Jenis Rancangan : Kemasan
2.2 HASIL SURVEI
2.2.1 Mengenai Produk MBK
MBK adalah produk kecantikan, yaitu bedak penghilang bau badan yang sudah diproduksi sejak tahun 1983. Walaupun banyak competitor dengan produk sejenis bermunculan, MBK tetap memiliki konsumen fanatiknya. Terbukti ke-eksistensian produk MBK sebagai produk penghilang bau badan yang tebukti ampuh dan aman; tanpa iklan besar-besaran pun, MBK tetap dikenal oleh masyarakat luas.
2.2.2 Mengenai Kualitas MBK
• Bedak MBK adalah bedak penghilang bau badan dengan segmen pasar menengah kebawah.
• Bedak MBK adalah pelopor bedak penghilang bau badan pertama yang terbukti aman dan berkhasiat, sejak tahun 1983.
2.2.3 Mengenai Konsumen MBK
Pemakai MBK umumnya dari kalangan menengah dan menengah kebawah. Selain image "jadul" pada kemasan MBK, tidak adanya perubahan image, membuat kalangan menengah dan menengah keatas memilih produk lain yang sejenis, dengan kemasan atau packaging dan image yang lebih modern. Image "murahan" yang melekat pada produk MBK membuat produk ini jarang dilirik oleh orang-orang kalangan kaum berada, padahal kualitas MBK tidak perlu diragukan lagi. Itulah sebabnya, produk MBK di-identikkan dengan produk untuk PRT atau orang desa, padahal tidak sedikit pula orang orang dari golongan menengah keatas memakai produk ini.
2.2.4 Kompetitor MBK
BB Harum Sari
Bedak penghilang bau badan Harum Sari produksi PT Air Mancur (AM) tak beda dari MBK, Harum Sari juga membidik segmen yang sama, yaitu menengah-bawah. Yang membedakan antara MBK dan Harum Sari hanyalah pada positioning. Harum Sari memposisikan diri sebagai bedak
penghilang bau badan yang sekaligus mengharumkan. Sementara itu, produk-
produk yang ada sebelumnya, menurut Hartanto(Pengelola PT Air Mancur), hanyalah berfungsi sebagai bedak penghilang bau badan, tanpa memiliki fungsi pengharum. "Kekuatan Harum Sari terletak pada fungsinya, yaitu menghilangkan bau badan dan juga mengharumkan," ia menegaskan.
The Body Shop
Perusahaan luar negri ini memang bergerak di bidang kecantikan. The Body Shop memproduksi berbagai produk kecantikan yang ramah lingkungan. Bahan-bahan yang digunakan alami dan berasal dari alam. Bahan bakunya berasal dari berbagai kekayaan alam dari berbagai penjuru dunia. Selain produk kecantikan, The Body Shop juga menawarkan peralatan make up, peralatan mandi, dan aroma teraphy. The Body Shop memiliki beberapa varian produk penghilang bau badan yang berupa liquid atau cairan dengan kemasan roll on. Produk penghilang bau badan dari The Body dibedakan dari aromanya. Untuk wanita, The Body Shop menawarkan produk yang hampir tidak berbau, yang berbahan dasar aloe vera. Selain itu, juga ditawarkan aroma white musk, oceanus, lengkap dengan parfum, lotion, dan sabun mandinya. Sedangkan untuk kaum lelaki The Body Shop menawarkan aroma lebih keras
yang diberi nama Citrus.
•JJ
.
-
Rexona
Rexona hadir berupa cairan atau liquid dengan kemasan roll on, yang memiliki beberapa varian aroma. Selain itu, rexona juga memiliki body spray yang dikemas dengan lebih praktis dan lebih trendy. Packaging rexona sangat modem, mulai dari logogram, logotype, typografi dan kemasan, semuanya sangat menarik. Rexona juga mengeluarkan beberapa type, rexona untuk remaja, dan rexona khusus untuk lelaki. Design nya pun sangat sesuai dengan
pasar yang dituju.
II
Rexana
1'1.
i
Iff
2.3 TARGET AUDIENCE
Target audience untuk MBK ini adalah orang dewasa pada usia produktif, baik pria maupun wanita di kota-kota besar seperti Jakarta, Bandung, Surabaya dan Bogor, dengantingkatekonomimenengah.
Dari sisi psikologis, target pasar produk ini ialah orang-orang yang bermasalah dengan bau badan yang tak sedap.
Sedangkan untuk demografisnya adalah semua orang baik pria maupun wanita, tua maupun muda yang bermasalah dengan bau badannya.
- iklan makanan dan minuman dalam bahasa inggris
2.4 ANALISA SWOT
2.4.1 Strengths (Kekuatan)
• MBK merupakan pelopor bedak penghilang bau badan di Indonesia.
• Distribusi yang merata di pasar tradisional dan peritel kecil.
• Kualitas MBK telah terbukti.
• Packagingnya sederhana dan mudah diingat.
• Keunggulan MBK dalarn harga, paling murah.
2.4.2 Weaknesses (Kelemahan)
• Kemasan MBK yang ada saat ini tidak memenuhi syarat kemasan yang baik.
• Logo pada kemasan MBK tidak menarik dan tidak jelas maknanya,
sehingga membingungkan konsumen.
• Font yang digunakan terlalu banyak dan terkesan kaku, kuat, dan kokoh, sehingga tidak sesuai dengan fungsinya sebagai produk kecantikan.
• Warna-warna yang dipakai tidak menarik dan terkesan kampungan, sehingga sangat tidak cocok dijual di supermarket-supermarket besar.
• MBK tidak beraktifitas promosi dengan baik.
• Kemasan yang sangat sederhana, sudah tidak sesuai dengan kebutuban jaman sekarang.
• Image yang terbangun dari packaging lama membuat orang merasa malu memakai produk ini.
• Visual kemasan sangat tidak menarik, sehingga tidak cocok untuk pangsa pasar menengah.
• Tampilan kemasan terkesan "jadul" dan membosankan.
• Image "kampungan" yang melekat pada MBK membuat bedak 1111
dipandang sebelah mata.
2.4.3 Opportunities (Peluang)
• Karena udara di Indonesia lembab, maka besar kemungkinan orang akan berkeringat dalam aktivitas kesehariannya.
• Aktivitas yang padat menuntut lahirnya produk yang praktis dan mudah digunakan, dan MBK memenuhi kebutuhan tersebut dengan packaging
barunya.
• Karena telah terbukti khasiatnya, MBK dapat menarik lebih banyak konsumen.
• Kekuatan visual bisa menolong produk rm agar dapat menembus pangsa pasar yang lebih tinggi.
• Karena pemain lama, akan lebih mudah bagi MBK untuk memasrkan kembali produknya dengan tampilan yang berbeda.
• Dengan pakcaging barunya, diharapkan MBK dapat melayani dua segmen konsumen, yaitu konsumen menengah kebawah untuk kemasan larnanya dan konsumen menengah keatas untuk kemasan barunya.
2.4.4 Threats (Ancarnan)
- poster iklan jaman dulu yang menyeramkan
• Banyak bermunculsn produk sejenis dengan varian yang lebih beragarn.
• Banyak bermunculan produk sejenis dengan tarnpilan yang lebih •
modem
• Kurangnya aktifitas promosi membuat produk ini tenggelam diantara kompetitor yang bermunculan.
- iklan minuman lucu
2.5 FAKTA KUNCI
2.5.1 Strengths & Opportunities
Memanfaatkan kekuatan dalarn kesempatan yang dimiliki dengan membuat packaging baru dengan target audience yang baru pula, yaitu menengah.
21
2.5.2 Strengths & Threats
Memanfaatkan kekuatan untuk mengatasi dampak dari ancaman dengan membuat packaging baru yang sesuai dengan kebutuban pasar jaman sekarang dengan target audience masyarakat ekonomi menengah, sehingga tidak tenggelam diantara kompetitor lain dengan tampilan yang lebih modem.
2.5.3 Weaknesses & Opportunities
Mengatasi kelemahan dengan memanfaatkan kesempatan yang dimiliki dengan membuat packaging yang tetap sederhana tetapi dengan tampilan yang lebih elegan dan menarik, sehingga mengundang orang-orang untuk memakai produk ini, mengingat produk ini sudah teruji kualitasnya.
2.5.4 Weaknesses & Threats
Mengatasi kelemahan sehingga ancaman tidak terjadi dengan mengumpulkan data, mendesain ulang semua kemasan dan bekaktifitas promosi dengan baik, sehingga kemasan yang baru cepat dikenal oleh konsumen, dengan kualitas yang sudah terbukti.
2.5.5 Kesimpulan
- iklan makanan bergambar
Bedak MBK adalah pelopor bedak penghilang bau badan di Indonesia yang berbahan dasar tawas, yang telah terbukti aman dan berkhasiat untuk menghilangkan bau badan yang tidak sedap. Harga yang murah membuat
MBK tetap eksis sampai sekarang, walaupun tidak beriklan di media cetak
22
maupun media elektronik. Distribusi MBK langsung, dengan membagi sales force-nya dalam tiga team, yaitu apotik, door to door Gamu-khusus jakarta), dan pedagang, dan sama sekali tidak menangani penjualan ke gerai-gerai modem. MBK lebih mernilih distribusi di daerah urban dan perdesaan. Di kota, Bedak MBK banyak ditemui di pasar tradisional dan peritel kecil. Namun belakangan ini, karena penurunan penjualan, dan semakin banyaknya kompetitor, MBK bemiat menaikkan sekmen pasar ke masyarakat dengan tingkat ekonomi golongan menengah, maka itu diperlukan kemasan yang baru pada setiap produknya, sehingga lebih sesuai dengan target market yang baru. Kemasan MBK yang baru diharapkan dapat menarik lebih banyak konsumen dari kalangan menengah, mengingat kualitas MBK yang sudah dikenal sejak tahun 1983.
Dengan adanya informasi yang kami sajikan tentang iklan jadul minuman
, harapan kami semoga anda dapat terbantu dan menjadi sebuah rujukan anda. Atau juga
anda bisa melihat referensi lain kami juga yang lain dimana tidak kalah bagusnya tentang Gombalan Maut Berdasarkan Jurusan Kuliah
. Sekian dan kami ucapkan terima kasih atas kunjungannya.
buka contoh marketing : https://library.binus.ac.id/.../2009-2-00115-DS%20Bab%202
No comments:
Post a Comment