Cara Cepat Menulis Iklan Yang Memicu Orang Membeli Produk Anda
Cara Cepat Menulis Iklan Yang Memicu Orang Membeli Produk Anda |
cara membuat iklan singkat dan menarik - Kecewa karena tidak seorangpun merespon iklan Anda ?
Tiap jam Anda posting status menawarkan produk, dan hanya mendapatkan LIKE (Awalnya Anda senang, kemudian sadar itu bukan uang).
Karena Anda pantang menyerah (atau telah putus asa), Anda terus mengulanginya, setiap hari.
Anda pikir perlu memperluas promosi, maka Anda melakukannya juga via BBM, Instagram, Kaskus, Bukalapak, forum online, newsletter, tanpa kecuali di website Anda sendiri…. Tapi hasilnya sama : NOL.
Lalu Anda menambah frekuensi. Anda percaya semakin sering orang melihat iklan, minat mereka akan tumbuh dengan sendirinya. Anda yakin, men-tag & mention semua orang dapat memicu ketertarikan pada produk Anda .
Sekali lagi, hasilnya NOL.
Akhirnya Anda berhenti… dan mulai berpikir apakah semua itu ada gunanya ?
Anda sadar telah memboroskan waktu, tenaga & pulsa selama berbulan-bulan. Stok barang Anda bertumpuk sementara dompet Anda makin menipis.
Tapi itu belum seberapa dibanding kerugian yang tidak terlihat.
Apakah Anda sadar, sekarang Anda telah kehilangan kepercayaan konsumen (modal bisnis paling berharga) ?
Followers, fans & teman-teman Anda hilang satu persatu (setelah menandai status Anda sebagai spam).
Pelanggan newsletter melabeli email Anda ‘lansung teruskan ke kotak sampah’.
Sosok Anda kini tak ubahnya hama yang harus dijauhi (seperti kecoa atau tikus didunia nyata)
Benar, Anda bebas mendaftar akun baru.
Tapi jika promosi Anda selama ini mencantumkan merek, maka 1.000 akun baru tidak akan mampu menyelamatkan bisnis Anda.
Mengganti merek tidak semurah mengganti akun.
Berapa banyak uang yang telah Anda habiskan mencetak kemasan & label produk ? Sekarang semuanya mubazir karena merek Anda terlanjur di-cap sebagai hama.
Dan penyebab semua itu adalah…. iklan Anda.
Alih-alih menjual, orang benci setiap kali iklan Anda muncul di timeline mereka.
Tapi untunglah semua itu bisa diperbaiki
Jika Anda ingin mencegah kejadian diatas menimpa bisnis Anda, maka pastikan membaca posting ini sampai selesai.
Saya akan menujukkan cara menulis iklan, trik menawarkan produk di media online, tanpa menjadi pribadi menjengkelkan.
Malah sebaliknya…Orang-orang senang membaca iklan Anda.
(Jika orang senang membaca iklan Anda, maka Anda sudah setengah perjalanan menuju closing).
Dan bukan hanya itu….
Anda tidak perlu bakat menulis a la copywriter untuk melakukannya.
Saya akan mengajar Anda cara mudah menulis iklan yang menarik klik.. menumbuhkan minat pada jasa/produk Anda, dan memicu konsumen memesan produk… semuanya dalam waktu kurang dari 10 menit.
Tertarik ?
(Hmm.. sekarang Anda tahu mengapa Writepreneurs menjadi situs copywriting nomor satu di Indonesia versi Google 🙂 )
Tanpa basa basi lagi, mari saya tunjukkan
Baca juga : Cara Menulis Status Facebook Yang Menarik Minat Beli Teman/Fans Anda
PAS : Formula ajaib menulis iklan online yang menarik pembeli
Sebenarnya orang suka membeli. Orang hanya tidak suka menjadi objek penjualan.
Sayangnya, semua penjual di negeri ini memahami iklan sebagai cara memaksa orang membeli produknya – Saya belum pernah menemukan penjual di Facebook menawarkan produk tanpa menggunakan HURUF BESAR semua 🙂
Tapi jangan khawatir…..dengan formula PAS, Anda mampu menawarkan produk tanpa kesan salesy.
Apa itu PAS ?
PAS adalah akronim dari Problem – Agitate – Solve, salah satu formula copywrting paling banyak dipakai dalam iklan.
Supaya lebih mudah memahaminya, bayangkan PAS sebagai susunan body iklan yang terdiri dari 3 bagian :
Problem
Anda membuka iklan dengan menunjukkan masalah yang dihadapi konsumen (dimana produk Anda kelak menjadi solusinya).
Pertama-tama, Anda perlu mengidentifikasi apa masalah konsumen dimana mereka mau membayar untuk mengatasinya.
Misalnya, Anda menjual suplemen pelansing badan.
Apa masalah konsumen sehingga berpotensi besar membutuhkan produk Anda ?
Anda menjawab, “kegemukan.”
Benar.
Atau katakanlah Anda menawarkan jasa servis komputer panggilan.
Mengapa orang mau menyewa Anda ?
“ Karena PC mereka rusak, sementara mereka tidak punya waktu (atau tak mau repot) membawanya ke gerai servis komputer.”
Benar.
Sebelum lanjut, Anda mungkin bertanya apa keunggulan membuka iklan dengan masalah ?
Jawabannya, karena menarik perhatian. Jika paragraf pertama Anda tidak menarik, mustahil orang merepotkan diri membaca sisanya.
Dan faktanya, manusia lebih tertarik pada bagaimana menghindari kerugian, resiko, rasa sakit (masalah) daripada mendapatkan keuntungan (manfaat)
Anggaplah Anda punya sejarah keluarga penderita diabetes (Kakek, ayah & 2 paman Anda meninggal karena diabetes). Dan menurut ilmu medis, Anda termasuk golongan orang paling beresiko terkena diabetes.
Kemudian seseorang mengatakan pada Anda : “Khawatir terkena diabetes ?”
Apakah Anda mengabaikan, atau sebaliknya lansung memusatkan perhatian pada orang tersebut ?
Baik, mari kita lanjutkan…
Setelah Anda mengidentifikasi masalah, Anda tinggal mengatakannya dalam kalimat/paragraf pembuka.
Biar lebih gampang, saya telah menyiapkan template kalimatnya buat Anda :
Template 1 : Apakah Anda mengalami/menderita (Masalah) ?
Contoh :
Apakah Anda mengalami kegemukan ?
Atau ..
Template 2 : Apakah Anda mengalami/menderita (masalah 1) ( masalah 2) ?
Contoh :
Apakah PC Anda terserang virus ? Tugas kantor bertumpuk, dan Anda tidak punya waktu ke gerai service computer ?
Itu saja.
Hindari bertele-tele. Anda cuma butuh 1 baris kalimat atau maksimal 1 paragraf (4 baris)… atau (favorit saya), cukup satu kata. Seperti ini :
Kegemukan ?
Pembuka iklan Anda telah selesai. Mari kita pindah ke bagian berikutnya…
Agitate
Selamat, Anda berhasil merebut perhatian pembaca.
Saatnya mengaduk emosi hingga mereka merasa tidak punya pilihan selain terus membaca iklan Anda.
Caranya mudah. Gunakan trik agitasi : Mempertajam masalah hingga terdengar makin menakutkan.
Biar lebih gampang, gunakan template berikut :
Tahukah Anda (masalah) dapat mengakibatkan (efek buruk yang lebih menyakitkan atau kerugian lebih besar)
Atau template ini :.
Bagaimana jika (masalah) mengakibatkan (efek buruk yang lebih menyakitkan atau kerugian lebih besar)
Contohnya :
Tahukah Anda, kegemukan dapat mengakibatkan serangan jantung mendadak ? Mungkin Anda merasa sehat-sehat saja, namun tanpa Anda sadari, lemak ditubuh Anda perlahan menyumbat pembuluh darah yang menuju jantung Anda.
Tidak peduli Anda sedang tidur, berjalan, atau bicara dengan seseorang, Malaikat Maut bisa sekonyong-kontong menjemput Anda
Atau menggunakan template ke-2…
Bagaimana jika PC Anda terserang virus XYZ yang sangat mematikan ? Anda tidak hanya terhambat, tapi seluruh pekerjaan yang telah susah payah Anda kerjakan berhari-hari dapat lenyap seketika tanpa bisa di-restore.
Karir dan masa depan keuangan keluarga Anda kini menjadi taruhannya.
Kuncinya, Anda memperlihatkan ada resiko lebih besar jika mereka menunda mengatasi masalah.
Mudah, bukan ? 🙂
Mari kita pindah kebagian terakhir…
Solve
Konsumen mulai gemetar.. panas dingin… dan dalam banyak kasus, jika masalah Anda menyangkut nyawa (misalnya, ancaman penyakit mematikan), mereka akan mengemis agar Anda mau menunjukkan solusinya.
Lihat. Dimata mereka Anda bukan lagi penjual, tapi dewa penolong…
Sekaranglah waktunya Anda menawarkan solusi alias produk.
Sekali lagi, karena saya (Rusdianto) orang baik, saya telah menyiapkan template kalimatnya buat Anda (Maka nikmat Writepreneurs mana lagi yang kamu dustakan ? 🙂 )
Untungnya ada cara cepat/mudah untuk mengatasi/mengurangi/menyelesaikan (masalah).
(Sebutkan nama produk/jasa) (tunjukkan 1- 10 alasan mengapa produk/jasa Anda solusi paling tepat)
Berikut contoh penggunaannya.
Untungnya ada cara mudah & cepat mengurangi berat badan Anda.
Suplemen diet XXX terbuat dari 100 % tumbuhan YYY, yang terbukti secara klinis oleh uji laboratorium farmasi Universitas ZZZ berhasil meluruhkan 5 kg lemak dalam 20 hari.
Contoh lain…
Untunglah ada cara cepat membersihkan virus XYZ dari PC Anda tanpa perlu membawanya ke gerai service computer.
Nonik Computer & Service siap 24/7 mendatangi rumah Anda, memulihkan kondisi PC Anda & mengamankan seluruh data didalamnya.
Dan terakhir…
Beritahu mereka bagaimana cara memesan/membeli produk/jasa Anda
Contohnya
Anda bisa mendapatkan suplemen diet XXX sekarang juga dengan memesan via telepon 0821xxxxxx, atau kunjungi www.antosixpack.com.
Contoh lain…
Panggil kami sekarang juga via HP/SMS di nomor 0812xxxxxx (Nonik).
Penasaran ingin melihat hasil akhirnya ?
Contoh 1.
Apakah Anda kelebihan berat badan ?
Tahukah Anda, kegemukan dapat mengakibatkan serangan jantung mendadak ? Anda mungkin merasa sehat-sehat saja, namun tanpa Anda sadari, lemak ditubuh Anda perlahan menyumbat pembuluh darah yang menuju jantung Anda..
Tidak peduli Anda tidur, berjalan, atau sedang bicara dengan seseorang, Malaikat Maut bisa sekonyong-konyong menjemput Anda.
Untunglah ada cara mudah & cepat mengurangi berat badan Anda.
Suplemen diet XXX terbuat dari 100 % tumbuhan YYY, yang terbukti secara klinis oleh uji laboratorium farmasi Universitas Hasanuddin berhasil meluruhkan 5 kg lemak dalam 20 hari.
Anda bisa mendapatkan suplemen diet XXX sekarang juga dengan memesan via telepon 0821xxxxxx atau kunjungi www.antosixpack.com.
Contoh 2.
Apakah PC Anda terserang virus ?
Tugas kantor bertumpuk, sementara Anda tidak punya waktu ke gerai service computer ?
Bagaimana jika ternyata PC Anda terserang virus XYZ yang sangat mematikan ? Anda tidak hanya terhambat, tapi seluruh pekerjaan yang telah susah payah Anda kerjakan berhari-hari dapat lenyap seketika tanpa bisa di-restore.
Karir dan masa depan keuangan keluarga Anda kini menjadi taruhannya.
Untunglah ada cara cepat membersihkan virus XYZ dari PC Anda tanpa perlu membawanya ke gerai service computer.
Nonik Computer & Service siap 24/7 mendatangi rumah Anda, memulihkan kondisi PC Anda & mengamankan seluruh data didalamnya.
Panggil kami sekarang juga via HP/SMS di nomor 0812xxxxxx (Nonik).
Panjang pendek iklan terserah Anda
Tidak ada batasan jumlah kata dalam formula PAS.
Semua tergantung Anda & jenis produk Anda.
Biasanya produk mahal & kompleks butuh lebih banyak kata untuk meyakinkan konsumen membeli produk…
Jangan ragu mengagitasi mereka lebih banyak efek/resiko mengerikan jika masalah tidak segera diatasi…
Misalnya pada contoh iklan suplemen diet. Anda bebas menambahkan peluang terkucil dari pergaulan… berpotensi menjadi objek bullying… atau kesulitan mencari pasangan hidup . (yang terakhir ini menarik perhatian saya 🙂 )
Anda juga boleh menunjukkan 10 atau lebih keunggulan produk Anda, hingga hanya orang tidak waras yang mau mengabaikannya.
Tapi untuk sementara, saya ingin Anda berlatih dulu menggunakan formula PAS dalam bentuk iklan pendek di social media seperti Facebook, Instagram, Google+, dan…. Twitter.
Twitter ?
“ Ah, kamu bercanda, Rusdianto ? “
Oh, ya ? Bagaimana kalau Anda membaca dulu tweet dibawah :
Kegemukan ? Anda 10 X lebih beresiko terkena serangan jantung. Minum XYZ mengurangi lemak Anda 5 Kg/20 hari. Minat ? DM
🙂
Setelah mahir pada iklan pendek, Anda boleh menerapkannya pada semua jenis media promosi Anda. Misalnya pada deskripsi produk, sales page, email, brosur, iklan cetak, dsb.
Saya bahkan kerap menggunakan formula PAS saat menulis posting blog atau newsletter.
Salah satunya seperti yang Anda baca sekarang.
Dan terbukti efektif, benar ? Jika tidak, mustahil Anda membaca sejauh ini 🙂
Ok, saya tahu Anda tidak sabar ingin segera mencoba formula PAS..
Dengan adanya informasi yang kami sajikan tentang cara membuat iklan singkat dan menarik
, harapan kami semoga anda dapat terbantu dan menjadi sebuah rujukan anda. Atau juga anda bisa melihat referensi lain kami juga yang lain dimana tidak kalah bagusnya tentang (ASK) All about Mitsubishi Grandis!!
. Sekian dan kami ucapkan terima kasih atas kunjungannya.
buka contoh marketing : http://writepreneurs.com/cara-menulis-iklan-online/
No comments:
Post a Comment