Contoh Jargon Kata

Contoh Jargon Kata

kumpulan slogan perusahaan  contoh kata jargon  kumpulan motto perusahaan  contoh motto perusahaan terbaru  contoh motto perusahaan jasa terbaru  contoh jargon ospek  contoh slogan perusahaan dunia 2010  deskripsi toko
Contoh Jargon Kata
jargon perusahaan - Slogan merupakan suatu kalimat pendek nan bertujuan buat mengajak atau menolak terhadap suatu hal dan biasanya jargon kata ini dibuat oleh suatu produk maupun digunakan buat iklan layanan masyarakat. Banyak sekali contoh jargon kata yang dapat menjadi bahan acuan buat membuat suatu jargon baru.

Meskipun jargon ini hanya berupa kalimat pendek nan tidak lebih dari 10 kata, namun kata-kata dalam jargon ini harus mudah diingat dan pesan nan dimaksudkan dapat sampai kepada orang nan diajak.

Penggunaan jargon ini hampir ada di setiap produk barang maupun jasa sebab jargon ini juga dapat menunjukkan suatu bukti diri suatu produk tersebut. Namun tak menutup kemungkinan jika jargon kata digunakan sinkron dengan tema tertentu.


Kriteria Pembuatan Jargon Kata

Ada beberapa hal nan harus diperhatikan dalam membuat sebuah jargon diantaranya adalah:

1. Kalimatnya singkat namun padat isi

Slogan kata bukanlah sebuah kalimat nan panjang bahkan sampai terdiri dari beberapa kalimat. Jargon kata ialah kalimat nan pendek nan hanya terdiri dari 2-8 kata saja namun memiliki makna isi nan mampu menjelaskan suatu hal.

Penggunaan kalimat nan singkat ini juga dimaksudkan agar orang-orang mampu mengingatnya sehingga apabila mendengar jargon tersebut, orang-orang bisa langsung mengetahui produknya. Jargon nan panjang akan membuat publik bosan dan mudah melupakannya.

2. Mampu mengajak orang nan membacanya

Salah satu tujuan dari adanya jargon kata ialah mengajak para pembacanya atau orang-orang buat menggunakan atau membeli produk tersebut. Jadi, jargon kata harus berisi kata-kata nan mampu mengajak para pembacanya.

Untuk mengajak ini, tak harus diikuti dengan kata “ayo”, namun cukup makna nan implisit saja dari jargon kata tersebut.

3. Mampu menunjukkan bukti diri suatu produk

Slogan kata tak hanya digunakan buat mengajak orang-orang membeli atau menggunakan suatu produk atau suatu hal saja, melainkan juga menunjukkan bukti diri suatu produk tersebut.

Slogan kata harus mampu memberikan makna implisit nan menunjukkan identitasnya sehingga orang akan mudah mengenal suatu produk tersebut.

4. Mampu menyiratkan makna nan luar biasa

Slogan nan baik ialah jargon nan dapat menyiratkan makna nan dapat dimengerti oleh semua orang tanpa harus menuliskannya. Hal seperti ini akan membuat jargon kata tersebut sangat berkesan bagi orang-orang nan mendengarnya.

5. Jargon kata harus kreatif

Kreatif akan sangat dibutuhkan buat membuat sebuah jargon kata . Jargon kata tak boleh menggunakan slogan-slogan nan sudah ada. Jargon kata nan lucu juga akan memberikan nilai tambah tersendiri sehingga disukai oleh orang-orang.

6. Tidak berlebihan

Slogan kata nan hiperbola justru akan membuat hal tersebut tak disukai oleh orang-orang. Misalnya saja produk tersebut ialah nan nomor 1 atau nan terbaik diantara nan lain.

Walaupun keadaanya memang sahih demikian, jargon kata tak harus mengumbar kata-kata hiperbola seperti nan terbaik atau nan lainnya. Cukup tekankan keunggulan produk secara jujur namun tak berlebihan.

7. Komitmen

Apabila menampilkan jargon kata nan menunjukkan komitmen produk tersebut terhadap pelanggannya, maka perusahaan produk tersebut harus tetap menjaga komitmennya. Hal ini dimaksudkan buat menciptakan kepercayaan pada pelanggan dan pelanggan tak mudah beralih ke produk lain.


Contoh Jargon Kata

Membuat sebuah jargon kata memang susah-susah gampang dan sangat tergantung pada daya kreatifitas pembuatnya. Seperti nan telah dijelaskan sebelumnya, jargon kata paling tak harus memenuhi 7 kriteria-kriteria nan telah disebutkan agar menjadi unik dan selalu diingat oleh pembaca dan pendengarnya.

Berikut ini akan dijelaskan mengenai beberapa contoh jargon kata nan mungkin sudah sering didengar dan dibaca di berbagai media.


1. Media

Di Indonesia sendiri ada berbagai media baik media cetak seperti majalah dan Koran maupun media elektronik seperti televisi dan radio. Hampir semua media tersebut memiliki slogannya masing-masing. Contohnya ialah sebagai berikut:

    SCTV (satu buat semua)
    Trans corp (milik kita bersama)
    Indosiar (memang buat anda)
    RCTI (kebanggan bersama milik bangsa)
    Kompas (buka mata dengan kompas)
    Majalah aneka yess (young, energetic, smart and stylish)

Slogan-slogan tersebut merupakan contoh dari jargon kata beberapa media cetak dan media elektronik. Jika diperhatikan, semua jargon tersebut merupakan kalimat nan sangat singkat nan tak lebih dari 5 kata namun memiliki makna nan implisit dan mampu menunjukkan bukti diri serta keunggulan dari media-media tersebut.


2. Makanan dan Minuman

Makanan dan minuman sangat banyak dijumpai dan hampir semuanya memiliki jargon masing-masing. Berikut ini beberapa contoh slogannya:

    Chitato (life is never flat)
    Kentucky fried chicken (jagonya ayam)
    The botol sosro (apapun makanannya, minumnya teh botol sosro)
    UC 1000 (healthy inside fresh outside)
    Kacang garuda (ini kacangku)
    Silver queen (santai belum lengkap tanpa slver queen)
    Sosis so nice ( kampiun makan so nice)
    Coca cola (segarnya juara)
    Sprite (segarkan ekspresimu)
    Aqua (kebaikan alam, kebaikan hidup)

Contoh di atas merupakan sebagian contoh jargon dari beberapa makanan dan minuman saja. Sebenarnya masih banyak lagi contoh-contoh jargon lainnya nan tak dapat disebutkan satu-persatu disini. Sama dengan jargon kata media sebelumnya, jargon kata buat makanan dan minuman ini juga merupakan sebuah kalimat singkat dan memliki makna implisit tersendiri tergantung pada konsumen juga nan mengartikannya.

Dari contoh-contoh tersebut, bisa diambl satu contoh jargon yaitu buat produk kacang garuda. Jargon kacang garuda ini juga pernah beberapa kali mengalami pergantian jargon dan nan terakhir ialah jargon “ini kacangku”. Pemilihan jargon ini dianggap tim pemasaran kacang garuda sebagai jargon nan pas dan sinkron sebab konsumen bisa mengingatnya dan mudah dan konsumen bisa mengartikannya sinkron persepsi masing-masing.


3. Kartu seluler

Berikut ini beberapa contoh jargon dari kartu seluler nan ada di Indonesia:

    Telkomsel (begitu dekat, begitu nyata)
    Indosat (punya indosat)
    Smart (smart, hebat, hemat)
    XL (XL, Xlangkah lebih maju)
    Esia (untung pakai Esia)
    Axis (GSM nan baik)

Beberapa jargon di atas merupakan jargon terbaru dari kartu-kartu selular nan ada di Indonesia.

Beberapa produk atau barang juga kerap kali melakukan pergantian slogan. Ada beberapa hal nan menyebabkan pergantian jargon tersebut dantaranya sebab perkembangan zaman, pergantian tim kerja pada perusahaan produk tersebut maupun persepsi masyarakat terhadap jargon itu apakah dinilai baik atau tidak.

Dengan memperhatikan aspek-aspek tersebut, diharapkan bisa memberikan dan menciptakan jargon nan lebih baik lagi terutama buat publik.


4. Rokok

Rokok merupakan sebuah produk nan slogannya terkadang cukup unik. Jika diperhatikan, produk rokok merupakan produk nan memiliki banyak anggaran dalam pempublikasiannya terutama dalam iklan.

Sebagai contoh, anggaran buat klan rokok yaitu hanya disiarkan di atas jam 9 malam dan tak boleh memperlihatkan gambar orang sedang merokok. Makanya kita tak pernah melihat gambar orang sedang merokok pada iklan-iklan rokok, dan hal itu juga terkadang menjadi pertanyaan tersendiri pada masyarakat.

Berikut ini ialah contoh beberapa jargon rokok nan sering dilihat.

    Surya 16 (surya 16, gambaran eksklusif)
    Gudang garam internasional (pria punya selera)
    A mild (bukan basa-basi)
    Sejati (sejati, memang bikin bangga)
    Djarum super (my life, my advebture)
    Surya 12 (taklukkan tantanganmu / selera pemberani)
    Djarum 76 (yang krusial hepi)

Demikianlah beberapa contoh jargon kata buat beberapa produk di Indonesia. Sebenarnya masih banyak produk lain nan memiliki jargon kata seperti sabun, sampo, handphone, alat elektronik, kendaraan, baju dan lain-lain. Jika diperhatikan, jargon kata tersebut memiliki kriteria-kriteria nan telah dijelaskan sebelumnya.

Slogan kata juga bukan hanya digunakan buat produk-produk saja, melainkan juga buat hal lain misalnya saja dalam iklan layanan masyarakat. Kta sering mendengar jargon kata “dua anak lebih baik”, jargon tersebut merupakan sebuah jargon nan digunakan buat iklan layanan masyarakat keluarga berencana.

Atau hal lainnya dapat juga jargon tentang lingkungan hidup, pendidikan dan lain sebagainya dimana hal ini menunjukkan bahwa jargon merupakan sesuatu nan fleksibel dan dapat digunakan buat berbagai hal.

Demikian tadi ulasan mengenai contoh jargon kata, semoga bisa menambah wawasan Anda.




kumpulan slogan perusahaan

contoh kata jargon

kumpulan motto perusahaan

contoh motto perusahaan terbaru

contoh motto perusahaan jasa terbaru

contoh jargon ospek

contoh slogan perusahaan dunia 2010

deskripsi toko

Dengan adanya informasi yang kami sajikan tentang  jargon perusahaan

, harapan kami semoga anda dapat terbantu dan menjadi sebuah rujukan anda. Atau juga anda bisa melihat referensi lain kami juga yang lain dimana tidak kalah bagusnya tentang PROSES BROWNING PADA BAHAN PANGAN DAN PENCEGAHANNYA 

. Sekian dan kami ucapkan terima kasih atas kunjungannya.


buka contoh marketing : http://www.binasyifa.com/509/14/27/contoh-jargon-kata.htm

No comments:

Post a Comment