RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER

RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER

buzz marketing, guerilla marketing, integrated marketing, integrated marketing communications, marketing, marketing mix, marketing news, niche marketing, sports marketing, word of mouth marketing
RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER


contoh iklan dalam bahasa inggris - PROGRAM STUDI SASTRA– UNIVERSITAS GUNADARMA

Tanggal Penyusunan    06/09/2016    Tanggal revisi    -

Kode dan Nama MK    IT061247    Penulisan Bahasa Iklan
SKS dan Semester    SKS    2    Semester    (PTA)
Prasyarat    -
Status Mata Kuliah    [√] Wajib          [... ] Pilihan
Dosen Pengampu    -
Capaian Pembelajaran
Mata Kuliah    Sikap    1.    Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius.
2.    Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika.
3.    Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila.
4.    Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air,  memiliki nasionalisme serta rasa tanggung jawab pada negara dan bangsa.
5.    Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain.
- contoh iklan shampo bahasa inggris 6.    Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan.
7.    Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara.
8.    Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik.
9.    Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri.
10.    Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan.
    Ketrampilan Umum    1.    Mampu menguasai dan menerapkan kaidah-kaidah Bahasa Inggris dengan baik dan menggunakan ketrampilan berbahasa yaitu menyimak, berbicara, membaca dan menulis dalam bahasa Inggris sehingga mampu mendokumentasikan dan menyimpan data serta menunjukkan kinerja yang mandiri, bermutu dan terukur serta menunjukkan sikap yang bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri.
 - contoh iklan hp dalam bahasa inggris2.    Mampu membuat dan mengelola usaha mandiri dan komersial di sektor jasa yang terkaitdengankebahasaandengan menerapkan tata kelola usaha yang baik, etika bisnis, berbasis teknologi informasi, serta peduli pada pemberdayaan masyakarat danlingkungan sekitar lokasi usahanya sehingga dapat mendukung penciptaan lapangan kerja dalam lingkup usaha rintisan atau usaha skala kecil dan menengah
    Pengetahuan    Mampu menguasai keilmuan tentang bahasa, sastra, budaya, dan mampu mengaktualisasikannya di bidang yang ditekuni dalam kehidupan bermasyarakat, serta terampil berbahasa inggris lisan dan tulisan.
    Ketrampilan Khusus    Mahasiswa dapat diharapkan membuat iklan dengan bahasa yang menjual namun tetap berterima di masyarakat.
Deskripsi Umum (Silabus)    1.    Definisi dan ruang lingkup Iklan media massa, Beberapa Istilah Periklanan, Macam-macam bentuk iklan di media massa, Sejarah Iklan Media massa di Indonesia, Akar kajian, Analisis bahasa iklan, dari segi error analysis, Analisis bahasa iklan dari segi majas, Pengertian dan definisi symbol dalam iklan, Iconographic, Keluarga Huruf Serif dan Sanserif, Penggunaan Tipografi dalam Iklan, Bahasa Iklan, Teknik Penulisan Headline, Macam-Macam Headline,Teknik Penulisan Sub-Headline, Teknik Penulisan Body Copy, Pendekatan Penyampaian Iklan.
- iklan sepatu dalam bahasa inggris 
Metode Pembelajaran    1.    Ceramah/Kuliah Pakar    √    5. Praktik Laboratorium    .....
    2.    Problem Based Learning/FBD    .....    6. Self-Learning (V-Class)    √
    3.    Project Based Learning    √    7. Lainnya    ….
    4.    Diskusi    √       
               
Pengalaman Belajar/Tugas    a.    Tayangan Presentasi    √    c.    Online exercise/kuiz (V-class)    √
    b.    Review textbook/Jurnal    √    d.    Laporan    √
Referensi    1.    Hahn, Fred E. dan Kenneth G. Mangun. 2002. Do-it-Yourself Advertising & Promotion. Alih bahasa: JJ Waskito. Jakarta: Penerbit PT Grasindo - iklan bahasa inggris bergambar
2.    Morissan. 2010. Periklanan, Komunikasi Pemasaran Terpadu. Jakarta: Kencana Prenada Media Group
3.    Lee, Monle dan Carla Johnson. 2004. Prinsip-Prinsip Pokok Periklanan dalam Perspektif Global. Penerjemah: Haris Munandar & Dudy Priatna. Jakarta: Prenada Media
4.    Jaiz, Muhammad. 2014. Dasar-Dasar Periklanan. Yogyakarta: Graha Ilmu.
5.    Nuradi, dkk. 1996. Kamus Istilah Periklanan Indonesia. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama
6.    Widyatama, Rendra. 2011. Teknik Menulis Naskah Iklan agar Tepat Kena Sasaran. Yogyakarta: Cakrawala
7.    Agustrijanto. 2002. Copywriting. Bandung: Remaja Rosdakarya
8.    Santosa, Sigit. 2002. Advertising Guide Book. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
9.    Widyatama, Rendra. 2007. Pengantar Periklanan. Yogyakarta: Pustaka Book Publisher.
10.    Tinarbuko, Sumbo. 2008. Semiotika Komunikasi Visual. Yogyakarta: Jalasutra
- contoh iklan produk dalam bahasa inggris beserta gambarnya 

Minggu    Kemampuan Akhir yang Diharapkan    Bahan Kajian     (Materi Pelajaran)    Metode / Bentuk Pembelajaran    Waktu Belajar (Menit)    Kriteria Penilaian (Indikator)    Bobot Nilai (%)    Sumber Belajar
1.    Mahasiswa mampu menjelaskan definisi dan ruang lingkup iklan di media massa
    1.    Sub materi: Definisi dan ruang lingkup Iklan media massa, Beberapa Istilah Periklanan, Macam-macam bentuk iklan di media massa    1, 4    2 x 170 menit    Partisipasi mahasiswa, partisipasi dapat berupa pendapat, saran, pertanyaan/jawaban terkait dengan materi perkuliahan    5 %                1,4,5,9
2.    Mahasiswa mampu menjelaskan filosofi, sejarah, dan akar kajian iklan media massa
    1.    Sejarah Iklan Media massa di Indonesia, Akar kajian
2.    Bawa contoh iklan dari media massa untuk pertemuan selanjutnya (Koran)    1,4    2 x 170 menit    Partisipasi mahasiswa, partisipasi dapat berupa pendapat, saran, pertanyaan/jawaban terkait dengan materi perkuliahan    5 %    4,6,8,9
3.    Mahasiswa  mampu  menganalisa bahasa iklan, dilihat dari segi error analysis    1.    Analisis bahasa iklan, dari segi error analysis
2.    Membahas contoh iklan yang dibawa oleh mahasiswa
3.    Bawa contoh iklan dari media massa untuk pertemuan selanjutnya (kutipan dari tv atau radio)    1,4
    2 x 170 menit    Partisipasi mahasiswa, partisipasi dapat berupa pendapat, saran, pertanyaan/jawaban terkait dengan materi perkuliahan    5 %    5,6,9
4.    Mahasiswa  mampu  menganalisa bahasa iklan dari segi majas (hiperbola dsb..)    1.    Analisis bahasa iklan dari segi majas.
2.    Analisis bahasa iklan dari contoh iklan (tv/radio) yang sudah dibawa oleh mahasiswa
3.    Bawa contoh iklan (online/spanduk/baliho(berupa foto)) untuk pertemuan selanjutnya    1,4    2 x 170 menit    Partisipasi mahasiswa, partisipasi dapat berupa pendapat, saran, pertanyaan/jawaban terkait dengan materi perkuliahan    10 %    3,6,10
5.    Mahasiswa  mampu memahami symbol-simbol dalam iklan    1.    Pengertian dan definisi symbol dalam iklan
2.    Menganalisis symbol dalam iklan dari contoh iklan yang dibawa oleh mahasiswa
    1,4
    2 x 170 menit    Partisipasi mahasiswa, partisipasi dapat berupa pendapat, saran, pertanyaan/jawaban terkait dengan materi perkuliahan    5 %    6,8,9,10
6.    Mahasiswa  mampu  memahami dan menjelaskan definisi slogan dalam iklan    
1.    Pengertian dan definisi slogan dalam iklan
2.    Makna slogan dalam iklan    1,4
    2 x 170 menit    Partisipasi mahasiswa, partisipasi dapat berupa pendapat, saran, pertanyaan/jawaban terkait dengan materi perkuliahan. Tugas pembuatan Makalah    5 %    6,8,9,10
7.    Mahasiswa  mampu  menjelaskan dan memahami pengertian dan definisi Iconographic     1.    Menjelaskan pengertiandan definisi dari Iconographic
2.    Tugas membawa contoh iklan media massa untuk pertemuan selanjutnya    1, 4
    2 x 170 menit    Partisipasi mahasiswa, partisipasi dapat berupa pendapat, saran, pertanyaan/jawaban terkait dengan materi perkuliahan    5 %    1,8
8.    Mahasiswa  mampu  menganalisis sebuah iklan melalui pendekatan iconography    Menganalisis iklan melalui pendekatan Iconography    1,4
    2 x 170 menit    Partisipasi mahasiswa, partisipasi dapat berupa pendapat, saran, pertanyaan/jawaban terkait dengan materi perkuliahan. Tugas membuat tulisan tentang stratifikasi sosial    10 %    1,8
9.    Mahasiswa  memahami definisi dari keluarga huruf serif dan sanserif serta mampu menggunakan tipografi dalam iklan    Definsi dan penjelasan Keluarga Huruf Serif dan Sanserif, Penggunaan Tipografi dalam Iklan
      1, 4
    2 x 170 menit    Partisipasi Mahasiswa, Kuis    10 %    1,2,3,8
10.        1.    Review materi
2.    Pemberian tugas perkelompok (dibagi menjadi 5 kelompok) membuat iklan produk, video di unggah di youtube    1,4        Pengumpulan tugas dan diskusi       
11.            UJIAN TENGAH SEMESTER               
12.    Mahasiswa  mampu  menjelaskan tugas kelompok mereka    Pembahasan tugas perkelompok. Kelompok 1-3     4    2 x 170 menit    Partisipasi mahasiswa, partisipasi dapat berupa pendapat, saran, pertanyaan/jawaban terkait dengan materi perkuliahan    10 %    1
13.    Mahasiswa  mampu  menjelaskan tugas kelompok mereka    Pembahasan tugas perkelompok. Kelompok 4-5     4
    2 x 170 menit    Partisipasi Mahasiswa, Vclass    5 %    1
14.    1.    Mahasiswa mampu menuliskan headline iklan media cetak yang baikl
2.    Mahasiswa mampu menuliskan body-copy dalam copywriting iklan media cetak    2.    Bahasa Iklan, Teknik Penulisan Headline, Macam-Macam Headline
3.    Teknik Penulisan Sub-Headline, Teknik Penulisan Body Copy, Pendekatan Penyampaian Iklan.    1,4    2 x 170 menit    Partisipasi Mahasiswa, V-Class    5 %    7,8
15.    Mahasiswa  mampu memahami dan mejelaskan kembali materi yang telah diterima.
    Review (Pembahasan Mendalam)
1.    Menjelaskan kembali materi yang telah disampaikan    1,4    2 x 170 menit    Partisipasi Mahasiswa,V-Class    5 %    1
16.    UJIAN AKHIR SEMESTER

FORMAT RANCANGAN TUGAS 1

Nama Mata Kuliah    :     Penulisan Bahasa iklan    SKS    :  2
Program Studi    :     Sastra Inggris    Pertemuan ke    :  12
Fakultas    :    Sastra

A.    TUJUAN TUGAS :
1. Membuat iklan produk
2. video diunggah ke youtube,

B.     URAIAN TUGAS :   
a.    Obyek Garapan
Video
b.    Metode atau Cara pengerjaan
    Buat kelompok, perkelompok masing-masing 3-4 orang
    Tentukan produk yang ingin di iklankan
    Dengan kreatifitas mahasiswa, video shooting untuk iklan produk tersebut menggunakan bahasa inggris
    Unggah ke youtube
    Video ditampilkan di depan kelas dan dijelaskan
c.    Deskripsi Luaran tugas yang dihasilkan :
Tayangan video maksimal 1 menit saja.

C.     KRITERIA PENILAIAN (5 %)
Kreatifitas mahasiswa
Kejelasa suara
Daya tarik iklan

- contoh iklan dalam bahasa inggris dan gambarnya





GRADING SCHEME COMPETENCE

KRITERIA 1 : Kelengkapan isi rangkuman
DIMENSI    Sangat Memuaskan    Memuaskan    Batas    Kurang Memuaskan    Di bawah standard    SKOR
 Kelengkapan konsep    Lengkap dan terpadu    Lengkap    Masih kurang beberapa aspek yang belum terungkap    Hanya menunjukkan sebagian konsep saja    Tidak ada konsep     2
contoh iklan makanan dalam bahasa inggris

KRITERIA 2 : Kebenaran isi rangkuman
DIMENSI    Sangat Memuaskan    Memuaskan    Batas    Kurang Memuaskan    Di bawah standard    SKOR
Kebenaran konsep    Diungkapkan dengan tepat, terdapat aspek penting, analisis dan membantu memahami konsep    Diungkap dengan tepat tetapi deskriptif    Sebagian besar konsep sudah terungkap, namun masih ada yang terlewatkan    Kurang dapat mengungkapkan aspek penting, melebihi halaman, tidak ada proses merangkum hanya mencontoh    Tidak ada konsep yang disajikan    2


- contoh iklan baju dalam bahasa inggris
KRITERIA 3 : Daya tarik komunikasi/presentasi

KRITERIA 3a : Komunikasi tertulis
DIMENSI    Sangat Memuaskan    Memuaskan    Batas    Kurang Memuaskan    Di bawah standard    SKOR
Bahasa Paper    Bahasa menggugah pembaca untuk mencari tahu konsep lebih dalam    Bahasa menambah informasi pembaca    Bahasa deskriptif, tidak terlalu menambah pengetahuan    Informasi dan data yang disampaikan tidak menarik dan membingungkan    Tidak ada hasil    1
Kerapian Paper    Paper dibuat dengan sangat menarik dan menggugah semangat membaca    Paper cukup menarik, walau tidak terlalu mengundang    Dijilid biasa    Dijilid namun kurang rapi    Tidak ada hasil    1

KRITERIA 3b : Komunikasi lisan
DIMENSI    Sangat Memuaskan    Memuaskan    Batas    Kurang Memuaskan    Di bawah standard    SKOR
Isi    Memberi inspirasi pendengar untuk mencari lebih dalam    Menambah wawasan    Pembaca masih harus menambah lagi informasi dari beberapa sumber    Informasi yang disampaikan tidak menambah wawasan bagi pendengarnya    Informasi yang disampaikan menyesatkan atau salah    2
Organisasi    Sangat runtut dan integratif sehingga pendengar dapat mengkompilasi isi dengan baik    Cukup runtut dan memberi data pendukung fakta yang disampaikan    Tidak didukung data, namun menyampaikan informasi yang benar    Informasi yang disampaikan tidak ada dasarnya    Tidak mau presentasi    1
Gaya Presentasi    Menggugah semangat pendengar    Membuat pendengar paham, hanya sesekali saja memandang catatan    Lebih banyak membaca catatan
    Selalu membaca catatan (tergantung pada catatan)    Tidak berbunyi    1


Dengan adanya informasi yang kami sajikan tentang  contoh iklan dalam bahasa inggris

, harapan kami semoga anda dapat terbantu dan menjadi sebuah rujukan anda. Atau juga

anda bisa melihat referensi lain kami juga yang lain dimana tidak kalah bagusnya tentang STRATEGI PERIKLANAN-1



. Sekian dan kami ucapkan terima kasih atas kunjungannya.


buka contoh marketing : sap.gunadarma.ac.id/upload/IT-061247

No comments:

Post a Comment