Pesan Harus Relevan dan Unik
Pesan Harus Relevan dan Unik |
Kemampuan dalam memahami kebutuhan konsumen ketika hendak membuat iklan sangatlah diperlukan. Selain relevan, iklan pun mesti tepat sasaran.
Dalam merancang sebuah iklan, tentunya faktor terpenting adalah keberhasilan iklan tersebut dalam menyampaikan pesan yang baik dan tepat kepada audience. Sehingga, iklan dapat diingat dengan baik oleh target konsumen. Ya, meskipun pesan yang disampaikan tak memiliki perubahan dari waktu ke waktu, asal ada benang merah rasanya tak menjadi kendala. Inilah yang terjadi pada beberapa versi iklan Sampoerna Kretek, yaitu mengenai “Teman yang Asyik”.
Menurut Yasin Tofani Sadikin, Manager Marketing Sampoerna Kretek, ide kreatif tersebut bermula dari pihak agensi dengan beberapa arahan ide kreatif. Tentunya, ide kreatif yang cocok dan sesuai dengan pesan yang disampaikan kepada pihak Sampoerna Kretek. Kemudian, berlanjut pada analisis terhadap konsumen dewasa, market, dan merek secara bersamaan.
“Peranan iklan memiliki dampak yang besar terhadap peningkatan brand awareness. Selain itu, iklan yang baik akan membantu penjualan produk tersebut. Kami memiliki modul khusus untuk memonitor tingkat efektivitas konversi dari brand awareness sampai ke konsumen dewasa,” ujar dia.
Jauh sebelum itu, setiap versi iklan Sampoerna Kretek berangkat dari hasil survei. Setiap proses ide iklan yang dijalankan dan disampaikan kepada konsumen dewasa dipilih berdasarkan tingkat ketertarikan. Dengan mengomunikasikan pesan yang mudah dipahami—khususnya pada konsumen dewasa, pastinya akan memberikan dampak positif terhadap brand Sampoerna Kretek.
Ya, pembuatan iklan haruslah memiliki ide yang sesuai dengan pesan merek sehingga dapat diterima dengan baik oleh konsumen dewasa. Oleh karena itu, setiap pihak yang terlibat dalam proses pembuatan iklan memiliki peranan penting, misal kepiawaian director dalam memproduksi iklan tersebut.
Pada iklan Sampoerna Kretek, pihak yang terlibat adalah agensi kreatif serta director dan production house. Agensi kreatif merupakan rekanan yang dipilih sebagai mitra kerja jangka panjang. Ini dirasa perlu guna menjaga konsistensi dari komunikasi yang akan disampaikan oleh merek. Sedangkan director dan production house sangat memengaruhi jenis iklan yang akan dibuat.
“Setiap director memiliki keunggulan masing-masing. Bahkan, setiap director biasanya sudah memiliki rekanan production house masing-masing. Terkadang, sulit menemukan ide baru yang sesuai dengan karakter brand atau ide yang bagus untuk dikomunikasikan kepada konsumen dewasa, sehingga tidak dapat diproduksi secara sempurna oleh director,” kata dia.
Dalam pembuatan iklan, Sampoerna Kretek pun memiliki standar perusahaan yang patut diikuti. Misal, sesuai dengan peraturan pemerintah yang sedang berlaku, yakni pengamanan rokok bagi kesehatan. Selain itu, setiap tayangan iklan tidak diperbolehkan menampilkan segala bentuk jenis rokok atau “pack” yang menyerupai kemasan. Pada dasarnya, prioritas yang ditekankan adalah ketepatan dalam mengomunikasikan pesan brand kepada konsumen dewasa.
Begitu juga dalam proses pemilihan bintang iklan. Setiap bintang iklan akan ditentukan pada masa pre-production. Sedangkan usulan bintang iklan umumnya datang dari agensi maupun director yang bersangkutan. Pihak Sampoerna Kretek hanya memberikan syarat bahwa bintang iklan harus berusia 25 tahun ke atas.
Untuk pelaksanaannya, setelah iklan diproduksi maka hasilnya akan disampaikan kepada tim media. Selanjutnya, tim media akan memasangkan iklan tersebut ke berbagai media yang sudah ditentukan sebelumnya, seperti televisi, cetak, maupun outdoor.
“Kami bekerja sama dengan agensi media yang sudah mempunyai sistem atau perangkat lunak khusus untuk menstimulasikan penempatan iklan. Tentunya, ini berfungsi untuk mendapatkan hasil yang paling optimal,” papar Yasin.
Pemilihan waktu penayangan iklan maupun channel televisi ditentukan berdasarkan kapan dan di mana audience biasa menonton. Dalam melakukan itu semua, Yasin menegaskan bahwa hal tersebut pastinya mengikuti ketentuan pemerintah mengenai penayangan iklan rokok di televisi, yakni tayang pada pukul 21.30 hingga 05.00 waktu setempat.
Setiap pembuatan dan penayangan iklan pun akan diukur efektivitasnya. Dibutuhkan awareness agar dampak dari iklan bisa terasa bagi audience Sampoerna Kretek. Tak hanya itu, hal lain yang menjadi pertimbangan adalah faktor “reach” dan efisiensi dalam pemilihan media yang digunakan untuk memperoleh hasil maksimal dengan biaya yang reasonable.
“Kunci sukses dalam membuat iklan yang efektif terletak pada kemampuan kami untuk memahami kebutuhan konsumen serta dapat mengomunikasikan dengan baik dan membuat pesan brand yang relevan dan unik. Berhasil atau tidaknya iklan tersebut tergantung dari dampak advertising recall dan brand imagery yang kami tracking secara terus-menerus,” ujar Yasin.
Dengan adanya informasi yang kami sajikan tentang contoh iklan dan analisi keberhasilannya
, harapan kami semoga anda dapat terbantu dan menjadi sebuah rujukan anda. Atau juga anda bisa melihat referensi lain kami juga yang lain dimana tidak kalah bagusnya tentang Pengertian & Contoh Kalimat Langsung dan Tidak Langsung dalam Bahasa Indonesia
. Sekian dan kami ucapkan terima kasih atas kunjungannya.
buka contoh marketing : http://www.marketing.co.id/pesan-harus-relevan-dan-unik/
No comments:
Post a Comment