7 Contoh Iklan Layanan Masyarakat Terunik Sedunia


7 Contoh Iklan Layanan Masyarakat Terunik Sedunia

buzz marketing, guerilla marketing, integrated marketing, integrated marketing communications, marketing, marketing mix, marketing news, niche marketing, sports marketing, word of mouth marketing
 7 Contoh Iklan Layanan Masyarakat Terunik Sedunia


contoh iklan layanan jasa - Apa yang disebut dengan iklan? Iklan adalah promosi seperti benda, barang, jasa, tempat usaha, dan ide yang harus dibayar oleh sebuah sponsor. Yah, paling tidak itu adalah pengertian iklan kalau kita kutip dari situs ternama wikipedia tentang iklan.

Tapi tahukan kamu bahwa inti dari iklan adalah menawarkan, sesuatu baik itu barang ataupun jasa dengan tujuan supaya orang mengetahuinya dan menggunakan atau membelinya. Lihat saja jika kita melihat iklan di televisi, semua iklan tersebut tujuan utamanya adalah menawarkan agar memakai, membeli atau hannya sekedar mengetahui saja.

Jadi, jika kita lihat dari fungsi dan tujuannya, maka ada beberapa jenis iklan. Biasanya iklan dibuat agar lebih mudah diketahui oleh masayarakat. Jika kita memiliki sesuatu yang ingin kita jual, maka orang tidak akan mengetahuinya jika tidak kita iklankan. Peranan iklan tampaknya sudah menjadi SANGAT penting dalam sebuah usaha.

Tahukah kamu bahwa sebuah perusahaan mampu mengeluarkan biaya iklan sampai puluhan juta bahkan ratusan hingga miliaran rupiah? Yah, ini dilakukan agar pasar atau prospek pembelinya menjadi lebih besar. Mari kita lihat cakupan luas daerah dan target pembeli jika kita menggunakan iklan.

Bayangkan kamu ingin menjual sesuatu produk, barang atau jasa, kemudian kamu tidak menggunakan iklan. Maka bisa dipastikan barang yang kamu jual akan laku di daerah mu saja.


Bagaimana jika kamu beriklan pada surat kabar atau koran lokal. Anggaplah misal kamu beriklan di koran lokal Jakarta, misalnya Jakarta Pos. Maka cakupan orang yang dapat mengetahui produk atau barang yang ingin kamu tawarkan adalah orang Jakarta saja.

Sekarang bayangkan jika kamu beriklan di Radio Nasional seperti RRI dan atau pada Televisi swasta dan nasional. Bisa dipastikan dari segi tingkat kepercayaan masyarakat akan JAUH lebih tinggi dan cakupannya juga JAUG lebih Luas. Siaran radio bisa mencakup dari sabang hingga merauke dan iklan di televisi juga demikian.
Iklan Layanan Masyarakat menjual apa?

Pertanyaan ini sangat sering dilontarkan kepada kami, sehingga saya membuat artikel yang menyangkut Contoh Iklan Layanan Masyarakat.

Contoh Iklan Layanan Masyarakat sejatinya biasanya dibuat oleh pemerintah. Sebagaimana yang sudah kita bahas sebelumnya bahwa iklan bertujuan menawarkan, menjual atau hannya sekedar memberitahukan. Nah, Contoh Iklan Layanan Masyarakat adalah bertujuan untuk memberitahukan.

Jadi untuk iklan layanan masyarakat, tujuan utamanya memang bukan menjual dan mengambil keuntungan. Melainkan mebeitahukan kepada masyarakat hal-hal yang dianggap perlu dan penting untuk kehidupan masyarakat.


Iklan layanan masyarakat biasanya muncul atau dibuat oleh pemerintahan untuk rakyatnya. Dengan begitu tidak mungkin pemerintah mengambil keuntungan dari rakyatnya. Yuk kita akan melihat beberapa Contoh Iklan Layanan Masyarakat terunik yang pernah dibuat oleh pemerintah Indonesia.
Contoh Iklan Layanan Masyarakat
1# Iklan layanan masyarakat tentang kesehatan
iklan layanan masyarakat asbes


Sempat dilanda isu asbes yang berbahaya bagi kesehatan, akhirnya iklan layanan masyarakat ini muncul agar mengurangi penggunaan bahan asbes pada setiap produk rumah tangga dan kendaraan.
iklan layanan masyarakat aids

iklan layanan masyarakat aids
Indonesia sampai hari ini belum bisa bebas AIDS. Padahal seharusnya peran pemerintah yang sedemikian besar diharapkan mampu mengurangi atau menghilangkan penyakit ini dari bumi Indonesia.
2# Iklan Narkoba
iklan layanan masyarakat narkoba
 iklan layanan masyarakat narkoba

Bahaya narkoba tampaknya masih dianggap enteng dan sepele bagi banyak orang. Hampir tidak pernah hilang iklan tentang narkoba dari layar kaca televisi sampai saat ini.
3# Iklan rokok
iklan layanan masyarakat rokok
Rokok memang tidak langsung mengakibatkan dampak buruk bagi seseorang. Tapi tahukah Anda bahwa rokok akan berakibat FATAL dikemudian hari. Contoh iklan layanan masyarakat tentang rokok saat ini adalah membuat gambar-gambar bahaya rokok pada sampul atau kotak rokok.
iklan layanan masyarakat rokok

4# Global Warming
iklan layanan masyarakat global warming
 iklan layanan masyarakat global warming

Terjadinya pemanasan global, telah membuat seluruh orang di muka bumi ini memberikan perhatian khusus untuk kelangsungan bumi dimasa yang akan datang dengan mengkampanyekan “Global Warming”. Tujuannya agar manusia tidak melakukan hal-hal yang merusak lingkungan.
5# Bayar pajak
iklan layanan masyarakat pajak
 iklan layanan masyarakat pajak

Seharusnya Indoensia ini bisa menjadi lebih maju karena uang atau ongkos pembangunannya bisa lebih besar dari 2000 Triliun. Satu persoalan utamanya adalah masih banyak sekali perusahaan-perusahaan yang tidak membayar pajak, termasuk orang-perorang. Dengan begitu, pemerintah menggalakkan agar ikut membayar pajak bahkan sampai kepada bangku SMA sudah diajarkan untuk taat bayar pajak.
6# Dilarang bertelepon saat berkendaraan
iklan layanan masyarakat safety drive
iklan layanan masyarakat safety drive
Ilustrasi

Sempat menjadi bahan perbincangan karena seringnya terjadi kecelakaan akibat berkendaraan sambil menggunakan handphone, akhirnya pemerintah melalui kepolisan Republik Indoensia mengeluarkan iklan layanan masyarakat agar mengutamakan keselamatan di jalan dengan istilah “Safety Riding”
7# Iklan KB


Iklan ini adalah salah satu Contoh Iklan Layanan Masyarakat yang tidak akan pernah dilupakan bangsa Indonesia ini. Pasalnya masyarakat Indonesia seolah masih belum mau mengikuti saran pemerintah. Pola pikir masayarakat jaman dulu yang mengatakan:

    Banyak anak banyak rejeki, sedikit anak sedikit rejeki

tampaknya masih belum bisa dilepaskan dari prinsip orang Indoensia. Sehingga pemerintah terus membuat iklan ini mulai dari radio bahkan televisi. Apakah akan berhasil? Kita lihat saja.

Itulah Contoh Iklan Layanan Masyarakat terunik sedunia terutama bagi Indonesia. Jika kita melihat model iklan-iklan layanan masyarakat tersebut yang dibuat dengan versi lainnya, maka terkadang kita akan merasa tergelitik dan lucu. Tapi begitulah sebuah pemerintahan yang baik. Selalu memberikan arahan, iklan dan tujuan yang berguna lebih baik bagi masyarakatnya


Dengan adanya informasi yang kami sajikan tentang  contoh iklan layanan jasa

, harapan kami semoga anda dapat terbantu dan menjadi sebuah rujukan anda. Atau juga anda bisa melihat referensi lain kami juga yang lain dimana tidak kalah bagusnya tentang Contoh Surat Penawaran dalam Bahasa Inggris 

. Sekian dan kami ucapkan terima kasih atas kunjungannya.


buka contoh marketing : https://www.marketingjoss.com/7-contoh-iklan-layanan-masyarakat-terunik-sedunia/

No comments:

Post a Comment